HARAPAN DALAM BERTERNAK KENARI GLOSTER

Sebelum artikel ini ditulis, sebenarnya harus ada artikel pembuka yang menerangkan tentang kenari jenis Gloster. Tetapi karena adanya pertanyaan yang berhubungan dengan hal ini maka perlu kiranya tulisan yang saya terjemahkan di bawah ini dimuat terlebih dulu dengan harapan agar dapat dijadikan pedoman, salah benarnya kita perlu mencoba dan tidak perlu seratus persen percaya dengan omongan atau tulisan orang lain

HARAPAN DALAM BERTERNAK KENARI GLOSTER

3cinnstooges

ditulis oleh: Donald Perez

diterjemahkan oleh: Kian Sing

Diharapkan artikel ini akan memberikan wawasan dan pengetahuan kepada pihak yang berternak dan berhubungan dengan semua kenari jenis jambul.

gloster00001Saya rasa jika seseorang berternak kenari jenis Gloster atau kenari jenis lain yang mempunyai crested (jambul), mereka harus memiliki informasi yang betul dan benar secara ilmiah, dan bukannya hasil atau hasil observasi yang dibuat oleh orang yang mempunyai pecatatan ternak yang jelek, manajemen ternak yang jelek atau berternak dengan kurangnya informasi tentang genetika.

Dari pengalaman penulis, beliau pernah mendapatkan satu ekor Gloster Corona dari hasil penjodohan yang memakai sepasang kenari Gloster Consort (plainhead atau tanpa jambul) dari beberapa periode penjodohan. Lebih lanjut, saya pernah memutuskan bahwa selama ada darah Corona yang terkandung dalam burung, kita akan mendapatkan kenari Corona. Hal lain yang didapat dengan kenari Corona/Consort adalah ketika Anda menjodohkan 2 ekor Gloster Corona, Anda tidak akan selalu mendapatkan anakan Gloster Corona, selain itu penjodohan ini tidak akan menghasilkan anakan yang hidup semua dalam sebuah periode penetasan, dengan asumsi jumlah telur yang lengkap adalah 4 butir.

Pertama, kita bisa mengatakan bahwa tidak ada hal yang berpengaruh seperti ‘darah Corona’ dalam seluruh kenari Gloster. “Darah” (dalam arti sebenarnya) secara nyata tidak ada hubungannya dengan genetika. Apa yang ada dalam darah adalah apa yang terkandung dalam darah itu sendiri, tidak ada gen atau kromosom dalam darah. Darah adalah campuran dari sel dan plasma. Jantung memompa darah melalui arteri, kapiler dan pembuluh darah untuk menyediakan oksigen dan nutrien ke seluruh sel dalam tubuh. Darah juga akan membawa produk-produk yang akan dibuang dalam tubuh.

Darah mempunyai fungsi-fungsi utama, yakni mengirim ke seluruh tubuh:
• Oksigen dan karbondioksida
• Ion (seperti: Na+, Ca2+, HCO3−)
• Sampah (seperti: urea)
• Hormon
• Temperatur tubuh

Secara pribadi, saya percaya bahwa ada hal yang keliru dari bukti yang ditetapkan selanjutnya yang dilakukan selama bertahun-tahun untuk meyakinkan peternak burung bahwa genetika menyempurnakan seluruh kehidupan, termasuk genetika terkandung dalam darah.

gloster00003Pengertian dasar dari genetika memerlukan pemahaman konsep dalam bidang produksi dan non-produksi dari Gloster Corona, seekor kenari yang diyakini sebagai ‘pembawa’ kenari Gloster sebagai salah satu jenis kenari. Sangat disayangkan, saya menyimpulkan bahwa informasi yang berhubugan dengan darah adalah tidak relevan dengan genetika.

Dalam buku pertama yang diterbitkan di Inggris tentang kenari Gloster pada tahun 1978 oleh John S. Cross, beliau menulis:

“Bentuk Crest pada Gloster Corona adalah satu daya tarik pada jenis kenari Gloster dibanding jenis lain pada kenari ini. Sedikit informasi pada format Crest pertama ditemukan dalam ternak kenari telah ditulis pada literatur sebelumnya tetapi hal pertama yang ditemukan dalam mutasi tersebut tercipta pada 1750 oleh peternak di benua Eropa.

Penyebab adanya Crest ini adalah cacat (malformation) pada tengkorak yang menyebabkan bulu pada tengkorak atas tumbuh berjajar seperti bundaran yang pada akhirnya malah dijadikan kesempurnaan pada Gloster Corona di jaman sekarang. Dengan usaha yang lama dan seleksi ternak oleh para peternak selama lebih dari lima puluh tahun, jenis ini akhirnya dinyatakan sebagai salah satu jenis kenari postur.

Faktor Crest telah diteliti dan dinyatakan sebagai faktor dominan dan Gloster Corona mampu menurunkan Crest-nya sebanyak 50% dari anakannya, bilamana seorang peternak menjodohkan Gloster Corona Jantan dengan Gloster Consort Betina atau Gloster Consort Jantan dengan Gloster Corona Betina. Karena hanya 50% dari anakannya mempunyai bentuk Crest, kita dapat mengerti bahwa walau Faktor Crest adalah dominan dibanding Faktor Consort, Corona mempunyai sifat heterozygous sehingga bila dua ekor Gloster Corona dijodohkan maka ada kemungkinan mendapatkan kenari Gloster Consort pada anakannya. Gambar di bawah adalah ilustrasi dapat dijadikan prediksi dalam berternak kenari Gloster Corona:

 glosterscheme

Keterangan dari gambar di atas adalah: Jika kita memberi simbol untuk Faktor Crest dengan huruf “C” dan Faktor Plainhead dengan huruf “c” maka kita dengan mudah, tapi benar, memberikan ilustrasi bagi peternak Gloster tingkat pemula tentang penjodohan yang benar untuk memproduksi Gloster Corona. Induk Jantan Gloster Corona memproduksi sekian jumlah ****** yang membawa “C” Faktor Crest dan ****** yang membawa “c” Faktor Plainhead. Induk Betina Gloster Corona memproduksi sekian jumlah sel telur yang membawa “C” dan sel telur yang membawa “c”. Dengan gambar di atas kita sekarang dapat mengetahui aturan dasar yang akan mewarisi Gloster Corona tanpa ada hubungan dengan jenis kelamin yang akan didapatkan. Gloster Consort adalah kenari yang mempunyai sifat homozygous untuk Faktor Plainhead dan merupakan galur murni sehingga pasangan dua ekor Gloster Consort hanya akan memproduksi anakan Gloster Consort. Hal ini diilustrasikan dengan huruf “cc”. Sehubungan dengan hal ini, peternak tingkat pemula harus mengingat bahwa hanya gen dominan Crest dengan huruf “C”. Ketika gen “C” dijodohkan dengan gen “c”, anakan yang mewarisi kombinasi ini pasti mempunyai Crest. Untuk lebih mudahnya coba ikuti ilustrasi di bawah ini, jika kita menjodohkan seekor Induk Jantan Gloster Corona dengan Induk Betina Gloster Consort, kita akan mendapatkan rumus Cc x cc. Keturunan dari pasangan ini adalah sebagai berikut:

gloster2

****** yang membawa C dari Jantan Corona akan membuahi sel telur Betina Consort yang membawa c dimana betina ini membawa hanya Faktor Plainhead. Secara nyata, pasangan dari gen ini akan memproduksi anakan Corona; atau gen c dari Jantan Corona membuahi sel telur yang membawa c dan hal ini akan menjadi anakan Consort. Untuk itu, kita menyimpulkan 50/50 harapan Corona dan Consort.

Pada tahap ini, peneliti tingkat pemula mungkin mengambil kesimpulan bahwa dengan menjodohkan Corona dengan Corona akan menghasilkan kemungkinan yang lebih besar dalam mendapatkan anakan Corona karena menggunakan sepasang Gloster yang kesemuanya mempunyai gen “Cc”. Juga mungkin mengharapkan untuk mendapatkan seekor Gloster yang mempunyai kombinasi “CC” yang mana adalah seekor Gloster Corona murni yang mempunyai sifat homozygous yang akan menjadi burung yang sangat berguna di dalam kandang ternaknya.

Naasnya, hukum yang mengatur warisan genetika tidak mudah. Jika kita menjodohkan dua ekor Corona, kita mengharapkan untuk memproduksi 4 kombinasi di dalam keturunannya. Kita akan mengharapkan untuk mendapatkan: “CC”, “Cc”, “cC’ dan “cc”, dan sebetulnya kenari yang memiliki “CC” inilah yang kita cari. Ketika kita membawa dua gen dominan bersama, kita juga memproduksi faktor kematian (lethal factor). Anakan yang mewarisi ini terbukti tidak mungkin untuk hidup dan biasanya mati setelah menetas atau sesaat setelah itu, memberikan kita tingkat kematian 25% dalam penjodohan Gloster Corona dengan Gloster Corona, sehingga penjodohan Gloster Corona dengan Gloster Corona tidak memberi keuntungan sama sekali bagi peternak.

gloster3Ada buku lain yang menulis secara khusus tentang Gloster Canary di negara Inggris: “The Gloster Canary: Keeping, Breeding and Showing” oleh Joe A. Bracegirdle pada tahun 1989 dan “The Gloster Canary: A Guide to Keeping, Breeding and Exhibiting” oleh N. J. Barret dan C. Blackwell pada tahun 1990. Buku yang ditulis Joe A. Bracegirdle tidak dengan sungguh-sungguh menerangkan hal genetika Corona dan Consort, tetapi hal ini malah disebut dalam beberapa paragraf di dalam buku yang ditulis oleh Barret dan Blackwell.

Donald Perez mempunyai rencana menulis seluruh aspek genetika Gloster di buku karangannya yang akan segera diterbitkan. Tulisan aspek ini akan tertuang dalam beberapa lembar dan selain itu akan ditulis juga pedoman dan teori sebagai kunci sukses dalam buku “Nine Step to Success Breeding Canaries: Using Gloster as a Model”.

Saya harap artikel ini akan membantu pendatang baru di kancah kenari untuk dapat membedakan informasi yang benar dan salah yang terkadang ada pada kita. Semoga artikel ini akan menjadi nilai tambah bagi yang membaca dan tertarik untuk berternak, tidak hanya berternak kenari Gloster tetapi juga seluruh kenari yang mempunyai Crested.

sumber http://www.kicaumania.org

About these ads

21 Responses to “HARAPAN DALAM BERTERNAK KENARI GLOSTER”


  1. 1 merawat burung 16 July 2013 at 12:58 pm

    kenari gloster emang top markotop dah,,

  2. 2 aang 22 December 2012 at 9:05 am

    klo kenari gloster siap kawin umur berapa

  3. 3 fendi 26 April 2012 at 8:40 am

    Salam kenal…
    Sy punya beberapa induk kenari yg sdah produksi. Anakan yg kali ini byk yg mati. Karena tidak mau di suapi induknya. Pdhal sudah umur 2 minggu. Udh sy ksh makan lewat sped. Tp tetap mati. Kenapa ya? Terimakasih atas jawabanya

    Wah saya baru denger ada anak yang tidak mau disuapin induknya, bisa cerita om gimana ceritanya sianak tidak mau disuapin emaknya ..:) , kalau anakan usia 2 minggu tidak mau disuapin manusia saya rasa karena sianak takut terhadap manusia kalau mau nyuapin anak bisa dilakukan pada saat usia si anak sekitar 7 hari…. demikian om, wassalam

  4. 5 honda 9 January 2012 at 3:51 am

    Salam kenal Om Sofyan. saya usul ahak maksa nih…buka aja lapak kenari om. kasihan yang nyari indukan kenari banyak kacau dan dibohongin gitu. kalau tidak repot yah buat aja rekening bersama gitu Om atau bagaimana lah. makasih om Sofyan

  5. 6 Edy Cisitu 3 January 2012 at 7:13 am

    BERAPA HARGA KENARI YS ,UNTUK ANAKAN

    Maaf saya belum bisa bantu untuk harga anak YS, kalau tidak salah harga anak YS (hasil silangan YS dgn YS) lebih mahal dari YS impor, wassalam

  6. 7 Ferdinand Cahyo Gantiro 26 September 2011 at 5:05 am

    Om apa hkumnya pasti Gloster Corono dikawin dengan Gloster Corona tdk akan menghasilkan …. anakan

    Wah dapat ilmu baru nich hehe…. sumbernya darimana om ?

    terimakasih

    • 8 toheng 27 September 2011 at 12:29 pm

      Iya Om, saya baru tahu informasi ini juga, literaturnya bisa dilihat di buku terbitan Agromedia, karangan KIAN SING, judul “jurus sukses merawat & menangkarkan kenari” halaman 15, semoga membantu. Bahkan saya baru tahu dari buku itu ternyata kalau kaki kenari kita kapalan seperti bercabang-cabang ternyata bukan karena jamur tapi tungau, dan obatnya yang jelas pasti obat kutu..ketika saya terapkan memang benar….saran saya buku ini lebih bagus dimiliki untuk referensi kita, dibanding buku “The practical canary handbook” yang juga saya pernah baca juga

      • 9 Uphay 4 January 2012 at 3:23 am

        wuihh… Mantap sharingnya om…. cari ahh bukunya…. maklum masih newbie,,,,, heheheh

      • 10 riyan 4 January 2012 at 4:38 pm

        sekedar sharing Kang Uphay buku tersebut memang terperinci tetapi bukan berarti tanpa kekurangan, contoh dibuku lebih dianjurkan untuk berternak poligamy tetapi dilain kesempatan beliau menulis bahwa di Inggris hampir tidak ada ternak kenari dengan polygami. yang jelas pengalaman ternak yang ditulis adalah pengalaman suksesnya bukan kesulitannya…contoh pernah enggak ngadepin kenari katanya betina tetapi kok jantan (ini tulisan untuk sexing kenari). terus tidak ada pemaparan baik buruknya kandang gantung dengan kandang bateray. wah banyak kang Uphay kalau disebutkan simpulnya buku itu cocok bagi mereka yang ternak kenari dengan masalah yang minim (induknya bagus, tidak nelor sembarangan, dan sejenisnya) maaf kang Sofyan sharing aja

        Terimakasih atas sharingnya om….bagi saya pribadi berprinsif didunia ini tidak ada yang sempurna pasti ada nilai baik atau kurangnya… saya ambil nilai baiknya buat dipelajari dan nilai kurangnya untuk mengoreksi diri hehe…. maaf ini hanya pendapat pribadi. wassalam

      • 11 Uphay 5 January 2012 at 6:59 am

        Hmm… iya sih…. memang kadang masalah yang ada tidak di infokan Solusinya, justru malah Senior2 yang baik hati seperti om Sofyan ini dan Blog nya yang malah buka2an… Cihuuuyyy…. si om lagi kunjungan ke Jakarta nih….. ketemuaaannnn dooongs… xixixixi (ups….)

      • 12 riyan 5 January 2012 at 2:50 pm

        Kang Uphay maafkan saya kalau terkesan agak sewot dengan buku tersebut yang jelas bukan hanya buku itu saja, saya memiliki tidak kurang dari 6 buku kenari yang katanya ditulis oleh orang hebat yang berpengalaman, tetapi ketika dipraktekan dan dapat masalah tidak ada solusinya dalam buku tersebut. ujung-ujungnya yah dapatnya dari blog ini contoh waktu ada yang ngeluh kenarinya turun dari ngeram, kang uphay juga kan yang bantu sharing lebih detail. coba kalau dicari dibuku mumetnya aja kang. makasih kang Uphay. tolong Kang usul ke Kang Sofyan di blog ini dibuka juga jual beli kenari, kasihan pemula mumet nyari kenari untuk latihan ternak

      • 13 Uphay 6 January 2012 at 4:30 am

        @Om Riyan, Buat saya sih gak masalah om.. karena saya percaya tidak semua pengalaman seseorang itu sama dengan pengalaman orang lainnya.. hehehe, bisa jadi memang yang menulis itu punya standar yang tinggi dalam perawatan seperti men disinfektan kandangnya tiap hari, makannya kualitas yg bagus, indukannya mahal2 dan pinter semua, dll, jadi gak ngalamin macam2 masalah / penyakit seperti kebanyakan peternak yang belum standar perawatannya. Dulu pernah dibuka “Lapak” disini Om, tapi malah jadi pemutus Silaturahmi, sepertinya masih di godok ma Om Sofyan yah om..? nanti dikabari katanya kalau sudah ketemu metode jual beli yang santun… (berharap.com)..hehhe

  7. 14 OBAT HEPATITIS ALAMI 13 June 2011 at 5:54 am

    kalau sepasang brp harganya?

  8. 15 asep gunawan 15 May 2011 at 6:23 am

    kisaran berapa harga kenari jambul y?

    Harga kenari ditentukan oleh kualitas dan kelangkaannya, demikian dengan KN Gloster …. harga Gloster mulai dari Rp. 750.000 s/d 1,5 jt

    wassalam

  9. 16 agus gunawan 19 March 2011 at 1:38 pm

    kl di bandung di mana sih yang jual kenari gloster degan harga rada2 miring

    Coba om cari di pasar sukahaji, untuk perorangan mohon maaf saya tidak bisa bantu memberi referensi,

    Wassalam

  10. 17 Barran Hamiman 24 February 2011 at 4:03 pm

    Ulasan TOP banget.

  11. 18 salman 29 January 2011 at 2:03 pm

    mantaps sekali infonua OM sofyan…

  12. 19 ragiel 29 May 2010 at 6:20 am

    Lam kenal ya Bro….

    Saya gi nyari kenari jambul… kalo ada yang mau jual.. saya mau donk….
    please call me 0856 978 12 639

    thx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,198,296 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: