3 Faktor Keberhasilan Ternak Kenari

merahlokal1Akhir-akhir ini semakin banyak hobis yang menanyakan mengenai berbagai kendala dalam beternak….. padahal kalau rajin menelusuri semua tulisan yang saya buat semua kiat-kiatnya sudah saya bahas, mungkin karena keterbatasan waktu mengakibatkan belum sempet untuk searching di artikel lain…. Untuk membantu Anda saya akan coba bahas mengenai 3 faktor penyebab suksesnya beternak kenari….

Dalam dunia peternakan ada alur proses secara alamiah yang harus diikuti tidak bisa dipaksakan. Dimana setiap makhluk hidup akan mengalami siklus bereproduksi setelah dewasa, demikian juga dengan kenari…. Kenari akan bereproduksi setelah mencapai usia tertentu (dewasa) kita tidak bisa memaksakan untuk mempercepat bereproduksi….. Menurut pengalaman saya dalam beternak kenari ada 3 faktor yang menentukan sukses atau tidaknya beternak kenari yaitu :

Usia Kenari

Usia yang ideal bagi kenari sekitar 6 bulan keatas untuk kenari betina dan untuk kenari jantan sekitar 8 bulan, walaupun kadang-kadang ada peternak yang mulai menjodohkan kenari pada usia 4 bulan…. Kenapa saya merekomendasikan usia siap ternak kenari pada usia 6 bulan ?….. karena pada usia 6 bulan alat reproduksi sudah matang…. Pada usia 4 bulan sudah bisa diternak tetapi alat reproduksi dan kejiwaan-nya belum bekerja optimal akibatnya indukan kenari bisa bereproduksi tetapi anak yang dihasilkan tidak optimal seperti anak mati dalam telor (tidak menetas), walaupun telor netas anaknya jarang hidup sampai dewasa karena kejiwaan induknya masih labil sehingga belum bisa merawat anaknya dengan baik…. bisa cacat atau anaknya mati dibuang keluar sarang…… Dan yang paling utama jika indukan diternak pada usia dini masa produksi indukan tidak lama.

Kesehatan Kenari

Faktor kesehatan juga sangat menentukan dalam beternak, dimana jika kesehatan indukan optimal maka akan meningkatkan libido indukan untuk bereproduksi….. Untuk memelihara kesehatan kenari kebersihan kandang harus diperhatikan… pakan yang bergizi diselingi dengan pemberian vitamin untuk mencukupi gizi yang tidak ada didalam pakan bijian dan jangan lupa agar rutin menjemur dipagi hari. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat buat kesehatan dan bisa meningkatkan libido kenari….

Lokasi Kandang ternak

Walaupun kenari merupakan burung yang sudah mengalami pengembangan lewat campur tangan manusia berpuluh-puluh tahun yang lalu. Burung kenari bisa cepat berdaptasi dengan berbagai lingkungan mulai dari lingkungan kumuh sampai lingkungan elit. Mulai dari suhu rendah sampai suhu tinggi tetapi memerlukan kondisi tertentu yang mendekati lingkungan ideal bagi kenari yang akan diternak….  Ada beberapa indukan yang sensitif terhadap kondisi kandang/sangkar ternak. Penempatan sangkar ternak diusahakan terlindung dari cuaca luar, lalu lalang binatang atau serangga.

Bagi Anda pemula jangan takut mencoba ternak kenari jika masih gagal ternak kenari coba selidiki  dari 3 faktor tersebut faktor apa saja yang masih harus ditingkatkan…. Demikian tetap semangat untuk beternak kenari…………

About these ads

102 Responses to “3 Faktor Keberhasilan Ternak Kenari”


  1. 1 BIMA 25 September 2014 at 1:46 am

    Salam kenal om.
    Saya pemula mau ternak kenari, kenari betina sudah buat sarang dan siap kawin tp knapa ya om yg jantan gk mau ngawinin perasaan yg jantan sudah umur 1 thn lebih. Mohon pencerahannya om. Maturnuwun

    Om Bima, karakter kenari macam-macam ada yang ketika di masukkan ke tempat ternak langsung nyosor betinanya, ada yang terlihat diam-diam saja bahkan ada jantan yang penakut…. jika disatukan mereka tidak berantem biarkan saja nanti juga kalau sudah hot dua-duanya akan kawin ….. yang penting om Bima jangan nongkrongin kandang ternak terus takutnya mereka malu kawinnya…. semoga ternaknya lancar om….

  2. 2 klepon 23 September 2014 at 12:56 pm

    Wah fast respon…mantap nih om adminnya..setiap hari saya kasih telur puyuh om,sama sayuran dan tulang sotong..nanya lagi om..tadi sore jantannya gacor sekali trus langsung nguber betinanya kena,,dinaikin tp cuma sebentar (maksudnya ĠªªК>:/ kaya yg ane liat di youtube)..itu kawinnya kenari ya om?..apa cuma berantem aja?..coz sebelumnya jantan dikejar betina..oh ya kalo ĠªªК>:/ ditutup tapi dikerodong boleh om?..ini jantan dan betinanya da pernah menghasilkan anakan kata sodara saya..2. Ada pricelist kenari?..makasih banyak om..

    Om Klepon (wah gak enak jg nyapanya klepon kalau tidak keberatan tolong cantumin nama aslinya ya om biar enak kita bisa saling sapa nama asli :) ) kalau sijantan naik ke punggung betina itu proses kawin, si jantan kawinnya tidak lama karena malu dilihatin om… kalau tidak dlihatin insya Allah akan lama tapi tidak sama persis seperti yg di Youtube karena didunia burung belum dikenal Youtube jadi mereka belum pernah nonton hehe….. tujuan dikerodong untuk apa om ?, prinsif dasar dalam beternak kenari yaitu kenari akan bertelur dan beranak pinak ketika dia merasa aman dan nyaman dalam kandang ternak, ketika keamanannya merasa terganggu dia tidak akan bertelor disarang yang disediakan bisa saja bertelor di tempat pakan atau dibuang begitu saja….. jadi kalau setiap hari kandang ternak naik/turun atau buka/tutup kerodong kenari tidak akan merasa aman/nyaman….. mohon maaf saya tidak jualan burung disini om, terimakasih….

  3. 3 klepon 23 September 2014 at 10:01 am

    Salam kenal om..saya mau tanya…saya masih belajar ternak kenari, kmrn dikasih saudara sepasang kenari sudah digabung jadi 1 sangkar,sudah dikasih sarang tp diacak2..begitu sampai rumah saya liat tidurnya dempetan..sarangnya saya ganti baru om besoknya..ttp diacak2 tp ĠªªК>:/ banyak..sudah saya kasih kapas juga tp di buang sebagian jg..jantan pernah saya pisah pagi-sore,baik jantan maupun betina saling ngeriwik,jantan jadi suka gacor..tp begitu didekatkan kandangnya,jantannya ĠªªК>:/ gacor cuma ngeriwik aja..begitu disatuin jantan cuma ngeriwik,dikejar betina kabur trus kenapa ya om?….pertanyaan saya..
    Jantan yang disatukan dengan betina jarang bunyi kecuali si jantan pada saat ngejar betina yang akan dikawin….., isi sarang diacak-acak biasa om biarkan dia nyusun serat/isi sarang sendiri, nanti setelah betinanya merasa nyaman akan bertelur. Untuk meningkatkan birahi coba di beri telur dan sayuran secara bergantian…..
    1. Dari cerita saya apa sebaiknya jantan dan betina dipisah?..meskipun sudah pernah digabung?.. Jantan tidak perlu dipisah….
    2. Saya pake sangkar gantung di teras atas dan ada mesin ac..kalo mulai siang dan sore anginnya lumayan kencang sampai goyang sangkanya..gpp om?..apa sebaiknya dipindah?.. Betul sebaiknya kandang dipindah jangan terlalu dekat dengan outdoor ac karena suhunya panas
    3.kalo jantan dikejar betina kenapa ya om?.. betinanya siap kawin tapi jantannya belum siap, biarkan saja om nanti juga kalau jantannya sudah birahi akan mengejar betinanya……
    4.apa sangkar harus ditutup?..waktu saya terima sangkar ditutup,cuma bagian yg ada pintunya aja yg ĠªªК>:/ ditutup kain…maaf om banyak tanya..maklum masih newbie alias cupu..mohon kiranya dijawab..makasih banyak om.. belakang, sisi kiri dan kanan sebaiknya ditutup yang terbuka hanya bagian depannya saja, supaya indukannya nyaman ketika diternak…..

  4. 4 vahmi 20 June 2014 at 2:41 pm

    Salam kenal om….
    Om saya mau tnya….

    Kenari saya udh nelor 4 om….
    Tp telurnya ngk dierami dan malah ditimbun pke bahan sarang semua om…
    Setelah saya cex 2 retak dan 2 ngk….
    Apa penyebab nya ya om….
    Thanks om…
    Mohon bantuannya…..

    ini kenarinya sudah pernah di ternak atau baru pertama kali ??…. kalau baru pertama kali kemungkinan masih belajar jadi coba tunggu telor periode berikutnya, jika ini telor periode ke 2,3 dst… kemungkinan sifatnya jelek om, coba isi sarangnya diganti jangan menggunakan serat tetapi coba menggunakan kain, kainnya diikat ke sarang sehingga si kenari tidak bisa menyembunyikan telor dibalik kain karena kainnya tidak bisa diangkat…..

  5. 5 allan 4 May 2014 at 4:38 pm

    om mau sharing permasalahan kenari betina sy yg ga mau bertelur.apa obat dan solusi untuk kenari betina yg ga mau bertelur,padahal sudah dikawinkan dengan 2 pejantan yg beda tp belum juga mau bertelur.padahal kenari betina yg lain normal aja jk dikawinkan 7 hari lgsg bertelur dan isi.hal itu diakibatkan oleh apa dan solusinya bagaimana.jika harus diberi obat,obat apa (merk) yg bagus?mohon pencerahannya om.matur nuwun nggih om…salam kicau kenari

    silahkan baca link ini om…. http://burungkenari.wordpress.com/2013/10/30/penyebab-kenari-senang-tidur-di-sarang

  6. 6 tedi rustendi 12 April 2014 at 9:32 am

    Maaf om mau tanya, sya pemula jadi ternak kenari, sya bngung, ketika betina sedang mau bertelur apa harusnya di pisah sma yang jantan apa di biarkan nyatu sma yg jantan dlam 1 kandang?

    D jwab ya om

    silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

  7. 7 farid 7 April 2014 at 12:41 pm

    malam om. saya bru blajar ternak kenari, saya pxa spasang kenari, yg jantan udah rajin gacor tiap hari, tp yg betinay habis moulting tp tinggal nunggu ekorx aja tuntas. saya coba satuin g brantem tp betinax g mau dkawin. pas sya pisah keduax saling manggil. kira kira tetap sya satuin pa nunggu tuntas numbuh ekor betinax y om.? ven betinax belum trliat mengkilap n bengkak. mhon bntuanx. trimakasih

    dipisah saja dulu om, kalau jantan dan betinanya disatukan terus khawatir jantannya kurang jemur akibatnya si jantan ngedrop…

  8. 8 ivan 6 April 2014 at 9:30 pm

    Bagaimana cara menyehatkan kenari jantan pemacek yang staminanya kurang fit pada waktu mau di jodohkan

    untuk sementara diberi multivitamin setiap hari, pakan diberi pakan yang bergizi, setelah staminanya terlihat membaik jemur sebentar (cukup 15 menit) jika kenari terlihat semakin sehat waktu jemur bisa ditambah…..

  9. 9 Eddy 28 December 2013 at 3:01 pm

    Om, pejantan yorkshire bisa produksi sampai usia berapa tahun?
    Terimakasih sebelumnya.

    tergantung perawatan kalau perawatannya baik dan tidak diporsir diternak usia produktif YS bisa cukup lama hanya mohon maaf saya belum bisa menentukan sampai usia berapa tahun pengalaman saya baru sampai 4 tahun….

  10. 10 jay_manuk 24 December 2013 at 1:43 am

    mau tanya ne om ane pemula ternakin kenari,pertanyaanya yg pas uk wadah pakan/minum ternak kenari yg kecil apa yg besar y

    tergantung kebutuhan om, kalau tiap hari diganti pakai tempat pakan yang kecil, tapi kalau ganti makanannya 2 atau 3 hari sekali pakai tempat pakan besar….

  11. 11 vendis 15 December 2013 at 9:10 am

    om mau tanya ne .
    kenapa kenari betina saya mau dikawinin sama jantannya kok malah betinanya lari padahal sudah saling loloh om…
    tolong bimbingannya om…..

    kenari betinanya belum siap kawin om, coba tingkatkan lagi birahinya dengan pemberian telor puyuh…

  12. 12 prasetyo 2 August 2013 at 5:07 am

    saya mau tanya. telur kanari saya sudah menetas kurang lebih umurnya 3hari. rencananya mau saya pindahkan ke rumah saudara saya. apa boleh om ? apa tidak membuat si kanari stres/mati ?
    trimakasih, mohon d jawab ya om.

    Pada saat indukan sedang bawa/ngasuh anak jangan dipindah-pindah om, takutnya indukan stresss

  13. 13 adi waluyo 23 June 2013 at 2:25 am

    adi waluyo
    salam om q mau tanya
    q punya kenari betina usia 18 bln uda berkali2 q jodoh in berantem
    terus padahal lo di pisain betina nya ngeper2 trus

    Berantem gpp yg penting jgn melukai, coba proses penjodohan om, bgm cara proses penjodohan bs baca tulisan sy terdahulu…..

  14. 14 bagus 30 May 2013 at 3:04 pm

    misi om,,,mau nanya nich,,,,
    saya baru dapet kenari betina putih dari saudara yg udah produksi,,,,
    tapi knpa ya kok tidak mau dikawini ma pejantanya om??
    N kalau pejantanya bunyi bukanya ngeper malah kabur kebingungan om???
    padahal perut betinanya udah merah N membenkak om,,,
    mohon penjelsanya om,,,,

    Om Bagus, mungkin kenari betinanya masih takut dengan kenari jantan… coba lakukan proses penjodohan agar kenari betina siap menerima kenari jantan …. untuk proses penjodohan bisa lihat di tulisan saya yang terdahulu…

  15. 15 awan 24 May 2013 at 8:35 pm

    Mau nanya om, kenari saya kok brtelur sendiri ya, padahal blom dikawinkan/dijodohkan, knapa tuh om?
    Trus kalo dijodohkan/dikawinkan untuk telur yg ke2nya brmasalah/kira2 bisa menetas gk om??
    Mohon pemjelasan’nya om. .

    Jika sudah memasuki usia dewasa kenari akan bertelor walaupun tanpa dibuahi hanya telornya tidak akan menetas, saya rasa telor kedua juga tidak dibuahi om… untuk telor kedua dibuang saja om…. mudah2an telor 3 bisa menetas hanya syaratnya telor tersebut harus dibiahi…..

  16. 17 Hari 26 April 2013 at 2:38 pm

    Kenari betina saya belum pernah bertelur, saya kasih sarang,trus ama kapas dilantainya, tapi kenapa waktu saya kumpulin ama yang jantan sarangnya malah di buang semua sampai kosong.

    Harus sabar om, insya Allah kalau sudah waktunya dan kenari merasa nyaman dengan kondisi sarang induknya akan bertelor dan beranak pinak,

    salam

  17. 18 iwan 9 February 2013 at 6:50 pm

    salam kenal om
    om q mau nanya kenapa kenari tidak mau mengerami lagi setelah letak kandangnya dipindah2

  18. 19 pr0kas 6 February 2013 at 3:49 am

    salam persahabatan, saya termasuk peternak kenari pemula,, sampai saat ini ada satu induk kenari yang menyebalkan sudah 5 kali proses penetasan belum ada yang berhasil membesarkan anaknya paling lama usia 1 minggu pada mati smua,, mohon petunjuk dan saran, gimana cara mengatasi kenari betina seperti itu, trims sebelumnya.

    • 20 sukardi langlang jagad 2 May 2013 at 7:22 am

      titipkan saja telur kenari tersebut ke induk betina lain yg sedang ngeram, atau pada waktu itu sudah netas telurnya ojo sering dicek anaknya, atau sarangnya dibuat agak tinggi atau agak tertutup

  19. 21 ludfibares 18 January 2013 at 6:59 am

    matur nuwun, mas budi dan mar upay, dan rekan2 hobis dan pertenak kenari, sangat bermanfaat,kenari saya saat ini lagi bertelur 2 buah, saya lagi pemula ternak kenari,

  20. 23 yusuf 12 January 2013 at 1:14 pm

    om bagai mana cara mengatasi burung yang udah di jodokan tapi ga bertelur gimana om

  21. 26 Ipay Feri 4 January 2013 at 12:14 pm

    om saya mau nanya……..klo kenari sedang ngeram tiba2 ke senggol saya menggunakan sistem kurung sampai rubah posisi kurungnya apa akan mengakibatkan telor tidak menetas, sama bagaimana cara supaya agresif kenari betina terkontrol karena terlalu birahi …..pemberian pakan berupa apa?

    • 27 Uphay 23 January 2013 at 3:59 am

      selama telurnya tidak terbentur keras, gak masalah, stop protein om, hanya kasih pakan biji2an dan sayur plus vitamin, biar tidak over birahi

  22. 28 Ade Comunitygibolhandsome 15 December 2012 at 2:56 pm

    om saya kbul saya mau nanya …saya kan baru blajr ternak om kanari saya saya jodoin …setelah tiga hari saya cmpur ….sijantan mau mengawin tpi setelah itu sijantan mau kawi tapi betina tak mau malah berantem …kenapa ya om …apa betina kurang brahi …..trimakasih

    • 29 Uphay 23 January 2013 at 4:00 am

      betina belum siap om.. coba disendiriin lagi., kasih sarangan dan tempel terus jantannya, nanti kalau sudah ngebuletin sarangnya, baru jantan dimasukin. semoga berhasil

  23. 30 imam 9 December 2012 at 1:30 pm

    Mo tanya om. Kenariq g mo bertelur lg krn mabung. Brp lama kenari mabung agar mau bertelur lg.thanks

  24. 32 rya 5 December 2012 at 6:13 pm

    Mlm om.. Nanya lagi nih..
    Knari sya udh brtlur empat tpi wktu di erami 8 hri tlurnya di jatuhin dri sarang trur pas 14 hari netas 1 tpi ko mati ya pdahl sya kash lampu di sarangnya trus slang 2 hari 2 tlurnya ga tau knapa ko sya lihat udh ada di tmpat makan ajah n pcah udh ntas sparuh smua sh tlur yg 2 itu udh jadi piyik tpi mati smua.. knpa nih om sya pusing n ksal ko tlurnya di buangin trus sh pdahl sya udh nunggu2 2 minggu ko mlah ahirnya jdi pda gni smua
    Minta solusinya dong om..
    mksh wasalam..

  25. 33 supriyanto 5 December 2012 at 2:24 am

    pagi om n salam kenal. om aq pnya kenari 2 pasang n semua udah bertelur dan menetas. yang saya tanyakan om kenari yang satu pasang udah 3 kali menetas kenapa kok selalu mati, aq amati om betinanya gak mau turun dari sangkarnya. jd anaknya penyet (tertimpa induknya) gi mana om cari mengatasinya….mkasih sebelumnya om,
    salam

  26. 34 Andre 27 September 2012 at 1:39 pm

    Mau nanya nich om.. Sepasang kenari saya sdh dijodohin sktr 3 minggu dan keduanya kelihatan mulai birahi. Tapi pas mau dicampur saya menemukan ada telur di tempat pakan. Yg saya tanyakan apa sebab kenari betina bertelur tanpa proses kawin? Trus gmn selanjutnya..apa bs langsung dicampur dg jantan?

  27. 35 eggy 20 September 2012 at 6:43 am

    om,,, mau tanya dari menetas sapei dewasa berapa hari dan menetas bersamaan ga om? soalnya baru pertama ternak om….d tunggu infonya om tks..

  28. 36 harry 16 September 2012 at 10:01 am

    kan kalo bli knari jantan dari orang saya ga tau itu knari udah cukup umur atau belum untuk jd undukan,, tapi yang pasti udah ngerol/gacor,, biar kita bisa tau itu knari udah dewasa bisa di cek lewat pisik ga om..? ataubagai mana gtu..?

    • 37 Uphay 18 September 2012 at 8:34 am

      Bisa om…. Vent nya besar dan memerah… kalau udah gacor trus liat betina sampai nabrak2 jeruji kandang, biasanya udah siap tuh,,,,

  29. 38 wahyu 5 August 2012 at 9:15 pm

    mlem om ,q wahyu d malang ,,, kasus saya ahir2 ini yg indukan gk mau mengerami dan telornya pasti d jatuhin ,mohon saran dan ptunjuknya ya makasih ….

    • 39 Uphay 6 August 2012 at 9:59 am

      bisa karena merasa kurang nyaman posisi kandangnya, bisa juga karena stamina betina yg kurang om, coba persiapkan baik2 betina dan jantannya sebelum dicampur, mandi dan jemur rutin, pakan yg baik dll, sehingga pas kawin keduanya dalam stamina puncak.. hehehehe

  30. 40 budi ti Bandung 2 August 2012 at 2:05 am

    Om, kenari saya betinanya pernah beranak. yang jantan saya gak tau masih perjakan atau duda. Minggu pagi waktu saya mau bersihkan sangkarnya saya menemukan telur yang pecah di luar sarang. empat hari kemudian bertelur lagi dan pecah lagi di luar sarang. Jantan masih satu sangkar. Apakah ini kelakuan sang jantan atau betina, padahal betinanya sudah pernah beranak. atau karena faktor lain?

    • 41 Uphay 6 August 2012 at 9:58 am

      bisa jantan bisa betina om, intinya, mereka merasa kurang nyaman, coba kandang ditempatkan di tempat yg relatif tenang, bahan sarang coba ditawarkan dengan sobekan kertas, kapas atau benang woll, kadang betina suka pemilih untuk menempatkan telurnya sesuai dengan apa yg dia mau.

      • 42 budi ti Bandung 27 August 2012 at 2:32 am

        saya coba tidak memindahkan sangkarnya. KN yang dulu nelor 3 (2 jatuh, 1 dibuang) trus selang 1 minggu nelor lagi 5 biji. alhamdulillah kemarin baru menetas 2 butir. terima kasih tips dan infonya.

      • 43 Uphay 27 August 2012 at 9:51 am

        Wuihh,,,, kereen om…. sarangannya di ganti yah? atau tetap pakai yang sebelumnya… bisa di share disini om… treatmentnya apa sampai bisa bener nelur dan angkremnya sampai netes,,,, hehehhe,,,, sukses yah om…

      • 44 budi ti Bandung 28 August 2012 at 1:27 am

        sarang gak diganti soalnya yang lama gak sempat dierami. sangkar soliter disimpan di tempat yg tenang, gak banyak gangguan. pakan terjamin dan bervariasi antara biji-bijian, sayuran, telor puyuh. pagi-pagi sampai siang si jantan saya keluar masukkan biar berjemur. trus digabung lagi sama betina. Saya pengen tau kesetian mereka berdua hehe….. ternyata mereka bekerja sama meloloh anaknya yang sekarang baru netas 3 ekor (ntar siang kayaknya netas lagi, waduh…. kalo 5 telurnya netas semua kerepotan gak yah…) kasihan kalo betina sendirian yang ngasih makan. sementara kalo dibantu sama saya gak sempat om, nguli pergi pagi pulang petang. makasih om tips nya….

      • 45 Uphay 28 August 2012 at 4:11 am

        Mantapss…. terima kasih juga buat sharingnya,,,, kalau mereka berdua ikut meloloh, harusnya bisa hidup semua om, sediakan saja pakan apa yg paling disuka oleh indukannya. kalau sukanya canary seed, yah dibanyakin canary seednya, kalau sukanya telur, yah dibanyakin telurnya, mudah2an hidup semua….. amiiinnn.,..

    • 46 gerry culun 28 September 2012 at 10:48 pm

      minta alamat kamuu donkk

      • 47 budi ti Bandung 2 October 2012 at 2:19 am

        alamat siapa? saya? saya di Bumi Orange, cileunyi, Bandung. Alhamdulillah, kenari yang dulu saya ceritain menetas 4 butir, satu retak (gagal). sekarang bodi anak-anaknya sudah melebihi bapaknya, kecuali yg no 4 (bungsu) kecil karena kalah bersaing. hehe…. hatur nuhun. tring…

      • 48 Tri hermanto 8 January 2013 at 4:33 am

        Om mau tanya kalau kenari betina tanpa perkawinan jantan bisa menetas atau tidak,kebetulan kenari betina sudah beranak anakan nya usia 3minggu.Lalu betina tersebut bertelur lagi solusinya gmn om tanpa jantan apakah bisa menetas

  31. 49 @ukong14045 (@ukong14045) 21 July 2012 at 6:28 pm

    om salam kenari.
    om saya mau nanya nii.
    saya punya betina.
    tp tiap dia bertelur , engga mau di dalem sarang om..
    nah kalo udah bertelur , terus telur nya jatoh k.bawah . si betina langsung ke sayang ,,
    terus dia mengeram ..
    pdhal engga ada telur nya omm..
    apakah ada kelainan dari betina nya om..
    balas ya omm.
    dan apah solusi nya..

    di tunggu om..

    • 50 Uphay 6 August 2012 at 9:55 am

      betina nakal tuh om.. coba tempat pakan diganti dengan yg kecil, kemudian sediakan bahan sarang dari beberapa macam bahan seperti sobekan tissue, sobekan kertas, guntingan benang woll dan kapas, biar dia pilih mana yg mau dipakai buat bahan sarang. biasanya, dia tidak mau bertelur di sarang yg tidak sesuai dengan seleranya.. somoga bermanfaat…

  32. 51 marukonyachibi 21 July 2012 at 6:18 pm

    salam kenari. n slamat malam om..
    saya mau nanyain ni om..
    kenari betina saya tiap mau bertelur suka engga mau di sarang nya om?
    pdhal sarang nya udah bulet..
    n udah rapih..
    trus klo udah bertelor di luar sarang , suka langsung dieum di sarang nya..
    padahal sarang nya ga ada telor nya omm..
    kenapa ya om..
    blz ya om..
    plliiiissss..

  33. 52 Agus widiyanto 18 July 2012 at 4:26 pm

    Saya pny 32 induk dan 12 pejantan, wkt di kandang lama sudah produksi semua tp anakan bnyk yg mati krn tiap mlm di ronda tikus, dr sktr 80 anakan yg hdp smp besar cuma 12 ekor, skrg kandang saya pindah dlm ruangan dan sudah produksi lg, tp ada 4 ekor indukan yg ga mau telur pdhl dikawini pejantannya, kira2 kenapa om ya….?

  34. 53 Adan 10 July 2012 at 10:06 am

    iya dadanya mulai meruncing om. . . .
    Ada gak obat yg kandunganya hmpir sma dgn obat yg om sebutin di atas,yg relatif mudah di cari di pasaran ?
    Mkasih om

  35. 54 Adan 8 July 2012 at 6:12 pm

    met malam n salam kenal om
    Lngsung aja ya om mau nanya,
    Kenari saya lesu, sering tidur siang,bulu suka mekar.. kaki di angkat sbelah, kayaknya kakinya lemes om, buat pindah antar tangkringan aja kesulitan.kotoran normal, bunyi juga masih. . . .kakinya bubulan tapi udah sya obatin, rendam air anget, bersihin, udah kering bru sya kasih salep kulit. . .. Knapa dgn kenari sya om? Gmana pengobatanya ?
    Sya haturkan trma kasih jika om berkenan ngasih solusi,
    Trims n salam.

    • 55 Uphay 10 July 2012 at 9:52 am

      Malam,,, kayaknya gejala kurus tuh om, coba didadanya nyilet gak / meruncing gak dadanya? kalau iya, obatnya agak sulit om didapat (Megabac-S). untuk kaki, bisa pakai salep, kalau saya pakai Betadine. semoga bermanfaat.

  36. 56 dikalawa 5 July 2012 at 7:31 am

    om tlg jelaskan nama2 kturunan kenari,,,misal f1xf1 ktrnannya jd ap jnsnya.

  37. 57 arma 20 May 2012 at 2:16 pm

    salam kenal om sofyan..,
    saya ternak kenari sudah cukup lama..,sempat berhenti karena pindah tempat tinggal dan baru saya mulai 1th terakhir ini, tapi kenapa kenari betina sy akhir-akhir ini malas untuk bercumbu/melakukan perkawinan?? padahal kenari jantan amat sangat birahi.
    dan makanan fuel mualai dari telor,sawi/gambas &apel, namun karena cuaca mendung jd jarang sy jemur, apakah faktor kurang jemuran juga bisa mempengaruhi kurangnya libido kenari? atau karena faktr apa y m??
    makasih atas perhatiannya..
    suwun….

  38. 58 damayanti 8 May 2012 at 3:02 am

    aslmlkm..knari sy sdng brtelur 4btr,dan sdh d erami lbh smggu skrg indukny mati dmkn tkus,yg sy mau tnykn bs gk d erami pakai lmpu?makasih

    • 59 Uphay 8 May 2012 at 5:48 am

      Wa alaikum salam wr,wb, salam kenal mba, bisa saja telur ditetaskan dengan mesin atau lampu, namun sulit sekali dan butuh tenaga ekstra untuk membolak balik telurnya dan menjaga suhu tetap stabil di suhu tetasan (36 – 38 C). hal biasa yang dipakai adalah telur dititipkan kepada betina lain yang sedang mengeram. semoga bermanfaat

  39. 60 SYUKUR 21 April 2012 at 6:21 am

    KIRA KIRA BERAPA HARI TELUR KENARI MENETAS??

    14 hari om, wassalam

  40. 61 joko suryono 17 April 2012 at 12:08 pm

    Mw nanya nee om,,,
    saya lg blajar ternak knari,,,kmarin sharusny telur udah netas,,tpi gagal…telur sya terawang bening smua,pdahal indukan mengerami dgn baik gak bnyak trun dari sangkar…knapa y…?
    Cara terapi jantan & betina agar bisa b’produksi dgn baik gmn…?
    Indukan jantan & betina leherny udah trondol, apakah ntu dah ketuan ato gmn…b’pengaruh gak ntu…?

    Om Joko, kalau telor bening berarti tidak terjadi pembuahan…. coba cek kondisi indukannya apakah kedua indukannya dalam kondisi sehat….wassalam

  41. 62 AGUNG 12 April 2012 at 2:28 am

    missi oM….,
    saya mau tanya……saya menCoba ternak kenaRi. Kenari saya sudah bertelur 2 x ..tetapi blum menetas jg sampai melewati seminggu batas seharus’a telur menetas.. telur tidak kopong Om..isi telur bagus …kira2 permasalahan’a apa ya Om..? mohon bantuan OM..Thanks

    Gagal ternak banyak faktor bisa karena usia, suhu lingkungan atau perawatan yang kurang optimal. Usia kenarinya berapa tahun om ?… yang ideal/bagus diternak pd usia kenari 8 bulan keatas, jika kemudaan atau ketuaan sering gagal netas…coba perhatikan lingkungan sekitar dan pola perawatan… wassalam

    • 63 Uphay 13 April 2012 at 6:28 am

      lihat kawinnya gak om? kadang KN nelur tanpa perkawinan. isi telur di minggu pertama harusnya gelap (tidak bisa diterawang), kalau bening yah gak jadi. coba disehatin lagi keduanya.. kemudian dipastikan, proses kawinnya bagus apa tidak. semoga bermanfaat om

  42. 64 triawan 6 April 2011 at 11:39 am

    salam kenal om,,,,sy pemula penggemar kenari,,saya boleh minta alamat lengkapny om,,buat ngejalin silaahturahmi n tukar pikiran,,,nuhun,,,

  43. 65 tegar 20 March 2011 at 4:30 am

    kira – kira bertelurnya berapa hari om.

  44. 66 tri hat 19 March 2011 at 6:37 am

    Om,, sy sedang belajar jodohin kenari,, kebetulan kenari sy baru 1 minggu kurang sdh jodoh dan bertelur di hari ke 6, tapi indukan tidak mau bertelur di sarang malah bertelur di tempat pakan. sy pindahkan di sarang malah sarang diacak-acak. akhirnya saya pindah lagi di tempat pakan dengan dialasin serabut kelapa. tapi akhirnya pecah juga. tapi memang sebelumnya induk selalu buat sarang di tempat pakan,, kira2 bagaimana menyiasati agar induk mau bertelur di sarang yg sudah disiapkan. ( memang ini indukan baru pertama kali di jodohin ) trmkash.

  45. 67 stepanus 8 January 2011 at 2:16 am

    Salam kenal Om Ahmad Sofyan
    Saya Stefanus di tangerang
    Saya mohon bimbinganya,saya punya 2 kenari betina dan sekarang lagi nyuapin anaknya,yang ingin saya tanyakan,
    Om Stefanus maaf lama nunggunya… kebetulan lagi tsunami pekerjaan di kantor hehe….
    >.kenapa om ya,indukan yang pertama setelah menetas anaknya dimakan,dan sekarang tinggal 1 ekor saja.
    Banyak kemungkinan om. Apakah indukan ini pertama punya anak atau sudah pernah punya anak ?… kemungkin baiknya indukannya tahu anaknya kurang sehat (sakit) atau abnormal sehingga kalaupun hidup nantinya kurang baik. Kemungkinan buruknya si induk sudah terbiasa makan anaknya jika si induk sudah terbiasa merasakan enaknya makan anaknya akibatnya kurang baik karena setiap punya anak akan dimakan.
    >. Indukan yang kedua selalu mencabuti bulu anaknya,sampai gundul.sekarang anakanya sudah saya pisahkan ( umur 30 hari ).kira 2 kenapa Om ya?Om untuk penjodohan selanjutnya apa sarangnya perlu diganti gak Om ya?
    Ini juga banyak faktor penyebabnya bisa karena over birahi, si induk sudah merasakan enaknya pangkal bulu anaknya… coba atur pakannya kurangi telor puyuh atau makanan yang membuat birahi indukan meningkat perbanyak sayuran & buah-buahan. Jika siinduk sudah merasakan enaknya pangkal bulu susah menghilangkan kebiasaan tersebut…. yang terbaik menggunakan induk asuh (jika siinduk bertelor telornya dieramkan ke indukan lain (induk asuh)) atau di lembiru karena merepotkan… demikian om mohon maaf kalau kurang berkenan….

    Terimakasih
    Stefanus
    Tangerang

    wassalam

    • 68 stepanus 28 January 2011 at 8:17 am

      Ya Om itu indukan baru pertama punya anak,sekarang indukan yang 1 sudah mengeram ,dan indukan yang ke 2 sudah netes lagi Om.
      Terimaksih banyak Om ,maklum baru belajar.
      Saran dan infonya mantep sekali Om,,,

      salam
      stefanus

  46. 69 vikar 2 December 2010 at 3:11 am

    Om Sofyan, telur kenari saya usianya sudah 18 hari, tp sampe skrng blom ada yg netes. klo saya perhatiin indukan rajin ngeremin koq.. kira2 knp ya? trus klo boleh tau, vitamin yg bagus untuk indukan kenari yg mau dikawinkan apa ya?

    Thx,

    Fikar

    Om Fikar, kemungkinan gagal tetas … telornya buang saja agar tidak bercampur dengan telor periode berikutnya… btw ini kenarinya pernah punya anak atau baru diternak..??, kalau baru diternak saya rasa wajar gagal insya Allah eraman ke-2 berhasil… untuk pakannya pakai pakan biasa saja hanya diberi telur puyuh cukup setengah butir… jangan lupa mandi jemur minimal 1 minggu 2X… demikian om semoga tetap semangat…

    salam

    • 70 vikar 2 December 2010 at 5:02 am

      baru pertama diternak sih om..
      dlm proses penjodohan dan pengeraman tetap harus mandi jemur, atau waktu proses sebelum dan saat penjodohan aja?
      untuk eraman yg ke-2, setelah telur di buang perlu brp lama untuk dikawinkan lg? atau bisa langsung dikawinkan lg?

      thx.

      Pada saat tahap penjodohan saja om, kalau betinanya sudah ngerapihin sarang tidak perlu dijemur… saya rasa setelah telurnya dibuang dan isi sarang diganti bisa langsung dikawinkan lagi om… yang penting telor lama dan isi sarang diganti agar tidak menjadi sarang kutu demikian om

      salam

      Fikar

  47. 71 deny 15 November 2010 at 4:57 pm

    om ssaya mau tanya kenari saya, sudah dua hari ini sering menutup kedua matanya, kira kira apa ya obatnya, terima kasih

    om bagaimana napsu makannya besar ? (makanannya hampir habis), untuk sementara coba diberi obat spektra dan multivitamin (saya biasa menggunakan Vitalur), sepktra diberikan selama 3 hari berturut2 dosis-nya bisa dibaca di aturan pemakaian… kedalam air minumnya diberi multivitamin bisa vitalur atau vitasol.

    salam

    • 72 deny 16 November 2010 at 2:48 pm

      nafsu makan bagus dan suara masi gacor, vitalur beli dimana ya om,sementara saya kasi obat antibiotik buat orang sedikit dan CHANG VIT multivitamin saya campur di air minumnya om, thanks

      Kalau makan bagus dan masih gacor berarti staminanya kurang bagus coba beri obat cacing… kalau tidak salah ada obat cacing khusus burung…. jika sudah diberi chang vit saya rasa tidak perlu diberi vitalur lagi kang karena fungsinya sama…. demikian kalau ragu jangan di ikuti hehe….
      salam

  48. 74 antok 10 November 2010 at 4:33 pm

    salam kenari,om lama aku ngak nulis eamail ke om.om mau nanya kenariku betina orange di dadanya ada bekas warna biru kyk lebam warna bundar,apa masih bisa produksi om?kondisi habis ngurak sih.klo ada obat ato vitnya apa?bls

    Lebamnya karena apa om, karena KDRT (dihajar jantannya) hehe….??, kalau kondisi fisiknya sehat dan terlihat lincah bisa saja di ternak om, maksudnya obat buat apa om…?? buat lebam atau peningkat stamina ??…

    salam

  49. 75 deny 23 September 2010 at 5:11 pm

    om mau tanya saat indukan betina kenari mengeram, apa benar kandangnya tidak boleh di pindah2? mengingat kandang yang saya pakai kandang gantung dan di simpan di ruang tamu, dan setiap 2 hari sekali saya bawa keluar ruangan untuk dibersihkan kandangnya dari kotoran, kira kira berpengaruh atau tidak terhadap telur yang sedang dierami? thanks

    Om Deny, yang menjadi masalah bukan karena dipindah pindahnya tetapi goncangannya ketika memindahkan sangkar ternak, kalau om bisa memindahkannya dengan pelan tidak terlalu banyak goncangan tidak masalah… yang kedua faktor indukannya, apakah dengan dipindah-pindahnya sangkar ternak tidak membuat indukan kenari stress…??, kalau memang tidak stress yach tidak masalah, karena ada indukan yang over protective (terlalu melindungi) indukan kenari tidak mau keluar sarang atau ketika ada orang didekat sangkar ternak indukannya akan segera masuk sarang akibatnya anakannya malah mati karena terinjak induknya… demikian om semoga bisa membantu…

    salam

  50. 76 deny 23 August 2010 at 9:31 am

    saya mempunyai 3 kenari lokal bahan om, apakah akan mengeluarkan nyanyian walau tanpa pemasteran dan hanya menjaga kebersihan kandang dan gizi yang baik? tq

    om Kalau bisa sediakan kenari yang sudah jadi (gacor) cukup 1 ekor saja, karena tanpa ada master kenari bahan lama bunyi, dengan adanya master membuat kenari bahan akan terangsang untuk bunyi… demikian mohon maaf kalau salah

    salam

  51. 77 deny 23 August 2010 at 9:27 am

    bagaimana memilih indukan YS yang bagus om, dan membaca cincin kaki YS import,tq untuk responnya

    Perasaan saya hal ini pernah dibahas, coba om cari di link ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

    salam

  52. 78 deny 23 August 2010 at 9:24 am

    om, berarti kalo mau hasilnya YS, indukannya harus YS F1 baik yang betina maupun jantan?

    Kalau ingin menghasilkan YS ya indukannya (jantan maupun betina) harus YS
    salam

  53. 79 popo 25 May 2010 at 2:20 pm

    salam kenal,,
    saya ingin bertanya om, berapa sih usia anakan kenari mulai bunyi.
    kalo kandang ternak ditempatkan diruang terbuka biza jadi ga om kira2 yah??
    makasih tips” nya om ……

    • 80 ahmad sofyan 26 May 2010 at 1:18 am

      om Popo kenari mulai belajar bunyi (ngeriwik) sekitar usia 2 bulan, bunyi mulai pecah (mendekati suara dewasa) setelah mabung pertama sekitar usia 4 bulan … kenari tidak tahan terhadap terpaan angin kencang jadi lebih baik ternak kenari di ruangan yang agak tertutup tetapi mendapat sinar matahari pagi…

      salam

  54. 81 yunior 3 May 2010 at 2:00 am

    saya tambahin ya om menurut saya suhu ideal rangenya 27-32 derajat apalagi kita daerah tropis jadi kalau dibawah itu malah bisa2 gk jadi jga…

  55. 82 armanperdana 1 May 2010 at 9:12 pm

    Oom, kenapa kenari saya selalu gagal menetas (sudah 2 periode nelur) padahal warna telurnya gelap dan ujungnya ada hitam-hitamnya, kata orang kalau ujungnya ada hitam-2nya berarti telur tsb isi. Apakah suhu ruangan yang panas berpengaruh terhadap kegagal tsb? Berapa suhu ruangan yang baik untuk ternak kenari? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    • 83 ahmad sofyan 3 May 2010 at 1:00 am

      om Arman ….. ruangan yang panas bisa saja menjadi penyebab kegagalan menetas, untuk mengurangi panas perbanyak ventilasi dan pasang exhaust fan sehingga ruangan menjadi adem. Kelembaban ruangan juga mempengaruhi keberhasilan dalam beternak … untuk ruangan panas bisa menggunakan akuarium sehingga bisa menambah kelembaban ruangan, selain ruangan lembab yang punyanya juga bisa tenang sambil mendengar suara kenari bisa melihat ikan di akuarium hehe…. suhu yang ideal sich dibawah 30 derajat… demikian

      salam

  56. 84 achmad depok 27 April 2010 at 4:21 am

    thank’s om sofyan,
    saya tertarik ingin berternak kenari
    mohon bimbingannya ya..

  57. 85 Kuncoro 9 April 2010 at 2:04 am

    @ pak arif, cuma berbagi sharing neh. Kemungkinan kenari betina pak arif baru pertama kali bertelor. Jd lubang dubur utk jln keluar telor msh sempit (namanya jg masih “perawan” wakakaka becanda pak). Kemungkinan lainnya pakan kenari kandungan biji niger seed nya kurang. Cb tambahkan niger seed 1 sendok makan ke dalam wadah pakannya,dan aduk sampai rata. Niger seed bnyk mengandung minyak yg berguna utk melicinkan keluarnya telur dari dubur kenari. Oh ya, kalo bisa neh, EF nya d cb pake apel merah, sawi ijo, gambas/oyong, timun yg slalu di berikan bergantian. Gitu aja pak, mudahan share ini bs membantu. Monggo d lanjut pak sofyan….

  58. 86 arif 22 February 2010 at 8:11 am

    Ass

    Pak Ahmad Sofyan, saya arif tinggal di bekasi dan saya pemula di perburungan kenari.

    Ada beberapa yang akan saya tanyakan ke Bapak… ceritanya begini :

    Beberapa hari yang lalu saya membeli 2 burung kenari (betina kuning mabung dan pejantan orange) waktu beli…. burung dalam satu kandang lalu setelah beberapa hari burung saya pisahkan.

    Pak, 2 hari yang lalu burung betina bertelur tetapi jatuh ke luar kandang (sarang sudah ada)… disore harinya burung jantan saya masukkan ke kandang betina… kemarin pagi saya lihat ada satu lagi telur yang jatuh ke luar kandang dan pagi ini alhamdulillah ada satu telur yang berada disarang tetapi Pak………. di sekeliling anus burung betina saya lihat bekas darah yang cukup banyak dan saya lihat betina agak kurang sehat…

    Pak Sofyan, mohon informasinya…. kenapa burung kenari saya seperti itu… apakah untuk bertelur betina harus berdarah-darah …? Oh Ya Pak, pakan yg saya berikan bijian, sawi putih, apel hijau / oyong.

    Terima kasih banyak atas informasinya.

    wass

    Arif

    • 87 ahmad sofyan 9 April 2010 at 2:32 am

      Waduh maaf terlewat nich om Arif… saya setuju dengan masukan Pak Kuncoro… terimakasih Pak Kuncoro atas sharingnya….

      salam

  59. 88 Andi Harnandi 10 December 2009 at 1:53 am

    Assalamu’alaikum Wr,wb
    Saya adalah penggemar pemula burung Kenari. Saya mau tanya apakah benar sebagai makanan tambahan supaya cepat rajin berbunyi maka burung kenari diberi rebusan telur ayam, tapi kuning nya saja

    • 89 ahmad sofyan 10 December 2009 at 2:14 am

      Semua makhluk hidup berkembang secara alami ada runtutan/alur proses, kita tidak bisa memaksa untuk melewati setiap alur proses, kenari usia 1 atau 2 bulan tidak bisa kita paksa untuk rajin bunyi ….fungsi kuning telor adalah untuk menambah gizi, dengan gizi yang baik membuat kenari merasa sehat dan staminanya bagus sehingga bisa membuat rajin bunyi jika usianya sudah mencapai 5 bulan atau lebih demikian Pak mohon maaf kalau salah …..

      salam

  60. 90 armanperdana 24 November 2009 at 4:06 am

    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Saya pemula yang mau belajar beternak kenari. Domisili di Yogyakarta. Modal saya hanya hobi pelihara burung saja dan semangat untuk beternak. Pertanyaannya apa yang saya harus saya siapkan untuk memulai, berapa banyak burung (betina dan jantan) yang harus disiapkan, model kandangnya, berapa modal yang diperlukan, di yogyakarta dimana kiranya saya bisa berkonsultasi? Maaf pertanyaannya berentet. Atas perhatian dan jawabannya saya ucapkan terimakasih

    • 91 ahmad sofyan 25 November 2009 at 4:38 am

      Waalaikumslm,
      Pak Arman saya rasa semua pertanyaan Bapak sudah saya uraikan di tulisan blog saya terdahulu coba Bapak searching di kategori pengalaman beternak kenari ….

      salam

  61. 92 bram heryanto 23 November 2009 at 1:48 pm

    Om Sofyan saya sering membaca dan belajar ternak kenari tapi baru kali ini sy saya tanya ? karena saya baru belajar ternak sudah ada 2 pasang yang sedang mengeram …. berapa harikah burung kenari menetas ? dan makanan apa yang seharusnya di berikan ? agar anak burung hingga bisa makan sendiri… terimaksih

    salam hromat selalu…

    • 93 ahmad sofyan 25 November 2009 at 2:42 am

      Salam kenal om Bram, telor kenari menetas pada usia kurang lebih 14 hari, tergantung cuaca, untuk pakan indukan sedang mengasuh anak bisa dikasih bijian seperti biasa di tambah sayuran dan telor puyuh bergantian…… demikian terimakasih.

      salam

  62. 94 ogy 18 November 2009 at 6:50 am

    ass.

    om, saya ingin bertanya gimana sich ngebedain mana yang jantan dan mana betina???

    trims….

  63. 96 arif 15 November 2009 at 3:54 pm

    salam kenal dari saya pemula mautanya knapa knari saya pada saat bertelur lalu saya kasih makan maka telur itu langsung d pecah tolong kasih solusi ya pak trimakasaih

    • 97 ahmad sofyan 16 November 2009 at 8:19 am

      Indukan ini baru pertama nelor atau sudah beberapa kali bertelor ? …. kalau baru pertama bertelor kemungkinan pertama adalah kurang kalsium coba ke dalam kandang ternak diberi tulang sotong…… kalau indukan yang sudah beberapa kali diternak yang saya takutkan adalah si indukan sudah merakan enaknya telor jadi terbiasa makan telor…. dan kebiasaan ini akan susah menghilangkannya …. Demikian Pak mohon maaf kalau salah.

      salam

  64. 98 ahmad sofyan 10 November 2009 at 7:35 am

    Gloster dijodohin dengan kenari jantan om bisa aja, mengenai anaknya mirip siapa susah memprediksinya karena bisa saja anaknya mirip induk betinanya atau induk jantannya atau tidak mirip siapa-siapa hehe……, seperti kita ketahui kenari mengalami kawin silang berkali-kali sehingga bisa menghasilkan jenis (hibrid) tertentu biar lebih jelas bisa klik link ini

    http://burungkenari.wordpress.com/2009/07/15/harapan-dalam-berternak-kenari-gloster/#more-228

    salam

  65. 99 si-Jiy 10 November 2009 at 3:10 am

    Waah, cepet banget responnya … matur nuwun Om.

    Seperti waktu anakan pertama mau ke telur yang kedua, di kandang saya siapin lagi mangkok dan sarang baru. Demikian juga dengan anakan ke kedua ini, ketika melihat anakan kedua sudah mulai keluar sarang dan indukannya sudah cari-cari sarang baru, saya siapkan mangkuk dan bakal sarangnya. Alhamdulillah dari anak pertama dan kedua tidak ada yang ‘diganggu induknya’.
    Ok Om berarti saya biarkan saja indukannya bertelur lagi.

    Oh ya Om, sekalian nanya …
    Kemarin saya di tawarin betina Gloster ( yang berjambul itu lho … benar nggak ).
    Mungkin nggak di silangkan dengan Jantan yang saya punya. kira-kira nanti anaknya lebih dominan ke betina atau jantan ya ?
    Kalo Gloster suaranya bagaimana Om ?

    Matur Nuwun

  66. 100 si-Jiy 10 November 2009 at 2:17 am

    Om,

    Maap nanya lagi,
    Seperti yang saya pernah tulis kemarin Kenari saya sudah menetaskan anakan kedua sebanyak 4 ekor ( anakan pertama 5 ekor ). Saat ini anakan kedua tersebut sudah mulai keluar sarang. Sementara indukannya sudah mulai kawin lagi dan mulai cari-cari sarang baru walaupun masih menyuapin ana-anaknya. Bagaimana baiknya, apakah saya biarkan saja indukan tersebut bertelur dan mengeram lagi untuk anakan ketiga, atau musti saya istirahatkan dulu ( indukan di pisah ) ?
    Setelah anakan ke berapa indukan tersebut di istirahatkan, dan berapa lama ?

    Matur Nuwun

    • 101 ahmad sofyan 10 November 2009 at 2:43 am

      Wah cepet yach om ….?? seneng saya mendengarnya hehe…….kalau menurut pendapat saya biarkan saja induknya bertelor kembali, hanya isi sarangnya harus diganti dengan yang baru kalau tidak diganti takutnya banyak kutu…… Mengenai waktu istirahat saya pikir tidak perlu diistirahatkan hanya kebutuhan Gizi, Vitamin dan mineralnya harus terpenuhi jangan lupa jemur setiap pagi…. biasanya kalau dirawat secara alami tanpa menggunakan obat peningkat produksi atau cabut telor ….. indukan kenari punya naluri sendiri dia akan istrirahat bertelor juga ada masanya berhenti bertelor pada waktu ganti bulu/mabung. Demikian om semoga bisa membantu.

      salam
      NB. ada yang lupa pada saat indukan ngasuh anak & menyiapkan nyusun sarang kadang-kadang induk betinanya suka nyabutin bulu muda anaknya untuk isi sarang, ada indukan yang nakal setelah merasakan enaknya ujung bulu muda dia jadi kebiasaan nyabutin bulu anaknya bisa sampai berdarah-darah…. untuk mengalihkan perhatiannya masukkan sobekan kertas kedalam kandang ternak atau kapas.

      • 102 NAZAR 27 January 2011 at 4:54 pm

        Om saya sedang belajar betrnak KN..yg mau saya tanya gmna caranya bikin betina cpt birahi?
        Umur Betina saya udah 8 bulan, udah pernah bertelur sekali, tp bukan dr hasil pembuahan. Udah hampir satu minggu saya dekatkan dg Jantan yg udah birahi poll.tp blm ada tanda2 mau dikawin
        Mksh sblmnya Om.
        Salam

        Om banyak stimulan untuk meningkatkan birahi dijemur setiap pagi, didekatkan dengan jantan yang rajin bunyi (gacor), pemberian EF seperti telor puyuh atau diberi obata perangsang hehe….. untuk meningkatkan birahi indukan kenari ada juga yang menggunakan canary pos (obat serbuk yg dicampur air minum) dll … demikian om semoga kenarinya cepat bereproduksi….

        wassalam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,235,701 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 169 other followers

%d bloggers like this: