Beberapa model usaha di bidang ternak kenari

Dalam tulisan mengenai pengalaman beternak terdahulu, saya banyak menekankan pada bidang breeding kenari padahal di bidang hobi kenari itu banyak elemen yang saling terkait, disini saya coba kemukakan beberapa bidang usaha dari hobi kenari yang bisa anda jalankan, selamat menikmati ……… Dalam bisnis burung kenari terdapat beberapa elemen diantarnya breeder, grower, dan seller. Jadi buat rekan-rekan hobis yang kurang sabar & tekun dalam beternak masih bisa binis di bidang ini.

Breeder

canary_breeder_holesBreeder atau peternak adalah bertugas beternak kenari dimana proses ini bisa beberapa tahap mulai penjodohan, memelihara anakan, menyilangkan beberapa jenis kenari sehingga bisa menghasilkan jenis baru. Modal utama seorang breeder yaitu :

-          memiliki pengetahuan mengenai peternakan, mengerti mengenai kawin silang dll.

-          Tekun

-          Sabar

Pengalaman saya sebagai breeder modal yang paling utama dalam beternak adalah tekun dan kesabaran karena proses ternak burung kenari banyak proses yang harus dijalani, juga kendala-kendala lumayan banyak.

Bagi pemula Saya tidak lupa mengingatkan jika anda pemula lebih baik beli indukan yang sudah siap ternak. Dengan membeli indukan yang sudah siap ternak anda tidak terlalu lama menunggu indukan kenari siap bertelor, bagi pemula proses bertelor dan beranak merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Jika anda membeli calon indukan dari usia dini atau anak usia 1 bulan anda harus menunggu minimal 6 bulan belum kendala-kendala pada saat menjodohkan.

Selain usia  dalam memilih indukan harus diperhatikan beberapa factor diantaranya postur tubuh, warna dan suaranya. Karena anak yang dihasilkan akan tergantung dari kedua indukannya. Untuk hal ini anda bisa baca tulisan suhu saya Pak Kian Sing mengenai indukan betina sangat menentukan dalam beternak. Dengan memperhatikan hal-hal diatas diharapkan anakan yang dihasilkan kualitasnya bagus dan hasil akhirnya banyak di cari orang.

Grower

Grower adalah pihak yang bertugas memeliharaan kenari dari anakan sampai dewasa. lomba2Biasanya grower ini banyak dilakukan oleh hobis kenari yang senang lomba. Mereka membeli anakan dari peternak selanjutnya grower ini merawat dan memaster suara anakan dengan master burung yang diinginkan. setelah dewasa & bersuara bagus kenari tersebut dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Dalam memilih bakalan si grower harus hati-hati, karena burung kenari merupakan makhluk hidup  pada waktu dijual bisa aja berkurang karena lepas atau mati.  Factor factor yang harus diperhatikan oleh si grower yaitu kesehatan, katuranggan, kalau bisa kita harus mengetahui kualitas indukannya. Diharapkan dengan memperhatikan factor-factor tersebut bisa mengurangi kekecewaan pada saat dewasa nanti.

Keahlian memaster kenari tidak semua orang mampu melakukannya karena pertama si pemaster harus tahu kualitas anakan yang akan dimaster, harus tahu suara master yang lagi ngetrend dan yang utama harus tahu cara master yang terbaik. Pemaster juga harus mengetahui variasi lagi yang dihasilkannya nanti.

Seller

petshop3Seller atau penjual adalah tugasnya hanya menjual dan membeli burung kenari. Jika anda ingin bisnis dari burung kenari tetapi tidak mau diribetin dengan tetek bengek proses ternak, anda bisa masuk menjadi pedagang.

Pada umumnya pedagang tidak memiliki peternakan sendiri, mereka hanya mengambil burung kenari dari peternak dan dijual ke hobis atau pedangan lain dengan cara satuan atau borongan. Untuk menjadi seller anda harus mempunyai tempat untuk memajang burung kenari atau biasa disebut show room (kios). Adapun dalam keseharian seller ini dalam menjalankan bisnis ada beberapa cara :

  1. Buka kios di pasar burung
  2. Memanfaatkan lahan kosong di rumah  atau biasa  disebut open house.
  3. Jika anda bermodal cekak atau kecil anda bisa menjadi broker atau makelar anda cukup modal hp yg bisa memoto dan dikirim lewat MMS ke pelanggan anda.
  4. Kalau anda punya kemampuan membuat website, anda bisa jualan lewat internet.

Nach saya rasa cukup jelas terserah anda mau ngambil binis kenari di bidang apa……. menjadi breeder, grower, atau seller semua terserah anda. Ayo bangkitkan dunia kenari  Indoensia saya rasa masih banyak kesempatan yang bisa kita ambil dari dunia kenari.

About these ads

13 Responses to “Beberapa model usaha di bidang ternak kenari”


  1. 1 Lutfi Cahbagus 26 February 2014 at 7:48 am

    Alhamdulillaah…
    Salam kenal om AS, sy berterimaksh banget bs blajar breeding canary di blog ini dr 1 th yg lalu sll ada inspirasi baru. Alhamdllah sdh 2 pasang lokal n laris manis bahkan kwalahan hdp pesanan. skrg lg coba 2 holland baru netes 4hr lalu. Tks banyak om AS, jazaa kaAllah ahsanal jazaa.. Aamiin..

    alhamdulillah senang mendengarnya om semoga ternak kenarinya semakin sukses om….

  2. 2 yudha 26 October 2011 at 11:46 am

    om gmn ya cara’a upload foto” burung kenari saya k halaman ini?

    berhubung ini blog milik pribadi jadi kalau ingin nampilin foto ya harus saya yang upload

    Wassalam

  3. 3 yuyun 28 February 2011 at 1:12 pm

    gmn nih om, kenari saya ko ga ada jantannya bs bertelur?

    • 4 fediyan syahputra 1 March 2011 at 2:51 am

      kayaknya dipanggil tante yuyun nih yah…….
      Kenari emang bisa bertelur tanpa jantan ………
      karena gizi yang cukup sehingga kenari bertelur….namun kenari tidak akan menetas kalau dierami karena tidak terjadi pembuahan……sekarang tinggal masukkin jantan aja tante ke kandangnya ……insya Allah akan segera kawin dan menghasilkan tuh……..
      Mohon maaf ..mendahului pakarnya nih…..wasalam

      Suit suiitttttttt… om dan tante hehe…. terimakasih Pak Haji atas pencerahannya

      Wassalam

  4. 6 Agung 27 January 2010 at 4:13 am

    Faktor ap aj yg mmbahayakan anakan yg baru netas, saya punya 3 tp mati 1. Kiat2nya ap ya? Biar anakan bisa smpe dewasa,makananya ap bwat indukan betinanya?

    • 7 ahmad sofyan 27 January 2010 at 6:26 am

      Banyak faktor yang membahayakan bagi anak kenari…. yang utama pada saat telor menetas terutama indukan yang baru pertama kali punya anak jangan terlalu sering dilihatin apalagi sampai indukannya diusir dari sarang untuk melihat anaknya… makanan jarang sampai kurang… untuk makanan kasih yang wajar saja jangan diada-adain… cukup diberi makanan harian ditambah telor puyuh. Multivitamin diberikan seminggu 2 x… demikian semoga membantu

      salam

  5. 8 ahmad sofyan 8 December 2009 at 1:18 pm

    Bukan foto kandang ternak kenari punya saya om, itu ngambil dari internet… kandang ternak saya sich masih pake sangkar bambu harian … insya Allah cita-citanya sich pingin seperti itu hehe….

  6. 9 Sony 8 December 2009 at 12:46 pm

    Om sofyan itu foto peternakannya yah??? mantep bener… Udah gede ya bos. banyak dong anakannya???

  7. 10 Dermawan Subagia 24 November 2009 at 1:29 am

    Apa kabar kang Ahmad, makin sukses aja beternaknya saya tertarik sama anakan kenari masih ada ngga mas ( kalau ada yag sudah bunyi ), kalau ada ada di rumah jam berapa/hari apa? harga nya bisa diskoun nich! …. salam buat kang Deni ..dkk.

    • 11 ahmad sofyan 25 November 2009 at 2:20 am

      Wuaahhh …… gimana nich kabarnya Pak Dermawan ??…… kok sekarang jarang mampir ke kantor …?? lagi sibuk yach bos…. hehe….. saat ini belum ada yang gacor ada juga anakan usia 1 bulan ….. saya ada di rumah sabtu dan minggu kalau hari biasa nguli Pak …. kalau masalah harga bisa diatur dech hehe…..

      salam

  8. 12 ahmad sofyan 13 August 2009 at 12:18 am

    Pak gimbal kita sama-sama belajar, saat ini saya juga sedang belajar nyambi beternak kenari. Dulu saya pernah berhasil ternak kenari sampai beberapa pasang indukan hanya berhubung padatnya pekerjaan jadi ternak kenari terbengkalai. Belajar dari pengalaman ternak kenari jangan terlalu banyak tetapi mempunyai kualitas yang bagus sehingga kenari dapat terpelihara dengan baik. Dan ternak kenari itu bisa tanpa modal lho Pak….. saya coba kerjasama dengan temen hobis kenari…. beliau punya banyak kenari hanya tidak ada waktu buat ternak beberapa indukan coba diternak di tempat saya dan nanti anaknya di bagi dua…sekian dulu ceritanya Pak, insya Allah kalau sudah berhasil nanti saya ceritakan….

  9. 13 gimbal 12 August 2009 at 4:10 am

    maksih banget mas, saya juga baru ingin memulai / merintis tentang kenari tersebut, makasih juga bimbingannya mas…
    mohon bimbingannya….
    085647258584 ( solo, jawa tengah )


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,260,462 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: