Tips ternak kenari bagi pemula (lanjutan)

merahSetelah masa penjodohan berjalan dengan baik dimana induk jantan dan betina sudah terlihat akur kadang-kadang saling meloloh, proses selanjutnya yaitu mengkondisikan agar indukan bisa bertelor dan merawat anak dengan baik. Tidak lama setelah indukan di masukkan kedalam kandang ternak kenari betina akan bertelor, pada saat indukan kenari bertelor harus kita perhatikan beberapa hal diantaranya jika indukan kenari betina baru pertama kali bertelor harus hati-hati dalam penangannya. Jika salah dalam penangan bisa berakibat patal. Kita sebagai peternak jangan terlalu sering menengok sangkar ternak terutama pada saat induk betina sedang mendekam di sarang jangan sekali-kali memaksa melihat telor.  Pada saat indukan sedang bertelor jangan lupa menyediakan tulang sotong  atau kalsium makanan jangan sampai telat dan gizinya harus mencukupi.

Telor kenari akan menetas 14 hari setelah dierami, dua atau tiga hari menjelang telor menetas indukan harus dibiasakan diberi pakan lunak untuk anak-anak kenari.  Makanan lunak ini yaitu biskuit, telor puyuh, taoge dll. Menurut informasi dari internet peternak-peternak luar negeri pada saat indukan meloloh anak suka memberi kecambah (taoge). kecambah sangat bergizi tinggi dan mudah dicerna. Dengan diberi kecambah anak kenari cepat besar dan sehat. Kebiasaan memberikan kecambah pada anak-anak kenari dilanjutkan sampai anak kenari bisa makan sendiri.

Adapun cara membuat kecambah yaitu pakan bijian seperti canary seed, millet putih, biji sawi di masukkan ke mangkuk kemudian dicuci sampai bersih. Setelah pakan dicuci bersih kemudian buang air dari mangkuk, jika air sudah terbuang semua mangkuk yang berisi pakan yang sudah dicuci bersih ditutup dengan kain basah. Diamkan sampai 1 malam periksa pakan apakah biji kenari, millet dan buah sawi sudah menjadi kecambah atau belum, jika belum cuci bijian tersebut kemudian ditutup kembali dengan kain basah.

Kecambah diberikan sehari 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Untuk pemberian kecambah pada sore hari jangan terlalu banyak cukup habis dimakan 1 atau 2 jam jangan sampai ada kecambah yang tertinggal semalaman karena takutnya malah menjadi bibit penyakit.   

Selain diberi kecambah jangan lupa setiap hari diberi telor puyuh secukupnya, kalau telor cukup sehari 1 kali. Telor puyuh sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak-anak kenari, telor puyuh diberikan sampai anak-anak kenari usia 2 bulan. Untuk usia 2 bulan keatas telor puyuh dikurangi, efek pemberian telor puyuh menjadi anak kenari gendut-genduk. Pada usia 3 bulan keatas kenari diharapkan jangan terlalu gendut karena biasanya kalau kegendutan akibatnya malas bunyi.

Anak kenari akan tingal di sarang selama 21 hari, tetapi sebelum usia 21 hari anak-anak sudah bertengger di bibir sarang…..

Kendala-kendala dalam beternak kenari.

media_47109_en-400x250Beternak kenari merupakan kegiatan yang terdiri dari beberapa proses yang saling berkaitan, peternak diharapkan sabar dalam menjalani setiap proses yang dilalui. Dalam setiap proses ada beberapa hambatan yang cukup mengganggu, peternak harus bisa memecahkan setiap kendala. Banyak hambatan yang anda hadapi diantaranya :

  1. Induk betina tidak mau bertelor penyebabnya bisa bermacam-macam di antaranya usia masih muda, tempat sarang kurang nyaman bagi induk kenari, ada binatang pengganggu.
  2. Telor tidak menetas penyebabnya terdiri dari beberapa faktor yaitu indukan terlalu muda, birahi kedua indukan tidak bersamaan, indukannya steril, pada saat kawin tidak terjadi pembuahan dll.
  3. Telor menetas tetapi anaknya mati setelah menetas penyebabnya yaitu indukan kurang gizi, ada binatang pengganggu sehingga induknya tidak mau meninggalkan sarang akibatnya anaknya tergencet.
  4. Ada kebiasaan induk mencabuti bulu muda anaknya penyebabnya karena induknya sudah merasakan enaknya bulu muda dari anaknya, untuk menghilangkan kebiasaan ini cukup sulit pendapat saya lebih baik indukan diganti.

Seperti sekian dulu artikel ini kalau kebanyak nanti cape baca insya Allah nanti akan saya lanjutkan lagi.

About these ads

113 Responses to “Tips ternak kenari bagi pemula (lanjutan)”


  1. 1 Budhie mdn 23 April 2014 at 5:17 pm

    mau tanya om.. dr pengalaman sy bln lalu..apa penyebab kenari tdk mau mengerami telurnya? pdhl sarangnya bersih.. stlh telur terakhir keluar 5 butir, indukan selalu beristirahat di luar sarang bahkan pd mlm hari, mohon pencerahannya om tks..

    setelah pengeram ke berapa hari om ?

  2. 2 Zainal 14 April 2014 at 1:25 pm

    Mau tanya donx saya punya betina baru beli dari teman tapi lagi bertelur baru 1 tp ko pas dirumah saya kenapa ga mau bertelur d’sangkar’y padahal telurnya yg 1 saya simpen d’sangkar. Gimana cara ngatasi betina supaya mau bertelur lagi ditempatnya dan dierami telurnya. Tolong blz k’no 085624242622

  3. 3 dayat 2 January 2014 at 2:09 am

    Assala’mualaikum wr. wb.

    Salam kenal saya dayat dari banyuwangi, mau tanya ” ketika kenari betina mulai mengeram, pejantan sebaiknya dipisah atau tetap dikumpulkan dengan betina, trims infonya.

    Wassalamu’alaikum wr, wb.

    Waalaikumslm, silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

  4. 4 rul 26 December 2013 at 12:29 pm

    Mlm om..sy mo nanya,knri sya brtelur sblm djodohkan tp stlh djdohkan langsung dia kawin slma smggu abis gtu jantan sya psh krna mabung,skg knri induk ngeram tp tdk ada telurnya..knp ya om….?

    coba perhatikan lingkungan kandang ternak, apakah ada tikus atau cecak ?, kalau tidak ada tikus/cecak coba perhatikan lagi jangan-jangan dimakan induknya (kenari yang sedang ngeram) kalau dimakan induknya kemunginan si kenari butuh kalsium, berarti tinggal beri kalsium (tulang sotong) kedalam kandang ternak….

  5. 5 wiyadiputra 10 October 2013 at 9:02 am

    Saya punya kenari dah bertelur 5 tapi saya memakai kandang gantung, tiap pagi dan sore saya pindahkan apa perpemgaruh pengeramanya,

    asalkan pemindahan tidak grasak grusuk insya Allah aman, hanya bagi indukan yang baru diternak dia akan ketakukan pada saat kandang dipindah bisa mengakibatkan indukan hiper protective akibat akhirnya sianak mati terinjak induknya karena siinduk ngeram terus….

  6. 6 Warseno 29 September 2013 at 2:01 pm

    Ikut gbung bos q pnya knari betina dah umur 1th blmd mau birahi q cek dskitar anus tbal kayak lmak mhn saranya

    kalau kegendutan coba dibuat ideal dulu ya om, kurangi pakan bijian/pakan bijian ditakar cukup 1 sendok makan aja… perbanyak sayuran/sawi atau diberi timun om.. kalau ada waktu dijemur

  7. 7 ilham 27 September 2013 at 3:41 pm

    Malam om,,mohon pencerahannya nih om,
    Begini,apakah ada kenari yg mengerami telurnya sampai 16 hari om,,??soalnya kenari saya begitu,,langkah baiknya apakah telurnya harus saya buang saja om,,,?mohon petunjuknya,,terimakasih om,,met malam,,

    telor yang dierami berapa butir om, coba hitung kapan telor pertama keluar di tambah banyak telor yang dierami…. umpamanya tanggal 1 bertelor si indukan bertelor 3 butir jadi hitungannya 14 hari + (3-1) jadi 16 hari kalau mau aman bisa ditambah 2 hari lagi jadi sekitar 18 hari….

  8. 8 risky 10 September 2013 at 10:09 am

    Om mohon bantuan’n….
    knari sy sudah nelor4..tp stlah proses pengeraman srlama 5hr ko knari saya g mau ngeremin telor’n lagi ya…apakah bisa telor yg g dikeremin..diganti indukan’n buat di keremin….
    blz lwt sms adja om sy jrng ol..
    089687913310

  9. 9 patriablog 7 September 2013 at 12:02 pm

    om mau tanyak ni ..saya punya kenari udah bertelor di jodoahkan pun uadh lama tapi betina sama lakianya kok masih gk rukun aja kaya mau kelahi saling gertak itu kenapa ya om

    Pada tahap awal disatukan biasanya berkelahi, biarkan saja tapi terus dipantau kalau terjadi perkelahian yang seru atau jantannya dikejar-kejar betina langsung dipisah om… ulangi lagi proses penjodohan dari awal….. begitu seterusnya sampai mereka rukun…..

  10. 10 vietya 20 June 2013 at 1:10 am

    Permisi om mau tanya, kenari saya bertelur 1 butir tp sudah lewat dr 14 hari tidak menetas juga ? Apa yg harus sy lakukakn ya? Sebelumnya indukan sy sudah pernah bertelur 2 dan menetas dengan baik… Mohon pencerahan om… Mksh

    coba tambah 2 atau 3 hari jika tidak menetas telornya dibuang saja om, ini jantan yang sama atau ganti jantan om ? kalau jantan yang sama coba perhatikan kondisi kesehatan keduanya takut ada salah satu yang kurang sehat…. pada saat penjodohan perhatikan nutrisi pakannya….

  11. 11 Aar 7 April 2013 at 9:56 am

    maaf ikut tanya donk om , waktu yang tepat buat ngawinin kenari kapan ya om terus berapa jam atau berapa hari , ?? terus misal udh kawin nihh di kandang gantung , lalu kapan waktu yang tepat kandang gantungnya di tempel k dinding , mksih bnyk y om sebelumnya . sya pmula nol besar ehehe . tar tkutnya nelor pas kndangnya msih
    di gantung eheheh

  12. 12 awan 15 February 2013 at 9:11 am

    om kenari saya sudah bertelur akan tetapi tidak mau bertempat di saranya melainkan dtempat cepuk makananya..apakah bisa saya pindahkan, apakah dapat menimbulkan stres. sebaiknya apa yang mesti saya lakukan..melihat keyamananya..

  13. 14 Juni 4 January 2013 at 2:55 pm

    Om kenari lg mengeram sy pindah tempat koq g mau mengeram lg?bagaimana solusinya?

  14. 15 eko 12 October 2012 at 4:03 am

    permisi om numpang tanya nih..
    1. KN jantan (7 bln) saya sudah nubruk2 sangkar terus, tp betinanya baru mabung dan usianya 5 bulan. apakah KN saya sudah bisa dijodohkan?
    2. kalau jantan lokal super, betinanya silangan ws x st. nanti anakannya jenis apa om?
    terimasih jawanannya..

  15. 16 arief 8 October 2012 at 9:45 am

    Om cara membuat betina birahi gmna yah? saya sudah coba jodohkan di kandang terpisah selama 1 minggu setelah itu dikawinkan, tetapi jantannya udah ngejar2 dan betinanya kabur2an. piye iki ta?

  16. 17 Asep Fauzan 2 September 2012 at 2:03 pm

    Om,dua Indukan Kn ku anakan’y mati smua stlh brumur 3hr. Pdhal Sayur & telor puyuh slalu sy siapin. Apkh krna kandang sering dinaik-turunin ya Om? (stlh menetas,tiap hr kandang diturunin utk ganti air minum&pakan). Atau krna anakan kurang kalsium? Kalau mmg kekurangan kalsium,bgmna cara penyajian tulang sotong yg baik untk Kn? Apa disajikan dlm bentuk utuh & ckup digantungin,atau lbh bagus ditumbuk lbh dlu & disajikan di wadah tempat khusus?
    Mhon pencerahan’y Om?

  17. 18 arief 2 September 2012 at 3:45 am

    Askum Om,..saya mau tanya,..perlu gak kenari yg baru menetas dikasih lampu,. Krn saya bingun setiap umur 1 mingguan anaknya mati lemes,…apakah boleh om kenari menetas dikasih vitamin ..
    contohlah ekstravit,..

  18. 19 arief 2 September 2012 at 3:33 am

    Askum Om,..saya mau tanya,..perlu gak kenari yg baru menetas dikasih lampu,. Krn saya bingun setiap umur 1 mingguan anaknya mati lemes,…apakah boleh om kenari menetas dikasih vitamin
    contohlah ekstravit,..

  19. 20 yuli widodo 14 August 2012 at 8:09 pm

    salam kenal dan sy ingin gabung tentang budidaya burung kenari yg sukses om amin.. Om sy pemula sy punya 3 pasang brg kenari, 1 blm bertelur yg 2 sudah menetas om anak nya 2.. tp dalam waktu 2 hr anak-anak burung kenari sy mati om.. Pertanyaan sy apaka setelah menetas pejantan hrs d pisah tidak om…? dan untuk pakan telur puyuhnya hrus di kupas tidak cangkangnya om…? Mhn d berikan solusinya om terimakasih widodo lampung kalianda

    • 21 Uphay 16 August 2012 at 3:18 am

      anakan mati biasanya karena tidak diloloh / disuapi oleh induknya, Induknya (betina) tidak meloloh karena tidak ada makanan yang menurutnya sesuai untuk diberikan kepada anak2nya. coba tawarkan telur puyuh yg dibelah dua, sayuran segar (Pokcay, sawi, brokoli dll), buah apel, serta softfood (campuran tepung bubuk roti,biskuit Farley’s yg dihaluskan). lihat mana yg indukan lebih sukai, maka itu yang diperbanyak porsinya. kalau saya, jantan saya pisah om sejak betina mengeram. Semoga bermanfaat… Salam…

  20. 22 Arju kamaludin 11 June 2012 at 9:03 am

    Om saya mau bertanya saya akan menernak kan knr gimana cara membedakan indukadn jantan dan betina yang sudah siap kawin tolong jawablah pertanyaanku ini ya om salam arju kamaludin di tulunggagung

  21. 24 harry 4 May 2012 at 2:48 am

    Nice info brad,,thx a lot
    Semoga bermanfaat bagi kita semua

  22. 25 Randy 11 April 2012 at 6:01 pm

    Om,selama ngejalani 21 hari.
    Cara ngebersihin kotoran disangkar telur gimana ?
    Thank’s

    Kalau saya om pada saat kenari awal dijodohkan sangkar berikut perlengkapannya di cuci bersih sehingga pada waktu kenari nelor/ngeram saya hanya membersihkan alasnya dengan cara buang koran/alasnya dilapis koran, demikian om… wassalam

  23. 26 joe bily 21 February 2012 at 9:39 am

    om sy mau tanya. Antara keluarnya telur dgn telur lainya selang brp hari om. Mksh

  24. 28 samas 17 February 2012 at 3:35 pm

    om,kenari sy sdh 10 hari sy jodohkan dan sering melakukan proses perkawinan,tp kok blm bertelur sampe skrg,dan boleh nggak sekali2 saya jemur pagi,makasih banyak atas jawabannya om

    • 29 Uphay 23 February 2012 at 1:09 am

      Selama belum bertelur, Jemurnya di rutinin om (tidak masalah dijemur saat penjodohan), dan kasih makanan yang bergizi tinggi serta cukup kalsium, Salam

  25. 30 Riko 17 February 2012 at 1:30 pm

    om….,
    sanya mau tanya…,
    gimana cara membedakan burung KN jantan dan betina..???
    cara membedakan yang menonjol paling mudah di lihat dari segi apa om???

    terima kasih!!!

  26. 31 andy 17 February 2012 at 6:01 am

    salutt buat om sofyan…senang rasanya ada hobbiess kenari yg mau menuliskan pengalamannya dan berbagi dgn yg hobbiess yg lain,bnyk yg terbantu dgn tulisan om sofyan. jarang loh om…. para pakar yg mau berbagi ilmunya dan menulis seperti om sofyan.sukses terus buat om sofyan..kebaikan om akan ada balasannya.

  27. 32 kadar 9 January 2012 at 1:07 pm

    salam kenal om…
    menurut saya Blog ini sangat2 super, saya pemula ingin berbagi dan bertanya om….?
    saya baru dapat 2 buah kenari dan alhamdulillah telah jodoh, namun saya mendapati bebrapa masalah yaitu sang betina bertelur 4 buah, tetapi bertelurnya di tempat makan ketika saya pindah telurnya dia tidak mw mengaremi akhirnya saya biarkan saja dia mengeram ditempat makan hanya saja tempat makannya saya beri lubang untuk sirkulasi udara, setelah 2 minggu telur 1 menetas selang 2 hari telur kedua menetas. selang 2 hari telur kedua mnetas anak kedua tersebut di jatuhkan sang induk dari sarang dan akhirny tewas. saya pikir tempat sarangnya kekecilan dn saya cek 2 telur lg ternyata kosong lalu saya buang agar lebih lega.
    Esoknya saya melihat sang induk kakinya pincang dan bengkak2 pada jari2nya dan tidak mw meloloh anaknya, akhirnya saya yg memberi makan dengan bubur bayi dan yang saya mw tanyakan om…?
    1. ketika anaknya saya angkat sang induk mengepak2kan sayapnya ketika mendengar suara kenari jantan apakah ini tanda dia minta di jodohkan walaupun kakinya masih pincang Om…?
    2. setelah 2 hari pincang sang induk baru saya obatin apa bisa sembuh om…?
    3. anakan kenari saya kasih bubur bayi rasa beras merah Om,apakah tidak apa,,…?
    4. dan apakah setelah agak besar anak kenari dapat memakan biji2an karena dy dari kecil telah pisah dari induknya.

    sekian Om, mohon bimbingannya……..Terima Kasih.

  28. 33 aso 10 December 2011 at 3:00 am

    salam kenal om,,
    saya mau tanya,,
    kenari saya sudah menetaskan telur nya,,
    tapi induk nya kelihatan tidak memberi makanan kepada anak nya..
    apa saya harus memberi makan anak nya? klo iya pakan nya berupa apa?
    sebelum nya terimakasih

    om kalau terpaksa harus ngeloloh anakan bisa menggunakan bubur bayi instan rasa kacang hijau, demikian om, wslm

  29. 34 suradiyono 10 November 2011 at 2:28 am

    Salam kenal om,

    Pemula ni om pingin betrnak KN hehehe
    rumah saya di pinggir jalan banget om, brisik banyak kendaraan lalu lalang,
    bagaimana kolo beternak KN apakah tidak terganggu..
    Bagusnya didalam rumah pa diluar rumah om..
    makasih….

    Om saya rasa kenari bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi jadi coba saja om, kalau tidak mencoba kita tidak bisa tahu hehe…. semoga ternaknya berhasil

  30. 35 vaksie 18 October 2011 at 7:53 am

    mmaf om gabung! KN saya bertelor 2biji tp selama 16hri tak menetas om saya pecahin masih utuh kenapa ya om! trus kalo kalo masa mengeram jantan pisahin ga?

    Kemungkinan tidak terjadi perkawinan, coba tunggu telor periode berikutnya kalau masih bening/tidak dibuahi coba ganti jantannya. mengenai jantan dipisah atau tidak tergantung kebutuhan

    Wassalam

  31. 36 upik 2 October 2011 at 2:28 pm

    assalamualaikum om…perawatan dan penjodohan KN untuk yg nguli seminggu bagusnya gimana ya…??? cuma ada waktu hari minggu untuk ngurusin KN.
    Kalo kenari tak pernah dimandikan dan dijemur apa ada masalah..???

    wassalam,,,

    perawatan kenari sangat mudah om yang penting makanan cukup untuk seminggu, untuk jemur bisa seminggu sekali…. pada saat ganti makanan & minumannya tempat makan & minum dicuci bersih dan setelah jemur kedalam air minumnya dimasukkan multivitamin, demikian om

    Wassalam

  32. 37 Agus Adi Pamungkas 2 July 2011 at 4:40 pm

    salam kenal mas…
    saya agus dari magelang,saya maunanya…
    gmna cranya lok indukan kenari tdk mau memberi makan anaknya????
    saya coba memberi makan sendri tpi gagal terus…

  33. 38 Hamdani 1 June 2011 at 5:09 am

    Om mw tanya nich. Sy punya 2 kenari yg lg ngeram. Pd hari ke 9 dari pertama bertelur telur sy terawang. Betina 1 smua telur kosong (bening),betina 2 semua telur isi. permasalahan’y gini betina 1 posisi mengerami telur baik,semua telur tertutup body’y sdngkn betina 2 posisi ngeram tdk menutupi telur2′y. Sy berinisiatif menukar telur betina 2 dgn betina 1. Dan betina 2 akan sy kondisikan agar siap kawin lg. nah kira2 telur yg sy pindah bakalan netas gak? Mengingat sdh mengalami perubahan posisi akibat dipindahkan.?? Mohon pencerahan’y!! :)

  34. 39 Erik Soerabaya 15 April 2011 at 5:16 am

    salm kenal ya om..
    sya mau berbagi crita nie smoga sya dapat pencerahan masalh ternak saya …
    seminggu kemarin sy hbis beli kenari 1 pasang…tp langsung sy jodohkan dalm kandang,katanya yg pnya dlu pernah sdah jodoh dan pernah bertelur.
    setelah sangkarnya kasik isinya kok dibuangi ya om..tp anehnya si betian tidur sangkar trus kluar lg..sering kayak gitu…yg jd pertayaan sy apa si betina kurang nyaman sma keadaan sarang apa tanda2 mau bertelur gitu itu om…
    betian sma si jantan slalu berkelahi jk si betian mau benahin sarangnya akhirnya si jantan sy pisahkan sementra…tp jantan trus criin trus…
    stelah sya pisah si betian benerin sangkarnya lagi…apa itu tnda2 mau bertelur atau gmna om kenari saya itu…kok si betian sukanya mondar2 ke sangkar trus kluar2 gitu…

  35. 40 muchammadsaifullah@yahoo.com 31 March 2011 at 3:05 am

    Om , solusi kegemukan ..
    cara perawatannya gimana..??

  36. 41 sam samudra 20 February 2011 at 2:32 pm

    om sofyan aq lagi coba ternak kenari tapi sudah ngeram 2 kali fase tapi selalu gagal netes padahal sebelum dijodohkan aq kasih vitalur selama 14 hari dan telornya normal 5 buah tolong om thanks

  37. 42 ryan excv lc 26 December 2010 at 4:04 pm

    numpang tnya ni om,.
    Cara penjodohan kenari gmna??
    Mklum bru mau bljar ternk kenari,.
    Proses pnjdohan ny brpa lama??
    Maaf bnyak tnya.

    coba baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari dan disini https://burungkenari.wordpress.com/artikel-favorit

    salam

    Slam knal. Ryan excv lc

  38. 43 dede 22 November 2010 at 5:14 am

    terima kasih infonya om,trus pengen nanya lagi nich om,klw seandainya indukan jantan saya keluarkan setiap pagi dan saya kumpulkan lagi ketika sdh sore,kira2 berpengaruh buruk gak om,karna ada yg bilang klw pejantannya dikumpulkan terus takut suaranya hilang,menurut om bagaimana bagusnya,trims ya om

    Terus terang saya belum pernah malakukannya, coba aja om lakukan siapa tahu bisa menjadi ilmu bagi yang lain…

    salam

  39. 44 anton 21 November 2010 at 12:10 am

    om salam kenal ; kenari saya dh betelur 4 , lalu pejantan saya pisahkan , gppkah om ? kalau masih bertelur 1 pejantan di pisahkan gmana om ?

    Ngga apa2 mau dipisah kapan saja boleh, untuk amannya sich jantan dipisah setelah betinanya ngeram dan benar2 yakin induk betinanya tidak bertelor lagi…

    salam

  40. 45 dede 12 November 2010 at 1:24 pm

    om,saya lagi nyoba ternak kenari,ada 2 pasang indukannya F1 semua pejantannya gloster sama roller , udah 2 minggu ini sy jodohkan, tapi kok belum mau kawin2 ya om, padahal makanannya dari biji, telur puyuh,apel sama sayur dan vitamin udah tiap hari sy kasihkan,kira2 salahnya dimana ya om ? udah gak sabar pengen liat telornya om….hehehe

    Om Dede, usia kenarinya berapa tahun..??, proses penjodohan akan berhasil jika keduanya dipertemukan pada saat birahi yang bersamaan, jika salah satu belum birahi proses penjodohan akan gagal… jadi faktor utama harus sabar… untuk makanannya harus hati2 pemberian telur puyuh jangan setiap hari paling banyak seminggu 3 kali.. karena telur puyuh membuat kenari kegemukan, kenari gemuk susah dijodohkan… demikian om semoga bisa cepat bertelur dan beranak pinak…

    salam

  41. 46 Yohanes Haryanto 24 June 2010 at 12:49 pm

    Om , lama pengeraman telur kenari dihitung dari mulai telur pertama atau setelah telur terakhir, saat ini kenari bertelur 3 butir, bila dihitung dari telur pertama sudah sekitar 15 hari dierami tetapi belum menetas, paling lama memastikan telur menetas atau tidak berapa lama Om, mohon bimbingannya, terimakasih

  42. 48 dharma 24 June 2010 at 9:24 am

    apakah anakan kenari hijau dan kenari blustart bagus untuk diternakan

  43. 49 adit serpong 27 May 2010 at 12:37 pm

    om…kalo ada sepasang f1 yg cantik mau dong..mau belajar breeding ni abis baca2 artikelnya om…:)

    • 50 sofyan 27 May 2010 at 1:48 pm

      tujuannya sama siapa nich om ke saya atau ke om Yunior..?? kalau saya peternak kecil-kecilan jadi jarang ada anakan, kalau ke Om Yunior sich insya Allah ada beliau penjual jadi banyak kenalan peternak kenari hehe….

      salam

  44. 51 yunior 27 May 2010 at 9:03 am

    wah tadi sms an ma om Ali syukur KM regional makasar ternyata dia kasih tau om burung yg dulu beli ma om yunior juara 1 saya namain bajak laut wah seneng gk sia2 deh he..he

  45. 54 ahmad sofyan 27 May 2010 at 7:05 am

    untuk kenari serak bisa menggunakan obat anti serak coba om cari di kios burung dilingkungan sekitar om gambarnya seperti ini http://kenarimania.e-kios.com/katalog/obat-anti-serak-p29.html

    salam

  46. 55 alfian 27 May 2010 at 3:40 am

    eh y Om…….. burung kenari saya kog pilek?? suaranya serak2 kruk kruk……… bgmn cara menyembuhkannya???

  47. 56 eddo 21 May 2010 at 2:52 am

    salam kenal OM…
    saya mau tanya untuk alamat bredeer kenari dibali dimana ya???
    thank’s

  48. 59 amir wu 19 April 2010 at 5:43 am

    nunmpang nanya om sofyan, sy punya sepasang gloster dkb 08, baru 2 bulan terakir betina mulai siap, ttp pas saya jodohkan ,,eee malah rontok bulunya, ttp tetep saya campur biar cpt produksi. kira2 mau kawin ga ya om, terimakasih nggih

    • 60 ahmad sofyan 19 April 2010 at 6:08 am

      om Amir, pada waktu kenari mabung kondisinya ngedrop …. lebih baik jangan diternak karena mengakibatkan gagal netes dan berakibat kurang baik bagi kenari… demikian

      salam

  49. 61 iskandar 16 April 2010 at 1:42 pm

    salam kenal pak sofyan..sy msh pemula skali di bidang ternak kenari ini..sy ada 1 pejantan yorkshire dan 2 betina (1 holland, 1 F1)..yg mau sy tanyakan;
    sewaktu sy beli mreka sama2 sdh siap utk kawin..tetapi begitu sy bawa k rumah saya mereka sm skali tidak saling birahi..sdh saya cb mengikuti proses yang bpk sofyan sarankan d blog sebelumnya..kira2 apa masalah nya pak sofyan?dan biasanya brp lama proses perjodohan sampai akhirnya siap kawin?trmksh sblmnya..

  50. 62 marto 6 April 2010 at 7:12 am

    salam kenal pak sofyan, saya marto findi, saya membaca tulisan bapak maupun teman-teman di blog ini kok ada istilah “btw” siangkatan apa sih pak? maklum saya kurang gaul dengan bahasa-bahasa ini.

  51. 64 julius daniel 30 March 2010 at 9:13 am

    Saya juga peternak baru mas tepatnya di kota cimahi
    saya baru mulai beternak kenari RI lokal,kebetulan punya betina bagus
    dari salah satu peternak di bandung.
    saya mau tanya mas,saya sedang cari pembuat ring untuk anakan yang bagus
    alamatnya di mana ya?

    Tirims”

    • 65 ahmad sofyan 31 March 2010 at 12:49 am

      no telepon pembuat ring yang saya tahu yaitu Raja Ring no. telp. 0215677053

      • 66 julius daniel 2 April 2010 at 10:43 am

        terima kasih banyak mas atas info nya….

      • 67 julius daniel 4 April 2010 at 10:20 am

        Mas ahmad mu tanya,saya cari anakan Norwich mungkin tau info penjualnya? dan kira2 pasaran berapa yach???
        Trims

      • 68 gede 4 April 2010 at 2:00 pm

        ikutan kang AS…
        Salam kenal Om daniel… Anakan Norwich di Bandung masih jarang yg punya Om… perlu ? ada anakan, Jantan 1ekor, tp maunya di tukar sama betina Spanish Timbrado :D atau Om daniel punya betina apa ?

  52. 69 julius daniel 30 March 2010 at 9:09 am

    salam kenal

    Saya daniel mas dari bandung,bolehkn saya bergabung di blog ini

  53. 70 gede 22 March 2010 at 5:14 am

    Senin pagi memang Umumnya aktifitas lbh tinggi dari hari lain… di sela-sela aktifitas yg meningkat, seorang tmn dgn nada Gembira menelpon… ” Terimakasih, KN sy sekarang Lincah2 ” Hehehe…. hati ku pun langsung ikut seneng :D
    Sepenggal cerita tadi berawal pada minggu lalu, saat sang teman menelpon dgn nada khawatir… ” Bro KN sy pada sakit… loyo2 ” katanya…
    Selidik punya selidik, ternyata kesalahan terjadi akibat “lampu” dlm kandang dinyalakan setiap malam :D …dan sang peternak tersebut hobby House Music :D Jadilah tiap malam kenari-kenarinya pada clubbing alias tidak tidur dan Begadang :D Hahahahhaha….. ada2 aja yaaaa….

    Tips of the Day :D

    Nyalakan lampu hanya pada siang hari !!! itu pun kalo suhu tdk panas :D

    Semoga Bermafaat
    Hehehe… Back to work ah…

    Bye… bye… See You All Next Time…

  54. 72 Estu 15 March 2010 at 9:37 am

    Pak, mohon ijin utk saya print , buat pegangan saya yg pemula ternak kenari…boleh ya pak, trims…

    • 73 ahmad sofyan 18 March 2010 at 12:17 am

      Pak Estu silahkan kalau ingin mencetak sendiri, btw mohon maaf baru dibalas hari ini comment Bapak baru kebaca hari ini….

      salam

  55. 74 arman 3 March 2010 at 12:32 am

    ok makasih banyak atas informasinya om……..
    kalau telur puyuh memang sehari saya kasih satu……..

    kalau anakan kenari usia berapa di pisahkanya dengan indukan????

    tolong bantuannya lagie dongssss.

    • 75 ahmad sofyan 3 March 2010 at 1:45 am

      pisah anakan usia 1 bulan atau tergantung anaknya, rata-rata sich usia 3 minggu (21 hari) anak kenari sudah bisa makan sendiri… coba om perhatikan apakah anaknya sudah bisa matukin telor ..?? kalau bisa berarti sudah siap pisah…

      salam

  56. 76 jaenal arifin 24 February 2010 at 11:00 am

    klo aq cukup pake telur puyuh aja

    • 77 sofyan 25 February 2010 at 12:04 am

      saya rasa telor puyuh sudah cukup om sebagai EF….kelebihan telor puyuh yaitu alami dan katanya proteinnya tinggi baik buat meningkatkan napsu kawin kenari….salam

  57. 78 arman 23 February 2010 at 3:48 am

    Ups. mauuu tanya lagi nie omssss…….

    kalau Multivitamin untuk kenari itu apa sieh….

    terimakasih maaf yambung lagie

  58. 80 yunior 23 February 2010 at 3:25 am

    kalau menurut saya tunggu 2 hari kalau gk menetas juga buang aja om takut mengundang kutu..
    kalau jantannya tidak mengganggu ya biarin aja tapi kalau om mau jantannya dikawinkan lagi dgn betina yg lain jantannya dipisah aja selama betinanya masih mau membei makan anakannya…

  59. 81 arman 23 February 2010 at 3:15 am

    om……
    mau tanya nieh,
    1. kenari saya sudah beranak, telur tiga anakannya dua satu lagi telurnya tidak menetas, apa harus saya buang atau menunggu berapa hari baru dibuang?
    2. Kenari jantannya dipisahkan atau disatukan kalau sudah beranak, yang saya liat malahan kenari jantan memberikan makan ke kenari betina, kemudian si bentina memberikan ke anakannya ?

    tolong kasih penerangan atau penjelasan dong om?

    sebelumnya terima kasih banyak…………..

    • 82 aven 4 July 2012 at 5:32 am

      kalau saya tunggu 2 hari om, baru di pindahkan telur nya yg tidak menetas biar anak kenari yang mentas bisa lebih leluasa bergerak,

      kalau pejantan tidak di kawinan lg, tetap di satukan tidak apa2 om.. namun kalau rencana di kawinkan lg dengan betina lain.. sebaik nya di pisah di ksi istirahat 1-2 hari mandi jemur stiap pagi, jgan lupa EF nya diberikan…

      sekian sdikit berbagi engalaman sya, bila ada yg kurang tolong di tmbahkan master2 yang lain

  60. 83 adit-pemula 13 February 2010 at 7:35 am

    salam
    kenari mania…

    alhamdulilah ni om berkat baca-2 artikel ini kenari punya saya sudah bertelur 2 butir….
    yang saya mau tanyakan
    1.apakah jantan nya saya pisahkan jangan yah (klo di pisahkan jantannya suka “berjuit-2″ gak apa-2 om?
    2.kenari betinanya bulunya terus mengembang apakah dia sakit?
    3.anakan dari kenari kuning bon putih ( jantan) dan orange bon putih (betina) warna apa yah om?

    sebelumnya terimakasih
    salam kenari mania

    • 84 ahmad sofyan 15 February 2010 at 12:31 am

      om Adit…
      1. tergantung tujuannya kalau ingin didengerin suaranya ya dipisah saja… masalah cuit-cuit ngga apa-apa yang penting betinanya masih mau mengeram
      2. bulu kenari mengembang… dalam kondisi mengeram agak susah membedakan kenari tersebut sakit atau tidak … coba aja dikasih multivitamin om, takutnya hanya kedinginan karena kurang dijemur…
      3. mengenai warna anakannya saya tidak bisa menjawab karena banyak kemungkinan bisa mirip induk jantan atau betinanya atau malah beda banget… lihat aja nanti hasiilnya…

      salam

  61. 85 Yusup Sonjaya 4 February 2010 at 4:40 am

    Oh…..
    Mengapa ank kenari yang q, belum 21 hari sudah keluar dari sarang sekarang baru +/- 15 hari kq sudah bisa makan sendiri walaupun sesekali induk memberikannya makanan. (masih diloloh)

    • 86 ahmad sofyan 4 February 2010 at 4:49 am

      Bagus dong om berarti cepat dewasa….. itu yang keluar sarang semuanya atau hanya 1 ekor ?…. kalau hanya 1 ekor yang keluar sarang & bisa makan sendiri biasanya kualitas unggul…. tinggal dirawat yang baik om …..

      salam

  62. 87 unyiel 20 December 2009 at 5:10 am

    klo 14 hri blum menetas, jd telur kenarinya gak jadi anak burung….

    burung kenari saya udah bertelur 4, gmn solusinya?

    • 88 ahmad sofyan 21 December 2009 at 12:26 am

      Om Unyiel, kalau masa eram lebih dari 14 ditambah 1 atau 2 hari berarti tidak menjadi anak…. telor yang tidak menetas dibuang saja Pak…. Kalau tidak dibuang takutnya bercampur dengan telor yang baru …. demikian

      salam

  63. 89 unyiel 20 December 2009 at 5:07 am

    ok dch…………………..

  64. 90 bram heryanto 24 November 2009 at 3:57 am

    Om Sofyan Met Kenal

    saya mau tanya ? maaf karena saya baru belajar ternak dan baru pertama kali kenari saya mengeram ada 2 pasang, tapi yang 1 pasang sudah lebih dari 14 hari ko belum menetas juga dan masih di erami oleh indukan dan jantanya samapai hari skg ? apakah memang tidak menetas ? mohon solusinya……dan kalau boleh tau bolehkah saya mencari pengalam dengan yang sudah senior di daerah kami terimaksih sebelumnya

    heryanto cimahi

    • 91 ahmad sofyan 21 December 2009 at 12:25 am

      Pak heriyanto, kadang-kadang waktu eram kenari bisa lebih 1 atau 2 hari kalau lebih dari 16 hari coba cek telornya kalau tidak menetas buang saja telor … indukannya bisa dikondisikan kembali untuk diternak.
      Untuk daerah cimahi banyak peternak kenari yang saya kenal Pak Eko dan Pak Yusman….

      Demikian

  65. 92 Bhira 3 November 2009 at 3:38 pm

    wah artikel nya bagus dan sangat membantu banget…. saya lagi pengen mencoba ternak kenari dan lagi nyari si betina nya…. kira2 brapa ya harga kenari betina yg lokal… dan kalo di PB pramuka kira2 saya harus ke kios yg mana supaya saya bisa nyari calon indukan lokal yg tepat bwt ternak… trims….

    • 93 sofyan 4 November 2009 at 1:09 am

      Terimakasih Pak atas perhatiannya ….. bagus Pak jangan sia-siakan kesempatan lebih baik bertindak dengan cepat ..he…he……., harga kenari lokal kisaran 50-100 rb untuk amannya cari kenari betina warna kuning atau bon kuning harganya murah & ngejualnya tidak terlalu sulit. Saya belum punya referensi kios yang mana, kalau menurut saya cari saja ……. banyak kios yang jual kenari, sebagai referensi Bapak bisa baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/06/25/tip-ringan-breed-kenari-pemula/ . Demikian semoga bisa membantu

      salam
      sofyan

  66. 94 susilo 3 November 2009 at 6:17 am

    Siang Mas Sofyan,

    Kalau siang-siang yang panas begini biasanya saya surf di blog-nya jenengan..bisa ngilangin hawa puanasnya Surabaya…
    Maturnuwun Mas… atas bersedianya share pengalamannya .
    Saya lagi jodohkan Kenari F1, sudah mau sebulan tapi kok belum ada tanda-2 bertelor? kelihatanya sudah jodoh dan sempat kawin, atau karena betinanya yang masih dalam kondisi ngurak itu ya? Mohon Saran,

    Oh ya Mas Sofyan saya juga lagi njodohin blacktrout, ada triknya nggak?

    Maturnuwun

    Br,

    Susilo

    • 95 sofyan 4 November 2009 at 12:59 am

      Terimakasih Pak Susilo atas perhatiannya, saya senang Bapak sering berkunjung ke blog saya…… Pada saat kenari sedang ngurak atau mabung merupakan kondisi yang sangat lemah dimana sebagian besar energinya di manfaatkan untuk pertumbuhan bulu dan mempertahankan kondisi badan dari udara luar karena sebagian bulunya lepas…. kenari sedang ngurak jangan dulu dijodohkan karena takutnya kalaupun bertelor, telornya akan kosong atau isi tetapi anaknya cacat karena indukannya tidak dalam kondisi optimal …. demikian Pak semoga bisa membantu….. mengenai ternak BT mohon maaf belum punya trik karena saya juga gagal beternak BT hehe…… Menurut saya BT cukup sensitif sehingga tempatnya harus tenang….

      salam
      sofyan

  67. 96 darwanto dwi waloyo 24 October 2009 at 1:39 pm

    om klu ternak kenari bg pemula itu yg mudah warna apa,yg nggk rentan penyakit,atau yg gampang diternakan gt mksudnya

    • 97 ahmad sofyan 26 October 2009 at 2:41 am

      coba ternak kenari lokal warna hijau om… insya Allah sebagian besar gampang diternak dan tidak rentan penyakit….

      salam

  68. 98 darwanto dwi waloyo 24 October 2009 at 12:50 pm

    om,klu bisa lebih detail kg donk artikelnya biar bisa jd peternak kayak om????

    • 99 ahmad sofyan 26 October 2009 at 2:38 am

      Pak Darwanto saya pikir tulisan saya sudah detail, …. rasanya kalau terlalu mendetail juga kasihan yang baca,….. kalau masih ada hal-hal yang kurang jelas bisa sharing dengan saya.. demikian mohon maaf kalau salah.

      salam
      sofyan

  69. 100 yanri 22 October 2009 at 5:00 am

    Maksh om artklnya skrng kn ku dah netas

    • 101 ahmad sofyan 22 October 2009 at 6:33 am

      Wah selamat Pak Yanri …… senang Bapak sudah berhasil ternak kenari …… masih banyak lhoo…… hobis kenari yang belum berhasil ternak hehe……

  70. 102 simoun 14 October 2009 at 4:45 am

    salam kenal om,

    saya baru belajar mengkawinkan kenari. kenarinya dah jodoh om, dah suka suap2an tapi kok gak bertelur ya om.. mohon pencerahannya donk…

    salam anak baru,
    simoun

    • 103 ahmad sofyan 14 October 2009 at 5:23 am

      usianya berapa bulan om ??…. kenari betinanya sudah merapihkan isi sarang belum Pak ??….. coba pancing menggunakan sobekan kertas …. apakah mau ngangkutin sobekan kertas ke dalam sarang ….. untuk makananya perlu gizi yang cukup coba tiap hari diberi telor puyuh setengah butir …. demikian om kalau masih ada yang kurang bisa ditanyakan kembali.

      salam
      sofyan

  71. 104 Tono 8 October 2009 at 4:01 am

    Jual Bibit kenari nggak mas

    • 105 ahmad sofyan 8 October 2009 at 6:20 am

      Saya jualannya hanya hasil ternak sendiri…. kalau Bapak berminat nanti kalau sudah ada anak yang siap adopsi akan saya kabarin hanya mohon maaf waktunya agak lama Pak…. ada beberapa orang yang masih menunggu giliran…. demikian

      salam
      sofyan

  72. 106 caritanet 1 October 2009 at 8:16 am

    Sangat detail sekali penjabaran nya……
    Jadi pingin nyoba pelihara burung kenari…….
    terima kasih ya Mas Ahmad.

    • 107 ahmad sofyan 8 October 2009 at 6:17 am

      Terimakasih Pak sudah mampir ke blog saya, dengan memelihara kenari insya Allah hidup jadi lebih ceria Pak… rumah menjadi hangat karena ada suara kenari yang bersahutan..he…he…

  73. 108 joel bali 1 October 2009 at 4:47 am

    wah tengkyu erat ats artikel yang mas tlis! ngebantu bget buat amatiran kyak saya!

  74. 110 Dony 30 September 2009 at 4:46 am

    sip om…
    lg mau belajar ternak lagi nih..

  75. 111 arya 28 September 2009 at 8:29 am

    Terimakasih banyak Mas,artikel ini sangat membantu sekali.Sekarang ini saya lagi belajar menangkar kenari jadi sangat terbantu dengan artikel seperti ini,saya tunggu lanjutannya.

    • 112 ahmad sofyan 28 September 2009 at 8:51 am

      Pak Arya, saya senang kalau Bapak merasa terbantu, tujuan saya membuat artikel ini ingin berbagi pengalaman….. saat ini saya masih belajar hanya saya lihat jarang pakar-pakar kenari yang menulis mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu pemula dan mendorong pakar-pakar kenarimania untuk menulis sehingga banyak artikel yang berbobot… semoga sukses ternak kenarinya Pak….

      • 113 opick 1 May 2011 at 8:56 am

        Om,,betina saya galak bngt susah di jodohin (jantannya di patukin mulu Om) tp tiba2 brtelur & gk isa Netas, solusinya gmna ya Om spya betina saya bisa jinak & akur dngan jantannya pada proses prkawinan??
        “o0O,,, ternyata kenari yg sedang mabung itu gk bleh di kawinin tah Om??(pantesan telur2 kenari betinaku yg satunya th udh 2X proses pengeraman tp gagal teuz) apkh krna jantannya sedang mabung tp tetep tk kawinin ya Om(gk sabar aku Om,,He.he.e.e.)??
        makasih Om…

        om Opick masih beruntung KN betina galak tapi sudah mulai bertelor…. saya punya KN betina galak belum pernah bertelor disatukan dengan jantan berantem terus …. sampai sekarang belum berhasil dijodohkan kalau baca komentar ini om Fediyan atau om Handoko pasti ketawa beliau-beliau pernah merasakan ketangguhan betina tsb…. upss…. kok malah ikut curhat juga hehe…. coba om kondisikan agar betinanya berahi setelah birahi baru jantannya dimasukkan…

        wassalam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,109,885 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

%d bloggers like this: