Pengalaman beternak 3

blog14

Alhamdulillah antusiame pengunjung blog http://burungkenari.wordpress.com cukup tinggi untuk membaca artikel-artikel yang saya buat, mohon maaf jika dalam tulisan-tulisan yang saya buat terkesan menggurui bukan bermaksud menggurui hanya saja saya kurang pandai dalam memilih kata-kata yang tepat, semoga kedepannya saya bisa lebih cakap dalam memilih kata-kata sehingga lebih nyaman membacanya.

Syarat utama peternak

Sekarang saya mau mencoba sharing mengenai syarat apa saja yang harus dimiliki jika ingin menjadi peternak kenari. Syarat utama dalam beternak kenari yaitu hobi, dengan dilandasi rasa hobi beternak kenari akan enjoy menjalaninya. Dalam beternak kenari akan banyak mengalami kendala terutama pada tahap awal mulai ternak, dengan berlandaskan hobi peternak akan tabah menghadapi semua proses/tahap dalam beternak kenari.

Dalam dunia peternakan banyak proses yang akan dijalani mulai proses penjodohan, induk mulai bertelor, proses pengeraman, perawatan anak dll.

Jika tidak dilandasi rasa cinta dan hobi terhadap kenari maka pada saat menjalani semua tahap dalam beternak akan mengalami stress.  Tentu saja tidak hanya rasa cinta dan hobi saja kita juga harus mengetahui mengenai perawatan kenari dan seluk beluk beternak kenari.

Mengusai ilmu mengenai jenis-jenis kenari yang ada di dunia tidak terlalu penting tetapi jika anda menguasainya sangat bermanfaat, untuk menguasai jenis kenari anda bisa buka-buka di folder mengenai jenis kenari diblog yang kita cintai ini.

Usia Peternak

timbrado4Mengenai usia peternak tidak ada syarat-syarat tertentu semua boleh menjadi peternak kenari mulai dari usia muda sampai usia tua. Hanya bagi usia yang sudah lanjut sangat bermanfaat terutama untuk mengisi kekosongan waktu. Memelihara dan beternak kenari sangat membantu dalam melatih dan mempertahankan kelenturan otot motorik.

Dengan memelihara kenari bisa membantu menghilangkan penyakit post power syndrome biasanya penyakit ini menyerang manula yang menghadapi usia pension.

Bagi usia muda beternak dan memelihara kenari akan bermanfaat yaitu bisa memanfaatkan waktu luang. Waktu luang dapat diisi dengan memelihara kenari dan bisa menambah penghasilan dari beternak kenari.

Mulai Beternak

blog15Nach setelah mengetahui syarat utama dan siapa saja yang bisa beternak kenari sekarang kita bahas bagaimana memulai beternak kenari. Saran saya sich …… kalau memang anda berminat ingin beternak kenari langsung terjun saja beternak. Jangan takut untuk memulai karena dengan berjalannya waktu ilmu anda akan bertambah setiap menghadapi kendala akan menjadi pengalaman anda yang bermanfaat buat anda dimasa yang akan datang. Insya Allah blog ini juga semakin bertambah banyak artikelnya, kalau menemui kesulitan silahkan tengok-tengok blog ini 

Saya yakin dengan modal rasa cinta dan hobi anda terhadap kenari, kendala yang dihadapi akan terselesaikan dengan suka cita. Dari hasil diskusi dan memperhatikan peternak-peternak yang cukup berhasil sebagian besar modal utama mereka ternyata rasa cinta dan hobi terhadap kenari. Walaupun terkendala modal mereka mengumpulkan indukan satu persatu dari uang sisa gaji mereka dan tanpa terasa indukan yang di kumpulkan semakin banyak dengan kualitas semakin meningkat. Bahkan saya kenal 1 orang peternak yang keluar dari tempat bekerja hanya demi mengembangkan peternakan kenari (mohon  maaf saya tidak menyarankan anda keluar dari tempat bekerja anda he..he….) dan sampai sekarang teman tersebut bisa mencukupi kehidupan keluarganya dengan layak dari beternak kenari (saya mohon do’anya agar saya bisa menampilkan profile temen saya tersebut di blog ini) . Sekian dulu  ceritanya insya Allah dilain waktu saya lanjutkan artikel mengenai ternak kenari.

30 Responses to “Pengalaman beternak 3”


  1. 1 re vizal 20 April 2014 at 11:30 am

    om sofyan…saya pemula beternak kenari…yg pastinya beda kenari jantan dan betina apa y om??? mksih

    silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari

  2. 2 rizky 24 August 2013 at 7:02 am

    Om sy mau coba ternak…
    kalo jantan 1 betina 2 bisa g..
    thankz..

    bisa saja om, silahkan baca link ini Terserah om, mau dipisah atau disatukan saya sudah buat artikel mengenai hal tersebut silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

  3. 3 hadi 16 July 2013 at 12:08 pm

    om mau tanya ya ni kenari saja yg betina kok gk berani sma yg jantan ni kalau yg jantan mau kawin namun yg betina menjahu namun setiap hari cium”man terus dan yg jantan mulai merapikan tempat telur ni maksi

    belum siap kawin kali om, masih butuh kesabaran om…. usianya berapa bulan om ? kalau usianya sudah cukup/siap ternak coba dipisah betinanya diberi telor puyuh setiap hari selama 1 minggu, perawatan mandi jemur rutin setiap hari… kalau masih muda tunggu sampai sampai dewasa (usia 8 bulan keatas). Ciri-ciri kenari siap bertelor (maaf) pantatnya membengkak (lebih besar dari ukuran normal) dan sering diam disarang…..

  4. 4 andrea 46,58,29,4 17 April 2013 at 8:20 am

    Terima kasih om info2nya,,,

    sama-sama om, selamat menikmati…..

  5. 5 wins 5 April 2013 at 7:27 pm

    kira2 klo kenari betina mabung bisa di kawinin g om2,, trs supaya kn cepat masa mabung nya gimana???

    Kenari mabung jangan dikawinkan om tidak akan berhasil kalaupun berhasil netes kondisi fisik anaknya kurang bagus, lebih baik mabung secara alami om… apapun yang dipaksakan akibatnya kurang bagus…. salam

  6. 6 ifa 21 October 2012 at 12:15 am

    pagi om sofyan,,,,,,saya ifa,mau tanya bolehkan,,,,,?sy tertarik dgn artikel2 om soyan tentang ternak kanari,sy memang suka unggas sihh,,,,maunya sy ternak kanari tp nyari indukannya kok susah ya,,,,,sy tinggal di dampit apa om sofyan bisa memberitahu di mana kira2 sy bs mendapatkan indukan kanari di sekitar wilayah dampit,,,,,?trimakasih sebelumnya,,,

  7. 7 rudi 16 February 2011 at 11:57 am

    CARI KENARI F3 SIAPA YANG PUNYA????/

  8. 8 yuyun 13 February 2011 at 9:46 am

    sore Om sopyan……..saya lg belajar ternak kenarimsoalnya sy seneng banget sama yg namanya kenari. tp saya liat ko semuanya laki2 ga ada yang perempuan. saya jadi malu

    • 9 ahmad sofyan 15 February 2011 at 1:40 am

      salam kenal mba Yuyun, bukan hanya mba Yuyun aja kok perempuan yang senang burung kenari… di blog ini ada beberapa pengunjung perempuan hanya mereka kebanyakan mantau. Kalau menurut saya pribadi ternakkenari sangat cocok buat Ibu2 ngurus ternak kenari bisa dilakukan sambil ngurus keluarga…demikian

      wassalam

  9. 10 Virga 14 September 2010 at 5:37 pm

    Met kenal Oom Sofyan..saya sering baca blog anda. banyak sekali saya belajar dari pengalaman2 para senior, terutama dari Oom Sofyan sendiri…Thanks semuanya.

    Oom..saya mo tanya..beternak kenari di teras luar di halaman Lt.2 ( Ini di teras / balkon nya ..bukan di dalam ruangan ) ternak pake Box ternak 50 X 60 X 50 cm..kalo malem bagian depan ga saya tutupin karena takut kepanasan..sudah 3X berhasil netas jumlah 11 anak dari 2 induk. Saat ini 8 Box..sedang ngeramin semua ( jumlah ada 26 telor yg belon netas & belon jatuh tempo..hehehe )..SAYA KHAWATIR..MASALAHNYA…2 BULAN KEMAREN ” BANYAK SEKALI ” TELOR KOSONG..punya solusi jitu supaya ningkatkan daya tetas ?? tadinya mau coba BIRD MATURE…tapi takut kagak tokcer..saat ini lagi coba pake Vitalur
    Salam cuit..cuit Oom..Thanks

    Om Virga salam kenal… terimakasih sudah mampir ke blog saya, penyebab telor gagal menetas banyak faktornya… karena cuaca terlalu panas, atau cuaca berubah-ubah seperti saat ini kadang panas tetapi bisa tiba-tiba hujan, dan yang utama faktor perawatan. Kalau menurut om pernah berhasil menetas selama 3 kali saya curiga faktor perawatannya kurang optimal… setelah periode ini coba indukannya di istirahatkan perhatikan makanannya, multivitamin, suplemen, minyak ikan atau wheat germ oil dan mandi jemur jangan lupa. Demikian om semoga telor yang 26 butir bisa menetas semua om ..amin

    salam

  10. 11 eddy 17 June 2010 at 6:59 am

    point ke indahan utama kenari apa sih Om warna ato suaranya????

  11. 12 wayan 9 June 2010 at 11:32 am

    Mat kenal mas sofyan, saya pecinta baru kenari namun belum tau mana yang bagus mohon bantuan di Jakarta dimana ada alamat penangkar kenari

    • 13 ahmad sofyan 10 June 2010 at 12:56 am

      Om Wayan, mohon maaf saya tidak punya peternak recommended …. berdasarkan pengalaman ketika saya me-recommended peternak ketika ada kejadian yang kurang enak saya jadi terbawa, lebih baik om cari sendiri peternak yang menurut om cocok…. demikian mohon maaf kalau kurang berkenan…

      salam

  12. 14 Rendro 14 May 2010 at 2:26 am

    Kalau peternak kenari di jogja sekitar piyungan ada gak ya?

  13. 15 heri 13 May 2010 at 4:58 pm

    salam kenal…Pa,AS

    saya pingin punya F1 YS,apa stock masih ada Pa…..

  14. 17 anwar riyadi 26 April 2010 at 9:09 am

    pak ahmad, lokasi rmh saya cukup dekat dengan bapak, saya d kemayoran. Saya berencana ternak kenari tapi di daerah cibinong bogor, nah u/ mendapatkan bibit kenari yang baik tolong beritahu saya melalui email saya, termakasih atas bantuannya.

  15. 18 sofyan 16 January 2010 at 3:56 am

    oo … gitu yach om Sony….. kalau bisa coba dirubah kebiasaan nelor di tempat makan…. kalau tidak dirubah dari sekarang takutnya menjadi kebiasaan… atau tempat makannya diganti dengan tempat makan yang lebih besar mudah-mudahan mau ngeram…

    salam

  16. 19 Sony 15 January 2010 at 8:29 pm

    Kemarin saya pindahin aja lagi balik ke tempat yang lama. Saya pasang lagi tempat makanan yang kecil dan saya taro lagi telurnya. eh dianya langsung aja ngeram. Ya udah saya biarin aja lagi… Klo jadi sukur klo ga jadi harus sabar lagi nunggu musim kawin berikut..

  17. 20 yunior 14 January 2010 at 9:07 am

    mantap..mantap ulasannya nih he..he

    • 21 ahmad sofyan 15 January 2010 at 12:10 am

      Itulah om ….. ketika sharingnya berdasarkan pengalaman ….ulasanya bisa dicerna dengan mudah hehe….. tks om Firman pencerahannya…

      salam

  18. 22 redmoz 14 January 2010 at 7:36 am

    sharing pengalaman…
    sy ada satu betina yg tidak mau ngerami di sarang kotak yg biasa sy pakai, awalnya dia slalu buat sarang di tempat makan, kemudian sy coba pindah posisi sarang kotaknya..tp dia tetap buat sarang di tempat pakan, sampai sy ganti tempat pakan jadi yg kecil tp tetep aja dia isi ditempat pakan tersebut..finally sy fikir mungkin dia suka yg tmpat sangkar bulat, terus sy beli yg terbuat dari batok kelapa, akhirnya betul, ternyata sibetina ini suka tempat sangkar yg bentuknya bulat..terus takut teori sy salah, teloran ke 2 sy ganti tempat sangkar yg batok kelapa dengan tempat sangkar pelastik yg bentuknya jg bulat…ternyata teori sy betul; dia suka yg bulat2….hehehehe…pengalaman diciputat…om skarang anaknya baru mau turun sarang…. demikian semoga jg dapt jadi masukan… bravo om sofyan…heheeheh

  19. 23 ahmad sofyan 14 January 2010 at 6:57 am

    Pak Sony…. sampai sekarang kenarinya masih blm ngeramin telornya …???…. sepertinya telor yang pertama ini harus di korbankan Pak …. mesti nunggu telor periode selanjutnya, kalau dibalikin lagi juga saya ngga yakin jadi telornya…. itulah Pak seninya ternak kenari kita seperti naik roll coaster kadang-kadang senang melayang-layang karena kenari mulai bertelor, menetas dan hidup sampai besar tetapi suatu saat kita merasa terhempas karena apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan … tetapi tetap semangat

  20. 24 Sony 12 January 2010 at 6:00 am

    Pak sofyan..

    Saya pengen nanya. Saya punya betina yang lagio bertelur… dia ga mau bertelur disarangnya.. dia bertelur di tempat makanannya.. Rencana saya, akan saya pindahkan ke sarang yang baru. Cara pemeindahannya apa cukup dengan langsung angkat telor dari tempat makan ke tempat baru atau gimana??? saya takut kalo dipindah dianya ngambek bertelor…. Tolong masukannya yah…

    • 25 ahmad sofyan 12 January 2010 at 6:28 am

      Pak Sony banyak faktor penyebab kenari tidak mau bertelor disarang yang telah kita sediakan diantaranya posisi sarang kurang disenangi karena ada serangga yang mengganggu atau menurut perhitungan peng shui kenari kurang bagus hehe…. maaf becanda Pak …., isi sarang kurang nyaman buat kenari ….. coba pindah posisi sarang atau kedalam sarang diberi sobekan kertas atau kapas buat kosmetik… telor dipindahkan langsung ke sarang baru ngga apa2 …. demikian dulu Pak … semoga tetap semangat …..

      salam

      • 26 Sony 14 January 2010 at 6:10 am

        Terima kasih pak sofyan atas jawabannya,

        Penggantian sarang sudah saya lakukan dengan menggunakan yang baru (saya beli dipramuka) dan saya lapisi dengan kain. tapi dari pagi sampai siang si burung kok ga mau ngeramin si telor yah biasanya dia rajin lo… sekarang cuma liat aja. Apa si burung ngambek yah??? Saya takut klo dia ga mau ngeramin telornya. Soalnya baru pertama nelor nih (baru belajar ternak saya).. Tolong komen yah… Apa perlu saya balikin lagi ke tempat semula. Biarin aja dia ngeramin di tempat makanannya???

  21. 27 ahmad sofyan 11 November 2009 at 3:49 am

    Pak Bhira, kadang2 suka menemukan kenari jantan hanya tertarik pada 1 ekor betina atau kadang-kadang warna tertentu…. ada jantan yang senang sama warna kuning dikasih betina warna hijau dia nolak….. cuman kalau harus ngikutin kemauan sijantan repot juga …… coba jantannya dipisah beberapa hari dengan betina pujaan hatinya hehe…… kalau bisa jangan sampai melihat atau mendengarkan suara si betina… Setelah seminggu atau beberapa hari coba jantannya digandeng dengan betina yg Bapak mau jodohkan… mudah2an bisa cepat jodoh Pak ….. mengenai tanda-tanda betina siap ternak bisa dilihat dari anus-nya jika anusnya membesar pertanda siap ternak atau kalau kedalam kandang dimasukkan kertas si betina ngangkut-ngangkut kertas…. kalau jantan gampang Pak dia mau kawin kalau bunyinya ngotot apalagi kalau lihat kenari betina, bunyinya ngotot kadang2 nabrak2 ruji sangkar demikian semoga bisa membantu
    salam

  22. 28 Bhira 11 November 2009 at 3:23 am

    salam mas sofyan…..
    saya ingin bertanya… saya sudah memiliki kenari 3 ekor (1 jantan & 2 betina) saya sudah berusaha menjodohkan, tetapi si jantan lebih tertarik kepada betina yg sedang mabung/ganti bulu. apakah betina yg sedang ganti bulu bisa dikawinkan? apa ciri2 indukan yang sudah siap dikawinkan baik si jantan maupun si betina? trims…

  23. 29 budy77 15 August 2009 at 1:06 am

    saya hobi dengan kenari & saya ingin berternak kenari,yang menjadi kendala saya dimana saya dapat membeli indukan yang baik
    domisili saya di madiun jawa timur
    mohon informasi dimana saya dapat membeli kenari torkshire
    thanks buat infonya

    • 30 ahmad sofyan 15 August 2009 at 2:06 am

      Di Jawa Timur sepertinya banyak peternak kenari yang bagus Pak……. coba cari di Surabaya atau di Malang, apalagi Malang terkenal sebagai pusat ternak kenari denger-denger sich kenari di Jakarta sebagian besar di kirim dari Malang. Demikian informasi dari saya Pak selamat berburu kenari Pak…..
      salam
      sofyan


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,199,500 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

