Perawatan Kenari Sebelum Dan Akan Lomba

kenari mandi1Perawatan Kenari Sebelum Dan Akan Lomba

Kadang kita sering bingung untuk perawatan burung kenari kita untuk lomba,karena kadang kita sudah mencontoh dan meniru rawatan dan menu pada burung2 kenari yg sudah moncer,tetap saja solusi itu tidak berhasil….. saya ingin bertukan pengalaman dengan rekan2 kicaumania tentang perawatan burung sebelum dan akan lomba burung kenari…. Sebetul nya kesusahan tersebut menurut saya karena tiap personal kenari membutuh kan perawatan yg berbeda,karena berbeda pula karakter sifat dari kenari tsb. cuman ada beberapa yg hampir sama (tapi tetap aja berbeda dalam persiapan/perawatannya)….
Dan yg penting menurut saya hafali lah dulu sifat dan karakter burung kenari momongan kita. (biasanya yang mempunyai sifat fighter lebih bagus yaitu pada kenari berwarna hijau dan kuning,tapi tidak tertutup kemungkinan warna2 lain juga bagus).

cara saya menentukan perawatan kenari yang akan di lombakan :

1.pahami dulu sifat burung tsb.
2.tes burung tsb dengan rawatan harian.
3.setelah mengetahui uji coba dengan rawatan harian,akan di ketahui hasil nya bagaimana….terus perkiraan kita apa yg harus di tambah dan yg harus di kurangi (fooding).

Itu untuk dasar nya….setelah itu sedikit banyak kita tau tentang sifat kenari kita maka yg akan di persiapkan lagi adalah :

1.ketahui kapan kira2 kenari kita birahi (karena menentukan mental tarung kenari tsb)
2.meredam birahi kenari tsb apakah dengan menggunakan betina atau dengan sering dimandikan atau di drop dengan pakan.

Nah setelah tau itu baru saya melakukan untuk harian dan akan lomba :

1.tiap pagi kenari di semprot ngembun sampai basah sah (kecuali cuaca mendung atau hujan tdk saya lakukan)
2.jemur kenari tsb hingga kering dan semaksimal ketahanan kenari tsb (tiap kenari berbeda ketahanan tubuh nya terhadap sinar matahari)

3.sambil di jemur saya tidak memberikan pakan hanya air saja.

4.untuk sayuran dan buah saya berikan tiap hari (selada/cai sim dan apel)

5.untuk telur saya berikan 1 minggu 2x sampai 3x (unutk mencegah gemuk dan mencegah cepat birahi)

6.hari sabtu,saya tidak menyemprot hingga basah sah,tetapi cukup kena air saja dan di angin2 (tidak di jemur) tapi jng di taruh di tempat yg dingin.Burung di pindah sangkar lomba,menu saya tambah dengan kroto putih sedikit saja dan apel/selada.Dan ada yg di beri CEDE ada yg tidak tergantung burung,bgt juga dengan telur ada yg di beri ada yg tidak.

7.hari minggu pagi sebelum berangkat lomba,berikan apel/selada dan kroto putih sedikit saja.

Untuk di lapangan :

 sing canary1

1.semprot kenari tersebut ,untuk kebasahan penyemprotan saya melihat birahi kenari tsb,apabila agak birahi saya semprot agak basah,apabila tidak saya semprot sedikit saja (dan melihat cuaca).

2.jemur kenari tersebut,lalu angin2 kan

3.krodong kenari tersebut.

4.cabut pakan dan minum kenari sebelum 1/2 season jadwal kenari kita untuk turun ke lomba.

5.untuk penggantangan lihat sifat kenari,jadi kita bisa tahu apa ini harus di gantang

awal atau tengah/akhir.
Nah mungkin itu cara2 saya dalam merawat kenari untuk lomba semoga dapat membantu kita dalam merawat gacoan kenari kita untuk lomba. Apabila ada yg salah atau berbeda mohon di tambahkan dan kritik. Trims dan salam Kicaumania.

NB:Apabila tetap tidak jalan dengan segala cara padahal anda mempunyai burung kenari yang memiliki,volume keras,lagu istimewa,panjang lagu,dan gaya yang antik…saya dengan senang hati menerima hibahan gratis dari anda kenari tersebut…hehehehe
karena mungkin `LAIN LADANG LAIN LUBUK`

R.Aris-Bumen Bc

emon-2003@plasa.com

http://www.kicaumania.org

44 Responses to “Perawatan Kenari Sebelum Dan Akan Lomba”


  1. 1 010991 22 August 2014 at 6:30 pm

    om mau numpang lewat ni.saya punya burung kenari om,sekarangkn hari sabtu,nah ntar hari slasanya mau di kontesin.gimana tuh om cara merawat burung kenari sebelum kontes???

    Om, karakter burung beda-beda tidak bisa disamaratakan, agar kenari kesayangan kita mau bekerja/bunyi optimal harus di teliti dulu sifat/kebiasaan burung. Jika burung kenari ngambil/beli dari orang lain, coba tanya kepenjualnya bagaimana perawatan hariannya, kalau kenari om masih muda dan baru pertama turun lomba, kalau menurut saya jangan turun lomba dulu sebelum diketahui pola perawatannya. Setelah diketahui pola perawatan yang optimal baru dibawa lomba.

  2. 2 adit 19 November 2013 at 6:26 am

    permisi om numpang nanya .
    ko’ kenari saya suka gigitin bulu ekornya sampe bulu ekornya melintir .
    itu kenapa yah om ?

    makasih

    ini kenari jantan atau betina om ?, ada beberapa kemungkinan kenari narik-narik bulu, bisa karena birahi atau bulunya banyak kutu…..

  3. 3 eza' 10 November 2013 at 6:09 am

    om minta masukan nie..klo kenari pngen cpt gacor caranya gmna iahh,,,??

    usianya berapa bulan om, kenari akan semakin rajin bunyi (gacor) jika usianya sudah dewasa….

  4. 4 agusrizal 12 September 2013 at 4:33 pm

    Om.udah sebulan saya atur pakan Ўªãª nihh!!!sayuran ,apel, selada,,
    Burung saya udah bagus fisik Ўªãª,rajin bunyi nya,,besok tanggal 15-09-2013(minggu) ada lomba tampa suara orang,,,nahhh kenari putih polos rasa ciblek punya saya ikut!!!!mudah”η saran om befmanfaat bagi saya!!!!makasih omm!!!!!,nanti bis lomba klanjutan lagi Ўªãª om!!!!

    Mantap…. semoga jagoannya bisa moncer pulang bisa membawa piagam … :)

  5. 5 agus rijal 24 August 2013 at 3:10 pm

    Kenari saat dlombakan,sangat gacor,ngelawan,pariasi suara kluar panjang,TApi ada kndalA saat bunyi/gacor,burung nempel d tembok jari-jari,,!!ApA penyebab yaa!! Mohon ijin kasih pengarahan/ tips penanaganan ya

    Kenarinya birahi kali om…. untuk menurunkan birahi coba atur makanannya dan perbanyak sayuran (sawi atau timun)

  6. 6 braiii.. 20 August 2013 at 2:03 pm

    Om mau nanya, KN napasnya seperti ngorok dan mulut selalu terbuka.sebelumnya sich enggak. Tapi semenjak dikasih temen kroto jadi begiu. Segala obat uda saya kasih.tpi masih seperti itu aj. Ada ga om obatnya selain napas1 / napas 2.

    Salam…

    Pemberian obat yang berganti-ganti kurang baik bagi burung kenari, untuk mengobati pernapasan saat ini saya biasa menggunakan SuperN

  7. 7 zahri 23 June 2013 at 10:39 am

    om kenapa ya pas habis mabung suara kenari ane putus2 yaa tolong om beri saya saran

    Biasanya memang putus2 om, perawatan yg baik, mandi & jemur rutin dilakukan kalau ada sekali2 masuk kandang umbaran….

  8. 8 Helmi Romansa 14 June 2013 at 8:22 am

    Om mahal mana kenari Sunkist sama kenari putih?

    Tergantung kondisi burung & lokasinya om, untuk daerah om saya belum tahu……

  9. 9 Helmi Romansa 12 June 2013 at 11:03 am

    Misi om mau Tanya, saya punya kenari tiap hari saya jemur sayap nya kok selalu di buka” (ngleber”) ya? APA ITU tanda birahi? Tapi saya kasih mentimun kok gak mau makan ya? Selain mentimun untuk nurunin birahi di kasih APA ya? Mohon corat coret nya….
    Thankz……..

    buka sayap pada saat bunyi atau hanya pada saat dijemur ?, burung kenari ya mirip kita (manusia) om kalau belum terbiasa diberi makanan tertentu ya tidak akan dimakan, nanti kalau sudah terbiasa secara naluri akan dimakan…..

    • 10 Helmi Romansa 13 June 2013 at 9:46 am

      Buka sayap pada waktu d.jemur om, meski gak d.jemur juga buka sayap om…..
      Untuk nurunin birahi selain d.kasih mentimun d.kasih APA ya?

      salah satu cara nurunin birahi ya diberi betina yang cantik om hehe…. coba diberi bak mandi agar kenarinya mandi, dengan mandi mudah2an bisa menurunkan birahi kenari….

      • 11 Helmi Romansa 13 June 2013 at 4:59 pm

        Pingin saya ITU nurunin birahi tanpa kawin gitu lho on…

        coba diberi ketimun setiap hari makanan bijiannya dikurangi om… kalau dia lapar lama-lama di makan tuch ketimun….

  10. 12 iyenk 20 April 2013 at 1:42 pm

    Om sya coba menangkarkan burung kenari,jantannya holland betinanya lokal,skrg sudah menetas.yang saya ingin tanyakan anakan indukan tersebut di sebutnya jenis apa om.trms

    mengenai hasil silang ini masih jadi perdebatan om, sebutkan saja om hasil silangan Holland dengan lokal….

    salam

  11. 13 BULE 11 March 2013 at 4:22 pm

    nambah2 dikit sahRING buat temen2

    pengalaman sy untuk perawatan kenari lomba supaya gacor dan ga turun dari tangringan
    – pemberian pakan
    berikan biji2an 1 hari 1 sendok teh dan berikan sayuran/buah2an
    10 hari sebelum kontes berikan telur semut rang-rang 10butir
    – penjemuran
    jemur burung dari jam 8 – 10 kemudian angkat dari sinar matahari dan angin2kan
    kemudian tutup kembali dengan kerodong
    terbukti setelah 2 bulan sy lakukan seperti itu (tes lomba/latihan PRIKITIW the winner no 1) dan burung anteng bunyi di tangkringan
    silahkan di coba
    tp semua itu tergantung karakter burungnya jg …

    semoga bisa membantu

  12. 14 Muhammad Bintang Fadiel 16 January 2013 at 1:51 pm

    ooommmm saya mau nanya saya punya kenari yga lu mayan gacor 2 minggu lalu saya ikutin kontes di alam sutra terus pass lagi ngadu tiba2 si burung turun dari tangkringan yang bikin nilai dari juri berkurang…
    kalo bleh tau itu knpa terus apa solusinya…
    terima kasih…

  13. 15 danang 27 December 2012 at 3:33 am

    om mau tanya, kira kira kalu kenari umur hampir 2 tahunan bisa bwat di adu latberan gk om

  14. 16 kamidi 26 August 2012 at 7:23 am

    mf om,mau tnya.setingan EF dan suplemen yg tepat utk kenari lomba ap j?
    Trim.

  15. 17 titen sumardi 30 April 2012 at 8:45 am

    permisi om saya mau tanya neh,…burung kenari saya lumayan bagus pas d
    gantangin sama yang pnya temen,…dua tangkringan atas abis d acak” kiri kanan,….terus goyang sambil bunyi,….nabrak jeruji jga engga,…cmn yg bikin saya heran, ko habis bunyi dia suka gesek”n anu nya ke tangkringan iia,…saran temen saya “udah g usah ikut lomba, biar d ternak aja tu burung” cuman saya masih penasaran klo liat kinerja burung nya lumayan bagus,..buka sayap lari kanan kiri sambil bunyi,..
    bisa g iia d akalin supaya tu burung ga berkelakuan gesek”n anu nya ke tangkringan???
    mohon petunjuk nya om

    untuk mengurangi birahi kurangin makanan peningkat birahi seperti telor puyuh atau kroto perbanyak buah atau sayuran, kalau masih birahi juga coba jodohkan saja, setelah kawin diangkat (dipisah) hanya melepas perjakanya saja hehe… demikian om semoga bisa membantu……. wassalam

  16. 18 teguh 17 April 2012 at 4:48 am

    salam kicau mania,,
    om saya punya burung kenari spanish, suaranya sangat kenceng n bisa tembus 30 detik,tapi waktu saat LATBER g mau bunyi om, hanya bunyi sekali2 n g mau jalan ke kanan ke kiri om,t gmana solusinya om?

    Mungkin jagoannya jarang dibawa jalan2 dan dibawa latberan sehingga pada saat lomba kaget, semua butuh latihan om coba jagoannya sering dibawa/diikutkan latberan sehingga dia terbiasa, jangan lupa perawatan & pemberian pakan yang baik & bergizi… demikian om semoga bs membantu…. wassalam

  17. 19 jabrik 4 April 2012 at 4:42 pm

    om mau tanya,, kalau umur menentukan ga kenari untuk mental bertarungnya???

    Om Jabrik, mental ditentukan oleh beberapa faktor seperti faktor turunan, lingkungan dan usia, wassalam

  18. 20 Aray 9 December 2011 at 12:53 pm

    Om bagus mana kenari lokal atau kenari f1 tuk lomba?

    coba baca dulu di link ini om http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/03/pengalaman-ternak-kenari-4/#more-310

  19. 21 herman muslihuddin 3 April 2011 at 4:41 am

    lam kenal om sya punya kenari yang lagi di pantau kerjanya suaranya sih ga terlalu keras tapi lumayan tembus nah yang ingin saya tanyakan kenapa ya setelah di kasih sayuran ko jadi galak?….maksuk galak di di sini seperti over birahi padahal tadinya ga galak? kra 2 apa ya penyebabnya

  20. 22 wahyu 6 November 2010 at 7:18 am

    misi….numpang tanya…. aku punya kenari…. dari volume dan speed kenariku bisa dikatakan o.k, cuman ada 1 masalah yang bikin aku bingung…. setiap kali aku tren ( percobaan dengan kenari lain ) burung kenariku sama sekali gak mau bunyi… tolong bagi tipsnya dong…

    Kemungkinan KN-nya belum terbiasa dibawa ke lomba jadi stress… coba dibiasakan bawa jalan dan digantang dengan kenari lain… demikian om semoga kenarinya bisa moncer….

    salam

  21. 23 Arya 26 July 2010 at 12:49 pm

    Om
    aq punya kenari tp kyk nya volum nya kurang?
    N mau tanya om
    isian kenari yg bgs apa om?
    N lo soal telor td om
    telor nya yg masak apa mentah om?
    Maklum pemual bru pertama punya kenari

    • 24 sofyan 27 July 2010 at 11:15 am

      Salam kenal om Arya, maksud om volume kurang apanya ??.. isian kenari tergantung selera orangnya om ada yang senang full blacktroat (BT), ada yang senang campuran BT, prenjak, ciblek atau Glatik Batu. yang diberikan telor matang om…

      salam

    • 25 arya 4 August 2010 at 8:40 am

      volume nya kurang besar om dan suaranya kurang panjang om gimana y om mengatasi nya
      mksi

      Untuk Volume tidak bisa di rubah om, kalau panjang mungkin bisa dengan sering diumbar… hanya penambahan panjangnya sih tidak signifikan… mengatasinya di lembiru saja om hehe….

      salam

  22. 26 Ade 25 July 2010 at 3:15 pm

    Maaf mau nanya nih, kenariku wrna kuning usianya kira2 6 bln tpi ga gacor, aku coba deketin ke kenari tmn yg udah gacor, pnyaku berdiri tegak badannya mengecil dan bunyinya cma cerrr cerrr aja, kira2 kenariku betina pa jantan dan jenisnya apa?

  23. 27 املج سيتي 15 July 2010 at 11:57 pm

    هذا الموقع خاص بنايف بن ابراهيم زارع الرفاعي

    يسعده ويشرفه مشاركتكم وتسجيلكم بالموقع واعتبار الموقع موقعكم واثراءه بالمواضيع الهامة والمفيدة

  24. 28 diex SF 2 July 2010 at 4:57 am

    semua kenari memiliki karakter yg berbda2… tpi2 perbdaan tsb tidak jauh2 amat sech,… mngenai warna tidak begitu berpengaruh ke mental..semua burung berpotensi untuk mendapat nilai 38,.baik bond,ijo botol,orange,putih polos,starblue,…semua tergantung dari mental burung..biasanya kenari stabil klo dilomba usia diatas 1 tahun,… (pengalaman aqu..mhon maaf kalo salah..maklum pemula)

  25. 29 sarif 15 June 2010 at 4:05 pm

    om …kira2 klau di kwinin kuning k,temu bon jd anakannya jdi wrna apa om….?

    • 30 ahmad sofyan 16 June 2010 at 12:55 am

      Rata-rata kenari warna hijau atau bond itu mempunyai gen kuat sehingga anaknya rata-rata mengikuti ke indukan yang warna bon… tetapi berhubung kenari yang sudah diternak berpuluh-puluh tahun kadang-kadang ada penyimpangan warna … bisa saja menghasilkan anak kuning polos, hijau atau putih… kita tidak tahu kalau tidak mencoba…. selamat beternak om….

      salam

  26. 31 fery aha 7 May 2010 at 1:09 pm

    cara merawat kenari isian, umur kenari 4 bulan

    • 32 ahmad sofyan 10 May 2010 at 12:46 am

      Om Fery… syarat utama merawat kenari isian terutama usianya dibawah 1tahun harus jauh-jauh dari kenari suara standar takutnya nanti kemasukan suara kenari standar (nglender halah nulisnya susah euy hehe…)

      salam

  27. 33 Yorke 20 April 2010 at 10:24 am

    tgl 9 Mei 2010 burunug Kenari mw d coba turun kontes,tips d atas akan d coba.mdh2an berhasil,do’a in y……….

  28. 36 Ram 20 March 2010 at 12:38 pm

    Mantap2 nech ulasane,bs praktet nech..

  29. 37 Sanim 17 March 2010 at 1:50 am

    Salam sejahtra,,,,
    ikut nimbrung ya bang,,,,Bang ane termasuk pemula dalam pemeliharaan kenari,,,Bang mau tanya nch,,,bang apa warna kenari mempengaruhi mental dan suara ketika di lapangan,,,trus gmana nch bang biar kenari ane bisa gacor,,,,,,

    • 38 ahmad sofyan 17 March 2010 at 2:36 am

      Di dunia perkenarian masih banyak informasi yang berdasarkan katanya… kalau menurut saya warna tidak mempengaruhi hanya memang mencari kenari warna cerah juara agak susah dan mahal…. kalau masalah biar gacor baca aja artikel diatas…

      salam

  30. 40 dendi 2 March 2010 at 4:06 pm

    om..minggu kmrin sy ikut lomba,,kenari sy memang tidak berhenti gacornya, tp si burung nabrak 2 kesana kemari..itu kenapa ya om? n gimana caranya biar si kenari bunyi di tangkringan terus..and ketika lomba di mulai, knari saya belom bunyi tp pas di pertengahan sampai beres bunyi terus. itu kenapa ya om??…di tungu share pengalaman nya.

    salam,

    • 41 ahmad sofyan 3 March 2010 at 5:51 am

      nabrak-nabrak jeruji biasanya over birahi om, coba atur lagi pola makannya EF yang membuat meningkatkan libido dikurangi…. pengalaman teman-teman sich untuk mengurangi birahi bisa diberi buah-buahan dan sayuran…. kalau lambat bunyi bisa type kenari-nya atau pola perawatannya yang butuh penyesuaian… coba atur lagi perawatannya, buat temen-temen yang suka lomba bisa nambahin sharing disini..

      salam

      • 42 yunior 4 March 2010 at 9:17 am

        ane tambahain ya om coba dikasih timun seminggu 3 kali,
        -sebelum digantang coba disemprot,
        -kurangi makanan2 yg menyebabkan birahi tinggi seperti telur puyuh, cede dll
        -alas kandang dikasih karet gelang biar burung enggan untuk turun
        -setting jarak jeruji dgn tangkringan kalau saya jaraknya cukup 4 jeruji
        -tangkringan dibuat 4 sejajar atas bawah..2 diatas dan 2 dibawah
        -kalau masih nabrak juga coba dikawinin tapi sistem cabut biar burung gk rusak
        -tapi kalau masih nabrak juga itu berarti burung masih muda and belum stabil kerjanya..

        maaf nih kalau salah maklum pemula he..he

  31. 43 riyan 15 February 2010 at 12:35 pm

    menurut saya kenari jangan d semprot,karena semburan air bisa masuk ke hidung burung kita.biarkan mandi sendiri.
    dengan menggunakan wadah mangkuk berisi air d masukan ke kandang kenari kita.


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,207,814 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

