Menentukan jenis kenari yang akan diternak

Sebelum kita memulai beternak kita harus tahu dulu tujuan dari beternak colourkenari tersebut, secara umum dalam dunia kenari dikenal 3 (tiga) kategori yaitu :

  1. Kenari yang di senangi karena postur badannya yang unik. Untuk kategori ini yang paling dikenal yaitu Yorkshire, Gloster border dll
  2. Kenari yang disenangi karena type suaranya yang indah,  yang termasuk ke dalam kategori suara indah yaitu Waterslager, roller, khusus untuk Indonesia ada burung lomba yang isiannya khas burung Indonesia seperti ciblek, gereja tarung dll.
  3. Kenari yang disenangi warnanya. Hobis yang termasuk kekategori ini tidak memperhatikan suara maupun postur badan dari kenari, mereka menitik beratkan ke hal keindahan warna, yang termasuk kategori warna yaitu kenari Holland, Lizard dll.

yorkshireSebetulnya ada keinginan dari hobis untuk menyatukan ketiga unsure tersebut sehingga bisa menghasilkan kenari yang bersuara indah, postur bagus dan warna yang indah mempesona. Hanya untuk saat ini belum ketemu formula untuk menyatukan ke tiga unsure tersebut.

Hampir disemua bidang baik tanaman maupun binatang fancy (keindahan) ada suatu trend dimana suatu jenis dalam suatu waktu tertentu menjadi incaran hobis. Contohnya saat ini hobis kenari sedang ngetrend memelihara kenari Spanish Timbrado. Akibatnya harga kenari jenis Timbrado naik berlipat-lipat sedangkan jenis lain turun.

Dari kejadian trend tersebut hobis kenari dikenal adanya peternak yang ikut-ikutan atau sering disebut pak turut dan peternak fokus. Pak Turut yaitu  jika trend kenari merah ikut ternak kenari merah, suatu saat kenari Yorkshire booming ikut ternak kenari Yorkshire dst. Sebetulnya tidak ada yang melarang mau jadi pak turut atau bukan tetapi kelemahannya si pak turut tidak akan diakui ke-eksistensianya.

hijauDisatu sisi ada peternak yang konsisten memelihara satu jenis kenari umpamanya dia memelihara kenari focus di satu jenis. Kadang-kadang bersikap focus di satu jenis tidak ikut-ikutan peternak lain juga lebih bagus. Misalnya orang sibuk mencari kenari merah atau Yorkshire. Anda tetap ternak Lizard. Dengan lain dari pada yang lain atau focus di satu jenis akan melambungkan nama peternakan anda karena dengan berpindahnya peternak pak turut kejenis lain akan mengurangi competitor anda. Dengan focus di satu jenis orang bisa menganggap anda pakar dijenis tersebut. Jadi saran saya sebelum turun menjadi peternak anda harus memikirkan dulu kemana arah tujuan peternakan anda. Sudah dulu yach lumayan cape juga ngetiknya insya Allah nanti saya lanjutkan kembali.

About these ads

80 Responses to “Menentukan jenis kenari yang akan diternak”


  1. 1 antok 4 September 2012 at 3:22 pm

    saya mau tanya peternak kenari yang bagus di jawa tengah alamat dan no. hp nya? thanks….

  2. 2 djadjab ekasatria 26 July 2012 at 7:10 am

    salam kenal, turut nyimak

  3. 3 arifrahz 28 April 2012 at 3:44 pm

    om infonya…kenari ys yg baru dateng 1box berap ekor isinya.trus kira2 berapa 1 boxnya.trim.thegoozzi@gmail.com

  4. 4 joko santoso 9 March 2012 at 8:48 am

    Om Sofyan, salam kenal….saya Joko dari kota Purwokerto…..saat ini saya sedang mencari kenari Ys hasil ternakan lokal. Mohon informasinya alamat peternaknya didaerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Terimakasih

  5. 5 nana 3 July 2011 at 5:18 pm

    bang adakan kenari hitam????????????

  6. 6 nanonano 13 February 2011 at 4:19 am

    om om………..
    saya pnya bakalan lokal jantan warna putih udah 4-5 bln& udah ngoceh?tapi kok belum berani kalo dibawa kepasar ngocehnya!
    solusinya gimana ya?
    makasih

    kemungkinan masih muda sehingga mentalnya belum stabil butuh latihan yang rutin, insya Allah kalau latihan rutin dan perawatan optimal hasilnya akan baik….

    Wassalam

  7. 7 trianto 11 February 2011 at 4:46 am

    Maaf Ohm..Ikut Nimbrung,
    Untuk Ohm. Junior, apa no Hp: msh yg dulu ya?
    Kl blh tau alamat Ohm. Junior berdomisili di daerah Jakarta bukan?
    Mhn berkenanya kl blh minta alamat Ohm Junior ato Peternak Kenari apa aja yg Berdomisili di Jakarta Timur
    Kl boleh N ga ngrepotin bs kirim ke trianto82@yahoo.co.id
    Tks….

    Om Tri kalau senggang coba ikut temu darat Paguyuban Burung Kenari Indonesia di Cimanggis, insya Allah selain dapat burung juga dapat ilmu yang akan bermanfaat…

    Wassalam

  8. 8 fajar 27 January 2011 at 1:38 am

    ada yang punya anakan kenari ga??????????
    jantan ya om om :)

    kalo ada sms ke no. saya aja 02141536545

    ane di daerah mampang .. makasih ya om om atas perhatiannya..

    ane udah bulak balik ke pramuka eh kena tepu 1 x..
    burung sakit ane beli.. soalnya mau di liat langsung di bungkus gitu sama abang nya,,
    jadi ga bisa cek dlu :(

    ane butuh anakan nih om om,, srius :)

    Kok kena tipu sekali aja udah sedih om…. saya atau mungkin rekan-rekan senior kena tipu sudah berkali-kali hehe… (maaf becanda om) BTW sebetulnya semua kegiatan ada resikonya, saya lagi duduk didalam rumah saja ada resikonya lagi enak-enak duduk tahu-tahu dari belakang dipukul sama anak saya hehe….coba om balik lagi ke pasar burung cari burung yang paling lincah, kelihatan rajin makan kalau om sabar cari kenari bahan yang ngeriwik… kalau ke 3 kriteria terpenuhi langsung bungkus om hehe…. yang terbaik bukan menghindari resiko tetapi memperkecil resiko…. lho kok malah ngelantur, mohon maaf om kalau kurang berkenan … semoga tidak kapok bertanya hehe…..

    Wassalam

  9. 10 agustiansa 21 October 2010 at 5:59 pm

    ahmad sopyan.salam kenal om? saya tian di ciputat om,mau tanya om.apa punya indukan F1/F2 Ys om.yang sudah siap ternak lagi mau belajar ni om.soalnya di rumah ada lovebird lagi di ternak jg.sudah 5 kali ngasilin anak,jadi sekalian ni om mau belajar KN jg sapatau berhasil juga om kaya LB.mohon bantuannya om.sebelumnya trimakasih

    om mohon maaf saya tidak punya indukan F1/F2 , coba om tanya di link ini http://burungkenari.wordpress.com/lapak mudah2an ada seller yang mempunyai F1/F2 yang mau di jual… untuk ternak kenari lebih mudah dibanding ternak LB, jadi saya rasa om bisa berhasil ternak kenari….

    salam

    salam

  10. 11 yunior 30 June 2010 at 5:24 am

    wah kok jadi ada iklan lagi nih????

  11. 12 Tio 27 June 2010 at 11:20 pm

    Kl ada yg butuh kenari AF, F1, F2 yg muda atau pun yg sudah full isian di jogja bisa hubungi Masbowo 08121556345

  12. 13 Dedy Pranoto 9 June 2010 at 8:54 am

    hahahahahaaaaaa…. oke’ oke’….

    tanya lagi donk om….untuk harga, contohnya F1/F2 itu kisaran sampai berapa’an om…?? harga standard lho, bukan harga hobby…. :-D

    • 14 ahmad sofyan 9 June 2010 at 9:04 am

      Harga F1 tergantung usia dan kualitasnya… usia 1 – 3 bulan Rp. 500.000 usia 4 bulan keatas Rp. 750.000 itu F1YS suara standar, kalau suaranya isian burung lain bisa diatas 1 juta…

      salam

  13. 15 Dedy Pranoto 9 June 2010 at 7:30 am

    Om2 semua.. maaf ikut nimbrung…..
    mohon informasinya donk,, saya mau ternak kenari tapi bingung mencari indukan yang berkualitas… mohon irfomasinya peternak daerah rawamangun dan sekitarnya donk barangkali ada sapa tahu bisa berkunjung dan belajar….

    Thank’s

    • 16 ahmad sofyan 9 June 2010 at 8:00 am

      om kalau di daerah Rawamangun, main ke pasar burung pramuka aja, disana banyak burung kenari bagus… yang penting kita jeli memilihnya & harus hati-hati terhadap bujuk rayu makelar burung (bukan makelar kasus hehe…)

      salam

      • 17 Dedy Pranoto 9 June 2010 at 8:29 am

        nahh.. itu masalahnya om… kalo di pasar memang banya, tapi kurang meyakinkan n takut kalau ditipu… semisal ke peternak langsung kan bisa ngeliat kwalitas2nya…

        mksh om..

      • 18 ahmad sofyan 9 June 2010 at 8:41 am

        Jangan takut ketipu… kan udah saya bilang di email password-nya SOFYAN insya Allah aman hehe…. biasa freelance hansip PB Pramuka hehe…..

        salam

      • 19 yunior 30 June 2010 at 5:26 am

        iya om dijamin aman om sofyan lagi punya stock banyak tuh he..he

  14. 20 najiv 4 June 2010 at 12:37 pm

    salam kenal…
    om, saya peternak pemula… untuk ketiga jenis di atas, rata-rata yang paling murah kelas apa? body, suara atau warna? saya penginnya yang lokal dan murah. jenis apa?… karena baru belajar, takutnya nanti mati… dan mungkinkah kenari yang murah dengan perawatan yang baik, bisa naik kelas atau harganya mahal? mohon masukannya sekali om…. terimaksih sebelumnya.

    insya Allah saya akan sering mampir ke web ini, karena infonya sangat mendidik…

    • 21 ahmad sofyan 5 June 2010 at 2:30 am

      salam kenal om Najiv, setiap jenis mempunyai kelebihan masing-masing jadi ada yang murah sampai yang mahal… kalau ingin murah coba beli kenari lokal… semua orang berkeinginan beli murah jual mahal, tetapi hal ini jarang terjadi karena yang membuat kenari mahal adalah jarang ada di pasaran atau mempunyai sifat istimewa.

      salam

  15. 22 widano 25 May 2010 at 10:36 am

    maaf , maksud saya peternak kenari gede ( ys) di jakarta barat ngak……….

    • 23 sofyan 26 May 2010 at 12:05 am

      sebetulnya banyak peternak kenari besar sejenis Yorkshire atau Lancashire berhubung saya kuper jadi sampai saat ini belum ketemu dengan peternak Yorkshire di Jakarta hehe….

      salam

  16. 24 widano 25 May 2010 at 10:35 am

    Pak ahmad ……… punya kenalan kenari gede ( ys ) di jakarta barat ngak? heheheeh thank…

  17. 25 widano 25 May 2010 at 10:21 am

    salam kenal kenari mania…….. saya penggemar kenari gede n penyanyi….. heheheheheh saya baru tinggal di tomang jakarta barat… butuh komunitas kenari mania nih… heheheeh

  18. 26 Cahyanita 19 May 2010 at 1:34 pm

    Slamat malam..
    Sy pemula & berharap menemukan solusi di forum ini…
    Sy mencari Anakan F1 (jantan), umur 3-4bln, untuk Koleksi Pribadi.
    Sy tinggal di Cilacap-Jateng.
    Mohon infonya..
    Maturnuwun…

    • 27 ahmad sofyan 20 May 2010 at 12:19 am

      Waduh nama seperti ini susah manggilnya Ibu atau Bapak hehe… maaf becanda, yang di maksud F1 apa yach Ibu/Bapak ??…. biasanya F1 itu merupakan turunan pertama dari hasil perkawinan… mungkin bisa diperjelas yang di maksud dengan F1

      salam

  19. 28 suhartono 11 May 2010 at 4:48 am

    Mas,aku punya sepasang yang betinak lebih tua dari jantan,bagaimana.umur betina 1th 7bln

  20. 30 eko budi 11 May 2010 at 4:45 am

    Mas,klo beli bahan berapa ya, yang bagus umur berapa siap.

  21. 32 fediyan syahputra 30 April 2010 at 9:14 am

    Terima kasih om Sofian dan Om Yunior ….yang telah memberikan dan berbagi ilmu kenari buat
    saya khususnya dan buat teman2 yang lain pada umumnya …
    Mudah2an kenari merahnya bisa mengasuh dan membesarkan anaknya dengan baik……
    Kalau gitu sayuran saya kurangi dan telur akan ditambah porsinya……..
    kalau telur yg 1 lagi kira2 kapan dibuang?? Semoga bisa netas juga…jadi anaknya jadi 4 heheh Amin Ya Rabbal Alamin.
    Was

    • 33 ahmad sofyan 3 May 2010 at 2:33 am

      telor yang 1 lagi biarkan saja om, tunggu maksimal 5 hari lagi …. kalau tidak menetas bisa di buang….

      salam

  22. 34 yunior 30 April 2010 at 7:07 am

    mantap….euy

  23. 35 fediyan syahputra 30 April 2010 at 4:48 am

    OM Sofian yang kami banggakan………..
    Alhamdulillah kenari merah /orange pekat yang ngeram telah menetas sebanyak 3 ekor, tinggal 1 butir lagi yg belum netas.
    Kapan telur yg tdk netas tadi dibuang, takutnya masih akan menetas juga, emang sih baru selang1 hr om….
    Oh yah untuk makanan kenari yg baru netas dikasih makanan temabahan apa saja om..selain telur puyuh, sayuran dan biji2an yg biasa?
    Waduh senang sekali melihat anak2nya yg msh sgt kecil om, jd istri dan anak2 juga ikut senang melihatnya.
    Sebelumnya terima kasih ya ommmmm.

    • 36 ahmad sofyan 30 April 2010 at 6:32 am

      Om Fediyan turut bahagia, saya paling seneng denger berita begini nich hehe… sukses selalu om, untuk pakan sama aja hanya kuantitasnya di perbanyak… terutama setelah hari ke 3 telur puyuh dibanyakin sayuran jangan terlalu banyak takutnya sarang menjadi becek ….

      salam

  24. 37 Rudi-Bekasi 1 April 2010 at 9:01 am

    Mohon infonya kepada para senior,
    kalau F1YS itu mulai bunyi umur berapa ya? dan kalau mau belajar ternak dengan produk F1YS sebaiknya mulai dari mana? maksudnya apakah mesti cari jantan YS yang bagus dulu, atau cari betina (lokal) yang bagus, terus njodohin sendiri atau mending beli yang sudah pasangan, trimakasih banyak sebelumnya.. salam

  25. 38 g sukendra 16 February 2010 at 1:22 pm

    Kepada Yth. Sdr/Bapak Ruky

    Saya mau menjawab artikel nomor 5, mohon izin pak sofyan mudah-mudahan diperkenankan.

    Pak / Sdr Ruky, saya punya saudara peternak Kenari di sektar Jogyakarta tepatnya di Kalasan (dekat Stasiun Kereta APi Kalasan) di pinggir jalan namanya EKO No. HP 02747865556 dan 081931760004.

    Nomor ini kami dapat 2 hari yang lalu ketika saya pulang ke Jogya, gara-gara setres mikirin kenari saya yang tidak mau mengeram, E ternyata setelah saya pulang dari jogya pak sofyan menjawab pertanyaan saya di peternak pemula, begitulah ceritanya semoga bermanfaat no telponnya

    hormat saya

    Gembong Sukendra
    HP. 08179869502
    emai : gb_sukendra@yahoo.com

    • 39 sofyan 17 February 2010 at 12:35 am

      Terimakasih informasinya Pak, …. Pak Gembong terlalu merendah nich hehe… saya pikir ternak kenari merupakan kegiatan penyaluran hobi, sehingga melakukannya dengan senang hati atau kegiatan mengurus kenari untuk menghilangkan stress… kalau ternak kenari menjadi stress berarti ada yang salah hehe…..

      salam

  26. 40 redmoz 8 February 2010 at 4:12 am

    bisa aja om sofyan…alo mo mampir liat2 silahkan, walau tidak banyak tp cukup bisa ada yg diliat2 kok.. jl. semanggi I Rt.001/03 no.20, ciputat. terima kasih. btw om f1yslizard x border dah netes 1 telor n msh nunggu yg 2 lagi. lucunya pas pagi sy liat, telor nya tuhh baru terbelah, jadi anaknya mash ada didalam telor yg terbelah, mo sy foto takut induknya marah…hehehe..so sy nikmati sndiri dulu saja tadi pagi. thanks om sofyan..

    • 41 yunior 8 February 2010 at 7:24 am

      iya nih pasti bagus2 he..he mantap apalagi abis ngambil yorkshire tambah mantap aja deh

      • 42 redmoz 8 February 2010 at 8:45 am

        hehehe…thanks om…mudah2an bs cepet fit nehh ys nya…btw ane td pagi sms info kabar gembiranya via sms kok ga bs masuk yahhh? dah netes td pagi 1 om ..mudah2an menyusul yg 2 nya besok..amiin

  27. 43 ali pamulang 7 February 2010 at 11:21 pm

    sy mau tanya kl peternak kenari di daerah tangerang d mana ya?

    • 44 ahmad sofyan 8 February 2010 at 12:42 am

      Untuk daerah tengerang atau pamulang bisa kontak om Firman … materi kenarinya lumayan banyak…. ini no hpnya 0817834343, om Firman tolong alamatnya saya belum pernah ke rumahnya tetapi kalau materi ternaknya saya yakin bagus-bagus hehe…..

      salam

      • 45 tri hat 29 March 2011 at 4:44 am

        om sofyan ,,, terimakasih ada info u/ ternak kenari di pamulang,, kebetulan saya juga di pamulang. saya berharap untuk di daerah pamulang ada semacam perkumpulan u/ latber mudah-mudahan dengan adanya perkumpulan bisa lebih menambah wawasan terutama kalau lokasi dekat saya bisa ikut karena saya sebagai pemula. trmks.

  28. 46 totok 1 November 2009 at 6:50 am

    kalau mau cari kenari yg jenis F1 didaerah solo di mana ya??

  29. 49 hendy 28 October 2009 at 1:36 pm

    pa sofyan kalau ada informasi untuk betina f2 f3 ys lokal boleh tuh tapi jangan kejauhan bandung jakarta dan sekitarnya thanks 02271112333 – 081912345600

  30. 51 yunior 26 October 2009 at 7:10 am

    kalau saya lebih suka yang sari kusuma tuh om menurut berita dulu jagoannya yg namanya sari kusuma sering jadi juara di event besar diyogya ya he..he

  31. 53 harsya 23 October 2009 at 3:49 pm

    mau juga tu jd importir om.. hehe.. tp ya cma modal ne mslhnya.. he.,mklum dmpet mahasiswa.. lo import cma 1 pasang rugi gak ya? oiya.,aq kbtln nak jgja ne.. td kn ad yg nanya petrnk kenari di jgja.. ikutn kash info ya.. 1.RIDLO FIGAS jl.kaliuarang pogong lor no.5a.. 2.SARI KUSUMA jl.ny retno dumilah,kota gede.. lo penilain sya dri kduane smua bgus.. tgl slera aja.. hrga f1 x ys kisarn 1,5jt up.. tu dah masteran cimblek,prenjak,c.jenggot bhkn da yg dah bunyi blackthroat.. dri dlu pngn bli gak ksampean.. coz.,kmahaln bwt kntong mhsiswa.. hixs.. hixs..

    • 54 ahmad sofyan 26 October 2009 at 3:01 am

      om Harsya…. kalau impor cuman sepasang atau dua pasang mahal di ongkos…. yang penting ada niat dan usaha insya Allah suatu saat akan tercapai amin…. terimaksih atas sharing alamatnya om…..

      salam
      sofyan

  32. 55 Warno 23 October 2009 at 12:07 pm

    Salam kenal pak sofyan

    Saya ingin sekali memelihara burung kenari, tolong bantuan di jakarta barat yang ada peternak burung kenari dimana? Kalo tidak ada kalo ada waktu boleh nggak saya main ke tempat bapak untuk melihat-lihat burung kenari sambil belajar tentunya sama bapak. Atas bantuannya terima kasih

    Warno d.a Jembatan II Padamulya VI 176 Jakarta Barat

    • 56 ahmad sofyan 26 October 2009 at 2:57 am

      Pak Warno mohon maaf untuk peternak disekitar JakBar saya belum ada yang kenal …. mohon maaf akhir-akhir ini kegiatan saya padat jadi belum bisa hunting mencari peternak disekitar Jabotabek …. Barangkali ada yang kenal dengan peternak di JakBar boleh disharing disini….

  33. 58 sofyan 23 October 2009 at 4:27 am

    Pak Teguh untuk membedakan antara F1 dan AF memang agak susah harus terbiasa melihat postur secara keseluruhan apalagi bila indukannya F2 di silang dengan lokal super badannya hampir mirip, untuk membedakan F1 yaitu F1 posturnya masih mendekati postur Yorkshire seperti wortel terbalik (dada bidang leher tidak terlalu panjang) sedangkan AF bodinya lebih ramping dan kepalanya seperti kenari lokal. Demikian Pak semoga bisa membantu, saran saya kalau belum mengerti betul perbedaan antara F1 dan AF lebih baik membeli kepeternak yang sudah terpercaya …..

    salam
    sofyan

  34. 59 teguh 22 October 2009 at 7:25 am

    pak saya kurang tau bm mana membedakan kenari f1 dgn AF???
    sepertinya hampir banyak kesamann

  35. 60 yunior 12 October 2009 at 12:15 pm

    mau om tapi gimana cara pembayarannya he..he ini yg rumit kali ya karena beda negara euy..he..he

  36. 61 ahmad sofyan 7 October 2009 at 2:38 am

    Baik Pak… ayo siapa yang mau import kenari bisa hubungi Pak Randy….

  37. 62 randy 6 October 2009 at 1:31 pm

    mungkin ada baikx sy kasih email dan no.tlf sy agar supaya kita bisa saling tukar pikir dan kirim mengirim foto kenari kita lewat email
    ini alamat email sy: randy-merauke@hotmail.com
    no.HP +4530717773 siapa tahu ada teman yg mau saling tukar pikir..
    salam

  38. 63 yunior 2 October 2009 at 3:51 am

    mantap om….kalau boleh saya minta list harga unutk setia pjenis kenarinya dong siapa tau nanti bisa jadi importir nih he..he

    • 64 ahmad sofyan 2 October 2009 at 4:05 am

      Wah kalau pengusaha sich gak mau ketinggalan he..he…. bukannya ingin jadi importir kenari om… langsung hubungi om Randy aja… nanti saya ikutan kebetulan saya punya kenalan yg kerja di cengkareng nanti bisa kerjasama untuk pengurusan surat-suratnya, tks

  39. 65 ahmad sofyan 2 October 2009 at 12:13 am

    Baik Pak emailnya sudah saya catat, insya Allah nanti saya hubungi Pak…. yang saya tahu menurut informasi dari importir ….. kenari di eropa bereproduksi hanya 1 tahun sekali pada saat musim panas, jadi pengirimannya hanya bisa dilakukan pada bulan-bulan tersebut dimana usia kenari sudah cukup dewasa dan siap menjalani perjalan jauh…. yang saya tahu hanya itu saja Pak…. mungkin Bapak bisa sharing bagaimana perkembangan kenari di Eropa, terimakasih

    salam
    sofyan

  40. 66 randy 1 October 2009 at 3:48 pm

    kenapa mereka mendatangkan kenari di bln oktober dan november??
    pak ahmad sofyan sy kirim lg email: randy-merauke@hotmail.com

  41. 67 randy 1 October 2009 at 12:06 pm

    terima kasih sudah balas..ini alamat e-mail sy..randy-merauke@hotmail.com

  42. 68 randy 30 September 2009 at 10:11 pm

    gimana carax datangkan kenari ke indonesia,,sy pny banyak kenari di sini..posisi sy sekarang di Danmark..salam

    • 69 ahmad sofyan 1 October 2009 at 12:20 am

      Pak Randy senang bisa berkenalan dengan Bapak di Denmark, kalau boleh saya minta alamat emailnya, nanti komunikasi lewat email saja mudah-mudahan bisa bekerjasama…. saya juga sama kebingunan mencari mitra di eropa untuk masukin kenari ke indonesia…. saya punya kenalan pengrajin sangjkar ukir barangkali bisa barter dari Bapak kirim kenari dari saya kirim sangkar ukir ….. he…he….

  43. 70 sodikin 30 September 2009 at 5:59 am

    salam knal smuanya
    saya mau tanya alamat peternak kenari di jakarta dmn ya. n kira2 brp harga sepasang indukan kenari yang siap buat ternak,
    trimakasih

    • 71 ahmad sofyan 30 September 2009 at 7:48 am

      Pak Sodikin mencari kenari yang jenis apa ?, karena harga tergantung jenis dan kualitas demikian Pak semoga membantu…
      salam

  44. 72 ruky 24 September 2009 at 3:44 am

    minta info alamat peternak burung kenari di daerah Yogyakarta dong…

    • 73 ahmad sofyan 25 September 2009 at 12:09 am

      Pak Ruky, mohon maaf sy belum punya referensi utk peternak di Yogya…. inysa Allah nanti saya cari tahu….. buat temen-temen barangkali ada yang tahu peternak kenari di daerah Yogya bisa langsung kasih tahu di forum ini, tks

  45. 74 totokmelati 22 September 2009 at 6:40 am

    lam kenal,saya mau ternak kenari,untuk pemasarannya gmn ya? mksh.

    • 75 ahmad sofyan 23 September 2009 at 3:13 pm

      Salam kenal juga Pak Totok,
      mengenai pemasaran kenari banyak cara yang bisa Bapak lakukan misalnya pemasaran lewat internet, masarin ke tetangga atau temen2 Bapak atau ke pasar burung yang terdekat…. prinsifnya orang lain harus tahu bahwa Bapak itu peternak kenari. Demikian sharing dari saya semoga bisa membantu Pak….

  46. 77 ahmad sofyan 10 September 2009 at 12:50 am

    Insya Allah bulan oktober atau nopember akan datang YS impor, menurut saya lebih baik nunggu aja Pak biar banyak pilihan, Bapak bisa milih sepuasnya he..he…

    salam
    sofyan

  47. 79 hendy 9 September 2009 at 3:30 pm

    pa -saya sedang cari ys gacor kuning apa ada informasi tolong tlp 022 71112333 trimakasih


  1. 1 Mengembangkan Hobi Kenari sesuai Passion « mania burung kenari Trackback on 5 April 2010 at 3:35 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,277,537 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: