Tip Ringan Breed Kenari Pemula

nelorHalo… salam hangat kicau mania kusus nya kenari mania….. saya akan membagi pengalaman saya seputar beternak kenari untuk pemula (karena  saya sendiri juga pemula) ,beradasarkan pemgalaman saya…

Pertama2 kita sebagai pemula harus tau tujuan utama kita dalam beternak kenari tersebut,supaya akhir dari tujuan tersebut tidak rancau…. yg saya maksud adalah kita beternak kenari untuk:

1. body

2. warna

3. suara

4. atau perpaduan antara ke tiganya body,suara dan warna..
Setelah kita tahu tujuan kita..maka kita mencari bibit/indukan yg akan kita maksud…(pengalaman saya tentang suara dan body,warna saya tidak) maka saya berbagi tips tentang suara dan body…

karena saya maen tentang suara dan body saya mencari indukan yg kira2 mempunyai suara keras dan untuk body saya mencari body yg bagus…. untuk suara menurut saya ada YS,Landcaster,norwich,dan border untuk suara yg keras (mungkin ada yg laen bisa di tambahkan)…itu untuk pejantannya…. sedang untuk betinanya itu yg menjadi kendala saya sebagai bread..karena untuk mencari betina `cetak` sangat susah…. yg di maksud `cetak` disini adalah betina yg bisa menurunkan seperti yg kita mau..mis warna betina tsb bisa mencetak warna2 dari pejantan atau betina tsb,untuk cetak body juga begitu,begitu pula untuk mencetak suara…..sedang kan kita tidak bisa mengetahui apakah betina itu cetak atau tidak….karena belum tentu betina dengan warna, body, atau trah suara yg bagus mau menurunkan seperti itu…. saya solusinya,apabila kita serius dan mencetak kwalitas bukan kwantitas kita harus rela korban mencari banyak betina….(saya habis 50ekoran betina dan hanya mendapat 1 yg saya inginkan)… Karena kalau kita menilik dari MIS; trah suara bagus kemungkinan besar kita akan mendapat anakan dengan kwalitas suara bagus..tapi itu belum pasti karena…sebagai contoh seorang pria denagn seorang wanita dengan suara yg bagus menikah apakah ada yg bisa menjamin bahwa besok anaknya pasti akan bersuara bagus….untuk body pun begitu…warna juga begitu….

sexing 

Nah menurut saya untuk betina bagi peternak pemula adalah yg harus dicari nomer 1 yaitu betina yg bisa :
1. mengerami telur dengan baik
2. mau meloloh anaknya dengan baik
3. dan apabila bertelur telur tersebut tidak sirr/ tidak di buahi

setelah mendapat betina tersebut kita tunggu hasil nya…apabila tidak seperti yg kita harapkan ganti dengan pejantan yg lain…apabila tetap begitu,,bagi saya itu bukan betina cetak… memang dalam beternak seperti yg saya alami tersebut butuh keuletan, ketelatenan, karena saya mencari seperti yg kita mau bukan asal beternak.

Dan dalam mencari betina seperti itu belum tentu diantara peternak mau melepas betina `cetak` tersebut… sedangkan untuk kita beli anakan betina adakah peternak yg bisa menjamin kalau itu besok bakal bisa menurun kan bagus….seperti contoh di TK (taman kanak-kanak) terdapat 40orang siswa,coba tanyakan kepada siapapun bisa tidak menjawab besok yg akan menjadi dokter siapa yg akan menjadi preman siapa yg akan mendaji sopir siapa…

male canaryHanya sebagai patokan untuk mencari betina adalah selera kita sebagai pembeli dan penjual akan menuntun kita baiknya yg mana….cuman kita hars punya patokan dulu…
patokan saya untuk indukan adalah :
Jantan:
1. tubuh/body seperti wortel dan propsional
2. mempunyai pen yg besar
3. mempunyai vol yg keras dan panjang
4. berbulu tipis
5. tidak cacat
6. apabila di lihat seperti ada punuk nya

Betina:
female canary1. tubuh/body yg proposional
2. mempunyai trah/keturunan yg jelas
3. berbulu tipis
4. tidak cacat
5. jng ke gemukan
6. apabila mau bunyi pilih lah yg ber vol keras

untuk betina kebanyakan apabila betina itu mempunyai body yg besar,akan lebih susah mengerami dan meloloh anak nya (bukan berarti tidak ada betina dengan ukuran besar yg bagus).

Nah itu semua pengalaman saya dalam beternak kenari….sebagian besar praktek2 saya di bantu dan di bimbing oleh guru kenari saya OM KIAN SING dari yogyakarta. dan di tulisan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada OM KIAN SING yg sudah banyak memberikan bimbingan beternak dan memilih kenari yg benar…serta untuk perawatan obat2 an saya di bimbing oleh dr.budi dari kalasan

Apabila tulisan saya di atas ada banyak kekurangan saya mohon maaf.karena sekali lagi saya hanya pemula..dan ingin berbagi ilmu kepada sesama kicau mania kusus nya  kenari mania…dan dalam hal tulis menulis saya juga masih awam.

sekian dan terima kasih…semoga bermanfaat bagi kita semua…. apabila masih banyak kekurangan mohon untuk di tambahkan ,sehingga saya bisa lebih tau dan menambah pengalaman saya lagi.

R.Aris-Bumen BC

emon-2003@plasa.com

http://www.kicaumania.org

39 Responses to “Tip Ringan Breed Kenari Pemula”


  1. 1 ragil 16 June 2014 at 1:04 pm

    Trmksh om sofyan ats jwbanya.krn sy ingin mnghasilkan anakan wrna merlok tajem dr hasil kebun sndiri, sy sudah menyimpan 1 anak yg jauh lbh tjam dr bapaknya,tp yg sy simpen jantan, dan posisi saat ini anakan itu sdang sy jodohkan dgn hasil kbun sndiri jg warna redfrosh(trpantau sudah kawin). Sy lbih yakin tntang warna dr hasil kbun sndiri,krn dr piyik sy tdk memakai bhan kimia. Pakanya:bijian kiloan,biji sawi,niger,EF(telor,sawi,gambas).sy pny harapan suatu saat bs mnciptakan knari yg lbih merah lg dr yg skrg. Utk itu sy mohon do’a n bimbingan dr om sofyan.trmksh

    sep…. harapan akan membuat hidup kita semangat dan berwarna….. semoga apa yang om Ragil cita-citakan dapat tercapai……

  2. 2 ragil 28 May 2014 at 9:12 am

    Assalamu’alaikum wr. Wb. Pak Ahmad Sofyan. Sy ingin brtanya tntang penggunaan teori back cross/in breed/perkawinan sedarah. Yg ingin sy tanyakan agr memperoleh warna yg lbh tajam (pny sy merlok), lbh baik mana (indukan) antara BAPAK x ANAK ? atau indukan KAKAK x ADIK ? ats jawban om sofyan sy ucapkn bnyk trima ksh. Wslmu’alaikum wr. Wb.

    Bapaknya sudah merah tajam ya om ?, kalau tujuannya ingin menghasilkan anak yang mirip dengan Bapaknya ya si anak disilang dengan Bapaknya, dicari anak yang kualitas terbaik (paling merah diantara saudara-saudaranya), jika si anak disilang dengan saudara kandung (kakak/adik) gen anak hasil silangan kakak/adik akan ada resesif dari individu kakak/adik hasilnya bisa lebih baik atau lebih jelek….. dalam kawin silang ada sifat fenotip yang sulit diketahui secara fisik harus dilihat dari anak-anaknya jadi yang saya kemukakan diatas hanya prediksi saya aja om…..

  3. 3 Andi 22 January 2014 at 2:37 pm

    andi
    salam kenal bos, kenari saya kok macet bertelurnya kenapa, sama diobati apa biar prod lagi

    kalau masalah macet produksi saya juga mengalaminya, ada beberapa kondisi yang membuat kenari macet produksi…. pindah kandang ternak & kandangnya ternaknya tidak membuat merasa nyaman maupun aman bagi indudukan kenari, terkena stress berat akibat diserang binatang buas (musang, tikus dll) atau pernah jatuh dari ketinggian, bisa karena metabolismenya terkena atau karena sudah tua…. coba om telusuri satu persatu penyebabnya…..

  4. 4 wenie 24 December 2011 at 1:09 am

    Nice share Om, mhn ijin menyimak dan terima kasih smg bermanfaat bagi saya yang msh pemula

    silahkan om, semoga bisa bermanfaat, wassalam

  5. 5 Abdul Hadi Nur Yahya 2 June 2011 at 12:03 pm

    salam kenal.saya adi di pagaralam(Palembang),saya baru belajar ternak kenari,saya mau tanya : kira-kira indukan yang ngelor bagus ngak untuk diternak? makasi sebelumnya…

  6. 6 alam 30 December 2010 at 2:54 am

    mantaf om, penjelasanx ringkas n’ menurut aku sangat berkhasiat,.. tinggal d’peraktekkan aja,.. lanjut,

  7. 7 ayie 23 August 2010 at 7:14 am

    asl..om saya mau dan tertarik untuk ternak kenari tapi saya bingung mau cari dimana kenari yang bener2 siap produksi..mohon jawabnya

  8. 8 indra 12 August 2010 at 9:15 am

    Assalamualaikum Pak AS, bagaimana kabar di Palembang, sudah betah khan pak, mudahmudahan pak kondisi baik-baik saja.

    Pak mo nanya neh, kenapa anak kenari saya yang baru berumur 1 hari mati, umur 2 hari mati, padahal; sempat disuapin oleh induknya pakai telur puyuh, apakah pada bulan Agustus cuacanya ./ musimnya kurang bagus untuk kenari yang baru netas? dan bagaimana cara mengatasi agar kenari yang baru netas teteap hidup sehat.

    Terima kasih pak, salam untuk teman-teman semuanya

    Alhamdulillah mulai bisa menyesuaikan dengan kondisi palembang om.. indukannya sudah pernah punya anak atau baru belajar punya anak ..??, apakah om Indra suka ngintipin anakannya..??…

    salam

  9. 9 usin 4 May 2010 at 7:10 am

    maturnuwun om-om semua salam cuit cuit

  10. 10 usin 4 May 2010 at 5:14 am

    makasih om sofyan atas artikel2nya walapun saya blom berhasil2 pertama telur tidak menetas selama 20 hari om bilang buang aja.waktu betina pertama ngeremin telurnya semingu, saya beli indukan betina lagi saya jodohkan 1hari lalu saya campur ama jantannya selama 4 hari kelihatan tidak harmonis sering marahan sya ambil aja jantanna sya balikin ke istri pertama tapi istri kedua sepertina cembru dia sakit trus mati tapi masih semangat krena sring baca blogna om sofyan yg slalu ngasih ilmuna tanp pamrih

    • 11 gede 4 May 2010 at 5:49 am

      Om Usin waktu perjodohan kalo cuma 1 hari gak cukup, KN belum begitu ngebet utk kawin kalo cuma 1 hari… coba minimal 5 Hari sblm di satukan dlm satu kandang… itu pun kalo KN keliatan sama2 cinta :D Kalo spt sy yg pemula, jantan tdk dipoligami dgn bbrp betina. biasanya sy tetap satukan Jantan sampai telor menetas, dgn catatan jantan tdk mengganggu proses pengeraman… setelah itu, baru jantan direkondisi utk proses perjodohan selanjutnya…

    • 12 ahmad sofyan 4 May 2010 at 6:39 am

      untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan kadang-kadang ada hambatannya, jd harus tetap semangat om kita sama-sama belajar… kalau soal kenari mati sich saya lebih banyak di bandingkan om hehe…

      salam

  11. 13 dedi 22 March 2010 at 9:47 am

    maaf alamat saya lupa..
    saya tinggal di Pematangsiantar sumatera utara

  12. 14 dedi 22 March 2010 at 9:46 am

    salam hormat,

    saya dedi bertempat tinggal, saya mau ngasih saran dan mohon masukan…
    saya baru memulai beternak kenari, alhamdullillah, saat ini kenari saya telah menetas, dan mengasilkan 3 ekor anak dari 4 telur yg dierami, dari uraian pak sofyan menurut saya begitulah yg saya lakukan. saat ini anak kenari telah berumur 3 minggu lebih 3 hari dan buluhnya hampir penuh dan mulai belajar makan dan terbang, jadi pengalaman saya sewaktu anak mulai menetas maka makanan diperbanyak terutama sayur, (punya saya lebih doyan sawi manis) jadi setiap hari harus memberi makanan baik sayur ataupun biji-bijian.

    disini saya mau bertanya… kira kira sampai umur berapa baru bisa dipisahkan dengan induknya…

    terimah kasih atas masukannya

    • 15 ahmad sofyan 22 March 2010 at 9:58 am

      untuk memisah anakan bisa di lihat dari kondisi anakannya… jika anakannya sudah bisa makan sendiri saya rasa sudah bisa dipisah dengan indukannya, untuk menambah gizi selain di beri sawi bisa juga dikasih telor rebus, dengan diberi telur rebus anak kenari menjadi cepat besar dan mempercepat anakan dalam belajar makan karena mudah dicerna demikian semoga bisa membantu…

      salam

  13. 16 eko ludik 25 February 2010 at 2:50 pm

    maaf om sofyan tanya lagi…

    kalo malem napas kenari saya kedengeran srek-srek-srek kaya kita kalo pilek…
    apakah ini yg di sebut pilek/ngorok pada kenari yah? kalo emang bener, obatnya kira2 apa yah (sesuai pengalaman om sofyan)

    kalo bisa di blog ini ditambah artikel tentang penyakit kenari, serta pengobatannya.. karena saya cari disini gak ada… atau saya yang siwer yah…
    kali aja bisa lebih manfaat buat rekan yang lain…

    maaf jika merepotkan…
    wassalam

    • 17 yunior 23 March 2010 at 1:29 am

      sepertinya emang pilek om coba obatin dgn obat nafas dokter edi budi h.santoso

    • 18 ahmad sofyan 23 March 2010 at 2:36 am

      Pak Eko, gimana kabar kenarinya.??.. wah maaf nich baru kebaca hari ini comment-nya… saya setuju dengan pendapat om Yunior bisa menggunakan obat napas dari dr. Edi atau kalau susah bisa menggunakan Spectra. Pengalaman saya membeli obat napas dari dr. Edi agak susah selain tempatnya jauh juga beliau sibuk banget jd SMS-nya dijawabnya lama… Spectra juga katanya racikan dr. Edi hanya di jual bebas jadi kita bisa beli di kios burung…. demikian… Gimana kang Gede untuk ngobatin pernapasan secara alami (organik)…?? kalau ingin tahu mengenai penyakit burung dan penanganannya bisa lihat link ini http://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/peta-penyakit-burung/

      salam

      • 19 gede 23 March 2010 at 4:29 am

        kebersihan hrs di jaga, terutama air minum, tempat minum wajib bersih. Sebaiknya KN tidak dimandikan dengan cara semprot :D
        pengalaman saya, Dibasuh air bersih pake tangan Kang di daerah Muka / Hidung. Kalo nafsu makan masih baik, diberi Ginseng Jawa, pakan komposisi Niger-nya di tambah. Proses penjemuran Normal dan dijaga agar tidak kena angin…
        Kalo nafsu makan kurang, diloloh air dgn campuran “sedikit” madu… KN di kerodong di jam “tidur”.
        Menurut sy, KN sensitif dan memerlukan rasa “Happy” Kang… coba KN nya di buat Happy ;)

        Umumnya penyebab adalah dari air Minum nya yg tidak baik.

        Hehehehe… betul gak tuh Kang ? Sy hanya bisa share dari pengalaman dan pengetahuan yg sy dapat dari berbagai sumber… Mohon maaf kalo salah…

        BTW siapa nih anggota paguyuban yg bertugas sebagai “dokter” atau “Tabib” ? Mungkin Om tommy ya ? kan KN yg di Master harus sehat & Fit :D

        Demikian Semoga Bermanfaat

      • 20 yunior 23 March 2010 at 6:26 am

        menurut saya bisa dari air minum, kebersihan kandang dan perubahan suhu biasanya kalau malam gk dikerodong

  14. 21 awie tembong 27 January 2010 at 10:37 am

    saya pemula… baru pertama kali breed. telur yg dihailkan ada 4butir. namun yg menetas ada 2. kira2 suplemen atau vitamin yg bagus apa ya? untuk piyik atau pun extra food nya? bagusan jantan dicabut atau tetap sewaktu betina lagi meloloh….
    thx ya atas sarannya.

    • 22 ahmad sofyan 28 January 2010 at 1:23 am

      Wah ini om ato tante yach ?…. hehe…..
      om atau tante Awie, selamat sudah berhasil ternak, suplemen atau multivitamin apa saja juga bagus yang penting khusus buat burung dan mudah mendapatkannya kalau saya nyebut salah satu dan sulit mendapatkan kan susah juga….. jantan mau diangkat atau tidak itu juga kembali ketujuan kita kalau burungnya mau dilombakan ya diangkat biar staminanya bagus, atau mau dipoligami ya dipisah… tetapi kalau nganggur sich lebih baik jangan dipisah karena akan membantu betina dalam mengurus anaknya. Demikian semoga membantu

  15. 23 ahmad sofyan 12 January 2010 at 12:32 am

    Prinsifnya kenari jantan galak tidak masalah justru bagus untuk menjaga betina pada saat mengeram….. no. hp atau alamat saya dari dulu sudah saya cantumkan di blog ini di pojok kanan atas di bawah tanggalan….. terimakasih….

    salam

  16. 24 toheng 11 January 2010 at 9:20 am

    Boleh tanya lagi om, kenari saya kok galak banget kalo jagain betinanya lagi duduk di sarang? kenapa ya? tangan saya sering dipatok gara2 itu, boleh minta no HPnya om? kalo keberatan japri aja he he he

  17. 25 toheng 9 January 2010 at 8:45 am

    Allhamdulilah perjodohan berhasil…..tapi….jadi deg-degan nih…kapan ya mulai bertelurnya ya? … soalnya penetrasi jantan dilakukan sering sekali..dan si induk siap2 dengan sarangnya…kira2 berapa hari ya om…

    • 26 ahmad sofyan 10 January 2010 at 1:21 pm

      selamat om Toheng semoga beternak kenarinya sukses, sayang saya ngga bisa ketemu sama kenari om jadi ngga bisa nanya kapan mau nelornya hehe…., kalau betinanya sudah merapihkan sarang/membunderi isi sarang paling lama seminggu lagi nelor. Semoga bisa bantu om

      salam

  18. 27 faiez 20 October 2009 at 8:20 am

    salam..saya dari malaysia…..saya ingin order burung kenari….boley ke pak hantar

    ke malaysia…

    • 28 ahmad sofyan 21 October 2009 at 12:24 am

      Salam kenal Pak Faiez, wah gimana caranya yach kirim kenari ke Malaysia ??…. mohon maaf saat ini belum bisa memenuhi permintaan dari Bapak ….karena stok kenari terbatas….. saya masih ternak kenari kecil-kecil pak…. tolong cerita bagaimana perkembangan kenari di Malaysia Pak …..

      salam
      sofyan

  19. 30 yunior 6 October 2009 at 4:51 am

    wah..mantap om

  20. 31 ahmad sofyan 5 October 2009 at 8:14 am

    Baik Pak… wah seneng nich bakal dapet kiriman foto kenari …. terimakasih sebelumnya Pak …..

  21. 32 randy 5 October 2009 at 8:00 am

    pak sofyan ini no sy di Danmark +4530717773 simpan saja siapa tahu bpk perlukan suatu saat nanti..sy ada kirim email ke bapak dan kirim foto kenariku:)salam

  22. 33 ahmad sofyan 4 October 2009 at 11:47 pm

    Baik Pak gpp, saya seneng bisa berkomunikasi dengan Bapak memang lebih baik lewat email bisa panjang lebar ngobrolnya Pak hehe….

    salam
    sofyan

  23. 34 randy 2 October 2009 at 8:51 pm

    sebelumx mohon maaf lagi pak sofyan kalau sudah bikin repot..sy udah dapat no.hp bapak plus alamat email..dan sy mendingan kirim email ke bapak saja karna lebih bagus..

  24. 35 randy 1 October 2009 at 11:59 am

    bisa tdk di kasih no.HP nya..agar mudah di tlp..

    • 36 ahmad sofyan 2 October 2009 at 12:20 am

      ini no hp saya Pak 08558552000 sebelumnya saya mohon maaf Pak setelah no hp di cantumkan di blog saya banyak yang nelpon nawarin kartu kredit, nawarin mobil akhirnya kesel sendiri …he..he… saya mohon Bapak SMS saja menurut saya lebih enak komunikasinya kalau telpon jarang saya angkat…. terimakasih sebelumnya.

      salam
      sofyan

  25. 37 aryo jkt 10 August 2009 at 1:50 pm

    salam kenal mas,gw pemula kenari mania.Mas kalo umur piyikan udah seminggu lebih,makanan tambahannya apa ya.? Soale piyikanku ada 4 ekor.Apa perlu bubur sumsum gitu…..Trims mas sebelumnya.

    • 38 ahmad sofyan 11 August 2009 at 12:02 am

      Selamat mas Aryo sudah berhasil ternak kenari ……. masih banyak lho orang yang belum berhasil ternak kenari walaupun sebetulnya ternak kenari itu mudah……, oke saya coba berbagi pengalaman mengenai merawat indukan yang sedang mengasuh anak ……pengalaman saya merawat indukan kenari yang sedang mengasuh anakan tidak terlalu aneh-aneh, hanya mencukupi kebutuhan pakannya yang diberikan setiap hari. Hanya bijian yang diberikan takarannya di perbanyak biasanya 1 takaran menjadi 2 ato 3 takaran, sayuran di berikan tiap hari dan jangan lupa telor puyuh diberikan tiap hari, seminggu sekali pada air minumnya saya kasih vitamin. Ada trik yang ringan tapi efeknya sangat bermanfaat…. coba tiap sore makanan bijiannya di bersihkan dari sisa-sisa kulit bijian yang ada di tempat makannya insya Allah anaknya cepet besar karena setelah bijian dibersihkan indukannya akan semangat memakan bijian tersebut.


  1. 1 Pengalaman Beternak 2 « mania burung kenari Trackback on 21 July 2009 at 12:54 am

Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,276,441 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

