Harga Seekor Kenari

Alhamdulillah akhir-akhir ini banyak email maupun sms yang masuk menanyakan harga kenari merah lokal …… saya coba jawab setiap email maupun sms yang masuk. Sebagian besar menawar harga yang saya berikan…. saya pikir wajar dalam sebuah transaksi ada tawar menawar harga … 

Dalam menentukan harga suatu produk produsen tidak bisa seenak perut menentukan nilai nominal harga suatu barang….. mereka juga harus menghitung berapa biaya produksi per-unit, berapa persen mengambil keuntungan dan berapa harga yang wajar dilevel yang dia tentukan…. juga tidak lupa survei kepasar harga produk yang sama dari perusahaan kompetitor.

Saya juga dalam menjual Kenari tidak bisa seenaknya menentukan harga, sama seperti uraian diatas saya harus menghitung berapa biaya operasional dan modal pembeli indukan….. Hal utama yang saya perhatikan yaitu nilai kewajaran harga seekor kenari ….. Saya tahu customer/pembeli akan menawar harga kenari yang saya tawarkan tetapi saya tidak me-mark up harga dengan harapan setelah tawar menawar harga yang disetujui sesuai dengan harga yang saya inginkan…..  saya tetap memberikan harga yang saya anggap wajar walaupun pasti ditawar, tetapi harganya tidak akan bergeming karena saya anggap itu harga yang wajar hehe….

Faktor lainnya yaitu sebagian besar pembeli kenari adalah pemula yang baru belajar ternak jika saya kasih harga tinggi takutnya mereka terkaget-kaget …. wong dikasih harga murah aja masih nawar hehe….  saya juga harus memperhatikan keberlanjutan dalam ternak kenari …. Kalau Anda diberi harga murah nanti Anda jual produksi sendiri harganya berapa ? apakah dengan harga murah anda masih semangat ternak kenari ??? …. jadi saya coba memberi harga yang wajar menurut saya agar Anda tetap semangat ternak kenari ….

Suatu hari nanti pada saat anda berhasil ternak kenari tujuan anda ternak bukan hanya mencari materi/uang tetapi akan sampai pada suatu tahap mengejar prestise…. Pada tahap ini Anda sudah tidak memikirkan harga lagi. Pada level ini memiliki dan berhasil ternak kenari jenis tertentu menjadi suatu kebanggaan. Jika sudah masuk kelevel ini nilai ke-exlusive-an kenari menjadi komoditas yang menggiurkan….. Tetapi tiba-tiba jenis kenari ini akan di abaikan/ditinggalkan karena nilai ke-eclusive-anya sudah tidak ada lagi karena dipasaran sudah banyak dan harganya rendah….

Jadi mulai saat ini jangan nawar-nawar lagi yach karena kalau dapet harga murah jualnya juga murah….hehe…. (maaf ini hanya mengisi kekosongan).

33 Responses to “Harga Seekor Kenari”


  1. 1 beni 17 September 2013 at 10:21 am

    mau nanya ,kalau di tasikmalaya peternak kenari merah dimana?

  2. 2 Bangri 27 May 2012 at 6:25 am

    Setuju Om, saat aku mulai ternak dulu aku beli sepasang kenari jantan warna merah bon dan betina kuning, harga 500k, aku nggak nawar-nawar saat itu eh….malah ditambah bonus betina lizard non-cup……endingnya sekarang aku dapat anakan Blackred jantan 2 ekor, 1 betina orange…, blackrednya dah dibeli 850k….., bukankah itu bagian dari karma yang tidak nawar…? he..he..he…, salam kenal deh Om Sofyan……..

  3. 3 rangga 1 May 2012 at 11:53 am

    om ,, rangga mau nanya ..
    klo perbedaan kenari laki _laki and perempuan
    di liat dari apaya om ?

    plisss komen .

    baca link ini om semoga bisa membantu http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari wassalam

  4. 4 juned 27 February 2012 at 9:02 am

    setuju om, saya juga belajar ternak kenari om, alhamdulillah om yg nawar murah jarang banyakan yang minta.hahaha maklum banyak sodara dan temen. dari 7 ekor betina 12 pejantan udah setahun ada 60 han ekor

  5. 5 agos 17 October 2010 at 1:42 am

    om saya mau tanya aq punya 1psg knari kan dulu pernah ada susuhnya trus saya ambil tp setelah itu udah ngk mau bt susuh lagi gmana om

    om Agos, susuh itu apaan maaf bahasanya roaming hehe….

    salam

  6. 6 anton 28 June 2010 at 1:50 am

    Om Sofyan apa sih kegunaan blue seed? Apakah benar untuk menambah gacor? Apakah baik diberikan kepada kenari yang baru berumur 2 Bulan? Apakah baik diberikan ke kenari yang sedang meloloh?

  7. 7 anton 28 June 2010 at 1:46 am

    Pak gede aku dirumah hanya tersedia multivitamin yang berbentuk serbuk berwarna orange. Aku beli di jl garuda. Kiranya aku perlu menyediakan obat-obatan apa lagi ya untuk mencegah dan mengobati kenari sakit?

  8. 8 anton 28 June 2010 at 1:34 am

    Pak Gede dari Bandung ya…. Aku mau tanya neh kalo beli pakan kenari, suplemen dan multivitamin biasa dimana?

  9. 9 anton 28 June 2010 at 1:32 am

    Pak Gede dari Bandung ya…. Aku mau tanya neh kalo beli pakan kenari, multivitamin dan suplemen biasa dimana ya yang lengkap? aku biasa beli di jalan Garuda? Namun disana hanya menyediakan pakan kenari, CD dan multivitamin yang berbentuk serbuk berwarna orange.Selain itu tidak ada yang lain seperti suplemen.Apakah sudah cukup untuk berjaga jaga mencegah kenari sakit?

  10. 10 ari 25 June 2010 at 2:28 pm

    alamat pak gede dmn ya om? klo misal sya cri kenari merah di bandung, usulan om sebaiknya sya ambil dmn om? awam ni

  11. 11 anton 16 June 2010 at 6:25 am

    Anton om,…. dari Bandung nehh…..Salam kenal ya.

  12. 14 anton 16 June 2010 at 4:56 am

    minyak ikan gimana ngasihnya om?apa dicampur dengan minumnya?

    • 15 ahmad sofyan 16 June 2010 at 5:55 am

      om Anton dan om Antok beda yach ..?? saya ketuker-tuker nich hehe….minyak ikan di campur dengan pakannya kalau ditambah keair minum ngga bisa nyatu (campur), atau om cari makanan kemasan yang ada minyak ikannya… sekarang mulai banyak makanan kemasan yang sudah di campur minyak ikan, wheat germ oil dan campuran tepung roti sama telor….demikian semoga membantu

      salam

  13. 16 antok 9 June 2010 at 4:22 pm

    om,aku pemula,sy pya kanari 1jtn putih,2betina kuning,klo yg betina bertelor 1,trs yg jantan diambil ditrh di betine satunya ,apa bisa betina yg betelur itu bisa bertelur lgi?slm knl,breeding pemula

    • 17 ahmad sofyan 10 June 2010 at 12:45 am

      om Antok… ternak sistem poligami bisa aja… hanya kalau pengalaman saya pengambilan jantan yang bagus pada saat betinanya bertelor ke tiga atau 3 hari setelah betinanya bertelor…

      salam

      • 18 antok 10 June 2010 at 4:34 am

        apa betinanya ttp bisa bertelor om,mlm kemarin baru ada 2 tlr trs jantan tak masukin ke betina satunya.tlr 2 masih di erami apa bisa trs nelornya ,soalnya pernah 5 tlr tp gagal,soalnya tak jemur(mateng deh)ngak boleh dijemur om ya?walau 3 hr sekali.he..he..he pemula biasa krg ilmu

      • 19 ahmad sofyan 10 June 2010 at 6:33 am

        Kalau bertelor sich bertelor om…pada saat kenari bertelor tidak harus di jemur, yang penting diberi multivitamin kalau ada diberi minyak ikan cukup seminggu sekali….

        salam

  14. 20 wawan 4 June 2010 at 11:25 am

    mau tanya alamat peternak kenari di sekitar serpong dimana y? kalau ada no tlp atau hp sekalian .tq

    • 21 ahmad sofyan 5 June 2010 at 2:32 am

      om coba om tampilkan email atau no. telp om yang bisa di hubungi biar rekan-rekan yang hubungi…. salam

  15. 22 dadang 4 April 2010 at 2:38 am

    om,saya pemula dan ingin budidaya kenari kira-kira berapa om harga sejodohnya?

    • 23 ahmad sofyan 5 April 2010 at 1:48 am

      om Dadang harga 1 pasang kenari tergantung kualitas, untuk lokal kisaran 400 rb udah bagus, sedangkan kalau impor minimal 1,5 juta…. demikian

      salam

  16. 24 sofyan 5 January 2010 at 12:15 am

    Wah om Dony…. saya hanya hobis biasa yang masih belajar mengenai kenari,… saya rasa masih banyak hobis kenari yang sudah terkenal dan kawakan, sehingga omongannya didenger hobis kenari lain…. kalau saya yang bikin standar harga malah diketawain pakar-pakar kenari hehe…. Yang penting saya coba buat standar harga saya sendiri om hehe….

    salam

    • 25 Dony 5 January 2010 at 12:43 am

      He3x.. ga apa apa om. kan kl ada paguyuban dgn materi indukan yg merata (unggul baik suara, warna atau bodi) kita bisa menstandarkan harga krn kualitas kenari yg kita hasilkan. Bener ga om?? he3x..

  17. 27 Dony 4 January 2010 at 9:11 am

    Mantap ulasannya om..
    Kl bisa ada standard harga seperti CR di APCR..

  18. 28 yunior 28 December 2009 at 2:25 am

    mantap om ulasannya……and yg utama lagi kita harus tahu kebutuhan pelanggan kita apakah untuk ternak, lomba atau hanya untuk hiasan aja sehingga harga yg kita berikan juga sesuai he..he

  19. 29 CIBLEK 24 December 2009 at 10:15 am

    Om sya pnya burung kenari 2 ekor warnanya kuning garis putih di sayap. cara bedain betina ma jantannya gmana ya om kalo langsung liat ke alat kelaminnya?

  20. 31 Ade 22 December 2009 at 12:15 pm

    Setuju pisan…!


  1. 1 Peluang Usaha Budidaya Ternak Burung Kenari | Ide Peluang Usaha Peluang Bisnis Usaha Sampingan Terbaru Trackback on 9 August 2011 at 7:38 pm

Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

INDOSAT

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,101,466 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 155 other followers

