Tips Sexing kenari

sexing

Salam Km

Sebelumnya saya minta maaf kalau masalah penantuan jenis kelamin sering di pertanyakan.untuk itu saya ada cara menentukan jenis kelamin.

Menentukan jenis kelamin kenary roller khususnya dan kenari pada umumnya Apabila kita sudah terbiasa berproduksi burung kenari dan sudah banyak sangkar yang siap menetas maka Semakin cepat anda dapat menentukan jenis kelamin kenari muda maka akan lebih baik. Ada banyak cara untuk menentukannya. Saya akan membeberkan sedikit tips:

1.  Sejak usia 3 hari pembuluh vena di sebelah perut akan turun menuju “ vent ( lubang angin / dubur ) dan akan menuju bagian depan dari “ vee “ yang ada dibagian depan “vent ,ini nampak pada burung kenari jantan yang masih muda. Tapi pembuluh vena ini tidak akan tampak pada kenari betina. Walaupun pembuluh ini ada di seluruh kenari jantan , akan lebih baik jika menganalisanya sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.

betina

2.  Pada 5- 8 hari ,ambil semua anak-anak kenari yang terdapat pada sarang yang sama (satu indukan ) taruh ke handuk dan sejajarkan seperti posisi kuda balap yang ada pada pacuan kuda. Yang melompat paling jauh adalah kenari jantan.

3.  Burung- burung tersebut jika diperhatikan mempunyai pusat kaki bawah yang panjang sementara yang lainnya punya 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Salah satu yang memiliki pusat kaki yang panjang akan sulit untuk bergabung dengan yang lain dan ini adalah kenari jantan. Kenari betina lebih mudah untuk bergabung karena ketiga telapak kakinya memiliki ukuran yang sama.

4.  Liatlah bagian tulang belakang mereka. Disepanjang tulang belakang kenari jantan warnanya lebih kaku dan lebih pekat . Untuk yang betina warnanya kaku dan pekatnya tidak sampai sepanjang tulang belakang. Dengan cara itu bisa di identifikasi .

5.  Sebelum anaka-anak kenari tersebut berbulu. Liatlah ke bagian kepala mereka. Untuk yang jantan lebih pipih ( datar ).Untuk yang betina lebih bulat.

6.  Sekitar usia 6 – 7 hari anak2 kenari tersebut mulai membuka mata. Jika jantan maka matanya sejajar dengan paruhnya. Untuk yang betina, letak mata diatas paruh yang menyebabkan tampilan kepalanya lebih bundar.

7.  Ketika anak2 kenari diberi makan disarangnya oleh induknya .perhatikan tingkah laku anak2 tersebut. Yang berdiri paling tinggi , teriak paling keras dan yang paling ingin diberi makan duluan itu berarti yang jantan. Yang betina kakinya lebih pendek makanya mereka tidak berdiri tinggi dan karenanya mereka diberi makan lebih sedikit dibanding yang jantan.

8.  Usia 28- 30 hari beberapa kenari2 muda terlihat mempraktekkan suara mereka untuk berkicau dengan baik. Bukan yang paling awal berkicau itu yang terlihat paling baik ,burung 2 tersebut hanya suka berlatih berkicau lebih awal saja.

9.  Sekitar 5 bulan atau 5 bulan lebih 2 minggu, kenari jantan bisanya warnanya lebih terang. pada bagian tertentu warnanya lebih tajam khususnya dibagian dekat kepala. Pusat kepala pada burung kenari betina yang berwarna kuning akan menjadi sangat terang.

10.  seandainya usia 6 bulan belum ketahuan jenis kalaminnya ,kenari2 yang dicampur diantara kenari2 maka. Kenari betina akan duduk lebih rendah lebih dikarenakan struktur badannya. Dan juga biasanya kenari betina akan berkelahi dengan kenari jantan ketika ingin berkicau atau mempraktekan suaranya. Meskipun sang betina dalam kondisi tidak sedang dalam masa bertelur dan ini hanya sekedar ingin berkicau saja.

11.  Jika semua metode diatas gagal masih ada satu cara lagi untuk menentukan jenis kelamin burung kenari .yaitu pada saat si burung bertelur itulah kenari betina ( huakakkak intine sing ngendog iku yo wedok … ott om2) !!!!.

Apabila ada tambahan atau sharing dari rekan2 sekalian silahkan . ini hanya sekedar tips sehingga para kenari mania tidak bingung dalam memilih kenari jantan lebih dini untuk dijadikan jawara .

Salam
Budikenari-Sumekar

Sumber : http://www.kicaumania.org

About these ads

90 Responses to “Tips Sexing kenari”


  1. 1 Febry Fauza 30 October 2013 at 7:41 am

    Rutgal berasal dari kata apa?, jenis kenari apa?, impor atau lokal?, suara nya keras ƍäª ?. Mohon dijawab.

    Rutgal itu Garut Tegal hehe… becanda om yang dimaksud Rutgal adalah singkatan dari Rootbrand gagal…. karena warna merahnya tidak keluar dengan sempurna… atau juga memiliki warna putih di sebagian tubuhnya, bisa impor bisa lokal biasanya yang tahu mengenai rutgal, redintensive dll adalah temen-temen yang main kenari warna, untuk masalah suara tergantung turunannya

  2. 2 Kurniawan nasotion 12 September 2013 at 4:02 pm

    Om,saya pemula ni. Kenari saya di pangkal ekorny/di atas anus(bukan di pangkal bulu ekor) berwarna kuning cas,sama di bulu di atas bagian mata/kepala depan berwarna kuning cas. Kenari saya jantan atau betina ya om. Bunyi2 aja,tapi kok blm mau ngerol. Thanks

    Mohon maaf saya bukan ahli katuragan…. melihat jenis kelamin burung kenari bukan dari ciri bulu tetapi dari bentuk fisiknya, usia berapa bulan kenarinya ???….

  3. 3 ragil 1 August 2013 at 4:10 am

    Anakan baru umur 38-41 udh ada yg mau bli,pgen yg jantan lg.bingung takutnya salah kasih yg betina.gmn ni om sofyan/om uphay,mohon saranya.trmksh

    Bilang aja pilih sendiri om dan jangan memberi jaminan pasti jantan atau betina

  4. 4 nurbird 17 March 2013 at 4:42 am

    mas tanda – tanda burung KN afkir itu umur berapa or berapa kali tetas?

  5. 5 alie 29 January 2013 at 1:29 am

    nyimak om,,
    bagaimana jika kenari yg kita jodohkan hanya dikasih makanan biji2an yg sdah dalam kemasan toples (yg biasanya ada di toko pakan) tanpa dikasih telur,sawi dll.

    Kira2 bisa berhasik gak om?makasih sebelumnya,,kalo punya FB bisa add di lanangejagad@yahoo.com

  6. 6 Tia Seksi 18 January 2013 at 2:50 pm

    kenari saya baru 1,5 bulan tapi kulihat ada tonjolannya di anus, berarti jantan yah?

  7. 8 adie 5 December 2012 at 11:50 am

    om mau tanya obat kaki kenari digigit tikus apa ya?
    kalau smbuh kira2 pincang ngk om?
    mkasih om,,mhon pencerahan

  8. 9 mukhlas 6 October 2012 at 2:49 am

    numpang nanya pak,
    1. untuk wilayah sidoarjo peternak kenari yang bagus dimana y?
    2. gimana cara mempercepat birahi pada KN jntan ato betina (diberi Vit Pa) ?
    saya pemula pak. jd mhon bimbingannya.

  9. 10 linus 11 September 2012 at 5:41 am

    oiiii om!mo nanya neh bisa gak 2 kenari betina di sangkar dalam satu kandang dengan 1 jantan?trims ya

  10. 11 Hadie Dhiaf 26 June 2012 at 3:32 am

    Maaf bang,… pengen nanya ni. kenariku bagus banget. udah agak berumur. sekarang belakang kepala sampe leher malah gundul. gimana cara ngatasi/menumbuhkan bulunya lagi? mohon penjelasan

  11. 12 dodo 31 May 2012 at 5:25 am

    jari belakang kenari jatanku di gigit tikus.ada obatnya nggak om?mohon penjelasan

  12. 13 hadi 13 February 2012 at 5:47 am

    Selamat Siang Bapak-bapak para hobiis kenari dan para penangkar burung kenari yang sangat saya hormati…..apakah kapan-kapan kami boleh bertandang ke tempat Bapak-bapak sekalian…..karena saya sangat tertarik sekali dengan usaha dan hobiis jenis burung tersebut……

  13. 14 rony 13 February 2012 at 4:39 am

    ass………..om,salam kenal
    saya punya sepasang KN udah jodoh dan bertelor tapi setiap nelor di makan induknya entah yang laki p cewek sedih rasanya om.
    tolong di bantu solusinya krn saya baru pemula.
    terima kasih sebelumnya om maaf mengganggu aktifitasnya

    • 15 Uphay 13 February 2012 at 6:28 am

      Om Rony, coba pastiin dulu, jantan apa betina yang yang makan? kalau jantan, yah diambil ajah pas nelur 1 buah, biar betinanya sendiri yang ngeremin. kalau betina, coba dikasih telur puyuh agak banyakan (dibelah 2), mungkin bisa beralih makanin telur puyuh. Bila gak bisa juga, artinya betinanya kurang bagus om, mending diganti saja, maaf bila kurang berkenan.. salam..

  14. 16 Agustiansa 10 January 2012 at 6:22 am

    Salam kenari mania ni.

    Om.minta penjelasannya dong….

    1.Apa burung kenari perempuan lizard imfor dapat dikawinkan dengan pejantan lokal

    2.bagaiamana mengatasi indukan yang sering membuang telurnya om

    • 17 Uphay 10 January 2012 at 10:22 am

      Salam Cuiitt,,,cuit om.,.
      Saya coba bantu sedikit yang saya tau yah om…:
      1. Semua jenis Finch & Kenari bisa dikawinkan om, apalagi jenis kenari dengan kenari, artinya tentu bisa om.. hehehe
      2. menurut saya masalah ketenangan dan kenyamanan om, tapi kalau sudah ditaruh ditempat tenang, kemudian nyaman (jauh dari gangguan tikus, kutu dll) masih juga buang telur, biasanya pengaruh kebiasaan betinanya, lebih baik diganti betinanya om.. semoga bermanfaat.

  15. 18 arief 16 November 2011 at 8:12 am

    dipapua msh sangat terbtas om. Untk pkan dan obat2anya. Apa lg peminat kenari msh kurang. Tlong kalau ada tmen dari papua/jayapura. Kita bikin smcm silaturahmi pencinta knari. Ok tanks

    Saya di Palembang juga mengalami hambatan seperti om Arief, terutama pakan dan obat-obatan impor. Mau beli lewat On Line berat di ongkos… jadi jalanin saja insya Allah kalau dijalani dengan senang hati akan mudah menjalaninya hehe…. tetap semangat om ayo sebarkan dunia kenari ke Papua hehe…. wslm

    • 19 arief 17 November 2011 at 12:14 pm

      ok. Om mga sukses selalu. Tp gmana dipalembang rame om. Tp kalau palembang msh dkt ma jawa om. Slam untk rekan2 pecint2 kenari dipalembang ya om.

      Komunitas kenari lokal lumayan banyak, sebagi informasi minggu yang lalu ada pedagang burung kenari yang datang ke rumah hanya sayang saya tidak bisa berbincang banyak karena waktunya berbarengan dengan jemput anak, jadi ngobrol hanya sebentar tapi dari perpincangan tersebut ternak kenari cukup cerah karena penggemar burung kenari cukup banyak. Insya Allah suatu hari saya juga akan kembali ternak seperti waktu di Jakarta. BTW om punya burung kenari berapa ekor ?, dan dapetnya dari mana ?, terimakasih

      • 20 arief 18 November 2011 at 5:24 am

        g bnyak kok om. Kmrn bwa 4 ekor dr jatim. 1 pasang untk indukan. Yg 2 ekor msh muda. Dipapua msh kalah ma burung nuri ma kaka tua om. Jd msh coba2 aja. Kalau punya om udah brapa ekor. N jenis apa om. Wslm

        Om Arief, burung kenari saya hanya 7 ekor (YS 1 ekor, Lizard 2 ekor, AF 2 ekor, WS 1 ekor dan Yellow canary 1 pasang), terimakasih

        Wassalam

  16. 21 Enjoyed Cahfe 15 November 2011 at 7:01 am

    maaf utk semua sy pemula di kenari ini ,sy mohon penjelasan bagaimana agar kenari betina bisa bertelur lebih dari 4 butir mohon penjelasan pada semua pakar kenari.terimakasih kenarimania jaya terus.

    Banyak sedikitnya telur tergantung dari beberapa factor yaitu factor perawatan, usia dan yang paling utama factor genetik dari induknya. Semua factor saling keterkaitan jika individu indukan berasal dari turunan (genetik) dari indukan yang banyak anaknya apabila dirawat dengan baik dan usianya optimal insya Allah anaknya banyak, tetapi jika salah satu factor tidak mendukung yach hasilnya apa adanya, demikian om, wslm

  17. 22 Arief 26 August 2011 at 2:21 am

    Om. Aku dari papua. Slam knal smuana. Aku mau tanya. Knp burungku yg ak bwa dari jawa kmrn berakna mencret trus. Tp mslh kondisi fisik biasa cman pantat VEN Basah tsus. Apa obatna om? Mksh

    Salam kenal om, bagaimana perkembangan kenari di Papua om ?…untuk makanan & obat2an kenari di Papua bagaimana ?, (maaf nanya malah balik nanya hehe…), coba perhatikan kebersihan kandang, tempat makan & minum juga kebersihan pakannya… kemungkinan terkena penyakit diare om, biasanya disebabkan oleh lingkungan yang kotor. Demikian hanya sekedar sharing….

    Wassalam

  18. 23 tumbur sihombing 17 August 2011 at 9:30 pm

    salam kenal sebelumnya om sofian. Mau nanya nih
    1. Kenari saya uda ngeram 2 hari, terus saya pisahkan jantannya saat tidur malam, maksud tujuan saya misahkan pd malam hari, biar betinanya gak terlalu nyari2 jantanya om saat dipisahin, tp pd saat saya nangkap jantanya, si betina ikut kaget, apakah si betina msh mau ngeramin telurnya gak om ? Krn setelah dipisahin sibetina gak nidurin telurnya om, kaget kali dia. Saya kwatir saat ngeram telurnya gak ditidurin sampe pagi, entar telurnya gak jd om.
    Mohon kasi penjelasan om…….terima kasih om.

    Om jika kaget memang kenari yang sedang mengeram akan keluar dari sarang, coba om pantau jika si betina tidak mau kembali kesarang dalam waktu yang cukup lama 1 hari lebih jantannya dikembalikan saja. Ada beberapa betina yang tidak senang jika dipisah dengan jantannya, pada saat jantan diambil sibetina tidak mau mengeram malah teriak-teriak mencari jantannya, demikian hanya sekedar sharing, tks

    wassalam

  19. 24 Taufik Firmansyah 26 July 2011 at 11:42 am

    Om saya punya kenari warna bon Isabel. Kata yang jual usianya sekitar 2 bulan. Baru bunyit Ciit,Criit sambil loncat ke tangkringan yang lain. Kadang2 ngeluari suara panjang ceer cret criut cruttrut(suaranya gak seperti kenari jantan dewasa yang gacor) diliat vent nya datar kayak betina tapi ada bulu2 di antara lubang duburnya. Kira2 kenari saya itu jantan apa betina ya? Mohon pencerahan Terimakasih.anya sekitar 2 bulan. Baru bunyit Ciit,Criit sambil loncat ke tangkringan yang lain. Kadang2 ngeluari suara panjang ceer cret criut cruttrut(suaranya gak seperti kenari jantan dewasa yang gacor) diliat vent nya datar kayak betina tapi ada bulu2 di antara lubang duburnya. Kira2 kenari saya itu jantan apa betina ya? Mohon pencerahan Terimakasih.

    Om Taufik kenari usia 2 bulan agak sullit membedakan antara jantan dan betina, tapi kalau sudah mulai bunyi berarti ada harapan jenis kelaminnya jantan, demikian mohon maaf kalau salah

    wassalam

  20. 25 Chaerul Saleh 26 May 2011 at 7:40 am

    Salam kenal om Sofyan….
    Ikutan numpang tanya ya..Kalau kenari betina sudah bertelur 1 butir, apakah si jantannya sudah bisa dipisah? kan seringnya betina bertelur 4-5 butir, apakah telur ke 2 s.d. 5 itu sudah otomatis dibuahi ketika si jantan mengawini si betina pertama kali?
    Ataukah tiap butir telur yg mau keluar dari betina harus terjadi perkawinan? jd kalo telurnya 5 butir, berarti kawinnya harus 5 kali juga??
    Trims ya om…salam…

  21. 26 ARIE 7 April 2011 at 1:41 pm

    bang sya pny kenari.. blunya kok rusak ampe kepalanya gundul,sy mo tanya.. apakah obat yg paten untuk menumbuhkan bulunya dgn cpt… trims

  22. 27 libyano 3 April 2011 at 11:56 am

    para master2 kenari…q mau tanya….q punya kenari jambul putih….udah lama….kok masih blum bunyi…q lihat kelaminnya kayaknya jantan jga kayaknya betina…..
    trs yng bisanya tau itu kenari jantan atau betina gi mana,apa di kasih telur trus..biar cepet berahi….

  23. 29 Talimerah 31 March 2011 at 6:09 am

    Salam kenal om . .
    saya mau tanya kenari saya lagi belajar bunyi jatuh dari sangkar , bagaimana cara penanganannya Om ? trms .

  24. 30 donbroy 24 January 2011 at 8:54 pm

    salam Kicau mania,
    saya mau tnya brung knri saya sudah gacor tp paruh bawah’y
    kena di gigit tikus tinggal 1/2,
    laku knari tersebut jarang berkicau slalu mkn trus
    1).yg saya mau tnya apa bisa numbuh lg paruh’y?
    2).brp lama bisa kembali berkicau lagi apa obat’y?
    3).klo di kasih rebusan telur ayam yg di ksih kuning’y apa
    putih’y?
    Tolong penjelasan’y ya om,,,,
    makasih,

    Salam kenal om Doni,
    Kalau yang digigit hanya bagian depannya saja (paruh-nya) tidak sampai pangkal paruh insya Allah bisa numbuh lagi hanya membutuhkan proses waktu yang lama. Kenari berkicau karena merasa sehat jadi agar berkicau kembali kondisi kenari harus kembali fit dan hilangkan trauma dari gigitan tikus. Menghilangkan trauma gigitan tikus bervariasi tergantung mental kenarinya kalau mental tembok lebih cepat pulih, untuk membantu mempercepat menghilangkan trauma bisa dibantu dengan anti stress dan sering di ajak dugem hehe…. (maaf becanda). Telor yang diberikan bagusnya sich kuningnya saja hanya dari pada mubajir diberikan dengan putih telornya, demikian semoga kenari om cepat seperti sediakala memberikan nyanyian yang terbaiknya….

    Wassalam

  25. 31 ridho 13 January 2011 at 5:01 am

    om mau tanya saya punya 2 kenari dirumah, yg satu saya baru saja beli kta penjualnya umurnya sekitar 2 bulan dan yg satu lagi boleh dikasih paman saya tetapi saya tidak tahu umurnya berapa yg saya mau tanyakan umur berapakah kenari bisa gacor?? sebab keduanya hanya berbunyi cuit…cuit saja, lalu pakan apa saja yg bagus agar memancing agar bisa gacor??

    terimakasih

  26. 32 agustiansa 19 November 2010 at 4:59 am

    Nanya Lagi ni Om?

    1.Kalo pake,obat Vita Tetra-Chlor yang produk dari Medion/bandung,buat penanganan penyakit berak kapur bisa ga om.kalo produk om sendiri apa om bisa kasih keterangan ga om tetang obatnya

    mohon dibantu ya om,

    bisa digunakan om

    salam

  27. 33 agustiansa 18 November 2010 at 2:41 pm

    mau tanya lagi ni pak?

    1.untuk pengobatan kenari.yang terkena penyakit berak kapur. apa bisa mengadopsi obat-obatan untuk ayam pak

    2.apa postur tubuh kenari betina yang kecil/besar itu mempenagaruhi produksi telur pak. misalnya untuk kenari betina yang besar bisa mengasilkan telur diatas 4 butir dan sedangkan kenari betina yang tubuhnya kecil hanya bisa mengahasilkan 2 butir telur pak ? mohon bantuanya pak

    3.kalo di bpk ada tidak kenari betina yang sudah siap untuk ternak pak,

    1. Untuk obat berak kapur khusus burung saya rasa sudah ada, bisa saja menggunakan untuk ayam hanya takarannya harus pas kalau kebanyakan bukannya sembah malah over dosis
    2. Postur badan belum tentu menentukan banyak tidaknya telor, produktivitas ditentukan oleh gen induknya kita hanya bisa menyiasati dengan pakan yang baik dan bergizi tinggi sehingga kondisi indukan selalu fit.
    3. Mohon maaf saya belum punya indukan, saya masih kesulitan mencari kenari… sampai saya diketawain Pak Hary Key buka lapak buat orang saya sendiri kesulitan mencari kenari hehe….

    salam

  28. 34 agustiansa 8 November 2010 at 9:16 am

    om sofyan numpang tanya lagi ?
    1.saya punya kenari F1 Gloster jambul warna kuning om.tapi semenjak saya bawa dari klaten om.trus sekarang sudah 1 tahun lebih kok ga bunyi ya om,cuma ngeriwik kasar trus om.apa perempuan ya om

    2.om kalo mau beli vitamin/suplemen buat burug seperti yang om contohin itu gacor,vitalur,buat kutu burung sama obat untuk jamur dimana ya om.soalnya didaerah saya ini jarang yang menjual obat2 untuk burung om.apa om punya toko yang menjaul obat2 tersebut.tolong alamat toko nya om

    1. Kalau dipeliahara sampai 1 tahun belum bunyi juga spertinya tuch kenari betina om…
    2. Cari saja multivitamin yang ada disekitar om… kalau memang tidak ada om bisa memanfaatkan multivitamin buat manusia diteteskan kemakanannya atau ke air minum… hobi kenari buat senang-senang bukan buat stresss….

    salam

  29. 35 agustiansa 8 November 2010 at 8:29 am

    mohon bantuannya ni om sofyan.?
    1.apa proses perkawinan kenari itu cukup sekali apa. berkali kali om.
    2.kalo mau kenari saya di poligami berapa batasan waktu yang bagus buat mengawinkan kembali kenari saya dengan yang lain om.

    mohon dibantu om

    Mengenai penjodohan kenari ini ada berbagai kiat, ada yang satu kali jodoh & terlihat kawin keduanya langsung dipisah, ada yang dijodohkan sampai betinanya bertelor setelah bertelor jantannya dipisah, ada yang dijodohkan sampai betinanya mengeram… kalau pengalaman saya yang paling aman dijodohkan sampai betinanya mengeram baru jantannya dipisahkan. Jantannya bisa dijodohkan kembali dengan betina lain setelah masa proses pengkondisian… saya biasa mengkondisikan jantan sekitar 1 minggu atau tergantung dari stamina kenarinya… demikian semoga bisa membantu…

    salam

  30. 36 agiel 1 November 2010 at 11:29 am

    kalau dubur kenari betina agak kebawah atau bengkak tu kenapa ya..???,

    kenarinya sedang bertelor atau setelah selesai bertelor om …

    salam

  31. 37 wawan saktiawan 27 October 2010 at 2:10 pm

    belum jelas om,soalnya ga’ ktmu jawabanya,soal kpan knari jantan dan betina di pisah kan sa’at mengawinkan?

    ada beberapa kebiasan hobis dalam mengawinkan kenari ada yang jantan dimasukkan ke kandang betinanya jika terlihat sudah kawin beberapa kali, kenari jantan diambil/dipisah dengan kenari betinanya. Ada yang memisahkan jantan pada saat betina bertelor ada yang terus menyatukan sampai beranak pinak…. semua tidak ada yang terbaik tergantung kebiasaan…Demikian om semoga bisa membantu

    salam

  32. 38 Bareph Yadie Kasalo 4 October 2010 at 2:59 pm

    para sedulur kabeh, kenari betina saya udah bertelur, pertama dua butir tapi setelah dierami full dua minggu tidak ada yang menetas. setelah telur saya buang selang dua minggu bertelur lagi tiga butir. tapi selama seminggu lebih induknya tidak mau mengerami. Kira2 apa yang salah dengan induk kenari saya hingga tak mau mengerami yah?
    tolong dong kasih saran.
    Terima kasih.

    Om Bareph, banyak faktor penyebab indukan meninggalkan telor.. diantaranya merasa terganggu karena sering dilihatin oleh kita, ada binatang pengganggu seperti tikus, kecoa, semut ataupun cicak yang sering lewat disekitar kandang ternak, indukan tahu telor yang dierami gagal (bening) dll. demikian om semoga bisa membantu

    salam

    • 39 Bareph Yadie Kasalo 19 October 2010 at 5:08 pm

      sekarang bertelor lagi Om tiga butir, kira2 udah dierami seminggu, indukan full mau mengerami setelah ane pindah ke tempat yg agak sepi.
      terima kasih sarannya Om.

      sama2, semoga telor kenarinya netes om… jangan terlalu sering dilihatin ya om .. nanti indukannya ngga mau keluar sarang ntar anaknya malah mati tertindih induknya….

      salam

      • 40 Bareph Yadie Kasalo 28 October 2010 at 2:43 pm

        gagal maning-gagal maning Om, satu telor jatuh pecah sebelum ada tanda2 embrio. selang beberapa hari satu telor lagi retak dan pecah di sarang dan saya lihat sudah jadi embrio lengkap kepala beserta mata dan paruh kelihatan jelas, badan dan kaki. cuma belum kelihatan bulunya. ahirnya tinggal satu. mugkin kenarinya kecewa ato gimana malah sekarang gak mau ngerem satu telor sisanya.

        Turut prihatin om, waktu betinanya mengeram jantannya di pisah ?, lihat dibawah sarang apakah isi sarangnya berantakan ?, coba telor yang ada disarang dipegang apakah om merasa gatal-gatal ?, … jika jantannya disatukan saya curiga jantannya birahi lagi dan ngacak2 isi sarang akibatnya telor berantakan. Jika pada saat telor dipegang merasa gatal2 berarti dalam sarang banyak kutu. Biasanya kita kadang2 lengah isi sarang jarang diganti akibatnya sarang menjadi kotor dan menjadi sarang kutu demikian dlu om… ini hanya pengalaman saya saja….

        salam

  33. 41 Cah ndeso 4 October 2010 at 1:32 am

    Salam kenal
    saudara2ku sy ad mslah dngan kenari indukan, mslah ny jika kenari indukan trsbut sudah bertelur kmdian jantan ny di ambil indukan trsbt cenderung memakan telur ny sndri, pdhal pkan jg sudah sy beri telur, sayur. Jika ad solusi kabari sy.
    Trmksh sblum ny

    Om sebelumnya saya mohon maaf jika apa yang saya kemukan ini kurang berkenan, ada beberapa indukan kenari yang nakal ketika sudah merasakan enaknya telur akan terbiasa memakan telur sendiri… untuk sementara coba diberi tulang sotong ke dalam kandang ternak mudah-mudahan bisa menolong, jika setelah diberi tulang sotong masih memakan telur lebih baik indukannya di lembiru aja om…

    salam

  34. 42 ferial 25 August 2010 at 8:08 am

    salam km om sofyan

    saya punya kenari lokal warna coklat gereja om
    saya udah tanya ke semua teman saya, katanya jantan
    udah saya liat pennya nongol om, tp sampe sekarang blm blm pernah kedengeran ngeriwik
    sekarang saya coba kasih telur puyuh tiap hari biar birahi
    minta saran nya biar cepet bunyi dong om…
    umur brp kenari betina mulai bertelur om???

    Om Ferial kenari-nya usia berapa bulan dan dari keturunan apa ??…. biasanya pada usia 2 bulan anak kenari sudah kelihatan belajar bunyi walaupun tidak kedengaran suaranya tetapi kita bisa lihat dari mulutnya dan lehernya yang bergerak-gerak… untuk kenari turunan besar seperti anak YS atau LS mereka lambat bunyi kadang-kadang usia 4 bulan baru belajar bunyi… demikian om semoga bisa mencerahkan…

    salam

    • 43 Bareph Yadie Kasalo 25 August 2010 at 10:49 am

      om ferial, ini cuma sering aja yah.
      saya juga pernah mengalami hal seperti itu. waktu saya beli anakan -\+ umur 1-2 bln, emang vennya keliatan banget nongol. tapi setelah ditunggu2 ampe 4-5 bln gak juga bunyi. paling bunyi yg muncul, cuiiit….cuiiiit…. doang.
      eeh…, setelah tuntas enam bulan, udah deh ketahuan banget kalo kenari yg saya beli tadi berjenis kelamin cewek.nada bunyi khas ceweknya, yaitu bunyi cuklik….cuklik…. cuiiiit…. cuklik…
      ENAM BULAN…., sebuah penantian yang panjang.
      yah beginilah kalo seorang pemula.

      om Barep saya setuju dengan pendapat om, pada usia 1 – 2 bulan susah menentukan jenis kelamin kenari rata-rata pen-nya mirip… tetapi jika telah terbiasa menggauli kenari dari melihat postur tubuh saja sudah ketahuan jantan atau betinanya, hanya untuk membiasakan ini agak susah dan saya susah menggambarkannya hehe….

      salam

  35. 44 candra 11 July 2010 at 3:22 pm

    salam kenal om,apa bisa kirim kenari luar kota, maksudnya ke Duri Riau, apa bisa tahan kenarinya tu om

  36. 46 Abu Mirz@ 24 June 2010 at 4:00 am

    Salam kenal kang, saya ingin belajar ternak kenari nih, untuk bibit yang siap bertelur harganya berapa yah, kalo dikirim smp kota bogor, hatur nuhun

  37. 47 yadi 27 May 2010 at 4:33 pm

    Salam kenal Om, Bang, Kang, Pak, Mas dan para senior ternak KN yg ada di sini,
    saya barusan bikin kandang burung. rencana ingin mencoba latihan ternak kenari. Tapi saya masih bingung beli bibit kenari buat diternak tuh di mana yah Om? di pasar burung Pramuka apa ada?

    Maaf, kemaren saya lihat-lihat di Pasar Pramuka, karena saya masih awam banget dalam hal perburungan, saya belum berani tanya2 sama pedagang di sana. Saya lihat di sana ada kenari yg masih bahan, warnanya kuning, harganya 60 rb, apa kenari yg saya lihat itu bisa dijadikan bibit ternak ? Tolong dong minta sarannya.
    Terima Kasih

    • 48 sofyan 2 June 2010 at 2:53 am

      Om yadi salam kenal, di Pramuka banyak kenari siap ternak…. kisaran harga kenari lokal siap ternak Rp. 250.000 – 300.000 tergantung kualitasnya untuk jantan sedangkan betinanya sekitar 100.000 – 150.000, harga kenari lokal bahan memang berkisar segitu…. saya kasih masukan saja untuk belajar ternak lebih baik ngambil kenari yang siap ternak… kenari bahan usianya sekitar 2 bulan dan kenari siap ternak usianya sekitar 8 bln …. bagi pemula waktu tunggu 6 bulan terasa lama karena kenari yang diternak hanya sepasang akibatnya malah jenuh menunggu hehe…

      salam

      • 49 yadi 2 June 2010 at 12:00 pm

        Terima kasih Om Sofyan, saran yang sangat bermanfaat bagi saya yang pemula. Dipikir, ditimbang dan dirasa emang waktu 6 bulan lama juga yah Om Sofwan. hmmm…., di pikir juga kalo terserang penyakit jenuh entar malah tidak jadi beternak yah.

        Okelah om, ngumpulin duit dulu buat beli bibit yang siap ternak.
        sekali lagi terima kasih Om,

  38. 50 fajar 5 April 2010 at 4:02 am

    salam kenal.
    pak sofyan, saya sedang belajar ternak dan membutuhkan indukan betina yang bagus, kalau bapak punya boleh saya beli, didaerah saya (cirebon) susah nyari betina bagus, atau barang kali bapak punya teman, kalau bisa jangan yang lokal pak. makasih

  39. 51 Kuncoro 23 March 2010 at 1:59 am

    Om sofyan ada stok kenari red intensive gak neh? Ayo dong om, jangan malu2 n merendah terus. Keluarin aja “jurus2″ ampuhnya, biar kenarimania tau tuh wakakaka…

  40. 53 Kuncoro 23 March 2010 at 1:29 am

    Oh ya, kl blh tau alamat web fina bird farm apa ya om sofyan?

  41. 55 Kuncoro 23 March 2010 at 12:18 am

    Salam kenal buat semua, Ijinkan sy utk menambahkan menentukan jenis kelamin kenari jantan-betina. Kl cara2 om sofyan msh krng berhasil, cb dgn metode bandul pendulum (metode nenek moyang kita dulu hehehe). Bandul pendulum kita dekatkan d atas kepala kenari, kira2 jarak 0,5 cm. Kl bandul pendulum bergerak maju-mundur berarti tuh kenari jantan. Tapi kl bandul pendulum bergerak memutar atau cenderung memutar berarti tuh kenari betina. Ini sdh pnah sy cb beberapa kali pada jenis burung perkutut, derkuku, pentet, dan trucukan. Smoga membantu. Maaf sebelumnya buat om sofyan, tdk ada maksud apa2, sy skdr menambahkan info n share aja. Any way, kenari om sofyan dr jenis apa aja om? Bs share k email sy dong d ks_kuncoro05@yahoo.com. Thanx to all

    • 56 ahmad sofyan 23 March 2010 at 12:35 am

      Terimakasih Pak atas sharingnya…. kalau ngomongin bandul pendulum jadi ingat dulu waktu hobi perkutut…, keakuratannya cukup lumayan hanya syaratnya harus puasa senin kamis selama setahun hehe…. (maaf becanda hehe…..) yang penting pada saat memegangnya jangan gemeteran karena akan mengacaukan gerakan bandul …. Koleksi kenari saya masih sedikit hanya buat menyalurkan hobi aja Pak…

      salam

  42. 57 ahmad sofyan 22 March 2010 at 1:18 am

    Pak Trisna dan P’ Mahrozar, coba baca tulisan saya di kategori ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari mudah2an bisa membantu

    salam

  43. 58 Mahrozar 20 March 2010 at 10:38 am

    Salam Kenal.
    Semula saya cuma jadi penggemar lama-lama kepikiran juga untuk coba jadi peternak, mohon masukannya tentang modal yg dibutuhkan untuk pemula jika ingin memulai ternak kenari dan informasi lainnya.
    Salam kenal buat semua.

    Terima kasih.

  44. 59 Trisna 14 March 2010 at 7:54 am

    Sallamm…buat semuanya, saya baru belajar ternak……..!!!!! mohon masukannya….

  45. 60 Aries 19 February 2010 at 6:44 am

    Mo nanya om.q pnya kenari skrng sdh umur 7 bln tp kok msh ngriwek tok blm bisa bunyi ngerol.apa ada masalah dgn brng q dan apa ada obat utk mempercepat bunyi utk yg laki dan apa ada obat utk mempercepat birahi utk yg betina padahal sdh q ksih telor dan sawi

    • 61 ahmad sofyan 19 February 2010 at 7:37 am

      om Aries, kenarinya jenis apa… biasanya usia 7 bulan rata-rata sudah bunyi ngeroll… cepet bunyi atau tidaknya di pengaruhi oleh faktor jenis kenari untuk kenari jenis besar (YS, F1YS,F2YS) rata-rata lambat bunyi atau kenari hidup hanya sendirian tanpa pendamping kenari lain atau perawatannya kurang… coba dikasih suplement gacor mudah2an bisa cepet bunyi. Untuk mempercepat birahi harus sering2 nonton film yg aneh2 om hehe….. (maaf becanda), coba sering dijemur dan sering diperdengarkan suara jantan gacor demikian…

      salam

  46. 62 sofyan 16 February 2010 at 1:17 am

    Om Deny… saya coba sharing
    1. saya rasa usia 3 minggu sudah bisa makan sendiri hanya resikonya lebih tinggi karena usia 3 minggu masih membutuhkan asuhan induknya… menurut saya usia aman sekitar 1 bulan…
    2. Kalau beda usianya cukup timbang (beda usia jauh) justru bahaya … karena yg usianya lebih tua lebih dominan sehingga yg paling muda ketakutan akibatnya tidak mau makan atau kalaupun mau makan hanya kebagian sisa…
    3. coba tanya ke peternaknya waktu disana diberi pakan apa saja karena ketika ganti makanan membutuhkan penyesuaian kadang-kadang kenari tidak mau makan.. untuk sementara coba dikasih telor puyuh atau telor ayam yang sudah direbus
    4. saya rasa kalau penangannya baik perjalan jauh tidak akan terlalu menguras stamina, saya sering dapat kiriman kenari dari temen2 sampai semalaman alhamdulillah sehat-sehat saja…
    5. Kalau sudah jodoh, waktu dikembalikan akan tetap jodoh….

    BTW betina yang akan dijodohkan itu usianya betul 1,5 bulan ?…. apa gak kemudaan om usia segitu sudah dijodohkan ?…..

    salam

  47. 63 Deni 15 February 2010 at 5:10 pm

    Nyambung lg om neh.
    3 hari lalu sy dpt lg sepasang anakan kenari merah (dr Bdg). Jantan berusia 3 minggu, betina berusia 1,5 bulan. Setelah 2 hari di rumah kenari jantan agak lesu, perkiraan mungkin kurang makan. Pernah sy pergoki, anakan yg jantan seolah minta lolohan pada anakan kenari betina. Naluri sy mengatakan bahwa yg jantan msh butuh lolohan indukannya. Lalu sy berinisitaif, mengambil kenari betina dari kandang yg sedang proses penjodohan, dg harapan memberikan suport, syukur2 membantu memberi makan kpd anakan kenari jantan tsb. Selain itu di sangkar sy sediakan kue mari, sy berharap kue itu jadi pakan alternatif terutama bagi anakan jantan. Pertanyaan sy :
    1. Layakah si peternak menjual kenari yg masih berumur 3 minggu ?
    2. Mungkinkah kenari dewasa betina membantu meloloh anakan kenari lain,
    pdhal dia pun belum pernah punya pengalaman untuk itu ?
    3. Mugnkinkah kue dpt membantu anakan kenari yng masih belajar makan, sbg
    pakan alternatif sementara ?
    4. Perjalanan Bdg – Bekasi ~krn macet & sempet mampir2~ ditempuh 4 jam,
    apakah ini penyebab utamanya ?
    5. Apakah Kenari betina yg sy ambil dari kandang yg sudah mulai jodoh ketika di
    kembalikan nanti bermaslah dalam proses penjodohannya & balik lagi ke`tahap
    awal ?

    Maaf Om ya, pertanyaan sy bukan cuma terlalu banyak tetapi juga jelimet .
    Makasih.

  48. 64 riko 15 February 2010 at 5:39 am

    Siang Om……..empat hari yang lalu rumah saya dikagetkan dengan masuknya seekor burung…..tadinya saya akan lepas, tapi anak saya 6 tahun ngamuk agar burung tersebut dipelihara………awalnya kita tidak tahu jenis burung tersebut, dan ketika nanya ke penjual burung, katanya sih burung kenari…………yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara menentukan jantan atau betina, kemudian bagaimana cara perawatan/ pemeliharaan burung kenari agar tetap sehat…………….karena saya takut burung tersebut membawa virus H5N1/flu burung……..Terima Kasih.

    • 65 ahmad sofyan 15 February 2010 at 7:04 am

      Om Riko… saya rasa tulisan di atas sudah jelas jadi tinggal dipraktekan … mengenai virus H5N1 kalau kita rajin membersihkan kandang, kotoran kenari sering dibersihkan, minimal seminggu sekali kandang di cuci saya pikir tidak akan terkena virus H5N1… demikian

      salam

  49. 66 Aries 8 February 2010 at 4:59 pm

    Mo nanya lg om…anakan kenariku kdang2 kok kena penyakit mata(snot)gejalanya pilek dl stlh itu matanya bengkak obatnya apa om.q kasih obat mata u/ orang,ayam tp tdk smbuh & akirnya koit.menurut prediksi om hrg knri bs bagus lg gak?salam dr pternak knri di kediri

    • 67 sofyan 9 February 2010 at 12:30 am

      penyakit snot diakibatkan oleh kandang yang kotor… coba bersihkan kandang terutama tangkringannya…. karena biasanya pada saat kena penyakit snot kenari suka menggesek-gesekan mata di tangkringan…. tangkringan di bersihkan/dicuci paling lama seminggu sekali …. selain matanya di diobatin menggunakan obat mata manusia air minumnya diberi antibiotik saya biasa pakai amoxilin (antibiotik buat manusia) di campur ke air minum kenari….. mengenai harga burung kenari saya rasa tergantung kita mengambil segmen yang mana… untuk segmen kelas eklusif seperti burung lomba atau Yorkshire saya rasa masih bagus harganya…. kalau kenari kelas obyokan saya rasa cukup berat karena kita main kuantiti banyak kalau hanya sedikit berat dioperasional… demikian

      salam

  50. 68 sofyan 7 February 2010 at 11:59 pm

    Faktor umur bisa juga mempengaruhi produktivitas indukan kenari, selain faktor umur bisa aja pada saat usia produktif penanganannya kurang maksimal seperti produksinya digenjot, perawatannya kurang maksimal, gizi kurang…. btw usia indukan kenari-nya berapa tahun om ? kalau usianya masih muda coba cara perawatannya di tingkatkan, setiap hari diberi probiotik seperti Vitalur, super breeding dll yang gampang di didapat di kios burung terdekat, jangan lupa multivitamin 2x seminggu, mandi jemur tiap hari dan kalau ada di tempatkan di kandang besar kalau ngga ada ditempatkan di kandang biasa …. yang penting bisa mengembalikan kondisi induk betina demikian semoga bermanfaat….

  51. 69 Aries 5 February 2010 at 6:48 am

    Om gimana caranya spy kenari bisa nelor maximal lg,klo dulu bisa nelor 4-5 dan bisa netas tp skrng cuma 1-2 itupun dgn tenggang wkt yg lama dan kdng tdk netas pa mungkin sdh tua ya om.pa ada obatnya

  52. 70 Aries 5 February 2010 at 1:46 am

    Salam kenal om…mau ikutan sharing

  53. 72 dony0309 29 January 2010 at 2:34 am

    mantap sharingnya…
    Tp tetep aja kmrn mau kirim 1 anakan umur 28 har ke Yogya bingung co ce nya. ventnya sama semua…wakakakakakak.. Jurus terakhir sms ama om Sofyan. Pilih yg paling gede akhirnya….he3x..

  54. 73 zuhri 28 January 2010 at 2:51 pm

    makasih om ilmunya, soale lg blajar beternak kenari nich….

  55. 75 dio 16 January 2010 at 8:20 pm

    mohon petunjuk.saya ada kenari yang sering bertelor setelah sijantn lepas.apakah telornya bisa menetas .untuk sementara bertelor di tempat makan ,dan sering di makan juga merinakaih.

    • 76 ahmad sofyan 18 January 2010 at 1:47 am

      kalau telornya dimakan ya ngga menetas Pak hehe…. mungkin bisa diperjelas maksud pertanyaannya ??….. terimakasih…

      salam

  56. 77 yunior 15 December 2009 at 3:53 am

    lokal apa import sama aja om tergantung kita mengemasnya….ibarat sebuah dagangan kalau pengemasannya baik tentu akan lebih menarik calon pembeli….masalah pengiriman nanti saya bantu deh he..he

    • 78 ahmad sofyan 15 December 2009 at 5:50 am

      om kalau pendapat saya bukan cara mengemasnya tetapi kualitas individu kenarinya …. kalau beli kenari singer yang saya perhatikan suaranya jadi pada saat beli yach dengerin suaranya bukan dilihat kemasan-nya ….. kan yang didengerin suaranya …hehe….. maaf hanya sharing aja om …

      • 79 yunior 18 January 2010 at 6:26 am

        saya setuju ma om sofyan memang kita jual kualitas tapi bagaimana kita mengemas kualitas itu menjadi hal yg menarik ini yg menurut saya tantangannya…misalnya kita jual burung yg menurut kita kualitasnya bagus setelah orang beli kita harus tetap menjaga hubungan hingga konsumen bener2 puas dan hubungannya bukan hanya penjual dan pembeli tetapi sebagai sesama penghobies atau misalnya dgn membebaskan biaya pengiriman dll…intinya tonjolkan kelebihan kualitas dikemas dgn apik hingga burung kita memiliki nilai jual yg baik…..

  57. 80 redmoz 14 December 2009 at 8:50 am

    om yun..kita mah msh pulsa lokal maennya…hehehe…

  58. 81 toheng 14 December 2009 at 7:26 am

    Mutar-mutar cari kenari betina akhirnya dapat juga 2 ekor, tapi maslahnya lagi molting, harus nunggu selesai dulu ya baru dijodohkan? udah gak sabar nih mau jodohkan, baik si kenari maupun saya he he he…waaaahhh lama banget sih molting kenari

    • 82 ahmad sofyan 14 December 2009 at 7:39 am

      Om Toheng, kenapa nyari kenari mabung hehe….??.. kalau butuh kenari buat ternak disini banyak hobis yang siap bantu …. hehe….. btw itu lah seninya dunia ternak … semuannya harus melewati proses yang telah ditentukan tidak bisa instan ….

      salam

  59. 84 ahmad sofyan 14 December 2009 at 6:51 am

    Pak Andi, pada saat betina mengeram jantannya bisa dipisah ….. kalau mau diganti jantannya nanti saja pada waktu betinanya siap diternak lagi ….. kalau betinanya lagi ngeram diganti jantannya takutnya jantannya birahi akibatnya isi sarang diacak-acak atau betina yang sedang ngeram dikejar-kejar …. demikian Pak semoga membantu ….

    salam

  60. 85 Andi Harnandi 14 December 2009 at 6:16 am

    Assalamu’alaikum. Pak saya mau tanya kenari saya sedang mengerami telurnya tapi jantannyamau saya ganti dengan pejantan yang lain.Kira-kira bermasalah atau tidak.Terima kasih ya Pak saya tunggu jawabannya.Assalamu’alaikum

  61. 86 redmoz 14 December 2009 at 5:36 am

    di ciputat ada om….hehehehe…

    • 87 ahmad sofyan 14 December 2009 at 6:56 am

      wah ini yang mau jual kenari malu-malu hehe…. ayo dong bilangin kenari jenis apa warnanya apa kalau ada kirim fotonya ke email saya nanti saya tampilin ….

      salam

  62. 89 iyunk 12 December 2009 at 10:11 am

    pak saya ingin pelihara kenari lokal kalo ambil di bapak brapa ya harganya untuk jantan dan betinanya sudah dipisah belum ya ?

    • 90 ahmad sofyan 14 December 2009 at 12:26 am

      Pak Iyunk, salam kenal senang berkenalan dengan Bapak … mohon maaf untuk saat ini belum ada kenari lokal … demikian terimakasih.

      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

Budhie mdn on Sistem Ternak Kenari
Budhie mdn on Tips ternak kenari bagi pemula…
Budhie mdn on Sistem Ternak Kenari
Budhie mdn on Sistem Ternak Kenari
Budhie mdn on Sistem Ternak Kenari

Blog Stats

  • 2,111,701 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

%d bloggers like this: