Bulu kusam pada burung dan cara mengatasinya

Buka-buka file di komputer menemukan tip mengatasi bulu kusam…….   sayang sumbernya lupa catat kalau tidak salah ini tulisan om Duto http://agroburung.com/   ,  buat narasumber/penulis tips ini mohon maaf  sumbernya tidak saya cantum….

Banyak kicaumania menghadapi masalah bulu burung yang kusam. Bagaimana duduk perkaranya?

Hal utama penyebab bulu kusam pada burung adalah kurangnya minyak / lemak di “muara” kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung (istilahnya tepat enggak ya?). Untuk “menambahnya” beri minyak ikan.

Tetapi, kadang kala, bulu kusam pada burung bukan karena lemaknya kurang, tetapi lubang kelenjar minyak tertutup kotoran yang mengering ataupun bekas luka yang mengering.

Kalau Anda menghadapi masalah seperti itu, cooba pegang saja burung, dan dicek kelenjar minyak di atas pantat burung. Pencet lembut saja bagian itu dan rasakan apakah ada minyak di tangan kita. Kalau tidak ada, berarti ada kotoran yang menutup (sebab meskipun kandungan minyak cuma sedikit, minyak tetap keluar dan terasa di tangan kita).

Selain karena kurangnya lemak, bisa jadi bulu telanjur rusak karena:
1. Masih dalam keadaan basah, langsung dijemur (membuat bulu keriting dan karenanya terlihat kusam).

2. Pernah disemprot larutan anti kutu ataupun larutan (yang sebenarnya bertujuan) untuk membuat bulu mengkilap (yang kalau dihentikan dari pemakaian rutin, bulu malah rusak). Pada larutan anti kutu biasanya dicampurkan ke dalamnya suatu zat untuk menghilangkan/merusak lapisan lilin pada bulu burung. Gunanya memang agar larutan bisa menempel pada bulu. Tetapi efeknya, bulu jadi kehilangan pelindung (seperti daun talas atau daun pisang yang kehilangan zat lilin: mudah basah). 

3. Ketika mabung, burung kekurangan lemak sehingga meskipun saat ini produksi lemak di kelenjar lemak banyak, sudah tidak bisa menolong kondisi bulu yang telanjur rusak.

Dengan meneliti kondisi satu-persatui hal di atas, Anda bisa menyimpulkan mengapa burung momongan  Anda bulunya kusam dan bagaimana mengatasinya. Kalau memang sudah telanjur rusak dan bukan karena kelenjar lemak tertutup atau produksi lemak sedikit, maka tidak akan bisa pulih kecuali setelah melewati masa mabung yang dirawat dengan benar.

Semoga bermanfat,

About these ads

13 Responses to “Bulu kusam pada burung dan cara mengatasinya”


  1. 1 lelanank 28 January 2013 at 4:38 am

    om cara menangani kenari yang udah botak gmn ya..??? mhn bntuanya

  2. 2 denny 10 December 2010 at 11:41 am

    om sy mo tnya klo minyak ikan tu cara ksh k brngnya gimana ya? maklum om blom pernah soalnya om. hehehe….. jd malu nih sm yg laen

    pemberian minyak ikan di campur dengan makanan bijian, pada saat nyisil bijian minyak ikan termakan secara tidak langsung… atau kalau om mau bisa dioleskan di telor puyuh atau dioleskan ke permukaan daun sawi… banyak cara menuju roma om hehe….

    salam

  3. 3 toheng 4 January 2010 at 3:24 am

    Om, tempat mandi burung yang kayak gambar di atas ada gak dijual di jakarta?

  4. 5 ahmad sofyan 29 December 2009 at 7:43 am

    Ada beberapa cara yaitu pada alas sangkar dipasang karet gelang yang dibentangkan dari sisi 1 ke sisi yang lainnya ada yang menggunakan pecahan es balok di dasar sangkar. Atau biasanya kenari turun ke bawah karena di dasar sangkar banyak makanan yang berserakan… coba tiap pagi dan sore dasar sangkar di bersihkan. Demikian sharingnya smoga bisa membantu

    salam

  5. 6 ari 29 December 2009 at 5:35 am

    cara mengatasi kenari biar gak suka di lantai sangkar gimana caranya..tengkiyu atas sarannya

  6. 7 toheng 7 December 2009 at 3:17 pm

    Ada perkembangan terbaru nih si Kenari kuningku yang ekornya kusam, ternyata dia mulai memasuki fase molting (seingatku ini yang pertama kali sejak dia menetas), apa ya treatment terbaik buat fase ini, vitamin bulu boleh gak dikasih? juga obat apa yang bisa buat warnanya lebih oke?

    • 8 ahmad sofyan 8 December 2009 at 3:05 am

      om Toheng, kalau pendapat saya treatmentnya biasa aja makanannya yang biasa diberikan setiap hari hanya multivitamin agak diseringin biasanya diberi 1 minggu 1x sekarang 1 minggu 2x, mandi setiap hari setelah mandi jemur sebentar kemudian dikerodong… Kalau ingin meningkatkan kecerahan warna diberi jagung muda setiap hari selama mabung…. demikian dulu sharing dari saya, nanti biar pakar-pakar yang genapin hehe……

      salam

  7. 9 Slam 6 December 2009 at 2:20 am

    kalau boleh kasih saran, kenarinya dimasukan ke kandang kayu yg agak panjang dan besar, supaya leluasa bergerak dan kenari selalu berada di atas,tidak di dasar kandang. diusahakan jg jeruji bawah nya dibersihkan setiap hari.
    jgn lupa, alas sangkar sebaiknya diberi alas dari koran atau kertas, dan dibersihkan dgn desinfektan dua hari sekali.

  8. 10 toheng 4 December 2009 at 2:54 am

    aku nempatkan kenariku di sangkar lovebird yang tingginya sekitar 60cm dengan dua tangkringan, bagus mana ya, sangkar kayu atau besi?

    • 11 ahmad sofyan 4 December 2009 at 3:54 am

      Om Toheng …. sangkar besi maupun sangkar kayu punya kelebihan dan kekurangannya …. untuk sangkar besi virus atau bibit penyakit kurang betah dan praktis dalam pembersihannya …. yang utama sich sangat awet …. hanya kelemahannya untuk daerah dingin sangkar besi kurang bagus karena dingin. Untuk sangkar kayu terasa hangat dan alami tetapi harus sering-sering membersihkan sangkar karena virus dan bibit penyakit senang hidup disangkar kayu karena hanyak dan banyak tempat persembuyian… demikian om mohon maaf kalau salah

      salam

  9. 12 sofyan 3 December 2009 at 12:04 am

    Pak Toheng, itu kusam atau kotor karena kotoran …??… kalau kotor karena kotoran coba tangkep kemudian cuci ekor-nya setelah cuci ekor jangan lupa cuci alas sangkar-nya sehingga kotorannya tidak menempel diekor ….

    salam

  10. 13 toheng 2 December 2009 at 11:30 pm

    kenari aku kusam ekornya karena sering turun ke lantai kandang, kenapa ya? padahal udah sering mandikan tapi gak mau bersih juga


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,110,548 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

%d bloggers like this: