Ternak Kenari

Penelepon : Hallo om…  Saya : Hallo juga bagaimana kabarnya om ?? ada yang bisa saya bantu ??…   Penelepon : om punya F1YS ?…  Saya : Waduh maaf saya lagi kosong, nanti saya coba tanya ketemen-temen.. nyari F1YS bahan atau dewasa….?? Penelepon : Kalau ada F1YS siap lomba om ?…  Saya : Siap om  Penelepon : om F1YS siap lomba harganya berapa ?…  Saya : ya sekitar X sampai Y ….. Penelepon : lho kok mahal banget om ?… saya pemula tolong kasih harga Paguyuban om…

Cuplikan kalimat di atas hampir setiap hari saya terima baik lewat email, telpon maupun SMS. Setiap ada email, sms maupun telpon saya selalu menanyakan kriteria F1YS yang dicari, rata-rata mereka meminta F1YS yang sudah siap ternak dengan suara isian Blackthroat, ciblek, Gelatik Batu maupun suara isian lainnya….. ketika saya menyebutkan nominal dari harga kenari yang dimaksud rata-rata mereka kaget karena merasa kemahalan, akhirnya saya bingung sendiri…. yang nyari kenari ini ngerti burung ngga sich hehe…. Perlu rekan-rekan ketahui harga seekor F1YS dengan suara isian harganya berkisar 1 jutaan keatas sedangkan F1YS juara harganya bisa 2 juta, 5 juta bahkan bisa sampai 25 juta….

Disini saya tidak ingin membahas mengenai harga F1YS, tulisan saya diatas hanya memberi informasi saja bahwa harga F1YS itu tidak murah hehe…. Saya ingin coba membahas mengenai ternak kenari. Kalau saya perhatikan selama ini hobis yang baru belajar ternak kenari dalam memulai ternak hanya memikirkan output dari hasil ternak…. Gampangnya kalau kita ternak dengan indukan bagus atau mahal maka anakannya akan mahal sehingga penghasilan meningkat, padahal ternak kenari tidak semudah yang kita pikirkan… Keberhasilan dalam beternak kenari tidak hanya di tunjang oleh modal yang besar tetapi kesabaran, keuletan dan konsistensi peternak merupakan faktor penunjang keberhasilan lainnya. Saya sering mengelus dada sendiri (bukan dada orang lain lho hehe….) ketika dapat telpon dari seseorang yang menanyakan kenari Yorkshire untuk diternak…. Menurut penerawangan saya dari cara bicaranya saya bisa menangkap bahwa penelopon ini baru mengenal yang namanya kenari…. Saya sebagai orang yang berpengalaman dalam hal kerugian akibat kenari mati atau lepas hehe… mencoba menjelaskan bagaimana untung ruginya ternak kenari Yorkshire dan saya coba menyarankan agar mencoba ternak kenari yang levelnya di bawah Yorkshire dulu nanti sambil berjalan kualitas indukannya di tingkatkan. Dalam hal ini saya hanya memberi gambaran mengenai ternak Yorkshire selanjutnya keputusan ada di tangan di penelepon.

Peternak harus bijak dalam memilih kenari selain harus sesuai dengan passion pembahasannya ada disini http://burungkenari.wordpress.com/2010/04/05/mengembangkan-hobi-kenari-sesuai-passion juga harus memperhatikan lingkungan peternak…. karena masih banyak yang terkaget-kaget mendengarkan harga kenari impor. Ketika kita ternak kenari impor lingkungan sekitar kita merasa kemahalan akibatnya tidak ada yang mau beli. Seandainya kita membeli sepasang Yorkshire dengan harga 5 juta minimal harga anaknya 1 juta, tetapi lingkungan ternak kita hanya mau beli dengan harga 100.000 uang yang kita investasikan untuk membeli indukan akan lama kembalinya. Sialnya lagi ternak Yorkshire dengan Yorkshire jarang yang bisa berhasil, saya tidak yakin pemula akan sabar dalam menjalani ternak Yorkshire.

Ada lagi pemula yang mencari kenari juara untuk diternak, dalam hal ini saya tidak mencela/menjelekkan tujuannya membeli kenari juara untuk di ternak tetapi bagi seorang pemula ternak kenari dengan kualitas indukan bagus akan sulit mendapatkan harga jual anakan yang sesuai dengan kualitas indukannya…. Dalam menjual kenari selain faktor dari kualitas kenari kompetensi peternaknya juga cukup memberi andil dalam menentukan harga kenari. Yang parahnya lagi kenari juara dirawat pemula akibatnya bisa patal kenari bukannya berkembang bagus malah ngedrop karena merawat kenari juara tidak sesimpel memelihara kenari biasa(lokal), akibat lanjutanya jangankan di jual modal dijual murah aja orang lain tidak mau …..

Itulah sekelumit pengalaman saya selama mengelola blog ini, banyak kejadian-kejadian yang mengiris hati mendengar cerita temen-temen pemula yang dikerjain senior. Sebetulnya bukan dikerjain tetapi miskomunikasi karena komunikasi dalam level yang tidak seimbang akibatnya ada salah satu yang menjadi korban…. Demikian mohon maaf kalau kurang berkenan, salam

 —===ooo000)Fina Bird Shop(000ooo===—

53 Responses to “Ternak Kenari”


  1. 1 dedi 10 May 2013 at 3:44 pm

    maaf om,saya pemula lagi belajar ternak,yah indukan yg murah murah aja,kira kira lofer dikawinin sama thailand hasilnya bagus gak om,hehe……….

    Maksudnya kenari thailand om ?, maaf saya belum pernah lihat burung kenari thailand seperti apa ?,

  2. 2 Ain Heru Kiswanto 19 December 2012 at 9:12 am

    cara memilih betina kenari yg bagus ciri cirinya gimana om,,
    Trim..

  3. 3 Mojokerto 21 March 2012 at 12:25 am

    mau coba kenari om, punya dua sudah siap dan gacor ternyata diterkam kucim. sabar ah…

  4. 4 handojo 2 February 2012 at 12:01 pm

    salam kenal buat om-om semua. saya pecinta kenari pemula. terima kasih untuk artikel-artikelnya, sangat membantu, terutama untuk saat ini dimana banyak penjual nakal. tks.

  5. 5 chandra 1 January 2012 at 9:25 am

    numpang tny nih om…atau rekan2 smuax…
    saya pny kenari 2pasang…
    yg 1pasang sdh bertelur 3butir.
    tp krn sibetina turun sangkar krn lapar telurx pecah terinjak2 sendiri..sayangx…&
    yg 1pasang lg hr ini baru mulai btelur tp bukan disarangx malah ditempat mknx..
    telur yg jatuh ga saya buang mlah saya taruh di dlm sangkar dng harapan dia tertarik bertelur di dlm sangkar

    telor jatuh dari sarang sepertinya bukan karena induknya ngambil makanan, biasanya telor jatuh karena indukannya kaget yang mengakibatkan telor ketendang keluar sarang. coba perhatikan lingkungan sekitar kandang ternak takutnya ada kucing, tikus, cecak atau kecoa masuk sangkar ternak atau kaget karena lingkungan gaduh. Coba telornya ambil masukkan ke sarang, mudah2an induknya mau bertelor disarang wassalam

  6. 6 prasetyo 12 April 2011 at 1:33 am

    salam kenal salam kicau om mau dong jadi anggota paguyuban KN biar tambah teman tambah pengalaman ternak kenari syarat apa om makasih.

  7. 8 penangkaran kenari madiun 20 March 2011 at 2:05 am

    salam kenal dari penangkaran kenari madiun, baru belajar dan kohon sharing kedepannya tentang ternak kenari untuk pemula http://www.kenarimadiun.blogspot.com

  8. 9 jerry 13 February 2011 at 1:24 pm

    tolong minta alamatnya gan…lokasi sby kan?? kebetulan saya lokasi sby, dan lagi cari!! thanks

  9. 10 hariscakty 26 July 2010 at 2:34 pm

    saya lagi butuh kenari jenis yorkshire anakan/bahan jantan dan betina. adakah rekan2 yg bisa bantu saya kasih info/penawaran??

  10. 12 Acil 16 June 2010 at 2:56 am

    Salam kenal semua.
    Saya breder kenari di surabaya
    Utk melihat aneka koleksi kenari saya, bisa teman2 buka di Facebook saya :http://www.facebook.com/profile.php?id=100000839001747
    Atau cari nama Acil kenari @ FB.

    Disana banyak koleksi foto dan bahkan video kenari yang gacor2

    Salam ^^

  11. 15 alir 26 May 2010 at 2:18 pm

    tks Om Ahmad, saya tinggal di bdg. tulisannya saya tunggu.
    ma’af bbrp hr gak gabung krn msh berduka, satu kn yg selalu ditimang2 dimakan siti..kus.
    ..salam..

  12. 17 adit serpong 24 May 2010 at 2:10 pm

    halo om..salam kenal ya..baru belajar momong kenari nih..mohon pencerahan…hehehe

  13. 18 donny malang 22 May 2010 at 3:21 am

    cari YS macet ring ’08 hrg 1 jt – 1,25 jt n ring 0’9 hrg 1,25 jt – 1,5 jt, kl ada call 0817380088, tk’s
    salam

  14. 19 alir 21 May 2010 at 1:35 pm

    bener Om Ahmad, tapi utk 1 ekor indukan, dicontoh kebanyakan induknya..he..he..tks berat.
    ..salam..

    • 20 ahmad sofyan 24 May 2010 at 1:04 am

      siap om, om tinggal dimana ??…. kalau jauh takutnya mahal di ongkos om… maaf ini hanya sharing saja om untuk sarang sebetulnya kita bisa menggunakan benda-benda di sekitar kita yang penting diameter diatas 7 cm… demikian om, nanti saya coba tulis disini bagaimana cara membuat sarang dengan praktis…saya lihat temen-temen peternak di bandung banyak menggunakan sarang cukup praktis

      salam

  15. 21 alir 21 May 2010 at 3:33 am

    sarang tmpt nelor n ngeram smpi netas itu Om, yg bahannya sabut atau sejenisnya krn punya saya kayaknya terlalu lebar sehingga tdk semua kena badan induk yg akhirnya bisa juga tdk hangat dan mungkin itu yg menyebabkan gagal netas..mereen..he..he..
    ..alir..

  16. 23 alir 20 May 2010 at 3:11 pm

    hallo om Sofyan..
    klo mo pesan sarang utk bertelor kenari utk diluar jkt perlu waktu pengiriman berapa lama? dan mo pesan yg lainnya juga.
    ..salam..

  17. 25 Dayat 20 May 2010 at 11:18 am

    “Keberhasilan dalam beternak kenari tidak hanya di tunjang oleh modal yang besar tetapi kesabaran, keuletan dan konsistensi peternak merupakan faktor penunjang keberhasilan lainnya”.
    Saya setuju om…, tapi pengalaman saya bagi pemula, beternak kenari tidak harus memaksakan diri jika tidak mampu … mulailah belajar dari yg lokal dgn kriteria tertentu. untuk mendapatkan suara yg bagus, panjang, atau isian. bisa di master dengan kaset/CD pada malam hari.
    Tentunya pada saat kenari mulai ngeriwik (umur 1bulan). kepuasan akan didapat dengan memulai dari diri sendiri….

  18. 26 rudi bekasi 20 May 2010 at 1:50 am

    Assalamu’alaikum.. para senior.. saya mau nanya info tentang Japanese finch, apa itu jenis kenari suara juga? dan bagaimana prospeknya untuk saat ini dan yang akan datang?? trimakasih sebelumnya..

  19. 27 Robby 19 May 2010 at 12:32 pm

    Om Sofyan.., salam kenal. saya baru 2 bulan ini memelihara burung kenari, ada 3 ekor : 2 ekor jantan, 1 ekor betina, salah satu yang saya jodohkan sama betina, karena si betina asal mau dikawinkan sama pejantan, selalu menghindar, mungkin masih muda, terus saya pisahkan kembali. setelah saya pisahkan si jantan jadi rusak om, males bunyi, padahal sudah lumayan dapat 5 piagam dikelas latber. kira-kira solusinya gimana ya om, biar kenari saya rajin bunyi kembali. terima kasih.

    • 28 sofyan 19 May 2010 at 11:59 pm

      om mungkin pada saat kenari di jodohkan perawatannya tidak sesempurna waktu sebelum di jodohkan (masih menjadi kenari jagoan) jarang di jemur, jarang mandi, makanan tidak dibatasi sehingga mengakibatkan kenari gendut dan staminanya ngedrop… coba perawatannya dikembalikan seperti pada saat sering ikut lomba dan untuk beberapa hari kenari di tempatkan di kandang umbaran… untuk kenari lomba yang ingin diternak lebih baik kawin cabut, betinanya di biarkan di kandang ternak jika betinanya siap kawin jantannya di masukkan ke dalam kandang ternak setelah terlihat kawin jantannya diambil kembali… dengan demikian stamina jantannya tetap sempurna…

      salam

    • 29 yunior 20 May 2010 at 1:23 am

      untuk tehnik kawin cabut udah pernah saya bahas di http://www.anismerah.com

  20. 30 bayu 19 May 2010 at 9:04 am

    Nice deh……tetep semangat

  21. 31 Estu 19 May 2010 at 3:56 am

    Jujur saya malah bingung om, klo ditanya berapa harga anakan kenari lokal saya…. saya tahu memang harga kenari pernah “jatuh” pada tahun2 yg lalu, itu karena stok kenari lokal sangat berlimpah khususnya yg datang dari Kota Malang. Pernah teman tanya berapa harga kenari lokal, saya jawab harga antara 75 sampai keatas, malah gak percaya, dia malah bilang tetangganya beli di Malang cuman 25 ribu sudah bunyi..waduh…
    Pengen juga sih naik level kenari F1 trus YS, tapi klo denger ceritanya om sofyan kok saya juga ikut ngelus2 dada….balik modal nggak ya hehehe….

  22. 32 Prihananto 19 May 2010 at 2:00 am

    Yang paling penting paguyuban ini terbentuk dulu dan soal yang lainnya bisa dibicarakan kemudian.

    Salam hangat dari penghobi burung Kenari

    • 33 ahmad sofyan 19 May 2010 at 3:12 am

      setuju om, kalau belum apa-apa sudah ribet dengan peraturan akibatnya orang malas jadi anggota…apalagi belum apa-apa sudah berantem masalah harga, persaingan jualan atau merasa lebih penting dari yang lain…. kita coba mulai dari nol besar sambil berjalan kita tata paguyuban ini sehingga bisa menyenangkan anggota paguyuban…. sukses selalu

      salam

      • 34 Dedy_Utomo 19 May 2010 at 4:44 am

        Om Sofyan, berarti pertemuan yang akan datang kemungkinan besar ada acara peresmian paguyuban nih??he he he sekalian aja dipilih pengurusnya, biar cepet berdiri paguyubannya….(biar cepet bisa dapet “harga paguyuban”)………maaf bercanda…. maksud saya biar dapet temen sharing lebih banyak lagi….he he he

      • 35 redmoz 19 May 2010 at 7:06 am

        Setuju om….

  23. 36 yunior 19 May 2010 at 1:48 am

    sebetulnya waktu pertemuan pertama dah saya bahas untuk menstandarkan harga tapi itu semua masih sebatas masukan karena wadahnya sendiri secara resmi belum terbentuk mungkin pada pertemuan berikutnya mudah2an paguyubannya secara resmi dapat berdiri untuk itu buat temen2 yang berminat jadi anggota paguyuban bisa bersiap siap nih he..he biar nanti bisa di data

  24. 37 Dedy_Utomo 18 May 2010 at 6:09 pm

    Yang paling menarik bagi saya adalah kalimat penelepon yang terakhir dikutip Om Sofyan..”Harga Paguyuban” ini yang dimaksud Paguyuban Burung Kenari Indonesia kah??? mohon pencerahannya nih Om…emang waktu ada pertemuan di Pak Nungki tempo hari bahas “Harga Paguyuban” ya?? emang harga tersebut lebih rendah berapa persen dari harga normal nih?? (biar nanti kalau saya mau ngelamar hasil breedingnya Om Sofyan atau Om Yunior minta “Harga Paguyuban” juga he he he)

    • 38 ahmad sofyan 19 May 2010 at 12:47 am

      Justru itu yang membuat saya bingung om… Paguyubannya belum berdiri tetapi sudah ada yang mengaku anggota paguyuban hehe…. insya Allah suatu saat paguyuban ini akan berdiri, sehingga ada harga paguyuban hehe….

      salam

    • 39 yunior 19 May 2010 at 2:04 am

      halo om dedy gimana burungnya netes gk??? oh ya yg border yg kemarin dirawart dulu nanti saya sms in cara rawatan buat lomba mudah2an besok nilainya dapet A jgn C lagi kyk kemarin he..he kalau lagu, postur, gaya ma ngototnya sih udah oke ya tinggal kurangi ngetemnya aja..

      • 40 Dedy_Utomo 19 May 2010 at 4:36 am

        Siap Om….he he he tetasan kemarin gagal Om….maklum pemula…baru tahap belajar….

  25. 41 gede 18 May 2010 at 3:38 pm

    Hehehe… ada yg baru panen F1 YS Nih… Kang AS kalo ada kontes lagi di JKT kabarin ya… itu KN “Merah” yg dibilang Bawel sama istri sy di FB mau sy ikut sertakan… Moga aja bisa berprestasi kang…

    • 42 ahmad sofyan 19 May 2010 at 1:04 am

      siap kang…

      • 43 yunior 19 May 2010 at 2:53 am

        ini kang ada lomba ROYAL CUP 2010..
        1. Kelas Mega Bintang tiket 100 ribu
        hadiah: I. Rp.1000.000 + Rp.500.000,
        II. Rp 1.500.000,
        III. Rp. 250.000
        iV. Rp. 150.000
        V-X.Rp. 100.000

        2. Kelas Bintang tiket 80.000
        Hadiah: I.Rp.800.000 + Rp.200.000
        II.Rp.400.000
        III.Rp.200.000
        IV.Rp.100.000
        V-X.Rp.80.0000

        Pemesanan tiket hub. Yohanes R. 081389888506,08158902099
        Lokasi DEPTAN-RAGUNAN JAKARTA SELATAN

      • 44 gede 19 May 2010 at 3:56 am

        Mantap Om Yun, sy coba kontak dulu… Om Tommy ikutan gak ?

    • 45 munir 19 May 2010 at 1:13 am

      bagus tuh om action KN merah yg di FB……

      • 46 yunior 19 May 2010 at 1:56 am

        ya om gede turunin dong kenari merahnya dilatberan aja deh tuh dikelapa gading deket rumah saya siapa tau burung saya da yg siap jadi saya bisa nurunin juga he..he

    • 47 yunior 19 May 2010 at 2:56 am

      Siapa tau juara he..he…ayo temen2 kita dukung om gede yang mau nurunin kenari merahnya di ROYAL CUP

  26. 48 burung kenari 18 May 2010 at 12:53 pm

    Saya rasa itu wajar, yang sabar Om Sofyan..Saya saja yang main cuma lokal banyak yg mengatakan mahal, apalagi kl kenari import.

  27. 50 yunior 18 May 2010 at 9:33 am

    wah sebetulnya kalau yg dah sering main mah gk kaget….tapi biasanya yg kaget yang berpikir bahwa harga kenari import gk jauh dari harga kenari lokal…

    • 51 ahmad sofyan 19 May 2010 at 1:07 am

      kan sudah saya bilang om… bagi orang awam, kalau yang sudah biasa sich yach ngga masalah hehe…

      salam

  28. 52 munir 18 May 2010 at 8:48 am

    ya betul itu Om, saya jg sering tanya2 dan bahkan banyak tanya, walaupun saya biasa main di burung kicau (selain kenari) tapi saya jg kaget saat denger harga KN import sampai jutaan rupiah. bahkan saya tempo hari beli KN merah lokal (non factor) yg sdh pernah juara di latber lokalan dg harga Rp…….., hehehe (istri yg kaget). harus sabar om untuk menjawab pertanyaan2 yg masuk, moga kenari makin memasarakat………


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,263,030 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

