Dinamika Ternak Kenari 2

“om mohon pencerahaannya  tentang kandang yg saya buat, tu ukuran 50×50 untuk 1 kolom, saya taruh dalam ruangan bekas wartel, kira2 gmn om pa bisa sesuai gak, soalnya kepala dah pusing ne om blm berhasil ternak “

Itu sebait suara isi hati calon peternak sukses nun jauh di Indonesia timur sana hehe….. tenang saja om, bukan om saja yang belum berhasil ternak kenari saya juga sama om masih banyak kendala … hehe….  Menurut saya pribadi peternak kenari yang sukses/berhasil adalah peternak yang mampu menyelesaikan kendala dalam beternak, dan beternak sendiri penuh dengan tantangan/kendala. Tidak pernah ada beternak kenari tanpa hambatan atau kita mendahului hambatan makanya sering kita dengar hadapi hambatan/kendala belum pernah denger tinggalkan hambatan atau kendala hehe…. Itulah kenapa dari dulu saya suka bilang modal utama ternak kenari adalah landasannya hobi.  Tanpa landasan hobi ternak kita akan bubar tetapi jika berlandaskan hobi apapun kendala yang dihadapi kita akan senang menghadapinya..

Yang namanya kendala tidak melihat senior atau junior kadang-kadang semakin senior kendalanya semakin besar… maaf bukannya menakuti tetapi memang kenyataan begitu..hehe.. untuk itu peternak diharapkan membekali dirinya dengan ilmu yang mumpuni atau update pengetahuan mengenai kenari, dengan update ilmu mengenai ternak secara terus menerus diharapkan semakin mempermudah kita dalam menyelesaikan kendala yang di hadapi…

Dulu di awal mulai ternak kenari saya sangat kesulitan mencari teman untuk bertanya apalagi mencari teman untuk sharing mengenai ternak kenari. Beruntung waktu itu saya masuk milis kenarimania dan kenal beberapa hobis kenari di antaranya om Faisal, om Slam, om Reza, om Rezo, om hardin dan om Heru hanya sayang sebagian sudah tidak aktif. Alhamdulillah sejak bertemu dengan mereka saya bisa sharing mengenai kenari dan berbagi keluh kesah….  Saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya ketika kita baru mulai belajar ternak tidak punya tempat bertanya atau tempat menumpahkan keluh kesah dalam menghadapi kendala-kendala…. Ngomong sama istri, keluarga atau temen …. jawaban yang kita dapatkan ”lu yang lebih tahu mengenai kenari kok nanya ama gue …” atau ”salah lu sendiri ternak kenari ” halah bukannya menyelesaikan masalah malah nambah masalah hehe….

Dalam beternak kenari masalahnya cukup komplek ketika kita tidak siap menghadapinya setiap musim menjadi masalah musim hujan masalahnya banyak anakan yang mati kedinginan, terserah penyakit dll… musim panas-pun menjadi masalah karena banyak telor yang bening karena udara sekitar panas/kering atau indukannya sering mandi akibatnya telor gagal netas. Setelah kita berhasil menyelesaikan permasalahan ternak kenari, kenari bisa produksi dengan baik/produktif …. masalah lain menghadang yaitu bingung jualnya…. dulu saya pernah mengalami bagaimana panas dinginnya menawarkan kenari ke pedagang, padahal kalau di pikir-pikir ngga ada yang salah kenari milik saya sendiri tetapi kenapa dulu waktu nawarin kenari ke pedagang mesti gemetaran hehe….  tetapi itulah dinamika-nya ternak kenari….

Berdasarkan pengalaman saya di atas maka saya coba buat blog ini … mudah-mudahan blog ini bisa menjadi tempat bertanya maupun berkeluh kesah dalam menghadapi kendala-kendala dalam beternak…. Saya senang akhir-akhir ini banyak mendapat informasi dari rekan-rekan yang mulai ternak kenari saya dapat kiriman beberapa foto bahkan saya mendapat kiriman foto kenari dari luar negeri dari om Randy…. Sukses untuk kita semua… semoga blog ini bisa menjadi tempat curhat, memperat tali silaturahmi antar sesama peternak kenari di dunia maya…. Jangan lupa bagi rekan-rekan yang sudah sukses beternak kenari…. tolong ceritain pengalamannya sehingga bisa membuat sumber inspirasi bagi kita semua……

—ooo000 salam sukses 000ooo—

Foto kandang ternak kiriman dari om Ningrat Mataram

Foto Kiriman dari Om Randy Negara Denmark (betul ngga yach negaranya saya lupa lagi hehe….)

82 Responses to “Dinamika Ternak Kenari 2”


  1. 1 Budihero Budi 12 October 2013 at 2:33 am

    nupang saran om,aku punya gendala di induk an kenari yaitu waktu netas anak an kenari di bantai induknya terus yang satunya udah mulai besar belum bisa makan sendiri indukkannya juga mulai mbante anaknya lagi bulu anaknya di jabutin,terus kemarin aku jodohkan lagi kok sekarang bertelur telurnya pecah di bawah ga tau itu telur di buah sengaja apa tidaknya sama indukkannya,mohon pecerahan trims,by budi pekalongan

  2. 2 Sutoyo 24 July 2013 at 9:41 am

    Salam kenal om…Saya sedang ingin mulai ternak kenari dan belum pernah ada pengalaman sama sekali hanya berbekal rasa senang saja…Mohon pencerahannya…dan mohon saran jenis kenari apa yang cocok diternak oleh pemula dan dimana saya bisa mendapatkannya…
    Terimakasih

    ternak kenari lokal, coba cari peternak di sekitar lingkungan om kalau tidak ada beli saja di pasar burung

  3. 3 asep 4 July 2013 at 4:40 pm

    salam kicau smua..
    Alhamdulillah ada forum ini
    Ane mo tanya2,maklum pemula.kenari betina ane dah nelor 3 btr,yg mau ane tanyain,kalau dah nelor si jantannya langsung di pisahkan atau dibiarkan aja 1 kandang sm betina sampai telur2nya netas.
    Butuh info,mohon pencerahannya.trimakasih

    Coba baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

  4. 4 wiji 17 June 2013 at 1:26 pm

    salam kenal om, saya wiji, saya punya pasangan kenari yang baru saja bertelur, ketika 1 hari pertama bertelur pasangan tsb saya jemur, tetapi sampai saat ini telurnya hanya 1 butir dan sdh dlm proses diangkremi. saya mau tanya, kenapa hanya bertelur 1 ?

    Setelah kenari bertelor tidak perlu dijemur om, kalau telornya hanya 1 butir coba tanya kenarinya kenapa bertelor hanya 1 butir hehe….. banyak faktor kenari telornya hanya sedikit coba baca-baca tulisan saya terdahulu, kalau tidak salah saya sudah membahasnya….

  5. 5 bentet 1 June 2013 at 11:22 am

    saya peternak pemula…sy pnya betina putih..dan pejntan star blue..keduanya dah waktunya kawin..setelah sy gabung kok sprtinya gk akur..gmn y solusinya agar bs cpt jodoh..pa warna mmpengaruhi pasangan..thx mohon pencerahannya…

    Dalam beternak kenari tidak bisa dilakukan secara instan om…. perlu penyesuaian/penjodohan bagaiaman cara penjodohannya om bisa cari dan baca ditulisan saya yang lalu-lalu….

  6. 6 ari oktavia 1 June 2013 at 10:50 am

    permisi om smuanya..sy pnya kenari jantan star blu.sy jodohkan dgn betina putih.gk tau dah kawin pa blum..tp kok tiba2 sangkarnya dijatuhkn dr tmptnya.pa yg hrs sy lakukan…

    Om Ari, maksudnya isi sarang di acak-acak/dijatuhkan ?, mungkin indukannya belum merasa nyaman dengan pengaturan isi sarang biarkan saja dia yang ngatur isi sarangnya, nanti setelah merasa nyaman dia akan bertelor…..

  7. 7 dude kenari 12 May 2013 at 9:48 pm

    Permisi om2 peternak kenari! Mo tanya nih barangkali ada yg punya pengalaman sprt sy.
    Setelah menetaskan 3anakan kn si betina indukan terlihat sprt layaknya burung sakit, nyekukruk, bulu ngembang, loyo, lemah, lesu. Pdhl sblm bertelor kn sehat walafiat. Skrng ga sanggup untuk meloloh anak2nya. Yg meloloh mlh s bapaknya anakan. Alhsil anakan kurang terawat. Apakh kr2 indukan sy itu bs sehat sprt sebelumnya? Sudah sy cb dksh bbrp multivitamin tp blm ada perubahan.
    Mohon informsinya dr para master kenari! Trims

    Maaf saya bukan master hanya ingin sharing aja, induk betinanya diangkat/dipisah om setelah itu diberi obat, multivitamin dan ditempatkan disangkar yang hangat (bisa diberi lampu atau sangkarnya ditutup kerodong) . Anaknya biar dirawat Bapaknya kalau om ada waktu bisa dibantu diloloh

  8. 8 rohim 5 May 2013 at 4:57 am

    alhamdulillah…berkat tulisan om,ahirnya telurnya menetas juga,mudah mudahan kelima telurnya netas semua lega rasanya.terimakasi om

    Alhamdulillah turut senang om mendengarnya, semoga ternaknya semakin berkembang…. wassalam

  9. 9 rohim 1 May 2013 at 11:21 am

    mohon pencerahannya ni…saya punya kenari dah nelor tapi ga pernah netes.udah 3 x .yg pertama 7 yg ke dua 6 yg sekarang lagi ngerem 5 udah 11 hari.kalau gagal lagi apa ya yg salah!!

    coba periksa jenis kelamin kenarinya om, kenapa telor induknya banyak sekali ya ?, saya curiga keduanya betina, wassalam

  10. 10 Oemar Bakri 14 April 2013 at 3:32 am

    Alhamdulillah.. berkat dari tulisan2 ini saya akhirnya bisa beternak kenari, meski hanya 2 dari 3 betina yang baru produk tp ini merupakan sebuah kepuasan batin setelah 2 bulan menggelutinya. Banyak kendala dan cobaan yang ada jadikan saja pelajaran dan ttp harus kita nikmati. Terimakasih buat yg punya blog ini, jg buat tmn2 semua semoga kesehatan dan kesuksesan selalu menyertai seiring dg ilmu bermanfaat yg ditularkan pada kami..Amiin, jazakallah khairan

    Turut senang mendengarnya om, semoga ternak kenarinya sukses…. aamiin

    Wassalam

  11. 11 andika 17 November 2012 at 1:57 am

    М̤̣̲̣̥̈̇м̣̣̥̇̊и̲̮̣̥̅̊и̲̮̣̥̅̊α̍̍̊α̇̇̇̊@̤̥̣̈̊̇ªªñÑп̲̣̣̥τ̣̣̥τ̩̩̥α̍̍̊α̇̇̇̊ªªB̲̣̣̣̥в‎​ (y)
    Salam kenal saya andika di bekasi ternak pemula

  12. 12 H.jaka Aby cahlla 18 September 2012 at 7:37 am

    Salam kenal om..gini ane mao tanya nih ane punya kenari 3 pasang usia betina dan jantan sdh siap tapi sampai saat ini blm bertelur juga apakan harus dikasih perangsang telur???atau gimana ???(sebelummnya masih ats jwbanya)

  13. 13 ronald 26 June 2012 at 7:05 am

    met kenal om…
    om emangnya kalo anakan baru usia 2 bulanan harus di sunat ( dicabut bulu ekor)? ngaruhnya ke suara gimana antara yang di sunat ama yang engga? makasih om

    • 14 Uphay 27 June 2012 at 6:43 am

      Wuaduh… kejem amat om… heheheh, kasihan om… yang normal2 aja kalau saya sih… nanti juga rontok sendiri, ganti bulu dari bulu piyik ke bulu dewasa.. hehehhe

  14. 15 herwanto 13 June 2012 at 6:27 am

    Salam kenal dari samarinda
    nama sy herwanto, mohon info saya kepingin memelihara indukan untuk belajar beternak (yang type biasa saja, agar tdk menyesal jika gagal), kemana kami dapat bibit untuk perindukan, dan kisaran berapa jenis kenari biasa, makasih

  15. 16 Fitri ismaranti 28 January 2012 at 1:57 pm

    Sy jg sueneng bgt bc ulasan ini.sangat bguna bg pemula spt sy yg mulai cb ternak th 2010 tp1th gagal memulai ternak knari krn slh pakan &cr perawatannya. alhamdulillah dg membaca ini sampai skr tiap bln sy sdh bs menjual anakanny u/nxambung hdp..

  16. 17 waspadateroris 26 January 2012 at 4:14 pm

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Kang Sofyan dan semuanya warga belaar blog tercinta ini, masih ingat kan saya lama menghilang bukan tidak pernah kunjungan tetapi saya sedang berjuang keras setelah gagal maning-gagal maning. alhamdulillah sekarang kenari netas 4 ekor anakannya umur 9 hari. wah anda tahu kan nikmatnya….pagi-pagi suara sayup ciutan anak kenari begitu indah membuka relung jiwa yang terasa berat…ah kata kang Sofyan manas-manasin saja. oke yang jelas terimakasih buat Kang Sofyan dan rekan-rekan yang selalu mau berbagi. Kang Sofyan saya berkunjung ke peternak kenari sangat unik dan kisahnya sangat menyentuh. bagaimana kang kalau dikirim ke mana nih biar tampil di blog kita tercinta. hitung-hitung balas budi sambil ngalap pahala gitu kang. makasih

    Alhamdulillah mendengar keberhasilan om dalam beternak kenari saya sudah merasa senang, selamat om atas keberhasilannya, untuk artikel bisa dikirim ke akhmad.sofyan@gmail.com . Terimakasih sebelumnya om insya Allah akan bermanfaat bagi kita semua…..

    Wassalam

  17. 19 gama 25 January 2012 at 2:55 pm

    misi om… mau tanya2 nehh… saya ada sepasang kenari yang udah pernah bertelur (2x) tapi yang ke 3 kenapa sebelum sarang membulat dan sempurna bahkan masih sangat acak2kan, tetapi si betina udah bertelur, mohon solusinya om Thanks/….

  18. 20 gama 25 January 2012 at 6:14 am

    misi om… mau tanya2 nehh… saya ada sepasang kenari yang udah pernah bertelur (2x) tapi yang ke 3 kenapa sebelum sarang membulat dan sempurna bahkan masih sangat acak2kan, tetapi si betina udah bertelur, mohon solusinya om Thanks/….

  19. 21 jun 5 January 2012 at 5:51 am

    lam,kenal semua beternak kenari harus sabar n telaten dan yg lebih penting kebersihan

  20. 22 Edy Cisitu 14 December 2011 at 3:03 pm

    om,mau tanya kalau mau dapat kenari YS,DIMANA KALAU DI BANDUNG SY BELUM DAPAT .HARGANYA BERAPA UNTUK BETINA DAN PEJANTAN

    Di Bandung sepertinya cukup banyak penjual YS hanya mohon maaf saya belum bisa memberikan rekomendasi belum ada penjual YS yang saya kenal, kalau harganya berkisar 3,5 juta – 4 juta, demikian, wslm

  21. 23 Suwarsono 7 December 2011 at 6:03 am

    Tuk barudak bandung, barangkali ada yg tau pak Yudi peternak kenari lizard. saya pernah belajar sama beliau Th, 2000 awal, belum lama saya coba hubungi rumahnya yg di Kopo Indah lewat tlp, koq katanya salah sambung/ bukan rumahnya. barang kali kenarimania ada yg tahu keberadaannya atau pak Yudi sendiri membaca tulisan ini bisa info ke Hp saya 02141661792. Saya pernah ikut pelatihan di R.S Hewan Jakarta Alumni Pertama dengan pak Yudi. Terima kasih tuk kenarimania.

  22. 24 harry suyanto 2 November 2011 at 8:27 am

    om mau tanya sebagai pemula,saya punya sepasang kenari dan sudah sukses menjodohkan,permasalahan yg saya hadapi ketika telur telur itu menetas sang induk betina membunuh anaknya satu persatu mohon solusi terimakasih

    om Harry, seram banget dengernya ema bunuh anak, boleh cerita yang agak rinci om dibunuhnya bagaimana ?,

    Wassalam

    • 25 harry suyanto 3 November 2011 at 8:12 am

      Gini om,kenari ini karakternya agak aneh,dia (si betina-red) bersarangnya ga mau di tempetnya tapi malah memilih di tempet pakan (millet)nah ketika menetas satu persatu si induk mematuk2 di seputaran sayap dan kaki hingga memar2,kejadian ini sdh berlangsung 2 kali om,apa sebaikya saya ganti indukan atau bgm om terimakasih wassalam

      Om Harry, kalau pendapat saya di lembiru aja maksudnya di ganti yang baru hehe… karena nich indukan sudah merasakan enaknya ujung bulu, konon menurut cerita ujung bulu terutama bulu yang masih muda rasanya manis jadi si kenari ketagihan…. kebiasan ini sulit dihilangkan, demikian om jangan diikuti jika tidak percaya.

      Wassalam

      • 26 harry suyanto 6 November 2011 at 11:48 am

        Siap om saya juga kepikiran spt itu,terimakasih atas atensinya,mohon jangan bosan atas keluh kesah saya soal kenari,salam kenal dari saya om.salam hormat wassalam

  23. 27 Farid 21 October 2011 at 12:47 pm

    Mas. Sya mau tanya harga bakalan f1 kenari( lokal x yorkshire) berapaan ya…
    Trims

    mohon maaf saya tidak bisa memberikan informasi harga F1, maklum om saya hidup di kejauhan dari hiruk pikuk perkenarian hehe… rekan-rekan Jabotabek barangkali bisa menginformasikan harga F1, tks

    Wassalam

  24. 28 seno yudho 17 October 2011 at 6:47 am

    Salam kenal mas, bagus sekali ulasannya. Ada yang mau saya tanyakan, saya mencoba menernakkan kenari saya. Ada 3 pasang, pasangan pertama dengan mudah saya jodohkan hingga menghasilkan anak 4 ekor.
    Tapi pada kedua pasangan yang lain, kenapa ya kok tidak mau bertelor? padahal kedua pasangan ini sudh membuat sarang dengan rapi. Perihal makanan setip hari saya kasih sayur dan telor sebagai ekstrafoodingnya.
    Mohon sarannya mas. Tks.

    Salam kenal om Seno, kenari makhluk hidup yang mempunyai rasa dan kemauan jadi perlakuannya tidak bisa disamaratakan, sebagai peternak harus memperhatikan karakter kenari-nya jadi bisa menanggulangi setiap ada permasalahannya, demikian om mohon maaf kalau tidak berkenan.

    Wassalam

  25. 29 aryanta 2 September 2011 at 4:51 pm

    salaam kenal om mau nanya om untuk suhu ruangan ternak kenari berapa apa saja penyebab telur kenari benig

  26. 30 wahyusuy 25 March 2011 at 9:00 am

    mantabs pokoknya om…

  27. 31 WAHYU 26 January 2011 at 3:34 pm

    om mau nanya, klo ternak kenari di kandang gantung tp nempel tembok bs gak?
    ama mo tanya kenari mabung apakah harus dikerodong terus?

    Ternak di kandang soliter (kandang gantung) bisa saja, sisi kiri dan kanan ditutup agar kenari tenang pada saat mengeram…bagi saya pemeliharaan kenari mabung dan kenari tidak mabung sama saja hanya bedanya jangan terlalu sering terkena angin dan nutrisi lebih ditingkatkan pemberian telor puyuh rebus lebih sering biasanya seminggu sekali pada saat mabung diberi seminggu 3x, multivitamin diberi 2x seminggu… pemeliharaan harian biasa saja, ketika mabung pola perawatannya dirubah justru membuat kenari stress… demikian om semoga bisa membantu…

    Wassalam

  28. 32 vian 7 December 2010 at 8:40 am

    om saya mau minta alamatnya lengkap om..bisa kirimi ya?? ada waktu ku maen.

    alamat saya sudah di tampilkan di pojok kanan atas blog ini…

    salam

  29. 33 sudarsono 2 November 2010 at 11:00 am

    Dear Pakar kenari ,
    mohon ajarin saya untuk beternak kenari

    thanks

    Sudarsonno

    Om Sudarsono coba baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/artikel-favorit dan ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari semoga bisa membantu

    salam

  30. 34 dhani 26 July 2010 at 8:03 am

    salam kenal buat semua, saya baru dalam peternakan kenari,ini saya lagi mau nyoba, tlng dibimbing ya..

  31. 35 Bowo 23 June 2010 at 11:04 pm

    Keunggulan kenari WaterSlager & fusan apa ya?
    Thanks

  32. 37 Vian 16 May 2010 at 7:31 am

    om saya mau tanya
    kalau mau beli bakalan blackshroot ada gak….???
    kalau ada harganya berapa om…??

    dan harga bakalan kenari F1 pejantan yang bagus berapa???

  33. 39 toffan 30 April 2010 at 11:24 am

    terima kasih om AS…sekarang kenari saya sudah bertelor…
    hari minggu lalu telor nya keluar satu, nah hari selasa saya baru cek lagi, eh ada 1 telor yang jatuh ke dasar dan pecah..hiksss…
    trus sampe sekarang, telor nya ga nambah2 lagi..apa kenari saya sudah mulai ngeram yah???trus elornya di umpetin, jadi kalo kita lihat dari atas ga keliatan ada telor ny…apa emg spt itu??

    mohon bimbingan lebih lanjut

    terima kasih

    • 40 ahmad sofyan 3 May 2010 at 2:29 am

      om Toffan… kemungkinan besar kenarinya mulai mengeram… telor jatuh penyebabnya bisa karena kaget sehingga telornya ketendang coba perhatikan lingkungan sekitar sangkar takutnya ada tikus, cicak atau kecoa, di umpetin penyebabnya karena indukan kenari merasa terganggu sehingga telornya diumpetin… demikian

      salam

  34. 41 zhaoeth 29 April 2010 at 6:55 am

    om, kalo mau aman, saya dapet tipz dari peternak perkutut, dasar sarang (batok kelapa/ wadah makanan gede ut sarang) di kasih abu rokok aja baru serabut sarang, gunanya menghindari kutu, saya juga udah praktekin, ga keganggu koq,
    maslah kenari yg blm nelor2 mungkin usia jantan atau betina yg belum cukup.
    kenari ada jg uniknya, mereka ga mau jodoh krn ga tertarik ma pasangannya, sayaudah berapa kali nyoba, makanya saya ganti2 pasangannya,
    ada jantan yg cuek banget walaupun anaknya udah netas, dia ga mau ngelolohin bininya pa lagi anak2nya tapi tetap saya satu’in, saya siapin lagi sarang baru kalo2 mereka kawin lagi dan nelor lagi …

    saya udah dapet 10 anakan, dan masih ada yg nelor lagi walaupun anakannya masih di suapin bapaknya …

    adrian tebet dalam IV no 7a 085710337999

    • 42 ahmad sofyan 29 April 2010 at 7:47 am

      Terimakasih atas sharingnya om Adrian, mantap nich…. 10 anakan siap jual nich om hehe…..

      salam

      • 43 adree 12 May 2010 at 4:43 pm

        om, saya 2 minggu yg lalu maen ke rumah di percetakan negara Vb. tapi om ga ada, dan kata pembantu om, kenari2 udah pada di jual… bener ga seh ???

  35. 44 usin 28 April 2010 at 10:08 am

    sorry om salah ketik bukan 13 Tapi 17 Hari om.sebelumnya terima kasih. salam cuit cuit

    • 45 ahmad sofyan 29 April 2010 at 1:00 am

      coba tunggu 3 hari lagi om… kalau tidak netes buang aja semuanya…, kalau tidak dibuang bisa menjadi sarang kutu dan ketuker sama telor yang baru.
      salam

  36. 46 usin 28 April 2010 at 9:01 am

    om sofyan kenari saya dah 13 hari ngeremin telurnya tapi ko blom netes2 juga ya,nunggu brapa hari lagi om? kalo ga netes juga gmana om?

  37. 47 Toffan 19 April 2010 at 3:25 pm

    salam kenal om ahmad…

    saya baru mw mencoba beternak kenari neh…

    kenari saya sudah saya jodoh kan, kira2 semingguan baru bisa kawin…
    nah sampai skr, kira2 sudah 2 mingguan ko belum bertelor2 jg yah???

    kalau di lihat dari tingkah laku baik kenari jantan / betina yang mau nelor gmn yah???

    apa ada vitamin khusus buat indukan kenari???

    terima kasih

    salam

    • 48 ahmad sofyan 20 April 2010 at 12:08 am

      Salam kenal om Toffan, banyak penyebab kenari belum bertelor bisa karena pakannya kurang bergizi, kondisi kandang kurang mendukung atau posisi sarang kurang nyaman…. untuk pakannya coba kasih telor puyuh rebus setiap hari sampai kenarinya nelor, kedalam minumannya dikasih multivitamin seminggu 2 X, coba perhatikan posisi penempatan sangkar ternak jangan terlalu rendah yang bagus posisi sangkar sejajar dengan kepala, perhatikan posisi sarang kenyamanan sarang harus diperhatikan jangan sampai deket sarang ada cicak atau kecoa yang berkeliaran….

      salam

  38. 49 Fediyan Syahputra 14 April 2010 at 7:09 am

    Terima kasih banyak Om atas petunjuknya nih……
    Jadi pengen nambah betina lagi nih….
    Biar dirumah rame dengan suara kenari dan bakal buat usaha sampingan
    setelah pensiun nanti om.
    Makasih sekali lagi ya om.

    • 50 ahmad sofyan 14 April 2010 at 8:27 am

      sama-sama, iya lah lebih menguntungkan diternak…. betinanya ngeramin telor jantannya kita dengerin suaranya hehe….

      salam

  39. 51 Fediyan Syahputra 14 April 2010 at 4:07 am

    Wah terima kasih sarannya om sofian..
    Alhamdulillah kebetulan ada boss saya yang mau minjamin sepasang kenari orange/merahnya
    buat saya belajar ternak….
    kemarin kenarinya sdh bertelur tapi sayang om sofian ,bertelurnya ngak disarang nya..jadi pecah tuh
    ….gembira campur sedih juga tuh om…
    hari ini saya lihat betinanya kembali disarang terus …semoga telur berikutnya bisa disarang…
    oh yah om kira2 berapa butir biasanya kenari bertelur??? Dan apabila betinanya sdh ngeram jantannya dipisah atau tetap disatukan? trs selama mengeram apa dikasih telur terus???
    terima kasih om sofian dan om gede,om redmoz dan om2 lainnya yg mau sharing ttg ternak kenari.
    Salam kenari mania om

  40. 53 g sukendra 12 March 2010 at 1:53 pm

    pak saya izin mau jawab Bapak Dans, peternak di Yogya, dapat hubungi Pak Eko (dekat Stasiun Kalasan) telp. 02747865556 atau 081931760004

  41. 54 yunior 8 March 2010 at 1:49 am

    biasanya orang yogya malah beli ma saya om he…he (just kiding)

  42. 57 sofyan 7 March 2010 at 11:54 pm

    Ayo barangkali ada yang punya kenalan penangkar kenari di Yogya, saya rasa di Yogya banyak peternak kenari…. coba tanya2 di sekitar om Danang ….

    salam

  43. 58 Dans 6 March 2010 at 3:20 pm

    Salam kenal kenari mania,,
    Ak Danang dari JOGJA,masih tahap coba2 jg nich ternak kenarinya..drmh sdh ada 2 jantan F1 dan 4 betina.Rencana pgn nmbh lg btina tp kendala modal jg.Btw pgn tny2 nich klo ada yg tau penangkar kenari d jogja dmn alamatnya??pgn cr betina lg buat indukan.
    Thnks.

  44. 60 Fediyan Syahputra 5 March 2010 at 9:42 am

    Ass Wr Wb Om Sofian
    Salam kenal dengan saya Fediyan Syahputra.
    Juga buat om2 juga yang sdh pakar bidang kenari.

    Oh yah Om Sofian…saya sedang senang dengan kenari dan rencana mau
    coba breedinglah…karena hobby saya dari kecil adalah dunia unggas…
    walaupun sering gagal dan gagal….tp saya yakin suatu saat pasti breeding
    ini bisa menambah teman dan tentunya nambah income .
    saat ini saya baru punya 1 ekor kenari jantan yg baru saya beli di pedagang burung.
    saya pengen punya sepasang kenari yang siap diternak ….kira-kira dimana saya bisa dapatkan yah..
    kebetulan posisi saya ada di Kota Palembang….
    Terima kasih atas perhatiannya dan mhn maaf apabila ada yg kurang berkenan.

    • 61 ahmad sofyan 8 March 2010 at 12:19 am

      Om Fediyan, coba cari di pasar burung di Palembang… kenari sudah memasyarakat jadi gampang dicari, kalau disuply dari Jakarta kemahalan di ongkos om hehe…. mengenai kegagalan semuanya pernah mengalami hanya tergantung kitanya berani menghadapi kegagalan atau menghindarinya…. dibalik kegagalan insya Allah ada sesuai yang membuat kita terkaget-kaget….

      salam

    • 62 yunior 8 March 2010 at 1:47 am

      pasar burung dicinde masih ada gk ya??? he..he

  45. 63 gede 2 March 2010 at 10:42 am

    Kwkwkwkw… Salam kenal Om Redmoz :)
    ajarain silatnya buat kenari aq jg Om :D
    Hehehhee… BTW ilmu baru nih di perkenarian Kwkwkwkwk….
    Keep Smileeeeee…. ;)

    Salam

    • 64 redmoz 10 March 2010 at 9:03 am

      lam kenal jg om gede…
      sorry lama ga ol…banyak koment klewat nehhh…kbetulan ane jg sering ke bandung om..(rumah mertua dibandung; kosambi)
      thanks om sofyan wat media share hobiis kenari…

      • 65 gede 11 March 2010 at 5:30 am

        Mampir atuh kang ke mutiara… dari kosambi mah 10 Menit nyampe, deket SMP Negeri 13.
        Ok, diantos ;)

  46. 66 bams 2 March 2010 at 10:01 am

    tks om sofyan bt tulisa2sannya, btw ada betina produksi yg mau dilepas gak ya?

  47. 67 Deni _ Bekasi 1 March 2010 at 9:33 am

    Makasih atas saran dan ulasannya dari Om Redmoz. Saling berbagi info dan advice sesama hobiis, makin meramaikan ~secara khusus blog ini ~ dan umumnya dunia perkeariaan…. mks ya Om Sofyan & Om Redmoz

  48. 68 redmoz 1 March 2010 at 5:48 am

    wahhh … lama ga soan ke web om sofyan nehh…banyak perkembangan…smoga makin bisa kasih manfaat banyak ke hobbis kenari.. amiiinnn..
    share aja.. alo saya sehh diatur jarak tempel ditemboknya om, jangan sampai ada sesuatu yg bisa dibuat tikus lewat seperti, kabel yg mengarah ke kandang, or media apapun.. jadi jarak lantai ke kandang, tembok kanan-kiri kekandang, or atap ke kandang diusahakan agak jauh, biar dia mau terjun ke kandangpun mungkin mikir dulu kali yahhh…kejadian bulan lalu, kandang anakan redmoz sy hancur kanan kiri, tp alhamdulillah karna kenari sy dah diajarin silat betaWI, (HEHEHEH… becanda) dia selamet.. pas sy buka pintu…kok kandang hancur, sy langsung tutup pintu n cari burungnya.. alhamdulillah dia sedang nangkring dikandng yg lain.. alhamdulillah selamet. langsung ja sorenya sy kasih telor puyuh dgn bumbu racun tikus di lantai gudang..n besok paginya wassalam dech tuh tikus…mudah2an temennya ga berani dateng lagi..hehehe

  49. 69 ningrat 26 February 2010 at 11:55 am

    waduh om kandang ternak saya di tampilkan, jadi malu….rinciannya tuh panjang 4 meter jadi ada 16 kotak, alas kawat biar kotorannya jatuh ke tempat kotoran jadi tetep bersih, alhamdulillah sekarang 2 pasang dah nelor, trimakasih banyak atas bimbingannya om

  50. 71 Deni _ Bekasi 24 February 2010 at 2:01 pm

    Makasih atas tanggapannya, setidaknya dpt memotivasi sy untuk terus maju.
    Serius neh Om punya kenari merah yg siap jual ? Klo ada, sy menghendaki yg usianya diatas 5 bulan, kira2 harganya brp ?

    • 72 sofyan 24 February 2010 at 11:52 pm

      siap om… memang tujuan adanya blog ini untuk ngomporin orang agar mau tergerak ke ternak kenari atau kegiatan lainnya yang bermanfaat khususnya bidang wirausaha…. kadang-kadang kita harus kepepet dulu baru kompetensinya (kemampuannya) keluar hehe….. untuk kenari merah main aja kerumah mudah2an ada yang cocok… tapi mohon maaf liburan ini saya ada acara keluarga di kampung….

      salam

  51. 73 johan 24 February 2010 at 2:26 am

    Siiiiiiiip boz,terus di update

  52. 74 Deni _ Bekasi 23 February 2010 at 8:05 pm

    “Kenariku malang kenariku sayang. Sebenarnya bukan kamu yang malang, tp aku yang malang. Kamu telah istiahat dengan damai terbebas dari hiruk pikuk duniawi, sementara aku sampai skarang msh meratapi kepergianmu”.

    Padahal sudah beberapa kali baca & diingatkan oleh banyak peternak termasuk & terutama oleh senior kita Om Sofyan yang mewanti-wanti agar free hewan pengerat…. tp kena juga. Kejadiannya seminggu yg lalu.
    Sekeliling kandang, samping kiri/kanan, atas/bawah ditutupi triplek di lapisi lagi kawat nyamuk (ram kawat nyamuk) kecuali bagian depan menggunakan jeruji kawat jemuran seperti Om Sofyan rekomendasikan dg jarak antar jeruji 1,5 cm….tp di embat juga oleh “si Monyong Tikus”. Yg saya ga habis pikir, tikus seukuran apa hingga bisa nyusup jeruji serapat itu. Ooo…oh kenari merahku yg malang.. selamat jalan. Sebenarnya ini adalah kali kedua sy mengalami kehilangan Bibit unggul ini meskipun kasusnya berbeda.
    Waktu itu sy pergi keluar kota. Sebelum berangkat, itu kenari sy mandiin plus bersihin kandang & ganti pakan. Kenari ini msh di sangkar harian dlm masa penjodohan. Dua hari kemudian pulang, ga sabar rindu dengan suaranya. Bergegas ke ruang belakang, betapa terkejutnya begitu buka kerodong, mahluq mungil berwarna merah yg suaranya merdu nan gacor itu sedang sekarat menggelapar-gelepar….. “La la la lah kenapa ini ? “, batin sy tersentak & beberapa saat “He is gone, pergi tuk selama-lamanya. Selidik punya selidik ternyata ga ada tempat minumnya, rupanya 2 hari lalu waktu ganti pakan lupa tempat mimum hanya di cuci dan ganti air tp lupa mengembalikannya…. nyesek dech.
    Dua kasus ini pelajaran berharga bagi para calon peternak seperti sy ini. Benar seperti Om Sofyan stressing, bahwa beternak penuh tantangan. Coba bayangkan baru 1,5 bulan memulai mencoba berternak sudah 2 bibit unggul ~jantannya pula~ yang mati sia-sia yg dengan susah payah cari di bandung dengan nilai 3 jt. Mohon kepada para senior terutama Om Sofyan kasih saya motivasi spy sy tetap istiqomah berniat “ternak”. Terima kasih.

    • 75 ahmad sofyan 24 February 2010 at 12:20 am

      Kenari dari malang bagus dong om hehe…. maaf becanda dalam hal ini saya bukan menertawakan kejadian yang menimpa om …. tetapi dalam beternak memang penuh lika-likunya om, btw saya turut prihatin semoga dapat cepat penggantinya … kalau belum dapat juga hubungi saya aja om hehe…. biasanya kita akan hati-hati setelah mengalami kejadian menimpa kita. Agar kandang ternak aman dari serangan tikus jika kandang soliter (kandang gantung) ditempel di dinding jauhkan dari jangkauan tikus dan semut. Jika kandang terbuat dari tiplek seperti lemari tangkringannya menghadap ke kita insya Allah aman. Seperti link ini http://burungkenari.files.wordpress.com/2010/02/sarang.jpg . Tetap semangat om suatu hari insya Allah berhasil ternak kenarinya….

      salam

  53. 76 yunior 23 February 2010 at 3:19 am

    mantap..mantap jadi pengn tuh bikin kandang ternak kyk om randy…

  54. 78 adit_cilacap 22 February 2010 at 2:12 pm

    akhirnya setelah sya tunggu2 ulasan berikutnya muncul jg… jujur om,sya sangat ngefans sama ulasan om,,bagus bagus!! sampe kadang tuh heran, koq bs ya nulis gtu ngasih informasi sekaligus motifasi wat peternak pemula seperti saya..
    mantep om, makasih.. dan sya tunggu ulasan berikutnya,,khususnya ttg breeding kenari!! smgt dan sukses!!

    • 79 ahmad sofyan 23 February 2010 at 3:03 am

      wah om Adit bisa aja …. tulisannya masih yang ringan dan yang lucu… saya merasa pekerjaan di kantor sudah berat kalau nulis artikel yang berat2 ntar malah jadi beban hehe….

      salam

  55. 80 abe 22 February 2010 at 6:52 am

    om..kandang ternak paling bawah itu punya om y??beli ato bikin sendiri…kl model gt, keliatan bersih kandang nya, yg jelas ga diomelin istri, ahahahaha

    • 81 sofyan 22 February 2010 at 6:57 am

      om Abe.. itu foto kandang ternak punyanya om Randy klo gak salah di denmark lupa lagi negeranya hehe… iya kalau kandang ternak bersih bagus buat burung maupun yang ngerawatnya tidak menjadi sumber penyakit….

      salam

      • 82 abe 23 February 2010 at 3:39 am

        kmrn browser nya blm lengkap, dah aq comment om…sorryyy…
        mgkn rekan2 ada yg menggunakan kandang tsb bisa berbagi (ngarepdotcom) huehuehue….


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,199,910 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

