Kenari Indonesia

Mohon maaf blog hampir 2 minggu tidak mengalami up date artikel  …… pertama sibuk dalam rangka menghadapi pembuatan kandang ternak kenari dan ada kegiatan di kampung halaman dalam rangka menghadapi persiapan hari raya Idul Adha ….  Kalau kita berselancar di internet mengenai kenari, begitu banyak jenis dan warna kenari …. sebagian besar kenari-kenari populer/terkenal seperti, Yorkshire, Border, Waterslager, Spanish Timbrado dll …. merupakan hasil ketekunan dan kegigihan hobis dari Eropa dalam menggali dan mengembangkan kenari jenis baru, Amerika dan sebagian kecil Asia ….  Di Asia negara yang sudah menghasilkan kenari jenis tersendiri/khas  yaitu Cina, Taiwan dan Jepang  …..

Di Indonesia sendiri sebetulnya sudah ada keinginan untuk menciptkan jenis kenari khas Indonesia hanya belum ada asosiasi atau organisasi yang khusus mengelola kenari …. sehingga sampai saat ini belum ada aturan baku….. mau menciptakan kenari jenis apa…. seperti kita ketahui hobis kenari ada 3 aliran yaitu : Hobis yang menyukai Warna, body dan suara …. Menurut senior (senior di bidang kenari kalau umurnya sich tua-an saya hehe….) untuk warna dan body tidak terlalu diperhatikan …. orang Indonesia masih senang main suara … makanya saat ini lomba kenari 90 % melombakan suara … masih jarang yang melombakan body atau warna ….

Masukan dari senior ini (maaf namanya dirahasiakan)  tahap pengembangannya yaitu dimulai dari meciptakan lagu/suara khas Indonesia setelah suara khasnya dapat dilanjut ke bentuk/body dan terakhir ke arah warna….

Untuk segi lagu/suara coba dikembangkan dari isian beberapa suara burung lokal dari Indonesia mungkin untuk cengkoknya perpaduan antara suara gloster yang mempunyai cengkok suara dalam …. dipadukan dengan cengkok dan tembakan dari suara burung ciblek.  Sedangkan untuk suara tengah atau ngeroll bisa diambil dari suara kolibri dicampur dengan suara roll blacktrhout  terakhir diisi dari tekukan suara burung prenjak sawah …..  seperti es campur yach ..?? he..he…. hanya harus hati-hati dalam mencampur suara harus ada takarannya yang pas … es campur aja kalau terlalu manis ngga enak hehe……..

Memang untuk membentuk kenari type khas Indonesia membutuhkan pengorbanan  waktu dan dana  yang tidak sedikit ….. dalam mengisi suara khas membutuhkan individu burung yang baik mempunyai mental dan dasar suara yang bagus ….. saya juga dapat informasi dari kenarimania di Riau, saat ini hobis kenari di Solo sedang mengembangkan sistem kawin silang dengan beberapa jenis kenari … beberapa peternak mengawin silangkan beberapa jenis kenari dengan harapan bisa menghasilkan kenari yang basic suaranya bagus …. ada yang coba menyilangkan WS dengan ST, ST dengan Lizard hasil silangan disilang lagi dengan jenis lain ….

Tujuan dari kawin silang bolak balik (wah maaf bahasanya acak-acakan maklum bukan lulusan kedokteran hehe……) untuk menghilangkan kekukarangan dan meningkatkan potensi yang sudah ada dari tiap jenis kenari …. setelah berhasil didapat individu dengan karakter yang kita inginkan …. individu ini harus mengalami pemuliaan beberapa tahap, menurut yang ngerti ilmu genetika untuk menghasilkan anakan dengan genetika dan fenotif yang sama dengan indukannya (penyimpangannya kecil) memerlukan seleksi miniomal 4 tahap yaitu F1, F2, F3 dan F4… jadi untuk menghasilkan anakan khas indonesia dalam proses yang wajar memerlukan waktu minimal 3 tahun…. belum kalau indukan yang kita kembangkan mati harus mulai lagi dari nol….

Waktu 3 tahun itu waktu yang normal ada usulan yang kami terima dimana ada beberapa peternak yang bekerja sama, peternak 1 khusus ternak menyilangankan kenari jenis Yorkshire dengan Lizard, Peternak 2 khusus ternak menyilangkan kenari jenis Yorkshire dengan Spanish Timbrado selanjutnya hasil dari peternak 1 disilang dengan hasil peternak 2  oleh peternak lainnya. Dengan pembagian tugas ini diharapkan bisa memotong waktu yang dibutuhkan …. hanya memerlukan komitmen yang kuat dari peternak yang terlibat jangan sampai berhenti ditengah jalan ……. gimana pusingkan hehe…. dilanjutinnya nanti aja yach ….  nulisnya juga pusing hehe…..

About these ads

15 Responses to “Kenari Indonesia”


  1. 1 Kicau Mania 3 November 2012 at 4:16 pm

    saya peternak baru mohon bimbingan dan mohon diikutsertakan dalam asosiasi kenari indonesia.. aga dapat memperdalam tatacara mencetak kenari khas indonesia..he…salam

  2. 2 sofyan 16 January 2010 at 2:46 am

    Ini ada foto hasil silangan YS dengan lizard tapi bukan hasil ternakan saya …. hanya sayang saya belum pernah denger suaranya …. dulu saya ngambil dari peternak di jawa tengah awalnya saya pesan jantan setelah besar bertelor hehe…..

    salam

  3. 4 toheng 16 January 2010 at 12:20 am

    Perasaan saya dulu om sofyan pelihara lizard ya? kalo silangkan YS sama lizard oke gak ya? pernah coba?

  4. 5 sofyan 7 December 2009 at 3:10 am

    Om Dedy, om Slam dan om Yunior ….. sep… sekarang kita perkuat peternakan kenari kita masing-masing aja karena untuk membuat peternakan yang eksis seperti Pak Eko membutuhkan dana, tenaga dan kesabaran yang besar kalau diibaratkan lomba lari mendirikan peternakan ibarat lari marathon membutuhkan tenaga dan napas yang kuat tidak bisa instan….

  5. 6 yunior 7 December 2009 at 2:07 am

    becanda om he..he tapi ide bagus menurt saya selama masing2 individu punya ego sendiri2 kyknya sulit deh he..he jadi menurut saya suatu asosiasi harus didasari persamaan pola pikir masing2 individu didalamnya….

  6. 7 yunior 7 December 2009 at 2:03 am

    kan dah jadi asosiasi ma saya he..he

  7. 8 sofyan 6 December 2009 at 8:38 am

    ini kan ide-nya om Slam, sy copas dari hasil chatting kita om hehe…

  8. 9 Slam 6 December 2009 at 2:15 am

    Mantap ide nya om…
    Mudah2an bisa terealisasi. memang butuh waktu,dana,tenaga,ilmu,dan banyak lagi hal lainnya.
    yang terpenting : sabar….he3x..

  9. 10 Dedy_Utomo 4 December 2009 at 7:36 am

    Wah, mantap nih Om Sofyan ulasannya, kerja sama antar peternak juga ide yang sangat bagus…..tinggal ditindak lanjuti ke langkah yang lebih kongkret nih kayaknya, he he he

    • 11 ahmad sofyan 4 December 2009 at 9:02 am

      Baik om Dedy, saya juga pinginnya cepet-cepet terbentuk semacam asosiasi peternak kenari hanya apalah artinya saya yang masih pemula …. jadi saat ini saya lagi mencari di kanan kiri barangkali ada peternak-peternak besar yang mau bergabung dan mendukung terbentuknya organisasi peternak kenari mudah-mudahan dengan terbentuknya organisasi semakin memperkokoh dan arahnya bisa lebih terfokus ….. demikian Pak semoga apa yang kita cita-cita bisa tercapai …

      salam

      • 12 Dedy_Utomo 7 December 2009 at 1:51 am

        Betul sekali Om sofyan, adanya organisasi penting sekali, tapi menurut saya setidaknya dengan komunikasi yang intensif seperti yang dilakukan salah satunya di forum ini setidaknya akan bisa menjadi pondasi bagi terbentuknya organisasi yang lebih formal…semoga ide yang bagus ini bisa terlaksana Om…dan nanti saya kalau udah bisa ternak kenari pasti akan gabung ke organisasinya Om sofyan deh he he he

  10. 13 ahmad sofyan 3 December 2009 at 12:27 am

    Om Si-Jiy dan om Yunior …. tks atas atensinya ….. sebetulnya tulisan ini sudah lama saya rencanakan hanya berhubung saya masih awam tentang kenari jadi ragu-ragu mau nampilinnya ….. takut salah dan diketawain senior-senior kenarimania …. tetapi kalau ngga ada yang memulai siapa lagi …. jadi walaupun masih kurang disana sini saya coba ulas mengenai kenari Indonesia semoga bisa menjadi wacana untuk perkembangan kenari ….. demikian

    salam

  11. 14 yunior 2 December 2009 at 9:27 am

    mantap nih…menurut saya dinegara lain juga sulit mencetak kenari dgn suara bagus, postur mantap and warna yg khas….contoh american singer suaranya mantap tapi warna and postur gk khas, ws suara and warna khas tapi postur biasa mungkin hanya moghoom aja yg kali ya yg hampir mendekati suara and postur khas tapi warna masih belum khas seperti lizard misalnya….kalau saya setuju dgn konsentrasi disuara dulu setelah suara dapat mungkin tinggal mencetak postur and warna untuk postur mungkin relatif lebih mudah kali ya yg rada sulit mencetak warna yg khas misal seperti lizard atau siskin..he..he maaf om kalau banyak salah namanya juga pemula…..

  12. 15 si-Jiy 2 December 2009 at 7:48 am

    Mantaaaab Om AS,
    Semoga maju peternak Kenari Indonesia … Amiin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,208,813 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

%d bloggers like this: