Pengalaman Ternak Burung Kenari

betina

Kalau kita perhatikan orang tua kita dulu sangat arif dan bijaksana dalam memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah. Mereka sangat memperhatikan fungsi dari halaman atau pekarangan, dalam halaman ditanami pohon-pohonan yang bermanfaat contohnya pisang, mangga, jambu juga ada sayuran dan rempah-rempah. Selain tanaman dan pohon mereka juga memelihara binatang peliharaan seperti ayam, kambing dll.

kenari4Pada saat mereka mau memasak tinggal kehalaman belakang untuk memetik berbagai sayuran dan rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan. Ada saudara atau orang kota yang silaturahmi tinggal nangkap ayam …. Untuk memelihara semua itu tidak memerlukan biaya yang cukup besar karena pupuk tinggal ngambil dari kotoran kambing atau ayam. Eit kok malah ngelantur sebetulnya mau ngomongin apa sich he…he….

Tujuan saya menulis ini hanya ingin mengutarakan bahwa sebetulnya dalam menjalani kehidupan di kota kita bisa mencontoh dari orang tua kita dalam memanfaatkan lahan yang kita punya, hanya tidak bisa menjiplak 100 % harus menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Mengenai pemanfaatan lahan saya punya pengalaman yang cukup menarik. Saya punya ruangan nganggur dengan ukuran 2 m x 2m dengan luas lahan sekitar 4 M2 saya tidak mungkin memelihara kambing atau ayam karena selain sempit juga bisa berantem sama istri bau kotorannya tidak tahan he.he….

kandangBerhubung saya hobi memelihara burung kenari, ruangan kecil tersebut saya pergunakan untuk ternak burung kenari. Saya coba ternak beberapa ekor burung kenari.

anak kenari1Setelah beberapa kali gagal karena ilmu perkenarian saya yang masih kurang akhirnya ternak burung kenari mulai berhasil. Hasilnya dari beberapa ekor indukan dalam 1 bulan saya bisa melepas anak burung kenari minimal 3 ekor jenis F1YS dengan harga Rp. 350.000 pada usia 1 bulan. Harga tersebut akan meningkat menjadi Rp. 500.000 jika anakan tersebut telah bunyi apalagi jika anakan tersebut punya talenta juara harganya bisa melambung tinggi.  Sekarang temen-temen bisa hitung sendiri berapa pendapatan saya dari lahan yang hanya 4 M2, mohon maaf dalam hal ini saya bukan ingin menyombongkan diri saya hanya ingin sharing bahwa kalau kita pandai mengoptimalkan lahan seperti orang tua kita dulu akan menghasilkan sesuatu yang manfaatnya akan kita rasakan. 

Jadi buat temen-temen yang hobi burung kenari ……… ayo tingkatkan hobi anda menjadi kegiatan yang bisa menghasilkan uang . Walaupun tidak memberikan keuntungan yang besar minimal bisa membiaya hobi tersebut….. sudah dulu yach nanti kita bahas mengenai bagaimana caraanya ternak kenari, tip memilih jenis kenari yang laku dipasaran dll … kalau ada yang ingin sharing  monggoooo …..

About these ads

207 Responses to “Pengalaman Ternak Burung Kenari”


  1. 1 ari wong deso 23 April 2014 at 5:01 pm

    Mlm om numpang nnya knari sya nelur tp gk mau di sarng pdhal dh sya ksh srang 2 tp burung msh gk mau nemptin smpe2 tlur y pcah trus yg slh ap ya y om ?
    Burung knari pling byak nlur brp butir om ?
    Kira klo knri am greja bss di kdo’in gk omm?

    nelornya dimana om ?, yang saya tahu yang paling banyak 5 butir, saya belum nyoba ternak kenari dengan burung gereja kalau om pingin nyoba silahkan, hasilnya tolong dishare disini om :)

  2. 2 Blog Jos Banget 17 March 2014 at 9:05 pm

    Artikelnya keren banget om, Tapi maaf sekali saya cuma bisa
    nyimak doang hehehe..

  3. 3 Deni ginannjar 14 March 2014 at 5:03 pm

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Salam kenal..Om saya sedang ternak kenari lokal sama AF di bandung (ujung berung)..Saya masih bingung cara jual anaknya kemana ya om..Saya minta informasinya,,klo ada sma no tlpn nya supaya saya gampang jual burungnya om..Matur nhun
    Wassalam…

    Untuk jual kenari coba tawarkan ke kios-kios penjual burung….

  4. 4 Anonim 8 March 2014 at 4:33 am

    salam kenal kenarimania………….
    Mohon informasi untuk alamat peternak kenari di sekitar Pati – Kudus……..
    saya sedang cari kenari betina jambul………
    Trims Pak Admin.

    ada yang bisa bantu ??

  5. 5 Anonim 24 February 2014 at 7:04 am

    Om…tanya kalo sarang piyik (umur 5 hr) sudah tampak kotor apakah harus dibersihkan atau diganti sarang ? maksih

    ini indukannya sudah pernah punya anak ?, kalau baru pertama punya anak saran saya jangan dulu dibersihkan om… nanti setelah anaknya usia 10 hari boleh diganti isi sarangnya…..

    • 6 Anonim 27 February 2014 at 6:53 am

      Indukan baru pertama kali ini punya anak, jumlah ada 3 ekor yang menentas. Kalo sarangnya sy ganti, kemungkinan diacak-acak induk betinanya atau tidak? makasih jawabannya.

      anaknya usia berapa om ?, kalau saran saya jangan terlalu terburu-buru ganti isi sarang karena ada indukan yang sensitif khawatir jika diganti siinduk tidak mau ngurusin anaknya….

  6. 7 gAndhes 18 February 2014 at 11:03 pm

    Telur kenari baru netas umr 2hari mati terinjak indukanya.ap indukan betinanya jelek ya?

    belum tentu jelek om ada beberapa penyebab anak kenari mati terinjak :
    1. Pemiliknya sering ngintipin induk kenari yang sedang mengeramin anaknya….
    2. Kondisi lingkingan ternak pada saat malam gelap sehingga ketika kaget ada binatang lewat anaknya terinjak….
    3. Ada binatang (tikus, kucing, cicak atau kecoa) yang berkeliaran disekitar kandang ternak
    4. induknya baru belajar ngasuh anak…
    Silahkan om selidiki penyebab anak kenari dari beberapa penyebab diatas…

  7. 8 Wahyu torres thea 17 February 2014 at 6:06 pm

    Mt malem om?Mf ganggu,saya mu nanya,sya pnya knari bru brumur 1 bln lbih,dibagian da2nya botak sebelah,pengen bulunya tmbuh cepet gimana om??Mkasih om..Mhon diblas.He he

    penyebab botaknya kenapa om ?, harus diketahui dulu penyebab kebotakannya baru dicari solusinya….

  8. 9 nanang 27 January 2014 at 11:32 am

    Om,cara mengatasi kenari yg kurus ma badan nyilet gt gmn ya?

    penyakit nyilet agak sulit mengobatinya om… coba cari obat MB di toko/kios penjual burung…. atau om bisa searching di google ada beberapa orang yang jualan On Line

  9. 10 Raka 8 December 2013 at 8:52 am

    Assalamualaikum om, om usia ideal piyikan kenari saat di jemur umur brp hari om ? trs knp yaaa kenari jantan saya tidak mau bersuara (ngegoda) saat di 1 sangkarin sm betina, padahal kalo sangkar di pisahkan malah kenari jantan saya mau menggoda, solusinya bgaimana om ?

    usia 7 hari sudah bisa mulai dijemur namun jangan terlalu lama, kenari jantan yang sedang disatukan dengan betina jarang bunyi…..

    • 11 Raka 9 December 2013 at 11:21 am

      Iya kan kalo kenari jantan sm betina kalo di satuin si jantan nya bunyi ngegoda si wanita tp ini si jantan malah diem aja

    • 12 asrul 7 January 2014 at 6:43 pm

      om sya mau nanya tntang kenari…saya niat pgn ternak kenari,tp saya belum tau sama sekali mngenai perkenarian atau burung semacamnya..yg saya tnyakan lebih baik mulai dari ternak kenari jenis lokal apa import dan membutuhkn biaya brpa untuk standart ternak burung kenari ini om..trmhksih om??

      Kalau belum mengenal burung kenari saya rasa om lebih baik mengenal dulu kenari coba beli 1 pasang kenari lokal, yang perlu diingat dalam beternak kenari tidak seindah yang dibayangkan banyak tantangan….

  10. 13 Raka 5 December 2013 at 4:19 pm

    Om saya mau nanya lagi, kenapa burung kenari saya tidak mau mengerami telurnya ? terus kalo kenari di kawinkan sama turunan yg sama apakah berhasil ?

    ada beberapa sebab kenari tidak mau mengeram : indukannya baru diternak, ada serangga pengganggu disekitar sarang atau induknya sudah tahu bahwa telornya kosong/gagal jadi anak… coba om perhatikan dari beberapa penyebab tersebut…..

  11. 14 Raka 5 December 2013 at 1:18 pm

    Om saya peternak kenari pemula, telur burung kenari saya kan ada 4 baru netas 2 ko udh 3 hari 2 telor lain nya blm netas ? di buang saja atau gimana om ? terus kalo tiap hari saya ganti makanan nya atau saya bersihin kandang nya apa kenari betina merasa keganggu ? terimakasih om , mohon jawab pertanyaan nya ya hehe
    Om Raka tunggu beberapa hari lagi om, cuaca sekarang tidak menentu jadi masa penetasannya agak lama…. kalau kenarinya baru diternak jangan terlalu sering diganggu untuk ganti pakan tiap hari saya rasa tidak mengganggu, namun untuk sementara kandang jangan dibersihkan om, setelah anaknya usia 7 hari bolehlah dibersihkan namun jangan setiap hari om….

  12. 15 ERDY 4 December 2013 at 3:00 pm

    Salam kenal Om, saya pndtang baru.
    Sy mau tanya Om, sy pnya spasang indukan kenari, tp yg jantan udh brumur lbh dr 3 thn,, nah skrg tu yg jntan uda gk mau bunyi ngerol lg stlah slesai mabung, itu krn umur apa gmn ya Om ?? Trus msl d trnak apa msh prodktf ya Om ???

    om Erdy, kenari mabung seperti burung yang sedang sakit sehingga setelah mabung membutuhkan waktu beberapa minggu akan kembali ke suara aslinya/ngeroll panjang setelah kondisinya fit. jangan lupa cukupi gizi, pola perawatannya dan pelihara kebersihan sangkar. Usia 3 tahun masih bisa diternak om yang penting kondisi kenari fit…..

  13. 16 ganda 29 November 2013 at 12:08 am

    Mau tanya, klo harga burung kenari lokal kuning betina berapa ya om?

  14. 17 si jeck 15 November 2013 at 2:24 pm

    sama mau tanya om ciri kenari udah gk produk lg gimana ya…?

    sulit juga kalau dilihat secara fisik, ada beberapa penyebab kenari tidak produktif a.l usia tua diatas 5 tahun (kalau perawatannya bagus masa produktifnya relative lama bisa sampai usia 7 tahun), kurang perawatan, produksinya digenjot dll….

  15. 18 si jeck 15 November 2013 at 2:21 pm

    kok kenari saya gk mau nyusun sarang ya om..padahal sudah saya ganti berbagai media tp cuma dirusak dibawa mondar mandir aja….biar mau nyusun sarang nya gimana ya om…mohon batuannya

    Biarkan saja om, isi sarang jangan terlalu sering diganti… dalam beternak burung kenari butuh waktu dan kesabaran…..

  16. 19 Ferry indah 10 November 2013 at 9:14 am

    Mas sya pnya kenari dah nelor 4 dan bru 3hari ni ntes 1,yg mau sya tnyakan kok yg tlor 3 gak ikut nts ya,,trus klw gak nts gtu apa tlornya d ambil atw d angkat,mksi sblmnya,,

    Kalau yakin tidak netes telornya dibuang saja om, kalaupun dibiarkan nanti nyempit-nyempitin sarang karena semakin hari anaknya semakin besar

  17. 20 Sapto 6 November 2013 at 2:37 pm

    Salam kenal.. Saya punya gudang nganggur, ukuran 3mx1,5 m. Tidak ada jendela / ventilasi udara. Cuma ada pintu saja. Apakah Ruang itu bagus utk mulai ternak kenari? Perlu ganti genteng ya dg genteng kaca? Perlu beri jendela / ventilasi udara? Trims

    mohon maaf tanpa bermaksud menyombongkan diri, jika Om Sapto rajin menelusuri semua tulisan di blog ini sampai khatam insya Allah seluruh persoalan dapat terselesaikan, mengenai gudang coba om mampir ke link ini http://burungkenari.wordpress.com/2010/02/04/dinamika-ternak-kenari

  18. 21 Adi 3 October 2013 at 5:53 am

    kenari betina suka berhamburan rumput di kandangnya apa karena rumputnya ga suka atau wadah tempat telurnya tidak disukai, bagusnya wadah telurnya itu digantung atau dibawah, bagi ilmunya ya om, mksh sebelumnya!

    Banyak penyebab kenari ngacak-ngacak isi sarang namun yang paling utama biasanya kenari belum siap ternak sehingga isi sarang dibuat untuk main, kalau sudah kebelet ingin bertelor biasanya tidak pilih-pilih…. ada juga yang pilih-pilih isi sarang coba masukkan beberapa macam serat tidak harus banyak cukup beberapa lembar, kalau sudah ketahuan mana yang dibawa ke sarang baru diperbanyak … burung biasanya senang bertelor ditempat yang tinggi, jadi lebih baik sarang ditempatkan ditempat yang tinggi….

  19. 22 Herizt Al Atsar 29 September 2013 at 3:49 pm

    om mw tanya…. apa bener kalo kenari import yang berasal dari negara2 eropa yang notabene negara kapitalis, wktu dipenangkaran negara asalnya sebelum di ekspor sudah di buat sedemikian rupa di buat agar sel buahnya mati sehingga enggak bisa ditangkarkan,,,, walopun enggak 100%

    Saya tanya balik om, apakah di Indonesia ada kenari asli Indonesia ?, yang saya tahu seluruh kenari yang ada di Indonesia berasal dari luar negeri…. banyak issue-issue aneh yang berseliweran didunia perkenarian…..

  20. 23 Arif 28 September 2013 at 8:06 am

    ga tau juga ya om itu egg binding ato gimana tapi emang udah “menter2″ perutnya tapi masih agak lincah burungnya……,sebelumnya makasih om saya coba dulu sarannya ntar gimana perkembangannya saya kabari om…..suwun

  21. 24 Arif 27 September 2013 at 6:27 am

    om mau nanya, indukan kenari saya kok ga nelur2 ya pdhal udah mbunderi hampir 2 mingguan dan dah ndekem2 terus tapi ga keluar2 telur2nya padhal juga ga nglemak burungnya..,ne malah indukan yang lain barengannya waktu mbunderi udah mulai netas.,gimana solusinya om?suwun

    Maksudnya egg binding (telor tidak keluar2) om ? atau belum bertelor ?, kalau belum bertelor coba masukkan kapas kedalam kandang ternak. Kalau egg binding agak sulit masalahnya ..:( , penanganan egg binding tempatkan kenari di lingkungan yang hangat, diberi kalsium agar kenari punya tenaga untuk mengeluarkan telor, teteskan minyak sayur ke kloaka burung kenari pijit-pijit kloaka burung kenari, hati-hati pada saat memijit jangan sampai pecah…. mudah2an kenarinya cepatnya bertelor om…..

  22. 25 fadil 15 September 2013 at 11:22 am

    om sofyan bagi ilmu donk.sya brniat mau ternak kenari.sya bli anakn knari umur 3 blan.kn siap kwin umur 6 blan ya.prtanyaannya:pngruh ga brung jntan dan betina d taroh berdekatan.tkut”y stlah umur 6 blan dia ga mau d jodohin.mhon pnjelasannya.trimakasih

    Kenari jantan dan betina berdekatan menyebabkan kenari jantan jarang bunyi hanya itu saja om ….

  23. 26 Jarwo 7 September 2013 at 6:51 am

    Kenari sy anakan sdh berumur 30 hari dan sy pisah. Indukan Sy kawinkan dgn pejantan lain tdk mau, Padahal pejantan itu sdh pernah kawin dg induk lain dan berhasil. Tapi kalo sy kawinkan dg pejantan yg ngawini pertama kali mau, kenapa itu om. Tks

    Mungkin si betinanya sudah cinta banget sama jantan pertamanya om, coba dilakukan proses penjodohan dengan jantan kedua usahakan si jantan pertama jangan sampai terlihat atau terdengar suaranya oleh betina…….

  24. 27 jamali 13 August 2013 at 4:49 am

    Salam kenal om, kenari saya dah 2x angkrem tapi kok selalu gagal, apa sebab nya Ɣªª om, mohon ilmu pangalaman om

    Banyak faktor penyebab telor gagal netas, faktor usia indukan (terlalu muda atau tua), faktor perawatan (pakan, multivitamin dan perawatan harian (mandi & jemur)) dan faktor tempat/kandang ternak (kandang ternak terlalu panas atau ada gangguan dari binatang sekitar)…. coba om perhatikan faktor-faktor tersebut….

  25. 28 Aris 17 July 2013 at 5:52 am

    apakah Pada saat meloloh piyik. kenari jantan dan betina harus dipisah om

    terserah om mau dipisah atau disatukan saya sudah bahas mengenai hal ini bisa dicari ditulisan terdahulu….

  26. 29 Ragil 10 July 2013 at 2:34 am

    Terimakasih atas jawaban2 dr om sofyan,sangat membantu kami sbg peternak pemula.semoga om sofyan skeluarga slalu dlm kesehatan dan diberi kemudahan dlm sgala urusan.AMIN…
    Salam
    Ragil

    Aamiin, terimakasih

  27. 30 Ragil 9 July 2013 at 2:13 pm

    Indukan kenari meloloh 4 piyikan umur 10harian. Induknya tetap meloloh,tp kok induknya tidur ditangkringan bukan disarang brsama anak2nya,hal ini wajar gak om?mohon pencerahanya.trimakasih
    Ragil

    Mungkin wadah sarangnya kekecilan sehingga ketika anaknya mulai besaar sarang menjadi sempit dan si induk khawatir menginjak anaknya, usia 10 hari sudah tumbuh bulu saya rasa wajar induknya tidur ditangkringan….

  28. 31 Ragil 9 July 2013 at 11:09 am

    Jantan sy pisah om.kandang ternak sy tempatkan rmh blakang,sedangkan gantangan pjantan2nya sya tmpatkan dteras dpan rmah.tp pas bunyi suaranya jg msh trdengar pek kndang trnak.apakah bunyi jntn (wlau pelan) bs memancing birahi betinanya om? Utk saat ini bagi indukan meloloh yg lain telur sy stop sedang sayur+buah sy tambah,dsamping pjntanya sy jauhkan dr tmpt ternak.apkah yg dmikian ini sudah betul om?trmakasih ats jawaban om sofyan,om sofyan adlh inspirasi skaligus sbg guru sy dlm breeding kenari.
    Salam
    ragil

    Om Ragil, ada beberapa betina yang cukup sensitif ketika mendengar suara jantan akan terlihat gelisah bahkan pada saat mengeram ketika mendengar suara jantan akan keluar meninggalkan telor, semua butuh pembelajaran dan sebagai peternak harus tahu karakter individu kenari inilah menariknya dunia peternakan kenari :) namun saya rasa langkah yang om lakukan sudah benar…. telor jangan dihilangkan om tapi pemberiannya dibatasi, coba om perhatikan lagi mix pakan bijiannya karena ada beberapa jenis pakan bijian yang bisa meningkatkan birahi (om bisa searching di google jenis pakan peningkat birahi), masih banyak om suhu-suhu yang lebih hebat saya masih belajar dan hanya ingin berbagi saja om…..

  29. 32 Ragil 7 July 2013 at 12:37 pm

    Assalamu’alaikum om sofyan, perkenalkan saya ragil pemula dlm breeder kenari.saya mau tanya induk betina stlah meloloh +/- seminggu tiba2 tdk mau lg meloloh anaknya.pakan yg sy berikan bijian mix(canary seed,biji sawi+sdkit campuran niger,milet,jewawut),utk EF: daun sawi,selada,pear,telur puyuh scra brgantian. Tp saya perhatikan induknya spti stres dgn tanda2 selalu makan sotong dan feses berair.akhirnya ke-4 anakanya mati. Tp saat ini induknya udh angkrem lg 5 butir. Sblumnya terimakasih atas jwban om sofyan.
    Ragil

    Om Ragi, kemungkinan induknya birahi lagi sehingga anaknya ditinggal tidak mau ngerawat anaknya, pada saat ngasuh anak jantannya dipisah atau disatukan om ?

  30. 33 Abu fachry 4 July 2013 at 2:15 am

    Met Pagi, saya pemula om mu nanya,,
    kenari saya udah berjodoh kira sudah hampir 3 minggu.tapi belum mau kawin. Yang ingin saya tanyakan apakah kenari tersebut tetap dibiarkan dalam satu kandang sambil menunggu bertelur atau dipisahkan dulu,,
    saya tunggu jawabannya om,,,

    terima kasih sebelumnya

    proses perkawinan akan terjadi jika kedua kenarinya sudah matang kelamin (birahi), coba om perhatikan apakah keduanya sudah siap kawin

    • 34 Abu fachry 4 July 2013 at 3:11 am

      O ya satu lagi om,,,,
      Apa benar kalau kenari warna oren atau oren fros susah kawinnya?

      tergantung kenarinya om kalau sudah siap ternak sih akan mudah diternak….

  31. 35 nanang 23 June 2013 at 12:11 am

    Asslkm.moo tanya ni om,saya perternak kenari pemula ni.pny sy kan hbs bertelur 5.trs semua netes tp setelah umur 25hari an kok anak nya yg satu mati,trs selisih 3 hari yg 2anak an mati lg.kira2 penyebb nya aa.mohon bantuannya

    Waalaikumslm, biasanya usia 25 hr sudah keluar sarang, coba diberi telor rebus (telor ayam biar mudah dimakan) mudah2an anaknya mau makanan telor rebus….

  32. 36 Dimas Glados 17 May 2013 at 9:56 am

    mau nanya ,bagaimn cara mengatasi kenari yg kesulitan melahirkan telornya karena dedelen. saya kasian melihatnya, klo ada rmh sakit yg mau menerima untk dicesar sya cesarkan. trims

    Egg bending biasanya akibat indukan betina terlalu muda atau terlalu tua, coba pada anusnya diteteskan minyak sayur…. tempatkan indukan pada sangkar hangat, demikian om semoga bisa membantu….

  33. 37 Joko sudarno 28 April 2013 at 12:45 pm

    Gan masih ternak kenari.kalau masih aku ingin silahturahmi .alamat di mana gan ?

    Saya masih ternak kenari, alamat saya di Makrayu no.1181 Palembang, sumatera selatan

  34. 38 yoga Murtanto 21 April 2013 at 5:43 pm

    om kalau obat yang buat kenari biar cepat birahi ada tidak ya om?

    yang bagus yang alami om, untuk meningkatkan birahi bisa dijemur dan yang paling utama usianya sudah pas maksudnya sudah dewasa (diatas 8 bulan)

    salam

  35. 39 Lebah 20 April 2013 at 4:26 am

    Gimana mengatasi indukan yang tdak mau meloloh piyik om

  36. 40 yoga Murtanto 17 April 2013 at 8:39 pm

    Salam kenal om
    maaf ni saya peternak kenari pemula saya mau tanya tolong di bantu ya om
    1. saya punya kenari bertelur 4 tp baru netas 1, biasanya jaraknya berapa lama ya om antara telur 1 sampai dengan telur terakhir?
    2. kenari saya mau bertelur tp kulit telurnya masih muda ( gembur ) karena apa ya om?
    3. kenari saya juga ada yg bertelur tp tidak pada sarangnya, kira2 kenapa om? terus telurnya malah di patuk sendiri om.

    maaf ni om banyak pertanyaan maklum saya benar2 tidak tahu, saya minta tolong di kasih penggarahannya om. terima kasih.

    hormat saya

    yoga
    banjarnegara

    Om Yoga, coba sharing ya
    1. Biasanya selang 1 hari atau tergantung keluarnya telor kalau jaraknya 2 hari bisa berselang 2 hari.
    2. ada beberapa penyebab kulit telor muda, bisa karena indukannya kemudaan atau ketuaan dan kemungkinan kekurangan kalsium
    3. Mungkin sarangnya kurang nyaman karena ada serangga atau tempatnya banyak tikus lewat coba om perhatikan kondisi lingkungan kandang ternak.
    Wassalam

    • 41 yoga Murtanto 19 April 2013 at 5:15 pm

      kalau kekurangan kalsium biasanya dikasih apa om? terima kasih banyak om atas penggarahannya ini sangat membantu saya.

      diberi kulit telur atau tulang sotong, apa itu tulang sotong silahkan cari di google, terimakasih

      salam

  37. 42 Chondres 17 February 2013 at 4:57 am

    Misi om,numpang nanya.Saya pemula di kenari ini,saya ingin menjodohkan KN tapi yg lebih tua yg betinanya bisa gak ya om.tolong jawab ya om ,saya ucapkan terima kasih

  38. 43 Hadi 28 December 2012 at 10:59 am

    om ikutan kumpul boleh…mau nanya boleh om,,,saya main kenari baru se umur jagung,belum tau…? pas satu hari disatuin kenari saya,saya intip ternyata dia kawin,,,hahayyy,,,setelah kawin gitu jantan nya harus dipisah apah disatuin ajah om,,,,,Makasih om.

    • 44 vicky 29 March 2013 at 6:49 am

      pengalaman saya ada 2 metode peternak, satu disatuin terus sampe nanti nelur ato angrem. yg kedua dipisah setelah kawin, sorenya ato paginya dikawinken lg, sampai nanti bertelur kira2 stlah 3hr. menganut sit poligami.

  39. 45 wayan 20 December 2012 at 5:30 am

    slm kenal om sopyan saya wayan dari bali.sya pingin nanya sama om saya mau nyoba kenari jeni f1 ysnya dimana saya bisa beli om?klo om punya temen yang bisa kirim ke bali tolong infonya om, makasi

  40. 46 wayan 20 December 2012 at 5:13 am

    slm knal om mau dimana saya bisa kenari yang bisa dikirim ke bali om tolong kasi tau alamatnya?

  41. 47 Ibnu arizal 17 December 2012 at 4:56 am

    Mau nanya om sofyan . Berapa hari . Kenari anakan dari netes smpe bisa makan jerawut . Tolong jawab soolnya . Setelah sya baca artikel di atas . Bnyk yang gk di jawab .

    • 48 vicky 29 March 2013 at 6:55 am

      25 hari sudah dipisah. mantapnya 1bln siap jual. tergantung pakan harian waktu ngloloh jg, klo pake kiloan pgalaman umur 25 hari blm berani misah. demikian harap maklum.

  42. 49 Donny Knc Menthol 5 December 2012 at 11:46 am

    om pakan apa saja agar KN betina fit dan anakan nya sehat

    1 lagi om burung kn saya beli ambrol botak trus kadang kalo malem tidurnya bunyi ngiik,ngiik stiap napasnya, kotoran nya cair om

    apa obatnya dan gimana nanganin nya
    makasih om :)

  43. 50 Ari 27 November 2012 at 11:28 am

    permisi numpang pencerahannya ….
    saya mempunyai 3 ekor kenari betina dan 2 ekor kenari jantan, usia semuanya diatas 7 bulan.
    yang mau saya tanyakan
    1. bagaimana agar kenari saya cepat birahi dan bertelur.
    2. bagaimana cara menjodohkan kenari2 saya
    trima kasih atas pencerahannya
    sekali lagi matur suwun….

    coba baca-baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari/page/3/

  44. 51 jidan 27 November 2012 at 4:06 am

    salam kenal om , ni aku peternak pemula punya indukan kenari telurnya macet ngga bisa kluar gmn ngatasinya tku, jidan semarang

    Telornya sudah keluar om ?… kalau belum keluar coba maaf seidkit vulgar nech ke anusnya(jalan keluar telor) ditetesin minyak kelapa/minyak goreng dan kedalam minumannya diberi multivitamin… penyebab egg bending (bener gak yach nulisnya hehe…) itu karena indukannya terlalu mudah sudah diternak atau stamina induk ngedrop…

  45. 52 Julian 12 November 2012 at 1:47 pm

    Wah low gtu kmungkinan knri saya g2l donk om, soal y dah hr k 18 satu pun lum ada yg menetas, mungkin gk om pengaruh karna pejntannya sdng mabung/dorng ekor, trus saya hrs gmna om uphay, apa tlur y dbuang sja atau tunggu smpai 21 hri.mv ya om low bnyk tnya mklum masi piyik ne..

    • 53 Uphay 13 November 2012 at 9:44 am

      pastinya gagal om.. buat belajar, coba diterawang ke sumber cahaya telurnya… di usia 5 hari, sudah bisa ketahuan telurnya isi apa nggak. kalau isi, telur gelap tidak bening. Jantan mabung memang biasanya gak bagus spermanya, saran saya, rawat intensif dulu jantannya sampai kelar mabung dan sudah gacor lagi. betinanya juga disiapkan atau dijodohkan dengan jantan lainnya kalau ada. semoga bermanfaat om… semangaaattt

      • 54 Julian 14 November 2012 at 1:17 pm

        Sayng bnget ya om, pdhal sy dah siapin nama tu om buat k4 baby kn sya. om bleh tnya lgi yaah hehe..pernh gk om uphay pnya pengalaman brhsil ternk kenari pakai kndng gntung(tdk dtempel didindng mulai pnjdhan smpai menetas).makasi bnyk ya om uphay atas pncerahannya, pk’k y sy gk akn brhnti sblum brhsil smangaaat hehe.. :)

      • 55 Uphay 20 November 2012 at 1:41 am

        hehhe, kunci berhasil ternak itu sabar dan konsisten om… pakai kandang gantung, “BISA” om, saat mengeram di naik turunin sangkarnya tuk ngasih makan juga ga papa, jadi kok… yang perlu digaris bawahi adalah sebisa mungkin kandang tidak bergerak (kena angin dll), dan indukan harus nyaman (kayak teman ada yg taruh di garasi krn jarang orang lewat). semoga berhasil om….

  46. 56 Julian 11 November 2012 at 8:56 am

    asslm..om sofyan/upay, mo tanya.pling lma brpa hri y om telur knari menetas, punya saya sdh 17hr tp blum jg ada tanda2 menetas, apa memang sdh tdk mungkin jd krena sdh lebih dri 15hri..makasi atas jwbnya..

    • 57 Uphay 12 November 2012 at 1:36 am

      14 hari telur yang pertama menetas om, diikuti oleh telur2 selanjutnya. jadi kalau telurnya ada 4, artinya hari ke 18 sejak telur pertama keluar harusnya sudah menetas ke 4 telurnya tersebut. coba di terawang menggunakan senter / lampu HP, kalau gelap biasanya isi, kalau bening artinya silahkan coba lagi… heheheh,,,, semangaaaattttt…

  47. 58 Aldyciefiversthea Bertahanuntukmenahanperih 11 November 2012 at 1:19 am

    om mau nanya klo untuk bahan sarang kenari yg bikin nyaman berbahan apa yahh .

    • 59 Uphay 14 November 2012 at 8:07 am

      terserah mau KN nya om, yang banyak dipakai sih serat nanas/ tali rami, tapi bisa juga sobekan kertas, kapas, tisue, benang woll, dll, lihat apa yg paling dia suka untuk membangun sarangnya, yah itu yg dikasih.

  48. 60 Viqri 5 November 2012 at 1:31 pm

    Ass, saya mau nanya
    1. Berapa kali meloloh piyik kenari
    2.Apakah kenari betina yang sedang mengeram boleh di jemur
    3. Kalau sedang mengeram si kenari betina ngeraminnya suka sambil tidur tergantung waktunya sih apa ga apa apa
    Di mohon jawabannya

    • 61 Uphay 12 November 2012 at 1:39 am

      1.tergantung usia om…bisa tiap 30 menit, tiap 1 jam, tiap 2 jam
      2. penjemuran sebaiknya saat usia anakan < 5 hari, 5-15 menit saja
      3. ga papa om, selama masih meloloh anaknya, tambah vit di minumnya

  49. 62 joko supriono 8 October 2012 at 2:28 am

    Maaf tanya kira – kira ada yang jual kenari gak… kalau ada mau pesan nih… yang lokal aja / khusus bakalan / sepasang berapa yaa harganya ?

  50. 63 amalia 5 October 2012 at 8:25 am

    Permisi om, saya mau tanya,,
    kira2 bisa tidak , jika burung kenari yang baru saja menetas , saya rawat sendiri, ,? Karena saya pernah punya baby kenari 4 , yang bsa hidup hanya 1 ekor saja, yang 3 mati karena ketimpaan induk nya,
    cukup it saja pertanyaan saya, terimakash :-)

  51. 64 wh 18 September 2012 at 2:08 am

    permisi om,mau nnya nie betina sya udah nelur tp gak mo mengerami selang 1 mnggu sya buang telurnya..skrng dah bertelur lg 3 tapi kok gak mo ngeram jg ya..knp…? Tks

  52. 65 Budi 29 August 2012 at 6:50 pm

    Ass,.
    om vitamin kenari dgn burung kicau lainnya apakah sama…atau memang ada yg khusus kenari, trima kasih
    wasalam

  53. 66 hengky 28 August 2012 at 6:41 am

    ikut nimrung, kalau daerah bekasi ada yg siap menampung hasil ternakan burung kenari ga ya, kalau ada bisa di hubungi ke e-mail iwannr@yahoo.com

  54. 67 wahyu 24 August 2012 at 4:47 am

    salam kenal..mau nanya nich,kenari saya tu dah bertelor 1 tapi pecah trus nyampe skrng blm bertelor lagi,tp msh angkren disarang trus tu knp ya..makasih

    • 68 ahmad sofyan 24 August 2012 at 3:04 pm

      Betinanya ambil dulu om (dipisah dgn jantannya) coba kondisikan dulu betinanya mandi jemur setiap hari selama 1 minggu setelah itu baru satukan kembali dgn jantannya, mudah2 cepat bertelor kembali..

  55. 70 teo 22 July 2012 at 4:09 am

    salam kenal,sy teo dari bandung,dimanakah sy mendapatkan obat2 utk segala penyakit kenari

  56. 71 Adan 10 July 2012 at 4:46 am

    Met siang. . .
    Salam kenal om.
    Mau curhat om. . . . Kenari sya kalo di jemur gacor, tpi kalo di tmpat teduh atau d dlam rumah, burung jadi nyekukruk, bulu ngembang n berdiri, nafsu makan kurang, gak mau bunyi,,,kenapa dgn kenari saya ? Bgaimana pengobatanya om ?
    kakinya hbis bubulan sudah sya obati dgn salep 88, udah mulai sembuh walau kenari kdang msih ngangkat kaki 1 n sering matukin kaki, n kayaknya kakinya skit om, jdi utk pindah2 tangkringan agak kesulitan, bgaimana penangananya om ?

    Dmikian om.
    Sya haturkan terima kasih, atas saran n masukanya.
    Salam

    • 72 Uphay 10 July 2012 at 10:08 am

      om Adan, menurut saya, kalau kakinya masih diangkat, berarti sakitnya belum tuntas. coba pakai betadine salep, pagi sore diolesin sampai hilang, bersih, dan tidak ngangkat kaki lagi. selama msh suka makan, kasih apapun yg dia suka om, jangan dibatasi, karena biasanya nanti berlanjut ke sakit kurus (cek dadanya nyilet apa tidak). Tangkringannya kasih kayu yang lembut / halus jangan kasar, karena bisa menambah parah lukanya. Semoga bermanfaat

  57. 73 denny candra 20 June 2012 at 5:02 pm

    mohon bantuannya om, saya pnya kenari sepasang kenari yg betina ngejar2 yg jantan dan yg jantan ketakutan, yg saya herankan kenapa yg betina selalu angkrem d sangkar trus, seolah2 sprti ada telurnya sudah 1 minggu saya diamkan
    mohon bantuannya om segra??

    • 74 Uphay 21 June 2012 at 2:47 am

      Om Denny, biasanya kenari berjodoh saat keduanya dalam puncak birahi, kalau itu sepertinya hanya betinanya yg birahi. jantan yg terintimidasi sangat rentan Stress, dan kemungkinan akan selalu takut bila bertemu betina. Sebaiknya dipisah jantannya dan biarkan sendiri sampai mapan dan tumbuh mental ngawinnya. untuk betinanya bisa dicarikan lagi jantan yg guacor dan punya mental ngawin. ingat, sebelum disatukan, pastikan pasangan ditempel dulu sampai berjodoh, agar betinanya tidak main hajar sembarangan.. hehehhe

  58. 75 Viant 3 June 2012 at 6:41 am

    Om caranya bikin anakkan kenari biar warnanya kuning gimana..?
    Dan biar gemuknya sama semua..?

    • 76 Uphay 21 June 2012 at 2:50 am

      biar kuning, yah cari indukan yang kuning om, hehehhe, biar gemuknya sama, biasanya dibantu dengan hand feeding (bantu diloloh sendiri), karena biasanya, telur terakhir yang menetas akan lebih kecil dari telur pertama. Namun masalah postur, itu masalah genetik juga om, ada yg memang besar dan ada yg memang kecil.

      Om Uphay, terimakasih sudah memberikan pencerahannya, mohon maaf saya belum bisa aktif di blog masih ada beberapa pekerjaan yang belum selesai-selesai

      wassalam

  59. 78 stevanus 21 May 2012 at 12:59 am

    Om indukan harganya berapa gt..??

  60. 79 rikky 20 April 2012 at 2:14 am

    om burung kenari saya udh nelor 2….. tpi ko induknya malah dit

  61. 80 Bagoez Itcu Ya Bans'pol 6 April 2012 at 7:52 am

    ass… mau nanya om,, kira2 brp hari sich telur kenari menetas???
    makasih om info nya…

    Waalaikumslm, 14 hari om… untuk jelasnya bisa baca-baca tulisan saya terdahulu, wassalam

  62. 81 teguh 5 April 2012 at 4:52 am

    Halo om…
    Klo bibitnya sepasang brp ya?terimakasih

  63. 82 mifta 13 March 2012 at 2:39 am

    mas,,ku kmren bli knri sepsang..
    kata yg punya dah jodoh ..
    tpi low kenari jantan mau kwin,yg betina malah lari..
    trkadang ketika jantan mendekat kenari betina mau gigit,sehingga yg jantan lari..tpi klau d pisah,,mereka sling bersautan/saling memanggil..
    dan juga tidur pisah,,tpi betina sering merapihkan tempt bertlurnya…
    gmna mas pendapat dan solusinya,,tolong d berikan informsinya..
    trimksih mas..

    Insya Allah sudah jodoh om, biar dia mau kawin jangan dilihatin kasian dia malu diliatin terus om, yang penting sabar menjalaninya… wassalam

  64. 83 rony 8 February 2012 at 8:42 am

    bagus sekali informasinya.thanks unt semua krn saya baru pemula

  65. 84 merin zuldani alam 17 January 2012 at 4:10 am

    bro.. saya mau nanya masalah pengeraman kenari ku sudah mengerami telur selama 18 hari tp kok nggak netas2x apa yg salah ya mohon petunjuk

  66. 86 hendyk 16 January 2012 at 3:20 pm

    assalamualaikum om ……………
    maaf om mau tanya nih soalnya masih pemula bgt tentang ternak kenari….
    ku dah jodohkan sepasang kenari, dah tau mereka kawen trus si betina 2 hari yg lalu dah slesai rapiin sangkar dan sering diem di sangkar n kalau malam tidur disangkar……dalam 5 hari saya perhatikan keadaan perut dah buncit banget, tapi yg buat saya bingung dan harap-harap cemas si betina kadang tertidur siang hari sperti kurang sehat dan males untuk kawen, karena setiap si jantan minta kawen sibetina selalu menolak…apakah lumrah dengan keadaan seperti ini ( jantan dan betina baru pertama kali kawen).berapa hari lagi kiranya si betina bertelur…saya takutnya terjadi egg binding, akhirnya saya beri minyak sayur di ven nya dan 3 hari berturut2 saya jemur. sekarang keadaan si betina kembali sehat……terima kasih mohon pencerahannya

  67. 87 Aswin Rafif Kh 15 January 2012 at 1:12 pm

    Pak menurut anda baik tidak jika saya memelihara 4 burung kenari dalam satu sangkar besar. di dalamnya terdapat 3 kenari betina dan 1 jantan ?

  68. 88 Susilo Haryanto 11 January 2012 at 1:17 pm

    Salam kenal,
    Saya baru mencoba ternak kenari lokal dan selalu belajar dari blog ini, kemarin sdh mulai nelor dan hari ini nambah 1 lagi, saya mau nanya :
    1. apakah selama pengeraman jantannya wajib dipisah ?, kalau ya mulai kapan pemisahannya ?
    2. bisakah sangkarnya dipindah ke dalam rumah agar lebih aman dan hangat ?
    3. apakah menu kenari selama masa ngeram
    terima kasih

    • 89 Uphay 12 January 2012 at 9:48 am

      Saya coba share pengalaman saya yah om :
      1. boleh dipisah setelah betina mengeram atau tetap disatukan (tergantung karakter betinanya).
      2. Kondisi yang baik saat mengeram adalah aman dan nyaman bagi betinanya, artinya aman dari gangguan nyamuk, tikus,dll, serta nyaman karena tidak kena angin langsung / panas langsung dan tidak ada kutu disarangnya.Kalau diluar sudah aman dan nyaman yah ga perlu kan?
      3. Masa mengeram adalah masa rentan penyakit karena betina jarang makan saat mengeram, sediakan makanan yang sehat dan syarat gizi seperti campuran biji2an (slalu tersedia), sayur, buah, telur (diselang-seling)serta vitamin dalam minumannya. semoga bermanfaat

      • 90 upik 14 January 2012 at 12:53 pm

        ass om,,,om sofyan kayaknya sibuk nih….minta pencerahan dg om Uphay aja, boleh kan om Sofyan..
        sy ada kn yg lg ngeram, uda 15 hari, krn penasaran mau liat jumlah telurnya,,,ternyata kosong, waktu diperiksa perutnya ada benjolan kecil. uda dicoba dikasih minyak kelapa di ven, mana tau telor melintang. sampe hari ini uda 18 hari tak kunjung keluar telornya tp kn nya masih tetap ngeram. apa penyebabnya ya om,,?? apa kn dikawinkan lg aja. ?

        wassalam…

    • 91 Susilo Haryanto 12 January 2012 at 1:37 pm

      Terima kasih Mas infonya, tapi mau nanya lagi nih.
      mohon info vitamin yang dicampur dalam minuman kenari merknya apa ?
      Sebelumnya sekali lagi terima kasih.

      • 92 Uphay 16 January 2012 at 1:56 am

        @ Om Susilo, Vitamin bebas om merk apa saja, mayoritas bagus kok, tinggal pemakaiannya saja yang disesuaikan

        @ Om Upik, selama buat kebaikan, insya Allah direstui ma om Sofyan om… hehehe, saya belum pengalaman om dengan “benjolan kecil” tersebut, Egg Binding / telur tertahan sendiri itu terjadi saat proses bertelur, jadi bukan saat sudah mengeram sampai lebih 18 hari (itu yg saya alami). Seandainyapun itu Egg Binding, harusnya benjolannya sebesar telur (kalau diraba ada diujung Vent sebesar telur), dan biasanya menyebabkan kematian karena telur menyumbat keluarnya kotoran. Bisa jadi itu gejala pencernaan kalau di perutnya membengkak dan berwarna hitam ke biru2an. atau bisa juga tumor, nah mungkin untuk yang satu ini memang butuh saran dari om sofyan…. hehehhe

  69. 93 ceppy stone 10 January 2012 at 1:00 pm

    Om..mau tanya nii..,kalo misahin anak kenari dri induknya biasanya brp lama y..??thx…

  70. 95 ari pamudjo 4 January 2012 at 8:40 am

    salam kenal sebelumnya, sebenarnya sy msh awam skl tentang perburungan apalg jenis kenari, tetapi krn dr sisi bisnis kelihatanya menjajikan bisakah sy dibantu bagaimnakah langkah awal yang hrs sy lakuka dlm beternak kenari ini. perlu diketahui utk mslh lahan/tempat beternak tdk mslh artinya sdh siap. atas informasinya yg mgkn nanti sangat berguna buat sy, sy ucapkan terima kasih.

    Selamat datang di dunia kenari om, kalau ada waktu coba baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari wassalam

  71. 96 ence supriatna 2 December 2011 at 10:53 am

    salam kenal ya, nama sy ence supriatna dari bandung, mau tanya pada usia berapa bulan burung kenari udah dapat dikawinkan dan bagai mana ciri nya kalau betina itu siap kawin,

    Om Ence, kenari siap kawin usia 6 bulan keatas mengenai pertanyaan om yang lainnya sudah saya bahas dengan detail, coba om baca-baca kembali tulisan saya yang lalu, demikian, trmksh

  72. 97 15m4il82 18 November 2011 at 4:02 pm

    salam kicau.
    perkenalkan saya ismail, numpang bertanya nih.
    gimana cara penyembuhan kenari yang sakit kya gini.. pas menggellengkan kepala keluar lendir (seperti ingus) dan tiap hari sperti kdinginan.
    mohon info nya.

    trims

    Coba diberi obat spektra om cara pemakaiannya bisa dibaca diaturan pakai, sangkar di kerodong dan kedalam air minum diberi multivitaman, semoga kenarinya cepat sembuh om

    wassalam

  73. 98 Muh Rahman 5 November 2011 at 12:53 am

    salam kenal om, saya mau tanya bagaimana cara merawat kenari dimusim hujan? satu lagi bagaimana cara mengetahui murai batu kegemukan serta bagaimana mengatasinya apalagi murai tersebut muda hutan kemudian ini musim hujan pula..mohon pencerahannya…terima kasih

    Pemeliharaan kenari pada saat musim hujan sama saja om, hanya perlu penjagaan kebersihan sangkar yang lebih baik & pemberian multivitamin rutin, untuk Murai Batu bisa tanya di blog lain mohon maaf saya tidak bisa membantu, blog ini khusus membahas kenari, demikian terimakasih

    Wassalam

  74. 99 Rizki raditya 3 November 2011 at 4:44 pm

    Bgaimana solusi ternak kenari di waktu musim hujan.apa ada makanan/minuman khusus agar kondisi burung kenari tetep fit dan hasil produksi tetep lancar.trima kasih atas saranx by andik d surabaya

    Untuk menjaga stamina bisa diberikan multivitamin, makanannya diperbanyak biji niger seed dan jangan lupa kebersihan sangkar harus lebih diperhatikan, demikian om semoga membantu.

    wassalam

  75. 101 riyancuy 30 September 2011 at 3:25 pm

    gan maaf betul saya mau ternak kenari tinggal di Bandar Lampung bisa enggak bantu…

  76. 102 yanto 28 September 2011 at 9:51 pm

    kenapa kenari netes anak umur 1minggu pada mati apa indukan gk mau meloloh….? sdg 2pereode selalu begitu…tlg mas kasih tip nya…atau saran nya…?

  77. 103 yanto 28 September 2011 at 9:47 pm

    kenari netas umur 1minggu pada mati..kenapa ya mas apa induk nya gk mau loloh…sdh 3pereode bigitu terus..? tolong tip nya atau saran biar hidup ank kan nya gmn…? dua pereode gagal terus….

  78. 104 yanto 28 September 2011 at 9:41 pm

    mas saya mau tanya saya punya indukan 3 semua sdh ber telur dan netes..setelah netes anak kira sdh umur 1minggu pada mati,kenapa mas ya..? ini sdh dua pere ode selalu begitu…apa induk nya gk mau ngeloloh…terus mati. juga coba pernah 1indukan..saya loloh sen diri tak ambil dari indukan umr 3hari tetap juga. apa salah makan nya…? 3indukan masing telor nya 4 ada yg 5. 3indukan 2pereode menghasil kan anak 22 anak an gk ada sampai bsr mati. tolong mas kasih saran dan tip..nya .dari mas…dan trimakasih.

  79. 105 firman 18 May 2011 at 2:19 am

    salam kenal om sofyan dan para penggemar kenari di blog ini
    saya suka baca artikel yang om sofyan tulis, saya sudah lama sekali cinta pada burung kenari dan memelihara dari tahun 1998 pernah punya kenari jenis yorkshire warna orange.dan coba dikawinkan dgn jenis holand lokal setelah bertelur dan menetas 3 indukkan dua-duanya plus piyik habis dilalap tikus.baru semngat lagi nih setelah membaca artikel yg om buat.sekarang telah mencoba kembali kenari jenis F1 dan dgn betina holand lokal warna isabelle syukur bertelur dan netaskan 4 ekor anakan.dan sekarang bagai mana caranya supaya saya bisa shery terus untuk mendapatkan pencerahan. karena saya minim sekali akan pengalaman berternak kenari.maaf om jadi panjang ceritanya nih. thanks sebelumnya

  80. 107 antodian 14 May 2011 at 8:25 am

    pak saya punya produk mesin tetas barangkali ada yang berminat silakan hub 085230437283 terima kasih.

  81. 108 handaru 8 April 2011 at 7:05 am

    cara mengatasi burung kenari kegemukan dan makanan yg harus di berikan, , ,???

    • 109 harry suyanto 2 November 2011 at 8:31 am

      Sekedar berbagi ilmu,kenari kegemukan akan malas utk bunyi tipsnya,sementara ganti telor puyuh dengan mentimun mas,semoga berhasil

      Terimakasih atas sharingnya om

      Wassalam

  82. 110 Apuy 4 March 2011 at 2:52 am

    Saya ucapkan bayak terima kasih kpd om sofyan dan rekan2 para senior yg tlah memberikan ilmunya tanpa pamrih dan terus berupaya mendukung para pemula belajar berternak burung kenari..
    Sudah hampir 3 periode saya mencoba untuk berternak kenari dan slalu gagal menetas alhamdullilah pada periode ke 4 tlah menetas 2 telur dari 4 telur yg ada, tp sayang salah satu anaknya mati jadi hanya satu sekarang yg masih hidup dan tlah berumur 22 hari…
    Ada satu hal yg saya ingin tanyakan kepada para senior..
    bulu di kepala belum tumbuh apakah itu normal..?

  83. 111 diqin 17 February 2011 at 1:06 pm

    klo knari tdak mau jdoh-jdoh itu gimana padahal usianya udah ussia produktif bahkan betinanya dah pernah piunya anak 3x & pejantanya dah masa2 birahi…????

    • 112 ramliii 20 December 2011 at 4:48 am

      DI SABARIN OM JANGAN DI SATUIN DLU JANTANYA DEKAT KAN DLU KE BETINA JEMUR BARENG DAN SEKALI2 menjelang sore satuin tapi terus di monitr takut breantem klu brantem parah cabut besok sore satuin lg begitu seterus nya.

      Terimakasih sudah sharing om, insya Allah akan bermanfaat, wassalam

  84. 113 agung 6 January 2011 at 5:14 am

    saya suka BlackTroat tp jarang ada yg ulas…kapan diulas BT neih….
    BT..BT…BT :)

  85. 115 mamay rahmat m 27 December 2010 at 5:34 am

    Om sopyan kalau mengobati penyakit mata kenari pakai apa ? soalnya kenari aku matanya berair dan sering digesek-gesekan ke cangkringannya

    itu tandanya terkena penyakit snot, coba obatin menggunakan spektra atau kalau tidak ada bisa menggunakan obat mati ditetekan ke matanya dan pada air minumnya diberi antibiotik, kalau antibiotik buat burung tidak ada bisa menggunakan amoksilin (maaf tulisannya lupa) 1/2 kapsul dicampur ke air minum

    wassalam

  86. 116 Heri 24 December 2010 at 3:01 pm

    salam kenal om senior semua ! Saya lg nyari F1ys mungkin senior2 ada yg punya untuk wilayah bandung di antos kabarna ! Haturnuhun

  87. 117 chris 20 December 2010 at 12:42 pm

    Salam.

    mohon bantuannya,.
    untuk bisa membedakan kenari jantan dan betina
    dengan cara dilihat fostur/bagian tubuhnya saja
    gmn caranya?

    trm kasih

    Coba baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari

    salam

    salam hormat

  88. 118 Ikutan Ngeblog 14 December 2010 at 7:15 am

    mau tanya mas,
    kalo pemasarannya gmn ya? dijualnya kemana yang melepaskan 3 ekor tiap bulan itu?
    terima kasih..

    saya sudah bahas di blog ini coba baca tulisan-tulisan saya terdahulu
    salam

  89. 119 FARID 14 December 2010 at 2:13 am

    om sofyan mau tanya bgaimna cra beternak bagi pemula ….tlong saranya ya mas…triM

    Untuk tahap awal coba baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari selanjutnya baca isi semua blog ini sampe khatam hehe….insya Allah bisa membantu om…

    salam

  90. 120 aby gombong 7 December 2010 at 2:14 pm

    salam kenal om…

  91. 121 bogy 26 November 2010 at 10:16 am

    sore om…
    saya baru pertama ikut forum ini salam cicit cuit om…
    ada gak om peternak kenari yang ada di sekitar serang ato tangerang.

  92. 122 chandra 25 November 2010 at 10:10 am

    om….harga f1 sekarang brapa kalau yg sudah siap kawain….?
    makasih

    Harga F1Ys siap ternak sekitar 1 jutaan om…

    salam

  93. 123 Noki.E 25 November 2010 at 7:56 am

    Salam kenal Om Syofyan,

    Mo nanya nih om, di Bandung informasi temen2 ada yang khusus ternak kenari merah (red factor), kalau ngak salah namanya P’ Mumuh. Mohon infonya om kalau ada alamat beliau.

    Sebelumnya terima kasih atas informasinya Om Syofyan.

    Noki.E

    Om Noki, maaf saya tidak punya alamatnya… kalau penasaran coba searching di Facebook kalau tidak salah beliau termasuk aktif di FB, cuman sekarang beliau sedang berangkat haji… demikian

    salam

  94. 124 eko wahyudi 24 November 2010 at 3:30 am

    oh ya ad yg lupa om???tak jodohin pd tgl.19 nov 2010/24 nov 2010 udh keluar telur pertama???mohon bntuan bimbingany.slm knl dr kudus???NB:utk perkenarian d kudus lumayan rame tp sayang/utk kenariy msh d datangkan dr daerah malang,solo dan jogya

  95. 125 eko wahyudi 24 November 2010 at 3:23 am

    siang om,mau nanya nh???dulu aku prnh netasin kenari nymp 2x/indukan berbeda??anakan pd umur 4-5 hr d buangin indukan betinay kluar sarang???akhiry mati smua.pdhl utk ef dll memenuhi syarat.dulu pjntany tk pisah pd wktu betina mulai ngeram?skrg mau ternak lg krn pnasaran+tertantang krn kggalan sblumy.yg jd pertanyanku:1.baiky indukan jantan d pisah/d cmpur dlm 1 kndang 2.seumpm d cmpur dlm 1 kndang,kira2 pjantany mau bantu mengeram/tidak dan wktu mnetas kira2 mau meloloh anaky/tidak 3.seumpm anak d loloh sndiri kira2 d ambil dr sarang pd umur k brp???d tunggu jawabny.sblumy saya ucapkan terima ksh

  96. 126 bono 21 November 2010 at 5:44 am

    lamkenal om.. ana coba ternak kenari sudah becumbu pejantanya tetep aja galak. udah 3 betina dan 4 pejantan masalahnya masih tetep sama ,gimana solusinya om.. makasih

    Maksudnya pada saat dimasukkan jantannya langsung ngejar-ngejar om ..??, kalau dimasukkan langsung mengejar biarkan saja hanya jangan sampai terjadi perkelahian apalagi sampai si jantan kalah.. sebetulnya ini rahasia (isi dapur) hehe…. kalau ingin menyatukan kenari agar aman satukanlah pada saat sore hari, insya Allah besoknya tidak akan berantem, tetapi harus melalui proses perjodohan dulu…

    salam

  97. 127 aprizal 15 November 2010 at 3:36 am

    Salam kenal pak…
    Saya punya sepasang kenari, kebetulan sekarang sudah ngeram, tapi sampai sekarang belum netas, Pas saya cek telurnya sekarang ada 4 padahal waktu mulai ngeram ada 2.

    Gimana jalan keluarnya Pak?

    Sebagai informasi lama netas udah 14 hari.

    Terima kasih atas sarannya

    Wah kalau tidak ketahuan kapan nelornya agak repot om, kalau sudah terbiasa melihat telor… sebetulnya bisa dilihat telor itu isi atau bening… hanya harus terbiasa dulu kalau tidak terbiasa susah membedakannya … coba tambah 10 hari lagi om… mudah2an bisa netes….

    salam

  98. 128 Arief budiman 10 November 2010 at 6:00 am

    Tolong pencerahan..
    Kn sdg ngeram 3 tlur di sarangnya tnpa alas srabut krn dikeluarin terus ama betinanya..dr 3 hr yg lalu itu kenari betina sdh sering keluar sarang dan sempat juga mandi di cepuk air minum,aku pikir udh ada yg mau menetas krn mengeram udh kurang lebih 12 harian..
    Tp ktk sy lihat itu sarang tadi siang ternyata telornya udah ngak ada dan cangkang telor berserakan di bawah sangkar..
    Skg kenari itu udah saya masukin lg jantannya dan mrk lsg kawin lagi..
    dan saya tanya : suhu ruangan ideal utk ternak.

    Wassalam

    coba baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2010/02/04/dinamika-ternak-kenari/

    salam

  99. 129 Arief budiman 8 November 2010 at 7:21 am

    Saya minta pencerahan bang ahmad sofyan..
    Kenari saya sudah ngeram 3 butir telur..harusnya 5 yg dua pecah
    ngeram sudah 10 hari.. yg jd permasalahnya telurnya dierami tanpa alas serabut yg saya simpan disarangnya..karena serabutnya dikeluarkan terus dari sarangnya.. jadi apakah telur tersebut bisa menetas dg kondisi tanpa alas..?

    sebetulnya bisa saja menetas walaupun tanpa alas sarang, biarkan saja om sampai usia pengeraman 14 hari + 5 jadi sekitar 19 hari, untuk kedepannya jika isi sarang diacak-acak terus coba beri sobekan kertas(tisue) atau kapas… demikian

    salam

  100. 130 jerry 2 November 2010 at 3:30 pm

    salam kenal om…
    saya mau tanya saya pertama kali ternak kenari, cuman yang jadi kendala pada saat betina mengeram terlurnya, saya sedang merenov rumah dan kandang betinanya saya ungsikan di rumah saudara saya, sehingga dia tidak mau mengeram….
    bagaimana solusinya:
    *.apa saya harus terus terus menunggu sampai dia mau mengeram lagi atau saya ganti sarangnnya..
    mohon di beru petunjuk.

    trimakasih
    jerry

    om Jerry, mungkin kenarinya kurang nyaman pada saat pindah kandang… coba biarkan saja 2 atau 3 hari, nanti kalau selama 3 hari tidak mau mengeram telornya di buang & isi sarangnya diganti dengan yang baru… demikian om semoga bisa membantu…

    salam

  101. 131 arief 29 October 2010 at 1:03 am

    Salam kenal para senior…aku lagi belajar ternak kenari mau nanya nih.. kira-kira ngeganggu ngak bila kandangnya aku bersihkan dari kotorannya sedangkan kenarinya lagi ngeram telurnya… Trim’s sebelumnya

    Om Arief, membersihkan kandang ternak pada saat indukan mengeram tidak akan merasa terganggu yang penting membersihkannya jangan grasak grusuk dan jangan terlalu sering paling cepet 2 hari sekali. Demikian om semoga bisa membantu….

    salam

  102. 132 Ricko 20 October 2010 at 1:57 pm

    Salam kenal om…

    Saya pemula dalam beternak kenari, mau tanya:
    1. indukan kenari saya pernah menetaskan 1 anakan, tapi setelah umur 3 minggu ternyata kaki anakannya cacat(kaki sebelah kanan miring ke kenan & tidak bisa ditekuk)…kira2 kenapa ya?
    2. dari 4 telur yang keluar paling2 hanya 1 yang jadi atau malah ga jadi semua…penyebabnya apa ya???

    terima kasih sebelumnya……

    salam kenal om Ricko, penyebab telor gagal tetas karena pola perawatan indukannya yang kurang optimal, kekurangan multivitamin, kalsium dan stamina indukannya ngedrop. Coba perawatan induknya di perhatikan dijemur minimal 1 minggu 2 kali, diberi grit (tulang sotong), multivitamin dan diberi makanan yang baik kualitasnya… untuk sementara coba diistirahatkan dulu kenarinya setelah staminanya bagus baru diternak lagi, demikian om semoga bisa membantu….

    salam

    • 133 Ricko 22 October 2010 at 1:44 pm

      Terima kasih om atas penjelasannya…..tapi kalo boleh mau tanya lagi nih….punya rekomendasi multivitamin supaya indukan tetap ok ndak? sama multivitamin untuk nambah birahi….(tapi jangan viagra lho om….hehehehe….), n kalo beli multivitaminnya di daerah solo dimana?
      Trimsssss bangeeeetsss ya…….

      Salam.

      cari saja multivitamin yang ada di daerah om, yang penting multivitamin buat burung … kalau mencari merk nanti kesulitan sendiri dalam mencarinya, saya rasa kalau diberikan benar dan teratur insya Allah akan ada hasilnya….

      salam

  103. 134 Guslu 20 October 2010 at 3:55 am

    Salam kenal pak…
    Saya punya kenari jantan yang umurnya sudah 3 tahun lebih, apa bisa kenari jantan itu dijodohkan pak??
    Terima kasih…

    Om biasanya kenari jantan yang dijodohkan pada usia tua suka galak, om harus sabar dalam proses penjodohannya jangan langsung dimasukan 1 sangkar tetapi harus ada proses penjodohan sangkar jantan dan betina di gandeng beberapa hari jika terlihat saling mendekat atau saling meloloh bisa langsung disatukan…

  104. 135 ancas 27 August 2010 at 6:44 am

    gmna ya om cara merawat kenari dengan baik.mulai dari pakan,kandangdan temperatur suhunya?
    trim

    om coba baca tulisan saya yang terdahulu sudah saya jelasin panjang kali lebar hehe….

    salam

  105. 136 Surya 31 July 2010 at 10:46 am

    Dear All

    Kenapa pasangan Kenari saya yang sedang dijodohkan sepakat untuk mengobrak abrik sarangnya, bahkan
    sampai kosong tinggal tempatnya aja. Apa yang harus saya lakukan dengan sarangnya itu, kandang juga jadi berantakan karena serakan bahan sarang.

    Om Surya, penyebab kenari ngacak-ngacak isi sarang ada beberapa faktor diantaranya kemungkinannya indukan belum siap ternak, indukan tidak senang dengan isi sarang yang kita berikan, indukan ingin menyusun isi sarang sendiri …. penanggulangannya biarkan saja om dia ngacak-ngacak sarang, masukan sobekan kertas bisa kertas koran, tisue atau kapas kedalam sangkar ternak… demikian semoga membantu…

    salam

  106. 137 muhammad wahyudi 26 July 2010 at 7:17 am

    om pengen nanya, durasi yang baik untuk mengawinkan kenari seperti bagaimana ya. contoh : kenari mulai birahi, kemudian bertelur, kemudian mengerami, ngloloh, sapih. kemudian birahi lagi dan urutannya sama… yang baik yang sperti apa ya? trimakasih om.

  107. 138 antoks 11 July 2010 at 8:52 am

    om knariku btina angrem telor 4 mati ,kandang tak taruh dkt plafon-+10cm,kanapa om,apa susah bernafas?sebelumnya betina satunya ngak?kanapa om?

    • 139 toheng 11 July 2010 at 2:05 pm

      Coba deh Om Antoks di siang hari naik ke atas kursi sehingga kira-kira kepala kita jarak 20cm dari plafon, wuahhh kalo saya enggak tahan lebih dari 5 menit! Panas….. soalnya udara panas mempunyai berat jenis ringan sehingga terkumpul di bagian atas ruangan, lain hal jika dihisap oleh exhaust fan, kalau mau aman sih kira-kira gantungnya setinggi jendela aja Om.

      • 140 ahmad sofyan 12 July 2010 at 2:52 am

        setuju om, penempatan kandang ternak jangan terlalu deket atap rumah… karena sirkulasi udara dekat atap kurang bagus….

        salam
        sofyan

      • 141 antoks 12 July 2010 at 4:57 pm

        wahh makasih buanyak loh..mas toheng..om sofyan,oh ya om kira2klo anakan knari netas umur 11hr trs diambil dimasukkan inkubator penghangat bisa ngak?berapa derajat suhunya?pake lampu brp watt?ini masih cari info pembuatan inkubator penghangat tradisional anakan kenari,ada yg tau ngak?

    • 142 sofyan 13 July 2010 at 12:02 am

      coba om suapin kalau anaknya mau makan berarti bisa di pisah dan di tempatkan di inkubator, saya pernah baca di tabloid Agroburung ada yang iklan inkubator untuk burung coba cari ditabloid agroburung…

      salam
      sofyan

  108. 143 arulborneo 13 June 2010 at 3:46 am

    salam kenal………
    saya tertarik ternak kenari setelah membaca beberapa tulisan anda dan ternyata hasilnya menyenangkan walaupun sedikit mengecewakan.
    dari hasil perjodohan pertama kenari saya menghasilkan 3 telur dan menetas 2, tapi sayang anakan mati satu karena diserang tikus, sekarang anakan yang hidup berumur 20 hari. tapi sekarang saya bingung karna sang induk betina udah bertelur lagi karna sang jantan tidak saya pisah karna dia rajin melolohi anaknya. menurut anda kapan saya perlu misah anakannya….??

    • 144 ahmad sofyan 13 June 2010 at 6:11 am

      Selama anaknya tidak mengganggu dan induknya tidak terganggu biarkan saja om nanti usia 3 minggu sampai 1 bulan baru dipisah… demikian semoga sukses om…

      salam

  109. 145 sudarmanto 12 June 2010 at 4:29 am

    salam kenal om…..
    saya pemula dalam hal berternak kenari….udah hampiir 2 bulan ini sy udah mulai ternak kenari.selama 2 bulan kenari sy uda ngerami 3 kali tapi enggak pernah berhasil….padahal selama sy perhatikan indukannya dlm mengerami telur bagus dan hampir enggk turun dari sarang(pejantannya sering nyuapin induknya)yg ingin sy tanyakan……kenapa telur2 enggk mau menetas,berapa hari maksimal penetasan telur2 kenari>terimakasih sebelum dan sesudahnya Om.

    • 146 ahmad sofyan 12 June 2010 at 4:38 am

      telornya bening atau anaknya mati di dlm telor, kalau bening jika om punya jantan yang lain coba kenari jantannya di ganti… biasanya kenari mengerami telor 14 hari sejak telor pertama keluar untuk amannya sich tambah 3 hari.

      salam

      • 147 Robby 12 June 2010 at 2:04 pm

        Om sofyan, alhamdullilah setelah 2 bulan memelihara kenari, baru tadi pagi kenari saya bertelur, walau baru 1. mohon bimbingannya, apa saja yang harus saya perhatikan dalam beternak ini, oya kalau mau membeli ring untuk kenari dimana ya ? terima kasih

      • 148 ahmad sofyan 13 June 2010 at 5:59 am

        selamat om semoga berhasil…. yang utama jangan sering ditengokin kalau masalah makanan seperti biasa saja om….

        salam

  110. 149 alfian 27 May 2010 at 3:32 am

    Salam Kenal,

    Saya dari Rembang Jateng, saya punya burung kenari. Sudah lama saya ingin beternak Burung Kenari tapi selalu gagal….. sudah sering belajar dari teman tetep saja nggak berhasil.Om….. saya tolong di kasih ilmunya dikit donk……

    1. Bagaimana cara memilih burung indukan yg Produktif?
    2. Bagaimana cara menentukan telur yg baik?
    3. Apa ada makanan / suplemen khusus untuk membuat burung supaya jd Produktif?
    4. Apakah burung kenari itu termasuk Omnivora?

    • 150 ahmad sofyan 27 May 2010 at 5:46 am

      Belum waktunya saja om, insya Allah kalau om sabar, tekun dan ulet ternak kenarinya akan berhasil… atau kalau om merasa mentok diternak om bisa coba mastering kenari2 bakalan, om tinggal cari bakalan dari peternak kenari nanti di master suara burung lain…. kalau niatnya buat mencari tambahan penghasilan… mastering kenari cukup menjanjikan keuntungannya…

      1. Ciri fisik kenari produktif susah menggambarkannya harus terbiasa melihat fisik kenari, karena tiap individu fisiknya beda-beda… kalau ingin mudah bisa beli jebol kandang (beli indukan yg pernah punya anak)..
      2. Telor bisa dilihat dengan di terawang ke sumber cahaya, telor berisi warnanya gelap… kalau belum terbiasa harus hati2 takutnya pas di pecahin ada anaknya.
      3. Pemberian EF (telor atau sayuran) bisa membantu produktivitas indukan, hanya pemberian telor puyuh harus hati2 takutnya kalau berlebihan menjadikan indukan gemuk malah tidak produktif
      4. bisa juga termasuk omnivora om

      salam

  111. 151 eko wahyudi 20 May 2010 at 7:05 am

    lam kenal om dr eko kudus,MANTAP TENAN OM

  112. 154 yunior 14 May 2010 at 9:35 am

    mantap euy he..he

  113. 155 Uter Widodo 4 May 2010 at 6:42 am

    Dengan hormat,

    Saya ingin sekali beternak burung khususnya kenari. Tetapi saya kurang Info mengenai pasangan induknya. Apakah di Bekasi atau Cibubur ada yang menjual indukan F1 untuk di ternakan? jika ada saya mohon alamat atau no telpon, agardapat ssegera dapat saya hubungi.
    Atas bantuan dan perhatianya saya ucapkan terimakasih.

    Uter Widodo

    • 156 ahmad sofyan 4 May 2010 at 7:15 am

      om Uter ada temen yang mau jual F1YS tapi masih muda harga sekitar Rp. 750.000, kalau om berminat hubungi email saya aja nanti saya hubungkan ke orangnya …

      salam

      • 157 Uter Widodo 4 May 2010 at 9:06 am

        Terimakasih sebelumnya atas tawaran indukan. Kalau boleh saya tau sudah umur berapa, dan apa dijual sepasang? dan lokasinya dimana? mudah2an bisa kurang harganya ya.
        Ini no hp saya 0813 1041 0808, karena saya tidak tiap hari buka email.
        Maaf,kalau boleh tau lokasi Pak Ahmad Sofyan dimana?

      • 158 sofyan 5 May 2010 at 1:01 am

        om Uter usia F1YS sekitar 3 bulan, kalau mau diternak harus menunggu lama sekitar 6 bulan lagi…. menurut informasi dari temen sisanya tinggal jantan, lokasi saya bisa di lihat di profil pengelola…

        salam

  114. 159 ali suroso 27 April 2010 at 1:42 pm

    assalamu alaikum

    bos saya dari blitar mau tanya kalau beberapa burung kenari jantan dan betina dicampur dalam satu kandang yang cukup besar kira2 1.5 m x 4 m mau bertelur apa nggak ya tolong minta petunjuk cara berternak yang benar? trims

    • 160 ahmad sofyan 28 April 2010 at 1:18 am

      beberapa kenari di masukkan dalam 1 kandang besar tidak masalah hanya biasanya susah mengatur/mengkondisikan cuaca di dalam kandang besar ketika hujan burung akan kedingan sehingga rentan terhadap penyakit dan faktor kematiannya tinggi… kalau menurut saya lebih baik menggunakan kandang ternak soliter atau kandang ternak kecil sehingga lebih mudah mengelola kebersihan dan kesehatan kenari…. demikian mohon maaf kalau salah…

      salam

  115. 161 bubun permana 23 April 2010 at 2:20 pm

    Assalamualaikim .sa;lam kenal pa
    sy dari bandung pa mau tanya tentang pembelian bibit F1 kira2 harganya berapa pa ?sy pemula yng ingin coba untuk beternak pa.trs proses pembeliannya gimana?

    • 162 ahmad sofyan 26 April 2010 at 1:46 am

      Waalaikumslm, om Bubun kisaran harga F1YS sekitar 400 rb sampai diatas 1 juta tergantung kualitasnya…. kalau di daerah Bandung bisa hubungi kang Gede, mudah-mudahan beliau bisa bantu…

      salam

      • 163 celikambau 26 January 2013 at 5:25 am

        bos saya dari lampung mau nanya burung kenari saya baru punya anak umur 14 hari .kok sudah bertelur lagi sedangkan tidak di capur dengan pejantannya bagai mana solusinya bos sedangkan anak tidak di loloin lagi.

  116. 164 zainal z 28 February 2010 at 12:48 am

    pak mau mnta daftar harga anakan kenari boleh g???
    mkc….

    • 165 ahmad sofyan 1 March 2010 at 3:57 am

      mohon maaf saya blm mengeluarkan price list, ternak kenarinya masih kecil-kecilan om jd yach anakannya masih jarang…. belum pantas membuat price list hehe…

  117. 166 andi chritz 12 February 2010 at 6:52 am

    maaf bung…aku tu masih awam soal kenari….aku pingin bnget melihara kenari….mo bli yg masih muda….cma gmana ya mengetahui kelamin itu burung…ok..thank bles ya…

  118. 168 g sukendra 6 February 2010 at 3:04 pm

    Yth. Bapak sofyan

    saya mau tanya pak sofyan, pak saya sedang coba jodohin burung kenari dan udah nelur 4 sampai sekarng udah 10 hari tetapi kenapa si betinanya tidak mau mengeraminya?

    • 169 ahmad sofyan 8 February 2010 at 12:58 am

      Banyak Faktor kenapa kenari meninggalkan telornya, ada gangguan serangga, cicak atau tikus di sekitar sangkar ternak, buat kita cicak kecil tetapi buat kenari cicak seperti kita melihat buaya kali yach ??…. hehe…., ada jantan yang gacor dekat sangkar ternak sehingga timbul birahi betina yg sedang ngeram, induknya tahu telornya kosong(bening) sehingga induknya malas mengeramin telor… coba Bapak perhatikan sekitar sangkar ternak kalau ada yang kurang beres selesaikan segera, terakhir cek telornya barangkali bening…. demikian semoga bisa menjadi pencerahan….

      salam

  119. 170 irvan 28 January 2010 at 12:38 am

    om knapa kenari betina saya kok gak mau2 kawin ya padahal tanda2 birahi itu sudah terlihat jelas.. makasih sebelumnya.

    • 171 yunior 28 January 2010 at 3:02 am

      sabar aja om mungkin dia tidak tertarik ma jantannya atau memang belum birahi bener

      • 172 ahmad sofyan 28 January 2010 at 3:21 am

        Setuju dengan pendapat om Yunior… mungkin belum birahi bener om …. BTW emang diintipin terus om jadi tahu ngga kawin2 hehe…. (maaf becanda om) kadang-kadang kelihatan ngga akur atau belum pernah kawin tahu-tahu telornya netes…. jadi sabar adalah faktor utama dalam beternak tunggu saja om kalau udah waktunya juga pasti kawin dan beranak pinak…..

  120. 173 didit 20 January 2010 at 3:28 pm

    saya sedang cari indukan f1, f2, YS. apa bapak bisa bantu? kl bs umur yg msh 1 bln aja biar lbh murah. domisili jogja. minta tolong ya pak! mksh…

  121. 175 Andi Harnandi 20 January 2010 at 4:45 am

    Ok Oom, diterawang aja ya tapi gak diraba ( he he kayak uang palsu aja…becanda ) mau di coba Oom mudah mudahan gak salah ambil. Tapi pejantan g apa apa ya kalau di ambil dulu, maaf ya Oom agak cerewet… maklum pemula suka gak sabaran… he he he…

  122. 177 Andi Harnandi 20 January 2010 at 3:36 am

    Makasih oom solusinya, tapi saya sulit membedakan telur yang lama dan yang baru jadi atkut salah makanya saya biarkan saja dulu dan jantannya saya pisahkan untuk sementara. Mudah-mudahan tidak bermasalah ya Oom.

    • 178 ahmad sofyan 20 January 2010 at 4:02 am

      coba tanya aja ke telurnya om hehe…. (maaf becanda) coba diterawang om telur yang berisi biasanya warna gelap sedangkan telur yang gagal dibuahi berwarna bening. Tetapi harus terbiasa nerawang karena perbedaannya tipis …. jadi inget cerita temen dia terawang bening dia pikir telornya gagal pas dipecahin ada anaknya…..

      salam

  123. 179 sofyan 20 January 2010 at 12:12 am

    Waalaikumslm….Om Andi… telor periode pertama tidak menetas sehingga secara alami/naluri kenari betina bertelor lagi, kalau om Andi bisa membedakan telor lama dengan telor yang baru…. telor lama buang saja karena akan mengganggu proses pengeraman…. Mengenai jantannya kalau tidak mengganggu proses pengeraman atau tidak akan di jodohkan dengan betina yang lain biarkan saja nemenin betinanya mengeram…

    salam

  124. 180 Andi Harnandi 19 January 2010 at 1:15 pm

    Ass Wr Wb,Oom saya mau tanya nih… Kenari saya sudah bertelur 2 biji dan sudah dierami selama 2 minggu, tapi kok bertelur lagi 3 biji. Yang mau saya tanyakan kenapa bisa bertelur lagi? apakah jantannya harus segera dipisahkan atau bagaimana? mohon pencerahannya ya Oom.Terima kasih banyak. Ass Wr wb

  125. 181 Nery 19 January 2010 at 4:49 am

    terima kasih atas masukan yang sangat berharga, saya akan camkan terus… saya masih belajar, mudah2an bisa berhasil. sekali lagi terima kasih

  126. 183 Nery 19 January 2010 at 1:41 am

    om Sofyan apakah menjual hasil ternak kenari mudah, sy takut kalau nanti sudah ada hasil ternak nya menjual nya yg bingung… tolong dijawab ya om

    • 184 ahmad sofyan 19 January 2010 at 2:23 am

      Om Nery …. ketika kita ingin sesuatu harus ada usaha dulu dong…. om Neri curhat kaya gini juga harus ada usaha dulu kan ?… om harus nyalain komputer, buka Internet Explorer atau software lainnya, setelah itu masuk ke alamat blog saya ….. ketika keinginan itu tercapai reaksinya akan lain-lain…. saya yakin anda akan gembira bahkan terharu jika apa yang Anda inginkan dicapai dengan susah payah, coba om ingat-ingat lagi barangkali punya pengalaman yang seperti saya sebutkan diatas…. prinsifnya saya siap bantu dalam penjualan tetapi rasanya akan lain jika dijual ke saya dengan dijual ke hobis yang lain…. karena proses lanjutannya itu yang menyenangkan…. anda akan merasakan bagaimana berdiskusi dengan konsumen meng-handle komplain dan lain sebagainya… saya pikir sayang untuk dilewatkan…. btw kalau om ingin saya bantu jualin silahkan saja kontak saya ….. karena saya juga butuh supllyer, buat memenuhi pesanan temen2 yang lain

      salam

  127. 185 ahmad sofyan 15 January 2010 at 7:54 am

    kalau menurut saya beresiko juga om… takutnya ada yang tertarik sama jantan lain atau betina lain……. dikenari juga sepertinya berlaku rumput tetangga lebih hijau dari pada rumput halaman sendiri hehe….. tapi keputusannya terserah om juga kalau ngga nyoba mana kita tahu hehe…… semoga sukses om ternaknya….

    salam

  128. 187 Dony 15 January 2010 at 12:47 am

    Mau tanya om…
    Kl pelihara dlm 1 ruangan, antar kandang kita sekat, tp yg berhadap-hadapan pasti ada. Apakah itu ada pengaruhnya om??
    Skrng drmh br ada 2 kandang jd aku pakai sekat antar kandang, rcn mau nambah tp hadap2an krn ruangan sempit (1×1 m saja)..
    Makasih……….

    • 188 ahmad sofyan 15 January 2010 at 4:10 am

      Kalau berhadap-hadapan riskan om Don….. apalagi kalau sistem poligami … takutnya pada saat salah satu betina mengeram tanpa jantan dan di kandang ternak didepannya ada jantan yang bunyi terus akibatnya si betina gelisah ngga mau ngeram….

      salam

  129. 190 ahmad sofyan 13 January 2010 at 6:57 am

    Wah mohon maaf Pak Robi …. setalah saya baca jawaban saya kelihatan emosional … iya kali om nanti header blog saya ganti sama kartu nama saya dech …. btw status perjaka beranak 3 ha…ha….. maaf becanda ….

    salam

  130. 191 robi 12 January 2010 at 2:26 pm

    maaf,bisa minta alamat anda?
    saya pecinta burung kenari..

    • 192 ahmad sofyan 13 January 2010 at 12:09 am

      Waduh saya bingung mesti ditaro dimana yach alamat rumah saya ?…… dari dulu alamat rumah, no. hp dan profile sudah saya tulis di pojok kanan atas….. tapi masih banyak yang nanya….. barangkali Bapak punya usul cara penempatan alamat saya biar pengunjung langsung melihat ?…. terimakasih

      salam

      • 193 yunior 13 January 2010 at 4:29 am

        mungkin pak robi belum liat aja om he..he atau pas masuk blog om sofyan langsung muncul deh profil om sofyan beserta alamat,no telp,status perjaka dll he..he

  131. 194 didik 6 January 2010 at 4:39 am

    wah kalo boleh dimn saya bisa baca artikel anda tentang btrnak brng kenari..

  132. 195 heri 10 November 2009 at 7:18 am

    pak aji aku pernah pelihara dan coba ternak kenari tapi gagal trus,karena aku tempatkan diluar rumah.apa kalau di luar rumah klau malam harus di krodong..

  133. 196 ahmad sofyan 3 November 2009 at 1:30 am

    Pak Aji salam kenal, untuk mendapatkan indukan yang baik dan bisa menghasilkan anakan juara sangat susah …… walaupun ada harganya sudah tinggi Pak…. untuk alamat rumah, no. telp atau email saya Bapak bisa lihat di Contact Us.. demikian

    salam
    sogyan

  134. 197 aji 1 November 2009 at 6:40 pm

    salam kenal mas aku aji ..aku cinta burung banget..dgn info burung kenari bisa di ternak aku ..langsung tertarik sekali..utk hobi..aku mo belajar nih.. aku ingin beli bibit yg baik dari mas nih..utk hobi..siapa tau anakannya bisa juara ya..kalo dah prof baru terpikir utk bisnis…bisa beli buku panduan utk ternak burung kenari dari masnya nih juag bibit unggulan sepasang kenarinya juga makasih…di tunggu e mailnya…minta alamat dan no hpnya ya mas…

  135. 198 zaki wildan 16 October 2009 at 9:56 am

    harga kenarinya berapa

    • 199 ahmad sofyan 17 October 2009 at 1:16 pm

      Pak Zaki harga kenari di tempat saya mulai dari 100.000 sampai tak tentu he..he…. tergantung kualitas dari kenarinya …. hanya untuk saat ini anakannya blm ada…. terimakasih…

  136. 200 resi_solo 9 September 2009 at 4:36 pm

    wah ternyata om sofyan ini master kenari ya jadi malu nie kemaren kasih saran untuk beliau…
    ada materi apa nie om yang mau di kasih buat saya..?
    pejantan au betina juga mau nie om…

    kalo ada yang materi import yha om.. mksh..

    • 201 lugiyono 11 February 2010 at 7:08 am

      Yang terhormat
      Para Pakar Peternak
      Burung Kenari

      Dengan hormat,
      Salam kenal Bapak-Bapak semua, saya mohon dapat penjelasan untuk cara menjodohkan burung kenari….karena saya telah berkali kali menjodohkan namun gagal melulu….ada yang lakinya galak, ada yang perempuannya galak….jadi bagai mana pengalaman Bapak-Bapak untuk awal cara menjodohkan sepasang burung tersebut….

      demikian, atas perhatian dan bantuan informasi Bapak-bapak saya mengucapkan terima kasih…

      salam hormat
      lugiyono

  137. 202 usup 21 August 2009 at 6:56 am

    salam kenal mas,,,,,
    saya lg mengalami kesedihan yang mendalam nih…..kenari kesayangan saya udah dukali periode pada saat udah bertelur dan menetas usia 3 hari dan sampai ada yang 7 hari tiba-tiba bayinya mati dalam sangkarnya.apa penyebabnya ya….tolong dong sarannya…..

    • 203 ahmad sofyan 21 August 2009 at 8:13 am

      Pak Usup saya turut prihatin atas kejadian tersebut. Coba Bapak teliti apakah penyebab kematian anak itu karena indukannya malas ngeloloh anak atau karena over protective. Ciri-ciri induknya malas ngeloloh yaitu tembolok anaknya kosong sedangkan kalau indukannya over protective jika ada orang lewat didepan kandang ternak induknya akan terburu-buru masuk kesangkar kadang-kadang loncat ke dalam sarang akibatnya anaknya terinjak akhirnya mati. Untuk induk yang malas ngeloloh jantannya jangan diangkat (dipisah) pada saat induk betinanya mengurus anak. Sedangkan kalau induk betinanya over protective agak susah menyembuhkannya, penyebab over protective biasanya trauma karena pada saat induk betina mengeram sering kita intipin ingin tahu sudah menetas atau belum hal lain bisa saja karena pada saat mengeram sering terganggu binatang/serangga. Bapak bisa baca di artikel yang saya tulis mengenai tip ternak kenari bagi pemula. Demikian Pak semoga membantu.
      salam
      sofyan

  138. 204 ahmad sofyan 20 August 2009 at 12:40 am

    Salam kenal Pak Zet…..
    Ternak kenari harus dilandasi rasa senang terhadap kenari karena kalau hanya mengejar keuntungan akan banyak mengalami kedongkolan. untuk teknis beternak Bapak bisa baca tulisan saya di kategori pengalaman beternak kenari, mudah-mudahan bisa membantu Pak.

    salam cuit..cuitttt
    sofyan

  139. 205 Zet 19 August 2009 at 4:20 pm

    Wah jadi kpengen ternak kenari juga nih pak..
    Kalau boleh tau, modal pertama untuk beternak kenari berapa ya pak ?
    Dan kendala apa saja yang sering terjadi dalam beterna kenari ini pak ?


  1. 1 Pengalaman Beternak 2 « mania burung kenari Trackback on 21 July 2009 at 12:54 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,111,455 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

%d bloggers like this: