Dinamika Ternak Kenari …..

Akhir-akhir ini saya disibukkan dengan pembuatan kandang ternak kenari….rencananya saya ingin meningkatkan produksi kenari menjadi 2 kali lipat, dimulai dengan pembuatan ruangan dilantai atas… Setelah ruangan selesai dilanjutkan dengan pembuatan kandang/kandang kotak, untuk menghemat dana pembuatan kandang di kerjakan sendiri….. Asli kandang ternak saya buat sendiri tanpa bantuan tukang… walaupun saya bukan tukang kayu untuk gergaji dan memaku insya Allah bisa … masa gergaji kayu aja kalah sama tukang yang tidak pernah sekolah hehe…..

Kandang ternak selesai dibuat bibit kenari merah sudah dapat dari temen di Bandung, dengan perasaan senang dan harapan besar semua kenari saya pindah ke kandang ternak baru…. proses selanjutnya tahap penjodohan dan proses perawatan harian…. seminggu sejak penempatan di kandang ternak baru hasilnya mulai terlihat…. beberapa kenari mulai mengap-mengap dan beberapa ekor mengkeret …. hati mulai was-was karena satu persatu kenari mulai sakit parah…. Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit beberapa kenari saya coba ungsikan ke tempat semula (kandang ternak lama). Kenari yang sakit coba di tanggulangi dengan diberi obat napas….

Sambil mengobati kenari yang sakit saya coba telusuri penyebabnya ….  kesimpulan sementara kandang ternak kurang nyaman buat ternak kenari…. pada siang hari suhu ruangan panas dan pada malam hari angin di ruangan cukup kencang ….. sehingga banyak kenari yang masuk angin… Berhubung telat mengantisifasi sebagian besar kenari pindah alam…

Kejadian diatas membuat kesal, was-was melihat kenari yang satu persatu berguguran pindah alam dan yang terparah membuat saya malas merawat dan mengobatinya…. beruntung saya masih punya temen-temen yang menyemangati …. jadi walaupun sambil malas-malasan saya masih berusaha menanggulangi kendala yang saya hadapi…….

Inti dari permasalahannya adalah pada saat pembuatan kandang saya tidak mengontrol/meneliti suhu lingkungan (suhu lingkungan kandang ternak), tidak memperhatikan keamanan kenari dari gangguan serangga dan tikus, dan yang paling utama saya tidak memperhitungkan kemampuan  saya dalam mengelola kandang…..

Suhu ruangan yang kondusif untuk ternak kenari adalah antara 23°C s/d  27°C. Di Jakarta untuk mendapatkan suhu yang ideal agak sulit karena memang daerahnya panas, untuk menanggulangi agar ruangan tidak panas harus banyak bukaan (ventilasi). Dengan banyak ventilasi diharapkan udara sekitar ruangan kandang ternak mengalir dan udara ruangan cepat tergantikan sehingga suhu ruangan lebih adem. Dalam menentukan posisi ventilasi juga harus hati-hati jangan sampai angin menghembus langsung ke arah kandang ternak … Agar ternak kenari berjalan lancar kenyamanan sekitar kandang harus di perhatikan, kenari harus dilindungan dari gangguan cuaca, gangguan serangga dan gangguan pemangsa lainnya.

Faktor paling utama dalam beternak kenari adalah kemampuan kita dalam mengelola kandang ternak. Kandang ternak harus terpelihara kebersihannya dan kenari terawat dengan baik. Kita sebagai peternak harus bisa mengukur kemampuan seberapa banyak kenari yang bisa dikelola…. terutama bagi peternak yang belum fokus di ternak kenari…… Karena ketika jumlah kenari yang dipelihara diluar kemampuan kita (kebanyakan) akibatnya membuat kita kecapaian sendiri…. Akibat lanjutannya banyak kenari yang lepas kontrol dan kebersihan kandang terbengkalai. Selanjutnya dan selanjutnya lagi tunggulah waktunya bom meledak seperti yang saya alami saat ini hampir tiap hari harus menguburkan kenari…. Lho kok malah curhat yach hehe…… btw saya bukan menakut-nakuti hanya ingin sharing saja bahwa ternak kenari harus penuh kewaspadaan, setiap proses akan menemui kendala dan proses menyelesaikan kendala inilah yang membuat diri kita dinamis…..

Proses Pembuatan kandang ternak

About these ads

88 Responses to “Dinamika Ternak Kenari …..”


  1. 1 dadang kurniawan 18 December 2013 at 9:24 am

    mf nunpang nanya ukuran triplek ny brapa itu pak. . .takut ketipisan takut kelebaran, mau nyoba makasih sblm ny

    maksudnya ketebalan triplek atau ukuran kandang ?

  2. 2 dedy_canary 7 June 2013 at 8:05 am

    Misi om numpang tanya..
    kenari sy nelor makanan 1 butir, 2 hr brikutnya sy kawinkan dan empat hari kmudian nelor 3 butir lalu skrng ngeram… yg sy tanyakan :
    1. nelor karna makanan biasanya berapa butir ?
    2. apa bisa telornya ampe netes karna jarak nelor pakan dgn dikawinkan 2 hr ?
    3. wkt ngreramkan 2 mgu, itu dihitung dari nelor pertama atau nelor terakhir ?
    Trima kasih atas jawabannya… smoga blog ini tambah sukses…

    1. Kalau menurut saya bukan nelor karena makanan om, tetapi memang sudah saatnya bertelor jumlah telor tidak tertentu
    2. bisa saja om telornya netes asal yakin dibuahi.
    3. untuk lebih amannya 14 hari dari telor pertama keluar di tambah jumlah telor yang terakhir keluar (14 + 3 = 17 hari)

  3. 3 harrys 21 May 2013 at 3:59 pm

    Bener bgt mas ternak kenari memang harus sangat2 was pada, saya merasakan sendiri.
    Saya baru mau blajar ternak ni mas bermodalkan sepasang kenari namun baru beberapa hari pejatan dimangsa oleh musang!
    Kemudian aku ganti dengan yg baru eh indukanya yg dibantai kucing, lagi ku beli eh 22 nya dibantai tikus capek deh mas duit udah keluar banyak namun hasil tidak ada lemes tak bersemanat lagi

    Jangan lemes dan tak bersemangat om, kalau kata orang tidak ada makan siang gratis hehe….. semua kejadian bisa dibuat bahan pelajaran, makanya saya selalu mewanti-wanti bagi pemula yang ingin mulai belajar ternak mulailah dari kenari murah sehingga ketika gagal tidak terlalu sakit hati. Om Harrys coba ganti kandang ternaknya menggunakan kandang besi(biasa dipakai ternak LB) mudah2an bisa melindungi kenari dari serangan tikus, musang dan pemangsa lainnya

  4. 4 Apung 20 November 2012 at 10:31 am

    om sofyan, material jeruji besi kandang beli dimana and harga berapa?
    pengen coba buat kandang ternak juga nih.

    atau kalo beli jadi dimana and berapa?

    thanks infonya

  5. 5 Rudy_java 21 September 2012 at 4:49 am

    Halo yth om uphay , , , ,

    Mohon info nya tentang harga kenari usia sapihan jenis, YS LOKAL, F1, AF, AF-SUPER, LOKAL-SUPER, RI LOKAL, juga buat teman2 yg mau berbagi info harga kenari di wilayahnya masing2 saya ucapkan terimakasih (085799931625 :rudy)

  6. 7 ariva 29 May 2012 at 10:34 am

    Brrt di coba sesekali di jauhkan dgn yg jantan ya om uphay?
    Selain di jauhkan untung memancing birahi si betina dgn apa lagi om uphay.
    Hehehehe :D maklum saya msh pemula bgt makanya bnyak nanya.

    • 8 Uphay 30 May 2012 at 1:36 am

      Sama om,saya juga masih pemula kok, coba banyak baca artikel “pengalaman beternak Kenari” di blog ini, itu paling lengkap dah.. hehehhe, intinya, untuk mencapai birahi harus sudah mapan usianya, jemur dan mandi teratur, pakan lengkap dan bergizi, ada jantan yang guacor bunyi didekatnya, dan burung sehat tentunya… semoga berhasil om…

  7. 9 ariva 27 May 2012 at 1:16 pm

    salam kenal om, saya pemula om. mau tanya seputar ternak kenari saya punya jantan birahinya tinggi sekali, saya ada fikiran untuk membeli betina. setelah beli dan di dekatkan kandang jantan dan betina si jantan bersuara lantang trus nabrak” tapi sibetina hanya bersuara tidak mengepak”an sayapnya om setelah 3 hari saya perhatikan tambah lama si betina makin cuek. sangking g’ sabarnya saya satukan deh. hehehehe. saya satukan tapi knp mlh ky’ berantem ya om?
    selang berapa hari saya perhatikan si jantan malah yang membuat sarang si betina mlh ngajak berantem si jantan om itu kenapa ya om?
    udh seminggu lebih sarang hampir jadi eee mlh di acak” lagi om sama si jantan.
    mohon ilmunya om saya mesti bagaimana? maklum saya msh pemula banget om. :D

    • 10 Uphay 29 May 2012 at 5:58 am

      nimbrung om.. hehehe, kunci keberhasilan penjodohan adalah keduanya berada di puncak birahi. nah, menurut saya, betina om Ariva belum di puncak birahinya, coba jangan dicampur dulu, tapi di dempetkan dulu kandangnya, taruh tempat sarangan di kandang betina, kasih telur puyuh dan mandi jemur bersama. bila usia betina sudah mapan (diatas 7 bulan), biasanya nanti cepat birahi, setelah betina “ngeleper” atau sarangnya sudah dibuleti dan bagus, baru masukkan jantannya. semoga bermanfaat.

      • 11 ariva 29 May 2012 at 7:40 am

        Tetapi pas saya coba jauhkan antara betina n’ jantan sampai tidak terlihat satu sama lainnya si betina berteriak” memanggil si jantan om dgn suara lantangnya om. Saya coba dekatkan si betina mlh diam saja om. Kl yg seperti ini bagaimana om?

      • 12 ariva 29 May 2012 at 7:44 am

        Tanya lagi om hehehehe :D
        Kan saya iseng ya om uphay, menjauhkan si jantan n’ si betina sampai tidak terlihat satu sama lain, lah si betina malah teriak” memanggil si jantan dgn suara lantangnya om. Pas saya dekatkan si betina mlh diam saja om. Itu bagaimana ya om uphay?

      • 13 Uphay 29 May 2012 at 7:56 am

        hehhe, kenari itu pada dasanya adalah burung koloni atau berkelompok, jadi jiwa sosialnya tinggi, jadi kalau dijauhin, yah pasti dicariin, soalnya BT kalau sendirian….xixixiixx. itu artinya sudah mau jodoh mungkin om…tapi tetep belum di puncak birahinya, cara mancing birahi bisa juga sesekali dijauhi.. hehehhe

    • 14 ariva 29 May 2012 at 11:52 am

      brrt di coba sesekali di jauhkan dengan jantan ya om uphay?
      selain di jauhkan untuk memancing birahi si betina apa lagi ya om uphay?
      hehehehe :D maklum saya masih pemula bgt om makanya banyak nanya om. :D

  8. 15 sholikhin586 25 March 2012 at 5:32 am

    assalamualaikum
    salam kenal
    om aku baru aja beli sepasang kenari dan ingin aku ternak,tapi aku gak tau umurnya berapa,kalau langsung dijodohkan bisa gak,atau bagaimana cara mengetahui umur kenari itu
    thankr

    om mudah2an tulisan ini bisa membantu http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula , wassalam

  9. 16 cloud cool 1 March 2012 at 3:01 am

    ak mau tanya bg,
    ak kan baru mulai ternak kenari,tp gk tau sarangan untuk telur kenari dari apa ya…
    mksih bg

    • 17 Uphay 1 March 2012 at 11:13 am

      Banyak bahan yang bisa jadi sarangan om, serat nanas, benang woll, sobekan kertas, kapas, intinya sarangan di potong kecil2 supaya bisa ditata oleh Kenarinya, semoga bermanfaat

  10. 18 agus 12 February 2012 at 4:05 pm

    slm knl om sofyan…
    sy mau nanya om,klau anakan kenari sy koq mati mulu itu knp ya om?
    apakah betina nya krng bgs???trims

    • 19 Uphay 1 March 2012 at 11:16 am

      saya coba bantu om Agus, anakan mati biasanya karena tidak dapat asupan makanan dari indukan, indukan kurang bagus melolohnya biasanya karena baru pertama nelur, atau karena tidak ada pakan yang dia butuhkan tuk meloloh anakan. pakan yang paling disuka indukan tuk ngeloloh biasanya telur, sayur dan makanan halus (Soft food). Semoa bermanfaat. salam

  11. 20 arif 8 February 2012 at 4:39 am

    salam kenal om saya arif di bekasi setelah saya bca artikel om saya terinspirasi tuk berternak kenari da sekarang sudah bertelur klo da masalah mohon pencerahan ya thks

  12. 21 Abde 28 October 2011 at 3:39 pm

    Assallamualaikun Om,mo nanya dikit om,mohon dengan sangat di jawab ya.Kalo pake kandang permanen gitu,jadwal jemurnya bgmana om?Matur nuwun sebelumnya Om.

    Terserah om kapan ada waktunya saja kalau om bisa setiap hari lebih bagus, hanya untuk kenari yang sedang mengeram jangan dijemur sampai usia anaknya sekitar 7 hari, demikian om

    Wassalam

  13. 22 Rizal 19 October 2011 at 1:28 pm

    OM S0fyan yth
    saya salut baca komentar dan jawaban, masalah kandang. terbuat dari triplex tipis. atau multi plex tebal yang 18 mm.terus di simpan di ruangan terbuka. atau tertutup. misal kamar/ dapur/ garasi. atau harus terkena sinar matahari langsung.gimana. atau harus atapnya terbuka.. tolong om. saya baru mau ternak..nich..atau depan wajah sanhkar harus menghadap ruang terbuka.
    boleh .ngak/ sangkar dipasang di ruang tertutup tapi punya jendela kaca besar. nuhun ( rizal. sukabumi. jabar)

    Tergantung kebutuhan om hanya saya rasa multiplek tebal 18 mm terrlalu tebal, mungkin ukuran 9 mm atau 12 mm sudah cukup kalau ketebalan selain mahal juga berat. Penempatan kandang ternak ditempat tertutup bisa saja hanya sekali-kali kenari harus dijemur, yang harus diperhatikan penempatan kandang di ruangan yaitu ventilasi udara usahakan ventilasi baik dan suhu ruangan tidak terlalu tinggi, demikian om

    wassalam

  14. 23 kadek 18 October 2011 at 3:23 am

    omm mau tanya, tirpleknya itu di lem ato di paku
    terima kasihh

    di paku om biar kuat, kalau dilem takutnya lepas akibatnya bisa patal kenarinya bubar ke alam bebas hehe….

    Wassalam

  15. 24 upik 10 September 2011 at 4:25 pm

    ass..om, salam kenal ya.. blog-nya mantap nih, belum abis dibaca 2 hari… ada masalah ga kalo kandang di cat ato vernis..? terutama untuk bagian dasar..terus, kalo bagian belakang ditutup apa tidak jadi panas..?. kebetulan minggu lalu dikasih KN sepasang oleh teman, rencana mau coba buat kandang sendiri. makasih sebelumnya om….wass…

    Waalaikumslm, salam kenal juga om, fungsi cat atau vernis adalah sebagai estetika (keindahan) sangkar, kenari yang indah akan semakin indah jika di tempatkan pada sangkar yang indah. Selain berfungsi estetika juga bisa berfungsi mempertahan umur sangkar. Maksudnya bagian belakang apa om, kalau bagian belakang tidak ditutup kenarinya bisa kabur dong om hehe….

    wassalam

    • 25 upik 15 September 2011 at 2:19 pm

      ass…om, maksudnya bagian belakang kandang, digambar sepertinya ditutup pakai triplek bukan dikasih jeruji. apa kandang tidak terlalu panas jadinya..???

      wass…

      Waalaikumslm, saya rasa kalau udara sekitar kandang tidak terlalu panas bagian belakang ditutup tidak apa-apa om, dengan bagian belakang tertutup membuat kenari merasa nyaman untuk berkembang biak, demikian terimakasih

      Wassalam

  16. 26 eioy 4 September 2011 at 3:00 pm

    salam kicau Om
    saya yopie di malang
    saya da ternak kenari kira2 1 tahun terakhir,tp akhir2 ini kok banyak kenari saya telurnya banyak yang g netas ya..???
    satu lg gimana caranya ngrawat kenari yang mabung.
    trimakasih sebelumnya

    Coba perhatikan gizi pakan, pola perawatan dan usia kenari. Usia kenari cukup menentukan dalam produktivitas kenari semakin tua semakin kurang produktif. Cara perawatan kenari mabung sama saja hanya kenari lebih banyak dikerodong.

    Wassalam

  17. 27 panji 9 June 2011 at 6:22 am

    salam kenal Om….saya baru belajar ternak kenari juga. Saya punya dua induk betina kenari sudah bertelur dan menetas, tetapi induknya tidak mau “nyuapi” anaknya.. kenapa ya? Mohon pencerahan. terima kasih

  18. 28 waskito 7 June 2011 at 7:41 am

    perkenalkan nama saya waskito dari malang.
    kalo tak lihat2 kandangnya permanen ya om?
    trus kalo gitu cara jemur nya gimana? apa dilepas baru dijemur ?
    maklum peternak pemula om baru belajar.

  19. 29 zain 2 June 2011 at 4:40 pm

    tanyaom?ukuransanggkarkenariuntukkawinapabisamenggunakansanggkardenganukuranL40dantingginy50cm?mkshom

  20. 30 hariz 21 December 2010 at 11:47 am

    baguz kandang ayamnya..

  21. 31 masdodo 2 December 2010 at 4:41 am

    aku pemula sekali dalam perkenarian… kenariku tanggal 17 oktober mulai telur sampai 3 tanggal 21 ngerami samapai tanggal 8 nopember ternyata kopyor semua. kemudian tak pisah selang dua hari telur satu tak ambil telur dan mulai tanggal 28 nopember tak gabung lagi dan sekarang (2/12) dah telor 2… pertanyaannnya adalah kok cepet sekali bertelornya.. apa emang gitu dan apakah kemungkinannya sdah dibuahi? mengerami dan bisa menentas? trims

    Kalau telornya tidak menetas biasanya 5 sampai 7 hari kemudian sudah bertelor lagi, disatukan selama 4 hari saya rasa sudah dibuahi yang penting jantannya mau kawin… semoga telornya bisa menetas om… itulah nikmatnya beternak kenari ada waktu-waktu yang di tunggu….

    salam

  22. 32 stepanus 11 November 2010 at 4:06 am

    Salam kenal Om Sofyan
    Dari masa pembuahan sampai keluar telor kira kira berapa hari ya om,Soalnya kenari saya baru saya jodohkan besoknya sudah telor,kira 2 di buahi nggak ya?

    Terimakasih.
    Stefanus

    Ini om Stefanus yang dibogor bukan ??… kalau 1 hari sepertinya tidak dibuahi om, pengalaman saya jarak 2 hari masih sempet dibuahi dan telornya bisa ngisi (menetas)… demikian yang saya tahu mohon maaf kalau salah…

    salam

    • 33 yunior 11 November 2010 at 8:46 am

      siip om sofyan..saya tambahin ya kalau om gk yakin juga coba pada telur umur 7 hari diangkat dan diliat apakah warnanya gelap dan ngedop kalau gelap dan ngedop berarti ngisi kalau bening berarti gagal..

      saya ragu-ragu jawabnya om takutnya om Stefanus bogor, kalau betul beliau malu saya, kenari beliau itu banyak saking banyaknya sangkarnya pakai kandang besar ukuran 1m x 1m x 2m dan ada beberapa kandang ternak… hehe…..

      salam

    • 34 stepanus 15 November 2010 at 3:17 am

      Maaf Om saya stefanus yang di tangerang.
      Saya lagi coba coba ternak kenari.
      Oh ya Om saya mau tanya lagi ni?sory ngrepoti?
      Melanjutkan topik yang kemarin,Sebelumnya sepasang kenari itu pernah saya jodohkan bertelur 3 setelah 14hr kemudian menetas semua,pas anak umur 7 hari tiba2 ada lagi telor yang menetas lagi padahal tadinya cuma 3,sekarang anaknya jadi 4 ekor dan sudah pada ngriwik,3 cowok,1 cewek.
      Setelah anakan umur 28 hari dan sudah bisa makan sendiri saya pisah di kandang umbaran ( 80 x 40 x 60 ).
      Selang 2 hari indukan saya satukan kembali berharap bisa telor dan menetas kembali.
      Tapi ya itu om seperti yang saya sampaikan kemarin itu,setelah dijodohkan selang 1 hari telor satu sampai 3 hari ,3 telor,
      kira kira kenapa ya Om?Apa ada yang salah Om ya?

      Terimaksih Om Sofyan,

      Salam

      Wah kirain om Stefanus yang di Bogor hehe…. Kalau menurut saya tidak ada yang salah om…ternaknya lanjutkan saja, kalau telor pertama tidak sempat di buahi ada harapan dari telor ke 2 dan ke 3…

      salam

      Stefanus
      Tangerang.

      • 35 stepanus 16 November 2010 at 12:59 am

        Terimakasih Om atas pencerahanya.
        Saran dari Om Sofyan dan temen temen pecinta kenari di Forum ini sangat membantu sekali.
        Sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih.

        Salam
        Stefanus
        Tangerang

      • 36 stepanus 19 November 2010 at 2:26 am

        Kabar gembira Om,tanggal 17 kemarin indukan saya satukan dengan pejantanya,tadi pagi tgl 19 ,saya liat telur ada 1 butir,tapi kira kira di buahi nggak Om ya?

        Terimakasih.

        Salam
        Stefanus

        Wahhh embuhh …om yang deket saja tidak tahu… apalagi saya di Palembang dan saya tidak punya indra ke 6 yang bisa melihat dari jarak jauh hehe… sabar saja om tinggal tunggu 14 hari kemudian …

        salam

  23. 37 heru 2 November 2010 at 2:32 am

    mau nanya om vitamin buat bulu kenari apa ya om

    Om Heru untuk yang pastinya saya tidak tahu tetapi untuk pemeliharaan bulu kenari saya biasa menggunakan minyak ikan, cara pemakaiannya diteteskan pada bijian, pada saat kenari menyisil (mengupas kulit) bijian minyak ikan termakan… demikian om semoga bisa membantu…

    salam

  24. 38 andang 15 October 2010 at 3:09 am

    mas aku nih baru belajar ternak kenari?tapi kok kenari yang aku punya gak mkau mengerami telurnya ya?dan kenarinya gak mau menelur di sarangnya,
    lo betinanya bertelor sebaiknya di pisah ma yang jantan tau tetep di gabung ma yang betina?
    makasih

    coba baca link ini om semoga bisa membantu

    salam

  25. 39 Yohanes Haryanto 23 June 2010 at 10:48 am

    Om , lama pengeraman telur kenari dihitung dari mulai telur pertama atau setelah telur terakhir, saat ini kenari bertelur 3 butir, bila dihitung dari telur pertama sudah sekitar 15 hari dierami tetapi belum menetas, paling lama memastikan telur menetas atau tidak berapa lama Om, mohon bimbingannya, terimakasih

  26. 40 alfian 27 May 2010 at 3:44 am

    ukuran kandang untuk ternak burung kenari ( cm x cm )
    trus untuk letaknya apa boleh di gantung??

    • 41 ahmad sofyan 27 May 2010 at 5:28 am

      untuk kandang bisa menggunakan kandang soliter (harian) lebih bagus ditempel di dinding sehingga tidak terlalu banyak bergerak…. sisi kiri dan kanan di tutup menggunakan kertas koran sehingga indukan bisa mengeram dgn tenang…

      salam

  27. 42 Melon (Pqerto) 11 May 2010 at 4:19 pm

    wah jadi pengen tuh…..nyontek ja lah……bleh ya om….hehehe

  28. 44 achmad depok 27 April 2010 at 3:58 am

    om safyan yang baik hati
    kalo ukuran kandang ternak yang ideal buat kenari barapa kali berapa ya….??
    lalu kalo ukuran kandang ternak yang 9 pintu milik om sofyan itu ukurannya berapa ??

    • 45 ahmad sofyan 27 April 2010 at 4:13 am

      ukuran kandang ternak ideal belum ada om yang penting kenari merasa nyaman, saya rasa kandang ternak seukuran kandang soliter sudah cukup… kalau kandang ternak yang saya buat muka 40 cm x kedalaman 50 cm x tinggi 60 cm, sebetulnya ukuran diatas ngejar ukuran triplek biar gak banyak kebuang hehe….

      salam

  29. 46 Adri 5 April 2010 at 10:34 am

    Kandang yang cakep Om, saya bisa pesan nggak……? hehehehhe

    • 47 sofyan 5 April 2010 at 11:59 pm

      terimakasih om Adri atas atensinya, maaf saya tidak bisa bantu tidak menerima pesanan pembuatan kandang ternak….

      salam

  30. 48 dendi 17 March 2010 at 11:50 am

    thanks om atas sarannya,,semoga kenari saya cepat bertelur…heu..

    sukses om…

  31. 50 Soerif 16 March 2010 at 3:53 am

    Om saya tertarik banget sama kandang nya, bisa ga om jelasin gimana cara masang kawat dan pintu kandang nya,dan berapa kira2 biaya buat beli kawat nya, kalo rangka nya saya sudah ada pake lemari bekas rak buku. trim ya om saya baru mau mulai belajar ternak lagi nih… coz beberapa bulan yg lalu 2 pasang kenari saya abis di bantai sama tikus, jadi sempet lesu nih….. trims skali lagi…

    • 51 ahmad sofyan 17 March 2010 at 12:28 am

      harga kawat sekitar Rp. 14.000 – 17.000 perkilo cara pasangnya gampang om tinggal masuk-masukin ke lobang kayu yang telah om buat…

      salam

  32. 53 dendi 14 March 2010 at 3:16 pm

    om mau tanya…saya punya sepasang KN..br disatuin 2 hari, tp yg jantan blm bisaeun macek nya, kynya msh belajar,, pdhl yg betina sdh siap,,kira kira apa yg hrs sy lakukan??dan bagaimana caranya spy kenari sy cepat bertelur???..and sy minta saran dr om om yg sdh berpengalaman bagaimana cara menjodohkan dengan baik???

    terima kasih om,,,

    salam

    • 54 sofyan 15 March 2010 at 12:09 am

      om Dendi… untuk pejantan ting-ting kalau ada di beri betina yang sudah pernah punya anak/ janda hehe…. kalau sama-sama belum pernah kawin kadang-kadang ada yng susah kawin… btw semuanya butuh proses hanya orang-orang sabarlah yang akan berhasil menjadi peternak besar…. untuk sharing ternak kenari bisa di telusuri di blog ini tulisan-tulisan saya di kategori pengalaman beternak kenari, saya rasa sudah cukup komplit ini linknya http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

      salam

  33. 55 toheng 13 March 2010 at 5:26 pm

    oke deh dicoba…..cepet sekali balasnya..padahal lewat tengah malam…

  34. 57 toheng 13 March 2010 at 4:18 pm

    Nah ini yang saya bikin bingung, ada kenari saya udah 1 tahun belum pernah molting sama sekali, bulu2 mulus, suara gacor apalagi kalo liat lawan baik betina maupun jantan, tapi karena belum pernah molting saya jadi takut jodohinnya, takutnya belum dewasa secara fisiologis (entah kalo biologisnya)…

    • 58 ahmad sofyan 13 March 2010 at 4:49 pm

      om kalau dideketin betina ngejar sampai nabrak ruji, atau bunyi gacor biasanya sudah siap dijodohin tapi terserah om … mau buru2 di jodohin atau mau menunggu mabung dlu yang penting enjoyyy ajaaaa….. hehe…

      salam

  35. 59 fendi 13 March 2010 at 1:56 am

    Makasi ats jawabannya..
    Mau nanya lg mas, kenari mabung apakah bulunya rontok semua?ato hanya beberapa helai bulu aja.Trus bagaimana membedakan bulu rontok akibat virus dengan mabung alami.Kenari saya bila dkerodong,makannya sedikit jadi aja kurus,kasian…gmana yah..
    thx..

    • 60 ahmad sofyan 13 March 2010 at 2:34 pm

      Mabung alami ada 2 macam mabung menjelang dewasa yaitu usia 3 atau 4 bulan, mabung pada usia ini bulu yang rontok hanya bulu halus untuk bulu besar yaitu bulu ekor dan bulu sayap tidak rontok… mabung pada saat dewasa, mabung saat ini bulu rontok semua tetapi tidak rontok bersamaan tetapi sedikit-sedikit… mabung karena penyakit yaitu bulu yang rontok tidak teratur bulu yang rontok tidak setiap hari hobis biasa menyebutnya nyulam dan ujung bulu kelihatan kering…. penangan kenari mabung yaitu makanan harus bergizi, pemberian multivitamin 2 x seminggu dan pemberian telur puyuh minimal 3 x seminggu. Burung jangan dikerodong terus pagi hari harus di buka beberapa saat sehingga bisa refreshing…. demikian semoga membantu

      salam

    • 61 ahmad sofyan 13 March 2010 at 2:36 pm

      Mabung alami ada 2 macam mabung menjelang dewasa yaitu usia 3 atau 4 bulan, mabung pada usia ini bulu yang rontok hanya bulu halus untuk bulu besar yaitu bulu ekor dan bulu sayap tidak rontok… mabung pada saat dewasa, mabung saat ini bulu rontok semua tetapi tidak rontok bersamaan tetapi sedikit-sedikit… mabung karena penyakit yaitu bulu yang rontok tidak teratur bulu yang rontok tidak setiap hari hobis biasa menyebutnya nyulam dan ujung bulu kelihatan kering…. penangan kenari mabung yaitu makanan harus bergizi, pemberian multivitamin 2 x seminggu dan pemberian telur puyuh minimal 3 x seminggu. Burung jangan dikerodong terus pagi hari harus di buka beberapa saat sehingga bisa refreshing…. demikian semoga membantu

  36. 62 fendi 9 March 2010 at 3:10 am

    mas mau tanya dong…
    kenari saya molting sekitar bulan desember”09 sekarang uda mulai ganti bulu lg (maret”10) apakah itu normal atau ada penyebab lainnya… trus bagaimana perawatan untuk kenari yg sedang molting tersebut…
    makasi mas…

    • 63 ahmad sofyan 10 March 2010 at 12:30 am

      Pak Fendi… penyebab rontok bulu bisa bermacam-macam bisa karena ganti makanan, kekurangan multivitamin, atau perawatannya kurang seperti jarang jemur atau jarang mandi sehingga pada bulunya ada virus atau kutu penyebab rontok bulu…. penanganan kenari pada saat mabung pakan seperti biasa, hanya multivitamin diberikan lebih sering biasanya 1 x seminggu menjadi 2 x seminggu, di jemur sebentar saja sekitar 15 menit, setelah di angin-anginkan sebentar kemudian di kerodong, jangan lupa telor puyuh diberikan setiap hari… sekian dulu barangkali temen2 yg lain mau menambahkan…

      salam

  37. 64 Abe majalengka 14 February 2010 at 2:56 am

    Lam knl smua,mau tanya ko knari betina pny sy dah smggu telor nya tetep satu ya?apa krna perdana.dlu juga pernah ternak tp tlurna 4 dan menetas tiga walau sama2 msh perdana,mhon bntuannya

    • 65 ahmad sofyan 15 February 2010 at 12:38 am

      kemampuan kenari betina dalam menghasilkan telor/anak tergantung dari cara perawatan, gizi pakan yang diberikan, produktivitas kenari betina dan ketenangan lokasi ternak …. jadi coba perhatikan penyebab dari faktor yang saya sebutkan diatas…

      salam

  38. 66 kasiobj 10 February 2010 at 10:57 pm

    mas bagi ilmunya dong cara ubah templete wordpress

    punya anda kok bagus templete kenari

    tak tunggu balasannya. emailku : k_kasio@yahoo.co.id

  39. 68 Deni 10 February 2010 at 4:46 pm

    Assalamu alaikum wr.wb.
    Nyambung jawaban dan saran manis kemarin dari Om Ahmad ( enaknya Om Ahmad or Om Sofyan, Om aja ya he..he) sekalian curhat atau apa namanya, krn dr artikel “Dinamika Ternak Kenari ” yg Om tulis, beberapa diantaranya mirip. Ini bukan nyama-nyamain tp kenyataan Om. Sy juga dpt Kenari Merah dari Bandung ~jgn2 dr sumber yg sama~ tuh sama kan ? Sy juga bikin kandang sendiri, tuh sama kan ? Sekelilingnya dr triplek, kec yg depan pake kawat jemuran & harus meluruskan dulu, tuh sama kan ? Ah bosen bacanya sama mulu…..he…he. Sayang Om g nyebutin ukurannya, klo yg saya buat berukuran P=80, L=40, T=40 dg harapan triplek ga ada yg terbuang. sy buat satuan sehingga gampang mindah2innya. Sy jug nempatinnya di lantai atas, tuh sama juga kan ? Tp ada perbedaan mendasar, klo sy pemula buanget & baru punya satu pasang, Si Om senior dg segudang pengalaman. Seneng rasanya ada senior yg mau ngajarin. “Emang siapa yg mau ngajarin, ilmu kan mahal”, paling begitu Om bilang ya he..he. Boleh kan Om belajar ? Pokoknya sy siap 100% mewarisi ilmunya. Sudah 2 hari proses penjodohan belum saya tempatkan di lantai atas, sy masih belum yakin bebas dr tikus dan kenyamanan dari faktor suhu. Memang di lantai atas fluktuasi suhunya ekstrim, tengah hari begitu panas sedangkan malam hari terlalu dingin. Udah ah, ntar Om bacanya kecapean, intinya aja. Boleh ga sy main ke rumah ? Tuh kan ujung-ujungnya ada U di balik B….. eh salah…ada KM di OS….maksudnya ?????

    • 69 sofyan 11 February 2010 at 12:11 am

      Panggil sofyan saja om… ukuran kandang kenari saya Tinggi = 60 cm, Lebar = 40 cm dan Kedalaman 40 cm…. saya coba buat kandang ternak tinggi dengan harapan tikus ngga bisa naik, alhamdulillah aman dari gangguan tikus…. saya juga masih belajar om masih banyak yang belum diketahui kita belajar bersama-sama…. saya sangat senang banyak rekan-rekan mau mampir ke rumah hanya mohon maaf saya jarang ada di rumah sehari-hari nguli sabtu minggu kadang-kadang harus masuk kerja…. walaupun sabtu minggu libur saya manfaatkan untuk menambah ilmu ke pakar-pakar kenari yang ada di jabodetabek kalau mengandalkan ilmu dari saya doang ngga maju-maju….. biar saya yg menyerap ilmu dari pakar-pakarnya Anda cukup baca di blog ini… di rumah saya ngga ada apa2 hanya onggokan kandang ternak yang belum terselesaikan hehe……

      salam

  40. 70 sofyan 9 February 2010 at 11:50 pm

    Betul Pak… tangkringan lembab atau basah menjadikan sumber penyakit makanya yang baik 1 sangkar ada 2 pasang tangkringan ketika tangkringan 1 kotor diganti dengan tangkringan yang lainnya…. tangkringan kotor dicuci bersih selanjutnya dijemur sampai kering… demikian

    salam

  41. 71 toheng 9 February 2010 at 9:24 am

    Memang tangkringang sepertinya sepele tapi efeknya serem juga ya, saya masih bingung soal tangkringan ini, ada beberapa literatur luar bilang perch jangan dicuci, tapi cukup bersihkan dengan sikat khusus perch, maksudnya apa ya? apa justru mungkin kalo perch lembab malah jadi sarang bakteri dan jamur?

  42. 72 ochas 9 February 2010 at 9:02 am

    yupz om, itulah seni nya..he.tapi jujur namanya anak muda, lebih gampang patah semangat om..setelah dipikir” sayang juga dulu harus dilego..apalg, pas tau anakan yg dulu pernah dihasilkan ternyata jadi bagus..daya tangkapnya cepat, umur 4 bulan sudah bunyi…dan sudah bisa menirukan suara Bt.body nya juga bagus”…maka nya om mau coba lagi..penasaran..he

    oh yah om..mengenai bengkak, padahal sudah kasih salab antibiotik, pakai Chlo**mphenic*l..tapi teatap saja..kalau saya menarik kesimpulan, tangkringan harus mutlak dibersihkan..minimal 1 minggu 2 kali..oh yah om, kabar kenari merahnya bagaimana om?

    • 73 sofyan 9 February 2010 at 11:56 pm

      yach… untuk saat ini mencari makhluk yang namanya sabar susah om… hehe…. ngga muda ngga tua jarang punya sifat sabar …. hehe…. tetap semangat om, mumpung masih muda coba cari kesempatan baik di ternak kenari maupun di bidang lain ternak kenari hanya sebagai media untuk pembelajaran ….kita tidak tahu bisa dapat penghidupan dari bidang yang mana …. upss… kok malah ngelantur.hehe…. untuk benjol kaki sekarang saya menggunakan garamechin (maaf lupa tulisannya) alhamdulillah berhasil….

      salam

  43. 74 ochas 8 February 2010 at 5:19 am

    mantab om sofyan…saya ijin menyimak yah..saya juga dulu punya kendala yang sama pak, piara kenari F1 jantan, dan beberapa Indukan betina..hampir sama seperti bapak, burung tiap hari saya rawat, kandang saya bersihin tiap 2 hari sekali, tapi kog kenari jantan yang semula sudah bisa produksi, tiba” macet karena permasalahan kaki bengkak…di obatin lama gak sembuh, obat pun sudah dikasih, sampai ke Dr…samapai akhirnya bosen si kenari saya lego semua karena putus asa.tapi setelah dijual, selidik punya selidik, ternyata hal sepele yang menyebabkan nya..yaitu tangkringan nya..meskipun tidak ada kotoran menempel, ternyata tangkringan mutlak untuk di bersihkan..sekarang baru coba mulai awal lagi pak..piara dari anakan..rasa penasaran masih ada, ternyata untuk sukses itu harus lewati jalan yang cukup panjang…semangat pak…he

    • 75 ahmad sofyan 9 February 2010 at 12:41 am

      ya itu lah om Ochas dinamikanya beternak kenari….. tapi kalau menurut saya seru… saya senang ada tantangan kalau langsung sukses juga ngga ada yang bisa diceritakan di blog ini hehe…. setelah saya ngobrol-ngobrol dengan temen-temen dan baca di tabloid khusus burung penyebab benjolan di kaki itu bukan di gigit nyamuk tetapi diakibatkan oleh virus…jadi pengobatannya harus menggunakan obat oles yang mengandung antibiotik… penyebab virus ini biasanya dari kotoran yang jarang dibersihkan…. Tetap semangat om keberhasilan itu dicapai dengan kesabaran dan perjuangan hehe…..

      salam

  44. 76 gunturmilan 7 February 2010 at 8:30 am

    wah bagus tuh kandangnya pak …kpn ya allah ngasih giliran saya untuk punya rumah sendiri dan bisa buat kandang sendiri pda dasrnya sayaorangnya gak bisa diem pak sofyan…suka nukang he he he he….semangat pak buat ternak kenarinya…..

    • 77 ahmad sofyan 8 February 2010 at 12:26 am

      mulai sekarang coba ternak kenari walaupun alakadarnya …. insya Allah kenari-kenari yang pak Guntur pelihara akan berdo’a agar tuanya kebeli rumah…. sehingga kenari bisa punya kandang yang nyaman hehe….inget Pak rejeki Allah itu tersebar dimana-mana kita hanya disuruh usaha dan berdo’a hasilnya kita serahkan kepada yang diatas…. mudah2an ternak kenari merupakan jalan untuk mendapatkan rumah hehe…. tetap semangat…

      salam

  45. 78 rochmad 6 February 2010 at 12:03 pm

    om minta alamatnya pak noer jogja om…makacih sebelumnya

    • 79 ahmad sofyan 8 February 2010 at 12:29 am

      Pak Rochmad mohon maaf saya belum dapat alamat dan nomor HP Pak Noer, tetapi kalau Bapak tinggal di Yogya katanya rumah Pak Noer tempat lomba Papburi …

      salam

  46. 80 gede 4 February 2010 at 9:58 am

    Hmm… Tetap semangat Kang… Chaioooooo…..
    Hardwork will pay :D

  47. 82 Adefiat 4 February 2010 at 9:33 am

    Minimal sekali anakan 3 ekor :
    9 kl 3 = 27 ekor mantap…. He..he..he….

    • 83 ahmad sofyan 5 February 2010 at 12:40 am

      Hitungan matematika memang begitu om… ternyata setelah dilaksanakan 3 x 9 = 0 hehe….. insya Allah suatu hari hitungan matematika bisa terlaksana hehe….. saat ini masih hitungan matematika kehidupan om …..

      salam

  48. 84 dony0309 4 February 2010 at 8:19 am

    mantap tuh om kandangnya…

  49. 86 toheng 4 February 2010 at 5:54 am

    Om, ngomong2 dapet jeruji kawat begitu dimana? apa ngelurusin sendiri (manual)? lagi nyari nih, rencana mau buat front cage, plz ya..

    • 87 ahmad sofyan 4 February 2010 at 7:00 am

      beli kawat jemuran om… belinya kiloan di toko bangunan, cuman harus ngelurusin sendir tapi gampang kok ngga susah ngelurusinnya … cuman kalau mau bagus harus hati-hati ngelurusinnya jangan seperti kandang ternak saya banyak yang bengkok hehe…. maklum kejar tayang hehe….

      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,197,502 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: