PENGARUH INDUK BETINA DALAM BERTERNAK KENARI

Oleh : Kian Sing

1BathDispute

Beberapa minggu yang lalu saya membaca literatur luar negeri tulisan seorang yuri kenari, Mr. Tell Muhlestein. Saya kira bacaan ini perlu saya terjemahkan dan dibagikan ke hobiis burung kenari di tanah air, khususnya para peternak yang mendalami teknik berternak untuk mendapatkan kenari penyanyi (selanjutnya saya sebut kenari) yang baik. Pertama kali saya tertarik dengan judulnya yaitu “Female’s Influence on the Roller Canary Song” karena disebutkan sebagai Kenari jenis Roller, walau jenis nyanyiannya berbeda dengan kenari Indonesia tetapi pada dasarnya adalah tipe kenari yang dipelihara untuk didengarkan kicauannya, sama seperti kenari di Indonesia.

Banyak peternak yang tidak memahami arti penting seekor burung betina, karena individu betina tidak berkicau sehingga tidak terlihat apakah kenari tersebut sebagai pembawa gen penyanyi yang baik atau tidak. Secara genetis terbukti bahwa kenari betina berpotensi sebagai induk yang akan menentukan kualitas nyayian anakannya.

day06Beberapa peternak membeli kenari jantan yang bagus untuk dijodohkan dengan seekor kenari betina, dengan tujuan untuk mendapatkan anakan yang berjenis kelamin jantan yang berkualitas bagus seperti bapaknya. Seringkali peternak akan mengatakan bahwa „Betinanya tidak cocok dengan si jantan!“ karena anakan yang dihasilkan yang berjenis kelamin jantan tidak berkualitas bagus seperti bapaknya. Peternak tersebut menjadi putus asa dan akhirnya menjual seluruh anakan dari betina tersebut, tanpa menyadari bahwa anakan yang berjenis kelamin betina yang ikut terjual sebenarnya membawa potensi yang bagus untuk menghasilkan anakan jantan yang bagus di masa depan.

Burung berjenis kelamin betina mempunyai kromosom Z W yang berperan penting untuk menentukan jenis kelamin anakannya. Burung betina akan menghasilkan anakan yang berjenis kelamin betina dengan meneruskan kromosom W dan menghasilkan anakan berjenis kelamin jantan dengan meneruskan kromosom Z. Dengan meneruskan kromosom Z ke keturunan yang berjenis kelamin jantan berarti betina tersebut mewariskan nyanyian indah yang berasal dari „ayah si betina“ ke anak jantannya.

Untuk memperbaiki garis keturunan yang bagus/menghasilkan anakan yang bagus, maka diperlukan seekor kenari jantan yang berkualitas bagus. Hasil perkawinan betina dengan pejantan yang bagus tidak selalu dapat menghasilkan anakan berjenis kelamin jantan yang hebat seperti ayahnya. Akan tetapi anakan yang berjenis kelamin betina yang berasal dari pejantan yang bagus mempunyai potensi sebagai induk yang baik untuk menghasilkan pejantan yang bagus, meskipun saudaranya mungkin jelek.

Banyak peternak kenari yang tidak memberi kesempatan pada betinanya untuk memperbaiki garis keturunannya. Ketika kenari betina menghasilkan keturunan seekor kenari jantan yang mempunyai kualitas nyanyian yang jelek, hal ini tidak berarti bahwa betina tersebut tidak mempunyai potensi untuk menghasilkan keturunan yang baik. Semua kenari, baik yang berjenis kelamin jantan ataupun betina, pasti membawa gen yang baik atau buruk. Sebagai contoh, di dalam sebuah sarang dengan 4 anakan akan memiliki kualitas yang berbeda-beda, mungkin hanya satu atau dua ekor anakan tersebut yang bagus kualitas suaranya, dan yang lainnya mungkin memiliki kualitas suara yang cukup atau bahkan jelek.

jodoh1

Sifat-sifat dari nenek moyangnya berperan penting dalam proses menghasilkan keturunan. Sebagai contoh: individual yang hebat mungkin dapat menghasilkan anakan yang berkualitas jelek, akan tetapi harus diingat bahwa individu betina mewarisi kromosom Z yang berasal dari bapaknya yang membawa kualitas nyanyian yang bagus atau buruk. Sangatlah bijaksana bila peternak memilih kenari betina bukan dari kualitas nyanyian saudaranya tetapi dari kualitas nyanyian bapaknya.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kota Roma tidak dibangun dalam satu hari, hal ini memberikan pengertian bahwa untuk mendapatkan keturunan kenari dengan kualitas kicauan yang hebat tidak dapat dihasilkan dari hasil sekali penjodohan atau beternak dalam semusim. Peternak yang baik mempunyai tujuan dan rencana waktu penjodohan. Memperbaiki kualitas burung di peternakannya, haruslah menjadi tujuan utama seorang peternak, untuk itu dia harus membuat pilihan yang bijaksana dalam menentukan jenis/ras apa yang akan digunakan untuk memperbaiki mutu. Kemudian dia harus bersabar untuk melanjutkan beberapa keturunan sampai dia menemukan garis keturunan yang benar atau dirasa cocok dan terus berkonsentrasi sampai diperlukannya lagi individu baru untuk memperbaiki keturunan. Seorang peternak yang baik tentu saja mempunyai beberapa pilihan penjodohan untuk perbaikan mutu, untuk penjodohan yang akan datang.

sumber  http://kicaumania.org

About these ads

22 Responses to “PENGARUH INDUK BETINA DALAM BERTERNAK KENARI”


  1. 1 sugiyantosantoso 27 January 2014 at 2:42 am

    Saya mau tanya. Om kenari holand saya asal bertelur. Telurnya Pasti dibuang kebawah dan pecah. Gimana cara mengatasi tsb. Thanks

    di dalam kandang ternak pasang beberapa sarang………

  2. 2 amin 7 December 2013 at 2:37 pm

    mas.. Saya ingin bertanya.. Saya pngen bternak kenari. Di rumah saya ada kenari betina lokal. Waktu saya ke kios burung (di medan) saya bertanya kpada pemilik kios. Setelah bercerita panjang dan di ksih masukan sama pedagang kios nya. Kata nya pakai jantan kenari Roller. Jadi akan menghasilkan kenari american singer. Apakah itu benar mas ? Minta tolong masukannya mas.
    Thank’s.

    saya rasa beda ya antara kenari American Singer dengan hasil silangan roller dengan betina lokal, saran saya coba om tentukan dulu tujuan beternak kenari untuk apa bisa lihat link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/03/pengalaman-ternak-kenari-4/#more-310 , setelah mantap tujuannya baru mulai ternak… seperti ini banyak peternak yang beternak serampangan akibatnya hasil produksinya tidak jelas….

  3. 3 ewank aja 19 March 2013 at 2:10 pm

    om saya lg nyoba beternak….setelah berjodoh(mungkin)si betina sudah menyusus eraman(eraman sudah bulat)tp sudah hampir 2 minggu telurnya tak kunjung keluar???apa masalahnya??karena sang burung tak kunjung betelur akhirnya s jantan saya ceraikan dengan sang betina dan saya kawinkan dengan betina yg sudah beranak(katanya sang penjual)eh baru d sangkar satu hari sudah betelur katanta telur “sir”(telur yg tidak d buahi),pertanyaannya sebaiknya perjodohan d teruskan atau d pisah ranjangkan eh d pisah sangkar antara pejantan dan sang ibu….

  4. 4 kenariku 25 December 2012 at 2:27 pm

    mo tanya om, supaya betina cepat birahi apa yg mesti dlakukan, makasih

  5. 5 nusa 26 March 2011 at 4:04 pm

    pa saya mau nanya untuk pejantan yg sudah siap dia bisa mengawini betina berapa ekor?lalu apa pejantan harus menemani betina dari mulai mengawini sampai menetas?

    Coba baca-baca tulisan di link ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari semoga bisa membantu

    Wassalam

  6. 6 toheng 12 April 2010 at 12:11 am

    Om. gimana ya cara meningkatkan prosentasi penetasan telur?

  7. 8 munir 6 April 2010 at 6:48 am

    salam kenal pak.
    saya ingin pencerahan berkaitan dg penangkaran kenari agar menghasilkan anakan yg bagus:
    1. betina hasil kawin dr indukan yg bagus harus dikawinkan dg pejantan lain/dg setetesan?
    2. bagaimana kalo anakan betina dikawinkan dg pejantan (bapaknya) yg punya kualitas bagus? apa akan menghasilkan turunan yg bagus/malah sebaliknya?

    sebelumnya makasih atas pencerahannya, salam kenari mania.

    • 9 ahmad sofyan 6 April 2010 at 8:04 am

      om Munir, dalam beternak itu ada in breeding dan cross breeding, ketika anak di kawinkan dengan bapak/ibunya termasuk inbreed. In breeding ada potif dan negatifnya, positifnya kualitas anaknya merata …. negatifnya kadang-kadang timbul anak cacat, gagal netas dll…. untuk jelasnya nanti kita bahas secara detail di tulisan saya yg akan datang hehe….

      salam

      • 10 munir 6 April 2010 at 8:32 am

        makasih Om Sofyan, ditunggu tulisannya terutama kegagalan inbreeding. pingin ternak juga Om tp baru punya pejantan Yorkshire, sayang gak ada ring jd gak tahu asal dan umurnya. katanya diambil dr bandung hampir 2 th lalu. bagi2 betinanya Om….

  8. 11 g sukendra 23 February 2010 at 5:07 am

    iya pak, yang penting kita yang baca nyambung pak, karena pada awalnya saya tidak mengerti.
    Terima kasih pak informasinya, biar saya mengetahui dunia kenari mania.

  9. 13 g sukendra 22 February 2010 at 3:32 am

    iya pak kemungkinan keturunan jelek pasti ada, tapi kalau gen yang dominan biasanya akan menurunkan, saya pernah belajar biologi ketika sya SMA, jika Ibu dan Bapak Golongan darah O sudah dapat dipastikan anak-anaknya semuanya golongan darah O, tetapi kalau Bapak gol darah A dan Ibu B maka anaknya kemungkianan golongan darahnya AB atau O atau A atau B, jadi ada 4 kemingkinan.

    Tetapi untuk kasus kenari pada artikel ini seandainya Ibunya keturunan dari Baoak yang bersuara bagus, jika dikawinkan dengan pejantan yang bersuara bagus kemungkinan akan menghasilkan anakan baik jantan atau betina yang cocok untuk dijadikan indukan yang baik, karena semuanya akan menurunkan kenari yang bersuara bagus (ini pendapat saya).

    Pak kami mau nanya, pada blog bapak ini teman-teman kadang-kadang nanya F1 apa artinya pak? apakah F1 artinya keturunan Pertama ?

    • 14 ahmad sofyan 22 February 2010 at 4:22 am

      iya om yang bagus kedua-duanya punya kriteria yang bagus…. F1 itu memang turunan pertama hanya di kita (hobis kenari) F1 itu di tujukan ke turunan/hasil silang Yorkshire (YS) dengan kenari lokal biasanya nyebut F1YS cuman biar gampang nyebutnya jadi F1 …. dikita masih banyak hal-hal yang rancu tetapi dari pada mikirin hal-hal rancu ini lebih baik enjoy saja hehe….

      salam

  10. 15 g sukendra 20 February 2010 at 4:18 pm

    kalau saya membaca artikel bapak Sofyan ini maka yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan keturunan kenari yang baik (suaranya bagus) adalah jika kita membeli kenari betina yang akan diternakkan harus yang bapaknya bagus (Juara) dan dapat dijodohkan dengan kenari jantan yang asal saja, tetapi kalau kita mempunyai kenari jantan bagus (juara) dapat dijodohkan dengan betina asal-asalan tetapi anaknya kelak yang perempuan dapat menghasilkan anak (cucu) jantan yang suaranya sama dengan eyang kakung (kakeknya ), betul ya pak pemahaman saya ini.

    • 16 sofyan 22 February 2010 at 12:08 am

      Pak G Sukendra, wah Bapak jeli melihat permasalahannya …. berhubung di kita (peternak Indonesia) belum teliti dalam mencatat silsilah (jejak leluhurnya) jadi agak susah menelusuri indukannya …. sehingga susah mengambil kesimpulan dengan tetap… tetapi prinsif dasarnya setiap anak bisa aja mirip Ibu atau Bapaknya, lebih bagus dari indukannya atau malah lebih jelek dari indukannya…

      salam

  11. 17 andri bogor 20 February 2010 at 4:08 am

    mohon pencerahan tentang burung kenari sunkist holland… 2 bulan lalu sya membeli sepasang kenari sunkist ring holland di pasar burung pramuka, sekarang burung itu telah bertelor 2 butir. berapa lama waktu pengeraman utk burung kenari..? tks atas pencerahannya…

    • 18 ahmad sofyan 20 February 2010 at 5:42 am

      Om Andri, saya sudah sering bahas mengenai pengeraman ini coba om baca-baca di artikel saya terdahulu, coba om telusuri di kategori pengalaman beternak kenari… salam

  12. 19 bagus aditya m 17 November 2009 at 12:58 am

    berapa umur kenari yang sudah siap untuk di ternak?????

    • 20 ahmad sofyan 17 November 2009 at 1:14 am

      Pak Bagus, kenari siap ternak relatif tergantung jenis dan cara perawatan, kenari jenis kecil seperti holland, lokal, lizard, gloster dll. usia 6 bulan sudah siap ternak kadang-kadang kalau perawatannya baik usia 4 bulan sudah siap ternak… untuk kenari jenis besar seperti Yorkshire dan lancashire usia ternaknya agak lambat minimal usia 7 atau 8 bulan baru bisa diternak…. demikian Pak, mohon maaf pertanyaan pendek jawabannya panjang hehe…..

      salam

  13. 21 ahmad sofyan 26 October 2009 at 12:22 am

    Pak Anang faktor warna bisa mempengaruhi harga coba Bapak cek harga warna putih akan berbeda dengan harga warna hijau…. untuk pemain warna… warna hijau harganya paling murah ….tetapi untuk yang hobi lomba tidak mempedulikan warna merak fokus di suara dan biasanya warna hijau punya kelebihan di suara, mental dan staminanya kuat….. akhir-akhir ini ada keinginan dari hobies untuk mengkombinasikan warna yang indah dengan suara yang merdu hanya sampai saat ini belum ketemu/berhasil…. demikian Pak semoga bisa membantu.

    salam
    sofyan

  14. 22 anang 25 October 2009 at 7:34 pm

    apakah faktor warna bisa mempengaruhi harga/suara?????trimakasih..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,276,662 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: