Pakan Kenari

Kalau saya perhatikan akhir-akhir ini merk pakan kenari banyak namanya ada Ebod Canary, Craft Canary, Gold Coin dan beberapa puluh merk lokal lainnya, belum merk impor seperti Vitakraft, 8 in 1 dll… begitu banyak pilihan sehingga membuat kita kebingungan untuk memilihnya. Pengalaman saya dulu jika ada merk baru penasaran ingin membeli dan mencobanya, sehingga hampir tiap bulan kenari saya ganti merk pakan… itu yang ada merk-nya, belum kalau aktif dikomunitas kadang-kadang ada senior yang sharing komposisi biji-bijian yang dia mix sendiri… Pokoknya tuch kenari gonta-ganti terus komposisi pakannya hehe……

Dengan beragamnya merk pakan kenari membutuhkan kebijaksanaan peternak dalam menentukan jenis pakan yang akan kita berikan. Pakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi kenari…. Jika komposisinya tepat ditunjang dengan multivitamin dan mineral penunjang lainnya membuat burung kesayangan yang kita pelihara sehat… Ketika peternak mengganti merk pakan otomatis komposisi pakannya berubah, dengan berubah komposisi mengakibatkan kenari harus menyesuaikan dengan pakan yang baru. Ada beberapa kasus ketika berubah komposisi pakan kenari menjadi malas makan karena harus menyesuaikan  dengan racikan pakan terbaru. Kadang-kadang pada saat ganti komposisi pakan kenari mengalami kerontokan bulu… Bagi peternak kerontokan bulu kenari sangat di hindari kecuali mabung (rontok) alami setahun sekali…

Untuk hobis yang mempunyai kenari di bawah 10 ekor lebih ekonomis membeli pakan yang sudah jadi dari pada pakan hasil olahan sendiri…. Kelebihan pakan yang sudah jadi adalah karena di olah oleh pabrik besar dan di olah secara masal maka kebersihan pakan lebih terjamin dari pada produk rumahan (maaf ini pendapat saya). Disamping itu produsen besar mempunyai bagian riset dan penelitian tersendiri sehingga lebih optimal. Kelebihannya membeli pakan jadi (ber-merk) tentu tidak merepotkan tinggal pergi ke kios atau pasar burung …pilih, bayar selesai hehe…. 

Ketika anda membeli pakan jadi yang perlu diperhatikan pada saat membeli pakan jadi (bermerk) yaitu :

1.      Kondisi kemasannya

Kondisi kemasan harus bagus maksudnya kemasannya jangan rusak atau ada yang bocor. Cari kemasan yang kedap udara biasanya kemasan buatan pabrik vakum, dengan kondisi kemasan vakum pakan di dalam kemasan fresh tidak terkontaminasi dengan lingkungan sekitar…

2.      Kondisi Pakan  

Perhatikan kondisi pakan dalam kemasan untuk pakan yang di kemas dalam kemasan tidak transparan bisa di lihat masa kadaluarsanya, ada beberapa perusahaan yang mencantumkan tanggal pembuatan dan tanggal kadaluarsanya dari pakan.

3.      Komposisi Pakan

Setiap produsen mempunyai komposisi pakan yang berbeda-beda ada beberapa produsen yang membuat ramuan tertentu yang di mix dengan bijian. Pakan impor rata-rata sudah di campur dengan multivitamin, mineral dan buah-buahan yang dikeringkan. Saat ini beberapa produsen pakan lokal sudah membuat ramuan campuran multivitamin dan mineral seperti pakan impor. Untuk komposisi bijian, multivitamin dan mineral yang terkandung bisa di baca di kemasannya.

4.      Ketersediaan di pasar

Ketersedian pakan di pasaran dan mudah untuk mendapatkannya merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam memilih pakan kenari karena berdasarkan pengalaman jika sulit mendapatkannya akan mempersulit peternak kedepannya. Seperti sudah saya sebutkan ketika kenari gonta-ganti komposisi pakan akan mengalami masa penyesuaian yang kadang-kadang mengakibatkan kenari mabung…

Demikian sharing mengenai pakan mudah-mudahan bisa menjadi bahan rujukan dalam memilih pakan. Pakan merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan dalam memelihara kenari… tentu pakan impor lebih bagus dan berkualitas tetapi dengan pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki, kita bisa memilih produk lokal dengan kualitas menyamai produk impor….

—===ooo000)Fina Bird Farm(000ooo===—

67 Responses to “Pakan Kenari”


  1. 1 ari 9 July 2013 at 4:16 am

    Bagi info ntuk kenari AF saya beri pakan belgie XO apakah tidak panas pada kenari?menginggat umur masih 6bln

    Om Ari, pengalaman saya Belgie XO bagus terutama pada saat musim hujan dan musim pancaroba kenari muda butuh gizi yang lengkap jadi Belgie XO bagus juga

  2. 2 Alvaro 22 January 2013 at 8:50 am

    Bwt para senior minta masukannya donk,Saya pnya KN umur 5bln lebihan awal saya beli sudah ngriwik2,tp akhir2 ini KN saya sm sekali ga bunyi2,Minta saranya ya makasi sebelumnya!

  3. 3 Agung Bima 10 January 2013 at 11:51 am

    Gan kayak mana sih bayar cepat suara dan Gacor kenary a

  4. 4 tinx 16 December 2012 at 1:41 pm

    om saya mau tanya, KN saya bagian lehernya gundul, tapi gacor, saya udah coba oles pake baby oil tetep gundul, barangkali ada masukan om. Trims

  5. 5 Aziz 4 December 2012 at 9:40 am

    Gan mo tanya kalo kenari kita kash telur ayam kampung gmn?
    Bagus ndak?
    Thanx

  6. 6 siungtan 27 May 2012 at 1:34 pm

    Met malam semua pakar kenari… Ada yg sy mau tanyakan sy punya KN bulunya ada yg lepas sehabis ganti merk pakan tp yg lepas hanya 1 ato 2 paling byk 4 helai.Akhirnya sy coba perawatan mabung selama 3 minggu tp bulunya ga ambrol”.saat ini KN nya msh tetep bersuara tp blm pecah krn sy beli KN bahan krg lbh usianya 6 bln keatas.Yg sy mau tanyakan :
    1.Apa KN itu memang mau mabung?
    2.Apa merk pakan yg baru tdk cocok?dan apa sy hrs ganti merk pakan yg semula?
    3.Apa sy berhentikan perawatan mabungnya jd ke perawatan harian bisa?krn selama 3 minggu di kerodong terus paling wkt pagi saja pas ganti pakan di buka dan di jemur 30 menit.

    Terima kasih seblmnya.

  7. 8 15m4il82 10 November 2011 at 4:34 pm

    salam kenal semua nya…. mohon infonya nih.
    KN saya usia 5 bulan kurang lebih, awalnya bunyi… sekarang jadi macet bunyi… trus pernah saya perhatiin pas dia geleng2in kepala nya, ada keluar lendir kya ingusan gitu. trus dia juga jd sering ngegembungin bulu2nya…. kya yg kedinginan.. kalo makan mah normal nafsu nya…. bunyi juga cuma towet2 doang… nge roll nya ilang..

    kenapa ya …….. tolong info nya ya
    trims
    BR.

    Kenari om sepertinya terkena penyakit, coba diberi antibiotik saya biasa menggunakan spektra, demikian semoga cepat sembuh kenarinya

    wassalam

  8. 9 sila 8 May 2011 at 2:21 pm

    Wah makasih infonya om.

    saya jadi curiga kenari ane (pejantan) tiga2nya lagi rontok bulu alus,setelah saya ngracik sdr pakanya ( 1/2 kg Canary seed,1/2 kg biji sawi,1/4 milet merah,)

    1. Apa perluditerapkan perawatan kenari mabung ya om soalnya kenari masih pada gacor
    2.Isi gak om kalo dikawinkan telurnya
    3.Kadang kalo abis ane mandiin malamnya gak rontok
    4.merk apa yang pas buat KN

    thanks sebelumnya

    penyebab rontok bulu ada beberapa faktor karena perubahan komposisi bijian (ganti merk pakan kemasan) atau kemungkinan oplosan pakannya kurang bergizi coba campur minyak ikan kedalam oplosan tersebut secukupnya, selain minyak ikan kalau ada campur wheat germ oil kalau tidak ada bisa diberi natur E. Jangan lupa seminggu sekali kedalam minumannya diberi multivitamin….
    1. perawatan biasa saja om yang penting faktor gizi diperhatikan.
    2.dalam kondisi rontok bulu stamina jantan kurang optimal lebih baik dikondisikan sampai rontok bulunya berhenti.
    3. pada saat mandi bulu akan terlepas
    4. tidak ada pakan yang terbaik, yang terbaik adalah pemberian pakan yang berkelanjutan (jangan sering gonta ganti komposisi pakan (ganti merk pakan kemasan)).

    wassalam

  9. 10 ian 28 February 2011 at 9:51 am

    permisiii om om pkar kenariii…
    Udh 4 buln ane bli knari kuning full,ampe skrang blm bunyi sma skli.udh brbagai cara ane lakuin.tp ttp aj diam membisu 1000 bahasa.paling brbunyi triilik trus cuit ud dh diem.itu juga dgn vol keciiil bgt.ada yg bsa ksi saran gaaaa????

  10. 11 farhat 23 December 2010 at 6:29 am

    1. sudah 2 minggu kenari saya jodokan dalam satu sangkar namun belum terjadi perkawinan….! apakah itu berarti burung kenari tersebut tidak berjodo..?? trus Apakah burung kenari yang tidak jodoh bisa dipaksa untuk dikawinkan…???

    Om menjodohkan kenari gampang2 susah kadang2 dijodohkan 3 hari langsung jodoh ada juga yang dijodohkan selama 1 bulan belum jodoh juga. Proses menjodohkan adalah proses menyeimbangkan tingkat birahi kenari jantan & kenari betina, jika kedua2nya birahi maka proses penjodohan akan berhasil agar lebih jelasnya coba om baca lagi tulisan saya yang terdahulu di kategori pengalaman ternak

    2. Merek Pakan atau diberi asupan Apa yang bagus untuk membantu meningkatkan birahi si burung agar bisa cepat kawin?? (bisa di email ke farhat_cbx09@yahoo.co.id)…

    Tingkat birahi ada siklusnya kita tidak bisa memotong siklus, jika usianya baru 3 bulan walaupun kita kasih telor 1 truk ngga bakalan birahi hehe… kenari mulai siap ternak pada usia 7 bulan, setelah usia 7 bulan baru bisa di stimulasi dengan memberi telor puyuh rebus agar cepat birahi, demikian btw maaf baru bisa balas sekarang, maklum saya masih kuli jadi om harus sabar menunggunya
    Terima kasih…

    wassalam

  11. 12 hendroe poernomo 9 November 2010 at 4:47 am

    om tolong sms in ya pkan nya ni no hp saya om 08982804200

  12. 13 arbya 16 June 2010 at 4:53 am

    Om-Om, kenari saya kena gatal di seputar mulut/pelatuk bahkan sampai ke seputar mata, malah pelatuk bagian atas ada yg berlubang. Tolongin dong obat apa yang bisa saya berikan? sementara ini saya semprot pake rebusan air sirih, saya takut menggunakan salep gatal karena takut masuk mulut.
    Terima kasih…

    • 14 ahmad sofyan 16 June 2010 at 6:01 am

      wah… wahhh… kutu apa yang menyerang om kok patoknya bisa berlubang … saya baru denger kalau diserang gatal sampai berlubang-lubang begitu, barangkali rekan-rekan ada yang punya pengalaman bisa sharing disini….

      salam

  13. 15 ben 9 June 2010 at 6:11 am

    om yunior bole dund f1/f2na gimana bisa kontek om?

  14. 16 yunior 8 June 2010 at 1:56 am

    ya om dulu om firli kalau datang malah jam setengah sebelas ngobrol2 sampai jam 12 malem udah kyk ronda….

  15. 17 yunior 7 June 2010 at 9:47 am

    boleh aja om rumah saya terbuka 24 jam….saya juga masih belajar nanti kita sharing om he..he ditunggu kunjungannya nih

  16. 20 widano 5 June 2010 at 10:47 am

    @ om junior : Saya semakin kepengen ketempat om yunior nih…. mohon bimbingan nya……… heheheeh

  17. 21 ben 5 June 2010 at 7:24 am

    Ass….
    Pak Sofyan minta ilmunya untuk ngatasin kenari yg gigitin kakinya…
    trims…

    • 22 ahmad sofyan 7 June 2010 at 3:23 am

      Waalaikumslm, om Ben kenari gigit kaki biasanya karena kakinya terasa gatal… gatal diakibatkan oleh kutu yang menyerang coba kenarinya sering di mandikan minimal 1 minggu 1 kali atau di sangkar disediakan tempat minum yg besar sehingga ada kesempatan kenari utk mandi, tangkringan & alas sangkar dibersihkan minimal 1 minggu 1 x tangkringan di cuci… untuk kenari yang terserang gatal di kaki bisa menggunakan minyak tawon di oleskan di kakinya….

      salam

      • 23 ben 7 June 2010 at 6:06 am

        makasih banget ilmunya om sofyan…wah sy td udah telanjur kirim imel ke om. isinya ptnyaan yg sama plus plus sdkit tnyaan lain hehe…..
        pakai minyak tawon ya om? kalo yg s bc di artikel garamycin n oxytetracyclin tu buat kasus lain y om?
        hatur nuhun 1x lg…

  18. 24 yunior 24 May 2010 at 8:47 am

    siipppppppp deh itu betina f1 glosternya cepet2 diambil bodynya ciamik euy warna kuning polos lagi he..he

  19. 25 redmoz 24 May 2010 at 7:32 am

    alo digabung sama jempol sy, jadi 4 jeempol wat om yunior…hehehehe…ditunggu info betina mantabbbnya lagi om…thanks

  20. 26 yunior 24 May 2010 at 4:17 am

    saya sambung ya om….

    usia yg baik pada saat pemasteran sekitar umur 25 hari..kalau saya biasanya selama 2-3 bulan saya master dgn master yg saya mau jadikan suara dasar misalnya BT,gelatik,sanger dll setelah itu saya lanjutkan dgn jalak suren,ciblek atau gloster..untuk master diatas usia 2 bulan itu hanya menambah variasi suara aja tidak merombak suara dasar….jadi bagi temen2 yg mau mastering cri kenari usia dibawah 2 bulan ya..he..he

    • 27 munir 24 May 2010 at 4:30 am

      walaupun yg satu berjuluk “yunior”…., tetep 2 jempol buat para senior (om sofyan dan om yunior). yg umur dibawah 2 bln ditunggu. hehehe…

      buat om Irfan : burung mabung jgn sampai mendapat bisikan dari roh jahat om…. hiiiii takut….

      • 28 yunior 24 May 2010 at 8:44 am

        untuk om munir saya minta maaf karena pesenan om kemarin belum bisa saya penuhi mungkin minggu depan om karena kemarin netes 16 ekor langsung disabet om tomy semua he..he ini ada yg usia 15 hari an nanti dikondisikan dulu

      • 29 irfan 24 May 2010 at 8:56 am

        Om Munir…

        siapa tahu malah dapet nomer di lomba Om, kalo diisi pake bisikan roh jahat..hehehehe…

        Salam kenal Om…

      • 30 munir 24 May 2010 at 9:07 am

        salam kenal balik om irfan….
        buat om yunior…..gpp deh memang hrs sabar kok….hihi

    • 31 irfan 24 May 2010 at 8:55 am

      Terima kasih juga ya Om Junior atas pencerahannya….

      kalo gitu khusus buat saya yang ga bisa masterin kn, mending ngadopsinya pas dah umur 4 bulanan yak…;=))

  21. 33 irfan 18 May 2010 at 9:45 am

    Wah….ga asyik nih Om Yunior…

    plis dong ah…need your help nih….urgent…

    ;=))

    Salam,
    Irfan

    • 34 ahmad sofyan 21 May 2010 at 1:04 am

      Sebetulnya saya ngga enak mau jawabnya karena pertanyaannya tujukan buat om Yunior saya sharing aja karena yang ditanya juga pura-pura ngga bisa hehe…. KN mabung membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya dalam rangka menumbuhkan bulu rontok dan menjaga kondisi tubuh dari terpaan cuaca ekternak… sehingga seluruh energi habis terserap untuk fisik… ketika mabungnya hampir selesai ditandai dengan tidak ada bulu yang rontok kenari mulai belajar bunyi (ngeriwik). Pada saat kondisi recovery ini coba diberi multivitamin dan suplemen agar kondisi KN bisa cepet pulih dan bisa berkicau kembali.. demikian om mohon maaf kalau kurang berkenan…btw buat masukan aja kalau pertanyaan tidak spesifik lebih baik pertanyaan di tujukan ke umum jangan per-person sehingga orang lain yang mau sharing tidak sungkan menjawabnya… takutnya orang yang di tuju lagi sibuk sedangkan yang lain segen untuk sharingnya..

      salam

      • 35 irfan 21 May 2010 at 2:03 am

        Siap Bosss…..

        Tks atas pencerahannya ya…

        Salam,
        Irfan

      • 36 munir 21 May 2010 at 2:35 am

        Setuju apa yg disampein om sofyan, saya jg mau sharing perawatan burung mabung (ini versi saya Om).
        Burung mabung adalah burung yg sakit (fisik dan mental), karena itu harus hati2 dalam merawat burung mabung. Pada kondisi mabung burung sangat memerlukan banyak energi untuk melepas dan menumbuhkan bulu kembali (kayak udang lg moulting aja ya?), dalam kondisi seperti ini fisik burung agak lemah, terutama bila bulu jarum banyak tumbuh maka burung biasanya gak mau dipegang dan mental agak drop. Jadi jgn lbh baik diisolasi dan dilakukan pemasteran (tapi tetep harus hati2 dlm memaster burung)
        1. burung mabung perlu ada tambahan GIZI : Extra Fooding, Vitamin dan Mineral, terutama yang banyak mengandung protein dan kalsium agar stamina tetap terjaga dan bulu tumbuh normal: bulu mengkilap, batang bulu tidak keropos dan tidak mudah patah (kalo patah2 kayak Anisa Bahar, hehe ). Pemberian vitamin dan mineral min 1x dlm seminggu harus diberikan.
        2. penjemuran tetap perlu dilakukan (2 hari sekali) terutama pagi hari, minimal 30 menit (6.30-7.00) agar burung dpt asupan sinar dan dpt merubah provitamin D menjadi vit.D. (selain itu agar sangkar tidak lembab dan agar tdk tumbuh jamur). Note; pastikan burung telah mendapat asupan EF dan Multivitamin sebelum penjemuran.
        3. 15 menit setelah penjemuran burung bisa dikrodong kembali untuk dimaster. Tapi pastikan lebih dulu pakan utama, ef, dan minuman telah tersedia dalam sangkarnya.
        4. tempatkan burung di tempat yg tenang agar dapat menyerap suara dg baik.

        Itu aja om, maaf kalo kurang jelas. Kalo detil terlalu panjang om……”kata orang, burung yg jarang bunyi/diem adalah burung yg mahal harganya om…..karena dia yg menciptakan lagu” hehehe maaf om gurau.

      • 37 ahmad sofyan 21 May 2010 at 2:48 am

        Tuch saya bilang juga apa.. hehe… pengunjung disini sebetulnya banyak yang ahli hanya biasanya kalau pakar-pakar itu jarang ngomong, sekali ngomong langsung selesai permasalahannya…

        salam

      • 38 irfan 24 May 2010 at 2:34 am

        Terima kasih atas sharing nya Om Munir…
        kira2 kalo yang pencipta lagu itu kn jenis apa ya Om..jenis MG kali yak…(Meli Guslow) hehehe…

        Bener ya Om sofyan…ternyata masalah pemanggilan juga perlu diperhatikan…;=))

        terus lagi nanya nya ya Om dan semuanya boleh sharing loh…

        masalah pemasteran Om…
        karena saya sangat pemula, jangankan masalah pemasteran, pemeliharaan aja masih belum maksimal…
        seandainya pada saat mabung tidak saya master, karena memang saya tidak tau sama sekali tentang pemasteran, apakah kn saya akan berkicau sama dengan sebelumnya atau isian2nya bisa hilang???

        mohon pencerahannya lagi…

        Salam,
        Irfan

      • 39 ahmad sofyan 24 May 2010 at 3:57 am

        Om Irfan… masalah pemasteran ini masih menjadi debat… ketika kenari mabung dia sudah mempunyai suara sendiri sehingga ketika kenari selesai mabung suaranya akan sesuai dengan suara pada saat dia sebelum mabung… ketika pada saat kenari mabung di master suara lamanya masih ada tetapi ada penambahan suara master lain, ketika suara master yang baru lebih mudah dibawakan sama dia maka suara baru akan dominan lama kelamaan suara yang rumit akan hilang… makanya ketika dimaster jangan sekali-kali mendengarkan suara aslinya karena akan ngelender … demikian mohon maaf kalau salah…

        salam

    • 40 irfan 24 May 2010 at 8:36 am

      Terima kasih atas pencerahannya lagi Om Sofyan…

      Artinya saya salah dong ya…soalnya kn yang mabung saya gantung dekat dengan kn yang laen, yg bunyi terus tapi kicauannya masih standard (tidak ada isiannya..). besar kemungkinan kn saya yang mabung akan balik ke suara standard lagi ya…;=((

      Salam,
      Irfan

  22. 41 yunior 18 May 2010 at 7:56 am

    wah saya mah bukan pakar..jadi gk berani jwb pertanyaan ente nih he..he

  23. 42 irfan 18 May 2010 at 4:24 am

    Om Yun…

    kalo kn dah selesai mabung, apakah langsung berkicau? kalo blm mau berkicau apa harus dipancing dulu ya?
    kn saya dirumah, spertinya dah selesai mabung, soalnya ga ada lagi bulu yang rontok,cuma buntut belum komplit 100%. Tapi kn sama sekali belum bunyi tuh Om? apa ada treatment khusus kalo dah selesai mabung…

    mohon pencerahannya Om Yunior, Om Sofyan and Om pakar yang laen…

    Tks.
    Irfan

  24. 43 yunior 18 May 2010 at 3:54 am

    maaf belum om ini ja cuma 6 ekor YS yang produksi sisanya mabung nanti kalau pas dtg lagi saya bantu deh….

    • 44 munir 18 May 2010 at 4:25 am

      gemana om yunior ini? tuh di atas ditulis banyak stock F1 dan F2?? begitu ditanya om donny kok belum ada stock?? hehehe

      • 45 sofyan 18 May 2010 at 6:50 am

        maklum om penjualnya lagi sibuk ngitung untung jadi lupa ada yang nanyain hehe… btw kalau ngga salah om Dony nanyain YS bukan F1 atau F2 hehe….

        salam

      • 46 yunior 18 May 2010 at 7:53 am

        betul om sofyan…om Dony pernah telp saya minta YS import bukan anakan F1 atau F2 he..he

  25. 47 redmoz 17 May 2010 at 9:09 am

    mantabbb..lama ga ikutan nehh…makin rame om sofyan…alhamdulillah

    • 48 yunior 18 May 2010 at 1:45 am

      halo om kapan ente dateng ketempat ane nih ?? ane lagi banyak stock anakan f1 ma f2 YS om tomy ngambil 10 ekor he..he

  26. 51 ben 17 May 2010 at 1:03 am

    Assalamualaikum..Permisi Pak Sofyan…mohon maaf saya ben di bogor. saya sangat pemula di dunia perkenarian. sudah sejak jaman sekolah saya jatuh cintrong sama kenari. tapi berhubung ekonomi pas2an ga kebeli juga. sekarang saya sudah 4 taun kerja nguli kpngen mulai piara kenari. kalo bole dan tak merepotkan mohon ilmu2 dasarnya. saya kemaren udah beli satu kenari bahan 65rebu di pramuka. karena super amatir, saya salah dalam pemilihan tempat minum. ga tau kalo kenari suka mandi, dia nyelup di tempat minum. karena kekecilan ga bisa keluar n kelelep lalu innailahi…kesian. tar gajian sy rencana mw beli lagi. saya tertarik beli di tempat Pak Hendra, mungkin Pak Sofyan bisa kasih petunjuk dimana tempatnya (lot/nomor berapa) tapi ada gak ya yg bahan? karna budget pas2an n pngen belajar piara dr nol.. yg saya mau tanyakan, gimana cara pilih yg jantan..dan berapa harganya yg wajar/normal? itu dulu aja. maaf merepotkan yg udah master2 dengan pertanyaan ecek2 kya gni. muga berkenan.. trims sangat

    • 52 ahmad sofyan 17 May 2010 at 2:08 am

      Waalaikumslm, beli kenari lokal di kiosnya P’Hendra saya tidak recommended om… harganya mahal… kalau impor ya terpaksa beli sama beliau hehe…. mengenai kenari mati dalam tempat air minum itu sering terjadi… sebetulnya bukan masalah kecil atau besar tetapi tutup tempat minum harus di lepas. Untuk membedakan jantan atau betina bisa baca di link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari

      salam

      • 53 ben 17 May 2010 at 8:39 am

        ouwhh bgtu ya pak…trims banget infona.. nah klo bole tau nih, klo yang impor ‘bahan’ n yg merah gitu tu kisaran berapa yaa? trims bgt jawabannya…

        sakses!!

      • 54 ahmad sofyan 17 May 2010 at 8:45 am

        kalau impor ngga ada bahan om, rata-rata usianya sekitar 8 bulan ke atas, rata-rata sudah bunyi…. harganya kenari impor tergantung jenis untuk kenari body kecil (lizard, spanish timbardo atau waterslager) berkisar 900 rb s/d 1,2 juta

        salam

      • 55 lutfie 14 August 2014 at 3:15 am

        salam kenal om sofyan,… saya orang baru dalam menganal burung,… saya dirumah ada KN 3 betina lokal 1 beetina AF dan 2 jantan AF, permasalahan yg saya hadapi pada pencodohan antara KN F2 betina dengan KN jantan AF setiap di satukan dalam sangkar KN betina seolah2 takut oleh KN jantan, ( padahal sudah sy dekat KN tsb sekita 1 mingguan lebih) tp jika dipisahkan keduanya seperti mencari-cari bunyi cuit,.. cuit,.. KN F2 sdh 2 minggu sy beli kata c penjual KN F2 betina sudh pernah produksi lebih dari 2 kali,.. mohon pencerhan nya om master,… oh ya om sofyan merecomendasikan jika mau beli kenari F1, F2 di kiosnya pak Hendra tolong dong om minta alamat lengkapnya,… lokasi saya Bogor,… Terimaksih sebelumnya….

        email saya : lutfie.yudiana@yahoo.co.id

        Salam kenal juga om Lutfie, dipisahkan saja dulu om, betinanya biarkan di kandang ternak sendirian dikandang ternak sediakan sarang beserta isinya, jika si betina sudah nyusun sarang (serat disusun rapih) baru jantannya dimasukkan…. kalau om tinggal di Bogor jika ingin nyari KN seri F bisa ke tempat om Uphay saja ….. di tempat Pak Hendra jarang ada seri F yang banyak kenari impor….. no.hp om Uphay 081380245391

  27. 56 gede 12 May 2010 at 2:12 pm

    yang masih punya stock Vitakraft… ngacung…… xixixi…. puyeng juga nih kalo pakan pada kosong… mau ganti merek pakan takut malah pada Mabung, mana bulan Juli bentar lagi…. punya solusinya gak Kang AS ?

  28. 57 prie 10 May 2010 at 11:24 pm

    permisi ikut nimbrung lagi dunk…

    aku setuju usulannya om Munir.

    kapan om sofyan menyediakan obat yang paling manjur khusus untuk kutu kenari, coz walaupun kenari sy yang banyak kutunya sehat wal afiat, tapi bulu sayapnya semakin rusak terus.

    mohon bantuannya Om…

    THX.

  29. 58 gede 10 May 2010 at 9:47 am

    Mantap Om… Pakan kemasan yg sy pake sudah ada tambahan Multivitamin, jd sy tdk memberikan lagi tambahan Vitamin dlm air minum KN… Pakan kemasan import sy berikan utk KN Import. untuk KN lokal, sy gunakan pakan kiloan lokal dgn racikan sbb:
    -CANARY SEED 30%
    -BIJI SAWI 35%
    -MILLET PUTIH 2,5%
    -MILLET MERAH 2,5%
    -NIGER 5%
    -WIJEN 5%
    -LINSEED 5%
    -JINTEN 5%

    Untuk KN jenis YS, saat ini sy masih menggunakan CeDe dgn campuran Vitakraft

    Extra Food sy berikan Sayuran berwarna Hijau dan Telor…

    Eh kang, kalo grit dan Bird Charcoal masuk ke kategori pakan gak ?

    Trims

    • 59 sofyan 11 May 2010 at 12:10 am

      sip kang, kadang-kadang kita terlalu menyayangi kenari yang kita rawat… beli makanan ingin yang terbaik begitu juga dengan multivitamin maupun obat-obatan … akibatnya kenari menjadi gemuk, over vitamin akibat lanjutannya mabung seumur hidup (nyulam) hehe…..

      salam

  30. 60 munir 10 May 2010 at 9:33 am

    betul betul betul……………….sippp dehhhhh buat para pakar KN

  31. 61 Estu 10 May 2010 at 8:42 am

    Makasih Om atas Infonya…sgt berguna bagi saya peternak pemula…Wah berarti selama ini saya salah om karena saya sering menambah apa yg disenangi kenari dari pakan utama…contoh klo dipakan utama, kenarinya lebih banyak makan kenari sheet…maka saya tambah kenari sheet dari merk yg berbeda…. dpt dikatakan saya merubah komposisi pakan ya om…klo begini trus bagaimana om? dikembalikan ke pakan utama saja ato lanjut pakan utama campuran canary sheet…

    • 62 ahmad sofyan 10 May 2010 at 8:52 am

      om Estu … pakan utama kenari ya canary seed, tujuan di mix dengan beberapa jenis yaitu untuk menambah gizi dan memperkaya nutrisi dari makanan kenari… Pakan jadi (bermerk) yang bagus adalah yang banyak canary seednya, berhubung canary seed masih impor kalau kebanyakan canary seed jd mahal maka untuk menekan harga di campur dengan milet putih… lhooo… kok malah bahas pakan, pertanyaan om Estu kan balikin atau ngga yach hehe…. kalau om merasa pas dan kenari tidak gemuk yach teruskan aja om….

      salam

  32. 63 yunior 10 May 2010 at 8:13 am

    nice info om..untuk pakan import lebih bagus and berkualitas saya setuju tapi belum tentu cocok digunakan di iklim seperti indonesia karena saya pernah denger kalau pakan import memang diracik untuk daerah yg iklimnya dingin jadi biasanya kalau digunakan untuk negara tropis malah bikin burung mabung and kegemukan…maaf kalau salah he..he

    • 64 ahmad sofyan 10 May 2010 at 8:26 am

      Om Yunior pengalaman saya selama ini tidak ada efek buruk buat kenari hanya kurang bagus buat kantong saya hehe…. biasanya pakan impor mahal2 hehe…. ketika pemberian pakan impor ditakar dengan takaran tertentu alhamdulillah malah menambah performa kenari impor, kenari menjadi rajin bunyi, bulu mengkilat dan yang penting terlihat lebih sehat…. (maaf ini pengalaman saya aja om)….

      salam

  33. 66 jaelani 10 May 2010 at 7:58 am

    Nice sharing om,kalo boleh tau komposisi pakan untuk kenari om sofyan nih, mungkin hasil racikan sendiri he he


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,267,733 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

