Tip aman kenari ditinggal mudik

tempat makan2 Sebentar lagi Umat Islam di Indonesia akan menghadapi  Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi dimana sebagian besar umat Islam akan melaksanakan mudik ke daerahnya masing-masing. Betapa bahagianya bisa berkumpul dengan saudara dan handai taulan di kampung. Buat hobis kenari dalam menghadapi mudik ini ada sedikit kegundahan karena akan meninggalkan momongan kesayangan di rumah. Ada beberapa hobis yang menitipkan kenari ketemen yang tidak mudik, tetapi ada beberapa orang yang tidak bisa menitip karena sesuatu hal yang tidak bisa dilaksanakan.

Bagi temen-temen yang tidak bisa menitipkan kenarinya jangan khawatir, Insya Allah saya akan memberi tip-tip ke tempat minum1Anda bagaimana caranya meninggalkan kenari di rumah dengan aman.

sangkarKita mulai dari menghitung berapa hari akan meninggalkan kenari, selanjutnya menyiapkan sarana tempat pakan dan tempat minum. Jika anda meninggalkan rumah sekitar 1 minggu pakan yang disediakan cukup 2 tempat pakan yang biasa pakai.  Pakan yang disediakan cukup diberi bijian canary seed atau makanan  yang memiliki kekuatan lama (tidak mudah busuk) jangan dikasih sayuran atau telor karena akan membusuk, makanan busuk bisa berakibat patal buat kenari.

 Untuk pakan cadangan atau pengganti telur bisa diberi biskuit seperti marie regal dll. Biskuit di hancurkan dan disimpan di tempat pakan, untuk diperhatikan penempatan pakan biskuit jangan terlalu dekat dengan air minum karena takutnya biskuitnya menjadi basah.

 Air minum kalau ada diberi tempat air minum khusus kenari, kalau tidak ada bisa menggunakan tempat minum biasa hanya jeleknya jika tempat minum diisi air banyak akan di pakai mandi. Agar air minum tidak habis karena sebagian tertumpah dipakai mandi lebih baik diberi air agak banyak (beberapa tempat). Untuk lebih jelasnya saya coba ilustrasikan sangkar4menggunakan gambar agar mudah dipahami.

Penempatan tempat pakan (bijian canary seed) dan tempat air minum berjauhan. Dengan posisi berjauhan diharapkan baik bijian ataupun air minum tidak tercampur. Seperti kita ketahui kenari suka sekali cuci muka dan mandi.  Kalau penempatan berdekatan pakan bijian takutnya tersiram air main pada saat kenari mandi atau cuci muka, kebiasaan lainnya setelah makan kenari suka minum jika tempat minum deket dengan tempat pakan, ada butir makanan yang masuk ketempat air minum akibat bijian terendam air minum menjadi bau. Jika air minum kotor dan bau kenari tidak mau minum kalaupun terpaksa akibatnya kenari menjadi sakit.

Setelah pakan dan minum di tempatkan di sangkar, selanjutnya sangkar di tutup kerodong dan di gantung di tempat yang aman dari gangguan binatang ataupun serangga. Terutama dari gangguan semut dan tikus.  

About these ads

13 Responses to “Tip aman kenari ditinggal mudik”


  1. 1 maman 11 July 2012 at 3:24 am

    Alamatnya. Mana om ?

  2. 2 warno 6 September 2010 at 5:31 am

    Slamat mudik bagi rekan-rekan penggemar kenari, smoga slamat sampai di kampung halaman. Trims bagi buat pak ahmad s, artikel di blog ini sangat membantu saya dan rekan – rekan penggemar kenari. Oh ya pengalaman pahit saya berternak kenari, kenari pejantan saya mati karna masuk ke tempat minum karna tempat minum dari plastik itu atasannya tidak dilepas, jadi sewaktu kenari minum tidak bisa kembali lagi. Salam buat penggemari kenari dan Slamat Merayakan Hari Raya Idul Fitri. Trims

  3. 3 seimolohe 27 August 2010 at 4:12 pm

    Tips berguna, walau artikel 1 tahun yang lalu..
    Thanks Mas Sofyan.

    Mudik kan rata-rata setahun sekali om, lagian tidak ada artikel yang kadaluarsa hehe…..

    salam

  4. 4 munir's 23 July 2010 at 9:01 am

    sip om……….. makasih telah diingatkan untuk mempersipkan kebutuhan burung menjelang lebaran.

  5. 5 Wish New 22 July 2010 at 4:59 am

    Terima kasih atas pencerahannya Bos..

    Salam kenal dari Semarang
    Saat ini saya lg nyoba nyoba ternak.
    Sudah mulai mengeram.
    Semoga artikel – 2 ini bisa membantu
    GBU

  6. 7 widyanto 24 May 2010 at 2:57 pm

    subhanallah..,

    tulisan2 seputar kenari yg menarik :)
    salam kenal dari widyanto, kicau mania singosari – malang

    amiret hisak (baca bahasa malangan: terima kasih)

    • 8 ahmad sofyan 25 May 2010 at 12:23 am

      salam kenal om Widyanto, senang punya kenalan dari Malang, bagaimana perkembangan perkenarian di Malang om…

  7. 9 g sukendra 18 March 2010 at 4:36 am

    pak kalau tempat minum seperti gambar sebelah kiri atas (foto tempat minum1) yang bentunya panjang itu beli dimana pak

  8. 11 ahmad sofyan 9 November 2009 at 1:08 pm

    Ninggalin yang sendiri maupun yang ngeram sama aja hanya makanan dan minumannya agak lebih banyak, kalau ditinggal lama takutnya keburu netes jadi makanannya lebih banyak…. demikian Pak Aa Yusuf semoga bisa membantu.

    salam

  9. 12 aa yusuf 9 November 2009 at 9:09 am

    pa, gimana kalo ninggalin kenari yg lagi bertelur atau mengeram? makasihhh…


  1. 1 mania burung kenari Trackback on 6 September 2010 at 4:01 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,275,848 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: