Tips ternak kenari bagi pemula

jodoh11

Banyak email maupun sms yang minta dibahas mengenai proses ternak kenari dari awal sampai akhir. Disini   Saya mencoba membahas mengenai ternak kenari dari awal penjodohan sampai pembesaran anak kenari dengan sangat gambang dan sangat mendasar. Mungkin bagi senior-senior akan menjenuhkan tetapi saya piker akan sangat bermanfaat bagi pemula.

Dalam beternak kenari ada beberapa factor yang harus diperhatikan yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak.

Usia Kenari

Usia menjadi factor penentu berhasil atau tidaknya dalam beternak kenari, usia yang terbaik dalam beternak adalah jangan terlalu muda atau jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan, tetapi untuk kenari besar seperti Yorkshire dan turunannya sedikit lambat birahi minimal usia 1 tahun.

Jenis kelamin

Anda sebagai peternak harus menguasai ciri-ciri kenari jantan atau betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup sulit bagi pemula tetapi bagi hobis senior sangat mudah menentukannya mereka cukup melihat dari postur tubuh kenari walaupun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yang sangat sulit ditentukan jenis kelaminnya. Adapun cirinya yaitu :

jodoh12

Sarana Penunjang dalam beternak.

Kadang-kadang kita dalam beternak tidak terlalu memperhatikan hal-hal kecil seperti posisi kandang ternak, lingkungan kandang ternak dan saran penunjangnya. Jika hal-hal tersebut kurang diperhatikan akan mengakibatkan kekesalan di kemudian hari. Contohnya pada saat penempatan kandang ternak kita tidak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekitar kandang ternak. Penempatan yang terbaik yaitu sangkar atau kandang ternak menempel ke dinding disamping kiri dan kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dll.

Untuk menghindari dari serangan serangga seperti semut daerah sekeliling sangkar yang menempek ke tembok di kelilingi dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika kandang ternak besar menggunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yaitu tikus, tikus sebetulnya hanya mengambil makanan kenari hanya kalau melihat kenari lengah ya di hajar juga dan kejadian ini sering sekali dialami oleh hobis. Dengan penempatan sangkar di dinding diharapkan bisa meminimalkan serangan tikus hanya kadang-kadang tikus juga pintar mencari celah untuk itu anda harus hati-hati dalam penempatan kandang yang terbaik sich menggunakan kandang aluminium. Saya punya pengalaman mengenai kandang ternak yang diserang semut …….. beruntung cepat ketahuan sehingga induknya masih tertolong tetapi anaknya sebagian besar mati dan selanjutnya mati semua karena induknya menjadi over protective (mengenai sifat over protective akan saya bahas di waktu yang lain).

Proses penjodohan.

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari dengan usia siap ternak proses selanjutkan yaitu proses  penjodohan. Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini banyak new comer (peternak pemula) yang tidak sabar menjalani proses penjodohan mereka langsung masukin jantan dan betina kedalam satu kandang.

Dengan adanya proses penjodohan anda akan mengetahui kesiapan kenari tersebut, jika belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari tersebut bisa berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara keduanya dan salah satu kenari ada yang kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, terutama jika yang kalah kenari jantan proses penjodohan semakin lama karena anda harus mengkondisikan si jantan agar berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk meningkatkan birahi yaitu :

  1. Kenari di beri makanan yang bergizi tinggi seperti telor puyuh, multivitamin dll.
  2. Dijemur setiap pagi
  3. Pada saat menjemur dan proses penjodohan sangkar jantan dan betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin dengan menggunakan jantan lain.
  4. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya.
  5. Jangan lupa berdo’a agar kenari yang diternak bisa cepat jodoh dan menghasilkan anak yang berkualitas.

 

Proses Ternak.

Proses selanjutnya yaitu menyatukan kedua kenari tersebut. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (sudah jodoh) yaitu :

  1. pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda  minta kawin.
  2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
  3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
  4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

Dalam menyatukan kedua kenari tidak ada aturan waktu yang baku anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman saya waktu yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sehingga pagi harinya sudah jodoh. Karena sudah mengalami masa penjodohan maka pada saat penyatuan tidak terlalu riskan berantem tetapi kita harus terus memantau karena takutnya terjadi berantem.

Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan di dasar sangkar biasanya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina biasanya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus dari kenari betina, biasanya jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus tandanya tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman saya kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tulisan mengenai proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan……nanti saya lanjutkan dilain waktu…………..

About these ads

682 Responses to “Tips ternak kenari bagi pemula”


  1. 1 bebas 5 June 2014 at 2:47 pm

    om ko kenari sya bertelur 1 dwnk ea,pdhl dh 4 hari ,ko gx brtelur lg ea, tu bsa jd gx om

    jumlah telor/anak tergantung dari gen induknya dan pola perawatan, jika ibu/bapak atau nenek/kakek anaknya sedikit ya nanti dia punya anaknya sedikit, demikian juga jika perawatannya kurang baik maka telornya/anaknya sedikit….

  2. 2 lukman 23 May 2014 at 6:25 am

    assalamualaikum.
    om mau tanya kenari saya sakit beraknya berwarna hitam bercampur biji bijian utuh yg dimakannya, kenarinya kurus tapi makannya lahap, gmn solusinya om. makasih
    wassalam.

    kemungkinan terkena penyakit pencernaan om coba diberi obat pencernaan, kalau sulit mendapatkan obatnya tanya obat metabolisme dan diberi tulang sotong (grit) untuk membantu pencernaan …..

  3. 4 Hildan Firdaus 18 May 2014 at 1:50 pm

    Reblogged this on PC OF CANARIA and commented:
    Ini sangat menarik untuk di coba

  4. 5 Fadly 18 May 2014 at 2:02 am

    Tanya dong om…kenari saya diatas matanya bolong kecil,itu knapa ya dan obatnya apa kira2….

    tanya juga dong penyebab bolongnya apa ???

  5. 6 adi surya 15 May 2014 at 12:02 pm

    kalo yang betina saypanya belum membuka/menggaruda ,apa boleh disatuakan kenarinya,soalnya keduanya saling mengejar dan menabrak2 kandang(lansung jawab saja,jangan suruh baca website)
    makasih

    jangan disatukan om…

  6. 7 Yurdi. 26 February 2014 at 5:07 pm

    Bos,aku mo tanya ne yg bgus ngsih tlor puyuh pda brung kenari y lg d jodoh en brapa X dlm semingu/pa tiap hri,

    Pemberian telor puyuh seminggu cukup 2 atau 3 kali jangan setiap hari nanti kenarinya kegendutan…..

  7. 8 andi 10 February 2014 at 4:12 pm

    Malam om, saya mau tanya nih perawatan buat anakan kenari yg baru netas tuh gimana ya om? Sama pakan yg bagus nya tuh apa om?
    Makasih

    silahkan baca link ini…http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan/#more-370

  8. 9 Kang Coe 29 January 2014 at 6:21 am

    Salam Kenal Om kenari saya hari ini terlihat seperti sakit, bulu nya mengembang dan kotorannya agak cair dan kehijau hijauan, kira kira obatnya apa ya
    terima kasih . . .

    Coba dikasih Super N om

  9. 10 agung 29 January 2014 at 1:11 am

    ommm mau tanya kalw misa;nya kenarri gacor cuman ga nyaring bunyi nya dan aga serek suaranya di kasih apa ya omm biar sehat lagi ?

    coba cari obat serak om atau kalau tidak ada diberi Super N

  10. 11 arie 10 January 2014 at 11:45 am

    kenari jantan suka cabutin bulu betinany kenapa ya ,minta pencerahanny!! terima kasih

    Ada beberapa penyebab kenari suka nyabutin bulu al. birahi tingkat tinggi, kekurangan kalsium, terakhir yang sangat parah adalah sudah merasakan enaknya pangkal bulu…. penanganannya jika birahi tingkat tinggi langsung dijodohkan dan sediakan kapas/tissue untuk bahan isi sarang, jika kekurangan kalsium coba diberi tulang sotong/grit sebagai bahan asinan… yang agak sulit penangannya yaitu ketika kenari sudah merasakan enaknya pangkal bulu burung kenari. Kalau burung-burung besar (MB, kacer dll) untuk menghilangkan kebiasaan mencabut bulu ditreatment dengan dimandikan menggunakan ramuan dedaunan rasa pahit sehingga jika si burung mau mencabut bulu merasakan pahit …..

  11. 12 andysatr 22 December 2013 at 7:41 am

    om mau nanya..kenari saya dere/gadis.silangan f2xf1..kira2 umur brp rta2 jenis tersebut mulai birahi?saya punya dere 11 bulan tp blom birahi atau angkut sarang…cuma baru nyaut2 kalo si jantan bunyi crit2 crit2…dan kalo didekatkan jantan dia seneng..tp kalo dijauhin saling nyari,coba saya jadiin 1 sangkar malah sprtinya yg jantan ngejar2 terus,dan yg betina lari2 menghindar…
    menrut om,apakah sprti itu blom siap dijodohin?selanjutnya menurut om dikondisiin gmn?dideketkan saja atau dijauhin atau dijadiin 1 aja om?

    kenari type badan besar biasanya telat birahi, masukan dari saya kenari betinanya tingkatkan dulu birahi bisa diberi telur puyuh, penjemuran dan didekatkan dengan jantan yang rajin bunyi jangan disatukan dulu…..

  12. 13 wendrik 5 December 2013 at 6:44 am

    Om.. Mau tanya ni. Di atas di sebutkan kalw selama proses penjodohan itu jantan terlihat siap kalau pas sangkar di dekatkan akan mengeluarkan lengkingan keras.
    Tapi kenari saya kalw pas di dekatkan malah nggak keluarin lengkingan nya om. Cuma diam sambil nabrak sangkar ajha.
    Mohon pencerahannya kurang apA!

    Karakter kenari tidak sama om, ada yang ketika didekatkan bunyi kencang sambil nabrak jeruji ada juga yang tenang-tenang saja….

  13. 14 fendy 3 December 2013 at 1:18 pm

    om numpang tnya saya punya kenari pas di jodohkan mau kawin tpi tak kunjung membuat sarang padahal sudah saya siapkan semua kebutuhan ternak maksih om

    om Fendy, ternak kenari tidak bisa instan, faktor kesabaran dan ketekunan yang sangat menentukan…. proses terjadinya reproduksi terjadi ketika keduanya sudah birahi, pasangan kenari merasa aman & nyaman sehingga mau bertelor di sarang yang telah disediakan, coba om teliti apakah posisi sarang sudah sesuai dengan kemauan indukan kenari mengenai hal ini saya sudah bahas secara rinci ditulisan saya terdahulu……

  14. 15 emphe 27 November 2013 at 7:28 am

    assamulallaikum om,,saya mw coba2 ternak kenari nih,,
    yang saya mw tanya
    ###.apa bener om klo ternak kenari di dalam kandang nya harus di kasih lampu bohlam,,(klo ya,, kira2 berapa watt om ya yang bagus)

    waalaikumsalam, tergantung daerahnya om kalau daerah yang berudara dingin bisa pakai lampu di dalam kandang ternak, untuk daerah panas saya rasa tidak perlu…. lampu cukup diluar kandang sebagai penerang lingkungan…..

  15. 16 akmal falah 26 November 2013 at 5:40 pm

    Mau tanya om. Kalo utk pakan kenari umur satu minggu apa ? Apa di loloh sendiri sama induk nya atau di loloh sama pemiliknya kira2 sampe umur berapa di lolohnya ?makasih

    kalau tidak terpaksa karena induknya tidak mau meloloh lebih baik diloloh induknya aja om, hasil lolohan induknya lebih baik dibanding diloloh kita, jika terpaksa harus meloloh bisa menggunakan makanan bayi dicampur kuning telor… setelah usia 21 hari bisa mulai diperkenalkan pakan bijian yang sudah direndam air….

  16. 17 Nong 26 November 2013 at 3:26 am

    Om mhn sarannya,,.
    Mslah penjodohan kenari om, cuma 1 hari sya dempetkan antara jantan dan betina, betinanya langsung ngleper2 dan jantannya bunyi smbil nabrak2 ruji. Keesokan harinya sangkar betina tk ksi sarang dan lgsung d angkut,,, penasaran!!! Lgsung aja jantannya sya masukin d kandang betina. Tp setelah itu bberapa menit jantannya ngeloloh si betina, pertanyaannya apa suda bs d katakan jodoh??? Padahal ada beberap artikel d katakan klau birahi pasti lgsung kawin(saat d campur pertama, ini kok cm ngelolo)… Mhon share pengalamannya dan trimaksi banyak

    tidak semua burung kenari jantan ketika dijodohkan langsung ngejar betinanya untuk kawin, jadi sabar saja om kalau sudah waktunya akan kawin, bertelor dan punya anak…..

  17. 19 don 2 November 2013 at 1:43 pm

    Ass…mau nanya nih om… saya punya kenari jantan umur 2 thn dan betina 8 blanan…sijantan diem/malah ketakutan waktu di deketin betina?
    Sebelumnya sempet nelor 4 dan hasil telor nya kosong…
    Mohon pencerahanya Terimakasih om

    kenari jantannya perlu peningkatan birahinya om, coba diberi telor puyuh atau bisa diberi hormon peningkat birahi bisa ditanya dikios penjualan pakan burung…

  18. 20 sinar 30 October 2013 at 4:06 pm

    ass.mw nanya nih om.mengenai kenari anakan.apakah kenari anakan pd umur satu minggu dah bisa di tengok jantan betinanya.?mhn penjelasan nya om salam breeder pemula

    bisa, coba om cari di tulisan saya yang terdahulu….

  19. 21 asep orien 30 October 2013 at 3:48 pm

    mau nanya om,kenapa ya anakan kenari umur 3 atau 5 hari suka mati.?

    hal ini sudah beberapa kali saya bahas coba om baca-baca lagi di komentar temen-temen yang sudah lama… Sebagai informasi, pengunjung yang pertama kali mengajukan komentar/pertanyaan tidak akan langsung tampil karena membutuhkan moderasi jadi kalau pertanyaannya belum tampil harap bersabar menunggu dimoderasi, terimakasih

  20. 22 suryansah (@suryansah999) 21 October 2013 at 6:46 am

    ass . .
    om saya punya kenari sepasang, si jantan sudah siap malahan sudah pernah di jodohkan dan hasilnya berhasil. saya pinjam jantanya dan saya jodohkan dengan kenari betina saya yang masih dara, tapi pas di satuin malah betinanya lari-lari, yang jadi pertanyaanya biarkan atau pisahkan?

    Waalaikumsalam, pernah dilakukan proses penjodohan om ?, kalau belum coba proses penjodohan dulu ya om

  21. 24 topanbobo 11 October 2013 at 12:45 pm

    Om salam kenal nie…saya minta pencerahanya nie om
    Saya punya spasang kenari yg sdang saya jodohkan tp sampaai skarang blm ad tanda”berjodoh om klu saya satuin yg jantan slaluu ngacak”sarang n betina nya jg ikut”an…terkadang keduanya suka brantem om akhir nya saya pisah lg,,,,^
    Gmn ea om solusinya biar cpet jodoh,,,^
    Tolong d jwab ya om ,,,,

    Om kenarinya sepertinya belum siap diternak, coba kondisikan dulu agar kenarinya siap ternak….

  22. 25 rahman 6 October 2013 at 4:30 am

    om…sya mawu tanyak brapa lama proses perjodohan sibetina bertelur soalnya sya punya kenari udh 1 minggu sya jodohkan tpi sampek sekarang masih blum bertelor…????
    mohon jawaban dan beberapa tips soalnya sya adalah pemula…

    perasaan saya, saya sudah beberapa kali mengulas pertanyaan seperti ini…. saya tidak bisa menentukan lamanya proses perjodohan, tergantung kesiapan dua belah pihak (jantan & betinanya), kalau keduanya sudah cukup umur & siap bertelor proses penjodohannya akan cepat namun kalau masih muda atau belum siap akan memakan waktu yang lama…..

  23. 26 kafka pradana 18 September 2013 at 12:41 am

    mau nanya om….! berapa hari jarak antara kawin dan bertelur…? maksih

    tergantung kesiapan si betinanya om bisa 2 hari bahkan bisa 1 bulan….

  24. 27 risky 11 September 2013 at 11:40 am

    Satu lagi om..knari saya lagi ngerem sering bgt naik turun sarang buat cari makan.apakah ada patokan tertentukalo kenari lagi ngerem brapa kali sehari harus turun sangkar cari makan..soal’n kenari saya g ada 15mnt slalu turun cari makan..soal’n jantan’n saya pisahin itu pengaruh g om..

    Waduh saya tidak sempet om ngitung sehari berapa kali turun dari sarang, lihat aja nanti setelah 14 hari telornya netes atau tidak itu saja patokannya…. kalau sudah ahli sih 7 hari sejak pertama telor keluar sudah ketahuan….. mengenai kenari jantan dipisah tolong baca ditulisan saya yang terdahulu ya om….

  25. 28 risky 11 September 2013 at 11:26 am

    Top om tips’n…
    mau minta solusi’n ke nari saya kenapa yg setelah 5hr ngerem..skrng g mau dikremin lagi.thankz

  26. 29 waan 10 September 2013 at 5:57 pm

    kenari betina umur 3thn apa bisa produks

    Masih bisa produksi

  27. 30 andy 7 September 2013 at 5:04 am

    solusi untuk kenari jantan yang nggak ngisi, gimna om???…
    apa makanan yang cocok supya dapat ngisi lagi???

    yang praktis sich di lembiru om …. :) , banyak penyebab kenari jantan infertil (tidak subur), bisa karena usianya (terlalu muda atau terlalu tua), si jantan baru belajar kawin atau faktor perawatan. Pada saat kenari akan di jodohkan faktor gizi pakan dan perawatan harus sangat diperhatikan…

  28. 31 sahal habibi 3 September 2013 at 6:34 pm

    asslmkmwrwb…….
    1 lg pemula mohan arahan ssepuh dan senior…. saya ada dua pasang kenari yg pertama nelur 1 dan menetas,,, yg kedua jg begitu… saya pake metode monogami.. yg saya tanyakan knp 2pasang kenari saya cuma bertelor 1 sudah dierami… mohon arahannya selama dari awal penjodohan sampe netasnya telur .jantan dan betinanya saya jd kan satu kandang… mohon arahan metode dan waktu kawin yg tepat supaya mendongkrak jmlah telur yg di hasilkan…

    Banyak faktor penentu banyak atau sedikitnya anak/telor, seperti faktor turunan/gen induk si individu yang akan diternak, faktor perawatan pada saat si calon induk akan diternak perawatan disini bisa faktor gizi yang diberikan dan yang terakhir faktor usia indukan semakin tua semakin kurang produktif ……

  29. 32 bony 3 August 2013 at 10:07 am

    om q mau nanya,, gmn carany berternak kenari tanpa memisahkan induk jantan??
    matur nuwun/ terima kasih.

    silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

  30. 33 andy 3 August 2013 at 4:20 am

    mau nanya nih om
    1. kenari jantan saya ujung jari kakinya bengkak membesar. kenapa tu om, kira apa obat yang cocol untuk mengobatinya???
    2. obat untuk kenari yang dadanya nyilet???
    3. solusi jika cuaca anginnya kencang, apa kenari harus didiamkan di dalam rumah saja. atau gimana??
    trims

    1. biasanya digigit nyamuk om, pengobatannya kaki/jari burung kenari yang benjol di cuci menggunakan alkohol setelah dicuci kemudian dikeringkan, selanjutnya pada benjolan tersebut dioleskan pasta gigi….
    2. coba cari obat untuk MB MB (Mega Bacterium) di pasar burung terdekat
    3. tidak harus didalam rumah yang penting burung kenari jangan tertiup angin kencang….

    • 34 andy 3 August 2013 at 4:21 am

      saya peternak pemula om dari pebruari telur gagal netas melulu.

      Banyak faktor penyebab telor gagal netas, faktor usia indukan (terlalu muda atau tua), faktor perawatan (pakan, multivitamin dan perawatan harian (mandi & jemur)) dan faktor tempat/kandang ternak (kandang ternak terlalu panas atau ada gangguan dari binatang sekitar)…. coba om perhatikan faktor-faktor tersebut….

  31. 35 el rosyidi 29 July 2013 at 10:14 am

    tny gan, kenari ku dah kawin berulang2 kok blm nelur ya? apa krn sering tak liat sangkarnya ya? Malah skrg jd cuek sm pejantanya…

    makanya jangan terlalu sering dilihatin om….

  32. 36 yanuar 27 July 2013 at 8:21 am

    Sore om saya peternak pemula mau nanya nih ,, saya punya betina kenari dan udah bertelur,,tapi telur semuanya pecah,, nah pertanyaan saya gini ,, kapan waktu yang tepat buat siklus telor ke2 ? Apa langsung d gabungin lagi sama yang jantan apa gmana mhon pencerahan nya makasih

    Jantannya bisa langsung di gabung om, jangan lupa sarang berikut isinya dibersihkan/isi sarang diganti…. kalau dibiarkan takutnya malah dipakai buat sarang kutu….

  33. 37 jenal 27 July 2013 at 8:11 am

    Salam kicau mania ,,
    Kenapa yah om kenari saya udah bertelur dan udah mengerami selama 1mnggu ,, tapi sekarang smua telurnya di buang ke dasar sangkar ,, tetapi indukan kenari masih saja diam di dalam sarang tersebut mohon pencerahan nya om

    Banyak penyebab telor dibuang induknya a.l si induk mengetahui telornya kosong(tdk dibuahi), dalam sarang banyak kutu sehingga ketika mengeram dia merasa tidak nyaman akibatnya dibuang atau indukan kaget karena ada tikus atau serangga, coba perhatikan dari beberapa penyebab yang saya sebutkan om…

  34. 38 BEni ternak 16 July 2013 at 2:24 pm

    ass, MAu tanya om ,, udah 3 bulan kenari betina saya ,saya rawat, karena mau saya jodohkan ,, kmren sblm puasa saya kaget kok bisa bertelor tapi gx ada JAntan nya, Telor nya ada 5 ,, pertanyaan sayaa

    1 , apa bisa dan bener kalau kenari betina bisa bertelor tampa kenari jantann,,
    2. Apakah telur itu akan menetas atau tidak, soal nya saya raguu,

    sekian Om sblm nya terima kasih atas jawaban NYa,,, ( selamat menunaikan ibadah puas ) :)

    Waalaikumsalam,
    1. kenari betina tanpa jantan bisa saja bertelor, kenari kan termasuk unggas jadi sama saja dengan ayam petelor
    2. telor tidak dibuahi tidak akan menetas…..

  35. 39 BEni lampung 11 July 2013 at 3:15 pm

    ass.. Om Knari saya sudah saya satukan,, Dr 1 minggu saya sandingkan 2 sangkar, Sudah saling mencium,Tapi Kenari jantan saya berhenti berbunyi,,Pertanyaan saya Kenapa Kok Kenari semula nya gacor terus disanding kan Gx gacor lagi,, MKasih Jawaban NYaa

    Waalaikumsalam, pada saat disatukan kenari jantan jadi jarang bunyi om….

  36. 40 sigit ardiansyah 11 July 2013 at 1:39 pm

    om…..
    kan udah bertelor……
    tapi kalo q ngasih makan kandang nya ber gerak” itu masalah gak om…..
    soal nya takut nya gak menetas….

    Kalau gerakannya wajar saya rasa tidak masalah om

  37. 41 wildan 8 July 2013 at 11:43 am

    Om saya pemula mau bertanya, jika kenari jantan bersuara ciit_ciit_ciit sambil ngejar_ngejar betinanya trus betinanya lari_lari, kalo di dekatkan dengan kenari jantan lain yg udah gacor, itu kira_kira kenapa ya om? Sebaiknya harus kaya gimana? Terima kasih om. Mohon bimbingannya

    tandanya si jantan birahi dan akan meningkat napsunya jika melihat jantan lain bunyi karena cemburu, coba kawinkan saja om mudah-mudahan bisa beranak pinak

  38. 43 nugroho.santoso 17 June 2013 at 1:43 pm

    Sip

  39. 44 septian 8 June 2013 at 10:22 am

    Om kalo udah menjodoh, lalu kawin kurang lebih 5kali nah si betina mulai menyusun sendiri sarang, tpi masalahnya si pejantan malah ngacak2 lagi sarang yg tersusun rapi/hasil kerja keras si betina,hee tpi swaktu2 si pejantan suka ngambil serpihan kain dn kapas tpi kok kebingungan, sementara saya pisahkan betina sama jantan, ia hanya proses kawin sja yg saya satuin. Menurut om gmn nih solusinya? Hatur nuhun sateacana/terimakasih

    Bisa saja jantannya dipisah hanya om harus yakin, si jantan buahi betinanya

  40. 45 soyan 5 June 2013 at 3:18 am

    Mat kenal om sofyan, saya soyan hampir mirip namanya. Saya punya jantan F1 tapi sekarang kalau saya perhatikan kurang begitu bergairah kalau melihat betina, dan coba di satukan dengan betina jodoh2 aja tapi pada saat betinanya nelor ga isi padahal sebelumnya telor isi dan anakan nya msh ada sekarang, knp ya om ?

    Staminanya drop mungkin om, coba kondisikan dahulu diberi multivitamin, mandi dan jemur rutin serta jangan lupa diberi EF (telor rebus dan sayuran)

  41. 46 BEni Lampung 4 June 2013 at 12:14 pm

    Salam OM…
    Misal Nya kenari betina Sudah mengeram,, apakah kenari jantan Nya di pisah kan dr kandang ternak,,, MAksihh JAwaban Nyaa,,,

    Saya sudah bahas mengenai hal ini coba om baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari ….

  42. 47 M.huda 2 June 2013 at 9:01 am

    Om salam kenal ya..?!

    Diusia berapakah kenari bisa ngeroll atau berbunyi panjang..?

    Kok kenari jantan saya sudah usia 6 bln kok gak berbunyi,ya..?

    Suara kenari akan pecah (keluar suara dewasa) pada saat mabung ke dua (7 bulan s/d 12 bulan)

  43. 48 dhani 28 May 2013 at 8:45 am

    Om….mau tanya nih….galau tingkat dewa..

    saya punya Kn import (red mozaik jantan) kawin ma lokal..,udah mau kawin terus tp koq g mau betelor ya ??seminggu lebih g kunjung bertelor,,n sarangnya (diacak2 terus ma si jantan ) saya bantu rapiin diacak2 lagi..gmn nih om..??please help..

    saya juga punya indukan lain (lokal semua ) udah saya kawini tp mau cuma sekali aja..seminggu lebih juga g mau bertelor,.sarang masih utuh om..tp si lokal ini masih g mau akur trus saya pisah deh..bener g om ?? help me om..galau tingkat dewa nih om,..:( makasih

    Burung kenari mempunyai kemauan sendiri jadi biarkan dia yang ngatur/nyusun isi sarang sendiri jangan dibantu, kalau sudah merasa nyaman dia akan bertelor… coba masukkan kapas ke dalam sangkar ternaknya om… mudah-mudahan bisa membantu. Kesehatan om lebih utama ternak kenari dibuat enjoy jangan dibuat stress…. :) Untuk pasangan lokal coba diberi telor puyuh setiap hari selama 1 minggu kalau sempet setiap pagi dijemur tidak perlu lama-lama yang penting terkena sinar matahari…..

  44. 49 Joko alam 18 May 2013 at 5:05 pm

    Izin bertanya om..
    Maaf kalo dah pernah ada yg nanyak..
    - apa beda tingkah KN bercumbu (kissing) dgn saling suap” an
    - media sarang sebaik nya apa om.. Daun,tali rami, alang”.. Kapas, mana yg paling di sukai om..

    Sekian om mohon pencerahan..

    Yang saya tahu pada saat bercumbu saling suap-suapan, kecuali indukan yang sedang ngasuh anak dia nyuapin pasangannya untuk dilanjutkan menyuapin anaknya. Untuk media isi sarang tergantung kebiasaan diberinya bisa serat nanas, daun cemara dll…

  45. 50 andy 8 May 2013 at 12:42 pm

    saya mengalami kejenuhan dengan betina dara yang susah kawin. gimna sih om solusi terbaik untuk betina yang masih dara, sudah cukup umur tpi susah kawin… umurnya sudah satu tahun lebih. ..

    Jangan merasa jenuh om…. suatu hari setelah sukses akan menjadi cerita yang menarik untuk di sharing ke temen-temen, coba betinanya didekatkan dengan jantan yang sudah gacor karena katanya ketika mendengar suara jantan alat reproduksi betina akan berkembang kalau ada waktu setiap hari jemur sehingga lebih meningkatkan birahi si induk betina…. demikian om semoga bisa membantu

  46. 51 abdulah rahman 8 May 2013 at 4:09 am

    asalamualaikum… om pemula mau tanya nie kenapa kenari jantan saya sering ngantuk ya dan selalu angkat kaki sebelaah kenapa ya om terima kasih wasalamualaikum…

    staminanya ngedrop mungkin om, coba diberi multivitamin selama 1 minggu berturut-turut jika sudah terlihat sehat… setiap pagi coba dijemur tidak harus lama-lama cukup 15 menit dan malamnya jangan lupa dikerodong om, semoga kenarinya cepat pulih om….

  47. 52 kiki setiawan 7 May 2013 at 3:06 am

    om sofyan mau nanya alamat peternak kenari anakan ys lokal yg cukup baik dalam hal bermutu maupun harganya sesuai pasaran untuk di jakarta dan bandung. Satu lagi om, untuk mendapatkan anakan yg mempunyai body maupun karakter yg sama itu, apakah harus dilakukan perkawinan sedarah antara anak-ayah, cucu-ayah dan seterusnya. Pemahamannya itu begitu bukan? Kalau F1 ys dijodohkan dgn ys yg tidak sedarah, apakah yg terjadi? Trima kasih sebelumnya.

    Mohon maaf saya belum bisa merekomendasikan peternak YS, biasanya untuk menghasilkan anakan yang kualitasnya merata diternak inbreed (sedarah) hanya harus hati-hati karena ternak sistem inbreed ada kekurangnya yaitu anaknya cacat, mati muda dll….

  48. 53 andy 1 May 2013 at 11:34 pm

    emang dalam pemasteran kenari, harus ada jeda diam dulu? kenapa? dan efektifnya berapa lama jedanya??…
    thanks om

    Coba om bayangkan kalau ada suara kenari yang tidak pernah berhenti, bagaimana rasanya ?, kalau saya pribadi akan merasa jenuh dan membosankan, demikian juga dengan kenari ketika kenari mendengar suara masternya tidak ada hentinya bukannya mengikuti bunyi malah diam. Mengenai jedanya tergantu usia kenari kalau masih muda jedanya agak lama… demikian om, wassalam

  49. 55 Ary 23 April 2013 at 3:15 pm

    kenariku sudah bertelur 3 tapi cuma netas 1, selang 3 hari berikutnya anaknya mati tergencet induknya yang selalu mengeram di sarang (mungkin mengerami kedua telur yang belum menetas). sekarang indukannya mau aku jodohkan lagi.
    bagaimana cara mengatasinya agar tidak terulang lagi hal diatas?
    terima kasih om….

    Penyebabnya dari faktor om sendiri yaitu terlalu sering dilihat, coba kurangi keinginan untuk melihat indukan yang sedang mengeram….

    salam

  50. 56 agus 20 April 2013 at 2:06 pm

    ass….wr….wb..
    om sofian,saya pemula banget neh,mau tnya sdikit neh. saya punya sepasang kenari yg jantan nya berwarna sunkist dan betina nya warna starblue dua-dua itu sudah birahi banget truzz udh kawin jg sm betina tp knp yah om dua-dua nya kalo tidur pisah dan ga saling ngelolohin akhir nya saya pisah kan,kira-kira kurang lbh 1 minggu si betina nya nelor 1btr doang om tp baru 1hr si betina udah kluar dr sarang dan 1 telor nya ga di erami udh gitu sarang nya jg di acak-acak jd posisi telor nya gak di atas sarang nya om. truzz gmn dong solusi nya om agar betina nya mau bikin sarang yg dia suka dan sampai apa kenari itu bertelor hanya 1 btr aja apa bs lebih om,truzz apa penyebab nya sampe kaya gitu. saya ucapkan terimakasih
    SALAM KICAU MANIA,,

    Waalaikumsalam, kalau sudah dipisah selama 1 minggu saya rasa telor tersebut tidak dibuahi om…. jadi lebih baik telor tersebut dibuang, agar kenari tenang mengeram kondisi sarang harus nyaman coba perhatikan kondisi lingkungan sarang takutnya ada serangga, cicak atau tikus yang sering lewat. Agar kenari berkembang biak baik nutrisi makanannya harus baik, mengenai banyak atau sedikit telor tergantung faktor turunan dan cara perawatannya om,

    Wassalam

  51. 57 nugroho 27 March 2013 at 1:57 am

    maaf gan, saya pemula nih, mau nanya. kira” kalau untuk penjodohan kenari taiwan(kuning) dgn kenari merah itu bisa gak? atw malah lebih lama proses penjodohanya, karna beda warna yg mencolok tsb? mohon di beri penjelasan gan. _makasih gan sebelumnya

    Kalau masalah lama atau sebentar proses penjodohan tergantung kesiapan induknya, kalau induknya sudah matang kondisi kandang ternak nyaman insya Allah akan cepat om tidak tergantung warna…wassalam

  52. 58 andriestones 24 February 2013 at 12:20 pm

    Mantabbbb…tks om..

  53. 59 mamad 21 February 2013 at 7:35 am

    om sy punya kenari 1 pasang, kelihatan sdh sering lolohan dan mngkn sdh kawin karena saya taruh dlm 1 kandang, dan skrang sdh ada 6 telur tapi nelurnya di tempat makan dan ngga dieramin, klo sy taruh disarang mau ngeram ngga yaa,, dan bisa netas apa tdk ,,,, mtr nuwun

  54. 60 when60 21 February 2013 at 5:33 am

    Tips ini sangat bermanfaat bagi saya. Trimakasih semoga Tuhan membalas kebaikan anda, GBU..

  55. 61 supray 20 February 2013 at 3:18 pm

    Om mau tanya. Kenari sy sdh menetas, anakan sdh berumur 15 hari, namun sarangnya banyak kotorannya, apakah bisa dibersihkan dan bisa berpengaruh terhadap indukannya. Tks tlng di jawab ya???

  56. 62 umar masri 8 February 2013 at 1:13 pm

    Terima kasih infonya, saya tertarik untuk memulai ternak kenari atau lovebird, namun masih bingung harus mencari kemana bahan indukan atau menghubungi siapa di no telp berapa, mohon bantuan admin untuk menginformasiaknnya, no saya 081319017637, 02146562837…terima kasih sebelum, جزاك الله خير ..

    Salam
    عمر المصري

  57. 63 paijo 7 February 2013 at 3:07 am

    om mau tanya?kenapa KN saya setiap di satukan di kandang mesti berantem?padahal kalok di pisah sudah saling gelisah dan manggil-manggil. tolong pencerahannya matur suwon

  58. 64 Komari 4 February 2013 at 12:46 pm

    Bagaimana cara menentukan tanda-tanda anakan yang nantinya berwarna merah ?
    Yang punya pengalaman bagi dong ilmunya ?
    TRIM SEBELUMNYA

  59. 65 Mardi Mbeduk 27 January 2013 at 1:50 am

    pak mau nanya cara menbedakan kenari jantan dan betina ciri ciri nya apa ya.terimakasih

  60. 67 Nesha 21 January 2013 at 3:58 pm

    Curhat nih.
    2 bln yg lalu Saya pasang pagar dari kawat yg lubangnya 1 cm dan di pasang di tiap sisi halaman tempat tinggal saya luasnya 2 are tinginya 10 meter dan atapnya dari jaring kasar yg lubangnya 1 cm,
    dgn d lngkapi pepoh0nan yg tidak trlalu tinggi, tempat makannya juga saya bikin husus, trus saya lepas burung2 seperti kenari, kacer, ciblek dll, masing2 burung 2 pasang .
    Skarang saya prhatikan burung2 nya malah semakin banyak, dan yg paling bnyak adlah kenari.
    Dan jadi bnyak rumput2 aneh di blakang rumah.
    Sawi juga banyak yg tumbuh, padahal ga nanam tuh.
    Dan ada Yg bkin sarang di sela2 rumah jg, yg repotnya pintu harus slalu ketutup dan kawatnya harus slalu di cek.

  61. 69 jamboel 10 January 2013 at 3:35 pm

    Oke bro ,,,,,thanxs.

  62. 70 fauna 9 January 2013 at 8:33 am

    om-om mau nanya nih, jenis sayuran dan buah yang lazin jadi makanan kenari apa aja sih, tks infonya

  63. 71 fauna 9 January 2013 at 8:16 am

    ini blog hobby yang paling tulus yang pernah saya jumpai, semoga om-om dapat memanfaatkannya untuk kepentingan ekonomi dan bisnisnya, selamat dan sukses kepada semuanya .

  64. 72 joni 9 January 2013 at 4:42 am

    om tanya ya..
    kenari ane tak satuin dan dah saling loloh, tp kalo jantannya mau ngawini betina malah betinanya kayak gk mau gitu om.. trus saya pisahin siang hari, selam 4 hari kemudian saat pagi hari betinanya tak liatin kog ngeden disarang, eh ternyata nelur satu om. ini yg jantan tak satuin lagi om.
    kira2 telur kenari ane bisa netas gk ya om..??
    mohon bimbingannya om

  65. 74 adi 7 January 2013 at 9:48 am

    ikut nimbrung ya ,…..om uphay saya punya 1 pasang KN msh muda, pertama aku jejerin tiap hr terus kalau ku pisah cewenya, yg jantannya nyari”, 2 hr yg lalu ku campur dan ngga berantem cuma belum mau kawin, tapi sudah mau saling meloloh, apakah itu tandanya sudah jodoh? kira” brp lama lagi ya nelurnya,…makasih

  66. 76 pardomuan harahap 1 January 2013 at 5:36 pm

    umur berapa hari anakan kenari saatnya di pisah dan sudah makan sendiri om ??

  67. 78 fauzy niraditia 1 January 2013 at 10:17 am

    salam kicau om…
    saya peternak kenari pemula om…
    saya mau tanya…
    kenari saya udah 2 kali bertelur dan 2 kali netes tapi seminggu mati om anakannya gara gara di angkremi terus ma indukannya om sampai mati..gmna om solusinya ??

  68. 79 tian 27 December 2012 at 5:38 am

    .assallamuallaikum salam kicau kenari

    .om saya mau tanya…kalo kenari sudah bertelur satu apakah kenari jantan’a sudah harus di pisah..dan selanjutnya kenari betina akan bertelur sendiri seatelah si jantan di pisah..soalnya punya saya kalo jantan tetap di campur..malah g3u betina yg lagi bertelur..

    .mohon info’aa om

    .terimakasih
    .wasallam

  69. 80 syaiful bukhori 27 December 2012 at 1:42 am

    kenariku udah brtelor 4 tp seluruhnya di makan tikus,prtanyaanku apakah kenariku bisa brtelor lagi padahal setiap hari birahi si betina masih keliatan begitu juga dgn yg jantan

  70. 81 Ryan 21 December 2012 at 7:34 am

    mas saya mau tanya
    kalo s pejantan nya ketuaan gmna ?
    resiko dari perkawinan nya apa ?

  71. 82 lidya 14 December 2012 at 10:47 am

    maaf pak sofyan mau tanya.. pagi ini kenari saya bertelur yg ke 3, tapi yang 1 agak jauh dari kedua telur lainnya, saya pikir mungkin kenarinya salah letak, saya gabungkan 1 telur yg terpisah td dengan 2 lainnya, tapi sore ini saya liat kok yang 1 telur itu kembali dipisah oleh induknya ya.. apa itu yg disebut dibuang oleh induknya..? mohon bantuannya

  72. 83 danie 11 December 2012 at 12:08 pm

    misi om,saya mau tanya. sebenernya sih ini masalah kenari tetangga tapi bikin penasara. burung kenari betinanya itu udah lebh dari 1 tahun tg: gk birahi birahi tiap di satuin sama jantan yg siap malah berantem padahal itu burung waktu beli dara dan cukup umur.

  73. 84 tara 7 December 2012 at 5:01 pm

    maw nanya….
    kenari saya dah kawin nelor cuma 1 tp pecah, sampai seminggu gak nelor2 lagi.. knp???

  74. 85 sgiet 4 December 2012 at 10:12 am

    salam kicau mania
    bagi tips’a om
    KN sy sdh menetas 2 dari 5 telur
    apakah selanjut’a 3 telur yg blm menetas itu dpt menetas brp hari kelak??
    baik’a apa sy hrus angkat telur yg tdk menetas atau dibiarkan saja dlm sangkar??
    pemberian pakan untuk anakan baik’a indukan yg meloloh atau kita ikut bntu meloloh anakan KN trsebut
    terima kasih sebelum’a

  75. 86 agus 3 December 2012 at 10:05 am

    Salam sejahtera om, kenariku sudah dua kali ini bertelur tapi gak netas2 padahal proses perkawinan lancar dan jodoh apa yang kira2nya salah ya om sebelumnya terimakasih

  76. 87 fandi 30 November 2012 at 11:39 am

    assalamualaikum. om ane mw nnya saya punya kenari kira-kira jantan dan say mw beli betina nya, saya bingung nnti kenari saya betina ciri-ciri nya sbagai brikut 1.anus nya menonjol dan ditutupi bulu-bulu nya trs badannya saya bingung panjang atau bulet. trs bagaimana solusi nya kenari saya

    bls y om , thank you

  77. 88 Ari 29 November 2012 at 5:10 am

    kenari jantan apa sakit, dia malas bunyi. kn betina sdh birahi, tp jantannya hny diam aja.
    bagaimana solusinya om

    Solusinya sehatkan dulu kenarinya om….

  78. 91 titus 29 November 2012 at 1:13 am

    Mohon caci makinya Om,
    Seberapa penting sih Grit pada kenari?kalau dibantu pakai cangkang telur ayam yg dihaluskan bisa bantu gak ya?

    terimakasih.

    Gak segitunya kali om, masa harus dicaci maki hehe…. grit sangat penting ketika kenari diternak dan pada usia muda, cangkang telur merupakan salah satu grit yang bagus, terimakasih

    • 92 titus 1 December 2012 at 2:26 am

      Terimakasih Om,biasanya saya kasih tulang sotong.
      Kemarin saya coba tulang sotong saya sisir di campur cangkang telor yang sudah halus,langsung dimakan bergantian sama makan biji2 an.
      Semoga induk kenari saya bisa sehat dan produksinya bisa maksimal,

      terimakasih Om.

  79. 93 CaNdy4Trela 28 November 2012 at 2:10 pm

    Om tau gak cara ngembang biakin paruh bengkok , love bird , parkit dll

    blog ini fokus di kenari om, jadi om bisa mencari dimedia/blog lain yang khusus membahas LB dll….

  80. 94 gembur 28 November 2012 at 2:47 am

    siang pak,sya mau tanya pak.kenari saya khn udah ngeram,dn yg jantan sya pisah,pas udh 14 hari,telurnya dipatukdan dibuang dbwah.di dlmny udah ada anakan dan mati.itu penyebabny apa ya pak?sblumya trima kasih pak..

    Banyak penyebab telor di buang om, bisa karena di sarang banyak kutu, lingkungan sekitar sarang ada hewan pengganggu (tikus, cicak atau kecoa), si induk tahu bahwa anak di dalam telor tersebut kondisi fisiknya kurang bagus (secara naluri kenari tahu kondisi anaknya) dll…. coba om perhatikan dulu sekitar sarang…. terimakasih

  81. 95 Ari 27 November 2012 at 12:12 pm

    permisi numpang tanya….
    saya mempunyai 3 kenari betina, 2 kenari jantan. usia semuanya di atas 7 bulan. yang ingin saya tanyakan:
    1. bagaimana proses menjodohkannya
    2. Makanan dan vitamin apa yang bisa membuat mereka cepat birahi
    terima kasih atas pencerahannya

    coba baca di link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari/page/2/

  82. 96 oneto 26 November 2012 at 3:44 am

    siang om…saya mau coba budidaya kenari.
    untuk bisa dapet knari yg bagus n murah saya harus beli d mana ya.?
    terus untuk harga burung knari berkisar sampai berapa ya yg paling murah.?

    Kalau om di Jakarta coba hubungi om Uphay…. selain dapat kenari juga dapat ilmunya hehe…..

  83. 99 johnn 25 November 2012 at 7:08 am

    om mau nanya nih kalo pejantan kapan dipisahin sama betina nya ?pas telor nya udh menetas atau gimana om?makasihh

    Sepertinya saya sudah bahas, coba om cari tulisan2 saya terdahulu… terimakasih

  84. 100 iqbal 13 November 2012 at 4:58 am

    asw,,
    mw tanya om,,
    saya punya kenari sepasang,,mereka udh kawin dan menyusun sarang..tp belum nelor-nelor..hampir seminggu dipantau belum ada juga…
    ada solusinya g om…
    mohon bantuannya..maklum pemula…

    • 101 Uphay 14 November 2012 at 9:29 am

      masih belia kali om KN nya,,,, coba dicek ventnya, sudah bengkak memerah belum? kalau belum, artinya belum siap betinanya. dipisahin lagi, trus dikondisikan lagi dengan perawatan intensif. biar om ga stress, cari betina baru lagi yg siap, trus jodohin ma pejantannya,,, hehehe

      • 102 iqbal 24 November 2012 at 8:41 am

        alhamdullilah dah nelor om..tinggal nunggu hari H..
        cm masalah lain muncul pejantanya garuk-garuk terus bulu om,,gelisah n drop..
        knp y om??
        haduh newbie om..

        Selamat semoga berhasil menetas dan bisa hidup sampai besar, jantannya terserang kutu kali om, coba diberi obat anti kutu om bisa nyari dikios burung terdekat….

      • 103 Uphay 27 November 2012 at 6:06 am

        jantannya dipisah saja dari betinanya,,, trus dimandiin anti kutu, mandi jemur rutin, bisa di sehatkan kembali buat dipertemukan dengan betina lain om. Tapi bila dipisah trus betinanya gelisah dan gak mau ngeram, yah balikin lg jantannya. hehehhe

  85. 104 Andrian Melow 5 November 2012 at 2:35 pm

    salamualaikum :
    mlm om ade mou tanya2 dikitt…. hehehe ade kan punya spasang kenari suadah terjadi perkawinan ,,, truzz ade masukan sarang buat nelor nya tapi kok di acak2 iaa …. truzz klo nempatin kandang baik nya di luar ruangan atow di dalem ruangan ???

    sbelum nya makasii iaa…

    • 105 Uphay 14 November 2012 at 9:17 am

      Waalaikum salam wr wb, coba masukkan sobekan kertas/ tissue, kapas, guntingan benang woll, mana yg paling disukai, itu yg disediakan buat sarangan om.. selamat mencoba

      • 106 Andrian Melow 18 November 2012 at 2:36 pm

        alhamdulilah kang uda nelor nie… truss betina nya ga mau makan kasian coz jantan nya langsung di pisah.. truz kalo uda menetas imduknya di kasi pakan apa iaa ???buah2an atow pakan biasa aja..??

      • 107 Uphay 20 November 2012 at 1:57 am

        Selamaaaaatttt…. senangnya…. heheheh, kasih pakan yg dia suka om…. coba tawarkan telur puyuh dibagi dua, jagung manis muda, sayuran dan buah… kalau ada soft food (CEDE) boleh juga ditawarkan. semoga berhasil….

      • 108 Andrian Melow 21 November 2012 at 4:30 am

        induk nya agresip kang upay galak takut gigit klo masukin makanan nya kang uphay tyuz soft fod tu apa sih??? jagung manis’y yg masi mentah atow di rebus dulu….?? sayuran nya apaa truss buah2an nya apa kang upay??? ^_^

      • 109 Uphay 21 November 2012 at 6:15 am

        huahahhaha.. sesuai namanya.. “Melow”… (piisss aahh),,,, gak akan sakit gigitannya om, beda ma paruh bengkok,,,, Soft food itu makanan yg lembut2 om… kayak biskuit Farley”s yg buat bayi melajar makan bisa di haluskan, atau kuning kelur, tepung roti, dll, Jagung manis mentah om .. yg rebusnya boleh buat om.. hehehhe. sayuran hijau (Brokoli,Pakcoy, sawi,dll), buah apel, oyong (ini buah apa sayur yah..? binun).. liat mana yg paling dia suka.. itu yg disediakan, atau bisa juga diselang seling pemberiannya.

      • 110 Andrian Melow 27 November 2012 at 1:56 pm

        hai kang upay…. alhamdulilah dah netes nih …kang tp td di liat ada yg mati satu kang upay ,,,, gimna doong apa yg mati itu haruz di bawa atow didieumin aja di sarang nya ….???

        kaloo uda 25 hari anak nya bole di masukin agy gakk jantan nya??? trus proses nelor nya lama agy gaxx???

      • 111 Uphay 30 November 2012 at 11:45 am

        Alhamdulillah kalau sudah netes, kalau indukan pertama kali punya anak, biasanya memang gitu om, ada saja yang mati anakannya, maklum newbie dia..xixixi… usia anakan lebih baik pas disapih (25 hari), baru disehatin lagi betinanya dan kimpoy lg.. walau diluar sana, ada yg usia 15 hari anakan, jantannya sudah di campur lagi. sukses yah om

  86. 112 pindo 4 November 2012 at 2:16 am

    indukan biar ga neken anaknya caranya gimana om?

    • 113 Uphay 14 November 2012 at 9:11 am

      bulatan sarangnya di perbesar om.. dan biarkan telur yg gagal menetas tetap di sarangan sampai hari ke 3/4, lumayan membantu menahan beban induk yang terlalu over protective, dan buat indukan nyaman / tidak terlalu sering di tengokin…

  87. 114 helda 1 November 2012 at 11:13 am

    om mau tanya,,ane msh pemula mhon sarannya bwt yg senior
    1.kenari saya 1 pasang sdh saya satukan,,tp knpa sarangnya malah diacak acak?
    2.saya pisahin kenarinya sama2 nyariin pasangan tp q satukan diem?knp yaa?
    3.bila mendengar kn jantan yg lain bunyi betinanya cat cit trs pdhl ddlm kandang udh ada pejantan?
    tolong balasannya gan….

    • 115 Uphay 14 November 2012 at 9:06 am

      1. belum cocok dengan bahan sarangannya, coba berikan kapas, sobekan kertas/tisue, potongan benang woll, lihat mana yg paling dia suka
      2. sudah jodoh, tapi keduanya/ salah satunya belum dipuncak birahinya, coba di rawat intensif lagi sampai jantannya guacor dan betinanya ngeleper (tempel dikandang terpisah)
      3. mungkin punya tambatan hati yg lain om, coba tempel sama yg bunyi itu, kalau ngeleper, artinya dia maunya sama yg bunyi itu, bukan sama yg sdh ada dikandangnya

  88. 117 igna ali p.u 28 October 2012 at 10:20 am

    kalau sangkar nya digantng gak apa apa kan om

  89. 119 muhammad iqram 27 October 2012 at 4:08 am

    Kalo misalnya sudah bertelur apa yang selanjutnya saya lakukan

  90. 122 satan is god 25 October 2012 at 11:00 am

    kang uphay ane mau nanya nie

    ane punya burung kenari satu jodoh nieh tpi susah di kawininnya gimna ya cara ngawininnya?

    kemaren saya pernah nyoba ngawinin tpi yang jantannya malah takut sama c betinanya gt nah pertanyaan saya gini

    gimna caranya supaya si jantannya itu gg takut sama si betinanya ?

    • 123 Uphay 29 October 2012 at 6:13 am

      hmm.. kayak jaman siti nurbaya om KN nya dipaksa kawin, pake coba2 lagi… xixixixix. pasal 1.. perkawinan terjadi atas dasar suka sama suka om, jadi dekatkan keduanya dikandang terpisah sampai mereka saling suka. Pasal 2, perkawinan yang baik bila keduanya sudah mapan / matang kelamin, jadi kalau jantan sudah bunyi sampai nabrak2 jeruji, betinanya sudah ngeleper… artinya mereka sudah matang kelamin dan siap. semoga bermanfaat om… heheheh

  91. 124 guntur 21 October 2012 at 3:21 pm

    permisi pak,, mau nanya,, kenari saya sudah bertelur 2 kali, tp lain pejantan,, tp kedua-duanya gak bisa menetas,, pas betina mengeram jantan gak saya pisah.. mohon pencerahannya terima kasih,,

  92. 126 abay 19 October 2012 at 2:24 am

    pagi om aku punya kenari satu pasang udah aku sedian sangkar ko malah sangkar nya di hambur2 rin ma yg betina dan jantan nya ,gmn tuch om apa di baiarin aja sangkar nya atau di rapiin lagi,trimakasih

  93. 128 04101981 18 October 2012 at 1:56 am

    pomula om gabung.saya punya sepasang kenari baru 2 hari di gabung dah bertelur.telurny pecah ga mau bertelur di sarang.terus jantanya saya angkat.ga bertelur lagi omseling 3 hari saya gabung lagi om.besoknya bertelor om, tapi di tempat makanya om. ga mau di sarang. pertanyaan saya ;1.itu telor hasil perkawinan apa bukan om ?. 2 kenapa kenari saya kalo bertelor di tempat pakan, ga mau di sangkar.mohon di kasih masukan om, terimakasih

    • 129 Uphay 19 October 2012 at 1:04 am

      Sepengetahuan saya, 4 hari setelah perkawinan baru betina bertelur, artinya ada proses pembuahan sampai bertelur 3-5 hari, jadi kalau hanya 1 hari, kemungkinan telur kosong. coba ganti tempat pakan dengan yg kecil, kemudian tawarkan bahan sarang seperti sobekan tissue / koran, kapas, guntingan benang woll, lihat apa yg disukai untuk menjadi bahan sarangnya. kemungkinan, betina tidak nyaman dengan sarang yg disediakan. semoga bermanfaat

  94. 130 nanda 17 October 2012 at 6:51 pm

    asalamualaikum
    salam kicau mania, om waktu dulu saya sempet ternak kenari udah bertelur 4 tapi telurnya itu tidak menetas2, emang sih pas kira2 jangka waktu 13 hari selagi betinanya sedang mengerami pernah saya lihat telurnya sudah menetas apa belum, apa itu pengaruhnya yah tapi hampir sebulan betinanya masih saja mengerami telurnya, oia satu lagi om, pas sedang peroses mengerami sang jantan perlu dipisah apa biarin saja sampai telur itu menetas dan anaknya sampe bisa makan sendiri?makasih om salam kicau mania

  95. 131 bolang 16 October 2012 at 2:29 am

    omm semua minta sarannya dong….
    kenari ku baru pertama kali nelur satu doang, tapi aku angkat sangkarnya jatuh beserta telurnya juga jatuh dan pecah, gimana menurut agan-agan semua efek pecahnya telur itu bagu induk kenari ku???

  96. 132 angga 14 October 2012 at 7:37 am

    saya mau tanya nih om, saya baru beli kenari betina, saya langsung masukin disangkar kenari jantan. tadi pas ditempel kenarinya jantannya udh mau minta kimpoi, caranya gimana ya om?

  97. 133 iyant 1 October 2012 at 10:49 am

    asalamualaikum
    salam kicau,,,sy mau tanya om,,,sy punya betina dah siap utk kawin krn sarang dah bulet rapi,,,tp kenapa setelah sy carikan jantan dan dimasukkan ternyata jantan nya diburu dan dikejar kejar,,,,bgm ya solusinya???

    • 134 Uphay 2 October 2012 at 4:08 am

      wa alaikum salam,
      mungkin jantannya yg belum siap om.. coba ditempel dulu atau cari jantan yg guacor sampai nabrak2 jerujinya, kalau betinanya ngeleper.. baru jantannya disatukan dengan betinanya,,, semoga berhasil om…

  98. 135 aruf 30 September 2012 at 11:26 pm

    pagi kenarimania, saya baru akan mencoba untuk ternak. pertama2 mau coba sepasang dulu dengan menggunakan sangkar gantung. apakah penggunaan sangkar gantung tidak masalah untuk beternak? karena tiap malam saya harus mengkerodongi dan memindahkan ke dalam rumah.

    • 136 Uphay 2 October 2012 at 4:10 am

      kandang gantung tidak bermasalah om saat penjodohan dan perkawinan, namun setelah bertelur, sebaiknya kandang di tempel di tembok pakai paku, tujuannya supaya telur tidak goyang2. semoga berhasil om…

  99. 137 ghonay 28 September 2012 at 3:45 pm

    1 lg ni om pertanyaan sy…klo telur baru 1, biasa.a langsung di keramin ga???

  100. 139 OmhonayO 28 September 2012 at 3:34 pm

    Om uphay.. Ane mau tanya nih…
    Kenari ane udah bertwlur 1 biji..tp ane sangsi sama sarang.a…sarang.a itu terlalu dalam dan agak sempit…klo ane ganti sarang.a kira2 betina.a ngambek ga ya…

    Tolong di balas om..ini pemula so.alnya…!!!

    • 140 Uphay 2 October 2012 at 3:51 am

      jiahh,,, sama om…. saya juga pemula…kalaupun saya tau, yah dari blok ini ,,, yg tau sarang itu bagus tidaknya kan betinanya om.. kalau saya sih dibiarin saja..takut ngambek betinanya..

  101. 141 eggy 26 September 2012 at 6:04 am

    gan berapa lama burung keneri di kasih makan sama induknya….dan membedakan kenari jantan sama betina itu gimana…d tunggu infonya

    • 142 Uphay 26 September 2012 at 7:00 am

      sampai disapih, 25-30 hari normalnya… yang jantan bunyi rajin, yang betina tidak bunyi.. kalaupun bunyi hanya pendek2 saja,,,

      • 143 kkan 7 November 2012 at 8:59 am

        Mohon info~nya ЧÄ”̮ om…
        untk penempatan kandang kenari saya berada dalam 1 ruangan dng penangkaran jalak uren yang mana jalak uren sendiri cukup crewet…
        ? Apakah hal tersebut menganggu dari proses ternak kenari it sndri…

        Atas infonya, saya ucapkan τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅

      • 144 Uphay 8 November 2012 at 3:27 am

        selama tidak berhadapan langsung sih harusnya tidak masalah yah.. tapi tetap musti di coba dulu, KN nya nyaman apa tidak? trus produksinya bagus apa tidak? setahu saya, asala sudah beradaptasi, KN bisa saja kok menerima cerewetnya JS… heheheh

  102. 145 Hamid 25 September 2012 at 11:40 am

    om saya msih pemula, mau tanya nih. saya kan punya pemacek (pejantan) terus saya kawinkan n berhasil n dah nelur 3 saat ni, terus jantan saya ambil buat di istirahatkan sebelum di jodohin lagi ma betina2 lainnya. saat di campur ma betina yg ke-2 (1 hari sebelumnya udah di kawini ma pejantan punya teman sebelum di ambil), kok jantan ni ngejar2 terus n kalau kena gigit kepala betinanya, bsok paginya saya liat msih seperti tu sampek betinax takut. bsoknya lagi saya ganti betina ke-3 malah parah, baru di campur 6 jam kepala betina dah gundul n berdarah. kata teman tu jantannya terlalu over birahi, apa bener?
    caranya biar ga over lagi gimana?

    • 146 Uphay 2 October 2012 at 3:54 am

      caranya, sebelum dicampur di tempel dulu om, sampai betina bener2 birahi, dan ngeleper, baru dicampur, soalnya kalau dihilangin birahinya, malah susah nanti nikinnya lagi,.. hehehhe

  103. 147 Asep Fauzan 25 September 2012 at 2:24 am

    Periode kmren anakan Kn sy mati smua (7anakan dr 2indukan) stlh usia 3-4hr. Stlh sharing sana sini, ada kemungkinan krna fktor cuaca yg terlalu panas. Skrg 2indukan’y sdh mengeram lg dan tinggal menunggu hari H. Mdh2an cuaca tdk sepanas wkt tetasan sblm’y, krna kmrin sdh ada turun hujan. Om2 yg baik hati,Apkh kegagalan krna faktor cuaca ini selalu dialami tiap tahun’y oleh peternak2 Kn.?

    • 148 Uphay 25 September 2012 at 6:10 am

      Wah,.. sayang yah om…. alat ukur tempat ternak yg baik adalah saat kita berada didalamnya, udaranya nyaman, tidak gerah apalagi pengap. nah kalau om berlama2 ditempat ternakannya bisa betah, begitupun KN nya om. selain suhu, pakan saat induk meloloh anakan juga berpengaruh om, berikan makanan2 lembut seperti telur puyuh, sayuran, buah apel dan jagung, itu yg biasanya disukai oleh indukan saat masa meloloh anakan.

      • 149 Asep Fauzan 26 September 2012 at 12:21 pm

        Betul jg ya Om…,pdhal kt jg cukup nyaman kalo ada dlm ruangan tsb.ventilasi jg cukup. Mslhnya ada temen yg beternak lovebird (ada 9indukan),di periode yg sma anakan’y jg bnyk yg mati stlh umur 3-4hr an. Ada lg tmen yg nyaranin agar kt jg ikut ngebantu nyuapin anakan’y smpe umur 1mgguan…
        (ternyata beternak Kn bnyk tantangan’y ya Om,tp kalo kt senang ngejalaninya,tantangan itu jstru jd motivasi). Buat sesama peternak pemula yg lain spti sy,tetap semangat!

      • 150 mistamto auliaa 12 November 2012 at 6:23 am

        biasanya yang meloloh anakan itu induk jantan atau betinanya gan

  104. 151 supriyanto 24 September 2012 at 6:39 pm

    khusus buat agan-agan yg sdh baik memmberikan ilmunya …semoga di beri kesehatan dan di beri kesuksesan dlm segala hal aminnnn

    • 152 Supri Yanto 24 September 2012 at 6:55 pm

      sy punya sepasang kenari lokal sy beli di peternak malang jatim,…yg mau sy tanya : kenari sdh bertelur baru 1…dan bertelurnya di pojokan kandang padahal sdh sy siap kan sarang 2 bh..sekarang telurnya pecah….dan sampai sekarang sdh 4 hari tlr kedua blm juga muncul…apakah sy psah aja pejantanya untuk ngawinin yg lain atau sabar tapi sampai berapa hari,,,? mohon saran nya trimakasih yaaaa

  105. 153 Randy 24 September 2012 at 3:06 am

    asslamu’alaikum,
    om saya mau tanya kenari saya usia 3 blan jantan dan betina saya campur kok yg jantan suka naekin betina ntah mau kawin ato apa hampir stiap pagi habis mandii om,, apakah saya harus pisah dulu om.. makasii

    • 154 Uphay 25 September 2012 at 6:06 am

      Wa alaikum salam,
      Sebaiknya dipisah om,, karena usianya masih belia untuk dikawinkan… cukup didekatkan saja supaya pas besar nanti berjodoh… hehehhe

  106. 155 titus 22 September 2012 at 2:51 am

    Saya mau tanya Om,
    Indukan kenari saya udah berumur +/- 2 tahun,bulunya pada brondol ( gundul ),udah 3 minggu saya pisah sama pejantanya,dengan kombinasi makanan,biji2 an tetap ada,sayur ( oyong,sawi,slada) bergantian,telur ayam atau telur puyuh setiap 2 hari seklai.penjemuran setiap pagi jam 07:00 s/d jam 08:30 ,habis itu kerodong .Tapi Om kenapa bulunya juga gak tumbuh2 ya,Mohon saranya Om.biar Indukan kenari saya bisa produkstif lagi.
    Terimakasih.

    • 156 Uphay 24 September 2012 at 1:40 am

      bulu bondol akibat penyakit biasanya menyisakan akar bulu tersebut om, makanya gak numbuh2 karena akarnya masih tertinggal dibawah pori2 kulitnya. selama sudah sehat, bisa kok dipakai produksi, karena bulu tersebut baru akan numbuh setelah memasuki proses moulting / Mabung, dimana tubuh akan bereaksi melepas bulu2 sampai ke akarnya dan menumbuhkan tunas2 bulu yang baru. jadi tunggu ajah sampai Mabung om.. hehehheh

  107. 157 imam syafi'i 18 September 2012 at 4:19 am

    proses pemisahan kenari jantan itu pda waktu apa?

  108. 159 putra tunggal 17 September 2012 at 2:06 pm

    ommmm mau nanya,,,sya punya KN betina,,nah yg mau sya tanyakan betina sya dksih sangkar + isinya cm di acak2 omm,,
    gk mau nyusun sangkarnya..pdhal si jantan dh birahi bgt.
    solusinya bwt betina gmn omm,pakah klu kya gt dh siap blm/gmn,,, mkasih ommm

  109. 160 wh 17 September 2012 at 3:55 am

    permisi om,mau nnya nie betina sya udah nelur tp gak mo mengerami selang 1 mnggu sya buang telurnya..skrng dah bertelur lg 3 tapi kok gak mo ngeram jg ya..knp…? Tks

    • 161 whyu 19 September 2012 at 3:51 am

      permisi om,mau nnya nie betina sya udah nelur tp gak mo mengerami selang 1 mnggu sya buang telurnya..skrng dah bertelur lg 3 tapi kok gak mo ngeram jg ya..knp…? Tks

  110. 162 wildi purnama chandra 16 September 2012 at 2:32 pm

    Untuk masalh kandang penjodohan, dan kawin bebas di mana aja, maksud nya di kurung biasa juga ƍǻªªªǻƘ apa2, pa mesti di kandang bok ?????

    Dan untuk mendapaat kan anakan Ÿ̲̣̣̣̥ɑ̤̥̈̊п̲̣̣̥G̲̣̣̣̥ bgus kita harus gimana, baik induk masih nelor, udah netas, loloh, dan pembesaran, kita mesti gimana ???????

    • 163 Uphay 18 September 2012 at 9:01 am

      ukuran kandang minimal 40X40X30 om… itu untuk kenari kecil kalau kenari besar bisa 60X40X40. (walau ada beberapa yg berhasil hanya dengan kandang kecil asal muat buat 2 tangkringan plus sarangan. untuk dapat anakan yg bagus, yah indukannya cari yg bagus om, masalah rawatan juga harus bagus (bisa baca di blog ini banyak artikelnya).

  111. 164 Galh'z 13 September 2012 at 3:54 am

    Ass,maaf ikut nimbrung coz msh pemula mau tny klu burung kenri yg betnany da br tlur pa pejantny hrus dipsah pa tdk?……trims

    • 165 Uphay 18 September 2012 at 8:44 am

      boleh dipisah boleh tidak.. tergantuk sifat si betinanya.,,. kalau dipisah gak mau ngeram, yah dicampur… dipisah tujuannya buat disehatin lagi jantannya dan bisa dijodohkan lagi dengan betina lainnya.

  112. 166 rio 12 September 2012 at 8:27 am

    met kenal om sama orang garut, biasa om kunsul gratisan nih.
    kenari sy baru menetas, biasa di erami, dua hari kemudian anaknya mati kenapa yah om??

    • 167 Uphay 18 September 2012 at 8:41 am

      disediakan pakan yg baik buat meloloh anakan gak om? seperti telur puyuh, sawi, oyong, apel, biasanya krn tidak diloloh oleh indukannya, kalau matinya gepeng, krn induk over protection, jadi anaknya ketindihan terus…

  113. 168 Dhanie Petruccy 12 September 2012 at 6:00 am

    om saya pemula nee…. knapa ya kenari saya kalo d jauhin sma betina nya baru pejantan dan betina nya nabrak” sangkar tapi kalo d dketin malah diem… tolong jawab ya ommm

    • 169 Dhanie Petruccy 12 September 2012 at 6:16 am

      eh slah mksud nya si jantan nya nabrak” sangkar kalo d jauhin sma betina nya…. trus betina nya mengeleper” sayap nya…. kalo d deketin mlah diem…
      knpa y omm tlong jwb ya….

      • 170 Uphay 18 September 2012 at 8:37 am

        itu udah jodoh… cuma gak mau diintipin saat kawin… xixix coba dicampur ajah.. liat 1 mingguan, ada aktifitas bikin sarang / nelur ga? kalau gaada, berarti masih belum matang kelaminnya

  114. 171 odon 6 September 2012 at 1:34 pm

    mau tanya om …. kenari saya sudah berhasil menetas dan anaknya masih ngeloloh tapi betinanya sudah nelor lagi tapi nelornya di tempat makanan bukan di sarang yg lama trus telornya saya pindah kesarang tapi dia tetap nelor ditempat makanan dan ngga mau ngeremin telornya …mohon petunjuk om ..???

    • 172 Uphay 10 September 2012 at 2:05 am

      jantannya masih dicampur om? terjadi perkawinan tidak? kalau terjadi perkawinan, buat sarang 1 lagi ajah disebelah sarang yg lama, mungkin nanti dia mau ngeram, tapi kalau tidak ada jantannya trus bertelur, yah buang ajah telurnya, karena tidak terjadi pembuahan / kosong.

  115. 173 titus 6 September 2012 at 7:57 am

    Om mau tanya nih.
    Saya di kasih kenari cewek umur udah 1 tahun lebih.
    udah birahi,bulu di perut udah habis ,kalau dideketin pejantan minta kimpoi.
    Tapi kenapa Om ya,kok dia tidak mau buat sarang,padahal pejantan saya tempelin terus.
    Mohon saranya Om.Terimakasih.

  116. 176 muji cell 5 September 2012 at 10:52 pm

    mas bos q ikutan nimbrung donk….sekarang burung kenari betina sulit di dapat yang mudah di dapat dimana berkisar brp harganya aku juga pemula….

  117. 178 lasmo 5 September 2012 at 1:54 pm

    bisa gk om perkawinan silang antara kenari jantan n kenari betina ??

  118. 180 zuke 4 September 2012 at 4:06 am

    master mohon pencerahanNa..
    kenari saya sudah bertelur tp bru 1mggu kna hama tikus dn telur dacak@ sm tikus.skrg betinaNa jd agk stres.tips biar g stres lg gmn ya????mohon pencerahanNa.trimksh.

  119. 181 andi geloo 3 September 2012 at 1:52 am

    Pagi om, mhn pencerahan ya, utk kenari gloster dan starblue umur brp masa siap kawin ya, tlg ya om? Terima kasih

    • 182 Uphay 3 September 2012 at 6:06 am

      rata2 diatas 8 bulan om, tapi yang bagus usia 1 tahunan atau setelah kelar mabung yang pertama. Namun tetap perhatikan kondisi badan dan Vent nya, sudah matang apa belum….

  120. 183 komet 2 September 2012 at 7:15 pm

    om saya punya burung, muntah muntah mulu kalo lagi tegang, trus lemes, muntahnya lendir om….anyir lagi

    • 184 Uphay 4 September 2012 at 4:41 am

      wuaduh,,, mungkin kena pernafasan / pencernaan om… musti dipastikan dulu sakitnya apa..? saya tapi juga belum pernah sih nemuin kenari yang sampai muntah2 lendir.. biasanya cuma bersi2 dan hidung berair ajah,,, hehehhe

  121. 185 Faris 2 September 2012 at 11:48 am

    om,saya mau tanya klo lmanya wktu nelor stelah kawin brapa hari kira-kira om ????

    apa mngkin lbih dri 1mnggu ,sma kok btinanya biasany meremin mta di siang bolong itu knapa?

    • 186 faris 3 September 2012 at 1:20 pm

      tolong jawab donk kang uphay

    • 187 Uphay 4 September 2012 at 4:38 am

      setelah terjadi perkawinan, biasanya 4 hari kemudian bertelur (telur pertama), tiap hari bertelur 1 yang jumlahnya tergantung kesehatan betinanya (maksimum 6), setelah 14 hari, maka telur pertama akan menetas, besoknya telur ke 2 menetas dan seterusnya. Betina merem saat mengeram gak masalah, mungkin dia lelah, yang musti jadi perhatian adalah betina tersebut harus turn makan, biasanya sehari 5-8 kali dia turun makan, ga usah ditungguin, liat ajah makanannya habis / disentuh apa tidak..? hehehhe.. semoga berhasil….sukses yah om….

  122. 188 Asep Fauzan 29 August 2012 at 11:57 am

    Om Uphay, apkh smua indukan kenari yg baru bs menetaskan anaknya itu blm bisa merawat anakan’y dg baik? Kenari sy bru prtma kali bs netesin telor’y. Tp keempat anak’y mati smua tertindih indukan’y…

    • 189 Uphay 30 August 2012 at 5:28 am

      tidak semua om, ada yang perdana langsung jadi semua.. heheh, kuncinya ada di pakan yang tepat saat meloloh, dan lingkingan yang nyaman dan aman, pakan biasanya pakai telur puyuh, sayur, dan soft food (bubuk tepung roti yg di campur kuning telur ayam yg sudah di sanggrai tanpa minyak, atau ada produk jadi merk CEDE), juga jagung manis muda, lihat mana yg indukannya paling suka untuk dilolohkan ke anaknya, itu yang diperbanyak. hebat itu betina perdana nelur 4 netes empat.. tetepa semangaaaaaattt… hehehhe

  123. 190 titus 24 August 2012 at 2:44 am

    Salam kenal,saya pemula,saya punya indukan sudah umur 2 tahun.
    Yang ingin saya tanyakan,umur berapakah masa produkstif nya,dan bagaimana caranya agar burung tersebut bisa reproduksi lagi.soalnya sudah 4 periode ini tidak pernah menetas.

    Terimakasih.

    • 191 ahmad sofyan 24 August 2012 at 3:09 pm

      Penyebab blm berhasil diternak ada beberapa faktor bs karena usia terlalu muda atau terlalu tua, perawatan kurang optimal atau kondisi lingkungan kandang ternak kurang nyaman karena temperatur panas atau terganggu binatang lain, coba om perhatikan faktor apa penyebab gagal netas…tks

      • 192 titus 27 August 2012 at 8:42 am

        Terimakasih infonya.memang dalam waktu beberapa bulan ini cuaca sangat panas.sekarang indukan saya pisah dulu biar benar2 fit,tapi Om kenapa ya malas makan,telor dan sayur pun utuh.biji2 an pun makan sedikit,gimana Om ya,mohon bimbinganya.Terimakasih

      • 193 Uphay 27 August 2012 at 9:56 am

        ikut nimbrung aahh,,,, coba cek kotorannya om… bagus tidak?, takutnya kena pencernaan. burung aktif / lincah apa tidak? kadang dalam proses penjodohan dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan burung nge drop. lebih baik memang dipisah dulu, disehatkan lagi,,, Semangaaaaat.. hehehhe

    • 194 titus 28 August 2012 at 3:18 am

      Terimaksih Om Uphay,kotoranya sih normal cuma ada sedikit agak putih,bulu dileher juga habis dan gundul.itu burung tadinya tidak pernah pisah sama penjantanya,soalnya kalau di pisah stres ,nabarakin sangkar.Mohon saranya Om Uphay,terimakasih.

      • 195 Uphay 28 August 2012 at 4:17 am

        wuaduh,.. kalau bulu gundul, biasanya ada yg ganggu om, bisa kutu, tungau dll, saran saya sih mending disehatin dulu. kotoran agak putih kalau lebih banyak putihnya dan menyebar, biasanya berak kapur, itu bisa jadi penyebab nafsu makan berkurang, bisa diatasi dengan obat untuk berak kapur (cari di toko burung apa yg tersedia). Intinya, hanya burung sehat yg produksinya bagus, jadi jangan dipaksakan, semoga bermanfaat.

      • 196 titus 28 August 2012 at 7:59 am

        terimakasih banyak Om Uphay.,siap dilaksanakan…

  124. 197 eko purnomo 22 August 2012 at 1:47 am

    assalamualaikum wr wb.
    sy pingin ternak kenari, gmn mas punya indukan ? yang murah2 aja.
    untuk latihan ternak. tks

  125. 198 imam syafi'i 18 August 2012 at 4:49 am

    assalamu’alaikum, saya kan pemula. Apakah pda saat kenari sudah proses pengeraman masih harus di jemur bila di pagi hari n apakah sangkarnya jga harus di ksih krodong?
    Trimakasih

  126. 199 sil 16 August 2012 at 12:08 pm

    dg orang2 macam ente, yg suka bagi ilmu dg gratis ini , ane paling SALUT !!!

  127. 200 johan 16 August 2012 at 12:29 am

    bisakah mengganti sangkar kenari pada saat proses pengeraman

  128. 201 oni joen 9 August 2012 at 9:11 am

    kenari jantan saya koq gak birahi-birahi, padahal usia dah cukup, cenderung galak kalau didekati orang, mohon solusinya, trims……..

    • 202 Uphay 14 August 2012 at 2:29 am

      Rawatan hariannya gimana om? mandi & jemurnya bagus gak tiap hari? pakannya bervariatif ga? usia cukup itu diatas 9 bulan kalau saya, sudah guacor dan rajin belum? kalau belum, artinya belum mapan om KN Jantannya. coba sering2 di trek / di dekati betina yg birahi.

  129. 203 rio 9 August 2012 at 5:59 am

    Tanya nih om! Telor kenari udah 15 hari tdk menetas, di dlm telornya kelihatan ada seperti cairan, kenapa yah oom?

    • 204 Uphay 14 August 2012 at 2:00 am

      Telur kosong om… tidak terjadi pembuahan yang baik, kalau telur isi, usia 5 hari sudah gelap bila diterawang,… coba disehatkan jantan dan betinanya, dan pastikan terlihat terjadi perkawinannya,

  130. 205 iwan 6 August 2012 at 3:28 pm

    salam kenal om…saya iwan, mau tanya nih….saya punya kenari betina sudah 1minggu kawin tapi kok belum juga mau bertelur, padahal sarang udah di bangun dengan rapi banget, kira2 apa yang salah dengan kenari betina saya itu? mohon petunjuk om.makasih

    • 206 Uphay 14 August 2012 at 1:56 am

      wuaduh.. saya pernah punya tuh dulu… kemungkinan betina Hybrid / silangan kayak Blacken / jenis lainnya, ngawin, ngeram, tapi tidak nelur, bagusnya buat jadi babuan ajah om… heheheh

  131. 207 teten ginanjar 4 August 2012 at 11:37 am

    om upay tanggapin donk. .

  132. 209 japra 2 August 2012 at 3:50 am

    assalamualaikum………
    om, saya punya kenari af warna starblue usia 9 bulan, kondisi burung sudah gacor jika disendirikan..tetapi masalahnya ketika akan saya ternakan kenari jantan tersebut tidak berkicau, dan saya sendirikan lagi kembali berkicau..yang akan saya tanyakan bagaimana supaya kenari jantan saya siap untuk di kawinkan…tolong jawaannya saya tunggu.trims…

    • 210 Uphay 6 August 2012 at 9:52 am

      om Japra, jantan gacor belum tentu matang kelaminnya, dan butuh waktu untuk memperkenalkan kepada masa2 penjodohan dan kawin, untuk awal, coba dekatkan pada betina yg jablay, artinya betina yg sudah pernah nganakin, tidak galak dan tidak pemilih, (betina gampangan). nanti jantannya akan belajar dari betina dan mahir sendiri,,,, hehehehhe… selamat mencoba,,,, Pastikan pencampuran setelah keduanya berjodoh, krn bisa membuat jantannya trauma kalau baru pertama2 udah dihajar betina.. heheheh.

  133. 211 teten ginanjar 1 August 2012 at 12:47 pm

    om mau tanya,B KN sya kan smnggu kblakang d 1 kndangin trus ga lama mreka brantem yg klah jantannya..
    Kira kira ada 3harian udh aga baikan cuman ttep yg jantan kaya yg takut mskipun skali2 ada adegan ciuman,trus udh hmpir smnggu lbih si jantan ga mau jga ngawinin si betina,pdhal s betina kliatanny udh pngen kawin..
    Saya bosen, lalu tdi pagi sya pisah lgi.trus sya jemur aga jauh2an mreka saling panggil2an si jantan trus brsuara ,pdhal pas kmrin2 d 1kndngin si jantan ga stu kalipun brsuara tpi stlah aga laman sya dketin kndng s jantan sma si betinta eh malah diem,trs aga lmaan sya jauhin lgi baru brsuara lgi.. Bingung om, kira2 hrus gman tuh? Trus kira kira kpan bsa d kwinin lg smpe s jantan mau naekin s betina.? Mohon bntuannya om,coz kantong udh tekor ni ngjajanin burung :)
    nuhun..

    • 212 Uphay 6 August 2012 at 9:47 am

      Maaf baru bisa jawab, maklum kuli.. xixixi, biasanya, terlalu cepat pencampuran sebelum keduanya berjodoh bisa mengakibatkan stress bahkan trauma baik di jantan maupun betina. syarat untuk mencampur pasangan adalah, jantan sudah guacor dan nguber2 betina, sedangkan betinanya ngleper seperti minta dinaiki. coba di tempel terus sambil mandi dan jemur bareng, sesekali coba di campur, bila tdk berantem, dan ada aktivitas cumbu2an, baru bisa dibilang mereka sudah berjodoh,

      • 213 teten ginanjar 10 August 2012 at 4:15 pm

        ya ga apa apa om, ow gtu..
        Trus kalu caranya pngen cpet si jantan birahi/nguber2 betina gmana om? Mkasih

  134. 214 teten ginanjar 1 August 2012 at 12:12 pm

    nuhun kang kanggo elmuna. .

  135. 215 Asep Fauzan 30 July 2012 at 3:43 am

    Thanks ats ilmunya Om Uphay… Kn’y btelur smpe 6.Tp yg 2 jth k lntai sngkar&pcah. Yg 4 trnyta ga netas. Stlh 18hr dr telor yg prtma keluar,sy cek trnyata telur’y bening,ga ada embrio’y. Sy jd ingat wkt misahin Kn Jantan(wkt telur sdh ada 4). Sy lht d dsar sangkar bnyk bulu2 Kn Jantan rontok.smpe skrg jg msh rontok(moulting). Mgkn kwalitas sperma Kn Jantan kurang bgus krna masuk masa moulting. Om Uphay & Om Sofyan, Brp hr sblm&ssdh moulting Kn bs d jodohkan ya? Biar telur2 yg dihasilkan brkwlts & bs netas…

    • 216 Uphay 31 July 2012 at 2:14 am

      Moulting itu pada dasarnya burung dalam kondisi sakit om,, tidak Fit. ga bisa ditentuin sebelum dan sesudahnya, syarat pejantan yang baik adalah Sehat,matang kelamin dan usia, guacor kadang sampai nabrak2 jeruji kandang. kalau selesai mabung belum menunjukkan gejala itu, sebaiknya jangan dijodohkan,,

  136. 217 komang 28 July 2012 at 11:52 am

    salam kenal om mau tanya berapa umur kenari betina F1 siap dikawinan terimaksi kasi om

  137. 219 joe 28 July 2012 at 6:50 am

    ass.. om saya mau nanya kalau sudah menetas anaknya di pisah dari induknya tidak …………

  138. 221 vicky 22 July 2012 at 2:29 am

    bagus ni om buat pemula sperti sya…..

  139. 222 rahmat 17 July 2012 at 8:47 am

    om ikut gabung bleh kan om…
    saya rahmat saya punya 3 pasng kenari semua nya sekarng mengharam telornya rata2 3 butir om ,,tp kenapa ya om setelah 14 hari telernya menetes tp gakn ad anak nya om…
    waktu betina mengharam apa jantan perlu dipisah om..?
    kalau di pisah ap betina selalu bs melihat jantan ap tidak om?
    makaseh om

  140. 223 omdim 12 July 2012 at 1:02 pm

    om mw tanya klo pejantan baru umur 4bln kira” bisa untuk dikawinkan ga???

  141. 224 Asep Fauzan 10 July 2012 at 11:06 am

    Ikut gabung Om…Sy new-bi, awal bln juli sy beli spsang KN dr 2org yg brbeda.Yg betina wkt sy beli di pmlik sblm’y sdh brjodoh sm KN jantan yg ada&sdh nyusun sarang.Bru 1mlm sy bwa plg,lgsg brtelur ditmpat telur dr plastik (blm nyusun sarang sndri).senang cmpur panik,sy buka internet,alhmdllh ktmu blog ini.Sy cb ksih kapas d tmpt dia bertelur,mlm brkutnya dia mlah ga mau nelur distu.Telurnya jth&pecah.Sy cb bikinin sarang seadanya &telur prtma sy letakan diatas’y.bsk’y sy lht telur ada 2.Tp stlh itu ga mau betelur lg,jg ga mau ngerami telur yg ada. Selang 2hr Kandang sy brshkan,sy cb jdohkan dg Kn jantan yg sy beli. Alhmdllh cm 2hr proses prjdohan,Kn lgsg mau kawin&bsk’y lgsg btelur.prtnyaan’y: apkh telur yg skrg hsl pembuahan dg Kn jantan yg skrg atw yg dlu. Trus apkh Kn betina sy type betina manja yg ga bs pake sistem kwin cabut? Sy tkut kalo pjantan lgsg diambil sibetina ga mau btelur lg.

    • 225 Uphay 13 July 2012 at 6:47 am

      Om Asep, normalnya, KN betina akan bertelur di hari ke 4 setelah terjadinya perkawinan, jumlah telur mulai dari 2 hingga ada yang 6, namun normalnya 3-5. artinya, siapa yang membuahinya adalah siapa yang kawin pada periode 4 hari tersebut. betina manja baru diketahui bila setelah mengeram, dan saat jantan di cabut dia tidak mau mengerami telurnya (alias minta ditemani jantannya saat mengeram).. semoga bermanfaat.

  142. 226 wan 10 July 2012 at 2:13 am

    ada kalanya sijantan mengalah dulu tapi kalo terus2an ngalah tu blm rukun pisah aja dulu

  143. 227 ikamerdekawati 10 July 2012 at 12:26 am

    waaah nice posting, semangat terus nge blog nya, postingannya
    sangat memberikan referensi yang baik
    kalau sempat silahkan berkunjung ke blog saya
    http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/

    terimakasih ^^

  144. 228 boal-boil 9 July 2012 at 11:52 pm

    ass..om saya mau tanya burung kenari saya kawin dan sudh brtelur satu. Yg mau saya tanyakan bgini om utk telor yg kedua, dan telur ketigan dst..tu msh terjadi perkawinan tdak?

  145. 229 Dicky Anggi 8 July 2012 at 8:20 am

    om kenari gue udah bertelor la
    ngkah berikutnya gimana

  146. 230 siendhony 5 July 2012 at 3:02 pm

    sry pemula ikut gabung oem, kl tdk mandul mngkin bs jg bulu sktr alat reproduksi trll lebat, shg sperma pjntan trhalang utk masuk….trims

  147. 232 ARIF 3 July 2012 at 1:48 am

    Assalamualaikum,om salam kenal,saya arif , saya pemula memelihara kenari,kenari saya uda bertelor baru satu,makanan apa yang cocok buat betinanya ya om, trus jantanya dipisah apa gak soalnya baru satu telornya…makasih

  148. 233 Suta 2 July 2012 at 12:43 pm

    Smoga saya bisa… Bagus bgt om tulisanya.. Sy sangat tertarik..

  149. 234 FHARIZON 28 June 2012 at 5:41 pm

    salam kenal om,saya mau tanyani saya punya 1 pasang kenari tapi waktu di jodohkan malah si jantannya yang takut ama betina nya kira2 apa permasalahan nya om

    • 235 Uphay 1 July 2012 at 8:24 am

      masalahnya belum jodoh om, atau usia jantannya belum cukup… kalau jantannya rajin bunyi, ditempel saja dulu kandangnya sama betinanya, jgn langsung campur,,,,

  150. 236 boal-boil 27 June 2012 at 7:53 am

    om saya jelas ngeliat perkawinanya pagi 2kali, sore 2kali dan malam 2kali cz justru saya awasin trus selama 24 jam om…apa ya om permasalahan lbh spesifik? kok tdak brujung bertelor2 betinanya

    • 237 Uphay 1 July 2012 at 8:48 am

      saya pernah punya betina Blacken.. hasil silangan BT X KN, ternyata seperti itu, ngawin tapi tak berujung dengan bertelur.. kesimpulannya mandul om… ada juga yg sudah tua betinanya… sama juga kasusnya. mungkin yg lain ada yg mau sharing dan tau masalahnya….

  151. 238 boal-boil 27 June 2012 at 4:09 am

    ass..om saya pemula saya mau nanya om burung kenari saya sudah kawin selama kurang lbh 2minggu tp kok si betina tdak kunjung brtelur2? Padahal sangkarnya sudah d rapikan dngan jantan dan betinanya? EF sudah lengkap setiap hr seperti telur puyuh,buah,dan sayuran dan tdk lupa jg minumanya saya kash multi vitamin, kenapa ya om? Dan apa sebabnya?

    • 239 Uphay 27 June 2012 at 7:17 am

      betinanya type “just for Fun” kali om… xixixiix (becanda om..heheh). Coba, om melihat kawinnya ga? takutnya 2 minggu itu hanya dicampur saja dan tidak terjadi perkawinan. kalau lihat kawinnya, biasanya artinya betinanya afkir / sudah monopause alias mandul om..hehehe. karena harusnya, setelah perkawinan, 4 hari kemudian sudah bertelur. Mungkin ada yang mau menambahkan…?

    • 240 ciplink 27 June 2012 at 10:15 am

      menurut saya mending sabar di tunggu pasti nelor ko ommm

  152. 241 iqbal 26 June 2012 at 3:16 pm

    kira kira harga kenari starblue di pasaran berapa ya….?

  153. 243 Andik Pratama 23 June 2012 at 7:41 am

    om mau tanya 1klo telur lebih dari 14 hri lom netes apa itu gk bs netes lgi 2 trs slma pengengkrman si jantan hrs dpisah itu aja om mksi sblomny

  154. 244 Eddy Jaya 22 June 2012 at 11:11 am

    puntn mau tnya misalkn kenari btina udh brtelor kenari jantan’y di pisah apa disatu kn kasih saran dong maklum pemula,,,,mkasih

    • 245 Uphay 25 June 2012 at 1:13 am

      Ada yang disatukan, ada yang dipisah, tergantung kemauan betinanya om, kalau dipisah ga mau ngeram, yah disatukan ajah,,,

  155. 246 boal-boil 19 June 2012 at 1:03 am

    om saya mau nanya apa sc pungsi daun mengkudu utk kenari khususnya kenari jantan cz saya pernah liat orang2 burung kenarinya ada yg d kash daun mengkudu? Dan bgaimana sic om cara melihat kenari tu gemuk atau kurus? Kalau kegemukan solusi uju mengkuruskanya bgainana?

    • 247 Uphay 19 June 2012 at 3:30 am

      Daun mengkudu “katanya” punya antioksidan, kalau saya pakai buat KN yg kena pernafasan, lumayan membantu mengurangi penyakitnya, gemuk tandanya, berat badannya om kalau dipegang, dan ada lemak di dekat Vent dan tengkuknya, solusi kegemukan yah diet dan terapy jemur om.

  156. 248 mustain 17 June 2012 at 5:51 am

    om mau tanya tambahan makanan waktu menetas pa y//???????

  157. 250 ciplink 16 June 2012 at 3:09 pm

    akhirnya anakan kenariku udah mulai keluar kan dang senangnya dan da betinaku udah bertelor semoga dua kenari betinaku bisa mengerami sampai menetas dan membesarkan anaknya amin…maksaih om sofayan ilmunya…

    • 251 Uphay 18 June 2012 at 1:14 am

      Mantaps om Ciplink, jangan lupa sharing2 ilmunya buat saya dan rekan2 yang lain…. hehehhe, Sukses selalu om….

      • 252 ciplink 18 June 2012 at 9:25 am

        oke om uphay trimakasih, kapan-kapan saya sering nunggu 2 betina telornya netas akan saya sering, karna saya menggunakan metode saya sendiri semoga hasilnya baus do’ain ya om uphay dan para senior…

  158. 253 boal-boil 15 June 2012 at 6:57 am

    om saya mau nanya saya bru dapet KN betina dr temen saya ma temen saya tdk d urus krang lbh satu tahun hanya d kash mkan bijian dbn air minum doank stelah sampai rmh sangkar saya kash rarang tmpat brtelur tp burungya kaya ketakutan om gubrak gubruk kaya burung liar sampai bulu sayapnya rontok sebagian yg ingin saya tanyakan knapa kok burungnya bisa bgtu? Bgaimana caranya memulihkan kondisi mentalnya supaya bisa d jodohkan ma kenari jantan punya saya?..

    • 254 Uphay 18 June 2012 at 1:09 am

      menurut saya itu giras krn jarang ketemu majikannya, coba ditaruh ditempat yg banyak lalu lalang orang (awas hilang,,heheh), kemudian, tempel jantan yang gacor dan biarkan sarangan tetap ada di kandang betina. pastikan dulu kalau betinanya gak kegemukan,krn biasanya, kenari yg cuma dikasih biji2an dalam waktu lama akan jadi gemuk. semoga bermanfaat.

  159. 255 andy 12 June 2012 at 7:00 pm

    omm, mau tanya, kalo mau ternak mulai dari nol kira2 modalnya berkisar berapaan ya budgetnya? trimakasih

    • 256 Uphay 14 June 2012 at 7:28 am

      Om Andy, kalau boleh saran, belajar dulu dari kenari lokalan, 1 jantan dan 2 betina, saya rasa dengan 1 juta sudah lebih dari cukup om, tergantung lokasi juga sih,, semoga berhasil om….

  160. 257 putra 12 June 2012 at 3:56 am

    OM burung kenari saya sudah betelor trus dierami 2minggu lebih, tapi gk menetas”. brp lama dierami nya si?

    • 258 ciplink 12 June 2012 at 12:11 pm

      boleh saya jawab…burung KN mengeremi 14 har di hitung mulai telor ke 3, itu kalo menurut saya mung kin yang lai ber beda monggo di tambahin…

  161. 259 boal-boil 9 June 2012 at 2:30 am

    om saya mau nanya kenari saya sudah brjoh walaupun sangkar msh d dkatkan tp yg jantan blm saya masukan.. Yang ingin saya tanyakan sarang tmpat brtelur kira2 dmasukan mulai kpan? Dan butuh brapa lama/hari si jantan boleh saya msukan jd satu dgn betitanya?

    • 260 Uphay 11 June 2012 at 8:11 am

      Taunya jodoh dari mana om? tidurnya berdekatan? betinanya sudah ngeleper? kalau saya, sarangan disediakan di kandang betina sejak pertama dijodohkan, bila betina sudah membulatkan/menyusun sarangnya sampai bagus, baru jantannya dimasukkan. biasanya 4 hari setelah terjadi perkawinan, betina sudah meletakkan telur pertamanya, dan jantan boleh diambil setelah telur ke dua. Semoga bermanfaat.

  162. 261 iqbal 7 June 2012 at 8:33 am

    om anakan kenari saya yang terakhir kok dibuang sama indukannya kenapa ya….?netas 4 sekarang tinggal 3

    • 262 Uphay 7 June 2012 at 10:49 am

      om iqbal, yang ke 4 anak haram kali om…xixixixix.. (becanda om),,, biasanya, insting induk membuang anaknya karena anaknya cacat/tdk sempurna, bisa juga krn betina over birahi krn ada jantan yg menggoda, sehingga sarangnya mau dipakai lagi. monggo kalau ada yang mau nambahin…

      • 263 iqbal 11 June 2012 at 6:28 am

        kalo perkawinan satu saudara boleh ya……apa nanti gak ada efeknya kayak cacad atau lain-lain…….? mohon pencerahan maklum newbie

      • 264 Uphay 11 June 2012 at 8:06 am

        @ Om Iqbal, sebaiknya dihindari perkawinan sedarah, karena kadang sifat buruknya yang lebih dominan, seperti badan kecil, lama bunyi, dan yang paling parah yah cacat. Namun tidak semua perkawinan sedarah jadi cacat, ada juga yang baik2 saja…

  163. 265 boal-boil 7 June 2012 at 4:52 am

    numpang brgabung om saya pemula yg ingin saya tanyakan sampai btas usia brapa thn kenari betina msh produktif/brtelur? Kalo kenari betinan dan jantan makin tua makin produktif atau makin turun kadar produktifnya?

    • 266 Uphay 7 June 2012 at 10:46 am

      Om Boil, sepengetahuan saya, makin tua makin tidak produktif om, usia 1-2 tahun adalah masa yang paling bagus produktifitasnya, balik lagi, tergantung pola rawatannya om, ada yang sampai usia 4 tahun masih bisa produksi, ada yang usia 3 tahun sudah tidak produktif, semoga bermanfaat

  164. 267 jangkung 5 June 2012 at 8:47 am

    ass…om mw tanya..btina saya gemuk cara kurusin y gmna om….mhon pjelasanya…trima kasih…

    • 268 Uphay 6 June 2012 at 3:05 am

      om jangkung, kalau saya terapi jemur plus umbar om, artinya, jemurnya agak lamaan di kandang umbar, dan perbanyak sayuran serta pembatasan pakan biji2an, paling cepat, 2 minggu sudah bisa terlihat hasilnya (betina mulai birahi bila sudah mapan usianya). tapi penjemurannya di pantau yah.. jangan sampai kering… heheheh, semoga bermanfaat

  165. 269 fajar tanu 4 June 2012 at 6:33 am

    om sy mo ty nih sama siapa aja yg tau.KN betina sy ko bs nelor tanpa dikawinin ya?apa penyebab nya ya padahal cuma dikasih makan eeg food

    • 270 ciplink 4 June 2012 at 10:14 am

      eeg food itu salah satu penyebabnya om, dan juga kalo ndenger pejan tan bunyi itu bisa penyebabnya karna menimbulkan birahi pada si betina….maap kalo ada kurang tolong para senior di tam bahin…..

    • 271 boal-boil 8 June 2012 at 1:46 am

      bgni aja kenapa ayam ras bisa brtelur tanpa d kawinkan.. Nah tu ja logikanya.

  166. 272 dion 1 June 2012 at 4:46 am

    trims atas infonya

  167. 273 ciplink 31 May 2012 at 8:08 pm

    setelah pentian yang lama akhirnya muncul juga bayi kenari alangkah senangnya karna 4 bulan lamanya gagal dan gagal akhirnya bisa melihat bayi kenari…
    trimakasih buat omsofyan om upay dan para senior lainya atas ilmu gratis ini akhirnya saya bisa merasakan punya anakan kenari sendiri biarpun lokal tp ane bahagia…..

    • 274 Uphay 1 June 2012 at 10:50 am

      Alhamdulillah… ga semua orang bisa om… karena ga semua orang mau menunggu dan sabar dalam 4 bulan tersebut,,, sukses yah…

      • 275 ciplink 3 June 2012 at 12:57 pm

        makasih om uphay…. moga kenarinya sehat dan tumbuh besar…makasih atas suportnya om-om semua

  168. 276 ody 31 May 2012 at 1:18 am

    om aku mau nanya dong, dirumahku ada sepasang kenari. minggu lalu aku kawinkan, lalu pisah kandang si jantan sama betina stlh saya lihat kawin. nah si betina malah nyarang di tempat makannya om sampai telurnya jatuh keluar kandang dan pecah. skrg keduanya sudah aku gabung ke 1 kandang lagi. mereka lgsg kawin dan si betina akhirnya mau nyarang di sarang yg beli di tukang burung. pertanyaannya, lebih baik jika disatukan saat ngeram atau dipisahkan? aku nanya ke tukang burung katanya dipisah om, mohon pencerahannya. terima kasih

    • 277 Uphay 31 May 2012 at 8:57 am

      kalau dipisah betinanya gak nyariin, yah dipisah aja om, karena bisa disehatkan lagi jantannya dan di kawinkan dengan betina lainnya, tapi bila disatukan terus dengan betinanya juga tidak masalah sih. semoga bermanfaat… sukses yah om…

  169. 278 aurick 24 May 2012 at 2:13 am

    ijin copas ke salah 1 grup di FB ya..

  170. 279 Angga 20 May 2012 at 8:37 pm

    Ass. Salam kenal Kang Sofyan…Maaf nie Kang mau tanya!!! Saya punya Kenari Sepasang umur kenari betina dah 6 bulan lebih kang tapi masih dara,terus umur kenari jantan dah hampir 1thn,saya coba masukin satu kandang waktu sore hari nya,waktu malem hari nya saya lihat kenari jantan lagi gituan sma betina nya hehehe… maaf nie Kang. Yang mau saya tanyakan :

    1. Kenapa kenari saya dah hampir 2 minggu lebih ke g’mau bertelur,padahal umur betina sma jantan dah cukup buat jadi indukan.

    2 Cara cepat buat mengatasi kenari betina yg masih dara supaya cepat bertelur gmna

    makasih Kang,,ditunggu sarannya….

  171. 280 mariota 12 May 2012 at 12:40 am

    assalamualaiku om,,salam kenal,,saya punya kenari yg sudah sering nelor tapi ga pernah sampai netas,,sebenar nya faktor apa saja sich om yg harus diperhatikan saat si indukan mulai bertelor sampai menetas…??..mohon bantuan nya om,,terima kasih…..

    Om banyak faktor penyebab kenari gagal netas bisa induk jantannya belum siap, induknya tidak bisa dibuahi, kondisi kandng ternak yg kurang nyaman dan banyak faktor lain, coba om baca2 link dibawah ini mudah2han bisa membantu http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari terimakasih

  172. 281 ikhsan 11 May 2012 at 3:17 am

    Ikhsan
    sy pemula om,mau tanya kenapa kenari jantan mesti dicabut waktu betinanya lagi angrem? Mohon balas y om

    om silhkan baca link dibawah ini, terimakasih, wassalam http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari/

  173. 282 Hari anwar 2 May 2012 at 4:30 pm

    askum..nunut ngaji mas sofyan..swun

    Waalaikumslm, silahkan om hanya mohon maaf tulisannya cuman yang ringan2 saja :) wassalam

  174. 283 wahib_nawa@yahoo.co.id 2 May 2012 at 1:28 pm

    asalamualaikum.Salam kenal Om,aku punya 2pasang kenari Om,aku beli dari penangkaran sejak tgl 01-01-2012 kemarin,udah cukup umur&jantan udah gacor,padahal udah tak kasih tulur puyuh 2hr sekali,multi vitamin,sayuran,tulang sotong&tak jemur dr jam 07-10 pagi,tp kok belum ada tanda2 mau kawin/birahi,tp udah sama2 akur,ada permasalahan pa ya Om,aku rawat udah 4bln ni Om,tlong pencerahan,Makasih

    Semua ada prosesnya om, mungkin kenari betinanya belum dewasa betul sehingga belum siap ternak… coba kandang ternaknya jangan terlalu sering dipindah2an sehingga kenari merasa nyaman di dalam kandang ternak, coba periksa badan kenari jangan sampai kenarinya kegemukan, kenari gemuk lambat birahi… sekian dulu om semoga sukses ternak kenarinya, wassalam

  175. 284 andi 27 April 2012 at 6:37 am

    om mau tanya kenari betina sy kalau pg sarangnya di rapikan namun sore dah di acak -acak sam betinya! minta solusinya om

    solusinya sabar om, kemungkinan kenari betinanya belum merasa nyaman dengan sarangnya… coba kedalam sangkar masukkan kapas atau tisue… mudah2an bisa mempercepat proses bertelor…. wassalam

  176. 286 rizal cahyadi 1 April 2012 at 5:31 am

    Salam knal om..mau tanya nih ada tips khusus ngga buat jodohin betina yang masih dara? Soalnya kn beetina sy galak banget sm jntnannya..pernah sm saya dipisah sm jntanñya, trus betinanya kaya yang nyari nyari kebngungan..tp wktu saya satuin lagi ßi jantanya malah dicuekin,,malah kadang si jantannya suka dipatukin…mohon pencerahannya om, tks wassalam

    Om Rizal, ternak burung kenari tidak seperti nyatuin cat dengan air ketika cat warna merah dimasukkan (disatukan) kedalam air maka dalam beberapa saat seluruh air akan berwarna merah. Nyatuin kenari harus ada prosesnya seperti proses penjodohan, meningkatkan birahi kedua belah pihak harus menyediakan tempat bertelor yang nyaman menurut si kenari… semua proses harus dijalani dengan sabar, begitu om yang saya tahu semoga bisa membantu…. wassalam

  177. 287 vidra 27 March 2012 at 7:06 am

    om kenari betina saya kegemukan, bagaimana caranya agar cepet di kawinkan..
    kenarinya harus dibuat ideal dulu om (maksudnya tidak gemuk & tidak kurus) caranya makanan ditakar perbanyak buah & sayuran, jemur secukupnya, demikian om…. wassalam

  178. 288 Rizki raditya 18 March 2012 at 4:38 pm

    Kenapa kenari betina sulit untuk d kawin padahal udah jodo….?sekian dan trima kasih by andik

    kadang2 kenari malu-malu jika dilihatin terus dia tidak mau kawin, kalau sudah jodoh biarkan mereka bersatu insya Allah ketika sudah ada niat kawin dia akan minta dengan sendirinya …. wassalam

  179. 289 Arie Anggara R 13 March 2012 at 4:00 am

    Om mau nanya kenari saya kan juara lomba, trus mau saya kawinkan..yang jadi pertanyaan apakah kenari jantan saya bisa diikut lombakan kembali?? kalo bisa ikut gimana tips perawatan serta menu makan hariannya dikasih apa??? hatur nuhun om…

    Om Arie, kenari lomba bisa diternak hanya menjelang ikut lomba harus dikondisikan dulu minimal seminggu sebelum lomba sudah harus diangkat dari kandang ternak… untuk pakan saya rasa biasa saja, bisa menggunakan pakan yang biasa diberikan setiap hari, demikian om, semoga sukses ternak dan lombanya… wassalam

  180. 290 abdullah 12 March 2012 at 2:55 am

    om, ane mau tanya,
    1.burung kenari saya sudah jodoh, tapi kok blm bertelur2 y…
    2. pada saat sudah jodoh, sepasang kenari apa masih perlu di jemur?
    3. kapan si jantan dimasukkan, apakah nunggu si betina ngunderi sarang dl om, atau pas jodoh y langsung dimasukkan…
    trims…

    1. Ada beberapa faktor penyebab kenari belum bertelor karena belum cukup umur, belum birahi atau penempatan sarangnya belum sesuai dengan keinginan burung kenari, coba om perhatikan penyebabnya apa.
    2. Setelah jodoh jangan terlalu sering dijemur, kadang2 ada indukan yang sensitif ketika kandang dijemur ada indukan yang mengacak-ngacak isi sarang.
    3. Tergantung kondisi kedua indukannya jika sudah birahi (siap kawin) langsung disatukan, hanya pada saat disatukan harus terus dipantau takutnya berantem……. wassalam

  181. 291 ginandjar 2 March 2012 at 12:20 pm

    Aslm. Om, saya punya betina (kata penjualnya) tapi lama-lama dia kok berbunyi gacor jadi aku pikir dia jantan. Sekarang sudah umur 1 tahun, dan kemarin dia bertelur 2 butir dan tidak gacor lagi. Padahal belum pernah dijodohkan karena aku kira jantan dan baru mau beli pasangan betinanya. Aku bingung kok bisa begitu ya? Mohon penjelasannya. terima kasih ya Om.

  182. 292 Yudi 29 February 2012 at 1:39 am

    Okey banget ilmunya.thanks

  183. 293 ibay 26 February 2012 at 9:42 pm

    assalamualaikum ..
    maap om saya mau tanya .. anak kenari saya hidungnya berdarah,, keliatannya si anak ini udah gk mau di loloh induknya .. kemudian si induk ttp memaksa mau meloloh.
    gmn cara menanganinya ya om .
    makasih sebelumnya

  184. 294 edelweis 22 February 2012 at 4:48 am

    Assalm..
    Om saya “newbie” nih, lagi belajar ternak kenari,
    Saya punya sepasang kenari, jika di pisahkan saling saut seolah saling memanggil tapi jika disatukan kembali, gak pernah keliatan saling meloloh makanan,
    Kalo malem juga tidurnya saling berjauhan, (mentang-mentang dapet ngejodohin)
    yang saya mau tanyakan, apakah kenari saya sudah jodoh ataukah belum om?
    Makasih om..

  185. 295 kristanto banu 21 February 2012 at 7:24 am

    assalamualaikum mas, salam kenal
    saya mo nanya nih.
    1. saya ternak pake sistem poligami, yang pertama dan kedua telur menatas tapi setelah itu telur tidak menetas. apakah jantan jadi mandul.
    2. apa bisa membuat jantan yang tidak bisa ngisi jadi ngisi, gimana caranya?
    3. gimana membuat jantan tetap fit dan selalu terjaga staminanya. (pola perawatan yang benar)
    4. gimana menangani mencret parah mas, sudah pake bermacam2 obat tetap ndak berhasil. burung mencret tapi burung tetap gesit seperti biasa, tidak nyekukruk.
    terima kasih sebelumnya mas.
    wassalamu’alaikum

    • 296 Uphay 23 February 2012 at 6:33 am

      Waalaikum salam wr, wb, saya bantu jawab yah Om Kris :
      1. Kalau jantan pernah ngisi, artinya gak mandul, cuma staminanya ngedrop ajah.
      2. Pada dasarnya semua mahkluk hidup bisa bereproduksi, seandainya rawatannya sudah baik (Mandi, jemur dan pakannya bagus) namun tetap tidak ngisi (dicoba dgn beberapa betina), baru bisa disimpulkan bahwa jantan tersebut mandul, dan hanya Allah SWT yang punya kesembuhannya om.
      3. Pola rawatan saya, jantan & betina sama, pagi dijemur minimal 1 jam (tergantung kondisi burungnya), mandi rutin dan pakan bijian selalu tersedia diselingi (sawi hijau,jagung manis,Apel,telur, gambas, kroto halus) selebihnya liat karakter burung, maunya dia apa dan bagaimana.
      4. Mencret bisa karena makanan (byk mengandung air contoh sawi putih), bisa karena penyakit, musti lbh detail lagi kalau penyakit om, kalau saya sedia CarCoal dan Greed sand (batu bara & pasir pantai kalau gak salah) yg memang diperuntukkan buat burung, lumayan bisa mencegah mencret. kalau parah baru kasih Super N (liat petunjuk pemakaian) setelah dijemur agak lamaan dan stop pakan sayuran.
      Semoga bermanfaat… Salam…

      • 297 kristanto 23 February 2012 at 9:56 am

        makasih banget kang uphay, berarti yang pernah ngisi itu bisa diperbaiki ya mas. trus pemberian kroto bagaimana pengaturan waktunya. juga tentang carcoal ama greed sand itu belinya dimana. terima kasih sekali atas bantuannya mas.

      • 298 Uphay 24 February 2012 at 3:36 am

        Sama2 Om, yang pernah ngisi pasti bisa om, selama bukan karena faktor Usia yah, kroto tidak semua KN suka, kalau saya seminggu sekali saja om 1 sendok teh yang bersih,segar dan kecil/halus. untuk Carcoalnya itu Import om, tapi bisa pesan ke Trisakti (liat ulasan peternak). Salam..

  186. 299 awan 20 February 2012 at 5:00 pm

    Gmana ngatasi kenari betina yg setres udah buat sangkar tp nelurnya smbil nangkring n jatuh . . .?Mohon solusinya thnx

    • 300 Uphay 21 February 2012 at 2:40 am

      ngatasinnya dibuat tenang om, disarang ga ada kutu, atau gangguan lain, gak ada suara bising, gak banyak gangguan hama dll, Nah “Tenang” versi betinanya itu yang musti dicari tahu… salam

  187. 301 waffa 19 February 2012 at 12:35 pm

    met malem n salam kenal om….
    Mo naya ne..
    saya mau coba ternak kenari, ada yang bilang setelah betina bertelur si jantan harus dipisahkan,,,,,
    Mohon penjelasanya, makasih….

    • 302 Rio 11 April 2012 at 2:34 pm

      Saya coba bantu jawab waffa..sebenarnya pemisahan jantan itu tergantung versi kita masing2 aja karena ada versi yang mengatakan:
      1.Kalo pejantan g di pisah gunanya untuk ngebatuin si betina ngeloloh bayangkan kalo telor yang netes ada 3 pasti betina kewalahan ngeloloh.
      2.Kalo pejantan di pisah karena takutnya di saat betina masih ngerem telor dan ngeloloh pejantan udh mintaa kawin lagii jadi betina stress..mohon koreksi kalo ada kesalahn..

      Om Rior terimakasih sudah berkenan sharing disini, insya Allah akan bermanfaat bagi kami, wassalam

  188. 303 winto 16 February 2012 at 7:21 am

    Om Uphay maklum kuli pabrik Om, jadi lagi banyak kejar setoran,,,
    sudah lama tidak buka blog Om AS , ternyata sudah banyak ilmu yang harus dipelajari ,,,berkat blog Om AS ini saya banyak belajar
    Thanks Om AS
    salam kenari mania

  189. 304 achmad jakfar 13 February 2012 at 2:52 pm

    om saya mau bertanya apakah harus dipisahkan burung yg sdh jodoh dan sdh kawin berapa kali.sy punya 2 pasang kenari yg satu sdh sering kawin tp yg satu blm kawinan tp tak bertengkar hanya berdekatan aja tlg om sulusinya trim

    • 305 winto 14 February 2012 at 9:05 am

      Ijin ikutan nimbrung Om,,,
      Om achmad jakfar pemisahan jantan dan betina tergantung kepentingan kita sendiri, …kalau saya karena pejantan terbatas setelah betina bertelur 1 butir pejantan saya pisahkan, ,,pemisahan tidak dilakukan kalau karakter betina yg maunya ditungguin pejantan.
      konsekuensi dipisahkan kalau anakannya lebih dari 2 ekor betina “keteteran” saat meloloh anakan jadi harus dibantu agar optimal.
      salam Kenari mania

  190. 307 budi dhafir 8 February 2012 at 1:39 pm

    Om numpang tanya kalau kenari f2 dikawinkan dengan af anakan y nama y apa?

    • 308 Uphay 9 February 2012 at 7:35 am

      Om Budi, anakannya jadi AF om (Anakan Fillian), tapi itu menurut yang saya tahu om, mungkin kalau menurut yang lain berbeda.

      • 309 winto 14 February 2012 at 9:12 am

        setuju Om Uphay ,,, namanya AF om Budi ,,, AF = Another Filial, (keturunan yang lain)
        yang berbeda dari setiap AF adalah di harganya Om hehehee,,,
        karena AF ketemu F1 juga disebut AF,,,

  191. 310 waspadateroris 26 January 2012 at 4:25 pm

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Kang Sofyan setelah gagal terus menerus alhamdulilah kenari netes empat ekor anakannya udah keluar bulu dan sehat. Kang AS makasih banyak hati ini begitu senang dan dunia kayaknya bertambah 17 benua. kepada rekan-rekan Kang Upay dan lainnya (anggap saja saya gubernur mengucapkan terimakasih melalui media massa). selanjutnya hati-hati dengan kenari yang baru dibeli dari kios atau darimana saja pengalaman buruk, kenari merah kesayangan 9 bulan dipelihara mati sia-sia gara-gara dipinam teman 10 hari, selain kenari merah menular juga ke kenari betina. ah …padahal saya udah baca bolak-balik tulisan kang Sofyan tentang masalah ini.
    Waasalamu’alaikum Wr Wb

    • 311 Uphay 9 February 2012 at 7:32 am

      Mantap Om Was (Gubernur benua ke 17..xixixi), Sukses yah, jangan lupa, sharing2 di blog tercinta ini kalau udah sukses, Pisss……

  192. 312 samas 16 January 2012 at 3:48 pm

    salam kenal,

    klo betina mau dikawinkan apakah kukunya mutlak harus dipotong biar nggak ganggu telornya nanti

  193. 313 ridlogatotw 16 January 2012 at 9:25 am

    Saya mau numpang nyari mas,Butuh kenari betina warna Romeo atau Merah bata juga mau yang sudah siap kawin/birahi/minimal umur 1 tahun CP : 085728005007
    Mau tanya juga nih mas,dulu saya pernah coba ternak udah bertelur 2 butir,tapi semua telur yg ada di sarang dipecah sama indukannya,kenapa ya mas?minta sarannya

    • 314 rony 13 February 2012 at 3:29 am

      dear,om tolong d respon pertanyaan di atas krn saya saya mengalami hal yang sama.
      thanks atas infonya

      • 315 Uphay 13 February 2012 at 3:57 am

        kalau pengalaman saya, ada beberapa penyebab telur pecah :
        1. betinanya/jantannya tidak nyaman dengan sarang, sehingga niatnya ngebetulin sarang eh malah ngerusak telur
        2. Lingkungan tidak nyaman (bising,ada tikus, semut merah,kutu dll), sehingga saat panik telurnya pecah
        3. betina butuh / kekurangan kalsium, sehingga telurnya yang dimakan, nah kalau yang ini harus dibenahi dulu kandungan mineral dalam pola makannya.

  194. 316 aep 11 January 2012 at 12:40 pm

    ass ,, salam kicau mania ,, numpang jualan pak saya mu keluarin anakan warna putih ma kuning ,, info lebih lanjut hub 085885191888..
    matur ksuwun ,,

  195. 317 Angga Rastafara 8 January 2012 at 12:49 pm

    Om gilang@ telur puyuhnya coba di belah

  196. 318 rohim 6 January 2012 at 8:59 am

    assalam…
    mas sya mau tnya mas,,kan sya coba ternak kenari,,nah telur pertma ia tida di sarang n telur itu di makan lagi sma dia,,n bertelur cuma sekali tuh knpa ya mas??
    minta bantuan nya ya mas,,mkasih

  197. 319 Gilang.prasetyo 5 January 2012 at 6:40 am

    salam kenal om aku gilang aku penunya KN tapi gx mau makan telur puyuh.
    gimana biar KN saya bisa makan telur puyuh n cara ngasihin nya kasih bulat-bulat apa
    di tumbuk atau ada cara lain gitu om. mohon bantuanya om thaks.

  198. 321 riyan 27 December 2011 at 3:18 pm

    salam kenal om.. saya riyanto punya kenariwarna orange tua, yang katanya perempuan (walnya memang tidak pernah bunyi) tapi lama kelamaan kenari itu gacor banget bunyinya bahkan menurut saya jantan kalah bunyinya. jika dilihat secara fisik tubuhnya membulat (tidak lonjong) pertanyaannya apakah kenari itu betina atau jantan sebab udah dicampur sama jantan 3 bulan lamanya tidak berantem tidak juga juga nelor. makasih

    Om kalau rajin bunyi dan suaranya ngeroll besar kemungkinan jantan, coba baca link ini semoga bermanfaat http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari ,wassalam

  199. 322 Beby 26 December 2011 at 2:30 am

    Alhmdlh om KN betna saya dh nelor 3 krg udh masa pengeraman
    tp ada kendala yg buat saya was2 om saya mnta pencerahanya dr om sofyan .yang:
    1.makanan yang cocok untuk kn pada saat mengerami telor
    2.kenapa setiap ada kenari btna bnyi cuit gitu kq turun sambil nyaut .
    3.terus td saya lht turun mandi.
    Tolong pencerahanya om.trmaksh sblmya

    Om saya tidak bosan2 untuk menunjukkan link dibawah ini, karena menurut saya pada link ini sudah komplit, terimakasih http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari , wassalam

  200. 323 Beby 25 December 2011 at 5:55 am

    Om kN Betina saya baru saja mabung terus karang massa sulam bulunya tumbuh tp kq setiap dgr kenari jantan ngleper2 minta kawin.terus langkah penangananya gmn om di kawinkan apa di biarkan dulu nunggu selesai nyulamnya.?trmakash om tolong pencerahanya.

    biarkan saja mabungnya selsai om, biar jelas coba baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

    wassalam

  201. 324 febro 22 December 2011 at 3:26 am

    Assm.Mas Sofyan..
    Sekedar sharing….untuk betina yang sulit untuk meloloh anaknya..atau betina tidak pandai merawat anak.sebaiknya metode pelolohan dilakukan manual, tapi ini perlu ketelatenan dan ketelitian lho…dan asupan pakan juga harus diperhatikan..
    Saya sendiri untuk kenari belum pernah, tapi saya punya pengalaman merawat anak burung jalak 2 ekor hasil tangkapan yang ditinggal induknya dari piyik sampe burung terjual….hehehe..
    Wassalam
    Febro

    waalaikumsalam, Terimakasih atas sharingnya om, wassalam

  202. 325 Toni Nurjaman 20 December 2011 at 6:16 pm

    Om Alhamdulillah ternak ku mulai kelihatan hasilnya… anak-anaknya nampak sehat…om. Ada yang ingin saya tanyakan waktu untuk istirahat bagi jantan untuk melakukan perkawinan dari betina yang satu ke betina berikutnya (system polygami) idealnya berapa lama om …? kemudian juga yang betina sesudah anak-anaknya dipisah apakah perlu waktu istirahat untuk bertelur lagi juga berapa lama istirahat yang idealnya om??? makasih ya…. om… wassalam…

    Alhamdulillah turut senang mendengarnya, jantan diistirahatkan cukup 1 minggu, jika perawatan baik (makanan berkualitas, pemberian EF (sayuran, telor puyuh & buah) diberi bergantian) dan rajin jemur tidak perlu diistirahatkan, istirahatnya nanti saja pada saat mabung, demikian om, wasalam

  203. 326 king haho 16 December 2011 at 5:05 pm

    ass…..om sya mau tanya,klo betina telurnya sudah menetas apa yang saya lakukan..agar anakannya tetap sehat,apakah ssudah kenari menetas harus sya jemur atau tetap ditempatnya sampai besar anaknya? terimakasih dan tolang dijawab pertannyan saya…

    Om King Haho, untuk permasalahan ini saya sudah sering bahas, coba om baca-baca tulisan saya di folder pengelaman ternak burung kenari, terimakasih, wslm

  204. 327 harry suyanto 14 December 2011 at 11:26 pm

    assallamualikum wr wb.
    om,jumpa lagi dg saya.kabar baik om betina predator yg suka bunuh anakannya skrg sdh tumbuh naluri keibuannya.setelah anaknya netas 2 dia telaten merwat anaknya tsb sampai skrg.dan pasangan kenari holland saya juga sdh mau bertelor dg proses perjodohan yg relatif singkat kurang dr seminggu.jantannya sengaja ga saya pisah om.biarkan secara alami mereka merawat telor dan anakkannya bgm om?krn selama ini yg saya baca jantan sering di pisah saat betinanya bertelor.makasih om atas jawabannya wassalam

    Waalaikumslm, alhamdulillah turut senang om, mengenai jantan dipisah atau tidak terserah mudah2an link ini bisa membantu http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari , wslm

  205. 328 upik 11 December 2011 at 3:08 pm

    ass, om, mohon masukkan nih, ada bbrp kn yg sdh masuk usia kawin bln ini. Stlh kn jodoh, apa bs dipindahkan ke kandang permanen? Sarang apa hrs dipindahkan jg? Bs ga penjodohan dikandang permanen, mengingat kn hrs di jemur.

    Wassalam,

    waalaikumsalam, Om Upik bisa saja kenari diternak di kandang permanen, selama proses mengeram kenari tidak perlu dijemur, hanya perlu dibantu asupan makanan yang bergizi dan multivitamin, demikian om, wslm

  206. 329 OM MAMAT 9 December 2011 at 4:41 pm

    Permisi om

    Tanya om saya masih pemula
    1 .saya belum pernah lihat kenari kawin apakah sama seperti ayam…dikejar-kejar lalu ditubruk..sebab kenari saya sepasang sudah 2 hari tubruk-tubrukan.
    2. Setelah 2 hari boleh tidak dipisah….kasihan yang betina…yang jantan nafsu banget…..biar nanti saya beliin 3 lagi betina…biar ditubruk semua..maksud saya biar betina pertama yang udah ditubruk 2 hari berturut-turut bisa sendirian dikandang…sampai bertelur dan sampai anaknya sudah bisa mandiri…baru kawin lagi

    gimana sebaiknya om apa cara saya ini Benar

    Om MAMAT

    Om Mamat coba baca-baca dulu link ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

  207. 330 Sulaeman 9 December 2011 at 1:35 am

    Ass…
    Mf Om m0 nnya alamat lngkp’y,klo blh tw karawang’y dmn Om.?
    Saya 0rng karawang jg,Klo da waktu insya allah saya m0 main skalian m0 belajar s0al ternak kenari gt..

  208. 331 Toni Nurjaman 30 November 2011 at 2:18 am

    Salam buat semua pencinta kenari…. Om maaf aku mau nanya nih kayaknya aku kurang paham…. betina yang udah membesarkan anaknya kemudian siap kawin lagi dengan jantan sistem polygami, apakah memerlukan proses penjodohan lagi atau langsung di kawinkan aja om….? oh ya Om… ada kabar buat semua nih… Alhamdulillah… 2 betina dah menghasilkan 3 anakan yang satu dah keluar sarang dan siap matuk-matuk yang dua lagi belajar makan dari ibunya… terimakasih ya om… atas bimbingannya…. semoga ilmu yang kita tebar bermanfaat untuk orang banyak…. Salam… buat Kenari Indonesia…. from Bandung….

    Turut gembira mendengarnya om, biasanya indukan yang pernah dijodohkan tidak perlu proses penjodohan karena sudah saling mengenal, hanya pada saat penjodohan harus kita awasin takutnya terjadi berantem, demikian om wslm

  209. 332 Viek 29 November 2011 at 5:06 am

    Slam kenal om sopyan., maaf om sya mau tanya ., saya punya sejodoh yg sudah bertelor, tapi gagal netas,, pertanyaan nya cara untuk kenari supaya siap kawin gi., mohon saran nya om., hatur nuhun

    Agar indukan bertelor kembali, telor beserta isi sarang yang lama dibuang, kandang ternak dicuci bersih, indukan di rawat dengan baik mandi dan jemur rutin, insya Allah dalam waktu dekat kenari akan bertelor kembali, demikian om

  210. 333 Harry 28 November 2011 at 11:46 am

    Assalamualaikum wr wb.
    Jumpa lg dg saya om sofyan,mau menyambung cerita yg dulu om,mengenai induk kenari yg suka bunuh anaknya.saya tetap sabar utk mempertahankan indukan tsb,indukan tsb sekarang bertelor lg 3 butir,tnyata dia lebih nyaman ketika pejantannya tdk di pisahkan,krn si jantan dg sabar juga nunggun di ujung sarang sekali kali nyuapin si betina,semoga pas netes kelak indukan tsb tdk membunuh anak2nya lg.

    Waalaikumslm,
    amin semoga apa yang om harapkan dapat tercapai, tidak ada yang bisa mengalahkan sabar om hehe….

  211. 334 Hendry 27 November 2011 at 6:56 pm

    boleh ikut gbung y,,, sy Hendry saya bru akan belajar ternak kenari di lampung,, mhon pncerahanya dong om,,, kalo untuk dilmpung saya bisa dpetin indukan dimn ya,,,, terimakasih,,,

    Selamat bergabung om, di Lampung ada om Afiudin dan om Habibain. terimakasih

  212. 335 waspadateroris 22 November 2011 at 11:59 am

    Assalamuálaikum Wr Wb
    Om Sofyan mudah-mudahan ingat saya…sempat saya janjikan kabar gembira…tapi gagal Om gak ada yang netas…tapi saya mulai awali lagi sebenarnya kenari nelor 3 yang pertama nelor tidak di sarangnya jatuh dan hancur. tinggal dua yang mengeram. kemudian saya tunggu sampai 14 hari dan ternyata tidak netas bahkan induknya malah tidak mau ngeram setelah saya tunggu tiga hari. induk kelihatan enjoy segar bugar dan masya Allah gemuk banget (waktu negram tidak pernah lupa tiap hari telur puyuh, gambas dan vitalur). sekarang ini tepat selepas maghrib saya hancurkan itu sarangnya dan saya ganti dengan yang baru dengan harapan besok pagi mau nelor lagi. Om Sofyan jujur aja hati ini hancur rasanya Om bukan soal kenari tapi Omsaya nunggunya gak keruan perasaan tapi apapun itu Om ada tempat untuk curhat di blog ini.
    Wassalamuálaikum Wr Wb

    Waalaikumslm, itulah om nikmatnya ternak kenari ada proses berdebar-debar menunggu kenari beranak pinak hehe…. insya Allah suatu saat om akan melihat bagaimana indahnya anak kenari berebut makanan dari mulut induknya. Pagi hari disambut dengan suara anak kenari yang minta disuapin induknya (halah tambah hancur nich perasaan hehe…. maaf om saya tidak bermaksud mengolok-ngolok hanya ingin menambah semangat agar om semakin tertantang dalam beternak), om untuk indukan yang sedang mengeram jangan terlalu sering diberi telor puyuh cukup 1 x seminggu. Indukan kegemukan kurang baik bagi kesehatan, drmikian om semoga ternaknya sukses

    Wassalam

    • 336 waspadateroris 25 November 2011 at 3:58 am

      assalamuálaikum Wr Wb
      terimakasih Om Sofyan…sekarang ini saya mulai lagi dari nol saya perhatikan betul detailnya dan terus menerus belajar dari blog ini baik dengan tanya langsung maupun dengan membaca komentar-komentar. terus terang saya jadi ingat komentar ternak kenari gak ada tantangannya, ternak kenari itu gak cukup uang tapi cukup kuat imannya untuk sabar dan nelangsa ya om. Terimaksih Om Sofyan (gak ngerti lagi berapa kali saya terimakasih soalnya Om Sofyan gak bosan-bosannya jawab pertanyaan dan keluhan) jadi ingat cerita seorang ayah pada anaknya

      Waalaikumslm, dalam ternak burung kenari bagi saya pribadi uang penting tapi tidak menjadi prioritas utama, yang pertama dan utama sabar dan tekun. Jika sudah berhasil di ternak kenari lokal bisa membeli indukan yang lebih baik dari hasil penjualan anak kenari produksi sendiri, tetap semangat om insya Allah saya siap menerima keluh kesah rekan-rekan semua dalam menghadapi tantangan dalam beternak burung kenari. Wsslm

  213. 337 Habibain 21 November 2011 at 5:45 am

    Assalamuálaikum Wr Wb
    Mohon maaf kesediaan waktunya. Kenari saya seharusnya tanggal 24 nopember 2011 sudah ngeram 14 hari, pagi tadi tanggal 21 nopember ternyata kenari betina tidak lagi ngeram malah terus dibawah dan kelihatan sangat bugar. Apa yang harus dilakukan saya khawatir tidak netas, masalahnya tadi pagi saya bawa jantan ke atas (untuk jemur) dan jantan bunyi crit-crit terus dan disahut sama betina langsung turun dari sarang. Sampai sekarang ini pukul 01 siang tidak mau ke sarang lagi.
    Terimakasih atas kesediaan waktunya
    Wassalamuálaikum Wr Wb

    • 338 Uphay 21 November 2011 at 6:22 am

      Wa alaikum salam wr. wb,
      Saya coba bantu apa yang saya pelajari dari blog kita tercinta ini, Betina akan berhenti mengeram saat tubuhnya lemah / sakit, saat terganggu oleh hama seperti tikus, kutu dll, saat mendengarkan jantan yg guacor, terkadang betinanya birahi lagi (apalagi bila semasa mengeram diberi makanan tinggi protein). Akibat birahi ini, betina akan meninggalkan eramannya dan minta dikawin lagi. kalau stamina betina sehat, saran saya, pisahkan jantannya (jangan sampai terdengar oleh betina), beri ketenangan kepada betinanya untuk kembali mengeram (bisa ditutup koran sisi kiri dan kanannya, tapi pada saat awal penjodohan). Semoga bermanfaat…
      Wassalamualaikum wr. wb

      • 339 Habibain 21 November 2011 at 9:31 am

        Assalamuálaikum Wr Wb
        terimakasih banyak om Uphay atas sarannya. maaf nambah dikit pertanyaan kalau begitu dibiarkan saja yah…kenari saya disangkar gantung tadi pas saya cek rasanya agak panas apakah perlu dipindah.
        Buat Om SOfyan maáf blognya dipake curhat-curhatan
        Wassalamuálaikum Wr Wb

      • 340 rian 21 November 2011 at 7:13 pm

        pak, mau tanya. perbedaan kenari AV dan lokal super .

        Om Rian, bagi saya lokal super dengan AF itu sama karena lokal super itu biasanya lokal yang mempunyai badan besar, sedangkan AF itu anak hasil silangan lokal dengan F1 biasanya AF itu besarnya diatas lokal dibawah F1 jadi bagi saya pribadi AF dengan lokal super sama saja, demikian maaf kalau tidak berkenan.

        Wassalam

    • 341 Uphay 22 November 2011 at 6:39 am

      @Om Habibain
      Intinya … beri ketenangan dan kenyamanan bagi betina untuk mengeram Om… kalau panas yah dicari yang kira2 dia nyaman.. itu aja kok om..

      @Kang Oyan,
      Punten kang … dipakai curhat… hehehe

      Kang Uphay silahkan, saya senang adanya diskusi di blog ini

      Wassalam

      • 342 Habibain 22 November 2011 at 7:04 am

        Kang Uphay nuhun pisan nya ! ters terang abdi nuju susah, jiganamah kenari teh gagal netes sebab dugi ka kiwari kenari malah mogok ngerem..tapi da ieumah usaha kang, nyuhun doána. abdi ti Bandar Lampung. Buat Om Sofyan maáf yah pake curhat lagi soalnya Om Sofyan ada dimana yah …moga-moga seagames cepat selesai yah….

        Kang Habibain, silahkan saja sharing disini bebas yang penting jangan di gunakan untuk ngegosip hehe…. kang coba jantannya disatukan kembali, kadang-kadang ada betina yang manja dimana pada saat mengeram tidak mau dipisah, semoga ternaknya berhasil om

        Wassalam

  214. 343 Hidayat 18 November 2011 at 3:17 am

    kang,, saya hidayat seorang menggemar baru burung kenari.
    mu tanya ni:::
    sejak umur berapa anak kenari mulai bersuara???

    trimakasih

    Kenari mulai bunyi pada usia 1,5 bulan dan mulai pecah (bunyi suara kenari dewasa) setelah mabung pertama sekitar usia 5 bulan, tks

  215. 344 Habibain 17 November 2011 at 9:10 am

    Assalamuálaikum Wr Wb
    salam kenal Om Sofyan…saya Habibain tinggal di Lampung. Cara bedakan kenari lokal dengan F1 bagaimana caranya yah om ! terus kenari saya lagi ngeram tapi sarang yang saya buat dari tempurung kelapa dengan alas handuk ? apakah berpengaruh Om ! (ini setelah saya baca artikel om Sofyan membuat sarang dari Triplkes..dan ada komentar jika kurang udara penetasan kurang sempurna. maaf om saya tetap nanya lewat artikel peternak kenari bagi pemula…sebab saya memang pemula.
    Wassalamuálaikum Wr Wb
    terimakasih atas waktunya
    Habibain

    Waalaikumslm, membedakan kenari lokal dengan F1YS biasanya F1Ys lebih besar dari kenari lokal, postur tubuhnya seperti wortel terbalik, kepala besar semakin ke ujung ekor semakin lancip. Tetapi ciri-ciri yang saya kemukakan merupakan ciri-ciri yang terbaik, ada beberapa F1Ys yang menyimpang dimana postur tubuhnya kecil. Pada saat telor dierami membutuhkan sirkulasi udara yang baik sehingga kondisi sarang terasa nyaman, jika sirkulasi kurang baik akan mengakibatkan telor tidak menetas karena embrionya keburu mati. Untuk telor saat ini biarkan saja om, nanti untuk periode berikutnya sarang beserta isi sarang diganti, demikian sharing dari saya semoga telor yang sedang dierami bisa menetas. wslm

    • 345 Habibain 17 November 2011 at 3:20 pm

      assalamuálaikum Wr Wb
      terimakasih om Sofyan atas jawabannya. semoga ilmunya bermanfaat khususnya bagi saya. Insya Allah saya adalah salah satu orang yang selalu menyempatkan diri setiap malam setidaknya 30 menit untuk belajar di Blog Om Sofyan ini.
      Wassalamuálaikum Wr Wb

      Wah senang rasa mendengar om rajin mengunjungi blog saya, mari kita sebarkan virus hobi kenari di lingkungan kita hehe…. wslm

  216. 346 Toni Nurjaman 14 November 2011 at 7:08 am

    Om punten mau konsultasi nih…. sebelumnya maaf dah mengganggu aktivitas sponsorship SEAGAMES NYA… SUKSES YA OM… Gini om aku dah dapat betina AF (born hijau), kalau di kawinkan dengan jantan lokal nanti anaknya AF atau lokal Super ???? terus sekedar informasi betina yang ngeram 4 anak tinggal satu anak lagi tapi pertumbuhan cepat, sekarang alhamdulillah dah pake ring kakinya,,,, makasih om atas bimbingannya semoga Alloh membalas kebaikan kita semua… amiiin… buat kenari Indonesia … SALAM…!!!!!

    Om Toni, mohon maaf untuk F-F an saya tidak mengerti karena masih menjadi perdebatan, syukur kalau hasil ternaknya ada yang sudah mulai besar, semoga sukses ternaknya om

    Wassalam

    • 347 Habibain 16 November 2011 at 12:06 pm

      Maaf Om Toni saya mau tanya nih ! (kalau ke Om Sofyan terus malu) beli ring untuk kenari dimana yah dan harganya berapa. ditunggu yah. untuk om sofyan salam selalu semoga Seagames Palembang Sukses

      • 348 Toni Nurjaman 21 November 2011 at 7:33 am

        Met Kenal om habibain… dengan orang bandung nih…. dulu sewaktu pertama kali aku juga sama bingung nyari-nyari ring buat KN, ternyata sewaktu pulang kerja aku lewat kios burung dan ternyata memang ready stock harganya di kisaran 1500 sampai 2000, kecuali kalau ringnya pingin diberi teks sesuai keinginan kita harganya lumayan juga om…. coba deh sambil jalan-jalan barangkali ada kios yang nyediain ring untuk kenari tapi memang tidak semua kios burung nyediain, kalau di Bandung mah… yang pasti di pasar burung sukahaji banyak om…..jangan lupa buka blog tentang pemasangan ring kenarinya ya om…. htr nhn… punten om sofyan aku sharing ya…..

  217. 349 Rizki raditya 9 November 2011 at 4:09 pm

    Apakah betina AF dan lokal super bisa di jodohkan…?thank’s by andik

    Bisa saja om, jangan takut untuk mencoba

    wassalam

  218. 350 aep gusna 9 November 2011 at 6:53 am

    mau ikutan sering om

    Silahkan saya tunggu sharingnya om, semoga apa yang om sharing-kan disini bisa bermanfaat bagi kenarimania, terimakasih

    Wassalam

  219. 351 Toni Nurjaman 8 November 2011 at 7:03 pm

    om atau siapa aja tolong beri masukan dong…. 3 hari lalu telur kenariku menetas 3 telur di hari keempat satu ekor yang baru menetas mati ntah terinjak atau knapa… aku pikir mungkin tempatnya terlalu kecil karena dari tempat pakan yang ukuran besar… lalu sekarang aku pindahkan ke tempurung kelapa… alhamdulillah sih masih mau mengeram dan meloloh anaknya…… betul nggak nih …. yang aku lakuin…. terus umur berapa kalau kita ingin bantu meleloh anaknya…..???? maaf yah … banyak nanya maklum pemula…. makasih sebelumnya semoga Alloh membelas kebaikan kita semua…. amiiin….

    Selamat om semoga ternaknya semakin sukses, mungkin untuk kedepannya jika ingin memindahkan anakan ke sarang baru pada saat usia 7 hari keatas, kenapa usia 7 hari karena pada saat itu saya biasanya memasang ring hehe…. maaf ini pengalaman pribadi saya. Tetapi berdasarkan pengalaman saya usia 0 s/d 3 hari merupakan kondisi yang riskan bagi anak kenari dimana pada usia tersebut masih membutuhkan kehangatan yang maksimal. Pada saat pindah sarang biasanya indukan membutuhkan penyesuaian lokasi akibatnya anaknya kurang perhatian….. yang paling dikhawatirkan jika pindah sarang adalah indukan menjadi over protective, dimana indukannya tidak mau meninggalkan sarang akibatnya anaknya mati karena kekurangan makan atau mati terinjak. Demikian om tapi jangan khawatir insya Allah anaknya akan selamat hehe…. upsss… ada yang lupa saya rasa anakan tidak perlu kita bantu loloh yang penting pakannya cukup, waktu untuk meloloh lebih baik dimanfaatkan untuk kegiatan lain om yang lebih bermanfaat.

    Wassalam

  220. 352 Toni Nurjaman 4 November 2011 at 5:58 am

    Wah …. Mantap nih arahan om sofyan dan waspadateroris…. burungnya dicoba dipisah selama 3 hari… dikasih makanan yang bergiji…. telur puyuh… dan saosin… pas disatukan langsung tancep gas tuh jantanan… betinanya langsung buat sarang… Alhamdulillah … makasih om dan waspadateroris…. cuman mw numpang tanya lagi kalau betina yang ngelolohin anaknya dikasih cabe merah…….apa benar bisa membuat anaknya menjadi merah….???? makasih… om….. salam saya dari bandung…..

    Syukur om kalau kenarinya sudah mulai siap ternak, semoga ternaknya lancar

    Wassalam

    • 353 waspadateroris 5 November 2011 at 2:51 pm

      Om Toni saya coba sharing aja yah (itung-itung meramaikan blog Om Sofyan) soalnya beliau sibuk banget….memberi makan dengan cabe tidak akan maksimal memberikan warna merah pada kenari, ada juga wortel (soalnya apa gak mati kepedesan yah)…tapi kata Om Sofyan kenari dengan rekayasa warna merah dari makanan mudah dikenali perbedaannya dengan yang asli (coba cari aja dengan teliti di blog Om Sofyan pasti lengkap petunjuknya)….soalnya kalau saya jelaskan tuntas saya juga dapatnya dari baca Blog ini kagak enak euy….salam moga sukses saya asli karawang Kecamatan Rengas Dengklok tinggal di Bandar Lampung sejak tahun 1993 merantau seorang diri…

      • 354 Tonie Nurjaman 6 November 2011 at 12:11 pm

        okay om waspadateroris…. makasih masukannya… moga sukses perantauannya …om….. jadi kalau begitu biarkan saja warna kenari alami saja om????…..

      • 355 candra rambo 26 March 2012 at 3:01 pm

        om sya masih belajar ternak kenari gmna penjodohannya? kenari jantan sya tidak gacor setelah aq masukn 1 satu sangkar dia ciuman terus tapi sang betina gk mau kawinin gmna neh om

        Rata-rata kenari setelah disatukan jadi jarang bunyi, agar mau kawin jangan dilihatin terus om dia malu mau kawinnya, jika sudah terlihat akur biarkan saja jangan terlalu sering dilihat kenarinya merasa terganggu…. wassalam

  221. 356 Tonie Nurjaman 31 October 2011 at 4:12 am

    maaf ya om aku mau nanya lagi nih aku di Bandung lupa kemaren nggak perkenalin dulu…. 3 hari yang lalu aku dapat betina kata si tukang dagangnya dah siap pisan nggak usah dijodohin dulu langsung kawin…. apa betul om prinsip kaya gitu…..

    Om Tonie, maaf baru jawab seperti rekan2 ketahui di Palembang akan ada SEA Games yang ke 26 berhubung perusahaan saya menjadi sponsorship jadi saya kebagian juga jadi tukang beres-beres, selain itu informasi temen2 bandwidth FO jaringan di Sumsel dibagi 2 untuk acara SEA Games jadi kadang2 blog ini sulit sekali di akses, demikian om mohon maklum, eiittt …… untuk jawabannya saya setuju dengan pendapat om Waspadateroris…

    Wassalam

    • 357 waspadateroris 31 October 2011 at 5:31 pm

      ini saya coba balas..sambil nunggu om sofyan yang super sibuk tapi masih sempat ngurus penggemar kenari dengan sabarnya. begini kata om Sofyan juga sih diblognya….kenari itu kalau belum pernah dijodohkan khawatir malah berantem jika langsung disatukan…jadi kurang tepat kayaknya kalau langsung dikawinkan…sabar aja (inimah sama dengan kondisi saya saat ini nunggu kenari nelor) ….dekatkan saja dulu kandang jantan dan betinanya ntar kalau si jantan gacor banget dan betinanya udah ngeleper-ngleper tandanya siap kawin …tapi tetap saja harus dipantau khawatir berantem…kalau berantem segera dipisahkan. waktu yang baik untuk menyatukan kenari adalah sore hari….(maaf inimah pemahaman saya atas tulisan om sofyan) jelasnya tunggu om sofyan aja yah..

      Mantap, setuju 1000 % om hehe…. terimakasih om sudah membantu sharing semoga amalnya bermanfaat bagi yang lain….

      Wassalam

    • 358 Toni Nurjaman 1 November 2011 at 2:39 am

      oke om terimakasih ya…. semoga sukses ya… doa kami menyertai om…. juga om Waspadateroris makasih ya…. sekarang aku coba pisahin dulu kenari betina dan jantannya….. semoga mereka beranak pinak…. untuk kenari Indonesia SALAM………..

  222. 359 Al-ViN 28 October 2011 at 3:36 am

    Assalamuakum… bpk sy mau tnya, knp kenari sy btelur hy satu butir, trus kl pjntan sy pisah knp betina gak mau mengeram. mohon djawab krna ini pertama kali sy coba2 bternak. trims wassalam..

    Ini indukan baru pertama kali diternak ?, jika baru diternak saya rasa masih wajar, saya rasa hal ini telah saya bahas di tulisan saya terdahulu… coba om cari ditulisan saya yang telah lalu….

    wassalam

    • 360 waspadateroris 30 October 2011 at 12:09 pm

      Salam !
      om Sofyan …saya sebetulnya sudah hampir putus asa ternak kenari, betina udah saya ganti dua kali…bahkan yang kedua kata yang jual sih lagi nelor satu butir terus saya beli dan saya kawinkan dengan kenari jantan sayausianya kurang lebih 1,5 tahun. jujur saa awalnya saya penggemar berat kacer ketika bertemu dengan blog akhmad sofyan saya ganti semua kacer dengan kenari, sebab menurut saya ilmu saya udah cukup hampir tiap malam saya baca blog ini om… sampai saat ini kondisi kenari jika ditaroh kapas dibuang sama betina…saya taroh lagi eh dibuang lagi demikian seterusnya.

      Saya percaya om pasti akan berhasil ternak kenari hanya tinggal menunggu waktunya saja, mungkin kenari betinanya belum siap jadi masih harus sabar menunggu … coba kenari betinanya di beri telor puyuh rebus cukup sebelah saja, demikian om

      wassalam

      • 361 waspadateroris 31 October 2011 at 5:25 pm

        om terimakasih. udah dibalas lagi. kondisi kenari saat ini sudah buat sarang(gak diacak-acak lagi) dan kayaknya bulan Nopember ini dah nelor. makasih om sofyan moga dipanjangkan umur dan murah rezekinya. ntar kalau udah bener-bener nelor saya kasih tahu kabar gembiranya. maklum om saya kerja siang malam di depan komputer jadi burung kenari itulah satu-satunya pelepas dahaga dan penyemangat saya bekerja.

        amin, tuch kan apa yang saya bilang temen-temen kenarimania itu sebetulnya sudah jago-jago hanya butuh tempat buat sharing penambah suplemen penyemangat dan penebal kesabaran hehe…., trmksh

        Wassalam

  223. 362 Firman santoso 25 October 2011 at 4:28 am

    alhamdulillah dah dapet. pengenya 2 ekor tp br dapet 1. makasih om….

    santai saja nyarinya om, coba jangan terlalu merhatikan kuantitas tetapi fokus di kualitas, lebih baik ternak sedikit tetapi berkualitas karena hasil akhirnya akan sama, bedanya ternak kenari abal-abal dapet lebih banyak capek-nya hehe….

    wassalam

  224. 363 Firman santoso 24 October 2011 at 3:00 am

    saya di Temanggung Jateng, cari indukan kenari lokal yang terjangkau harganya buat belajar, dimana ya…..

    Coba cari dipasar burung sekitar om, karena kalau beli kenari lokal lewat temen2 di Jakarta harganya jadi lebih mahal. Rasanya akan terasa lain ketika kita bersusah payah mencari kenari dan mendapatkannya, selamat berhunting kenari om, tks

    Wassalam

  225. 364 kadek 17 October 2011 at 10:04 am

    salam kenal om, saya punya burung kenariudah kawin ber telor 2,tpi udah 3minggu belum netas saya harus bagai mana???
    trus kenari yang lagi satu yg cow dahhh gacor baru saya masukkan ke kandang cew yg cew malahhh galak, gimana caranya tau kenari cew sudah siap, terima kasih n saya baru belajar

    Saya rasa hal ini sudah dibahas coba cari artikelnya om, terimakasih

    Wassalam

    • 365 waspadateroris 24 October 2011 at 1:01 pm

      Assalamu’alaikum Wr Wb
      salam kenal, om..saya mau tanya kenari betina dan jantan sudah campur dan setahu saya jantannya sudah mengawini betina kurang lebih lima hari, akan tetapi sampai saat ini belum nelor juga. kenari betina dan jantan saya satukan dan kadang-kadang saya pisahkan lagi. terimakasih atas responnys

      Tandanya kenari betina siap bertelor adalah ketika si betina merapikan isi sarang sampai terlihat rapi, coba ke sarangnya masukkan kapas atau sobekan tisue, semoga kenarinya cepat bertelor om

      Wassalam

      • 366 waspadateroris 26 October 2011 at 2:26 pm

        terimakasih. om tidak menyangka kalau pertanyaan saya dibalas. sekarang sudah saya coba taroh kapas dan sobekan tisue di dalam sangkarnya.

        Insya Allah semua komentar akan saya balas hanya masalah waktunya tergantung saya punya waktu senggang dan jaringan internet, jika ada waktu senggang dan jaringan internetnya lancar maka balasannya akan cepat, semoga ternaknya sukses om
        Wassalam

  226. 367 hasna muflihah 6 October 2011 at 1:16 pm

    mau tanya nih . biasanya kenari yg cowo kalo udah jadi atau rajin bunyinya harganya berapa ?

    Om Hasna, harga kenari tergantung usia dan jenis jenisnya mulai dari Rp. 100.000 sampai jutaan,

    wassalam

  227. 368 ghara 1 October 2011 at 10:15 am

    salam kicaumania…
    maf om mau tanya,, saya pemula,,
    saya baru beli sepasang kenari putih,
    ko kenari jantan’y gg mau bunyi depan betina iia om,,
    cuma cuit2 aja, sahut2an..
    tapi kalo betina’y d bawa,, si jantan langsung gacoor,,
    mohon pencerahan’y om…
    terima kasih

  228. 369 yopi 29 September 2011 at 9:30 am

    numpang tanya pak bos…apakah kalau udah siap kawin kenari jantan dan betina di jadikan satu kandanfg terus menerus atau bagaimana? mohon petunjuk nya pak bos….trimakasih

  229. 370 Bank Thoyib Doank 29 September 2011 at 3:49 am

    salam kenari mania buat semuanya………..
    om…mau nanya saya punya kenari yg belajar bunyi….tetapi belum lama ini kenari saya ga bunyi….macet kenapa ya …apakah ada penyebabnya dari pakannya om…..makasih sebelumnya om…

  230. 371 ryuuhi 28 September 2011 at 1:46 pm

    semuanya mau tanya nih ……

    klo betinanya lebih tua kira-kira -+6blndr yg jantan, bisa di jodohin gak ?

  231. 372 ryuuhi 28 September 2011 at 1:43 pm

    kog kemaren saya post gak masuk yah ?

  232. 373 adrian 27 September 2011 at 4:39 am

    Salam Kicau Kenari Om …

    Sebelumnya ane minta petunjuk nich…
    Ane coba2 breeding kenari pertama kali sudah bertelur 2 butir lalu dierami induknya & jantan ga dipisah..setelah 2 minggu lebih gagal menetas…saat ini bertelur 1 butir dierami lg induknya tp jantan ane pisahkan…
    pertanyaanya :
    1.dapatkah telur menetas jika telur dipindahkan ke sarang lain coz dia ngeram di tempat pakan.
    2. ane pakai kandang besi kotak tuk breeding bs ga tuk menetaskan telur klo dipisahkan dari jantan apakah bs bertelur lg ?
    3. makanan yg dibutuhkan saat ngeram…

    wass..adrian

  233. 374 fan 25 September 2011 at 5:39 am

    assalamuaikum kang saya ,mau gabung terimakasih.

    Waalaikumslm, silahkan om kalau ingin bergabung, semoga bisa bermanfaat

    Wassalam

  234. 376 ghaza 24 September 2011 at 4:39 pm

    SaLam Om…saya Ghaza daRi IndrAmayu..
    MaU tanYa oM kaLo di daErah panas kaYa IndrAmaYu, kaNdanG betina yaNg maU di ternak, TeTep hArus Pake lamPu ga Ya?
    soaLnyA tAkuT kepanasAn..
    makasIh om…

    Kalau di daerah panas saya rasa tidak perlu menggunakan lampu di dalam kandang, terimakasih

    Wassalam

  235. 377 Eko Widodo 20 September 2011 at 3:33 am

    slam knal om…saya eko dr Kalimantan Timur
    kebetulan sya mau kejawa dan rencanax ntar pulang kekal-tim mau bawa burung Kenari….
    yg sya mau tanyakn …dimna sih PB kenari utk wilayah Jatim (khususx Blitar)..dan kira2 brpa kisaran Hargax
    Thanks…..

    Hobis kenari Bliter barangkali bisa bantu om Eko, terimakasih

    Wassalam

  236. 378 Aris Siswanto 16 September 2011 at 6:22 am

    om2 ma tanyak kenari warna putih birahi lama ya>>>>>>
    coz punyaku da bunyi tapi lom birahi2,,,,,,,,, mohon kasih petunjuknya biar
    ampuh,,,,,, he he he he
    matur suwuuun,,,

    Biasanya kenari rajin bunyi (gacor) tandanya sudah birahi om, hanya karakter setiap kenari beda-beda ada yang ketika didekatkan dengan betina langsung ngejar, ada juga kenari jantan yang malu-malu ketika didekatin cuek bebek …. tetapi ketika kita tinggal betinanya dihajar sampai beranak pinak hehe…..

    Wassalam

  237. 379 Aris Siswanto 13 September 2011 at 9:04 am

    Ikut gabung ya om ,,,,,,,
    Aku punya 1 pasang kenari betina warna sankis jantan putih yang betina da siap telur tiap tak jodoin kok selalu berantem malah yang takut yang jantan , mohon solusinys ya om tank’s
    apa benar om kenari warna putih jantan birahinya lama ?????
    klu punyaku da bunyi tapi masih jarang2 apa itu penyebabnya om sekali lagi makaci solusinya

    Coba baca link ini om semoga bisa bermanfaat http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula , kemungkinan jantannya belum birahi om jadi harus sabar menunggu, demikian

    Wassalam

  238. 380 Haris 8 September 2011 at 1:20 am

    assalam.
    om.. alhamdulillah kenari saya dah menetas dari 4 butir telor yg jdi cma 3 dah berumur 2 minggu…
    tpi kok yang seekor badannya lebih kecil dibanding dua ekor yg lain, trus bulunya belum sebanyak yg dua itu…
    apakah hal semacam ini lumrah om..
    mohon petunjuknya..
    makasi..
    wassalam..

    Waalaikumslm, senang mendengarnya om Haris bisa berhasil beternak kenari. Mengenai anakan ada yang kecil saya rasa wajar karena perbedaan waktu pada saat menetas jika indukannya pintar merawat anaknya dalam waktu 3 hari besarnya akan hampir sama…. coba om bantu dengan memberi telor puyuh, semakin bertambahnya usia telor puyuh semakin banyak… demikian om

    Wassalam

  239. 381 tatang 7 September 2011 at 3:34 pm

    om.. kenari saya dah 3x bertelur tetapi tidak menetas.. apa penyebabnya???

    Om Tatang, banyak penyebab kenari gagal netas, coba om terawang (lihat) telornya jika telurnya bening berarti tidak terjadi pembuahan penyebab tidak terjadinya pembuahan bisa banyak faktor om bisa baca-baca tulisan saya yang terdahulu…. jika telornya berisi (hitam) berarti terjadi perkawinan hanya telornya gagal tetas penyebabnya juga banyak bisa karena kedua pasangan masih muda, bisa karena kondisi jantan atau betina kurang fit, bisa karena kondisi lingkungan terlalu panas dll… untuk lebih jelasnya om bisa baca-baca tulisan saya di link mengenai pengalaman beternak kenari… demikian om semoga beternak kenarinya sukses…

    Wassalam

  240. 382 sukarman 5 September 2011 at 3:16 am

    salam kenal Om,
    mau bertanya saya punya 3 pasang kenari, saya mau membuat kandang besar terus ketiga pasang kenari tersebut akan saya satukan. pertanyaannya apakah burung kenari tersebut bisa disatukan dalam kandang??

    terima kasih atas waktunya om. mohon pencerahan

    Kenari disatukan dalam kandang besar bisa saja, hanya jika anda ingin beternak dengan tujuan tertentu akan sulit dilakukan karena kenari akan mencari pasangan sesuka dia. Burung kenari termasuk burung yang rentan terhadap perubahan cuacanya, Demikian, terimakasih

    Wassalam

  241. 383 firman 27 August 2011 at 12:19 pm

    kulonuwon… mau gabung nih om….

    silahkan om, dengan senang hati saya menerimanya

    Wassalam

  242. 384 syauqi 25 August 2011 at 1:48 pm

    met buka puasa om a.s n om2 snior lainya,!saya ad mslh dgn 2 anakn knri sy yg berumur 2mggu,gni om,krana rasa penasarn pengn pegang sy cba ambil satu dr sarang,eh mlah yg satuny lnct kdsar sangkr,trus sy blikin lg keduany kesarang malah lnct lg kedasar sangkr,msalahy misal anakn dah ga mau di sarang lg krna bkan proses alami,masihkh induky ngeloloh anaky?trus seandaiy induk dah ga mau ngeloloh ,apa yg hrus sy lkukan?mhon bntuany ,salam trmksh

    Om Syauqi, berarti anak kenarinya sudah besar yach ?… saya rasa tidak apa-apa nanti kalau lapar juga ngejar induknya minta disuapin

    wassalam

  243. 385 ogut 24 August 2011 at 9:56 am

    salam kicau om… aku mau nanya kenari betina ku udah birahi dan udah berkali kali kawin.selama 2 minggu ini khok gak bertelu ya? sedangkan pejantanya aku kawinkan dengan babon lain 3 hari udah bertelor.kenapa ya om?apa betinanya sakit?atau mandul? mohon bantuanya om.tnx

  244. 386 binnar Sunarno 23 August 2011 at 1:24 am

    asalamualaikum. om Ahmad sofyan.

    saya baru mencoba pingin memelihara kenari dan kepingin ternakin
    salam kenal om ,… sudah sekitar 1 minggu ini kenari saya satuin dan memang udah jodoh, udah suap-suapan bahkan udah kawin dan udah bertelor tapi masalahnya sarang yang saya kasihin itu di acak-acak sampai habis dan nelornya di bawah aja , om,.. kalau boleh tahu kenapa ya,.. kok seperti itu, kasih saran dong agar bertelornya di sarang, terima kasih,

    Waalaiakumsalam, penempatan sarangnya kurang nyaman kali om, coba om pasang 2 sarang (1 di depan dan 1 dibelakang), demikian mudah2an bisa membantu … jangan lupa kedalam sarang diberi sobekan kertas atau kapas.

    Wassalam

    • 387 toheng 23 August 2011 at 2:10 pm

      Pernah saya ngalami seperti ini, biasanya saya pancing pakai sarabf yg seratnya sudah disusun seperti biasanya, saratnya mangkuk alas jangan dari tempat yg licin/terlalu besar sehingga sarang mudah bergeser karena burung jadi gak nyaman. Usahakan jangan menyusun sarang di tempat makan/minum, kalau ada tanda-tanda seperti ini saya biasanya ganti pakai dispenser. Jika diperkirakan si betina sudah mau bertelur (kira-kira 2 hari atau lebih setelah kopulasi) dan dia masih bertengger bukan duduk di sarang, usahakan gunakan lampu (jangan terlalu terang) ketika malam, soalnya seringkali bertelur sambil nangkring lalu jatuh, Correct Me If I Am Wrong

      Setuju dengan sharingnya om Toheng, terimakasih om sudah berkenan sharing

      Wassalam

  245. 388 nugroho 21 August 2011 at 2:52 pm

    salam kenal om, mau share aja kadang-kadang betina bisa ngga mau dengan semua jantan. pengalaman saya warna cerah bisa terima dengan bond tapi bond gereja dan bond ijo lebih suka warna cerah seperti kuning atau warna romeo. kalau mau ngawinin bagusnya pagi jam enaman dengan catatan betina dah siap (sudah susun sarang). biasanya kalau dah susun sarang gak usah dijodohin mau tuh pada kawin. pagi-pagi tapi stelah 2 s/d 4 kali kawin jantan segera di pisah takutnya berantem. maaf kalau salah.

    Mantap, terimakasih atas sharingnya om… sangat bermanfaat bagi saya… tks

    Wassalam

  246. 389 Syauqi 20 August 2011 at 2:37 pm

    izin gabung Om….

    Silahkan om selamat bergabung semoga blog sederhana ini ada manfaatnya…

    wassalam

  247. 390 yuyun 17 August 2011 at 9:15 am

    om makasih banyak bantuan infonya, skrg kenari saya udah bertambah. pokonya seneng bgt. anaknya udah punya 11 ekor, blm induknya yg lg nelor. dirmh udah ky yg jualan burung, he he he

    Alhamdulillah turut senang mendengarnya, semoga ternaknya semakin lancar…

    wassalam

  248. 391 Haris 11 August 2011 at 2:50 am

    salam kenal pak Sofyan..
    saya baru mencoba berternak kenari, baru kenari lokal warna sunkits dan dah 2 minggu disatukan, alhamdulillah yg betina dah bertelur 3 bh..
    BTW trimaksih tas tulisan2nya.. dan mohon pencerahannya untuk tahap slanjutnya..

    Semoga ternak kenarinya berhasil om….

    wassalam

  249. 392 ogut 10 August 2011 at 2:03 pm

    saya mau tanya F1 di kawinkan sama F2 jantan turunanya apa ya…tnx

    Wah kalau masalah F-Fan saya tidak berani menjawab om, persoalannya sensitif … saya merasa perkembangan F-Fan sudah acak-acakan hanya tinggal menunggu waktu kehancurannya …. selain harganya gila-gilaan pakemnya acak-acakan… sampai saat ini belum ada pakem (aturan) standar mengenai F1, AF apalagi silangan antara F Fan lainnya….

    wassalam

  250. 393 Fadly Darny Setyawan 7 August 2011 at 7:10 am

    mau mencari indukan af…… ada yang punya

    semoga bisa cepat mendapatkan indukan AF-nya om

    wassalam

  251. 394 endra 25 July 2011 at 2:08 am

    Gan, ane mau tanya kalau mau kawinin kenari, tapi lagi brodol gimana?
    tq

    kenari sedang mabung jangan diternak karena kondisi kenari sedang tidak optimal akibatnya telornya tidak dibuahi, kalaupun dibuahi lemah jika menetas anaknya kurang optimal…. jadi lebih baik menunggu mabungnya selesai….

    wassalam

  252. 395 edo! peternak muda 21 July 2011 at 12:20 pm

    om kenari betina saya menetas 3 ekor tapi mati semua!karena indukannya mandi,kemudia mengerami kembali!apakah kenari indukan saya bermasalah!trimakasih…..!

    om Edo, kenarinya baru diternak atau sudah pernah diternak ?…. kalau baru diternak saya rasa wajar mungkin masih belajar mengasuh anak, mudah2an untuk periode selanjutnya anaknya bisa hidup sampai besar, saya titip pada saat mengeram indukannya jangan terlalu sering diintipin apalagi di keluarkan dari sarang secara paksa untuk melihat telornya, takutnya induknya jadi over protective (terlalu melindungi telor/anaknya) akibatanya siinduk tidak mau keluar sarang akibat lanjutannya anaknya terindak indukannya yg over protective

    wassalam

  253. 396 Medi, p-Qerto 11 July 2011 at 4:39 am

    Assalmu’alaikum, Gan nebeng ingin tahu.
    Ane punya sepasang kenari yang udah satu ahad dicampurin satu kandang, hari ini ane pisahin, apa udah ada kemungkinan kawinnya belum yah?

  254. 397 peluang usaha 6 July 2011 at 2:39 pm

    Salam kenal om.
    Saya habib. Bapak saya punya beberapa kenari di rumah.
    Pengen nyoba ngawinin kenari dengan YS.
    Klo mau cari YS kira2 dimana ya om? Harus inden kah?
    Mohon infonya..

  255. 398 suprapto 8 June 2011 at 6:22 am

    om saya baru ternak burung kenari gimana caa jodohkannya om
    wassalam…….

  256. 399 eko wibowo 31 May 2011 at 5:02 pm

    saya ternak kenari 4 telur menetas 1 ap kendalaya????
    texx…

  257. 400 hendy 24 May 2011 at 6:49 am

    Selamat siang om sofyan…Om sy ingin sedikit bertanya,sy punya kenari jantan yg sudah birahi skali dn sy ingin mengawinkan nya…kmarin sudah sy carikan kenari betina yg siap kawin,tp stlah sy pertemukan kayanya yg betina belum dpt birahinya om ??? klw yg jantan udh mabok kepayang lait betina nya..bagaimana agar si betina mw kawin ??? kmarin sempet sy satukan yg jantan mw kawinin si betina tp betina nya ga respon alias ga mau nungging om…..sekian trimksh bnyk sblmnya..

  258. 401 sulis 20 May 2011 at 5:40 pm

    ssalam kenal, sdh bln inisaya mencoba ternakkan kenari.tati sdh 20 hari telur kenari tdk juga menetass. bagaimana caranya spy telur kenari tsbt menetas dikemudian hari bila saya jodohkan lagi

    • 402 Uphay 24 May 2011 at 2:59 am

      @ Om Sulis, saya coba jawab, kemungkinan telur kopong /kosong bisa dikarenakan tidak terjadi perkawinan. Apakah om lihat kenarinya kawin? kalau mmg lihat, berarti asupan gizinya bermasalah. Coba sehatkan kembali ke duanya (kurang lebih 2 minggu) beri makanan yang baik dan jodohkan kembali. bila 14 hari telurnya gak netas juga, coba ganti pejantannya, bila gagal juga, coba ganti betinanya. intinya, sabar dan banyak belajar di blog ini om, silahkan baca artikel pengalaman beternak dan artikel kenari lainnya di blog tercinta ini, insyaAllah bermanfaat… salam

  259. 403 michael 2 May 2011 at 10:43 am

    wah om saya udah bertelur 4…

  260. 405 Erik Soerabaya 15 April 2011 at 5:17 am

    alm kenal ya om..
    sya mau berbagi crita nie smoga sya dapat pencerahan masalh ternak saya …
    seminggu kemarin sy hbis beli kenari 1 pasang…tp langsung sy jodohkan dalm kandang,katanya yg pnya dlu pernah sdah jodoh dan pernah bertelur.
    setelah sangkarnya kasik isinya kok dibuangi ya om..tp anehnya si betian tidur sangkar trus kluar lg..sering kayak gitu…yg jd pertayaan sy apa si betina kurang nyaman sma keadaan sarang apa tanda2 mau bertelur gitu itu om…
    betian sma si jantan slalu berkelahi jk si betian mau benahin sarangnya akhirnya si jantan sy pisahkan sementra…tp jantan trus criin trus…
    stelah sya pisah si betian benerin sangkarnya lagi…apa itu tnda2 mau bertelur atau gmna om kenari saya itu…kok si betian sukanya mondar2 ke sangkar trus kluar2 gitu…

    • 406 reeant007 25 April 2011 at 2:32 pm

      waahh kalo itu mah alami om…biar isi sangkarnya kita benerin juga,bakalan di acak2 lagi…gpp om didiemin ajah.apalagi dulunya pernah betelur dan udah jodoh.
      ini pengalaman pribadi saya lho om..
      thx

    • 407 Uphay 26 April 2011 at 2:48 am

      saya coba jawab ya….coba dipisahkan dulu… dirawat yang baik mand, jemur dan pakannya, setelah ke 2 nya di puncak birahi (tandanya betina ngeleper2 dengan bunyi kecil dan sayap bergetar dibawah vent nya serta mengambil posisi minta ditunggangi…heheh).. baru masukkan jantannya. Dijamin…. langsung ngawin… dan 4 hari kemudian nelur… selamat mencoba…. dan sukses selalu…

  261. 408 nik512 14 April 2011 at 12:34 pm

    permisi. mau minta saran nih. saya punya kenari jantan (rutgal) sama betina (oren) mau diternakin.
    proses penjodohan udah, udah saling meloloh dan kalau malem tidur berdekatan. tapi udah 4 minggu di kandang yang sama, masih belum bertelur, bikin sarang ajah belum. kira2 kenapa yah? makasih.. =)

  262. 409 tri hat 6 April 2011 at 2:33 am

    update lagi ah…,, alhamdulillah kenari sy yang telur 5 sudah netas yg pertama kemarin… semoga hari ini telur ke2 menetas jg..

  263. 412 ndanz cimahi 3 April 2011 at 2:13 pm

    halo om smuany,,,,, salam kenal dari pecinta kenari cimahi….

    saya mau tanya gmn cara mengawinkan kenari betina tp masih dara alias (Virgin)…..????? terima kasih…..gt aja om

    • 413 tri hat 4 April 2011 at 4:09 am

      om ndanz salam kenal jg dr pamulang tangerang selatan, kebetulan sy baru saja kawinkan kenari dara & alhamdullilah sudah proses mengerami 5 telur ( kenari orance ) saya dapat bakalan dari Bandung juga. itu juga awalnya sy pengen punya kenari jantan dan saya coba beli bakalan di daerah bandung dengan berharap bakalan tersebut jantan setelah umur 7 bulanan tidak kunjung ngeriwik juga cuma cuit..cuit akhirnya sy putuskan cari kenari jantan yang sudah gacor dengan tujuan untuk melatih kenari yg ga bunyi tersebut. Setelah datang si jantan dengan bunyi isian yang lumayan bagus sepertinya kenari 7 bulan sy yg ga ngeriwik tadi malah nunduk-nunduk sambil bunyi kecil seperti terpesona dengan bunyinya si jantan. ( akhirnya sy putuskan bahwa kenari 7 bulan sy itu betina karena sy pernah baca di artikel blog ini sifat kenari betina yg nunduk dan bunyi kecil saat kenari jantan bunyi pertanda siap kawin & juga saya coba sangkar betina tersebut dikasih sarang alhasil kenari betina mulai menyusun sarang itu pertanda siap kawin juga. setelah itu sy coba dekatkan kenari jantan & betina dengan sangkar berdekatan selama 2 hari & hari ke 3 di sore hari sy masukkan si jantan ke sangkar betina & hari ke 5 di malam harinya sang pasangan sdh mulai tidur berdekatan dan mulai Kawin alhasil di hari ke 6 sudah mulai bertelor.
      Begitu kira-kira cerita dari saya mudah-mudahan bisa membantu om Ndanz dalam proses perjodohan Kenarinya, tapi maaf sebelumnya kalau mau lebih jelas lagi sebenarnya di artikel yg ditulis om sofyan ini sudah ada cara perjodohan karena sy juga sebelum menjodohkan belajar dulu dari blog ini karena sy juga baru belajar…

      • 414 reeant 4 April 2011 at 2:38 pm

        saya mah senasib ama om tri…huahahahahaha….kalo kata om AS kn saya jadi2an :P
        sukses buat semuanya…

  264. 415 chandra 25 March 2011 at 6:28 am

    om saya mau tanya nie knp kenari yang saya ternakan sudah bertelur tapi blum jg menetas” padahal sudh lewat 1 bulan…………
    apa penyebabnya yc om……………….
    mohon bantuan nya……………..
    trim’s

    om Kalau sudah lewat sebulan kelamaan lebih baik telornya dibuang, hanya harus hati-hati takutnya ada telor periode berikutnya ikut terbuang… biasanya ketika telor periode pertama tidak menetas seminggu kemudian induknya bertelor kembali …. penyebab telor tidak menetas banyak faktor tidak terjadi pembuahan, induknya tidak nyaman ketika mengeram atau lingkungan kandang ternak panas…. coba om baca-baca tulisan saya terdahulu karena pertanyaan seperti ini sudah banyak & sudah saya jawab sekomplit-komplitnya…

    Wassalam

  265. 416 tegar 19 March 2011 at 10:03 am

    saya sudah punya sepasang kenari tapi kok lama bertelurnya,minimal bertelurnya berapa hari.

    Penyebab kenari bertelur banyak faktor seperti usianya sudah mencukupi, sudah birahi, kondisi kandang ternak nyaman dll… coba om baca-baca dulu tulisan saya yang terdahulu….

    Wassalam

  266. 417 rudi 17 March 2011 at 6:43 am

    mau tanya…saya punya sepasang kenari jantan (f1) betina af,,,,mereka udah jodo dan udah kawin..cuma…sampai sekarang kok belum bertelor (lebih dari 1 bulan)…padahal si betina selalu di sarangnya( tempat bertelur) tapi kalo pas betina makan ato minum…saya cek belum ada telornya…gimana dong solusinya….makasih…

    Om coba cek betinanya… kalau pengalaman saya betina yang sering tiduran di sarang biasanya kegemukan, akibatnya kenari betina tersebut tidak akan bertelor…. penanganannya coba si betina di kondisikan angkat dari kandang ternak diet ketat makanan bijian diberi sedikit 1 sendok makan (jangan 1 sendok tembok hehe….) sehari sayuran diperbanyak dan jangan diberi telor puyuh selama diet…jangan lupa mandi dan jemur rutin…. setelah kondisi badannya tidak gemuk baru dijodohkan kembali…. demikian kalau tidak yakin jangan diikuti hehe….

    Wassalam

  267. 418 gHaza dafiera 7 March 2011 at 2:27 pm

    oM soFyaN jazzakallah…atas semua jawaban nya.
    semua peRtanyAan dAlam pikirAn saYa sudaH terjAwab di aRtikeL ini.

  268. 419 Aries 7 March 2011 at 12:00 pm

    Permisi om AS numpang nanya…..untuk menambah gizi makanan saat meloloh anakan kenari perlu dikasih telor, bagusan mana antara telor puyuh dan telor ayam?apa betul telor ayam bisa menyebabkan sakit snot?kenari yg pernah sakit snot apa betul akan kambuh lagi saat dikasih telor ayam? Makasih

  269. 420 Frans Sinay 4 March 2011 at 4:49 pm

    Aga susah juga ya Om menjodohkan kenari…….,saya sempat menyatukan kenari jantan-betinba dlm satu sangkar setelah proses perjodohan selama 3-4 hari,tapi kedua kenari malah brantem om…,emang sampe berapa lama dan sampe kapan masa perjodohan antara kenari jantan – betina yg benar sehingga pd proses perkawinan lancar dan ga ada masalah…..?minta sarannya Om…Thanks

    • 421 Afiudin_Lampung 5 March 2011 at 11:38 pm

      Kan sudah ada jawabannya di atas Om.:) Yang berikut ini:

      Proses penjodohan yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda, dan kedua sangkar tersebut ditempatkan saling berdekatan.

      1. pada saat jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yang kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya tanda minta kawin.
      2. Pada saat sore hari atau menjelang tidur kenari betina dan jantan tidur berdekatan.
      3. Sewaktu-waktu antara kenari betina dan jantan saling meloloh makanan.
      4. Jika didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun biasanya betina siap ternak.

      5. Tambahan dari saya Banyak berdoa kepada sang Pencipta agar kenarinya cepet jodoh dan ternaknya berhasil.:)

  270. 422 poetrabt 1 February 2011 at 7:49 am

    mkum om gmn kbrnya?oy saya mo nanya kl kenari betina ma jantan perbedaanya phaa?

    coba baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari , tks

    wassalam

  271. 423 Apuy 22 December 2010 at 5:58 am

    Om AS mohon pencerahannya..

    Saya sempat meninggalkan kenari yg sedang di jodohkan slm 2 minggu eh ketika saya pulang itu kenari sudah mempunyai 5 telor..
    yg jadi permasalahan kenarinya bertelor dan mengeram di tempat pakannya…pertanyaannya :
    1. Apakah dibiarkan saja tetap mengeram di tempat makannya..
    2. Bila di pindahkan apakah kenari mau mengerami di tempat yg
    barunya..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    tempat pakannya besar om ??… kalau kecil agak repot, untuk tahap pertama pindahanin aja ke sarang, sambil dimonitor om… kadang-kadang ada juga kenari yang baik, ketika telornya dipindah dia mau pindah ngeram…. jika kenari betinanya masih tetap tidak mau ngeram disarang coba sarangnya pindah ke dekat tempat pakan….

    salam

    • 424 demmy oktavian 2 January 2011 at 6:18 am

      om mau gabung neh..thaanks ya..

    • 425 toto 16 February 2011 at 5:25 am

      Saya mau bagi pengalaman mengenai kenari yang bertelur di tempat makan, meskipun sarang untuk kenari sudah disediakan, caranya biarkan kenari bertelur ditempat makanan kenari hingga kenari bertelur beberapa butir biasanya kenari akan mengerami telurnya apabila sudah berjumlah 3 butir, letakan wadah pakan kenari yang berisi telur kedalam sarang kenari beserta wadah pakannya jangan dikeluarkan telur dari wadah pakan, biarkan apa adanya, lalu untuk wadah pakan kenari siapkan wadah yang ukurannya kecil dimana kenari akan kesulitan untuk bertelur diwadah pakan tersebut, dan apabila kenari sudah ada tanda mau mengerami telurnya, tumpahkan saja telur kesarang yang sudah ada dijamin kenari mau mengeram dan tinggal tunggu menetas, jadi kita tidak usah khawatir apabila kenari kita bertelur di dalam wadah pakannya karena bisa kita siasati hal tersebut diatas, selamat mencoba tips dari saya tersebut untuk yang mempunyai problem tersebut diatas, salam

  272. 426 toni 16 December 2010 at 9:38 am

    Om salam kenal,

    Senang buka blognya om Sofyan informatif dan menarik.
    mohon info untuk mendapatkan box ternak kenari di depok dimana ya? thank – u

    Datang aja tanggal 18 Desember 2010 ke acara kumpul bareng dengan hobis kenari di kediamannya Pak Nungki insya Allah apa yang om cari akan ada solusinya,

    salam

  273. 427 syaefudin 27 November 2010 at 10:22 pm

    Pak Khabar pak ? Udah ga maen aglao lagi nih. Wah … ternak kenari ya ? Saya punya buku ternak kenari, pengen coba tapi cari induk yang bagus dimana ya ?

    Alhamdulillah baik Pak… sebaliknya bagaimana kabar Pak Syaefudin… saat ini saya belum tani aglao Pak lagi… saya masih sering dinas luar aglaonema sering ditinggal-tinggal akibatnya banyak yang mati… insya Allah kalau sudah tua barangkali bisa tani aglao lagi hehe…. Peternak kenari disekitar Depok cukup banyak hanya saya kehilangan kontak mereka, kalau tidak salah setiap minggu di kelapa dua depok suka ada latber coba sekali-kali main banyak peternak kenari yang ikut lomba.. atau datang kesini aja Pak http://burungkenari.wordpress.com/2009/12/15/kunjungan-ke-peternak-kenari-di-depok/#more-535 dan http://burungkenari.wordpress.com/2010/11/18/laporan-kunjungan-ke-istana-kenari/ kami biasanya mengadakan pertemuan sebulan sekali di kediamannya Pak Nungki… insya Allah bulan Desember kami akan mengadakan pertemuan kembali.. waktunya nanti saya kabarin di blog ini

    salam

    salam

    salam

  274. 428 vikar 25 November 2010 at 3:55 am

    Pa kbr Om Sofyan..

    kenari saya sudah berhasil bertelur, telurnya ada 5. umur telur sudah 10 hari, tp sampe skrng si jantan belum saya pisahkan, karna klo saya perhatikan si jantan suka gantian mengerami telur. nnti klo saya pisah takut si betina malah tidak mau mengerami telur nya..
    pertanyaannya kpn si jantan bisa saya pisahkan?
    trus menu mkn slama ini telur puyuh 1 tiap hari, apel dan sayur saya ganti tiap hari. apakah harus ada yg dirubah untuk menu mknnya? terimakasih byk Om…

    Fikar

    Suka-suka saja om, tidak ada aturan baku kapan jantan bisa dipisah yang penting om yakin tidak ada lagi telor yang keluar, telur puyuh dikurangin aja om jangan tiap hari selama mengeram cukup seminggu sekali…

    salam

  275. 429 mara 16 November 2010 at 2:50 pm

    wah makasih om Sofyan atas infonya…… saya jadi tambah bersemangat ingin mencoba berternak…..

  276. 430 adi 8 November 2010 at 2:23 pm

    om…aq pnya kenri jantan dah berumur tp blm pny kenari betina,klu aq cariin betinany lngsng aq masukkan jd satu ama jantannya tanpa penjodohan bs gak?trus pa bs mati kenari betina ny?

    lebih baik dijodohkan dulu om… burung kenari bukan karakter yang buas saya belum pernah menemukan kenari jantan yang menghajar pasangannya sampai mati

    salam

  277. 431 vikar 8 November 2010 at 6:04 am

    om sofyan.. kenari saya sedang dlm masa penjodohan, di sangkar yg betina sudah saya taro tempat sarang berikut bahannya dr serat ampas kelapa. pertanyaan saya, knp bahan sarangnya diacak2 ya oleh si betina? td pagi saya cek, bahan sarangnya sudah ada dibawah smua.. thx.

    mungkin kenarinya belum nyaman dengan isi sarang yang om susun biarkan saja dia ngacak-ngacak sarang nanti juga diberesin sendiri… coba masukin sobekan kertas om biasanya kenari senang ngangkutin sobekan kertas ke dlm sangkar

    salam

  278. 433 vikar 3 November 2010 at 6:27 am

    Salam kenal, saya sedang coba untuk menjodohkan kenari. kenari sudah saya gantang berdekatan selama 3 hari, hari pertama si jantan langsung nyerang sambil berkicau dan si betina terbang kesana kemari sambil skali2 mengepakkan sayap. Hari kedua sampai ketiga keduanya hanya diam saja, tetapi apabila salah satu saya pindahkan(dijauhkan), baru deh si jantan berkicau ga brenti2, si cwe juga seperti uring2an sambil bunyi cuit cuit seperti yg sedang mencari pasangannya. begitu didekatkan lg, keduanya langsung diem membisu. apakah kenari saya sudah berjodoh? semalam saya coba satukan kedalam kandang si betina, tapi malah seperti yg berkelahi.. bagaimana ya seharusnya? thx.

    vkr_z@yahoo.com
    vikar
    1

    Om proses penjodohan membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung kesiapan kedua kenarinya, 2 hari bisa langsung jodoh kadang-kadang 2 minggu belum jodoh-jodoh… proses penjodohan tidak hanya mendekatkan kandang saja tetapi faktor makanan juga perlu diperhatikan.. coba diberi telur puyuh seminggu 3X, dijemur kalau bisa setiap hari, ketika keduanya sudah saling berdekatan kadang-kadang saling suap-suapan baru disatukan, pada saat pertama disatukan kadang-kadang terjadi perkelahian … kalau ingin jelasnya coba baca-baca di link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

    salam

  279. 435 wawan 21 October 2010 at 1:26 pm

    assalamu alaikum,saya masih so,al perjodohan kenari,mau tanya nih ama senior2 ,kapan waktu pemisahan antara kenari jaantan dan kenari betina sa’at perjodohan usai?

    waalaikumslm, om coba baca link ini

    salam

  280. 436 andri 19 October 2010 at 2:55 am

    pak…saya mau tanya untuk harga sepasang kenari biasanya berapa?apa tergantung jenisnya?karena saya masih awam tntang kenari dan tertarik untuk mnecoba ternak kenari.trimakasaih

    saya juga sama awam mengenai harga burung kenari om… kalau ingin jelasnya biar tukang kulakan yang menjelaskan… ayo kang Gede dan om Yunior tolong dibantu untuk pencerahan harga hehe….

    salam

  281. 437 suparta 14 October 2010 at 8:54 am

    selamat sore om sofyan,

    dari belajar dari web om sofyan saya sudah berhasil ternak kenari, anakan sekarang sudah 5 ekor.
    tetapi sekitar mulai 2 bulan yang lalu kenari betina saya telurnya tidak bisa menetas selalu kosong (kira2 sudah 3 kali bertelur dan ngeram tidak berhasil netas).
    yang saya tanyakan;
    1. kenapa kenari betina saya tidak bisa berproduksi seperti bulan2 yang lalu..? apanya yang kurang ??, EF selalu selang seling sayur, apel dan telur puyuh, yang jantan juga EF nya sama.

    2. multivitamin juga setiap minggu saya berikan,
    sekarang saya masukan kekandang umbaran, tetapi terus manggil2 jantannya.

    3. kapan kenari saya bisa berproduksi lagi…????

    demikian saja om sofyan, terima kasih.

    Selamat om sudah berhasil ternak kenari… faktor kegagalan bisa saja karena cuaca yang tidak menentu dan mengakibatkan fisik kenari kurang fit… atau indukan kenari terlalu diporsir di ternak sehingga kondisi indukan kenari ngedrop… coba istirahatkan sementara kalau memanggil-manggil biarkan saja, nanti setelah kondisi kenari fit baru diternak lagi (coba di istirahatkan selama 2 minggu) jangan lupa mandi dan jemur…. cara pemberian pakan dan multivitamin dilanjutkan saya rasa sudah bagus… demikian om sharing dari saya

    salam

  282. 438 jafar 6 October 2010 at 6:47 am

    Salam buat semua,
    Saya tertarik beternak kenari ni, mdh2han blm terlambat.Masalah saya belum tahu nyari KN bakalan ternak daerah Jonnggol di mana ya ? ada yang mau berbaik hati ngasi info ke saya ??Terima kasih
    Sukses selalu buat Om Sofyan dan Senior semua

    Salam

    Om tidak ada yang terlambat yang penting action setelah kita tahu, mengenai mencari indukan bisa di pasar burung atau kios burung terdekat… untuk tahap awal jangan terlalu memikirkan kualitas yang penting berhasil dulu dan belajar menempa kesabaran, setelah berhasil baru meningkat ke kualitas yang lebih baik… atau om bisa cari di link ini demikian

    salam

  283. 439 Zaky 28 September 2010 at 8:02 am

    Om AS…tanya nih…sya sedang mengawinkan kenari sya nih…masalahnya:1.usia kenari jantan masih muda (-+5) tp keliatanya birahinya tinggi (mungkin) soalnya suka bgt nabrak2 jeruji kandang alias ga tenang,giliran udh sya campurin ama betina langsung lolohan2 trus langsung diam..2.kandang perjodohan sya pake kndang harian uk 45 yg digantang (masalahnya ga ada tempat…)..yg sya mau tanya nih..1. apa benar kenari jantan pny sya harus di kawinkan biar ga liar gtu (birahi tersalurkn)?? 2. pd saat dijodohkn dgn kondisi kndang yg digantang apakah ttp hrs dijemur..3.bagaimana cranya bs membuat kenari sya lbh stabil ( ga nabrak2 jeruji lg ) klo treatment timun + semprot + kawin masih blm berhasil….mohon info & solusinya jika sya salah ngerti ttg masalah ini….trims om…

    1. Nabrak-nabraknya ketika ada orang lewat atau ketika melihat lawan (kenari lain) ?…usia 5 bulan masih termasuk ABG… biasanya jika dijodohkan pada usia 5 bulan anaknya banyak yang mati muda, tapi ini pengalaman saya .. tidak tahu pengalaman teman yang lain.
    2. Pada saat dijodohkan masih bisa dijemur namun setelah betinanya bertelur tidak usah di jemur.
    3. saya nunggu jawaban point 1 dulu

    salam

    • 440 Zaky 28 September 2010 at 9:58 am

      klo sya perhatiin ada org / ga ada org keliatannya sama aja om…seringnya nempel dijeruji sambil kicau berkali-kali gtu om….trus klo liat kenari lain jg ga om,soalnya sya sekat sama kain & jaraknya berjauhan,krn sya pnya masteran yg gacor kadang2 ikut ngeladenin kadang2 jg ga tp gerakanya sama ska nabrak2 & nempel dijeruji om….

      Bisa saja over birahi om coba jodohkan saja untuk menghilangkan keperjakaannya, perhatikan juga pakannya proteinnya terlalu tinggi akhirnya memacu birahi EF dikurangi… Jika makannya beli yang kemasan perhatikan apakah sudah ditambah multivitamin kalau sudah ada multivitamin tidak perlu diberi multivitamin di kedalam air minumnya… demikian semoga bisa membantu…

      salam

  284. 441 Deni_Bekasi 26 August 2010 at 6:53 pm

    Sekilas Info

    Assalamu alaikum Wr.Wb. Apa kbr Om Sofyan dan para senior semuanya.
    Ijinkan sy untuk “curhat” yg berkaitan dengan dunia kita, dunia kenari.

    Sy mengucapkan banyak terima kasih kepada semua para senior terutama kepada pemilik blog ini, Om Sofyan.

    Setelah sy seringkali menmgunjungi blog ini, ilmu perkenarian dapat sy serap sedikit demi sedkit. Ini tidak lain karena ketulusan para senior semua dalam berbagi ilmunya. Percayalah, bahwa perbuatan tersebut adalah amal baik yg mudah-mudahan mendapat balasan yg baik pula.

    Sebanarnya, bukan saja ilmu perkenarian saja yg bermanfaat buat saya. Melainkan ada hal lain yg melebihi segalanya, yaitu para senior semua telah melakukan hal besar. Hal besar itu adalah telah membantu saya memiliki memotivasi untuk berani mencoba beternak.

    Kira-kira 4 bulan lalu, sy mulai mencari bibit untuk sy ternakan, sepasang demi sepasang. Kendala di sana-sini tentulah banyak, tetapi ~lagi-lagi~ berkat dorongan Om Sofyan dan para senior, semuanya itu dapat sy lalui dengan selamat.

    Sejauh ini sy sudah memiliki 7 pasang Indukan. Meskipun masih berkisar di kelas murahan dan lokalan, tetapi sy cukup bangga menjalankannya. Secara pribadi sy beranggapan, bahwa yg terpenting itu bukanlah materinya melainkan semangat dan keberhasilannya. Keberhasilan yg saya maksud bukanlah jumlah melimpah dari anakannya, melainkan sy telah berhasil membuat mereka (baca: kenari) tinggal nyaman di kandang-kandang yg sy buat dengan tangan sy sendiri dan lalu mereka mau berkembang biak.

    Oh ya, dari 7 pasang indukan itu, yg benar-benar telah dan sedang berproduksi itu baru 4 pasang indukan, bahkan beberapa diantara indukan- indukan itu telah memiliki anak generasi ke 3. Jumlah total anakan yg berhasil sy kumpulkan dari 4 pasang itu ada 22 piyikan dan sekarang umur mereka antara 5 hari – 3 bulan. Sebagian diantaranya sudah mulai ngeriwik…. duuuhhh senengnya.

    Kondisi kandang-kandang ternak saat ini, mengeram (3 ps indukan), meloloh (2 ps indukan ) dan 2 indukan lainnya sedang masa penjodohan.

    Jadi, saat ini, sy sedang “harap-harap cemas” menunggu beberapa hari lagi 13 calon piyikan barikutnya dari indukan-indukan yg sedang mereka erami, mudah-mudahan mereka lahir dengan selamat.

    Oleh karena itu, sekali lagi sy ucapkan banyak terima kasih kepada Om Sofyan dan para senior semuanya yg dengan telah ikhlas membimbing dan berbagi ilmunya. Hanya Allah lah yg dapat membalasnya…Amiiin.

    Demikian sekedar “curhat” dari seorang yg sedang belajar dengan penuh semangat menjalankan ternak kenari ini.

    Terima kasih Om Sofyan
    Terima kasih para senior semuanya…

    Wasalam….

    Waduh senangnya mendengar curhatan om Deni… selamat om sudah mulai berhasil ternak kenari semoga dimasa yang akan datang semakin sukses, jangan lupa kalau sudah berhasil materi ternaknya di kembang dengan indukan yang lebih berkualitas.. Dan jangan lupa om dari 7 pasang itu dalam waktu 6 bulan anakannya bisa bertambah dengan sangat cepat kalau tidak hati-hati bisa seperti bom waktu yang bisa tiba-tiba meledak, mulai dari sekarang coba belajar jualan ke tetangga atau temen-temen, kalau tidak di tanggulangi dari sekerang repot nantinya. Ketika anakan bertambah akan menambah biaya perawatan, biaya penambahan kandang dan menambah waktu perawatan. Sekian dulu sharing dari saya mohon maaf kalau seolah-olah menggurui hehe….

    salam

    • 442 Deni_Bekasi 27 August 2010 at 4:38 pm

      Oh gtu ya…. ?
      Nah ini masalahnya Om Sofyan, sy lagi nelisik artikel Om Sofyan tg berkaitan dengan pengalaman pertamnya Om Sofyan saat memasarkan kenari pertama kalinya….he he he
      Apa mungkin Om Sofyan blm sempet menurunkan artikelnya ya…. he he he

      Kalau yang satu ini rahasia om hehe… tiap orang kan lain-lain cara jualannya, ada yang jualan di lingkungan sendiri, saya pernah baca di blog ini ada orang yang jual kenarinya titip di kios burung langganan, ada yang jualan kenari ditempat lomba dll… begitu om ceritanya…

      salam

  285. 445 Estu 28 July 2010 at 2:35 am

    Om Sofyan to the point nih hehehe…

    mbedain kenari tuh ngurak ato cabut bulu utk sarang gimana ya om…soalnya kenari betina saya pada rontok bulu disekitar lehernya…mau tak jodohin takutnya ngurak nanti hasilnya gak maksimal…tapi ngleper kalo jantannya bunyi…gimana nih om….trims sebelumnya…

    • 446 ahmad sofyan 28 July 2010 at 3:55 am

      coba perhatiin om bulu yang lepas itu bulu yang sudah tua ato bulu yang masih muda… atau coba perhatikan kenari nyabutin bulu atau tidak … demikian

      salam

  286. 447 rio ardianto 21 July 2010 at 11:36 am

    om…kenariku itu aneh…sarang nya malah di rusak ??/gmana itu om???

  287. 448 Yoga 7 July 2010 at 4:17 am

    pak sofyan makasih y pencerahanya, kenari saya yg sakit sudah di pindah ke kandang isolasi, untuk variasi saya kasih timun, jagung muda, sama sawi tiap hari. saya juga kasih obat Spektra sehari 2 kali @ 1 tetes, nah kondisinya sekarang agak aneh nih pak, kalo saya liat di bokongnya kenari itu kok jadi hitam2 y? itu kotoran atau luka y pak? klo kenari sehat kan gak begitu y. kira2 knp y pak? makasih sebelumnya. salam cuit juga deh.. :)

    • 449 ahmad sofyan 7 July 2010 at 4:47 am

      Om Yoga untuk spektra sebetulnya diaturannya 3 x sehari 3 tetes… untuk jaga-jaga takut OD (over Dosis) minimal 2X sehari sebanyak 2 tetes… yang hitam itu kotoran yang menempel, coba bersihkan kotorannya dan jangan dulu diberi sayuran lebih baik diberi telor puyuh rebus… demikian

      salam
      sofyan

      • 450 Yoga 11 July 2010 at 6:38 am

        baik pak… :) saya coba untuk kasih spektra 2 x 2 tetes tiap hari, kalau kondisi drop gitu malah jgn d kasih sayur y pak? coba besok saya kasih telur puyuh rebus deh.. ada tips lain pak? kalau penjemuran bagaimana? saya biasanya jemur pagi hari sebelum jam 10.. kira2 1-2 jam. terima kasih pak sofyan :D

  288. 451 Yoga 6 July 2010 at 10:33 am

    pak.. makasih y pencerahanya, kenari saya yg sakit sudah di pindah ke kandang isolasi, untuk variasi saya kasih timun, jagung muda, sama sawi tiap hari. saya juga kasih obat Spektra sehari 2 kali @ 1 tetes, nah kondisinya sekarang agak aneh nih pak, kalo saya liat di bokongnya kenari itu kok jadi hitam2 y? itu kotoran atau luka y pak? klo kenari sehat kan gak begitu y. kira2 knp y pak? makasih sebelumnya.

    salam

  289. 452 Yoga 1 July 2010 at 3:48 am

    salam kenal pak ahmad, saya baru nemu nih blognya bapak. Bagus2 artikelnya.. he2.. saya baru melihara kenari nih pak, kemarin saya beli 1 jantan & 2 betina, maksudnya pengen uji coba dulu.. nah kemarin sih burung2 itu keadaanya sehat semua, aktif dan banyak makan. Tapi pagi ini waktu saya liat salah satu burung yg betina keliatanya kondisi drop. Gak banyak gerak dan gak banyak makan, posisinya melungker gitu pak kyk lg tidur, kalau yg 2 burung lainya masih aktif sama seperti kemarin. Bisa minta info gak pak kira2 knp y itu? dan gmn tindakan yg musti saya lakukan?
    Thanks a lot pak…

    oh ya.. kalau saya mau nambah burung dgn jenis lain kira2 apa y yg cocok satu kandang dgn kenari?
    ukuran kandang saya 3 x 0,6 x 2 m (P x L x T)

    • 453 ahmad sofyan 1 July 2010 at 4:26 am

      kalau melihat dari ukuran kandang sepertinya kenari om masuk angin, untuk pengobatannya ambil kenari yang sakit masukkan ke kandang soliter, kandang di tutup dan burungnya di beri antibiotik bisa menggunakan obat merk spektra. Dengan kandang ukuran besar harus hati-hati terhadap tiupan angin kencang, diusahakan kenari jangan langsung terkena tiupan angin kencang, terkena percikan air pada saat hujan…

      Burung yang bisa bersahabat dengan kenari banyak bisa di cari burung berbadan kecil seperti gelatik, parkit, Gold amadin, zebra jepang dll….

      demikian mohon maaf kalau salah
      salam
      sofyan

      • 454 Yoga 6 July 2010 at 10:30 am

        wah.. makasih y pencerahanya, kenari saya yg sakit sudah di pindah ke kandang isolasi, untuk variasi saya kasih timun, jagung muda, sama sawi tiap hari. saya juga kasih obat Spektra sehari 2 kali @ 1 tetes, nah kondisinya sekarang agak aneh nih pak, kalo saya liat di bokongnya kenari itu kok jadi hitam2 y? itu kotoran atau luka y pak? klo kenari sehat kan gak begitu y. kira2 knp y pak? makasih sebelumnya. salam

  290. 455 arie depok 23 June 2010 at 1:56 pm

    oom salam kenal
    baru coba2 menjodohkan blm beternak. awal betelur tp di tempat makan sy pindahkan kesarang tp tdk di erami.sekarang sy ganti pasangan krn yg awal jantanya diambil ama yg punya hehehe (pinjem). sdh sy pasangin lg dengan yg br tdnya sdh suap2pan tidur rapat tp kok kl siang sy liat kejar-kejaran terus. knapa oom? biknya gimana? Trim atas bantuannya

  291. 456 abu azzah 7 June 2010 at 5:47 am

    Assalamu’alaikum,Om…temen saya kenarinya kehilangan suara kaya habis konser hee..hee… tadinya sehat dan gacor spt biasa tp 2 hr kenari diam dan malas malasan,setelah itu suaranya hilang & serak.kadang kelihatan mau bunyi dngan tanda lehernya gembung2 tp gak keluar suara.Kenari temen saya kenapa ya om,klu sakit sakit apa dan obatnya apa om ? Terimakasih

    salam

  292. 457 andhang 6 June 2010 at 1:35 pm

    salam kenal… saya andhang dari Jogja.. saya penggemar kenari yg masih super baru…heheheee.. kbtulan saya punya pejantan AF trus iseng2 saya jodohkan dengan Holland. Ternyata setelah kurang lebih semnggu, betina Hollandnya bertelur 1, dan akhirnya sampai 6 butir. Skr mereka udah saya pisahin. Mau nanya kira-kira betina mengerami telurnya berapa hari ya om?, trus utk mengetahui telur-telur itu jadi atau tdk gmn?
    sebelumnya saya ucapkan.. Matur nuwun

    • 458 ahmad sofyan 7 June 2010 at 12:41 am

      salam kenal om Andhang… kenari mengeram kurang lebih 14 hari … untuk lebih amannya jika ada 6 butir berarti 14 ditambah 6 hari … kalau setelah 20 hari tidak ada yang menetas lebih baik dibuang saja… kalau sudah terbiasa usia pengeram 7 hari saja sudah ketahuan gagal tetas atau ngganya…. untuk melihat telor isi atau tidaknya bisa di terawang… jika gelap atau ada garis-garis merah berarti telor berhasil dibuahi jika bening telor gagal… demikian

      salam

  293. 459 abu azzah 3 June 2010 at 6:01 am

    Saya suka sama om…orangnya rendah hati dan tdk sombong.oya om mau nanya lagi ! ( nanya melulu ya om.! hee…hee…) maklum lg belajar,sy cinta dan memelihara kenari -+ 3 th tapi menjodohkan/ternak baru kali ini om.
    pertanyaannya Berapa hari proses jodoh kenari pd umumnya dr pertama kedua kenari itu disatukan ? terimakasih.

    • 460 ahmad sofyan 3 June 2010 at 6:41 am

      belum pernah ketemu sama orangnya aja om… tulisan sama orangnya beda hehe… yang menentukan lamanya proses ternak banyak faktornya diantaranya kesiapan kedua indukannya, faktor gizi dan faktor sarana penunjang lainnya …. coba om baca tulisan saya yang terdahulu sepertinya pernah saya ulas… kalau diulas disini jadi panjang om…

      salam

  294. 461 abu azzah 2 June 2010 at 6:58 am

    Betul jg ya om,knp sy tidak kepikiran sampai disitu.. memang beda klu orang yg sudah pakar dan ilmunya banyak ttng perkenarian.terimakasih om sy tinggal nunggu jodoh lalu bertelur dan menetas…itu smua harapan sy om…smoga !

    • 462 ahmad sofyan 2 June 2010 at 8:17 am

      bukan pakar om tetapi itu pengalaman saya waktu awal-awal ternak kenari… sebetulnya di kenari ini tidak ada pakar atau pemula yang ada siapa tahu duluan hehe… kalau masalah banyak kenari yang mati atau lepas kayanya saya pakarnya om hehe…

      salam

  295. 463 abu azzah 2 June 2010 at 6:01 am

    Om Sofyan…. info anda sangat berarti sekali buat pemula seprti sy,oya om klu dlm proses penjodohan msh perlu di krodong nggak ? perlu diketahui sangkar penjodohan saya P : 80 cm L : 40 cm T : 50 cm dan posisi menempel di tembok dan tinggi sejajar dng kepala sy. mohon penambahan ilmunya dan terimakasih sebelumnya.

    • 464 ahmad sofyan 2 June 2010 at 6:20 am

      wah kandangnya panjang yach om, saya rasa kandang sebesar itu bisa di sekat menjadi 2 biar efisien hehe… tetapi sebetulnya kandang ternak besar bagus indukannya banyak olah raga sehingga tidak kegemukan…. kandang ternak jangan di kerodong, kalau dikerodong indukannya tidak tahu siang atau malam sehingga ketika mengasuh anak sebagian besar waktunya dipakai buat tidur akibat lanjutannya sianak banyak yang mati karena kurang makan…

      salam

  296. 465 abu azzah 1 June 2010 at 6:38 am

    Terimakasih om Sofyan atas sarannya,bengkak di kenari sy berangsur mengecil bahkan yg kaki kiri sdh spt semula.tp ada masalah lg… sy maksudnya mau menjodohkan kenari sy yg lain tp setelah didekatkan dng betinanya jd gak gacor lg jarang sekali bunyi,sekali bunyi nabrak2 kandang.
    knp ya om ? apa itu tandanya jodoh ? apa justru kenari sy takut ?

    • 466 ahmad sofyan 2 June 2010 at 2:23 am

      syukur kalau kenarinya sudah mulai sehat lagi om… pada saat kenari di jodohkan kenari jantan jarang bunyi kadang-kadang tidak bunyi sama sekali… bunyi pada saat mengejar betina ketika akan kawin… saya rasa kenari om wajar-wajar saja om … kunci keberhasilan ternak sabar, telaten dan ulet….

      salam

  297. 467 yunior 31 May 2010 at 4:44 am

    ayo2 peternak di Bali..he..he

  298. 468 edy 31 May 2010 at 3:49 am

    salam kenal OM….
    saya mo tanya peternak kenari di BALI yang bagus dimana ya???
    thx….

  299. 477 g sukendra 26 May 2010 at 5:46 am

    kabar baik, burung saya sudah menetas 3 dari 4 telur, sekarang udah keluar bulunya (2 warna kuning polos, 1 ada bintik hitam punggunya dan dominan kuning), umurnya udah 3 minggu (menetas tanggal 9, 10, 11 Juni 2010), maklum pak baru belajar, tiap hari saya tengokin saya kasih telur puyuh 2 butir setiap pagi dan daun slada putih 1 lembar per hari, sesuai saran pak sofyan.

    • 478 ahmad sofyan 26 May 2010 at 8:09 am

      alhamdulillah kalau sudah mulai berhasil ternaknya… saya turut bahagia Pak hehe… kalau sudah bisa ternak kenari lokal cepet-cepet naik kelas Pak ternak impor hehe…

      salam

    • 479 munir 26 May 2010 at 8:17 am

      kalo naik kelas bibitnya bisa bagi2 gak om? hehehe terutama betinanya om bagi2…

  300. 480 g sukendra 25 May 2010 at 9:37 am

    Apa kabar pak Sofyan ? semoga Bapak dan teman-teman di Blog Pak Sofyan ini dalam keadaan sehat semuanya.
    Terkait dengan pertanyaan Pak Abu Azah (194) dan jawaban pak Sofyan (195) tentang penyakit bubul. Pak sofyan menganjurkan menggunakan obat garamicyn, obat garamicyn ini bisa beli dimana pak apakah Bapak juga jualan obat ini, dan apakah bapak juga jualan obat bubul byecuten?

    • 481 sofyan 25 May 2010 at 11:58 pm

      Kabar saya baik Pak, sebaliknya bagaimana kabar Bapak ??… bagaimana perkembangan ternak kenarinya Pak ??… garamicyn bisa dicari di toko obat atau apotek… untuk garamicyn mohon maaf saya tidak punya stok Pak….

      salam

  301. 482 abu azzah 24 May 2010 at 7:23 am

    salm kenal om… kenari sy kaki belakangnya kapalan dan kadang bengkak merah,padahal sdh sy krodong kalo menjelang malem (klu krn nyamuk). kira kira obatnya apa ya ?

    • 483 ahmad sofyan 24 May 2010 at 7:33 am

      kalau kapalan (biasa disebut bubulan) bisa menggunakan minyak tawon di oleskan ke daerah bubulan sambil dibuang bubulannya sedikit demi sedikit mengobati bubulan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus menyeluruh, selain mengobati kakinya tangkringan dan sangkar harus dicuci minimal seminggu sekali… tetapi jika kakinya bengkak (biasa orang-orang menyebut digigit nyamuk) saya biasa menggunakan garamicyn di oleskan ke kaki yang bengkak…

      salam

  302. 484 ian prayuda 23 May 2010 at 9:39 am

    om saya lgi coba” mau ternak kenari nih kenari saya sudah bertelor 1 tpi bukan di tempat yg sudah saya siapkan melainkan ditempat pakannya gimana ya apa dibiarkan saja atau saya pindahkan ketempat srang yg sudah saya beli itu om terimaksih sebelumnya

    • 485 ahmad sofyan 24 May 2010 at 12:57 am

      ada beberapa cara menghadapi indukan seperti ini, coba pindahkan telor ke sarang yang sudah tersedia atau mungkin sarang yang om sediakan kurang nyaman buat kenari coba sediakan sarang 1 lagi ditempat lain… sekarang keputusan ada di om… berani mindahin dengan resiko induknya meninggalkan telor atau dibiarin ditempat pakan dengan resiko indukan terbiasa nelor di tempat pakan…. & kekeberhasilan ternaknya kecil karena tempat nelornya kecil…

      salam

  303. 486 eddo 13 May 2010 at 3:24 am

    pak yunior alamatnya dimana???? thx

  304. 488 yunior 12 May 2010 at 8:54 am

    pesen ja ma saya nanti tak kirim he..he

  305. 496 eddo 12 May 2010 at 8:05 am

    pak ak minta alamat bredeer kenari di bali…..thx

  306. 497 supriono 12 May 2010 at 6:51 am

    Mas,aku punya betina umur 1.7 th. Dan aku coba pasangin sama yang lebih muda ternyata yg betina lebih galak sepertinya dia ngak mau Brondong. Gimana caranya ya untuk menjodokan karena Betinanya lumayan bagus. Masih gadis lagi. he…he…he…

    • 498 ahmad sofyan 12 May 2010 at 7:30 am

      Coba baca lagi tulisan saya diatas, insya Allah ada solusinya Pak… kalau masalah umur tidak menjadi halangin kalau sudah kebelet juga mau kawin Pak hehe… tinggal praktekin tulisan saya diatas…

      salam

    • 499 gede 12 May 2010 at 2:02 pm

      Kalo KN nya lokal, bisa jadi bakalan dara se-umur hidup Om… Info itu sy dpt dari beberapa peternak senior di Bandung… tapi gak ada salahnya mencoba langkah2 yg telah diuraikan Kang Sofyan pada tulisan diatas… kalo masih kesulitan jg, kontak Om Hary dech… Om Hary jagoan kalo urusan gadis…. xixixixi… maaf becanda Om… === Keep Smile ;) ===

      • 500 toheng 13 May 2010 at 12:20 am

        Betul pendapat Om Sofyan, perawan tua kalo kebelet kawin mau juga kok berondong, saya punya satu yang begitu, sampe sekarang mereka menjadi pasangan berbahagia dan sudah mempunyai keturunan..he he he

  307. 501 sofyan 5 May 2010 at 11:59 pm

    Om Toffan, kalau ternaknya perpasang (maksudnya bukan sistem poligami) gak apa-apa, tetapi kalau sistem poligami sangkarnya jangan berhadapan takutnya pada saat betina yang satu sedang mengeram sendirian dengar suara jantannya di sangkar lain betina yang sedang ngeram akan keluar dari sarang dan ngga mau ngeram …. itu pengalaman saya om… mungkin temen-temen yang lain ada pengalaman lain

    salam

  308. 502 toffan 5 May 2010 at 10:30 am

    heheh bisa aj om AS…tu sangkar saya gantung di dalam garasi, jadi otomatis tiap hari saya liatin..kalau induk nya lg keluar sarang, saya turunin trus liat telor nya..

    oya sekalian mw nanya lagi neh….saya mau cari indukan 1 lagi…trus rencananya saya gantung jg dalam garasi…apa boleh gitu dalam artian sangkarnya saling berhadapan??

  309. 503 supriono 4 May 2010 at 5:34 am

    telor ada 4,terus apa harus dipisah dulu dan berapa lama klo dipisah,apa tetep satu kandang ya,mas.trims saranya.

    • 504 ahmad sofyan 4 May 2010 at 7:11 am

      coba tunggu 2 hari lagi om takutnya telor terakhir belum mencapai 14 hari, yang dipisah itu jantannya om ?… kalau telor tidak menetas kondisikan aja dulu om minimal 2 hari di jemur (tetapi jangan lama2 cukup 30 menit) jantan dan betinanya jangan di pisah biar cepet bertelor lagi…. jangan lupa diberi multivitamin dan diberi telor puyuh 3 x seminggu…. demikian om

      salam

  310. 505 supriono 3 May 2010 at 2:47 pm

    mas.kenari saya dah ngerem selama 20hr, tp belum juga netas,apa bisa dipastikan tidak netas ya.

    • 506 ahmad sofyan 4 May 2010 at 12:55 am

      telornya ada berapa butir om ??… kalau sudah 20 hari sepertinya telornya gagal netes dibuang saja om…

      salam

  311. 507 Toffan 29 April 2010 at 11:50 am

    om ahmad..salam kenal

    gini om saya mw tanya neh

    hari minggu kmrn kenari saya nelor 1, besok nya nelor lagi tapi jatuh…nah telor yg pertama td di umpetin di dalam jerami sarang nya..nah td saya liat, tuh telor makin terpuruk di dalam jerami bahkan ga kelihatan dan telornya bukan nya di tengah2 lubang sarang..sampai sekarang saya ga tau brp jumlah telor tersebut..di sarang nya udah banyak bulu2 halus..saya masih bingung, itu telor masih ada apa udah ga y..kalo udah ga, ko kenari betina masuk ke sarang itu mulu spt lg ngeram sambil bunyi cit..cit.ciit….apa itu emg tanda lg ngeram??

    mohon bimbingan om ahmad…

    salam..

    • 508 ahmad sofyan 30 April 2010 at 12:20 am

      om Toffan… apakah sarang kenari sering dilihatin atau malah di tungguin tuch sangkar ternak hehe…. (maaf becanda om)… kemungkinannya si induk kenari merasa terancam akan keselamatan telor sehingga telornya di sembunyiin…. tapi itu hanya pendapat saya mengenai kondisi-nya hanya om yang tahu…. coba sangkar ternaknya jangan terlalu sering di lihatin dan kalaupun akan melihat telor pada saat indukannya keluar sarang, ketika indukan sedang mengeram di sarang jangan sekali-kali disingkirkan karena akan membuat dia semakin mempertahankan telornya…. akibat lanjutannya si induk menjadi hyper protective (terlalu melindungi), ketika ada orang lewat/mendekati sangkar ternak si induk langsung loncat ke dalam sarang tanpa memperhatikan kondisi anak di dlm sarang sehingga mengakibatkan anak mati tergencet induknya…. demikian mohon maaf kalau salah

      salam

  312. 509 Purbowo erlianto 25 April 2010 at 2:55 pm

    Mas.masukan aka. Untuk kenari yang tidak ada masalah dengan betina pada saat mengeram lebih baik biarkan jadi satu apa kata mas sofyan,dan untuk menghindari atau mnyiasati KN suka nyabit bulu bisa di ganti dengan potongan Tizu apa aja yang penting bukan tizu basah.Nanti KN akan ambil sendiri dan itu sama lembut dengan bulu KN. Yg sering saya coba dan mau. Maaf hanya masukan.

    • 510 ahmad sofyan 26 April 2010 at 12:17 am

      Terimakasih atas sharingnya P’ Purbo… kalau saya biasa menggunakan kapas kosmetik tetapi prinsifnya sama saja yach Pak ??….

      salam

      • 511 tri hat 25 April 2011 at 8:05 am

        om ,,, mau tanya,, KN lokal sy betina punya anakan 3 umur 20 hari yg pertama,, induk sdh mulai bangun sarang lagi dengan bahan yg sdh sy siapkan ( kapas kosmetik,, tp induk sepertinya bangun sarangnya sudah selesai namun malah mencabuti bulu anakan ) akhirnya sy putuskan anakan sy sapih padahal belum ketahuan bisa makan sendiri,, tapi sy ksh bubur & telur rebus dgn cara di acungkan anakan sdh bisa matok sendiri apa itu sudah bisa dibilang belajar makan & kalo dipisah kira2 anakan sudah bisa mandiri belum. trmksh.

  313. 512 Deni_ Bekasi 24 April 2010 at 9:15 am

    Apa kbr ? Mdh2 kbr baik buat Om Sofyan…
    Mo curhat neh….

    Alhamdulillah berkat bimbingan Om Sofyan, Kenari sy sudah menunjukkan kemajuan.

    Dari 3 pasang yg sedang sy ternak, box 1 msh pacaran, box 2 sudah menetas, dan box 3 sedang mengeram. Yg ingin sy tanyakan :
    1. Box 2 bertelur 5, netas 4. Dari 4 bayii yg lahir itu 2 ekor mati setelah 2 hari….sayang banget. Sisanya tumbuh bagus. Bagaimana menrut Om Sofyan ?

    2. Makanan apa yg paling bagus untuk pasangan yg baru punya anak itu spy kedua orang tua dan anaknya sehat?

    3. Box 1 sudah jodoh, tp blm menunjukkan tanda-tanda bertelor, bikin sarangpun belum. Padahal, pd box 1 ini penjodohannya paling duluan. Yg betina duburnya keliatan sudah siap. Seringkali sy mergokin ketika betina mendekat yg jantan cuex malah pergi. Yg sy heran, tuk yg jantannya ini asik aja berkicau, gacor banget tanpa peduli dg betinanya. Apa mungkin si jantan ini ga demen sama betinanya ?

    Mks ya Om atas jawabannya.

    • 513 ahmad sofyan 26 April 2010 at 2:07 am

      Kabar saya alhamdulillah sehat, senang mendengarnya om …. selamat atas keberhasilan ternaknya, kalau masalah anakan mati saya rasa wajar apalagi baru diternak, untuk pakan yang terbaik bagi kenari yach pakan hariannya di perbanyak, telor puyuh dikasih tiap hari minimal 2 butir atau kalau mau simple bisa di kasih telor ayam 1/2 butir dan jangan lupa di kasih sayuran. Selain pakan harian juga diberi multivitamin minimal seminggu 2 x….

      Untuk Box 1 coba jantannya di ganti om, sebetulnya bunyi gacor itu tandanya sudah siap ternak cuman jantan yang ini ada kelainan kali om hehe…., biasanya jantan yang di ternak jarang bunyi….

      salam

      • 514 yunior 26 April 2010 at 2:23 am

        mungkin jantannya gk tertarik ma betina yg itu om kurang cakep dia maunya yg cakep kyk syahrini kali he..he coba jantannya dijodohin ma betina lain begitu juga sebaliknya he..he jgn lupa usia jantannya itu dah siap ternakkan???

  314. 515 madeastikaputra 23 April 2010 at 5:30 am

    salam om,sy mencoba mengawinkan kenari tapi tdk mau bertelur penyebabnya apa y??
    gini:saya membeli seekor kenari betina dr peternak kenari..sy coba kawinkan

    dengan kenari sy…setelah sy satukan dlm kandang kelihatannya akur…..beberapa

    hari kemudian si betina membuat sarang dan melakukan perkawinan….tp tidak mau bertelur

    pdahal terjadi proses perkawinan dan pembuatan sarang…terhitung dr 2

    minggu yg lalu smpai sekarang kenari sy masih tdk mau bertelur…terpaksa sy ganti dengan kenari betina baru…

    tapi hasilnya sama..kira2 apa y penyebabnya??mohon sarannya om….trims…salam kenal..

    • 516 ahmad sofyan 26 April 2010 at 2:00 am

      om Made penyebab kenari belum bertelor ada beberapa faktor coba cek kondisi sangkar takutnya posisi sangkar terlalu rendah sehingga kurang nyaman bagi kenari posisi sangkar ternak yang baik yaitu sejajar dengan kepala kita, atau kenari betina belum merasa nyaman karena isi sarangnya kurang empuk coba masukkan kapas kosmetik atau tisue kedalam sangkar ternak, jangan lupa gizi pakannya di tingkatkan…. pemberian telur puyuh dan sayuran demikian om semoga sukses ternaknya…

      salam

  315. 517 Hary Key 23 April 2010 at 4:13 am

    Ooo.. gitu ya Om Fadly. Waduuhh kalo gitu kapan-kapan saya harus ke tampat Om Sofyan nih.

    Om Sofyannn…. sisain KN nya buat saya ya. yang masih anakan juga gpp deh yang penting trah nya jelas. Bukan hasil anak haram. Hahahaha.

  316. 518 Hary Key 23 April 2010 at 2:18 am

    Om Fadly, saya cuma ajak KN jalan-jalan ke Delta & Spa setiap jumat gaul. Hehehe.

    Om Yunior trimakasih informasinya. Cocok banget kalo minta dipijet. KN saya biasa saya ajak ke Delta Om. Sekedar cuci botol..wakakakakak.

    • 519 Fadly 23 April 2010 at 2:46 am

      Om Hary PK itu maksudnya pingin kawin, buruan atuh siapin betinanya……sayang sudah terlambat dirumah ada sepasang…..besanan dengan Om Sofyan…….tidurnya udah nempel……hehehehe

  317. 520 yunior 23 April 2010 at 2:04 am

    ane gk minta ditraktir makan siang cukup dipijet aja deh..mabung kecil biasanya sekitar umur 4-5 bulan…

  318. 521 Hary Key 22 April 2010 at 2:53 pm

    Om-Om Senior, burung KN saya kompak pada mabung bareng. Wah pertanda apa ini ya? Fenomena ini sungguh membuat hati was-was. Ciaa..elah lebay banget ya. hehehe.

    Om mau tanya dong, burung KN saat mabung pertama umur berapa ya?
    Hayoo siapa yang bisa jawab saya traktir makan siang. Hehehehe.

    Terima kasih atas jawabannya Om.

  319. 523 gede 22 April 2010 at 10:33 am

    Kenari lain yg gacor Jauhin Om…

  320. 524 yunior 22 April 2010 at 7:39 am

    yang kemarinkan dah sampai gede om sering ente tinggal kali..he..he dicoba lagi jgn menyerah…..

  321. 525 redmoz 22 April 2010 at 7:17 am

    alow om..berita duka…anakan corona wafat semua…kayanya si induk betinanya harus dikasih kursus cara merawat anak yg baik dan benar nehh….padahal makannya 4 sehat 5 sempurna slalu tersedia…cobaannnnn…

    • 526 sofyan 22 April 2010 at 9:20 am

      Turut prihatin om… ya itulah cobaanya peternak kenari, tetap semangat insya Allah dapat penggantinya yg lbh bagus … amin

      salam

  322. 527 sudarmanto 21 April 2010 at 8:41 am

    salam kenal om…..
    saya pemula dalam menangkar kenari.,sekarang ini saya mempunyai sepasang kenari
    warna putih(pejantan)dan warna kuning(betina).sudah satu minggu ini sy perhatikan
    udah mulai kawin terus sering suap2an.tetapi waktu tidur masih sering pisah….
    yang ingin saya tanyakan..apakah ciri2 tersebut pertanda udah jodoh apa belum?terus berapa lamalagi bertelurnya,lama pengeramannya,serta untuk anak yg dihasilkan dominan ke warna apa?terima kasih banyak om sebelum dan sesudahnya.

    • 528 ahmad sofyan 22 April 2010 at 3:40 am

      Kalau sudah kawin dan saling suap-suapan berarti sudah jodoh… untuk sampai bertelor tinggal nunggu waktu aja om, kayanya gak lami lagi bertelor…. mengenai warna anaknya bisa ngikut ke induknya atau beda dari induknya…. demikian

      salam

  323. 529 andre 15 April 2010 at 2:41 pm

    om mav aku mau tanya,,,,, klw telur knary udah menetas…. apkah si jantannya harus di pisah,,,,,,,????????????? tlg kasih tau ya…. sms ke no hp aku di 081912291123

    • 530 sofyan 16 April 2010 at 1:10 am

      untuk memisahkan jantan tergantung tujuan kita om…. kalau ingin dengerin suaranya atau dijodohkan denngan kenari lain jantannya di pisah… tetapi kalau ngga mau diapa-apain jangan di pisah lebih baik disatuin aja biar ngasuh anak bareng2 sm betinanya karena jika anak diasuh kedua induknya kualitasnya lebih baik…

      salam

  324. 531 asep arifin mansur 13 April 2010 at 4:18 am

    salam kenal om, saya tinggal di subang jawabarat. sy termasuk pemelihara kenari sejak 1998 dan pernah juga mengembangbiakannya. kemudian berhenti karena pindah-pindah tugas. sekarang mulai pelihara lagi, 1 YS, 4 lokal. ada 1 ekor duburnya mampet oleh kotorannya. mohon saran penanganannya, terima kasih

    • 532 ahmad sofyan 13 April 2010 at 5:38 am

      dubur yang mampet coba bersihkan kotoran menggunakan air hangat, berikan obat diare kedalam air minumnya jangan lupa beri makanan yang disukai kenari seperti niger seed, biji sawi atau telor puyuh rebus….

  325. 533 g sukendra 13 April 2010 at 2:43 am

    Yth. Bapak Ahmad Sofyan

    Pak kenari saya sudah menetas, dari 4 (empat) telur hanya menetas 1 satu (satu).
    Pak saya ingin tanya lagi nich :
    Apa yang menyebabkan telur itu tidak menetas, padahal kalau saya perhatikan sebelum burung itu menelur hampir setiap hari kawin (kira2 selama 7-10 hari).
    3 (tiga) telur yang tidak menetas tersebut setelah saya pecah kayaknya tidak ada empbrionya.
    Terima kasih atas pencerahannya.

    • 534 ahmad sofyan 13 April 2010 at 2:57 am

      Waduh ikut seneng saya dengernya Pak, Bapak sudah berhasil ternak kenari…. mengenai tingkat keberhasilan masih kecil bisa dipelajari sambil berjalan…hehe… Ada beberapa faktor penyebab tidak terjadinya pembuahan, usia kenari masih muda (baru belajar di ternak), stamina kenari menurun, gizi pakan kurang berkualitas, faktor lingkungan ternak yang kurang nyaman…. Bapak bisa telusuri penyebab kegagalan satu persatu… demikian Pak.. kalau ada waktu hari sabtu ditunggu kehadirannya Pak…

      salam

  326. 535 yunior 8 April 2010 at 2:36 am

    bukan tante atuh ini mah masih perawan panggil aja mbk he..he saya jadi inget ada salah satu penggemar kenari namanya myluwi(cindy) mau beli kenari waktu itu saya bilang kerumah aja…pas sabtu orangnya kerumah saya kaget kok cewek cantik dah gitu ma neneknya lagi wah bingung saya ngelayaninnya he..he salah tingkah and heran ternyata wanita juga seneng burung kenari euy

  327. 538 ida farida 7 April 2010 at 10:21 am

    salam kenal om sofyan, mo ikutan tanya juga nih,,,, :)
    saya dirumah ada 3 kenari, 2 jantan, 1 betina. pertama yang betina saya satuin sama salah satu jantan, nah yang betina itu mulutnya megap2 gt (megap2 apa ya bahasa indonesianya ???) dan gak ada suaranya, tapi jantannya tetep ngedeketin betina, setelah beberapa menit, betinanya masih megap2 juga, trus saya pisahin lagi, soalnya saya pikir mereka gak saling suka :)
    trus saya pindahin ke jantan yang satunya lagi, soalnya pas tadi saya satuin sama yang satunya dia kaya cemburu gt. tapi pas disatuin tuh jantan malah kaya linglung, trus malah kaya mau berantem gt. ya langsung saya pisahin lagi deh.
    yang mau saya tanyain, itu kenari gak ada yang saling suka ya ?? hahaha
    trus kenari betina yang kenapa megap2 gt ??

    terima kasih

    • 539 ahmad sofyan 8 April 2010 at 12:46 am

      wah ini Bapak atau Ibu yach ..??… hehe… coba teliti lagi tulisan saya diatas, pada saat menjodohkan jangan langsung di satukan tetapi harus melalui proses penjodohan, dimana sangkar betina dan jantan di gandeng(berdekatan), setelah terlihat tanda-tanda saling tertarik diantara keduanya baru di satukan, mengenai betina mengap-mengap itu hanya memperlihatkan kemarahan…. ya prinsifnya sama dengan kita ketika ketemu orang yg baru dikenal kita jaga jarak kalau bisa memperlihatkan ego kita

      • 540 ida farida 8 April 2010 at 1:06 am

        ehm,,, bukan bapak,, ibu2 juga belom,,,, :)
        owh gt ya, saya kira mereka udah pada saling suka, soalnya pas dideketin ada tanda2nya. terima kasih ya om jawabannya.

      • 541 ahmad sofyan 8 April 2010 at 1:42 am

        Sama-sama tante eh… mba… ada kejadian yang pakai email anaknya jadi saya ragu-ragu mau manggilnya hehe….kalau udah ada tanda-tandanya jodoh biarin satu kandang aja…. biasanya kalau betinanya merasa cocok tidak lama langsung jodoh…

        salam

      • 542 yunior 8 April 2010 at 2:39 am

        istilah kerennya malu2 kucing he..he

      • 543 munir 8 April 2010 at 2:43 am

        sukses Om…. ternyata noni-noni pada mulai gandrung ama Om Sofyan ehhhhh (maksudnya ama ide Om Sofyan untuk beternak kenari bersama). gak boleh kalah nih ama noni2, rencana ternak harus jalannnnnnnnnnn…..

        sukses buat kenarimania

      • 544 ahmad sofyan 8 April 2010 at 3:01 am

        om Munir justru Ibu-ibu punya kelebihan dalam beternak kenari diantaranya ibu-ibu itu sabar, telaten dan selalu ada d rumah…. menurut saya ternak kenari tidak berat hanya butuh ketelatenan…. jadi bagi Bapak-bapak yang istrinya jadi Ibu rumah tangga yang baik ajarin cara ngerawat & ternak kenari, biasanya kalau sudah menghasilkan uang yang ngga hobi aja bisa jadi hobi hehe…..

        salam

      • 545 gede 8 April 2010 at 3:14 am

        Hallo Nona Ida Farida… tring… tring… Salam kenal ya… sy hobies kenari jg lho :D
        Xixixixixi….. Om tommy mana nih ? Om Yunior itu yg cantik dateng ke rumah sama neneknya mana ? koq gak di ajak ke Blog ini ? Hehehe… makin cepet gacor kayanya nih Blog kalo banyak Nona Noni pada mejeng di sini :D

        Salam….

  328. 546 Andy sala3 6 April 2010 at 7:37 am

    Dear M Sofyan
    Mo nanya, Saya punya Kenari jantan 1 dan kenari betina 3 ekor. Setiap yg jantan bunyi ada 1 betina yg gelisah sampai nyari2 suara jantan, ada yg suka narik2 ekornya sampai bentuk ekornya gak karuan, yg satu lagi cuman nyautin pake suara.
    Kira2 yg birahi yg mana ya Om? Pernah saya masukkan kenari jantan ke yg betina gelisah tadi tapi kok gak lgs jodoh ya? malah jantannya kelihatan kayak mau lari dari sangkar betina.
    Kalo yg suka narik ekornya solusinya gmn ya om?
    Terimakasih

    • 547 ahmad sofyan 6 April 2010 at 8:18 am

      Om Andy, coba betinanya di kondisikan….Kenari betina di tempatkan dalam kandang ternak, dalam kandang ternak sediakan sarang beserta isinya….nanti setelah salah satu diantara kenari betina itu ada yang menyusun sarang dan isi sarangnya tertata dengan rapih (mbunderin) berarti betina tersebut sudah siap ternak. Solusi betina yang narik2 ekor coba dalam sangkar ternak masukkan kapas (kapas buat kosmetik) insya Allah bisa mengurangi kebiasaan narik-narik ekor…

      Jantan seperti ketakutan berarti jantannya belum siap kawin lebih baik jantannya kondisikan jemur setiap hari dan jangan lupa diberi telor puyuh 2 hari sekali…

      salam

      • 548 Andy.sala3 7 April 2010 at 2:23 am

        Salam Kenal Buat Mas Sofyan dan rekan2 kenari mania semua.
        Maaf ya mas belum kenalan udah lgs nanya aja.
        Meneruskan pertanyaan kemarin.
        *. Kira2 yg suka narikin ekor ada kemungkinan karena kutuan gak?, kalo misalnya karena kutuan solusinya gimana mas?
        *. Berarti kenari yang belum mbunderin belum siap kawin ya mas?

        Terimaksih

        Salam

      • 549 ahmad sofyan 7 April 2010 at 3:12 am

        coba perhatikan apakah kenari-nya nelisik bulu (bener gak sich bahasanya) seperti nyari kutu, kalau nelisik bulu berarti ada kutu, tapi jika cuman narik-narik bulu ekor doang kalau menurut saya sich bukan karena kutu… dia nyari bahan untuk isi sarang cuman ngga nemu akhirnya narik-narik bulu ekor…. kalau kutuan semprot menggunakan sampo pembasmi kutu bisa cari di kios penjual pakan burung…rata-rata indukan akan siap nelor setelah sarangnya tersusun rapi…

        salam

      • 550 Andy.sala3 8 April 2010 at 1:13 am

        Terimaksih info dan solusinya, semoga kenari saya cpt beranak pinak.. Mas ada info kenari f2 jantan mau dijual gak? Yng siap Produksi. Kisaran harga berapa ya mas?

      • 551 ahmad sofyan 8 April 2010 at 1:47 am

        Pak Andy, mohon maaf saya belum punya info yang jual F2YS…. mungkin temen-temen ada yang mau lepas F2YS, kisaran harga antara 1,5 – 2 jt Pak…

        salam

  329. 552 g sukendra 6 April 2010 at 7:27 am

    Yth. Bapak Sofyan dan teman-teman di blog ini

    selamat berjumpa kembali, maaf udah beberapa pekan saya absen dan tidak buka blog nya pak Sofyan ini, pak ini saya ada berita baru bahwa kenari saya yang dulu mati (betina ketika sedang nelur) sekarang sudah saya gantikan indukan baru, dan sekarang sedang mengeram sebanyak 4 butir dan diperkirakan pada tanggal 9 April 2010 akan menetas. asyik benarnya perasaannya jika kita sedang menungggu sesuatu yang menyenangkan ini…………………….

    • 553 ahmad sofyan 7 April 2010 at 8:30 am

      wah cepet juga betina penggantinanya sudah bertelor, semoga telor kenarinya netes Pak… jadi penantian selama ini bisa terbayar hehe….

      salam

      • 554 made astika 23 April 2010 at 11:52 am

        om,saya ingin menanyakan mengapa kenari saya tidak mau bertelur setelah proses

        perkawinan?.padahal keduanya cocok,akur….sudah 2 minggu sejak perkawinan

        pertama dengan betina 1,lalu saya ganti betinanya dengan yang baru tetapi hasilnya

        sama….tidak mau bertelur padahal

        2 mnggu lbh,apa yg jantan mandul ya om/apa ya kira2 penyebabnya…mohon

        penjelasannya..trims…salam kenal

        om…!!!!!!

  330. 555 santos 25 March 2010 at 5:25 pm

    wah, sebaiknya dikasih makan pak Chirs biar kagak notolin kandang atau dikasih sarang saja biar nelur …………..hehehe…………..

  331. 556 chris 22 March 2010 at 1:59 pm

    salam…
    maaf om..numpang tanya
    saya baru di dunia burung..sekalinya tertarik malah ke kenari…
    kok kenari saya sering notol kandangnya ya?
    terima kasih…

  332. 557 sofyan 22 March 2010 at 12:41 am

    Pak Gembong saya turut prihatin atas kematian KN betinanya… saya juga mengalami kejadian seperti yang Bapak alami… mohon maaf saya tidak bisa mendeteksi penyakitnya Pak…Pada saat kenari mengeram sangat sulit mendeteksi kesehatannya karena kegiatannya banyak di dalam sarang… untuk mengantisifasinya pakannya cukup bergizi, multivitamin diberikan minimal seminggu sekali…. pada saat membersihkan kandang coba cek kondisi kotorannya, biasanya kenari sakit kotorannya berlendir atau putih, tidak seperti kotoran kenari sehat… ketika menemukan ada kejanggalan pada kotorannya bisa langsung dberi obat… sedikit masukan kita sebagai peternak harus punya stok obat-obatan dan vitamin karena kita tidak tahu kapan kenari akan sakit

    salam

  333. 558 gembong sukendra 20 March 2010 at 5:19 am

    pak Sofyan dan teman-teman di blog ini, ini ada berita duka “burung kenari saya yang sedang mengeram akhirnya meninggal dunia” segala upaya sudah kami usahakan dengan berbagai macam cara, namun tidakbisa tertolong.

    Yang ingin saya tanyakan kepada Bapak Sofyan dan teman-teman di Blog ini, penyakit apa yang menyebabkan burung saya mati, kronologisnya begiini :
    1. Burung KN saya ini sudah mengeram selama 5 hari, pada hari ke 5 keluar dari tempat mengeramnya, kelihatan lesu, mata sipit, kepala diumpetin di ketiaknya, namun pada siang harinya masuk lagi ke tempat telurnya, pada sore hari cepat-cepat saya cariin obat, saya ketemu vitamin yaitu Vita Plex Drop, dan buru-buru saya tetesin dimulut sesuai aturan, pada hari ke 6 burung kami turun dan kelihatan sehat dan saya lihat sedang makan. pada hari ke 8 saya sengaja tengok ternyata sudah mati, dibagian mulut warna hitam.

    2. Deengan rasa bersedih yang sangat mendalam, akhirnya kuratapi burung itu dan dan saya kubur baik-baik.

    3. Tolong teman-teman yang pernah mengalami seperti saya ini,tolong beritahu saya sebenarnya penyakit apa ini dan bagaimana cara pengobatannya.

    4. Kebersihan sangkar sudah sangat saya perhatikan termasuk makanan dan minuman.

    Mohon pencerahan mudah-mudahan tidak terjadi pada teman-teman.
    Saya tetap masih semangat untuk mencoba kembali dan udah beli lagi kenari betina.

  334. 560 g sukendra 18 March 2010 at 4:09 am

    terima kasih pak, mudah-mudah bermanfaat bagi kita semua

  335. 561 g sukendra 17 March 2010 at 6:15 am

    terima kasih pak sofyan, hari ini saya happy karena tadi pagi saya tengok indukannya sehat, kemarin memang saya beli vitamin cuma merknya saya lupa dan saya berikan sesuai dengan petunjuk dikemasannya, Pak sofyan biasanya kalau indukan sedang mengeram di kasih vitamin merk apa?

    • 562 ahmad sofyan 17 March 2010 at 6:37 am

      syukur klo sudah kelihatan sehat … perawatan harian kenari mengeram… bijian sama dengan yang biasa diberikan setiap hari untuk telor puyuh dikurangi seminggu hanya 1 x, multivitamin (saya biasa menggunakan vitalur) hari senin dan hari jum’at saya kasih suplemen stamina.. fungsi suplemen stamina yaitu menjaga kondisi fisik indukan karena pada saat indukan mengeram jarang bergerak dan jarang di jemur… sehingga kalau kondisi fisiknya tidak dijaga berakibat ngedrop staminanya …. tapi ini pengalam saya Pak… mungkin pengalaman teman-teman yang lain berbeda..

      salam

  336. 563 Purbowo erlianto 17 March 2010 at 3:59 am

    Mas ahmad sofyan,ha….ha….aku membaca pertanyaan pak yus bandi jadi ingat kejadian sama aku,La beli kenari lokal sepasang kok sampe rumah berubah kelamin jantan semua,aku bilang sama yang jual ada lagi ngak kenari yang bisa ACDC.

    • 564 ahmad sofyan 17 March 2010 at 6:14 am

      Hehe…. Pak Pur kejadian2 seperti itu sering terjadi …. belum lama temen saya juga salah prediksi beli Yorkshire jantan 3 bulan kemudian nelor, btw itulah dinamikanya dunia perkenarian …. jadi buat pemula jangan takut berbuat salah justru dengan salah jadi tahu dan bisa jadi suatu kenangan indah….

      salam

  337. 565 g sukendra 16 March 2010 at 7:11 am

    Yth. Pak Ahmad Sofyan,

    Pak ini saya ada masalah lagi nih, burung kenari saya yang sedang mengeram yang kira-kira sudah lima hari kok ada keanehan, yaitu :

    1.jumlah telur 4, salah satunya di umpetin di bawah sarangnya, padahal sudah saya
    angkat dijadikan satu dengan teman-temannya, dan dulangi lagi oleh betinanya
    diumpetin lagi, ini gejala apa ya?

    2. Pada hari ke enam setelah telur ke 1 atau ke 2, kenapa pada pagi hari jam 8
    keluar dan dia tidur diluar sarang (padahal waktunya siang hari), dan saya lihat
    matanya sipit, pertanyaan saya : apakah burung saya ini sedang sakit, dan kalau
    sakit, sakit apa ? terus apa obatnya pak, karena saya coba beli di kios burung
    hanya jual vitamin kalau obat-obatan tidak ada.

    3. Pada jam 11 siang burung saya kembali ke sarangnya dan mulai mengeram
    kembali, tapi saya kawatir burung kenari saya sakit.

    Demikian pak terima kasih, dan saya mohon jawaban, apabila Bapak Sofyan ada waktu.

    • 566 sofyan 17 March 2010 at 12:16 am

      Wah Bapak ini formil banget terimakasih atas attensinya selama ini Pak…
      1. Kenapa ada indukan yang menyelipkan 1 telor di bawah isi sarang banyak kemungkinan Pak, kemungkinan pertama si induk tahu telor tersebut tidak jadi, kemungkinan kedua indukannya merasa kurang nyaman dengan telor yang terlalu banyak atau telor tersebut ada kutunya sehingga bisa membuat gatal terakhir kebiasaan jelek indukan tersebut…
      2. Kemungkinan kelelahan, sehingga staminanya drop… coba beri multivitamin kedalam airnya, mohon maaf saya bukan promosi pada saat indukan diternak saya biasa memberi suplemen stamina alhamdulillah indukannya sehat.
      tetap semangat Pak, dengan berbagai kendala kita bisa menjadi mengerti setiap permasalahan…. btw semoga ternaknya sukses….

      salam

  338. 567 Purbowo erlianto 15 March 2010 at 3:24 am

    Mas Pri n cak rodik , salam balik kabar kita baik, ini ada pakarnya klo mau diskusi sama ahmad sofyan,kita sama mau berguru sama pakar pakar kenari yang ngumpul disini.

    • 568 ahmad sofyan 15 March 2010 at 3:52 am

      hehe… Pak Purbowo bisa aja…. saya berharap blog yang kecil ini bisa jadi sarana untuk kita belajar bersama-sama demi kemajuan kenari Indonesia…. semoga 2 atau 3 tahun lagi kita bisa mengurangi impor kenari terutama kenari Yorkshire hehe…

      salam

  339. 569 yusbandi 15 March 2010 at 3:17 am

    mas.ahmad sofyan.terus kalo untuk mengetahui jantan/betina gimana.maklum takut salah beli.

    • 570 ahmad sofyan 15 March 2010 at 3:46 am

      wah kalau takut salah jangan main kenari Pak… hehe…. justru dari kesalahan itu kita bisa belajar…. sampai saat ini pun saya kadang-kadang salah dalam memprediksi jenis kelamin kenari anakan, terutama usia di bawah 2 bulan …. coba baca link ini Pak semoga bisa membantu http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari

      salam

    • 571 toheng 15 March 2010 at 5:46 am

      he he he jangan takut, para peternak profesional di luar sono aja sering salah melihat ciri kenari jantan betina, yang paling pasti yang cek DNA he he he, kita melihat manusia di jalan sering salah..cewek atau cowok..palagi jaman sekarang

  340. 572 Deni_ Bekasi 14 March 2010 at 7:03 pm

    Mks atas jawaban mengenai “red factor” ya Om.
    Kenapa sy memilih ternak kenari ?
    1. Senang pelihara hewan & Kenari yg paling greget
    2. kicauannya khas, ky air mancur, g terlalu brisik.
    2. “Gampang di ternak”, bgitu Om-Om senior bilang.
    3. Hemat tempat
    4. Kotorannya sedikit & ga menyengat.
    5. Pakannya gampang, kehabisan pakan utama, roti atau kue buat sementara Ok.
    6. Pasar msh terbuka lebar.
    7. Keanekaan warna & variannya bikin orang kesengsem, pilih sesuai selera
    8. Simbol kemungilan & kelucuan adalah Tweety, ya kenari ini.
    9. Siklus produksi sangat pendek sehingga hemat waktu tuk mencetak kualitas baik suara atau warna. Gregor Mendel, bpk genetika, pd experimennya menggunakan kacang ercis krn siklusnya pendek. Demikian juga Morgan, menggunakan Drosophyla melanogaster (lalat buah/rorongo) sbg objek experimennya, krn siklusnya yg pendek.
    10. Nah…. ini …. yg tdk boleh seumur hidup sy lupakan…… kenapa sy antusias, berniat, ingin, mau, akan dan sedang mencoba TERNAK KENARI….. krn Om Ahmad Sofyan bikin blog ini……he…he….mks ya, banyak bocoran ilmunya yg sdh sy serap. Keberatan ga sy anggap sbg guru ?

    • 573 ahmad sofyan 15 March 2010 at 12:32 am

      10. Nah…. ini …. yg tdk boleh seumur hidup sy lupakan…… kenapa sy antusias, berniat, ingin, mau, akan dan sedang mencoba TERNAK KENARI….. krn Om Ahmad Sofyan bikin blog ini……he…he….mks ya, banyak bocoran ilmunya yg sdh sy serap. Keberatan ga sy anggap sbg guru ?

      Waduh om Deni… bisa aja… saya jangan dianggap guru lebih baik temen sharing saja, saya yakin setiap orang itu ada kelebihannya … dan kalau saya perhatikan dari tulisan om … sepertinya om Deni menguasai ilmu genetika, ayo sharing ilmunya om… saya tunggu ulasannya mengenai genetika hehe….

      salam

  341. 575 yunior 14 March 2010 at 8:59 am

    mantap…mantap semangat terus………

  342. 576 yusbandi 14 March 2010 at 6:27 am

    Salam kenal ahmad sofyan, saya ingin ternah berapa ya bahan lokal sepasang,trims

    • 577 ahmad sofyan 15 March 2010 at 12:28 am

      Salam kenal Pak Yusbandi, kisaran harga kenari lokal bahan tergantung kualitas, kalau di pasar burung pramuka sekitar Rp. 75.000…. saya hanya sharing aja kalau Bapak pendatang baru di kenari lebih baik beli lokal yang sudah gacor sehingga bisa cepet denger suaranya dan siap ternak… kisaran harga kenari lokal dewasa Rp. 250.000…. demikian Pak

      salam

  343. 578 supriono 14 March 2010 at 6:13 am

    weleh….weleh…..senior ter nyata di sini,to kompol Le,Mas ahmad sofyan salam kenal saya mampir juga ni, saya dah lama ngak ketemu Pak Pur, ternyata ketemu juga disini apa kabar pak Pur,semoga sucses selalu tu ujicoba2nya. boleh klo dah ada lemparan bahan kenari.

  344. 580 cak rodik 14 March 2010 at 6:06 am

    pak Pur, sekarang dirumah ada berapa pasang, saya sempat setop dan sekarang mulai cari bibit lagi tapi main lokal aja, seperti saran pak pur dulu. Paling tidak F1 dah. untuk Mas ahmad sofyan,klo bahan lokal (warna bebas) sepasang berapa ya, dan klo bahan betina berapa.trims.

    • 581 sofyan 15 March 2010 at 12:13 am

      Cak Rodik… mohon maaf kenari lokal sedang kosong… kalau deket pasar burung enakan nyari di pasar burung, sekalian melatih keterampilan memilih kenari bagus, kalau saya pribadi ketika memilih kenari di pasar burung ada sensasi tertentu dimana kita bisa milih sepuasnya dan ketika sampai di rumah kenari bunyi wah senang banget hehe….. selamat berburu

      salam

  345. 582 g sukendra 13 March 2010 at 4:34 pm

    Mananggapi pak Gede, salam kenal dari saya. Adapun alasan saya mengembangbiakkan kenari :
    1. saya pecinta burung berkicau
    2. alasan ekonomi, mungkin menguntungkan
    3. warnanya yang indah.
    4, suaranya yang bagus dan khas
    5. karena hobi (sambil menyelam minum air) terkait dengan alasan no.1 dan 2
    6. berlatih bersabar
    7. Mungkin cara mengembangbiakkannya lebih mudah dari pada burung berkicau lainnya.
    8. Tidak memerlukan kandang yang spesifik (biaya modal lebih murah).
    9. Sifat burungnya jinak (mudah bergaul dengan manusia), tidak mudah setres.
    10. ada pasarnya (ada pembelinya)

    Tapi pak ada juga yang memberatkan yaitu :
    makanan biji-bijiannya harus di impor sehingga pakannya relatif lebih mahal apabila dibandingkan jika produk dalam negeri.

    • 583 gede 15 March 2010 at 4:38 am

      Salam kenal jg Om…
      Alasan no.6 itu betul banget Om :D
      Pakan kenari ada yg bisa di tanem sendiri Om, Extra Food jg gak perlu berlebihan, krn KN kan termasuk burung bertubuh mungil. Wadah pakan diatur sebaik mungkin spy KN makanya gak ngacak2 :D

      Sampai saat ini sy pribadi blm menggunakan obat2an atau multivitamin, masih merasa cukup dgn pakan yg baik dan Extra Food secukupnya.

  346. 584 cak rodik 13 March 2010 at 2:36 pm

    Pak Pur, betul betul betul, he…he…he… ketemu juga disini, apa kabar pak’, saya dah lama ngak kontak jadi kangen sama saran sarannya. apa sekarang sudah bergeser ke Jakarta di Pacet gimana siapa yang ngurus tu kenari. untuk mas sofyan, salam kenal.

  347. 586 Purbowo erlianto 13 March 2010 at 2:15 pm

    Mas.alasan pelihara kenari 1.mempunyai body yang mungil dan ber warna warni. 2.suara khas. 3.tidak memerlukan sangkar ukuran besar (kecuali ternak). 4.makan mudah. 5.perawatan relatif gampang. 6.farian banyak (tinggal isi sakunya aja). 7.lagi ngak punya uang buat beli pakan jual gampang. LA INI 7UP

  348. 588 gede 13 March 2010 at 6:54 am

    Ternak kenari harus penuh kasih sayang alias CINTA :)
    burung kenari mempunyai perasaan yang halus… Jika anda dapat memahami perasaan burung kenari, maka ternak anda akan SUKSES.
    Alhamdulillah… hari ini penuh CINTA bagiku :X

    Kang AS, tulisan barunya ditunggu ya…
    *saran – Ulasan 10 Alasan memelihara kenari :D
    ayo rekan2…. ayooo… di isi :
    1.
    2.
    3.
    4.
    5.
    6.
    7.
    8.
    9.
    10.l

  349. 590 Deni _ Bekasi 12 March 2010 at 5:43 pm

    Eh lupa, tambah lg ah pertanyaannya
    2 pasang kenari yg sedang sy tunggu “cukup umur” ingga siap kawin, masih saya letakan dalam kandang pembesaran.
    Pertanyaannya :
    1. Berapakah umur ideal seekor kenari masuk kandang soliter ?
    2. Aakah tanda-tanda seekor kenari siap masuk kandang soliter ?
    2. Apakah dg dijadikan satu dalam kandang pembesaran (krn blm cukup umur), kenari jantannya mau belajar berkicau ?
    Mks ya.

    • 591 ahmad sofyan 13 March 2010 at 3:13 pm

      umur 2 bulan sebetulnya sudah siap masuk kandang soliter, dengan di pisah di kandang soliter kenari muda cepet belajar bunyi. dan jika kenari muda betina dan jantan disatukan setelah dewasa lambat birahi…. jadi kalau ada sangkarnya lebih baik cepat-cepat dipisah biar kenari jantannya cepat bunyi ….

      salam

  350. 592 Deni _ Bekasi 12 March 2010 at 5:30 pm

    Nyenggol lagi ah….eh nanya lg ah, berharap Om Sofyan g bosen.
    Assalamu alaikum wr.wb

    Sy coba dan konsen ternak kenari merah. Sekadar info saja, yg sy punya skarang ini :
    - Sepasang kenari merah brjodoh sudah masuk kandang ternak.
    - Dua pasang lg sedang menunggu cukup umur

    Biasa….. calon peternak pemula identik dg karakter “kurang sabar”, ingin segera banyak pdhal kemampuan financialnya rendah.
    Atas dasar itulah, lalu sy iseng2 bertandang ke pramuka.
    Diantara warna-warninya Kenari lokal, ada dantaranya Kenari lokal kuning becak/garis merah pudar.
    Pertanyaannya :
    1. Apakah gambaran yg sy sebutkan diatas termasuk “RED FACTOR” ?
    2. Jika sepasang kenari dg warna seperti gambaran diatas mungkin dpt mewarisi
    warna merah tegas ?
    3. Apakah ada referensi yg menyatakan bahwa kenari merah hanya di dpt dari
    sepasang indukan kenari merah pula ?

    Mks ya atas komentarnya…. ditunggu banget neh Om

  351. 594 ibnu 12 March 2010 at 3:47 pm

    ibnu nau tanya, ciri kenari jantan n betina seperti apa ya?
    karna kita punya kenari hanya bisa berbunyi” cuit.. cuit..tritit..tit.” dilihat dari kaki sih sepertinya dah berumur kerna baik itu jari2nya dah pada kasar.jika di tangkap tuk di berikan obat kulit tetap aja bunyinya :cuit..cuit..tritit,,tit..” jadi bingung nih
    ada yang bisa bantu kenari ni jantan atau betina ya?

  352. 596 g sukendra 12 March 2010 at 1:43 pm

    assalamualaikum pak Sofyan, telurnya tidak menetas pak, pada tanggal 3 maret saya ambil dan saya terawang pakai lampu, telurnya kering, jadi semuanya tidak menetas. Sesuai dengan saran Bapak maka yang perempuan saya rekondisi selama 5 hari, setelah yang jantan saya campur dan pada tanggal pada tanggal 10 Maret 2010 (atau saya campur selama 4 hari) sudah menelur lagi dan ada tanggal 11 telurnya sudah dua.
    yang jantan hingga sekarang masih saya campur dan kadang-kadang yang betina siang sudah ngeram dan kalau malam ngeram, ini berbeda dengan sebelum-sebelumnya dulu yang tidak menetas itu. pada waktu itu kalau malam tidak mengeram. Bagaimana pak kira-kira telur yang sekarang ini apa menetas apa tidak ya, karena kok kalau kenari itu jodoh kok kagak seperti burung merpati ya ?

    • 597 ahmad sofyan 13 March 2010 at 2:46 pm

      Waalaikumslm, periode yang ini insya Allah jadi Pak … itulah nikmatnya dunia peternakan setiap saat kita mempunyai harapan yang bisa membuat harap-harap cemas hehe… kita tunggu sampai tanggal 24 maret … semoga apa yang Bapak harapkan dapat tercapai, memang kenari lain sama burung dara walaupun sudah jodoh kadang-kadang tidak kelihatan harmonis hehe….

      salam

  353. 598 yunior 11 March 2010 at 8:08 am

    wah yg siap ternak nih ayo om sofyan nanti ane bantu pengirimannya he..he
    emang mau ternak jenis apa om???

  354. 599 Fediyan Syahputra 11 March 2010 at 7:26 am

    om sofian, gimana dapatkan kenari yg siap ternak….
    posisi saya ada di palembang…..
    saya pengen mencoba ternak kenari nih….kepikiran terus pengen ternak..
    sedangkan kenari yg saya beli masih ngiriwik…
    mungkin om2 yg lain bisa bantu…
    terima kasih banyak om

    • 600 ahmad sofyan 11 March 2010 at 8:46 am

      om Fediyan… dalam beternak kenari harus tentuin dulu tujuannya apa… om seneng kenari karena apa ?… apakah karena suara, body atau warnanya… klo jelas kenari apa yang om inginkan kita bisa bantu tanyain ke temen2 yg lain… kalau saya yang tentukan takutnya ngga cocok nanti saya yang disalahin hehe…

      salam

  355. 601 Purbowo ER 7 March 2010 at 12:45 pm

    Salam…mas,aku pernah ternak di daerah pacet Mojokerto Jatim yang daerahnya mirip mega mendung,tapi begitu aku bawa ke Jakarta telur sering gagal,indukan kurang produktif.apa karena perubahan cuaca,solusinya gimana ya.

    • 602 ahmad sofyan 8 March 2010 at 12:08 am

      Betul Pak Pur…. kenari butuh adaptasi terhadap lingkungan… coba perhatikan lingkungan sekitar kandang ternak mungkin butuh banyak bukaan sehingga sirkulasi udara lebih bagus….

      salam

  356. 603 g sukendra 26 February 2010 at 3:04 pm

    telurnya tidak dimakan kok pak, jadi cuma dilubangi. Karena udah berlubang maka saya ambil dan saya pecahin dan saya lihat, pada kuning telurnya tidak ada guratan darah. Jadi telur itu tidak terbuahi.
    Pak saya tunggu smapai tanggal 2-4 Maret 2010, apabila tidak menetas, saya akan ikuti saran bapak sebelumnya.
    Pak jadi sekarang telur yang saya buang karena dilubangi induknya ada dua dan siasaya yang dierami ada 5, kok banyak amat telurnya. Apakah jenis kenari saya ini hanya tipe yang banyak anaknya saja………… jangan-jangan nanti anaknya bisu-bisu…. hehe.

    • 604 ahmad sofyan 8 March 2010 at 12:11 am

      Pak bagaimana perkembangan telornya…?? apakah ada yang netes….??… kalau telornya banyak takutnya kenari nelor 2 periode ketika telor periode pertama gagal netas indukannya nelor lagi untuk periode ke 2… demikian semoga membantu….

      salam

  357. 605 g sukendra 23 February 2010 at 4:59 am

    Kepada Yth. Pak Ahmad Sofyan
    ,
    Pak saya ada masalah lagi nih, kenapa pada hari ketujuh telur yang dierami 1 dari 4 telur yang dierami itu dipatokin oleh induknya pak.

    dan telur yang pecah itu tidak ada embrionya/darahnya.

    • 606 ahmad sofyan 23 February 2010 at 6:20 am

      waduh sayang saya tidak bisa ketemu sama kenari Bapak jd saya ngga bisa nanya kenapa dia matok telornya hehe… mungkin dia tahu itu telor gagal kali Pak… atau pada telornya banyak kutu sehingga sama dia di patokin… btw hati-hati terhadap induk yang suka mecahin telor takutnya dia sudah merasakan enaknya telor sehingga menjadi kebiasaan makan telor ….

      salam

  358. 607 gede 22 February 2010 at 4:29 pm

    Hallo kang AS… Hallo para penggemar kenari…
    Laporan perkembangan ternak kenari :
    1. Dua Pasang Sudah mulai bertelor
    2. Satu Pasangan Poligami (1Jantan dgn 2Betina) baru masuk box
    3. Satu Pasangan Baru (baru disatukan dlm 1 sangkar)
    4. Lima Jantan; yg ke-1 Mulai Gacor, yg ke-2 & ke-3 masih Nyeriwik, yg ke-4&ke-5 masih seneng main :D Heheheh…
    5. Lima Betina (“KBG”); Semuanya sudah mulai centil2… maklum kenari betina jaman skrng… cepat dewasa Xixixixixixixi…
    6. Cari Pejantan Yorkshire Gacor ! ( ada yg bisa bantu ?? )
    7. Susun jadwal ketemu Om Kian Sing (yg ternyata Om dari sohib sy -OMG- pucuk dicinta ulam tiba)
    8. Menanti kang AS jalan2 ke Bandung…………………………………………………..

    Hehehehe… tgl. 28 kabarnya bakal ada masuk lagi kenari Import ya kang ?!

    • 608 sofyan 22 February 2010 at 11:58 pm

      Kang Gede… selamat semoga ternaknya berhasil, saya hanya mengingatkan saja jangan lengah dalam perawatan kenari sebanyak itu… lengah sedikit bahaya mengancam hehe….

      Kalau ada acara ketemuan sm Pak KS ajak-ajak saya, atau kalau ngga ngajak tolong buatkan laporan pandangan matanya hehe…. Insya Allah kalau ada acara ke Bandung saya mampir sekalian mau belajar ternak kenari …. Info-nya sich kenari import masuk tanggal 24 februari…

      salam

  359. 609 sofyan 22 February 2010 at 10:46 am

    apakah ini telor pertama atau sudah beberapa kali bertelor ?klo periode pertama berarti msh perawan hehe … pd saat bertelor membutuhkan kondisi fisik yg prima sehingga faktor gizi hrs sangat diperhatikan, diberi mutivitamin & probiotik 2x seminggu, berhubung jrg di jemur untuk memperbaiki kondisi/stamina bisa diberi suplemen merk stamina…
    salam

  360. 610 arif 22 February 2010 at 8:53 am

    Ass

    Pak Ahmad Sofyan, saya arif tinggal di bekasi dan saya pemula di perburungan kenari.

    Ada beberapa yang akan saya tanyakan ke Bapak… ceritanya begini :

    Beberapa hari yang lalu saya membeli 2 burung kenari (betina kuning mabung dan pejantan orange) waktu beli…. burung dalam satu kandang lalu setelah beberapa hari burung saya pisahkan.

    Pak, 2 hari yang lalu burung betina bertelur tetapi jatuh ke luar kandang (sarang sudah ada)… disore harinya burung jantan saya masukkan ke kandang betina… kemarin pagi saya lihat ada satu lagi telur yang jatuh ke luar kandang dan pagi ini alhamdulillah ada satu telur yang berada disarang tetapi Pak………. di sekeliling anus burung betina saya lihat bekas darah yang cukup banyak dan saya lihat betina agak kurang sehat…

    Pak Sofyan, mohon informasinya…. kenapa burung kenari saya seperti itu… apakah untuk bertelur betina harus berdarah-darah …? Oh Ya Pak, pakan yg saya berikan bijian, sawi putih, apel hijau / oyong.

    Terima kasih banyak atas informasinya.

    wass

    Arif

  361. 611 eko ludik 20 February 2010 at 3:58 pm

    salam kenal pak sofyan…

    saya baru punya kenari 1 pasang dan pengen coba2 breeding.
    yang pengen saya tanyakan:
    1. berapa lama betina akan bertelor setelah perkawinan terjadi?
    2. kalo dah netes,makanan2 apakah yg harus diberikan buat anakan tersebut?

    sebelum dan sesudahnya
    terima kasih banyak..

    eko ludik

    • 612 ahmad sofyan 22 February 2010 at 12:50 am

      Selamat memasuki dunia peternakan kenari yang penuh dinamika ..
      1. tergantung kesiapan si induknya dan sarana pendukungnya … bisa 7 hari bisa sampai 1 bulan…
      2. makannya biasa aja hanya di tambah telor puyuh rebus, probiotik dan multivitamin

      salam

  362. 613 adit_cilacap 20 February 2010 at 3:07 pm

    wedew,, matep mantep om ulasannya,, sya sampai terkesima bacanya (lebay mode on) hehehe.. tpi emg bner,smw ulasan om sofyan bgus2 koq! sampe heran saya, belajar darimana om, bs nulis gtu ngasih informasi sekaligus motifasi,,saya salut!!
    ttap smgt, n sllu kami tunggu up date_an ulasanya yg laen!!
    salam kenarimania…!!

  363. 615 sofyan 20 February 2010 at 2:08 pm

    semoga telornya menetas Pak, btw itulah nikmatnya ternak kenari pd saat dijodohkan hati ini ber-debar2 menunggu waktunya bertelor, kita begitu senang melihat kenari bertelor tetapi sambil perasaan ini h2c (harap2 cemas) menanti waktunya telor menetas… setelah menetas msh penasaran sama suaranya pokoknya dengan ternak kenari dunia ini menjadi lbh bermakna hehe….

  364. 616 g sukendra 20 February 2010 at 10:34 am

    Yth Pak Ahmad Sofyan dan teman-teman di blog ini, saya sangat puas dengan jawaban Bapak Sofyan.

    Sekarang saya sedang menghitung hari dan tanggal menunggu telur kenari saya menetas, dan diperkirakan akan menetas pada tanggal 2 atau 3 Maret 2010……..
    hari-hari penuh penantian menunggu anak-anak kenari yang pasti lucu………..ha-ha ha ha……….

  365. 617 gede 19 February 2010 at 1:54 pm

    kang… ada lagi peternak kenari merah yg muantafff di bandung…
    Pak Asep, di daerah Jl. Andir – Kebon Sawo IV no. Kontak 022-91576492
    Kontak langsung aja…. Ready Stock Beliau !

  366. 619 g sukendra 19 February 2010 at 9:03 am

    Kapada Yth. Bapak Ahmad Sofyan

    No telpon sudah kami, catat dan sudah saya sampaikan ke Pak Eko di Kalasan Jogya.

    Iya pak saya kurang jeli, no bapak ada di blog ini.

    Oh ya pak, saran bapak kami sudah pahami, cuma saya mau coba untuk membiarkan tetap dierami, saya sabar menunggu sampai hari ke 20 meskipun menetas sampai hari ke 14.
    Pak saya mau tanya lagi nih :

    1. Kenapa setiap pagi / siang hari kenari betina yang sedang ngeram itu turun dan sebentar-bentar turun dari tempat nelornya hingga sore hari, meskipun pada malam hari mengerami ?
    2. Apakah tingkah lakunya seperti tersebut no 1 di saat sedang mengerami?
    3. telur yang keluar dan sudah pasti dibuahi (sudah ada embrionya) itu biasanya berapa hari sejak kawin hingga telur keluar?
    4. Bagaimana cirinya telur yang sudah dibuahi si jantan ?

    Terima kasih pak, dan salam untuk teman-teman di blog ini

    G sukendra

    • 620 sofyan 20 February 2010 at 2:24 am

      pada awal-awal mengeram kenari suka keluar sarang semakin mendekati masa menetas (hari ke 10) jarang keluar sarang kecuali jika merasa lapar dia akan keluar sebentar untuk mengambil makanannya…. saya curiga periode pertama tidak menetas, kemudian induk betina menelor periode kedua sehingga seperti pengeraman di tahap awal (coba perhatikan kalau indukannya keluar sarang telornya bertambah atau tidak …?)….
      untuk menentukan berhasil atau tidaknya pembuahan bisa dilihat pada kondisi fisik telor pada hari ke 7, jika berhasil dibuahi telur terlihat gelap ketika di terawang ada jalur2 merah seperti jaringan warna merah (untuk melihatnya harus diarahkan ke sumber cahaya)… demikian semoga membantu

      salam

  367. 621 made parta 18 February 2010 at 6:53 am

    om..gagal lagi peternakan Saya..

    telur semua kosong/kering dalemnya setelah saya pecahkan, kira2 ngeram 20 harian
    Saya akan coba pisahkan jantannya seperti yang om saran kan ke om G sukendra…

    apa perlu ganti pejantan om..???
    saya ada 1 lagi pejantan tetapi masih ngeriwik kira2 umur 3bln an.. apa bisa dijodohkan om..???

    demikian terimakasih..

    wassalam…

  368. 622 sofyan 17 February 2010 at 11:59 pm

    makanannya sama aja hanya kuantitasnya di banyakin, ditambah telor puyuh rebus dan multivitamin….

    salam

  369. 623 didit 17 February 2010 at 2:19 pm

    om, gmn perawatan saat telor sudah menetas. makanan apa aja? sblmnya trmksh.

  370. 624 g sukendra 17 February 2010 at 7:51 am

    Kepada Yth.
    Bapak Ahmad Sofyan

    Waduh ternyata Bapak sangat respek terhadap pertanyaan saya, saya mengucapkan banyak terima kasih atas jawaban bapak, dan saya sangat puas dengan jawaban Bapak.

    Begini pak saya coba jelaskan kembali, maaf waktu menulisnya pada artikel No, 52 pada malam hari saya ngantuk tetapi tidak bisa tidur karena mikirin kenari saya, karena saya memang hobi burung sejak saya berusia 6 tahun hingga sekarang 45 tahun, hidup saya tidak terlepas dari burung dan dapat dipastikan saya pasti punya peliharaan burung apapun jenisnya, cuma saya tidak punya pengalaman untuk beternak.

    pak benar letak sangkar setinggi 5 meter dari lantai dan atasnya eternit, jadi memang nyaman, untuk makanannya sejenis padi tapi kecil-kecil dan saya tambah dedaunan/sayuran. Untuk telur gemak belum pernah kami berikan, karena ssaya pernah mencoba burunya tidak suka.

    Oh ya pak waktu bapak kursus dan lama menjawab pertanyaan saya. Saya penasaran untuk pulang ke Jogya sekalian ada acara pernikahan adik, saya ketemu saudara saya dan tadi saya telpon karena saya sudah dapat no hp, Saudara saya itu juga peternak kenari yang ada di daerah Yogyakarta namanya pak Eko, memang dia beternak belum lama tapi dari hasilnya bisa untuk beli mobil tua, dia menanyakan No. HP Bapak Ahmad Sofyan karena saya buka internet Bapak juga sebagai importir kenari.

    Kalau Bapak berkenan kiranya bapak bisa berikan no HP bapak agar saudara saya dapat menghubungi Bapak melalui HP , Saudara saya ini (Pak Eko) mencari bibit kenari impor yang terbaru untuk diternakkan.

    Mohon maaf pak, Pak Eko ini kurang biasa menggunakan iternet sebagai bahan informasi, sehingga tidak bisa share dengan blog ini.

    No. HP Pak Eko 081931760004

    Hormat saya
    Gembong Sukendra

  371. 628 sofyan 17 February 2010 at 12:22 am

    posisi sangkar 5 m dari bawah ?, ngasih makannya gimana Pak ?… kalau waktunya sudah 20 hari sejak bertelor berarti telornya bening Pak/gagal dibuahi … lebih baik semua telor buang…. induk betinanya di kondisikan kembali… tiap pagi jemur & mandi setelah seminggu masa pengkondisian coba satukan kembali dengan jantannya ….pada saat penjodohan diberi multivitamin (saya biasa menggunakan super breeding atau vitalur) di teteskan ke air minum, telor puyuh rebus setiap hari sampai induk betina mengeram … saya rasa tidak usah telpon Pak kita diskusikan di blog ini sehingga bisa dibaca temen2 yang masih sama-sama belajar ….. btw blog ini merupakan media sharing bersama sehingga rekan-rekan bisa sharing di sini juga karena saya juga masih tahap belajar saya tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan yang dihadapi rekan-rekan…..

    salam

  372. 629 g sukendra 16 February 2010 at 1:01 pm

    Kepada Yth. Bapak Ahmad Sofyan

    Assalamualaikum wr wb

    Pak saya menyambung artikel 34 dan Bapak sudah jawab. Berdasarkan jawaban bapak pada artikel 43 kami sudah cek tidak ada serangga dan sangkar bersih, posisi sangkar tidak tinggi 5 m dari bawah dan tidak ada gangguan.

    Pak sekarang dari telur pertama sudah sampai hari ke 20 dan jumlah telur sebanyak 6 butir dan kenari jantan sudah kami pisah 5 hari yang lalu, sekarang tempat telurnya saya kasih potongan serat / rami (yute) yang kami datangkan langsung dari Yogyakarta. Kemudian telur nya kami taruh atasnya, dan sebagian rami yang kami potong-potong sepanjang 2 cm-3 cm kami letakkan didasar sangkar. E ternyata kenari betina langsung merapikan tempat nelurnya dan membuat dan mengambil potongan serat dari bawah ke atas (tempat telur) tapi kadang-kadang potongan serat yang ada disarang dibawa ke bawah dan pada malam hari dan ini hari kedua kenari perempuan mengeram di telurnya tapi kalau siang hari keluar masuk.

    Pertanyaan saya :
    1. Apa yang harus saya lakukan dengan kenari saya ini apakah yang betina dicampur lagi sama jantannya atau tetap dipisah sambil menunggu yang betina benar-benar mengeram.
    2. Apabila yang betina tidak mau melanjutkan mengeram apakah telurnya harus dibuang dan dijodohkan kembali?.
    3. Untuik lebih jelasnya apabila Bapak sofyan berkenan kami akan bicara melalui telpon, berapa no telp bapak dan jam berapa kami bisa hubungi ? kalau no telpon saya adalah 02177832507 dan no HP saya 08179869502.

    Hormat saya
    Gembong sukendra

  373. 630 gembong sukendra 16 February 2010 at 12:27 am

    Yth.Bapak Ahmad Soyan

    Terima kasih jawabannya tentang kenari tidakmau mengeram.

    Salam

    Gb Sukendra

  374. 632 roy 15 February 2010 at 4:17 pm

    kenari anakan saya udah umur 21 hari…

    tapi indukannya sering cabutin bulu anakannya..
    emang gpp t om???

    • 633 ahmad sofyan 16 February 2010 at 2:36 am

      om Roy …coba perhatikan faktor makanannya jangan-jangan makanannya terlalu bagus sehingga mengakibatkan induknya cepet birahi…. sambil meneliti makanan penyebab birahi… untuk sementara masukin kapas atau sobekan kertas ke dalam sangkar ternak mudah-mudahan bisa membantu…

      salam

  375. 634 made parta 12 February 2010 at 5:33 am

    selamat siang om…

    burung kenari saya sekarang lagi ngeram kira2 sudah 12 hari, tetapi sudah sering keluar sarang, pagi siang dan sore hari, jantannya sering di kejar-kejar..
    walaupun sering dikejar yang jantan kadang2 tetap ngeloloh si betina pada saat gak keluar sarang.

    apakah bertanda telor burung saya sudah netas..???
    apakah jantannya harus dipisahkan..???

    demikian terima kasih atas waktunya om sofyan

    • 635 ahmad sofyan 12 February 2010 at 7:23 am

      Om Made…. berarti induk betinanya bagus, masih mau ngambil makanan sendiri tidak harus menunggu di loloh jantannya…. untuk mengetahui sudah menetas ato belum bisa dilihat di bawah/alas sangkar kalau ada cangkang telor biasanya sudah menetas ato kalau pagi-pagi terdenger suara halus ciap-ciap anak kenari, kalau jantannya terserah om mau di pisah atau ngga itu tergantung tujuan om… kalau ingin di poligami silahkan diangkat kalau ingin di jodohkan terus menerus yach silahkan… terimakasih

      salam

  376. 636 ahmad sofyan 12 February 2010 at 3:30 am

    om Don… sy biasa menggunakan vitasol …

  377. 637 Dony 12 February 2010 at 1:43 am

    Mau tanya sedikit om…he3x..
    Biasanya multivitamin yg dipakai apa ya om? Makasih…
    (kl takut dikira iklan sms atau email jg boleh kok om……he3x..)

  378. 638 ahmad sofyan 11 February 2010 at 1:06 pm

    Waduh mesti dijawab saya semua yach…?? maaf akhir2 ini sy lg repot jadi banyak yang terlewat apalagi pertanyaannya seperti ini sudah banyak yang nanya … prinsifnya kenari tdk mau ngeram karena posisi sarang kurang nyaman atau merasa keamannya terganggu coba cek sarangnya takutnya ada serangga, posisi sangkar ternak terlalu rendah sehingga indukannya merasa terganggu keamanannya atau indukannya tahu telornya bening demikian (lg ikut training jd jawabnya lwt hp maaf klo kurang lengkap) salam

  379. 639 g sukendra 11 February 2010 at 12:34 pm

    Kepada Yth.
    Bapak Ahmad Sofyan

    Salam Kenal
    Assalamualaikum wr wb, Denngan sangat hormat saya mohon Bapak Ahmad Sofyan berkenan menjawab pertanyaan saya pada artikel 34,

    Demikian, atas perhatian Bapak kami mengucapkan terima kasih.

    Hormat Saya
    Gembong Sukendra

  380. 640 Deni 10 February 2010 at 2:06 am

    Si Om ini emang sangat peduli & cpt tanggap. Makasih ya.

  381. 641 Deni 9 February 2010 at 5:38 pm

    Salam kenal ya Om, Ass. Wr.Wb.
    Mau tanya neh om. Saya punya sepasang kenari merah, beli satuan dari Rumah Kenari di bandung. Yang jantan ukurannya lebih kecil, usianya kira-kira 4 bulan, betinanya kira-kira berusia 6 bulan. Sejatinya akan sy jodohkan setelah mencapai usia 1 tahun, tp karena yang jantan sudah gacor & betinanya terlihat genit, klo didekatkan sangkarnya seringkali saling meloloh, klo sangkarnya sy jauhkan yang jantan & betina nabrak2 sangkar seolah ga mau pisah. Krn sy jg ga sanggup nahan kesabaran, akhirnya sore tadi saya satukan dalam kandang dg ukuran panjang 80, lebar 40 & tingginya 40. Pertanyaan sy :
    1. Kenari yg saya punya, kenari jenis apa ya ?
    2. Krn usia keduanya sangat muda bahkan yg jantan lebih muda, bgm tingkat keberhasilannya
    3. Adakah pengaruh pada anakannya, mengingat ini adalah “pernikahan Dini”, he…he.
    4. Seberapa besar kemungkinan kualitas anakannya, mengingat harga keduanya cuku lumayan.
    5. Seberapa besar kemungkinan anakannya akan berwarna merah seperti kedua induknya.
    Makasih banyak atas bimbingannya.

    • 642 ahmad sofyan 10 February 2010 at 1:31 am

      Waalaikumslm,
      Wah pertanyaan banyak banget om…. ciri-ciri kenari birahi yach gacor om… jadi jodohkan saja …..
      1. Kenari merah….. kan kata om kenari merah dan belinya di rumah kenari yang sudah dikenal sebagai peternak kenari merah
      2. coba tunggu sampai anakannya menetas… kalau menetas berarti tingkat keberhasilannya bagus tetapi kalau tidak menetas berarti jelek maaf saya tidak bisa memprediksi …
      3. Biasanya tetasan pertama kualitasnya masih coba-coba
      4. Kualitas kenari merah dilihat dari kualitas warnanya bukan dilihat dari harganya, jika indukannya merah solid dan merahnya pekat insya Allah anaknya bisa mengikuti indukannya…
      5. Jika indukannya berkualitas bagus insya Allah kemungkinan dapat anak bagus besar kemungkinannya…. demikian

      salam

  382. 643 ahmad sofyan 9 February 2010 at 6:55 am

    kenari mengeram selama kurang lebih 14 hari, waktu mengeram kenari bon dan kuning polos beda om… kenari bon lebih lama waktu ngeramnya karena kenari mikiran nempatin bon-nya dimana aja hehe… maaf becanda om … prinsifnya sama aja waktunya kurang lbh 14 hari ngga ada bedanya. Demikian salam

  383. 644 made parta 9 February 2010 at 5:58 am

    selamat siang om…

    mau nanya dikit nih…

    biasanya kenari kalau ngeram berapa lama om..???
    samakah antara kenari bond dengan kenari kuning masa ngeramnya..??

    demikian, terimakasih.

  384. 645 iwanto 8 February 2010 at 8:50 am

    aku senang baca artikel ini soalnya ada lawakannya.( tolong lihat kembali pada artikel proses perjodohan item 5) WAJIB ITU MAS. kwkwkwkwkwkwkkwkwkwk masuk mas soalnya org pada nyelonong bila menjodohkan kenari bila perlu sholat tahjud mas.

  385. 647 g sukendra 6 February 2010 at 9:54 am

    Yth. Bapak Sofyan

    saya sedang menjadohkan kenari dan sekarang nelur 4 sejak telur pertama sudah 10 hari, namun tidak mau ngeram, yang lakinya masih saya campur tetapi kalau malam tidurnya pisah pisah, tetapi saya pernah melihat mereka kawin, dan saling menyuapin, tetapi kenapa hingga 10 hari hingga sekarang kok kagak mau ngeram.
    Adapaun burung kenari saya yang jantan warnanya kuning cerah yang betina warna kuning pucat. tempat nelurnya pakai tempat minuman burung yang besar itu (bahan plastik warna biru), kandang ukuran 40 x 50 cm.
    Bagaimana pak solusinya agar kenari saya mau mengeram?

    Terima kasih, atas jawaban bapak.

  386. 649 wahyusardo 3 February 2010 at 3:51 pm

    gmn cara merawat kenari wkt musim hujan kok sulit/rewel cara dan obat apa aj yg d butuhkan?

    • 650 ahmad sofyan 4 February 2010 at 12:15 am

      om Wahyu menurut saya sich semua binatang pada saat musim panca roba akan mengalami penurunan kondisi untuk menjaga agar kondisinya tetap stabil faktor kebersihan kandang harus di perhatikan terutama tangkringannya harus di bersihkan minimal 1 minggu sekali dicuci, gizi makanan ditingkatkan, pemberian multivitamin harus ditingkat biasanya 1 minggu sekali menjadi 2 x seminggu dan kalau ada sinar matahari usahakan di jemur tetapi jangan sampai kehujanan demikian om semoga membantu. upss lupa kalau malam jangan lupa di kerodong biar kenarinya merasa nyaman….

      salam

  387. 651 naruto 26 January 2010 at 6:16 am

    makasih atas ilmunya ommm…

    maklum nih pemula banget …hehehehe sebenernya sih ketidak sengajaan om..
    oia ommm saya tidak tau kenari saya itu berjenis apa warnanya bon kuning?
    mang apa bedanya ommm kenari lokal, ys,F1,dll…… ?
    satu lagi ommmm saya punya 1 lagi kenari jantan….. umur nya sih blom tau
    (karna dikasih temen) tapi keliatannya dah dewasa (dilihat dari kaki cekernya + kukunya panjang) tapi kok gak kayak kenari yang saya, yang ini gak bunyi ommm barang se “suitt” juga ommm kenapa yah ? mang ada kenari bisu omm?

    maaf nih pertanyaannya banyak om sofyan…
    salam kenari :)

    • 652 ahmad sofyan 26 January 2010 at 8:41 am

      Wah kalau konsultasi kaya begini harus bayar masalahnya ini bisa menghasilkan uang hehe…. (maaf becanda om)…. om aja tidak tahu gimana saya yang belum pernah lihat kenarinya hehe….. canda lagi om …. untuk bedain lokal dan YS gampang om…. kenari lokal yang banyak dijual dipasaran, Yorkshire badannya paling besar diantara semua kenari hampir sebesar burung kutilang badannya seperti wortel terbaik…. F1YS body mirip YS hanya agak kecilan (kalau F1YS agak susah jelasinnya karena banyak variannya) F1YS harus praktek sendiri ….wah kalau kenari dewasa sich udah pasti bunyi om kalau tidak bunyi statusnya patut dipertanyakan… jangan-jangan she male hehe… kenari bisu ada… saya pernah lihat dirumah temen. Demikian

      salam

  388. 653 naruto 26 January 2010 at 4:52 am

    ass …. ommm
    mau tanya lagi ni ommm sofyan
    klo kenari sedang masa perjodohan bagusnya di jemur gak yahhh?
    tapi klo di jemur stress gak ommmm
    makasih ommm

    salam kenari…. :)

    • 654 ahmad sofyan 26 January 2010 at 5:12 am

      waalaikumslm…. kenari yang sedang dijodohkan tidak apa-apa dijemur hanya jangan terlalu sering karena kalau berdasarkan pengalaman saya pada saat dijemur kenari jantan suka ngacak-ngacak isi sarang …. kalau sudah bertelor jangan dijemur om takutnya mengganggu proses peneloran….untuk membantu supaya kondisinya tetap bagus bisa dibantu dengan memberi probiotik dan multivitamin…

      salam
      sofyan

  389. 655 sofyan 25 January 2010 at 11:58 pm

    biarkan aja telor yang tidak menetas sampai usia telor yang menetas 5 hari lebih … biasanya pada usia anak 5 hari indukan sering keluar sarang untuk mengambil makanan, pada saat indukannya keluar sarang telor yang tidak menetas dibuang ….

  390. 656 Andi Harnandi 25 January 2010 at 12:39 pm

    Ass Wr Wb…. Oom Sofyan, kenari saya yang bertelur lagi pada masa pengeraman akhirnya menetas juga 2 ekor, tapi yang 3 butir masih dia erami terus. Tadinya mau saya ambil seperti saran Oom sofyan, maksudnya mau diterawang apakah ada isi nya tapi gak berani. Biasanya kasus seperti ini bagaimana Oom ? mohon pencerahannya … Makasih ya Oom

  391. 657 sofyan 25 January 2010 at 8:59 am

    kalau dalam 1 kandang belum berjodoh … pertama sering berantem atau kalau lagi tidur jauh-jauhan…… pokoknya mah tidak harmonis om hehe….

    salam

  392. 658 naruto 25 January 2010 at 8:40 am

    terimakasin om ahmad tips nya oia satu lagi
    klo emang kenari itu tidak sejodoh tapi sudah di 1 kandang kan ciri2 tidak sejodonya apa ya om….?
    terimakasih ommm

  393. 659 naruto 25 January 2010 at 7:23 am

    salam kenal om…
    mau tanya nih biasanya om klo sedang perjodohan burung kenari butuh berapa lama ommm……

    • 660 ahmad sofyan 25 January 2010 at 7:52 am

      penjodohan kenari tergantung kesiapan kedua-duanya… kalau jantan dan betinanya siap 7 hari saja sudah bertelor tetapi kalau salah satunya kurang siap proses penjodohan menjadi lama…. demikian semoga membantu …

      salam

  394. 661 aa yusuf 9 November 2009 at 9:00 am

    salam kenal,….
    saya pemula dalam ternak kenari ini, mohon kalau ada informasi tentang kenari, kabari saya. terimakasih…
    saya sekarang punya 1 jodoh kenari. kata orang kenari sunkist (kuning) sekarang udah bertelor 3. jantannya dipisah aja gitu pa?

    • 662 ahmad sofyan 9 November 2009 at 1:14 pm

      Terserah Bapak mau di pisah atau disatukan, keuntungan dipisah jantannya bisa dirawat & dijemur dengan bebas tanpa mengganggu betina yang sedang ngeram….. atau kalau ada kasus-kasus tertentu dimana jantannya suka ngeganggu betina pada saat mengeram harus di pisah…
      demikian Pak semoga bisa membantu

      salam

  395. 663 sofyan 22 October 2009 at 4:46 am

    sep, menjadi cerah nich he..he…. saya seneng pembahasannya jadi jelas… saya bagian ternak om Yunior bagian lapangannya hehe…..

  396. 664 yunior 22 October 2009 at 4:01 am

    kalau gk salah ini tetap satu jenis dari holland tapi dikambang biakkan ditaiwan kelebihan suaranya tajam dan kasar tapi da beberap orang yg bilang kalau kenari taiwan minim variasi atau istilah kerennya ngeband…sory om sofyan kalau salah maklum masih belajar..he..he

  397. 665 Muharto 21 October 2009 at 10:10 am

    Om Ahmad,
    Kemarin saya beli burung kenari di PB Pramuka (kiosnya juga jual LB import dan burung paruh bengkok lainnya dan punya showroom di rumahnya dekat situ), harganya 450 k, warna kuning. Penjualnya mengatakan bahwa burung itu import dr Taiwan.
    Yang ingin saya tanyakan ke Om Ahmad, apakah benar burung ini import ?
    Dari jenis apa kenari ini ? (ma’af saya baru di kenari, biasa saya CR n AM).
    Apakah kios ini yg Om Ahmad katakan akan mengimport YS pd bulan Oktober/November ? Karena penjualnyapun menawarkan saya YS pd bulan tsb ?
    Terima kasih Om jadi banyak tanya ?

    • 666 sofyan 22 October 2009 at 12:31 am

      Salam kenal Pak Muharto,
      kenari yang Bapak beli benar impor dari Taiwan, saya belum tahu mengenai kenari Taiwan ini dari jenis apa tetapi kenari Taiwan ini mempunyai kelebihan suaranya kenceng. Kenari Taiwan yang datang terakhir ini kualitas suaranya semakin bagus type suaranya mirip WS tetapi suaranya tajam dan kenceng…. Betul Pak itu kios-nya Pak yang suka datangin kenari import….

      salam
      sofyan

  398. 667 Muharto 21 October 2009 at 3:37 am

    Om Ahmad,
    kalau kenarinya sudah bertelur dan mulai mengeram, apakah kenari jantannya dipisah atau tetap bersama dalam satu kandang <
    Trims.

    • 668 ahmad sofyan 21 October 2009 at 6:07 am

      Terserah Bapak mau di pisah atau disatukan, keuntungan dipisah jantannya bisa dirawat & dijemur dengan bebas tanpa mengganggu betina yang sedang ngeram….. atau kalau ada kasus-kasus tertentu dimana jantannya suka ngeganggu betina pada saat mengeram harus di pisah…
      demikian Pak semoga bisa membantu

  399. 669 edy_u2007 13 October 2009 at 4:18 am

    salam kenal om sebelumnya,
    Saya mau tanya , saya punya betina F1 bolder umur sdh diatas 1tahun tapi sampai sekarang belum mau bertelur jg, padahal sdh saya kasih Vitalur, pernah saya coba kasih super breeding tapi kok gak birahi2 knp ya pak? dan bagaimana solusinya? terima kasih
    Salam

    Edy

    • 670 ahmad sofyan 13 October 2009 at 6:22 am

      Pak Edy, kematangan kelamin setiap jenis burung atau individu berbeda-beda, ada yang cepat matang atau ada yang lamban, kenari impor rata-rata lamban dewasa tapi kalau usia 1 tahun sich saya rasa dah dewasa sudah siap ternak…. untuk meningkatkan birahi ada beberapa trik coba jemur setiap pagi, dekatkan dengan kenari jantan yang gacor atau makanannya diberi yang bergizi tinggi saya biasanya sich memberi telor puyuh rebus setengah butir setiap hari, demikian sharing dari saya semoga membantu Pak …..

  400. 671 ahmad sofyan 30 September 2009 at 9:12 am

    Om Don… penyebabnya banyak bisa posisi sarang tidak sesuai dengan keinginan kenari atau mungkin isi sarang kurang nyaman jadi dia acak-acak….. coba perhatikan kalau ditempat pakan banyak isi sarang berarti posisi sarang kurang disenengin, kalau hanya diacak-acak saja berarti menurut induk kenari isi sarangnya tidak sesuai keingin dia, coba kedalam sangkar kasih sobekan koran atau kapas biasanya kenari akan ngangkutin dan nyusun-nya sesusai inginan dia… itu yang saya ketahui mungkin ada masukan dari yang lainnya.

    salam

    • 672 Dony 1 October 2009 at 2:12 am

      Mau tanya om… yg bagus sarang dr bahan apa?? saya pake batok kelapa diatasnya saya kasih daun cemara…
      Makasih..

      • 673 ahmad sofyan 1 October 2009 at 4:01 am

        sebetulnya buat sarang bisa menggunakan sarana yang ada di sekitar kita ada yg bikin dari kayu, paralon ukuran 4″ dipotong setinggi 4 cm atau pakai mangkok juga gpp…. kalau saya biasa pake sarang beli dari pasar burung dan isinya serat nanas sebetulnya sich hanya untuk praktis aja tinggal beli di pasar burung he..he…, untuk isi sarang juga bisa apa aja yng penting lembut atau nyaman buat burung …. ada pengalaman temen tempat sarangnya menggunakan batok kelapa sarangnya menjadi lembab karena kurang sirkulasi udara, dan jangan lupa untuk isi sarang harap dipotong pendek-pendek ukuran 5 cm atau 10 cm takutnya kalau isi sarang panjang2 induk atau anak kenari terlilit isi sarang

        salam
        sofyan

  401. 674 Dony 30 September 2009 at 7:47 am

    Kenariku sepasang dah suap2an tp kok ga kawin2 yah?? apakah itu pertanda jodoh??
    makasih……….

    • 675 ahmad sofyan 30 September 2009 at 8:10 am

      Wah senior ngetest nich he..he…. jangan sering diintipin om ntar kenarinya gak kawin-kawin, malu diliatin mulu he..he…. kalau udah saling meloloh sich udah jodoh om… tinggal nunggu waktu bertelor aja …

      • 676 Dony 30 September 2009 at 8:49 am

        bener aku lg belajar….
        Soalnya aku pake sangkar gantung, kmrn malah sarang (batok kelapa & daun cemara) malah diacak-acak.
        Kenapa yah??
        Makasih om..

  402. 677 wongbedjo 30 September 2009 at 6:03 am

    Maaf pak,
    Ada pengalaman ternak poligami nggak … maksudnya pejantan 1 dengan 2 betina … hehehe. 4 bulan yang lalu dikasih temen 2 kenari jantan nggak tahu jenis apa, yang satu kecil yang satu lebih gedhe lagi, tapi kalo ngoceh gacoran dan lebih keras yang kecil. 3 bulan lalu dapet betina, dan coba saya jodohkan dengan jantan kecil. Sempat bertelur 2 kali ( 2 x 5 butir ) tapi nggak pernah menetas. Saya pikir jantan kecil belum siap. 2 bulan lalu kebetulan dapet betina yang siap juga dari teman. Karena waktu itu belum baca-baca artikel seperti ini, secara sengaja saya masukan jantan gedhe dan 2 betina dalam satu kandang ukuran 120×100 siapa tahu berjodoh bisa nambah banyak, begitu pikir saya. Sementara jantan kecil buat dinikmatin ocehannya. Setelah saya gabungin 3 hari kemudian sudah pada rukun, kecuali yang 2 betina masih sering berantem/berebut makan hingga sekarang. Saya lihat si jantan mengawini kedua betina walaupun paling sering hanya dengan satu betina saja. sudah 2 minggu ini 1 betina sudah menetas 5 anak dan di lolohin oleh kedua induknya ( jantan-betina tidak saya pisah ), sedang betina yang satunya lagi sudah mengeram 1 minggu ini dengan 4 telor, dan kesemuanya masih dalam 1 kandang. Enaknya gimana ya pak, biar sama-sama sehat dan aman. Takutnya nanti anakan yang sedang tumbuh di uber-uber sama betina yang sedang ngeram, padahal indukannya sudah mulai kawin dan cari sarang lagi.Matur Nuwun WB

    • 678 ahmad sofyan 30 September 2009 at 7:32 am

      Sebelumnya saya ucapkan selamat atas keberhasilannya ternak kenari, kenari bisa diternak dgn sistem poligami… saya pikir ukuran kandang ternaknya terlalu besar Pak. Kandang terlalu besar susah dalam pengelolaannya maksudnya bersihin kandang, juga kenari kurang tahan terhadap perubahan cuaca dan tidak tahan angin kencang mungkin indukannya tahan tetapi anaknya rentan terhadap perubahan cuaca. Saran saya kandang ternak lebih baik menggunakan sangkar soliter biasa ditempel di tembok, dengan sangkar soliter keselamatan anaknya lbh terjamin pd saat musim dingin bisa dibantu dengan menggunakan lampu…. teknik poligami dengan sangkar kecil yaitu tiap kenari betina ditempatkan di kandang ternak tersendiri yang sudah ada sarang berikut isinya. Jika ada salah satu induk betina yang sudah merapikan sarang & sering mendekam di sarang masukkan kenari jantan. Setelah terjadi kawin kenari jantan bisa dipisahkan… begitu selanjutnya jika ada kenari betina yang lain siap kawin masukkan jantannya setelah kawin sijantan bisa dipisah. Karena si jantan sering kawin maka kondisinya harus dijaga agar fit terus… untuk menjaga kesehatan bisa diberi pakan yang bergizi dan dikasih multivitamin… sekian dulu Pak sharingnya mohon maaf kalau salah……

  403. 679 ahmad sofyan 4 September 2009 at 4:24 am

    Pak coba Bapak baca di link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari/#more-361 mudah-mudahan bisa membantu.

    salam cuitt
    sofyan

    • 680 rony 13 February 2012 at 4:24 am

      dear om,saya pemula unt ternak kenari.

      saya punya 1 pasang dan udah t jodohin tapi di saat bertelor di makan sendiri.
      tolong solusinya om krn saya pemula.
      sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak om

  404. 681 Badar 3 September 2009 at 6:26 am

    maav,Saya masih bingung membedakan antara kenari betina & jantan…tolong diberi tau selengkapnya…tHx

    • 682 rama 21 April 2011 at 5:57 am

      asalamualaikum.
      salam kicau mania om klo saya punya perempuan gloster lalu saya kawikan dengan jantan biasa apakah hasil anak.a.? gloster atau biasa………..makasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,197,810 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: