Sarang Ternak Kenari

Saya coba tampilkan contoh sarang ternak kenari yang saya buat sendiri semoga bisa bermanfaat,

Bahan sarang : Triplek 4 mm, lem kayu, paku triplek

Alat-alat : Gergaji kayu, palu, alat ukur (pengaris)

Keterangan Cara Pembuatan : Ukuran sarang ditentukan sendiri/disesuaikan dengan lebar pintu kadang ternak dan panjang dinding sangkar dengan tangkringan paling atas… saya sendiri membuat sarang dengan ukuran lebar 7 cm, panjang 10 cm dan ketinggian (kedalaman) 5 cm. Untuk cara buatnya lihat sendiri saja polanya dari gambar di bawah… kalau ada pertanyaan silahkan di share di sini

42 Responses to “Sarang Ternak Kenari”


  1. 1 kasyful 19 September 2013 at 2:59 am

    assalamu’alaikum..maaf om ikut nimbrung. Saya kok tertarik untuk punya kenari yorkshire om..kalo daerah sidoarjo punya referensi mendapatkannya om.. trim’s

    mohon maaf saya belum bisa bantu om….

  2. 2 Dhana Wong 1 June 2013 at 1:47 am

    Hemch….bisa dcoba ne cara bikin sarang buat ternak kenarinya.
    Pemula ne om……baru punya 1 pasang KN ja….
    Salam kenal om2 semuanya yg ada disini…

    Silahkan om, semoga ternak kenarinya berhasil……

    • 3 Dhana Wong 3 June 2013 at 2:18 pm

      Amien…makasih do’anya om Sofyan.
      Sebenarnya ini cuma kebetulan saja om…awalnya beli kenari muda ke temen saya, kata temen saya menurut peternaknya kenari ini umurnya 3,5 bulan waktu itu…dan sekarang kurang lebih jalan 6 bulan. KN ini ngeriwik waktu saya beli, dilihatkan VENT-nya “agak” menonjol. Lha kok setelah 5 bulan kok masih belum ngerol, tetep ngriwik saja..padahal tiap malam saya mastering terus. Saya lihat lagi VENT-nya, masih tetep seperti pada saat saya beli pertama kali..dan perutnya bersih tidak ada bulunya.
      Kebetulan ayah mertua saya belikan saya KN jantan yg sudah ngerol, dan waktu saya dekatkan sangkarnya, KN yg saya beli itu mendekat ke KN yg jantan sambil berbunyi mencicit…namun sayapnya tidak dikepak2kan…sementara yg jantan nabrak nabrak sangkar seolah2 pengen masuk ke sangkar KN yg saya beli itu.
      Yg jadi pertanyaan adalah, apakah KN yg saya beli itu memang betina dan sudah siap dikawinkan, Om?
      Terim Kasih…

      Om Dhana, saya tidak bisa menebak-nebak coba om baca link dibawah ini ada beberapa kenari usia 6 bulan sudah siap ternak hanya sebagian besar kenari siap ternak usia 8 bulan keatas http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari

      • 4 Dhana Wong 7 June 2013 at 12:14 pm

        SIAP OM Sofyan…. :D
        Saya juga g keburu kok, soalnya ini kan juga g sengaja…hehehe….kebetulan saja beli kenari dapet yg betina n kebetulan juga dibelikan kenari jantan yg dah ngerol. sama mertua….jadi tinggal nikmatin saja om….
        Saya juga liat perkembangan kenari betinanya, ventnya masih pink muda, bulu di perut masih belom bersih semuanya, cuma kurang dikit lagi…jadi tinggal tunggu tanggal mainnya saja….ini juga yang betina saya tempel terus sama yang jantan kok Om Sofyan, biar cepet jadi pasangan…hehehe
        Makasih Om…

  3. 5 Afriandonie 24 April 2013 at 2:23 pm

    MAU TANYA OM mungkinkah kenari jantan yang sering ngerami telor,,mungkinkah knari betini bersiul sperti jantan?trims..

    Mungkin, tks

    salam

  4. 6 Orienz 9 December 2012 at 4:35 pm

    Pening om 3 x brturut turut kenari ku gak menghasilkan.by orien medan

  5. 7 Orienz 9 December 2012 at 4:31 pm

    Om kenari sy tiap ngeram gak jd.bhkn dah 3 x musim ini.pdhl tmptnya dah nyaman.bisakah di obati betina yg brmasalah.trims on.ku tunggu jwbn nya

  6. 8 aldy 6 November 2012 at 7:33 pm

    knalin aq aldy – garut seorang pemula, bos sarang yg bagus buat kenari berbahan apa yah bos, yg bikin nyaman .

  7. 9 Endesuherman 24 October 2012 at 1:56 pm

    ass. ikut nimbrung nih, saya baru ternak kenari alhamdulillah dua indukan sudah netasin telornya, 3 anakan dari indukan pertama sudah 3 mingguan dan semuanya sehat. indukan ke dua 2 anakan sudah 2 mingguan. mudahmudahan hidup sampai besar. saya pelajari terus dari blog-blog kenari mania, sekarang 3indukan lain sedang menunggu waktu untuk bertelor, alhamdulillah selama ini belum menemui kendala yang berarti. kuncinya fokus, sabar dan telaten. 3 indukan lainnya sedang antri menunggu pejantan. maklum masih kurang pejantannya. tips ringan agar ternak kenari tidak mudah menyerah karena susah berjodoh dan biasanya peternak pemula biasanya ingin cepat melihat burung ternakan segera beranakpinak yaitu cari betina yang siap kawin. sambil menunggu indukan dara yang belum waktunya untuk dikawinkan. maaf baru juga ikut nimbrung seperti menggurui apalagi pada sesepuh kenari mania. ini adalah ungkapan kegembiraan dimana baru nyoba ternak eh ternyata agak berhasil. salam kenari mania.

  8. 10 tirta 15 April 2012 at 2:20 pm

    om saya butuh bantuan….
    gini om pada awalnya saya kan punya kenari jantan, kemudian dia mengalami birahi dan birahinya itu gk hilang2, akhirnya saya belikan saja kenari betina, 2 hari aku dekatkan ternyata sama nempel saling bertemu, aku gabungkan saja dan terjadi perkawinan, tapi uda 3 minggu kok masi blom membuahkan hasil yah…. emg masa hasil bertelornya kapan om , ??

    • 11 Uphay 16 April 2012 at 6:14 am

      om Tirta, 4 hari setelah kawin, biasanya betinanya sudah bertelur, kalau om lihat kawinnya, kemudian tidak juga bertelur lebih dari 1 minggu, mungkin betinanya cuma type “Have sexs” ajah om… heheheh. artinya, bisa jadi betinanya bermasalah. pastikan juga usia keduanya baik , tidak terlalu muda dan terlalu tua. semangaaaattt….

      Baru denger ada kenari yang “have sex” :) , terimakasih atas pencerahan & sharingnya om Uphay… wassalam

      • 12 Uphay 29 October 2012 at 6:05 am

        huahhahah… iya loh,,, saya punya om… hobbynya ngawin… tapi yah itu… ga pernah nelur… xixixixi

    • 13 meidy 17 September 2012 at 7:08 am

      om gimana cara membedakan kenari jantan dan betina ?……………….

  9. 14 teguh wartoyo 11 April 2012 at 1:27 am

    assalamualaikum,slm sejahtera buat kita semua
    sy mau nanya om,sy punya kenari dua pasang udah mulai nelor
    dua2nya kalau nelor ngga mau di sarang,tapi di tempat makanya
    bagaimana solusinya
    terima kasih banyak sebelumnya?

    Coba tempat makannya diganti dengan ukurannya yg lebih kecil om… wassalam

  10. 15 Kris Yanto 3 March 2012 at 12:31 pm

    salam kenal om, mohon infokan penangkar kenari yang bisa kirim ke luar pulau jawa (saya tinggal di Ambon). Terima kasih.

  11. 16 bima samudera 24 February 2012 at 4:40 am

    maaf om, saya peternak kenari pemula. saya mau minta solusinya. gmn ya om supaya kenari saya cpt birahi? dan juga bagaimana caranya proses perkawinan yg bagus?

  12. 17 bobi 26 November 2011 at 3:19 am

    salam kenal …
    saya pemula ….. 2 hari yang lalu saya beli sepasang kenari yang sdh bertelur 2 … ketiaka saya terima kenari sdh di pisah kandang ….. sampai di rumah kedua kenari cuit-2 kaya pengin ketemu ..sy kasian trus saya masukin satu kandang … langsung kawin …( kata penjual spy tdk dicampur ) pertanyaan saya … apa 2 telur yang pertama rusak ? apa perlu sy beri tempat bertelur lagi … atau di biarkan saja tempat yang sdh ada 2 telur yang pertama ? mohon jawabanya .. thanks

    Om maaf agak lama respon-nya, ketika kenari pindah tempat biasanya dia gelisah karena belum mengenal lingkungannya biasanya indukan yang sedang bertelur akan berhenti beberapa hari untuk mengenali lingkungan akibatnya telor yang sudah keluar akan ditinggal tidak dierami. Isi sarang berikut telor dibuang, isi sarang diganti yang baru agar tidak ada kutu. Demikian semoga membantu, wsslm

  13. 18 yudha 6 November 2011 at 3:53 am

    mau tanya ok, sy bru mulai ternak kenari, ada yg bilang kalau ternak kenari jangan di sangkar gantung, harus tetap dan tidak dipindah-pindah, krn telurnya tidak akan netas, apa benar om…. soalnya kenari saya sudah 2 minggu ngeremin dan blum netes juga…krn setiap 2 hari sekali saya turunin sangkarnya untuk dikasih minum , sayuran dan dibersihkan…Mohon pencerahannya om…tx

    Sebetulnya bukan masalah digantung om tetapi usahakan kandang ternak jangan terlalu banyak bergerak, karena jika banyak bergerak dikhawatirkan mengganggu telor yang sedang dierami…. mungkin untuk periode berikutnya sangkar jangan terlalu sering dinaik turunkan jika ingin memberi pakan lebih baik om naik tangga sehingga induknya tidak sering terganggu dan telor tidak sering tergoyang…. untuk pengeram sekarang kasih waktu 1 minggu lagi om jika tidak menetas dibuang saja,

    Wassalam

  14. 19 Djen setya 19 July 2011 at 3:59 am

    Ass..mw tanya ni om AS..kalau bertelor sembarangan (ga disarangnya) trus aq coba pindahin telorny ke sarang,,apakah telorny akan menetas..? Sebeltmny makasih om ditnggu jwabanny..wslm

  15. 20 indra 31 May 2011 at 5:27 am

    Om kalo mau jadi anggota paguyuban kenari mania… gimana sich caranya?

  16. 21 Adieshine 15 December 2010 at 7:09 pm

    Om q pemula di dunia burung. Mau tanya ukuran sangkar buat ternak kenari berapa2. Makasih

    Ukuran kandang ternak relatif om bisa besar bisa kecil untuk sementara bisa menggunakan sangkar soliter (sangkar gantung biasa), atau kalau om mau buat sendiri bisa dengan ukuran 40 cm x 60 cm x 60 cm untuk contoh kandang buatan sendiri bisa lihat link ini http://burungkenari.wordpress.com/2010/02/04/dinamika-ternak-kenari

    salam

  17. 22 novan 24 November 2010 at 4:39 pm

    om mau tanya…hari selasa kemarin dapet betina yg sudah pernah bertelur trus kebetulan ada jantan di rumah yg sudah dewasa sekitar 1,5 thn…saya langsung gabungkan td pagi saya lihat ke duanya sudah seperti ciuman sambil cuit-cuit dan selalu berdekatan. yang saya tanyakan apakah jantan n betinanya sudah berjodoh???oh iya satu lagi isi dari sarang dikasih apa ya??jerami yg bisa di beli di toko burung,kapas atau tisue yg di sobek2

    terima kasih

    jodohkan saja om, isi sarang cari yang mudah didapat … hobi kenari jangan menjadi beban tetapi dengan hobi kenari kita menjadi enjoy…

    salam

  18. 23 toheng 17 November 2010 at 1:52 am

    Sejak sekitar 6 bulan lalu saya buat tempat sarang dari tripleks seperi ini selain menggunakan sarang-sarang dari jerami yang dibeli, ternyata hasilnya kok jauh beda ya, yang tripleks presentasi penetasannya 0-50% tapi yang dari jerami 50-100%. Perkiraaan saya pada tripleks sirkulasi udara kurang baik (telur perlu nafas juga). Sekarang saya coba dengan mengebor beberapa lubang pada alas kotak sarang, saya sedang coba tunggu hasilnya. ada teman-teman punya pengalaman sama?

    Terimakasih atas sharingnya om… denngan sharing begini akan membuat kita jadi pintar hehe…. ditunggu sharing selanjutnya

    salam

    • 24 Noki.E 25 November 2010 at 9:02 am

      Betul…..Om Toheng and Om Syofyan, setelah saya lubang dibeberapa tempat sarang tripleknya…penetasan full 100% terus. Sebelum saya lubangi paling banyak netas cuman dua dari empat telur…….sukses terus.
      Ayoo…siapa lagi bagi2 ilmunya

      Salam Kenari Mania

      Makasih om Noki atas sharingnya…. ayo siapa yang mau daftarin Hak Cipta-nya hehe….

      salam

  19. 25 vikar 3 November 2010 at 3:34 am

    Salam kenal, saya sedang coba untuk menjodohkan kenari. kenari sudah saya gantang berdekatan selama 3 hari, hari pertama si jantan langsung nyerang sambil berkicau dan si betina terbang kesana kemari sambil skali2 mengepakkan sayap. Hari kedua sampai ketiga keduanya hanya diam saja, tetapi apabila salah satu saya pindahkan(dijauhkan), baru deh si jantan berkicau ga brenti2, si cwe juga seperti uring2an sambil bunyi cuit cuit seperti yg sedang mencari pasangannya. begitu didekatkan lg, keduanya langsung diem membisu. apakah kenari saya sudah berjodoh? semalam saya coba satukan kedalam kandang si betina, tapi malah seperti yg berkelahi.. bagaimana ya seharusnya? thx.

    Om proses penjodohan membutuhkan waktu yang berbeda-beda tergantung kesiapan kedua kenarinya, 2 hari bisa langsung jodoh kadang-kadang 2 minggu belum jodoh-jodoh… proses penjodohan tidak hanya mendekatkan kandang saja tetapi faktor makanan juga perlu diperhatikan.. coba diberi telur puyuh seminggu 3X, dijemur kalau bisa setiap hari, ketika keduanya sudah saling berdekatan kadang-kadang saling suap-suapan baru disatukan, pada saat pertama disatukan kadang-kadang terjadi perkelahian … kalau ingin jelasnya coba baca-baca di link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

    salam

  20. 26 panji 6 October 2010 at 5:54 am

    Makasih om…infonya tentang kenari cukup lengkappp…. salam kenal

  21. 27 eko 31 August 2010 at 8:03 am

    kenari ku bertelur tpi tidak ada jantanya !!selang 3hri aku dekatkan ama jantan slama 4 hari trus aku jadikan 1dalam 1kandang seminggu kemudian ada telur lagi di sangkar !!! bisa menetas enggak ?? sebaik nya aku gimana

  22. 29 reza 21 July 2010 at 3:49 am

    perimisi om sofyan saya mu tnya, saya ingin mencoba untuk beternak kenari. kira2 modal yang di butuhkan brp y untuk membeli sepasang kenari? mungkin krena masih pemula di mlai dengan kenari yg lokal dulu y om? apakah om sofyan jg menjual kenari indukan? mohon bimbinganya om..

  23. 30 suyatno 15 June 2010 at 4:00 pm

    Saya tertarik dengan beternak kenari gimana ya cara nya ada gak yang bisa bantu untuk pemula seperti saya dan apakah nilai bisnisnya cukup menjanjikan ? Tolong dong Msa, Pak bantu saya terus kalau gabung dengan komunitas gimana caranya ?

    • 31 ahmad sofyan 16 June 2010 at 12:52 am

      Pak Suyatno coba baca-baca tulisan saya terdahulu diblog ini… mudah2an bisa membantu dan alhamdulillah sudah beberapa orang terbantu dengan adanya blog ini… kalau Bapak mencari orang yang bisa membimbing ada saja hanya membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membayarnya… untuk bergabung dengan komunitas tinggal datang saja pada saat pertemuan kopi darat, insya Allah kalau ada pertemuan nanti di umumkan di blog ini…

      salam

  24. 32 RAGIEL 1 June 2010 at 11:59 am

    pengen deh jadi anggota paguyuban kenari mania… gimana sich caranya?
    tolong kasih tau donk… keinginan saya khan baek… pengen banyak saudara… iya khan…
    bantu saya ya Bro.. ya Oom..

    email saya :
    kenarijawara@yahoo.co.id
    or
    085697812639

    • 33 ahmad sofyan 2 June 2010 at 2:19 am

      om saat ini belum ada aturan baku cara menjadi anggota, kalau ingin terlibat datang aja pada saat acara kopi darat, demikian semoga membantu… setiap ada acara kopi darat akan di umumkan di blog ini….

      salam

  25. 34 alir 27 May 2010 at 6:21 am

    makasih Om Sofyan gambarnya.
    Undangan dah dibaca, semoga bisa hadir.
    ..salam..

    • 35 ahmad sofyan 27 May 2010 at 6:55 am

      sep… besok kan libur jadi bisa buat sarang kenari hehe… siap om mudah2an bs hadir … jangan sungkan2 untuk hadir, kalau sudah datang bisa seperti om Harry dan om Fadly bisa main gendong2an dan becanda hehe….

      salam

  26. 37 made partha 27 May 2010 at 5:34 am

    selamat siang om sofyan..

    akhirnya kenari saya bisa netas, kira2 15 hari sudah nelor lagi padahal jantan dan induknya tdk saya campur, sekarang anaknya sudah 20 hari sdh bisa makan sendiri,
    sudah saya pisahkan, yang jelas telor pasti gak bisa netaskan karena tdk ada jantannya.
    nah yang saya mau tanyakan;
    bagaimana cara nyetop indukan agar tidak terus-terusan bertelor..??
    saya coba ingin mengistirahatkan induknya untuk sementara karena sdh 4 kali bertelor, tetapi baru kali ini berhasil netas walaupun cuman satu dan udah gede.

    sekian, terima kasih

    • 38 ahmad sofyan 27 May 2010 at 6:53 am

      untuk mengistirahatkan indukan ambil saja sarangnya, atau di pindah di sangkar baru(sangkar soliter) … biasanya indukan yang sudah biasa nelor disarang tidak akan bertelor sembarangan… Kalau menurut saya tidak usah di istirahatkan om yang penting pemberian gizi bagus, diberi multivitamin dan EF terjamin insya Allah kenari lancar produksinya…. nanti juga ada masa istirahatnya pada saat mabung… tetapi harus diingat gizi makanan harus bagus…

      salam

  27. 39 yunior 27 May 2010 at 4:47 am

    ya om saya juga ws emang nakal euy.. saya netes 3 mati juga kyknya betinanya over proteksi..sekarang netes lagi 2 ekor udah umur 5 hari mudah2an bisa sampai besar..he..he

  28. 41 redmoz 27 May 2010 at 2:26 am

    tanya om…ys ma betina kuningnnya dah nelorin lom? sorry pertanyaannya ga sesuai judul artikel…hehehe

    • 42 ahmad sofyan 27 May 2010 at 3:28 am

      belum berhasil ternaknya om, betinanya blm nelor lagi… pernah punya anak cuman anaknya mati terinjak induknya….

      salam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,206,113 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

