Tip Ringan Memilih Kenari untuk Kontes

roller1Kadang kita memelihara burung kenari dirumah hanya untuk didengar suara merdunya atau sambil melihat corak warna yang indah. Pernahkah terlintas dibenak kita, pada suatu saat kenari kita tsb dapat diturunkan dalam arena kontes ?

Kadang ada pendapat yang mengatakan kalo kita ingin main burung dikontes, carilah burung di arena kontes pula. Itu benar, dan sayapun setuju, tapi yang perlu diingat harga burung dikontes pasti mahal-mahal. Bagaimana dengan kita yang belum sanggup untuk mengeluarkan biaya yang mahal, tapi sudah ingin turun kontes ? terutama untuk kelas kenari.

Berikut tips2 ringan yang mungkin bisa membantu kita dengan modal yang terbatas tapi bisa mendapatkan kenari yang cukup andal dikontes:

1. Pilihlah Kenari Jantan (sdh berbunyi). Hal ini mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.

2. Perhatikan postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna yang indah (kalo tidak ada, tidak apa2). Dan yang perlu diingat, kenari tidak boleh kegemukan, jika gemuk ia akan malas berbunyi.

3. Simaklah bunyi kenari tsb. Apakah lagunya bagus ? Panjang ? Nyaring (tebal) ?

yorkshire1Lagu: kalo kita belum terbiasa mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita harus sering2 mendengarkan kenari rekan2 kita yang sdh juara dikontes (sebagai perbandingan). Kalo tidak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita merasa terhibur dengan lagu yang didendangkan olh kenari tsb atau tidak.

Panjang: Lagu yang dilantunkan haruslah panjang, bervariasi, tidak dengan tiba2 putus ditengah lagu (harus ada ujung akhiran lagu yang enak)

Nyaring: Agak sulit mendengarkan suara kenari yang nyaring, jika tidak ada pembanding. Jika kenari yang akan dibeli bisa dipinjam/dites terlebih dahulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan2 kita. Jika tidak bisa, coba perhatikanlah leher kenari yang akan dibeli saat berbunyi, apakah pada bagian lehernya akan menonjol kedepan. Jika ya, biasanya volume suaranya nyaring.

4. Perhatikan gaya kenari tsb saat bernyanyi.

Gaya: gaya yang baik jika saat bernyanyi kenari tsb menurunkan kedua sayapnya, bisa juga direntangkan, dan berjalan kekanan dan kekiri. Kadang ada kenari yang akan mengeluarkan gaya tersebut jika melihat kenari jantan yang lain. Oleh karena itu, kita perlu tes dengan kenari jantan lain.

lomba15. Lihat apakah selama berbunyi kenari tsb ngotot.

Ngotot: Biasanya kenari yang ngotot akan ikut berbunyi jika ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. Jadi mereka akan saling bersahut2an/tidak mau kalah dalam berbunyi. Ada tips yang cukup terbukti utk melihat ke-ngotot-an seekor kenari. Coba bawalah/tes telebih dahulu kenari tsb dengan kenari rekan2 kita yang sudah juara, apabila saat dites kenari kita terlihat ngotot dengan kepunyaan rekan kita tsb, maka kenari kita tsb sdh bisa dibilang ngotot.

6. Harus mempunyai mental lapangan yang bagus.

Ini bagian yang tersulit dalam memilih kenari. Terkadang ada kenari yang sdh memenuhi syarat2 tsb diatas, tetapi tidak mempunyai mental lapangan. Sehingga saat di arena kontes kenari tsb tidak bekerja/berbunyi sesuai harapan. Hal inilah yang melatari perkataan saya, mengapa saya setuju dengan anggapan untuk membeli kenari kontes harus diarena kontes, karena kita disana sdh bisa melihat mental lapangan seekor kenari.

Namun mental lapangan bisa dibina al dengan cara:

Mengantungkan kenari kita ditempat yang sering dilewati orang dan kendaraan serta berisik. Seperti dipinggir jalan depan rumah. Sesering mungkin membawanya untuk berjalan-jalan jauh. Bisa saat latber atau ngetes dengan temen2 yang rumahnya jauh. Buatkanlah kandang umbaran, untuk stamina yang fit bagi burung.

Mungkin inilah tips2 yang bisa saya berikan kepada rekan2 sesama pecinta kenari, khususnya yang baru ingin bermain kenari. Mengapa saya beranikan menulis ini? Karena…..,saya dulu sering ketipu saat memilih kenari.

Tapi ingat, ini adalah dasar2 dalam memilih burung kenari kontes. Jadi, burung tidak akan langsung menjadi juara walaupun telah mengikuti tips ini. Perlu perawatan yang rutin yang sesuai dengan karakter burung kita. Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini, saya tunggu masukan dan tanggapannya……

Sumber :

Om Novian   link http://www.kicaumania.org

About these ads

22 Responses to “Tip Ringan Memilih Kenari untuk Kontes”


  1. 1 Derry 21 November 2012 at 11:18 am

    Halo para rekan” penghoby kicau mania,salam sukses buat kalian semua,sy mau nanya,sy baru beli kenari harga 150rb Dan SUDAH di check kenarinya cwo,pertama Kali beli warna bulunya kuning tua Dan setelah 1,5bulan menjadi kuning muda imut trz keliatan terang bulunya,yang sy permasalahin klo proses mabung kepalanya pasti botakkan tapi ini gak pernah botak,berarti itu Kenapa ya?trz bagaimana cara kenari sy itu bisa bersuara ngeroolll?karena bunyinya masih ngeriwiiikk tapi tidak ngeroolll mpe 5detik ajaaaaa itu pun udah sgt bersyukur mpe 5detik,hehehe,Dan sy mencoba melatihnya dengan memakai suara hand pone dengan suara kenari black throat mulai jam 10:00-16:00 (tidak di kerudung) trz malaamnya dari jam 22:00-05:00 (di kerudung),apa kah dengan begitu bisa burung kenari sy bersuara ngerooolll??sekian n terima kasih,

  2. 2 nirwan danis 24 October 2012 at 6:33 am

    Saya ada kenari om yg F1…suaranya hanya sampe 26 detik….bisa lebih lama lagi ga om,caranya gmn ya om??mksh

  3. 3 Jhon r 12 August 2012 at 5:47 am

    Mau tnya Om , gmna cranya membuat knari biar bs ngeplong

  4. 4 rudy 14 March 2012 at 12:05 pm

    Numpang tanya Om…
    Klo untuk sangkar harian kenari ideal nya ukuran yg berapa ya…???

  5. 5 aryo 15 November 2011 at 6:05 pm

    Saya punya kenari warna kuning polos…AF
    1. Apakah warna mempengaruhi suara.karena dah 7 bln blm plong/pecah
    2. Apakah kenarinya betina ya? tp sy beli umur 2bln rajin ngeriwik

    Om Aryo yang saya tahu warna tidak mempengaruhi terhadap kelambatan pecahnya suara kenari, yang mempengaruhi kelambatan bersuara adalah turunan, turunan Yorkshire rata-rata lambat bunyi mungkin karena AF ada turunan Yorkshire walaupun turunan dari kakek atau neneknya jadi kenari agak lambat pecah suaranya. Mengenai status jenis kelaminnya coba tanya sama kenarinya om hehe…. maaf bercanda, kalau tidak salah mengenai sexing kenari sudah ada tulisannya, coba om cari di artikel-artikel terdahulu, wslm

  6. 6 macis 31 October 2011 at 12:49 pm

    mwu tny dong om, kira” umuran brp bulan burung kenari mulai ngoceh klo dari anakan…?

    Normalnya mulai usia 1,5 bulan anak kenari mulai belajar ngeriwik, suara mulai pecah (mirip suara dewasa) setelah mabung pertama usia 4 sd 5 bulan demikian om semoga bisa membantu

    Wassalam

  7. 7 Panji Setyadi 4 July 2011 at 1:01 pm

    Salam,

    Ada yang ingin saya tanyakan pak,
    1. Apakah kemampuan kicau kenari itu diwariskan dari induk atau berkat latihan?
    2. Volume suara apakah dapat dilatih agar menjadi keras?

    Terimakasih,

    -panji-

  8. 8 egi fajar 5 April 2011 at 8:38 am

    apakah kalo kita membeli yang belom bunyi gmna?

  9. 9 Aswin helmi 1 March 2011 at 5:05 pm

    Pak Ahmad sy br pemula jatuh cinta dg burung berkicau,sy mempunyai 3burung berkicau yaitu Burung Kacer,trucukan dan Kenari.sy mau tanya:
    1.bagaimana supaya b.kacer sy bunyinya panjag&ngerol terus menerus tiap hari dg suara yg lantang?tetapi usia burung kacer sy kira2 2bln/2,5bln.
    2.caranya menerangkan wrnanya supaya mencolok itu hrs bgm yg sy lakukan?pdhal wrnanya putih orange,tetapi sy pngen wrnanya itu orange smua

  10. 10 antoo jr 30 January 2011 at 3:12 pm

    pak mau tanya kalo membedakan kenari muda antara jantan jantan dan betina bagaimana?

    Coba baca link ini semoga bermanfaat http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari

    Wassalam

  11. 11 denni 4 October 2010 at 2:21 pm

    pak ahmad,,saya pemula di kenari..kalau kenari yg baik bunyi nya seberapa lama dia nge rol nya??

    om Denni, saya rasa 15 detik sudah teermasuk panjang … tetapi perlu om ketahui yang membuat kenari bersuara bagus tidak hanya panjang nge-roll nya saja cengkok, tembakan dan irama suara pada saat dibawakan oleh kenari juga cukup menentukan bagus tidaknya….

    salam

    • 12 bob 22 August 2011 at 4:58 pm

      mas saya mau tanya saya baru beli burung kenari di pasar 150 rb apa bisa berkicau

      Kalau kenarinya jantan insya Allah bunyi om, tks

      wassalam

  12. 13 fendi 3 February 2010 at 4:51 am

    Mau nanya lg neh mas,boleh dong hehehhe…
    Saya uda punya kenari,tp biar tidak bosan, saya ingin pelihara burung yg lain kira2 burung apa yg cocok di dampingin dgn burung kenari biar mereka bisa saling ngisi suaranya, thx..salam sukses buat bung ahmad…

    • 14 ahmad sofyan 3 February 2010 at 7:50 am

      banyak burung kecil yang bisa digandengkan dengan kenari diantaranya BT, edel sanger, mozambik kalau lokalnya ada ciblek, Glatik Wingko, tledekan dan masih banyak yang lain yang bodynya kecil…. demikian

      salam

  13. 15 fendi 24 December 2009 at 5:35 am

    Mas saya mau nanya…
    Gmana caranya untuk mengajarin kenari saya agar ada gaya waktu bernyanyi…
    makasi sebelumnya…

    • 16 sofyan 27 December 2009 at 7:54 am

      Pak Fendi, yang saya tahu gaya kenari dalam bernyanyi (berkicau) bawaan alami (bakat alam) tidak bisa diajarkan. Demikian yang saya tahu semoga tidak memuaskan Bapak… karena saya bukan cowo pemuas hehe……

      salam

  14. 18 made parta 14 December 2009 at 6:12 am

    Bravo Kenari Mania…..
    Mas, Saya mau nanya sedikit…
    kenari umur tua kira-kira 3 tahun, dijodohkan dengan kenari umur 6 bulan apakah bisa berhasil…???
    berapa cm kali berapakah kandang yang baik untuk beternak kenari…???
    mohon tambahan ilmu…
    terima kasih,,..

    • 19 ahmad sofyan 14 December 2009 at 7:36 am

      Pak Made, yang umur 3 tahun itu jantan atau betinanya ?…. kalau jantannya saya pikir masih bisa berhasil … biasanya kenari yang di jodohkan pada usia diatas 1 tahun sulit jodoh karena lebih galak harus mengalami masa penjodohan…. kenari jantan dan betina di rendengkan …. kalau sudah kelihatan sering berdekatan atau kadang-kadang saling meloloh baru dimasukan dalam sangkar ternak …. kalau masih berantem juga dimandikan dengan cara disemprot (spray) sampai basah… setelah dimandikan jangan lupa di jemur sampai kering…. ukuran sangkar ternak kalau tidak ingin repot pake sangkart soliter aja Pak (sangkar harian)…. demikian

      salam

  15. 20 randy 1 October 2009 at 11:36 am

    saya setuju dgn tips anda..:)

  16. 21 bocahbancar 24 June 2009 at 9:14 pm

    Wah…

    Sayang di sini tidak ada burung ya……


  1. 1 Mastering burung kenari I « mania burung kenari Trackback on 19 October 2010 at 3:26 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,237,961 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 169 other followers

%d bloggers like this: