Penunjang keberhasilan ternak kenari

Pada hari Sabtu tanggal 14 Nopember 2009 saya mendapat kesempatan silaturahmi ke peternak kenari di daerah Cimahi Jawa Barat, Pak Eko demikian nama peternak kenari tersebut sangat senang diajak sharing terutama sharing dibidang ternak kenari, beliau tidak pelit ilmu dan sangat terbuka. Dengan diiringi suara gemiricik air hujan kami sempat diskusi cukup panjang lebar membahas kenari …. alhamdulillah banyak ilmu yang dapat diserap dari beliau …. bagaimana caranya merawat Yorkshire sampai ke hal pribadi yang membuat saya tambah semangat dalam menjalani beternak kenari…..

Selama diskusi dengan beliau saya bisa mengambil beberapa point yang saya pikir bagus untuk disharing di blog ini (maaf ini kesimpulan versi pribadi hehe….).

Fokus

Menurut beliau dalam melakukan sesuatu pekerjaan harus fokus. Untuk menggambarkan bagaimana dia begitu fokus diternak kenari sampai-sampai beliau re-sign dari tempat bekerja. Pak Eko sangat mencintai dan menyenangi bidang ternak kenari…. Dengan fokus di satu bidang hasilnya bisa luar biasa. Hasil dari ternak kenari Pak Eko bisa mencukupi kebutuhan untuk keluarga sehari-hari bahkan bisa membeli dan merehab rumah 2 tingkat yang menurut saya termasuk mewah.

Menjaga Mutu dan kualitas

Beliau sangat menguasai perawatan kenari mulai dari A sampai Z. Selain menguasai bidang perawatan Pak Eko sangat memperhatikan kualitas dari indukan yang akan diternak. Dengan menggunakan indukan yang berkualitas bagus diharapkan bisa menghasilkan produk kenari dengan kualitas baik…… Dengan produksi berkualitas beliau membidik segmen kelas premium (hehe…. hasil nyontek di blog orang)/kelas menengah keatas walaupun membidik kelas menengah keatas untuk harga kalau menurut saya sich harganya cukup visible/wajar sesuai dengan kualitas dari kenarinya.

Ulet dan Sabar

Jika Anda ingin menghasilkan kenari yang berkualitas Anda harus didukung dengan indukan yang berkualitas dan Anda harus tahu trah (sifat leluhur indukannya)/genetika dari indukan, sehingga Anda dapat memprediksi kualitas anakannya. Untuk menghasilkan indukan yang berkualitas dan tahu trah/genetika dari indukan Anda harus memproduksi calon indukan sendiri. Proses pembuatan indukan yang baik dan berkualitas membutuhkan waktu dan biaya yang tidak kecil dalam proses ini ada proses seleksi dimana yang dipergunakan hanya calon indukan yang baik dan berkualitas, proses ini membutuhkan keuletan dan kesabaran dari peternak, menurut saya untuk zaman sekarang yang serba instan sangat sulit mencari peternak seperti ini…. Sebetulnya untuk memperpendek proses ternak ini Anda dapat menggunakan calon indukan yang sudah mengalami proses seleksi yang ketat sehingga sipeternak tahu trah/genetika indukan yang akan diternak. Hanya untuk mendapatkan calon indukan kenari seperti yang saya sebutkan diatas tidak semudah yang kita bayangkan….. kita harus mencari di peternak-peternak yang terpercaya tidak bisa mendapatkan indukan sembarangan tempat.

Jujur

Kalau yang ini rasanya tidak perlu diulas panjang lebar karena kalau panjang kasihan Ibu-Ibu kalau lebar kasihan Bapak-Bapak hehe….. maaf becanda….. Anda bisa merasakan bagaimana sakitnya kalau Anda dibohongi….. Sekian dulu semoga ulasan ini bisa memberi pencerahan bagi kita semua…. saya haturkan terimakasih kepada Pak Eko yang mau sharing ilmu yang bermanfaat bagi saya…….

Nomor HP Pak Eko 081316631120      HP Pak Yusman  02270203440    alamatnya bisa ditanyakan langsung ke ybs

Keterangan : saya tidak bertanggung jawab jika HP tidak dijawab……

About these ads

123 Responses to “Penunjang keberhasilan ternak kenari”


  1. 1 fathon 3 August 2013 at 5:38 am

    asalamualaikum …sy mau tanya kepada bp eko indukan kenari sy uda bertelur apa jantan betina disatukan atau di pisah kan pak eko. makasih

  2. 3 SUMARI 4 May 2013 at 2:03 am

    Pak eko, bagaimanakah cara memulai penangkaran kenari untuk memperpendek siklus kawin maksidnya rugi kalau lama -lama dak mau kawin dan menghasilkan telur. Adakah Bapak punya indukan kenari merah jantan/betina yang siap produksi. Bisakah untuk mengirimkan. Tank banget.

  3. 5 dian 22 January 2013 at 8:34 am

    amhn info peternak kenari d semarang? misua hoby kenari n dia interest u/ ternak, n sy pgn dukung suamiku d cr nyariin indukan yang ok….give suprise for my husband……please infonya yo….

  4. 6 Snow ikhu pakno 15 January 2013 at 12:40 pm

    Salam lestar!,, sy Bud! Mf pak mw tny2 n!e gmn c resep(ramuan) /v!t agr kenar! Bz maxs!mal produks! Telurna cz bet!na pny sy sll brpduks! 2 telur pdhl baru brumur -+ 12bln dan udh 2X Menetas. Mohon sd!k!t kch !lmuna ea Pak. Ema!l snow_ofals@yahoo.com 083.842.234.646

  5. 7 roniutoyo 22 December 2012 at 8:14 am

    salam kenal dr bogor nih sy mo tanya kl ri betina x star blu hasilnya jd red black ga ya om

  6. 8 Slamet Riyadi 13 December 2012 at 3:52 pm

    Mhon petunjuk ttg ciri2 Kenari Holland RI klas 1.,soalx sy mo kulakan jenis tsb..trima ksih.

  7. 9 amoy 2 November 2012 at 10:54 am

    sy punya betina f1 kuning intensif umur +9bln tp blm jg siap kawin,kr2 normal ga om ?? mhn djwb ya..

    • 10 Uphay 7 November 2012 at 3:40 am

      coba cek fisiknya om… kegemukan ga? lincah ga? dan coba dekatkan jantan yg guacor, kalau kegemukan / tidak lincah, biasanya krn “Gak Kondisi”, nah di kondisiin deh dengan perawatan yg sesuai.

  8. 12 annisa rahmah sany 2 August 2012 at 11:38 am

    apakah benar kenari adayg merah

  9. 13 tofan 22 July 2012 at 3:29 pm

    Assalam mualaikum,

    Salam kenal om, saya tertarik dan sekarang lagi belajar ternak kenari, sebagai pemain baru dengan modal pas2an saya nekat saja. Di rumah saya ada 1pejantan F1YS, AFSuper 2ekor dan 1betina AF super dan 2betina AF. Kelihatan sudah pada jodoh dan mau kawin, cuma kok betinanya belum mbunderi susuh, padahal umur 7-8 bulan dan pejantan gacor. Saya sudah praktekin cara2 yang ada di berbagai webside, tapi belum berhasi, mohon pencerahan. Selain itu saya juga pelihara bakalan kenari jantan umur 3bln (4ekor), ciblek 2ekor, gelatik 1 ekor, pleci 2ekor dan saya tempatkan di satu tempat, cuma saya kasih sekat biar nggak saling lihat. Sedang untuk cendet 1ekor dan trucuk 1 ekor saya tempatkan diruang lain. Lantas menurut om, penempatan yang baik jika sudah kawin apa harus tersendiri…? Sedang penjemuran hanya bisa optimal 2X seminggu saat saya libur (biasa kuli nich om..) apakah penjemuran yang hanya bisa 2Xseminggu cukup berpengaruh terhadap perkembangan kenari…..?
    Mohon pencerahannya, kalau bisa lewat email, soalnya nggak sering online om, terimakasih banyak.

    Wassalamualaikum.

    Tofan-Wonosobo

  10. 16 endar rusmianto 7 July 2012 at 5:12 pm

    Semoga tambah sukses buat pa eko

  11. 17 nova putut 21 June 2012 at 1:27 pm

    Salam kenal om,saya ingin belajar ternak kenari,boleh minta saran untuk pemula seperti saya baiknya pilih jenis type apa dulu,lokal apa impor,dan kalau berkenan boleh tau apa saja jenis kenari di tempat om sekalian saya coba nabung buat bujetnya.mailkan saja pricenya ke mail saya om,terimaksih sebelumnya.wassalam
    enduudne@yahoo.com (nova putut) cimahi

  12. 18 gugungunawan181@ymail.com 13 April 2012 at 8:59 am

    om,. dirumah sy punya burung kenari 30 ekor diantaranya ada yg mati tiba2, knp ya?

    • 19 Uphay 13 April 2012 at 10:10 am

      Matinya kenapa om? pasti ada gejalanya… kalau banyak yg mati tiba2, bisa jadi virus…. coba baca artikel “wabah penyakit kenari” di Blog ini, mungkin bisa bermanfaat

  13. 20 ahwadi 21 January 2012 at 2:29 pm

    slm kenal om….. sy penggemar kenari pemula mhn penjelasan tentang istilah pada penyebutan jenis kenari seperti ys, f1, f2 f3 dll apa dari maksud atau arti tersebut om,,,,,,, mohon dibalas …….. nama face book sy Ahwadi AL…….. no HP sy 085295503018 email sy ahwadial@yahoo.co.id terima kasih ats bantuan’a……..

  14. 21 putra 26 December 2011 at 2:35 am

    pak eko jual burung ocehan yang harganya murah tidak ??

  15. 22 rizki 6 August 2011 at 2:06 am

    salam kenal saya peternak pemula gimanaya om
    kok kenari saya bertelornya cuman satu terus kalo si betinanya udah
    betelor sijantanya di pisahin enga??????????

    Itu kenari baru diternak om ?… biasanya kenari bertelor mulai dari 1 butir sampai maksimal 6 butir, mengenai jantan mau dipisah atau tidaj tergantung om, kalau ingin didengerin suaranya ya jantannya dipisah, terimakasih

    wassalam

  16. 23 abong 19 July 2011 at 2:31 am

    permisi Om…., saya pemula ternak kenari lokal…….
    saya punya kenari 1pasang, saya beli sudah sepasang. Om mau tanya kenapa ya kenari saya yg jantannya tidak mau kawinin betinanya ? padahal betinanya sdh mau minta dikawinin, malah jantannya tidak mau, malah menghindar dipatukin betinanya ? minta solusinya dong Om…..?

  17. 24 chris 15 October 2010 at 1:43 am

    assalamualaikum,..

    mkasih om utk solusi yg kemarin,nanti saya menjambangi pasar burung sukahaji utk memburu kenari betina lokal.hehe

    masih di pertanyaan lg nih om,.
    sisa kenari saya satu,jantan(masih ga yakin).
    usia kira2 udah 1 tahun.
    tapi,..

    bunyinya ko jarang2 bgt sih om,kalopun bunyi paling cuman cuit,..cuit, trus ngerol2 setengah volume.
    sy merasa kurang puas dgn vol suaranya yg stgh itu.padahal

    kenari itu udah saya pelihara selama 8 bulanan.
    vent lurus ke arah ekor,tidak mencuat ke arah kaki(tapi bunyi ngerol)
    kandang dibersihkan 2 hari 1x.
    bijian,air minum,dan air mandi diganti tiap hari.
    mandi tak pernah di semprot, tergantung burungnya aja mau mandinya kapan.
    telor puyuh sama caisim dikasih 2 hari 1x.

    pertanyaannya,..
    apakah kenari betina bisa bunyi ngerol2 panjang juga om?
    (kalo ternyata jantan) trus stlh langkah2 yg sudah saya lakukan di atas,ada solusi lain utk menambah sering ngerol sama volumenya dinaikin.?? mungkin dgn vit apa,atw dikasih apa lagi,dll?

    mksih banyak,.maaf pertanyaannya merepotkan.

    Ada beberapa betina yang ketika birahi bunyinya ngeroll (hanya tidak sepanjang dan sekeras jantan), kalau memang itu kenari betina wah bagus sekali om… tetapi ada kejadian ketika kenari jantan seorang diri bunyinya tidak maksimal karena tidak ada saingan sehingga bunyinya tidak ngotot… untuk ngetesnya coba cari jantan yang gacor (rajin bunyi) jika kenari om mendengar suara kenari jantan bunyi menggeleparkan sayap atau jongkok di tangringan (halah kesannya hot hehe…)berarti kenari om betina, tetapi jika ikut bunyi juga berarti jantan hanya bunyinya tidak maksimal.
    Mengenai kenari setengah volume susah untuk merubahnya karena itu sudah karakter kenarinya om…

    salam

  18. 25 chris 12 October 2010 at 6:30 am

    salam kenal om sofyan. dan semua pecinta tweety!
    senang sekali bisa baca2 postingan diatas, seperti minum air mineral dua gelas,.. segeerrr =)

    saya pemula pecinta kenari om,dan berniat ternak.
    saya sempat beli kenari lokal(biasa)
    satu ekor,dan dua ekor lagi setelah bbrapa lama.
    Berharap bakalan bisa menjodohkan dari 3 kemungkinan jenis kelamin
    kenari yg sudah saya punyai.
    tapi ternyata aral melintang, dua ekor kenari saya di lahap tikus(keXXrat).skrg sisa 1 ekor,jadi penjodohan terhambat,padahal 3 ekor kenari itu
    saya beli dari uang tabungan yg saya kumpulin cukup lama.

    mohon bantuannya,.
    dimana saya bisa mendapatkan sepasang indukan yg cukup bagus
    tapi dgn harga yg sangat terjangkau.(yg ga cukup bagus jg gpp,
    asalkan saya bisa belajar bagaimana cara beternak yg baik).

    dan mohon ijin dari sekarang,.
    kalo saya mungkin akan sangat mengganggu om dan temen2 yang lain
    apabila saya banyak bertanya ini itu.
    terima kasih banyak.

    info boleh di share ke chrispahla@gmail.com
    atw sms ke 08562111845

    salam sukses utk semua
    chris

    Syukur kalau blog ini bisa bermanfaat, untuk tahap awal beli kenari di pasar burung aja om… di pasar burung harga kenari betina bisa dibawah 100 rb kadang-kadang kalau lagi banyak kiriman dari malang harganya bisa lebih murah lagi. Cari betina yang sudah dewasa tetapi jangan terlalu tua (sisik kaki kasar berarti tua) tanda dewasa / siap kawin baca link ini kalau ingin bertanya silahkan saja hanya utk menunggu jawabannya harus sabar om karena pengelola blognya kuli tidak nongkrongin blog terus ….demikian om semoga bermanfaat….

    salam

  19. 26 Hariz 8 August 2010 at 3:18 am

    IIIIyyyaaaa…..para Om..om pecinta KENARI……Waw Keyen….wkwk

  20. 27 Arynt`s 6 August 2010 at 2:09 pm

    mohon infonya yang menjual anakan YS,trs harganya kira2 sampai brp? thanks ya om AS sebelumnya.

  21. 28 azep 20 July 2010 at 12:33 pm

    salam kenal semua, maaf saya baru masuk di blog ini kebetulan lagi cari2 info kenari. hampir semua koment disini saya baca dulu menarik sekali untuk saya simak dan dijadikan pengetahuan (maklum pemain baru hehehe….) tapi maaf lho, pak eko nya mana ya??? di atas ada yang komplain kok gak nongol pak eko nya hehehe…..???
    gak gentle ah pak eko….

    saya pengen punya ys jantan gacor, berapa dan dimana yah bisa saya dapet didaerah depok???

  22. 29 rizki 11 July 2010 at 1:45 pm

    om newbie mau nanya,saya dapet jantan warna orange dibulu sayap,dan ekor ada abu silver…jenis bulu mozaik bukan om

  23. 31 adijapri 22 June 2010 at 3:27 am

    om sofyan gimana kabarya peternak pak eko cimahi

  24. 32 fajar 7 June 2010 at 2:06 am

    salam om om semua…
    alhamdulillah saya sudah dapat betina ys, tetapi untuk jantanya saya belum dapet, barang x ada om om yang punya info fs yang mau dilepas tolong kasih kabar di 085224179950,saya berdomisili di cirebon. terima kasih.

  25. 33 widano 5 June 2010 at 10:57 am

    Mas Eko nya mana nih kok ndak nonggol……heheheeh pa kbr bro? lama ndak ketemu…. sekarang udah terkenal uih….. hehehe salam kenari mania…

  26. 34 ragiel 29 May 2010 at 6:28 am

    permisi Oom….

    neh mau nyapa rekan2 kenari mania….
    saya bener2 gi nyari kenari jambul betina siap kimpoi… hehehe… kalo ada yang mau jual, kabarin donk…

    thx
    ragiel

  27. 35 Adhee 20 May 2010 at 11:55 am

    Terima kasih banyak rekan semua atas pencerahannya, Pak AS maaf merepotkan tp saya kira permasalahan saya dengan pak Eko tidak perlu menjadi panjang karena saya sudah anggap ini hanya masalah komunikasi saja antara saya dengan beliau nanti malah ribet urusannya, lagipula rumah saya dengan beliau cuma berjarak setengah jam kok hehehe……

    ya itulah mungkin ini menjadi pengalaman pribadi buat saya untuk menggali ilmu hobi ini lebih dalam lagi. Pak Ahmad tolong dong nomer HP punya bapak berapa ?. Terima kasih.

    SALAM.

    • 36 ahmad sofyan 21 May 2010 at 12:38 am

      om Adhee, semalam sudah saya tanyain lewat SMS ke P’ Eko… mudah2an ada solusinya… bukannya apa-apa om ini sudah masuk ke wilayah umum takutnya malah merugikan salah satu pihak… di satu sisi om sebagai pemula takutnya kapok main kenari lagi karena merasa dikerjain dan disisi lain P’Eko kehidupannya pure dari ternak kenari nanti kalau masalah ini menjadi besar bisa mengganggu asap dapur orang hehe… nanti kalau saya sudah dapat jawaban dari P’ Eko akan saya sharing di sini.

      salam

      • 37 Adhee 21 May 2010 at 2:42 pm

        terima kasih sebelumnya pak AS, sebetulnya saya tahu P’Eko itu orangnya baik karena saya pernah beberapa kali membeli burung dari beliau dan sebelumnya tidak ada masalah, yang jadi masalah saya saat ini sebetulnya ketika saya akan menjual kembali salah satu burung lizard tersebut, ternyata banyak ditolak oleh rekan saya karena pendapat mereka burung saya bukan lizard asli alias sudah silangan makanya saya ingin pendapat rekan sekalian disini untuk menilai apakah burung saya lizard asli atau bukan sehingga menambah pengetahuan bagi saya khususnya. maaf fotonya belum bisa saya kirim pak AS masih dalam proses hehehe…..

        salam

  28. 38 Adhee 20 May 2010 at 8:10 am

    Oh iya maaf satu hal lagi, saya pernah ditawari sepasang Spanis Timbrado oleh seseorang seharga 2jt, tp kemudian ada lagi orang lain yang menawarkan burung jenis yang sama seharga 1jt/pasang (jantan-betina), saya jadi bingung yang satu pengen kebanyakan untung atau yang satu pengen buntung hehehe……?
    bagi rekan semua yang tahu pasaran umum harga burung kenari tolong pencerahannya, terima kasih sebelumnya.

    • 39 ahmad sofyan 20 May 2010 at 9:12 am

      hehe… inilah dinamika dunia perkenarian om… belum lama saya ditawarin sepasang YS 7,5 Juta padahal harga di importirnya hanya 1,4 juta perekor… Kenari termasuk barang fancy sehingga harganya tidak ada standar-nya mungkin orang kebelet butuh uang akibatnya dijual murah, atau si penjual tahu kita naksir berat sama tuch kenari sehingga dia ngasih harga tinggi…. jadi yang utama adalah coba perkaya ilmu kita dalam mengenal kenari jadi kita bisa bijaksana ketika menghadapinya…

      salam

    • 40 Adhee 20 May 2010 at 12:17 pm

      Iya pak Gede saya setuju dengan pendapat anda kalau dunia hobi ini tidak bisa diukur dengan nominal UANG, tapi tentu juga bahwa burung yang kita beli sesuai dengan yang kita inginkan, artinya jika kita ingin beli lizard asli, ya penjual mesti sportif dong dengan memberikan burung yang asli juga, tul gak hehehe…..?

    • 41 yunior 31 May 2010 at 1:42 am

      menurut saya beli ma orang yg dipercaya and juga harus tau harga pasaran burung walaupun benar harga burung itu gk ada standarnya tapi setidaknya berikan harga yang wajar….

      • 42 Adhee 3 June 2010 at 1:45 pm

        saya setuju om kalo harga yang diberikan minimal yang sewajarnya saja, ya maklum lah belum berpengalaman makanya ini dijadikan pengalaman bagi saya dan untuk menjadi pelajaran bagi kita semua agar lebih “teliti sebelum membeli” hehehe….

        mau lizard jadi-jadian seharga 750rb hehehe…..
        itu harga burung yang saya beli loh om…..???

      • 43 ahmad sofyan 4 June 2010 at 1:25 am

        Om Adhee, sebelumnya saya mohon maaf untuk masalah seperti ini saya rasa lebih baik dibicarakan dengan yang bersangkutan, saya sudah mau bantu om untuk menyelesaikannya tetapi om menolak… saya mohon untuk tidak memposting komentar seperti ini lagi demikian mohon maaf kalau kurang berkenan….

        salam

    • 44 yunior 31 May 2010 at 1:46 am

      wah om kalau lizard 450 saya minta 30 ekor deh.. …tapi serius nih om jgn kyk gloster he..he

  29. 45 Adhee 18 May 2010 at 4:33 am

    oh iya maaf buat rekan2 semua saya terbilang baru di dunia kenari terutama di blog ini, saya cuma numpang nanya tentang kenari Lizard yang saya beli dari pak Eko, menurut beliau katanya Lizard asli tapi kok di dadanya ga ada broloknya padahal menurut kebanyakan orang mesti full brolok?
    pada rekan semua mohon pencerahannya, terimakasih.

    • 46 sofyan 18 May 2010 at 6:34 am

      om Adhee, maaf ini pendapat saya saja ….. sudah dibicarakan dengan P’Eko atau belum mengenai permasalahan ini..??… Yang saya tahu lizard itu banyak variannya mulai dari yang lurik (blorok) tajam sampai luriknya halus hampir tidak kelihatan, bloroknya semakin tajam semakin bagus. makanya di Eropa sono ada perlombaan khusus kenari lizard dan salah satu penilaian pada lurik (blorok) di badan. Mungkin yang P’ Eko punya bloroknya kurang tajam, coba perhatikan lagi postur lizard yang om Adhee punya selain blorok, bisa di lihat cap dikepalanya atau kakinya rata-rata warna hitam. Ini foto beberapa lizard, http://www.worldchampionlizard.com/english/lizardintensive.php atau kalau om berkenan om bisa kirim fotonya ke saya nanti saya coba bantu terawangin hehe…. maaf om kalau kurang berkenan, saya rasa tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan.

      salam

      • 47 yunior 18 May 2010 at 8:04 am

        saya setuju ma om sofyan coba dibicarakan dulu baik-baik om jadi jgn sampai da kesalahan..betul yg dikatakan om sofyan untuk pastinya coba dikirim potonya oh ya pertanyaan saya apakah om waktu beli liat langsung burungnya???

    • 48 yunior 18 May 2010 at 8:11 am

      oh ya om ini lizard import pa dah ternakan lokal???

      • 49 Adhee 20 May 2010 at 8:01 am

        Terima kasih sebelumnya pada rekan semua, maaf saya tidak bermaksud menyudutkan pak eko atau menyalahkan beliau tp ini murni rasa penasaran dan keingintahuan saya karena saya masih minim pengalaman dalam dunia kenari sehingga saya memerlukan pendapat orang banyak dalam hal ini.
        tentu dalam hal ini pendapat beliau bahwa lizard yang saya beli adalah asli lizard tp pada tubuh bagian dada sampai perut bawah tidak terlihat sama sekali bloroknya seperti yang terlihat pada foto yang om Sofyan berikan, itu untuk yang jantan. lebih parah untuk yang betina bloroknya cuma sekitar 40% ada di sebagian sayap dan tidak merata (asimetris) memang pada komitmen pertama beliau berkata akan menjual lizard betina asli bukan silangan, tapi setelah saya beli dan saya konfirmasi kembali 1 bulan kemudian beliau berkata yang betina silangan lizard dan WS. maaf untuk fotonya belum bisa saya upload disini karena belum tahu caranya hehehe…..(Butek).
        sekali lagi mohon maaf saya tidak bermaksud menyalahkan siapapun dalam hal ini, karena ini murni kecerobohan dan kebodohan saya karena masih awam. terima kasih.

      • 50 ahmad sofyan 20 May 2010 at 8:19 am

        om Adhee, biar jelas permasalahannya tolong om kirim foto lizard jadi-jadian-nya ke email saya akhmad.sofyan@gmail.com … mohon maaf saya tidak bermaksud apa-apa dalam hal ini saya ingin mencoba membantu menyelesaikan masalahnya… karena saya pernah mengalami beberapa kejadian miskomunikasi antara pembeli dan peternak… dimana pembeli sungkan mau komplen mengenai kondisi kenarinya… akibatnya permasalahan tidak terselesaikan… saya sudah coba menghubungi P’Eko belum jodoh nich teleponnya susah nyambung….

        salam

  30. 51 Adhee 18 May 2010 at 4:20 am

    yang terakhir tuh tentang jujur saya tau banget rasanya dibohongi, kita udah baik-baik jalin silaturahmi eh tau-tau digigit sam tuh orang, payah.

    trims atas ulasannya, saran saya buat semua orang jangan gampang percaya sama kata2 manis seseorang awalnya baik gak tau belakangan malah menggigit!

  31. 52 SUWANDI 8 May 2010 at 8:28 am

    Mas aku pingin coba… ternak kenari selama ini aku main jalak suren… bibit yang baik yang gimana ya…
    juga prospek pasarnya gimana?
    mahon sarannya.

  32. 55 Awin 28 February 2010 at 2:55 pm

    ikutan share pengalaman ternak kenari om…
    Om sof, kurang lebih 1 minggu yg lalu saya kontak pa Eko (dapet no HP nya dari blog ini), kebetulan beliau ada di rumah, langsung saya minta alamatnya dan segera meluncur ke TKP.
    perjalanan lumayan jauh walaupun saya juga tinggal di Bandung, kurang lebih 1 jam baru sampe rumah beliau. Bener kata Om Sof, Pa Eko orangnya enak banget di ajak share masalah kenari, bahkan sampe cerita masalah pribadi segala.
    Begitu juga dengan isteri beliau, orangnya sangat ramah, saya aja yang baru kenal langsung akrab, bahkan begitu dateng langsung di bikinin segelas kopi.
    Kenapa segelas kopi pun saya obrolkan disini..? karena sudah beberapa kali saya main ke peternak kenari, jangankan dapet kopi, air putih juga saya beli sendiri..! padahal yang namanya ngobrolin burung ga bisa cuma 10-20 menit. makanya kesan pertama saya main ke rumah pa Eko sangat membekas di hati saya.

    Jujur aja, saya sebagai peternak kenari pemula masih sangat kurang ilmu dan pengalaman. Perlu diketahui, sampai sekarang sudah hampir 4 bulan ternakan saya belum ada yang jadi, padahal untuk beli burung, sangkar, pakan, vitamin, dll, saya sudah menghabiskan dana kurang lebih 1,5 juta, dana segitu sangat besar untuk ukuran saya yang pengangguran total om, jadi dengan menyebutkan nominal, mohon maaf bukan berarti saya sombong, tetapi saya hanya ingin berbagi pengalaman saja, demikian agar dapat dimengerti rekan2 semua.

    karena dunia kenari benar2 saya jalanin dari NOL, jadi sangat banyak kendala yang saya dapet. Masalah utama yang saya temui adalah pengadaan bibit/ indukan, baik jantan maupun betina. Sudah beberapa kali saya beli indukan, tapi tetep aja ga bisa diternak, penyebabnya kebanyakan saya beli betina afkir…!!!
    koq bisa betina afkir di beli?? ya itu dia, sebagai seorang pemula, pengetahuan saya sangat minim, bahkan untuk membedakan jantan dan betina juga masih susah, jadinya saya ketipu terus tiap beli burung…

    Dibalik semua itu saya percaya, untuk mencapai kesuksesan pasti butuh pengorbanan, jadi saya enjoy aja ngejalaninnya.
    Setelah saya ketemu pa Eko dan mendapat banyak wejangan dari beliau, semangat saya yang hampir padam itu muncul lagi, saya percaya ilmu yang diberikan pa Eko kepada saya benar adanya, karena saya pikir logikanya beliau
    tidak mungkin membohongi saya tentang cara beternak kenari, karena beliau sendiri menggantungkan hidupnya 100% dari kenari, tul ga?? dan akhirnya saya membeli bakalan kenari jantan jenis F1 dengan harga yang menurut
    saya cukup murah…(mungkin pa Eko kasian denger cerita saya, jadi harganya dikasih diskon, huehehehehe).
    Mudah2an kedepannya niat saya beternak mendapat kemudahan dari Allah SWT, Amin.
    Sekian dulu pengalaman saya bertandang sekaligus berguru ke kediaman pa Eko, mudah2an pengalaman saya bisa bermanfaat bagi yang membaca, dan mohon maaf kalo ada tulisan yang kurang berkenan.

    Salam – Awin

    • 56 sofyan 1 March 2010 at 12:08 am

      Sharing yang mantap om Aswin, itulah dunia kenari penuh dengan dinamika….. hidup kita seolah-olah naik roll coaster kadang-kadang melayang layang diatas (ternak sangat mudah dilakukan apapun kenari yang kita ternak dengan mudah beranak pinak… ibaratnya kenari di jodohkan sama ayam aja jadi hehe…..) kadang-kadang berada dibawah (pada posisi ini ternak serba salah indukan yang produktif pun bisa berhenti beranak….., nambah indukan baru ada aja godaan seperti mati, penyakitan dll… pokoknya diposisi ini kita merasa yang terbodoh dech hehe….), semua keadaan adalah dalam rangka mendewasakan kita dalam menjalani ternak kenari…. saya yakin semua peternak mengalami semua kejadian diatas hanya orang yang sabar dan ulet-lah yang menjadi peternak sukses….

      salam

    • 57 yunior 30 March 2010 at 7:59 am

      mantap..mantap semoga berhasil ternaknya om..

  33. 58 naruto 9 February 2010 at 9:19 am

    salam …..
    om sofyan mau tanya nih
    kebetulan saya orang bandung om mau
    tanya alamatnya pak eko om sofyan boleh ga? email saya adit_12342000@yahoo.com

    sebelumnya terimakasih omm
    salam…

    • 59 ahmad sofyan 12 February 2010 at 1:16 am

      dari pada saya harus kirim email atau sms berkali-kali lebih baik saya cantumkan saja no HP Pak Eko dan Pak Yusman ini no hp beliau Nomor HP Pak Eko 081316631120 HP Pak Yusman 02270203440 alamatnya bisa ditanyakan langsung ke ybs
      Keterangan : saya tidak bertanggung jawab jika HP tidak dijawab……

  34. 60 slamet cahyono 28 January 2010 at 3:05 am

    Salam kenal dari saya, setelah saya membaca tanya jawab diatas saya sangat senang sekali dengan para penghobi burung kenari.
    terutama sama bang sofyan, saya sangat butuh bantuanya, saat ini saya mau dipercaya sama teman untuk mencoba ternak kenari.
    alamat saya ada di karawang, klo boleh tau kirim dong alamat tempat bapak berternak kenari nya, insya allah saya akan maen dengan temen saya.
    sebagai pemula saya rencana mau ternak yang standard aja.
    saya tunggu ya pak sofyan, klo bisa kirim alamatnya ke no hp saya aja 0812 8597 687, thank’s

    • 61 ahmad sofyan 28 January 2010 at 3:34 am

      Salam kenal Pak…, alamat saya ada di sisi kanan blog ini… saya hanya hobis biasa dan ternak kenari kecil-kecilan rasanya kurang cocok kalau berkunjung ke rumah saya karena kandangnya juga hanya sangkar biasa yang ditempelin di dinding… dan mohon maaf saat ini belum ada kenari yang akan dijual.. demikian

      salam

  35. 62 ahmad sofyan 22 January 2010 at 8:33 am

    udah saya add om…. buat temen-temen yg ingin chating bisa add saya fina_farm@yahoo.com atau kalau mau lihat facebook sy searching email saya aja akhmad.sofyan@gmail.com

    salam

  36. 63 Totok 20 December 2009 at 6:32 pm

    Nimbrung lagi nih,,kalau mau pesan cincin kaki (RING) caranya gmn?? dan harganya berapa?? mksh.

    • 64 ahmad sofyan 22 December 2009 at 12:56 am

      Om Totok maaf agak lama jawabnya harus nyari-nyari dulu no. telepon-nya, saya pernah punya cman hilang bersama hp-nya hehe….. ini no. telepon Raja Ring Tiong Hok 021-56962067, caranya tinggal telepon aja ke Raja Ring… om Totok tinggal nyiapin nama yang akan ditulis di ring dan warna ring yang om mau …. harganya sy lupa lagi sudah lama ngga pesan …. coba tanya aja sama dia… demikian..

      salam

  37. 66 andrie 10 December 2009 at 4:39 pm

    wah…wah enak neh banyak pencerahan…. salam knal dari pntianak!!

    om sofyan sy jg jadi pengen nih berternak kenari tp emang blom ada modal,kira2 kalau bibit indukan lokal yg murah aja berapa ya? bisa di kirim gk ke pontianak kalbar. buat percobaan om jadi gk perlu yg mahal tp bisa di pastiin sepasang klo besarnya. soal nya klo di pontianak yg di datangkan pasti jantan semua karna toko gk mau ambil resiko.

  38. 68 sofyan 8 December 2009 at 2:41 am

    om Adi japri ke email saya di akhmad.sofyan@gmail.com , nanti saya kirim ke emal om Adi, tks

  39. 69 adi 7 December 2009 at 1:31 pm

    om sofyan kaloboleh saya dikasih tau alamat dan telp mas eko cimahi donk tk

  40. 70 adi 7 December 2009 at 1:26 pm

    Om sofyan terima kasih pencerahanya.
    tapi saya jadi kepincut sama anakan ys kiraa kira bisa dapat dimana ya dan harga berapa ya .trus kalo sudah bunyi berapa ? jadi pas aku main ke jakarta bisa mampir di tempat om ,soalya saya posisi di semarang tk

    • 71 sofyan 8 December 2009 at 2:44 am

      Kalau lihat Yorkshire, hampir sebagian besar hobis kenari akan kepincut om …. untuk saat ini kenari yang cukup populer di kenarimania ya termasuk raja-nya hehe…. tanya langsung ke om Eko aja om mengenai harganya….

      salam

  41. 72 adi 6 December 2009 at 2:23 pm

    om sofyan kalo gambar yg ada diatas itu kenari punya om bukan ?
    kalo boleh tau itu apakah kenari lokal atau F1,atau apa istilahya
    terima kasih

  42. 73 adi 6 December 2009 at 2:16 pm

    salam kenal om sofyan,
    om mau tanya Ri itu burung kenari apayaa ,sudah juara atau apaa om …

    • 74 ahmad sofyan 7 December 2009 at 3:47 am

      Om Adi, RI artinya Red Intensive kenari merah intensif atau merah tajam ….gambar diatas itu kenari hasil ternak Pak Eko dari Cimahi Bandung … kenarinya jenis YS lokal (silangan jantan Yorkshire dengan betina F3YS). Demikian om semoga bisa menjadi pencerahan ….

      salam

  43. 75 sofyan 6 December 2009 at 9:01 am

    salam kenal Pak Totok, utk perawatan F1 dan lokal prinsif-nya sama hanya F1 agak rentan dikit…. mengenai penggunaan lampu listrik tergantung cuaca klo dingin bagus menggunakan lampu tetapi klo musim kemarau tdk perlu menggunakan lampu lampu cukup di sekitar kandang fungsinya hanya utk menerangi lingkungan kandang ternak… demikian
    salam

  44. 77 Totok 6 December 2009 at 8:12 am

    Salam kenal, saya penggemar baru dari sragen, dirumah baru ada kenari lokal, dan sudah mencoba untuk saya ternakkan. Dari percobaan yang saya lakukan ternyata dari 3 betina bisa produksi semua, Dan rencana kedepan mau coba jenis F1, yanng saya mau tanyakan, Apakah perawatan antara lokal dan F1 sama? (kalau diternakan). Lalu yang kedua, untuk merawat anakan yang baru menetas kalau pakai listrik apakah dianjurkan?? terimakasih.

  45. 78 ahmad sofyan 4 December 2009 at 9:19 am

    Om Areef, selamat berkarir menjadi peternak kenari hehe…. kalau menurut saya ini kesempatan buat mengembangkan ternak kenari … karena biasanya guru honorer banyak waktu luang jadi bisa lebih intensive dalam pengelolaan ternak kenari …. kalau sudah berhasil ternak kenari lokal coba tingkatkan ke kelas kenari menengah sepeti lizard atau gloster ….. ternak lizard atau gloster cukup menguntungkan karena pasarnya masih luas ….. harganya juga tidak murahan ….. hehe…… mengenai multivitamin jangan terlalu sering karena takutnya kalau terlalu birahi juga akhirnya malah rontok bulu …. lihat kondisi kenari-nya kalau kenari jantan sudah gacor tidak usah terlalu sering diberi multivitamin cukup 1 minggu 1 x, ayo buktikan om kerja setengah hari tetapi gaji bisa melebihi yang gaji sehari full seperti Pak Eko ….. hehe……

    salam

    • 79 Areef 4 December 2009 at 9:37 am

      Wah ga nyangka cepet bgt ya respon nya…. :-) Trima kasih ya om atas Motivasi nya… kalau yg lokal saya sudah berhasil mudah2an saya bisa ke tingkat yg lebih baik lagi, karena saya sangat suka terhadap kenari jenis Gloster (jambul) namun saya belum mampu beli nya om… mohon maaf apabila saya selalu konsulatasi ke om sofyan. Salam cuit cuit ya om…

      • 80 sofyan 5 December 2009 at 1:57 am

        Kebetulan kemarin sedang sedikit senggang jadi bisa langsung respon om hehe…., sip semoga ternak lokalnya cepet berhasil nanti keuntungan dari penjualan anaknya buat beli gloster om hehe…. yang penting sabar dalam menjalani proses-nya dan jangan lupa berdo’a….. coba ATM (Amati Tiru dan Modifikasi) aja point-point yang saya tulis diatas ….. insya Allah akan berhasil om…… Pak Eko juga cerita beliau tidak langsung sukses tetapi ada masa-masa dimana mengalami saat2 yang kurang nyaman ….. Baik om kalau mau sharing silahkan aja … mudah2an blog kecil ini bisa menjadi tempat pembelajaran kita semua … amin

        salam

  46. 81 Awin 29 November 2009 at 11:08 pm

    om ahmad, saya awin dari bandung. saya newbie nih di bidang “ternak kenari’, dulu sekitar tahun ’99-01 saya sempet main burung merpati balap (dasar), tapi hobi terhenti karena bentrok dengan kuliah. nah sekarang mau nyoba2 main kenari karena saya lihat ngurus kenari ngga sesulit ngurus merpati balap. nah yg jadi kendala saya sekarang adalah faktor biaya, maklumlah saya pengangguran om….hehehhee.
    Kira2 untuk modal awal beli indukan yg lumayan, penyediaan kandang, dsb butuh dana berapa ya? rencananya saya mau jual motor dulu nih untuk modal awal.
    mohon pencerahan… trims.

    • 82 ahmad sofyan 30 November 2009 at 12:30 am

      Wah …. suatu usaha yang sangat baik om, semangatnya jangan sampai melemah om ….. untuk harga kenari tergantung kualitas dan jenisnya om …. jenis YS harga sepasang bisa 3 juta …. lizard, gloster, spanish timbrado, F1YS sekitar 1,5 jt sampai 2 jt sepasang …. sedangkan untuk lokal sekitar 500 rb sepasang ….. Usaha dibidang ternak ada beberapa kendala yaitu teknis ternaknya sendiri mulai dari cara perawatan sampai bisa berhasil ternak itu ada prosesnya tersendir dan yang utama yaitu mencari konsumennya …. mencari konsumen tidak semudah yang kita bayangkan …. dan om harus ingat burung kenari adalah makhluk hidup kalau om berhasil ternak semakin lama kenari akan semakin bertambah sehingga biaya pakannya semakin banyak…. tetapi kalau om sudah berhasil ternak dan bisa mendapatkan konsumen ….. kebebasan di tangan anda tidak seperti saya yang masih kuli masih ditunjuk-tunjuk orang he..he…. kalau pendapat saya coba ternak kenari lokal dulu … dan jangan lupa om harus terbuka terhadap tetangga sekitar om bahwa om sedang ternak kenari biasanya konsumen adalah orang disekitar anda… nanti kalau ternak lokal sudah berhasil baru naik ketingkat level selanjutnya kalau sudah tahap ini om boleh jual motor buat ternak kenari … karena pasarnya sudah pasti dan om sudah ahli diternak kenari …..Demikian om mohon maaf kalau kurang berkenan…. kalau pingin baca tulisan saya mengenai jenis kenari bisa baca di link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/03/pengalaman-ternak-kenari-4/

  47. 83 Areef 28 November 2009 at 3:39 pm

    Mas Sofyan salam kenal ya… saya sudah mencoba ternak kenari mulai dengan 2 pasang kenari lokal (maklum baru belajar), namun sial nya betina yg satu kena bubulan di kaki dan ada sedikit di sayap nya skrg sedang dalam proses pengobatan, dan betina yang satunya koid tapi sebelum koid dia sempet bertelur 1 buah dan dimakan sendiri telur nya… dan sekarang saya punya 2 ekor duda kenari… Mohon saran nya ya mas… saya domisili di Tg.Priok, boleh ga kapan2 saya maen ke rmh mas sofyan skalian liat2 indukan betina sapa tau ada yang murah dan memuaskan hehehehehhh….. Trima kasih…….

    • 84 ahmad sofyan 30 November 2009 at 12:11 am

      Om Areef kalau mau mampir kerumah saya silahkan saja …. sebetulnya saya pingin ngasih harga semurah-murahnya hanya kurang baik buat pembelajaran, perlu om ketahui nyetak kenari berkualitas tidak mudah….. banyak dana & tenaga yang harus dikeluarkan, nanti kalau saya kasih murah orang-orang pada tidak mau beternak karena nilai ekonomisnya rendah….. coba om bayangkan kalau harga kenari 10 rb om mau ternak kenari ngga …. ??…. , btw mengenai 2 duda kalau ada dananya cari betina yang siap ternak kalau tidak ada yang 1 ekor dijual buat beli betinanya om …. demikian mohon maaf kalau ada kata yang kurang berkenan… salam

      • 85 Areef 4 December 2009 at 8:47 am

        wah manajemen yg bagus om…. saya sangat setuju… jgn sampe kenari bernasib sama seperti ikan louhan…, sekarang saya sudah beli 2 betina kenari di PB Pramuka dan sedang dalam proses penjodohan plus di kasih vitamin merk Vit*lur. apakah vitamin ini harus saya berikan kepada jantan & betina atau betina nya saja?, selama ini saya sudah berikan kepada semua kenari saya, sebab tidak ada petunjuk nya. dan baru saja saya di kasih teman kenari jantan yg guacor sangat, jadi total kenari saya ada 6 ekr.
        trima kasih om atas semua inspirasi nya untuk saya, karena saya guru honorer yg bekerja setengah hari dan gaji nya cuma setengah hehehhh… plus pehobi hewan, maka saya rasa saya harus berusaha memanfaatkan kesempatan yg baik ini.. ( loh kok jadi curhat yak… sory ya om…) sekali lagi trima kasih….

  48. 86 Ari s 24 November 2009 at 5:09 pm

    Mau nimbrung nich om… Boleh yaa? Kerja sambil jalanin hobi yg menghasilkan kesenangan dan uang, ibarat makan nasi & lauk kesukaan. Enak & bikin kenyang dan menyehatkan. Jalanin aja keduanya. Kuncinya harus bisa atur waktu. Pasti happy & tambah banyak saudara. Gak percaya? Coba &Buktikan sendiri !!

    • 87 ahmad sofyan 25 November 2009 at 1:38 am

      Sip, tambah mantap nich…. banyak senior-senior yang mulai mau berbagi hehe….. saya berharap semoga blog yang kecil ini bisa menjadi inspirasi bagi pemula dalam menjalani ternak kenari…..

      salam

  49. 88 bram heryanto 23 November 2009 at 1:18 pm

    kalau boleh minta alamat Mas Eko donk…. kebetulan saya juga orang cimahi tapi baru belajar ternak kenari 3 bulan yang lalu masih belum berhasil…. terimkasih

  50. 90 Dony 23 November 2009 at 8:56 am

    om Sofyan…
    Boleh tau harga sepasang kenari RInya??
    Pingin nambah indukan kl nanti ada rejeki lebih om..

  51. 93 redmoz 22 November 2009 at 1:40 pm

    Aslkm. wah makasih bnyk pa hasan..jd trsanjung neh makin bnyk senior yg bantu ksh saran. mudah2an Allah ksh kmudahan jln usaha yg trbaik wat qt smua. amiin.

  52. 94 yunior 20 November 2009 at 10:46 am

    mantap om Hasan sharingnya……..sebenernya menurut saya hidup itu simple kadang diatas kadang dibawah tergantung kita menyingkapinya kalau saya yg penting anak2 sehat, istri sehat dapur ngebul mau apa lagi he..he hidup ini dinikmati and dibawa enjoy seperti kita menikmati alunan merdu burung kenari yang penting terus berusaha dan berdoa he..he

  53. 95 n454h 20 November 2009 at 7:10 am

    Maaf br bisa mampir…, wah websitenya keren…, klo boleh kasih saran, jgn ditinggal kerjaan asli kita hanya untuk sekedar ternak ato bisnis kenari, nurut sy bs buat selingan aja ato nyuruh orang lain untuk jalankan…, jujur aja sy dah pernah habis2an n hancur2an gara2 kenari…, mulai strablu harga mahal trus terjun bebas sama dengan harga ijo, smpi yg paling ganas adalah terjangan bisnis ikan louhan dulu sehingga merugikan peternak kenari dalam skala besar, kenari gak laku dijual sama sekali, klo 10 ekor ga masalah, klo ratusan-ribuan ekor tambah susah, sedangkan tiap hari makanana dan efnya bisa bikin puyeng,
    Pernah pengalaman saya sampe kenari dituker rokok 1 pak ato barang2 lain yg remeh dan murah sekali, (itu aja dah untung ada yg mau barter)
    Itulah alasan sy mengapa sampe saat ini tetap bertahan di kenari holland/lokal, sebab ada setorannya, hingga sy ga bingung jualnya klo waktunya panen…
    Bner kata om yunior, kita2 sdh berkeluarga, punya anak dan istri yang sangat membutuhkan materi yg cukup untuk kehidupan ini…
    Semoga pengalaman ini jangan sampe terjadi lg di kemudian hari, kenari2 ga laku dan ada beberapa temen/sodara yg menggantungkan 100% sumber penghasilannya dari kenari yg menyebabkan dapur tidak mengepul.. dan keluarga bisa berantakan…
    Sy juga kerja di kantor, jg tipe orang yg ga mau diatur dan diperintah oleh orang lain selama itu salah dan sy benar, (nurut sy sendiri lho) tp dengan pengalaman sy diatas, sy haqqul yakin utk tetep kerja dan kenari sebagai sampingan, meskipun hasilnya jauh melebihi gaji sy perbulan
    Trims n mohon maaf klo ada yg kurang berkenan

    • 96 ahmad sofyan 20 November 2009 at 7:41 am

      Terimakasih atas sharingnya senior …. ternyata om pernah hancur-hancuran di kenari yach ….. ??? kirain gak pernah ngalamin sampai hancur-hancuran … kalau baca cerita om di link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/10/26/berinvestasilah-dengan-hobi-anda-jilid-2/ sepertinya enak banget yach …??? padahal dulunya pernah susah jual kenari yach om ??? …. Kalau ada waktu tolong cerita pengalaman ternak nya om…… kadang-kadang kalau baca tulisan dimedia masa yang kelihatannya yang enak-enak -nya aja …… ada yang bilang pengalaman adalah guru yang terbaik, mudah-mudahan dari cerita om bisa membuat kita waspada dan hati-hati dalam menjalani ternak kenari ….. terimakasih sebelumnya ….

      salam

    • 97 onyenkbenny 4 June 2012 at 3:26 pm

      asalamualaikum, salam kenal buat om-om semua. numpang coment neh. blog yg inspiratif sekali, apalagi buat saya pribadi, mudh2an buat om2 yang lain. saya penghobies kenari pemula yang mencoba berfikir (+action, bukan mikir doang) untuk bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari budidaya kenari. saya jadi lebih bijak untuk bertindak. tp saya optimis ttp bisa berjalan, dn mungkin akan membutuhkan shearing pengalaman dari om-om yg sdh senior. buat om n4s4h dan om sfyan maksih banyak. semoga menjadi hubungan silaturahmi dikemudian hari. saya di metro lampung. 085366184631. o iya om sofyan banyak koleksi/stok spanish timbrado ndak? pgn nambah momongan klo simpenan uangnya dah cukup.

  54. 98 redmoz 19 November 2009 at 11:07 am

    tq all sharing nya om sofyan n om yunior. btw ane lom bs mampir neh, besok ada training pe minggu di puncak..

  55. 100 yunior 19 November 2009 at 1:53 am

    Dulu saya punya pikiran sama seperti om redmoz apalagi saya orangnya gak tahan kalau diperintah orang..semakin lama saya semakin optimis untuk keluar kerja ditambah lagi saya sering ikut seminar yg da kaitannya dgn entrepeneur (mudah2an bener tulisannya) tapi saya punya anak istri apakah mereka gk kaget and siap menerima apabila usaha yg saya jalanin gagal? and apakah mereka juga dah siap untuk menjalani hidup yg lebih berat? memang untuk menjadi seorang pengusaha kita harus berani ngambil risiko tapi apakah kita bijaksana demi untuk mengejar itu kita harus mengorbankan anak istri kita? jawaban saya tidak om he..he Akhirnya saya mengambil keputusan untuk memulai sesuatu dari hobies saya…karena hobies saya makan, baca buku, ngerawat burung and olah raga akhirnya saya iseng aja coba2 ternak setelah saya gk bisa menanganinya akhirnya saya serahkan ma saudara yg sedang tidak bekerja….saya pikir sekalian membantu saudara malah bisa menambah pengasilan and menyalurkan hobies saya…selanjutnya karena saya suka makan maka yg ada diotak saya adalh membuka rumah makan yg setiap orang mampu membeli akhirnya saya pilih buka warteg aja walaupun saya bukan orang tegal loh he..he
    rencana saya terakhir mau buka kios makanan burung and beli bajaj tapi ya itu tadi ini masih cita2 karena uangnya belum ada he..he
    intinya om kalau mau usaha kita berkembang jgn terpaku pada satu bidang percayakan ma orng lain and kita bisa berkreasi untuk hal lain…contoh pedagang beras dipasr karena dia tidak percaya ma orang lain toko beras itu dia kelola sendiri ya akhirnya seumur hidupnya jadi pedagang beras deh…

    • 101 ahmad sofyan 19 November 2009 at 2:48 am

      Wuah … hebat euy… tks sharingnya om…. BTW kok pingin beli Bajaj ??….karena warnanya orange yach om ?? … mau nyaingin kenari orange haha…..

      salam

      • 102 yunior 19 November 2009 at 3:40 am

        bisa aja om sofyan menurut saya bisnis bajaj lumayan juga om kebetulan dulu wktu masih kuliah saya pernah jadi sopir bajaj dulu harga sewa bajaj setengah hari 14 ribu and kalau setoran 1 hari full 28 ribu plus olie sekarang setengah hari dah 50 ribu an kalau punya 5 bajaj ja dah ketahuan hasilnya tinggal sisihin buat biaya montir dan perbaikan..kendalanya sekarang bisnis bajaj pungli ma udah tersaing ma ojek motor he..he

  56. 103 redmoz 18 November 2009 at 9:28 am

    tq berat om yun…insya allah semua sarannya akan dilaksanakan…

  57. 104 yunior 18 November 2009 at 7:12 am

    untuk om redmoz saya ngasih pendapat nih lebih baik jgn keluar dulu semua harus dipikirkan secara matang baik kelebihan and kekurangannya kalau bisa jalan dua2nya kenapa gk dikerjain dua2nya ternak and bekerja, saran saya cari orang yg bisa dipercaya untuk ngurus peternakannya nanti kalau dah kelihatan hasilnya and pendapatan dipeternakan dah cukup dapat diandalkan silahkan keluar…maaf nih om saya hanya saran aja he..he

    • 105 sofyan 18 November 2009 at 11:55 pm

      Nach ….kalau yang ini harus didenger om, coz dah pengalaman ternak kenari sambil kerja…. kelihatannya enjoy-enjoy aja tuch hehe……

      salam

      • 106 yunior 19 November 2009 at 1:32 am

        bisa aja om sofyan ini…saya cuma sharing aja om bagi saya temen itu ibarat saudara kalau temen susah jadi susah juga saya, kalau temen seneng saya juga ikut seneng..he..he

  58. 107 yunior 18 November 2009 at 7:06 am

    boleh2 sabtu saya rencana mau kesana janjian aja dipasar burung pramuka om he..he nanti kita ketempat om sofyan bolehkan om he..he?

    • 108 ahmad sofyan 18 November 2009 at 8:35 am

      Silahkan kalau mau mampir om, sekalian aja kopdar members GK kecil-kecilan di rumah saya hehe….. kan katanya members GK mau kopdar ….hehe…..

      salam
      sofyan

  59. 109 redmoz 18 November 2009 at 6:26 am

    wahhh ruarrrr biasa nehhh om sofyan….makanya kmaren kok oleh2nya cuma tulisan…mana fotonya…alhamdulilah sebelum ditanya dah didisplay… makin mupeng nehh mo cepet2 mampir to padepokannya om sofyan…hehehehe bareng ktemuan ma om yunior ditempat om sofyan mantabbb kaliee yaa om..

    • 110 ahmad sofyan 18 November 2009 at 8:38 am

      Om Firman bisa lihat sendiri kan…. kandang ternak kenarinya aja cukup mewah apalagi lihat rumah peternaknya ….. pokoknya semakin napsu tambah materi ternak he..he……

      salam

  60. 111 yunior 18 November 2009 at 3:48 am

    wah jadi ngambil indukan RI om??? mantap2…he..he

    • 112 ahmad sofyan 18 November 2009 at 4:01 am

      Bukan indukan tetapi calon indukan om …. usianya masih muda-muda harus nunggu 2 atau 3 bulan lagi baru siap ternak…. biasa om kalau pemodal kecil nyari yang murah-murah hehe…….

      salam

  61. 113 yunior 18 November 2009 at 3:45 am

    wah ketempat om eko gk ngasih kabar he..he udah lama juga saya gk kesana….

  62. 115 redmoz 17 November 2009 at 9:04 am

    thanks info link nya om…baru baca halaman depannya…luar biasa subhanallah…”kalau orang lain bisa, sy juga harus bisa”!
    tq om..

    • 116 sofyan 18 November 2009 at 12:28 am

      sama-sama, dulu saya pernah jadi agen selimut jepang (selimut asli bukan selimut hidup hehe …..) Pak Hadi……. hanya sayang usahanya terhenti karena pemilik pabriknya terkena masalah hukum jadi usaha selimutnya berhenti ……

      salam

  63. 117 redmoz 17 November 2009 at 8:48 am

    betul om thanks a lot advice nya.. memang sdg direncanakan dan dipersiapkan, proses perintisan sudah mulai dr sejak beli RI lalu om n breeding now masih digudang samping rumah ortu..ga gede sehh…alo gudang dah ga muat n produksi dr stock indukan yg ada dah stabil n terserap hobies n modal dah nambah..kbetulan ada tempat punya ortu yg bisa dijadiin tempat breeding n sangat ideal..cuma butuh renovasi tuk disesuaikan dengan kebutuhan breeding… sampai desember 2010 tinggal liat perkembangnannya dechh.. apakah masih butuh gaji bulanan atau sudah tercukupi dr breeding n tinggal alokasiin waktu n tenaga lebih ke breeding…n pastinya istikharoh..wat mutusinnya…gitu om ceritanya…biar hboiis jabodatebek yg mo nyari RI ga jauh2 lg ke bandung om…hehehe…tq

    • 118 sofyan 18 November 2009 at 12:24 am

      Sip om, kalau butuh supplyer saya siap bantu om kebetulan sabtu kemarin saya dapet supply calon indukan RI sepuluh ekor dari P’ Eko ….. mudah2an dalam waktu 2 tahun kedepan bisa berkembang 3x lipat hehe…….

      salam

  64. 119 redmoz 17 November 2009 at 7:34 am

    upsss. salah om..maksudnya 2011…coz 2010 ini ada rencana kenaikan gaji..so lumayan wat dikumpul dulu jadiin modal..heheheehe…n sayang alo ditinggal duluan..
    tq om

    • 120 ahmad sofyan 17 November 2009 at 7:52 am

      Wah semakin deket nich rencananya om…… persiapannya udah apa aja om ..??? saya hanya mengingatkan saja ….. mungkin sebelum mengambil keputusan diatas lebih baik merencanakannya dengan matang …… kalau pendapat saya….. keluar dari tempat kerja jangan karena napsu sesaat tetapi hasil dari pertimbangan yang matang bahwa ternak kenari sudah tidak bisa dianggap side job lagi karena permintaan banyak dan membutuhkan kehadiran om Firman diternak tersebut. Demikian om hanya sharing aja mohon maaf kalau menjadi de-motivasi hehe….

      salam

  65. 122 ahmad sofyan 17 November 2009 at 5:58 am

    Tahun 2012 bukannya kiamat om hehe…… maaf kemarin acaranya dadakan, kebetulan sabtu kemarin gak ada acara kemana-mana dari pada bengong dirumah mendingan silaturahmi kepeternak….. alhamdulillah perjalanan kemarin semakin membuka mata saya …. kebetulan selain ke tempat Pak Eko juga main ke rumah P’Yusman hanya sayang saya tidak bertemu langsung dengan beliau tetapi lumayan banyak pengalaman yg bisa diambil.. semoga apa yang di cita-cita dapat terlaksana om… semakin cepat semakin baik karena semakin tinggi posisi kita di tempat bekerja semakin susah untuk meninggalkan kenyaman …upsss kok malah ngomporin hehe…….

    salam

  66. 123 redmoz 17 November 2009 at 4:29 am

    Ko ga ajak2 om…hehehe… semakin semangat untuk jadi peternak nehh, betul om FOKUS…peternak kenari yang pernah sy kunjungi memang mereka jg semua sudah fokus di ternak kenari n sudah tdk bekerja di kantoran om… n yg sy amati mereka sangat tercukupi secara materi..
    peta hidup sy 2012 sy dah ninggalin kerjaan sekarang om n fokus jadi peternak. mudah2an terkumpul modalnya…AMIIINNNN…..n akan terus nimba ilmu dr om sofyan nehh.. untuk persiapan lahir batinnya…hehehe kaya mo naik haji aja….
    thanks tulisan2nya.. so helpfully


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,268,339 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: