Makanan Kenari

Disini saya tidak membahas mengenai jenis dan komposisi bijian yang diberikan kepada kenari, saya rasa untuk hal teknis rekan-rekan sudah pada tahu. Seperti saya utarakan pada tulisan terdahulu tentang pakan kenari, untuk hobis yang memelihara kenari dibawah 10 ekor lebih ekonomis membeli pakan kemasan. Karena membeli pakan kiloan selain harus mencuci yang membuat repot pada saat menjemur, karena membutuhkan keahlian tersendiri untuk mengetahui kandungan air dalam bijian yang dijemur. Jika kandungan airnya tinggi bijian cepat berjamur, jika kandungan air sedikit (terlalu kering) bijian kurang bagus karena nilai gizi yang terkandung berkurang. Jadi kalau menurut saya kita bagi-bagi rejeki dengan pembuat pakan hehe….

Komposisi Campuran Pakan

Ketika kita membeli makanan dalam kemasan harus memperhatikan komposisi bijian dan faktor penunjang lainnya untuk meningkatkan nilai gizi pakan kemasan. Akhir-akhir ini kalau saya perhatikan pakan kemasan yang beredar dipasaran tidak hanya campuran bijian saja tetapi mulai menambahkan telor yang di mixing (campur) dengan tepung roti, penambahan Multivitamin dan beberapa Mineral lainnya seperti minyak ikan dan vitamin E.

Untuk rekan-rekan yang sibuk jarang menjemur kenari minyak ikan sangat membantu untuk menanggulangi kekurangan vitamin D. Dengan pemberian minyak ikan yang rutin dan komposisi yang pas menjadikan burung kenari mempunyai bulu yang mengkilap, kekebalan tubuh meningkat (tahan terhadap penyakit) dan yang utama burung terlihat sehat ceria.

Bagi rekan-rekan peternak komponen lainnya yang harus diperhatikan dan sangat dibutuhkan yaitu pakan yang mengandung campuran vitamin E. Vitamin E ini berguna untuk menstimulan indukan pada saat diternak, fungsi lainnya yaitu  Vitamin E dikenal juga sebagai vitamin untuk kesuburan. Pada dasarnya semua biji-bijian mengandung vitamin E yang cukup. Akan tetapi biji-bjian yang kualitasnya jelek kandungan vitamin E nya akan rusak. Kombinasi antara vit E, A, dan D bermanfaat untuk menjaga kesuburan pejantan terutama yang sudah berumur.. Jadi pakan kemasan yang mengandung minyak ikan dan Vitamin E merupakan kombinasi yang bagus.

Sebagai informasi di pasaran sudah beredar sumber vitamin E yaitu Wheat Germ Oil, buat temen-temen yang mengoplos (mencampur) makanan sendiri bisa menambahkan Wheat Germ Oil ini sebagai tambahan vitamin E. Hanya saat ini mencari Wheat Germ Oil agak susah dipasaran jarang beredar hanya ada di kios-kios tertentu.

Cara Pemberian Pakan

Sebelumnya saya mohon maaf jika terkesan mengajari (menggurui) berdasarkan pantauan saya selama ini pemberian pakan ini sepele tetapi sangat jarang diperhatikan. Saya masih suka melihat hobis kenari memberikan pakan sebanyak-banyaknya bisa untuk 2 atau 3 hari…. Kelemahan memberikan pakan banyak adalah makhluk hidup seperti juga manusia akan memakan-makanan yang paling disukai. Demikian juga dengan burung kenari ketika ada makanan yang diberikan sebanyak-banyaknya maka yang paling dulu dimakan adalah bijian yang paling disukai, akibatnya bijian yang tidak disukai tidak pernah dimakan… Padahal tujuan pemberian bijian yang dicampur beberapa jenis adalah setiap bijian mengandung sumber energi dan gizi yang berbeda sehingga dengan makan beberapa jenis bijian maka sumber protein burung bisa tercukupi (saling menutupi kekurangan).

Cara pemberian pakan yang terbaik adalah di takar dan setiap hari pakan kenari diganti… terserah mau diganti sore atau pagi yang penting setiap hari pakan di ganti. Keuntungan pemberian pakan dengan cara ditakar adalah pakan yang kita berikan sebagian besar habis, pada saat pakan di ganti kenari akan memakan bijian yang paling disenangin sampai habis ketika lapar pakan yang kurang dia senangin akhirnya dimakan juga… Keuntungan lainnya yaitu kenari terkontrol, pakan dan tempat pakan selalu bersih karena dibersihkan setiap hari…. dan yang paling penting yaitu efisien tidak banyak pakan yang terbuang…. Demikian mohon maaf kalau salah…..

—===ooo000)Fina Bird Shop(000ooo===—

66 Responses to “Makanan Kenari”


  1. 1 cingku 11 October 2013 at 2:26 pm

    om saya mau nanya nie buat burung sya kenari lagi umur 1 bulan seminggu tu wajib nya berimakanan apa om agar cpt gacor atau tdak sakit dri bahaya

    pelihara burung kenari butuh proses tidak ada jalur pintas jadi jalani saja om, kalau om tidak sabar ingin cepat denger bunyi burung kenari ganti saja dengan kenari yang sudah dewasa….

  2. 2 ari 5 September 2013 at 11:52 am

    Mohon bantuannya…agan kenari AF saya umur 5 bln,saya mengunakan pakan BELGIE XO,tapi kenapa ya kok sering rontok bulu?padahal mulai umur 4 bln saya pakai pakan ini…apa kepanasan menggunakan pakan ini?? Tlong dibantu

    Om untuk sementara penggunaan Belgie XO di berhentikan dulu ganti dengan pakan kemasan merk lain…. kalau saya biasa menggunakan phoenix tapi tidak harus phoenix masih banyak pakan kemasan yang lainnya….

    • 3 wahyu 29 October 2013 at 1:54 pm

      kenap pk belgie xo panas kl lg mabung bgmn cocok ga …/ yg baik apa pakan harian kenari..

      yang saya tahu Belgie XO mengandung White Germ Oil akan sangat bermanfaat buat burung kenari yang sedang mabung, sedang merawat anak atau sedang diternak. Untuk kenari sehat tidak terlalu memerlukan pakan bijian yang mengandung gizi tinggi, demikian om yang saya tahu…. saya rasa Belgie bagus juga buat harian hanya harus dicampur dengan pakan kemasan lain….

  3. 4 Bambang 3 February 2013 at 10:39 am

    Ada efek tersendiri apa nggak gan kalau kenari jarang dijemur ,

  4. 5 rundy 10 October 2012 at 9:28 am

    Om apa efeknya nangkar kenari di daerah pegunungan?

    • 6 ciplink 11 October 2012 at 1:04 pm

      ngga ada efekya cuma jarang kena sinar mata hari kalo lg musim ujan aja om… saya aja di pegunungan toh ternak kenarinya jadi ko…..nga masalah om yg penting telaten dalam merawat burungnya……

  5. 7 beby 13 September 2012 at 2:44 pm

    met malem om fungsi dari kecambah bagi kenari apa om?

  6. 8 Sarjana Moeda 8 August 2012 at 12:36 pm

    om mau nanya nih,knari bahan saya udah mulai gacor tapi volumenya kecil,biar suaranya nyaring diapain ya om?

  7. 9 ali 6 August 2012 at 8:07 am

    om, kenapa burung betina ane mati ketika dikawinkan om, pdhl baru 2 hari , klo di intip2 mreka mesra lo om ?

  8. 10 kangmahfudz 17 January 2012 at 3:07 pm

    para pakar burung lagi kumpul ni …. critanya, hehehehe.

  9. 11 febro 22 December 2011 at 8:06 am

    Mas Sofyan…
    saya pernah melihat peternak kenari lokal hanya memberi air dan pakan bijian saja, membiarkan pakan biji2an dalam jumlah banyak dan berhari hari..seperti saya juga :p …karena asumsinya dengan begitu kenari bisa menghabiskan semua bijian karena tidak ada pilihan lain.. tapi kalau sudah kombinasi pakan, saya sering mendapati biji2an jd basah atau terkontaminasi pakan lain..trus mau dibuang juga sayang…cape deh..sepertinya memang harus ditakar dan dibersihkan setiap hari…

    salam.febro

    Om Febro, peternak kenari lokal berusaha menekan biaya produk dengan cara hanya memberikan bijian tertentu saja, akibatnya gizi, mineral dan vitaminnya tidak tercukupi secara optimal, hasilnya perkembangan anaknya tidak optimal. Dengan mencampur beberapa jenis bijian diharapkan gizi, mineral maupun vitamin dapat terpenuhi hasilnya kenari sehat & anaknya bisa berkembang optimal (badannya besar), demikian om, wassalam

  10. 12 ferry 18 December 2011 at 2:19 pm

    om…sy py indukan kenari sdh kawin, bahan sarang sdh ditata rapi, tp betinanya kog blm mau bertelur di sarangnya ya, malahan telur yg sdh keluar malah pecah tdk di tempat sarangnya…solusinya om/

    om Ferry, mungkin kenarinya belum merasa nyaman, coba masukkan sobekan kertas atau kapas kedalam kandang ternak, semoga ternaknya lancar om, wslm

  11. 13 zessy 2 December 2011 at 3:14 am

    Om, salam kenal dulu. aq, mo tanya, kenari dirumah telur gak bisa keluar, ada tips, ta. tq

    Penyebab egg binding adalah karena kenari betina masih muda sudah diternak, untuk menanggulanginya coba kedalam anus (tempat keluar telor) diberi minyak sayur dan pada air minumnya diberi multivitamin, demikian wslm

  12. 14 Didid Danadhyaksa 20 November 2011 at 7:24 am

    Manteb gan,,,setuju,,,pakan diberikan sesuai dg kebutuhan kenari,,,,

  13. 15 alvie83juice 26 October 2011 at 8:39 am

    misi om sofyan…mo nanya:
    sebenarnya pola memberi makan kenari yang baik itu gmana ya?
    #setelah mandi sebelum di jemur, atau
    #setelah dijemur baru di beri makan?

    dan untuk menentukan usia tepat kenari gmana ya?masalahnya saya beli dan pembelinya hanya bilang masih muda…

    Kalau masalah pemberian makan suka-suka, bebas tergantung ada waktu senggangnya yang penting makanan dan minuman diganti setiap hari dan diberi sesuai porsinya jangan terlalu banyak, jika terlalu banyak kenari hanya makan bijian yang dia suka saja, akibatnya pasokan gizi kurang baik.

    Saya tidak mengerti maksudnya “saya beli dan pembelinya hanya bilang masih muda” kalau yang saya tangkap dari kalimat tersebut om beli kenari jadi om itu pembelinya heh…. menentukan usia secara tepat susah om kita hanya bisa melihat dari kakinya jika sisiknya masih halus berarti masih muda, demikian

    Wassalam

  14. 16 Kosta 20 October 2011 at 1:48 am

    salam Om… mo nanya nih… perbedaan antra kenari jantan dan betina bsa dilihat secara fisik ga (kita hanya melihat kasat mata aja)

    Kalau tidak salah artikel seksing sudah ada coba cari om … tks

    Wassalam

  15. 17 pujie_ 29 September 2011 at 4:03 am

    om untuk menghilang kan suara serak pada kenari gimana yach,,,?info nya ya, , , , ,?

  16. 18 aggie 12 August 2011 at 1:47 pm

    omm,, kenari saya jatuh dari kndangnya je,, jadi gk bunyi lg nie omm, pdhal tdinya udh gacor,, apa ya om caranya ngembalikan kegacoran kenari saya ???

    thx..

    Pada saat jatuh kemungkinan kenari stress… untuk mengembalikan rajin bunyi harus menunggu stress-nya hilang… untuk mempercepat menghilangkan stress, bisa diberi obat anti stress … obatnya bisa dicari di kios penjual pakan & obat burung.. tks

    Wassalam

  17. 19 neo cobain 12 July 2011 at 11:39 am

    om,gan aye mau nya klo burung kenari sering sesek nfas nya knp ya gan,,,?
    tlong kasih tau caranya,,,,??

  18. 20 guntur wibisono 10 April 2011 at 4:29 am

    Pakan kenari Belgie memang dah teruji ber efek mngembalikan kegacoran kenari saya yg setahun mmbisu hanya dalam tempo 3 hari…
    yg jadi masalah pakan relatif mahal..dimana kalo beli dalam jumlah dus an ya…kali aja harga jauh lebih murah…

  19. 21 wendy 21 March 2011 at 12:31 pm

    om saya mo tanya klo kenari saya ko jd murung terus,,padahal asal nya gacor kenapa ..ya???

    Om Wendy, coba cek di sekitar sangkar apakah ada bulu yang lepas ?, kalau ada beberapa bulu yang lepas kemungkinan kenari om sedang mabung, demikian

    Wassalam

  20. 22 toheng 20 March 2011 at 11:46 pm

    Beberapa waktu lalu saya beli selusin makanan kenari buatan lokal merek pasaran “Phxxxxx” (harga dibawah 10rb sebuah). Selama ini sih saya gak lihat keanehan, tapi dua hari yang lalu saya perhatikan ternyata mereka sudah mengandung Hemp Seed. Awalnya saya berpikir saya telah mencampurnya dengan tidak sengaja, namun ketika saya periksa ke botol-botol lainnya yang masih tersegel saya melihat hal yang sama. Apakah ini kesalahan produksi atau bukan ya? Mengingat setahu saya biasanya sedikit mahal produk makanan kenari yang mengandung hemp seed (bukan bermaksud promosi produk loh). Saya cuman ingin tahu, apakah teman-teman mengalami hal yang sama?

    Bisa saja om mereka mengnubah komposisi bijian dengan maksud meningkatkan kualitas pakan dan menghadapi musim pancaroba, demikian

    Wassalam

  21. 23 Budi.. 8 February 2011 at 10:57 am

    Om Sof slm knal, w bru nc pnya burung kenari, kta om burung knari bru mau gacor setelah mabung pertama usia 5bln, ada teknik khusus ga om buat mancing itu kenari biar mau ngoceh apa alami aja setelah proses mabung!…. thanks yan om…. salam kenal Budi Citeureup-bogor

    Salam kenal jg, lebih baik alami aja om kalau diporsir akibatnya kurang baik bagi kenari….

    Wassalam

    • 24 Budi.. 16 February 2011 at 11:04 am

      oke om terima ksh ats jwbnnya…. blh nc Qta ktmu slng berbagi ilmu…. biasa om sof nongkrong dmna klo kontes??? ska ikut ga om?
      maaf ya om bnyak nnya maklum anak baru… he… he..

      Sama2, boleh saja kita sharing mengenai kenari …. sejak di Palembang saya belum pernah ikut lomba belum punya jagoan hehe… insya Allah kalau sudah ada jagoan akan diusahakan ikut lomba, om Budi tinggal di Palembang juga ?…

      Wassalam

  22. 25 Achmad Hidayat 28 January 2011 at 6:52 am

    om sofyan….
    u/ menggunakan ring pada anakan kenari ada ukuran standardnya nga?….
    umur brapa boleh dipasang pd anakan kenari?….
    tks.

    Ukuran standar ring hanya pembuat ring yang tahu om… kalau saya pesan hanya tinggal nyebutin jumlah pemesannya aja hehe…. mungkin rekan-rekan yang lain bisa bantu…

    Wassalam

  23. 26 klubsukses 21 January 2011 at 10:30 am

    Betulkah jika pemberian pakan Belgie XO di ganti dg pakan merk lain bisa menyebabkan kenari cepat mabung (langsung mabung) ???

    om klubsukses, wah nama klub-nya mantap hehe…. kalau tidak salah saya sudah ulas bahwa setiap ganti komposisi makanan akan berpengaruh terhadap burung kenari. Sedangkan setiap makanan kemasan mempunyai komposisi yang berbeda-beda akibatnya bisa menyebabkan kenari mabung, jadi yang terbaik jangan terlalu sering gonta-ganti merk pakan kemasan…

    Wassalam

  24. 27 Gerald 26 December 2010 at 2:18 pm

    Om saya dri bdg klo mau beli fumayin dimana yach

    maaf saya belum tahu om, biasanya makanan kemasan impor ada biji fumayinnya

    wassalam

    • 28 redmoz 24 January 2011 at 2:56 pm

      kasih info dikit om sofyan. Di phoenix premium jg banyak kandungan flumayinnya. lebih banyak dr yang ada di xo belgie or kenari kraft. demikian.

  25. 29 farhat 23 December 2010 at 7:19 am

    ass, om sofyan saya punya burung kenari yang sedang dijodokan, udah cukup lama sekitar 2 mingguan namun belum juga kunjung bertelur… itu kenapa y? padahal keliatannya mereka udah saling menyuapi satu sama lain….,, mohon masukkannya… semoga terus jaya….

    salam kenal,

    farhat

    Sabar yach om, saya lagi banyak kerjaan… pertanyaan om yang pertama sudah saya baca hanya saya lagi banyak kerjaan

    salam

    • 30 toheng 23 December 2010 at 9:04 am

      Maaf Om Farhat, umur indukan (jantan & betina)nya berapa? terlalu muda atau terlalu tua bisa sepeti itu efeknya. Coba pake kandang sekat dulu, stimulasi si betina dengan suara si jantan dan serat-serat untuk sangkar, berikan extra fooding, baru setelah itu digabung. Bisa juga dikasih suplemen : superbrXXXXXX atau VitalXXX, ada juga dengan cara yang sedikit memaksa menggunakan hormon sex dengan memakai testoXXX (untuk jantan) dan estroXXX (untuk betina). Semoga bermanfaat

      Mantap terimakasih atas bantuan pencerahannya om, semoga bisa menjadi amal kebaikan bagi om… buat om Farhat jangan ragu-ragu mengikuti saran om Teheng sebetulnya beliau lebih jago ternak dari pada saya hehe…

      salam

  26. 31 Achmad Hidayat 22 December 2010 at 8:47 am

    selamat sore om sofyan….
    semoga om sofyan selalu sehat walafiat dan selalu bisa memberikan masukan2 yg bermanfaat bagi kenarimania semua..amin
    bgini om….dirumah sy sdh memiliki anakan kenari umur kira2 satu bulanan masih diloloh induknya (alhamdulillah atas bantuan saran tempo hari sdh ada hasil walaupun hanya menetas dua ekor)kira2 umur brapa bisa di pisahkan dari induknya?….kelihatannya juga induk tsb sudah mulai angkut sarang dan cuit2 panggil pejantannya apa yg harus dilakukan?…
    demikian…maaf klo karangannya terlalu panjang…atas bantuannya diucapkan terima kasih.

    Usia 1 bulan sudah bisa dipisah om, coba beri telor ayam matang setengah butir jika anaknya sudah bisa matokin (makan) telor ayam berarti siap dipisah

    salam

    • 32 Achmad Hidayat 22 December 2010 at 9:45 am

      makasey om atas penjelasannya….jadi induknya bisa dikawinkan kembali om?….

      bisa langsung dikawinkan om, hanya perlu diingat.. sangkar beserta aksesorisnya dicuci bersih bila perlu menggunakan desinfektan, isi sarang di ganti sehingga sangkar/kandang ternak bersih… semoga tambah sukses ternaknya om….

      salam

      • 33 Achmad Hidayat 23 December 2010 at 3:41 am

        Terima kasih atas segala informasinya om sofyan….doa dan dukungannya semoga menjadi pemicu semangat beternak kenari…salam cuit2 kenari.

  27. 34 Endi Hidetaki Maruyama 4 December 2010 at 2:14 pm

    Assalamualaikum

    Saya sangat senang dengan artikelnya dan menambah pengetahuan saya yang tadinya belum tahu khususnya manajemen pakan.
    Oh ya saya punya burung kenari bagus, suaranya gacor, pejantan, warnanya kuning dengan sayap lurik-lurik, saya akan menjualnya dengan harga 500 ribu. DIJAMIN PUAS…!!

    Mohon maaf om sesuai kesepakatan bersama untuk jualan ada halaman khusus, hanya untuk saat ini halaman lapak belum dibuka sedang dicarikan format yang bagus dan bisa mengurangi resiko penipuan…

    salam

  28. 35 alex 15 October 2010 at 8:49 am

    Aneh ini isinya cowok semua kok pada ribut BURUNG???
    Emang burung kalian hilang?? wkwkwkwkkww…

    Mau Tanya Nech Abang2 Burung Kenari Gw kok Ga bunyi2 ya itu kenapa ya bang, dari sebab makanan atau burungnya yang ga bagus ya???

    Kan yang seneng burung rata-rata laki-laki om jadi disini tempatnya gosip kaum laki-laki, itu burungnya usia berapa bulan om …?

    salam

  29. 36 mr.jon 17 August 2010 at 1:48 am

    menurut aku fumayin it utk doping aja.bisa dikasih waktu turun lomba (7hr sblum H),pemberian F jgn berlebihan,cz kalo lbh burung bisa drop,pakan yg cocok bwt knari lomba itu kasih GOLCOIN aja.info lbh lanjut bisa sms di number ini 087833028217.ok slamat mencoba

  30. 37 munir 29 June 2010 at 7:55 am

    salam kenal om Cece…. mmmm seneng banget rasanya kalo punya YS ori…..
    om gede: kayaknya mau buka toko nih……

  31. 38 cece 29 June 2010 at 7:30 am

    saya ga punya biji fumayin doang sih om..
    kalo saya beli cede hasil racikan yang udah dicampur tambahan biji fumayin… kalau yang jualnya sih dia punya biji fumayin terpisah tapi saya ga tau apa dijual atau tidaknya..

    sekalian mau tanya nih ..
    apa biji fumayin itu sama dengan biji ganjaa ? takut juga kalo iya tar buat kita dijadiin makanan burung taunya bermasalah lagi ..

  32. 39 cece 28 June 2010 at 10:00 am

    ikut nimbrung nih om..

    kalo saya beli dari yang maen burung import cd asli nya di oplos pake haver + biji fumayin + ningger + dll (yang dia ga bilang, katanya rahasia perusahaan hehe…) jadi bisa dipake buat kenari import ato lokal juga aman, lagian harganya jadi lebih terjangkau, dan boleh dikasih ke burung tiap hari.
    hasilnya.. burung jadi lebih bawelll…
    tapi buat dijodoin.. jadi ok… nyeranggg terus..
    kaya cowo abis makan kambing kali yah.. hehe..

    cece – bandung

  33. 41 Johan_free york 11 June 2010 at 9:16 am

    Resep cede2an sy bahan utama tepung roti+telur rebus+madu+vitamin+gandum+dry green di campur dan dikeringkan dan siap disajikan …Gampang khan? Silahkan mencoba .. :-)

  34. 42 nando 9 June 2010 at 11:43 am

    wah… om Softy gw ga tau tuh pasar burung pramuka….
    boleh menta alamat’a….
    maklum, coz aq orang Cirebon nih……..
    Thx yach dah di bales ………..

  35. 43 nando 8 June 2010 at 11:47 am

    thx om Softy, ats saran’na……
    Om mau tanya lg nih, om Softy kan orang JKT…
    kalo ada importir kenari byasana d jakata mana? &alamatna d mana?
    blz k email ku aj Om…. julifernandolr@yahoo.com
    THX nih Om…………..

    • 44 ahmad sofyan 9 June 2010 at 1:12 am

      Wah saya punya nama baru nich … softy kayanya bagus buat nama malam hehe…. importir yang saya tahu adanya di pasar burung Pramuka om… cari aja disana kios yang banyak burung impor….

      salam

  36. 45 Johan_free york 8 June 2010 at 7:08 am

    Siang om Sofyan! Skdar sharing aj klu sy kdg buat cede.2an made in dewek bahannya utamanya dari tepung roti++.. ;), ada yg mau coba???

  37. 48 nando 7 June 2010 at 12:40 pm

    bos sofyan salam kenal nih……………..
    aq mo tanya, kenari betina aq koq aneh….
    kelihatan engga gairah, tp d liat dari fisik ga da yg aneh (ga k’liatan tanda” sakit)
    si betina kalo makan koq ga berdiri, tapi duduk” trus kalo nangkring sempoyongan…..
    satu lagi nih.. kalo ciri betina mo bertelur apa sih?? coz betinanya baru aq pisahin dari jantan & aq taro lg ke sangkar harian…..
    Sorry nih klo pertanyaan qu agak ga nyambung, maklum PEMULA BOS..

    • 49 ahmad sofyan 8 June 2010 at 12:40 am

      Rasanya kurang nyaman di panggil bos hehe…., kenari om fisiknya drop… coba faktor gizi pakannya diperhatikan, diberi multivitamin, suplemen stamina dan jangan lupa jemur. Untuk tahap awal penjemurannya jangan terlalu lama cukup 15 menit …

      salam

  38. 50 huda 5 June 2010 at 4:20 pm

    cari kenari untuk wilyah sleman jogja ///????????

  39. 51 Johan-free york 5 June 2010 at 1:30 pm

    Salam kenal semuanya, u/ om widano cede kenari dpt dbeli di kios burung di tg.priok, tks

  40. 52 widano 5 June 2010 at 10:21 am

    @ mas gede : udah ke pramuka cari muter2 pada bilang ndak punya.. udah ke pak henra pramuka segala… heheeheh wkt di bdg tinggal di istana regensi sukawarna belakang btc….

    • 53 gede 6 June 2010 at 2:07 pm

      oh gitu ya Mas… mungkin permintaan CeDe di JKT dikit Mas jd pada gak stock… padahal itu pakan Wajib buat YS kalo menurut sy… Tp nampaknya memang harus belajar soal pakan YS ke para peternak di Jkt. Karena sy denger peternak di Jkt sukses dgn ternak YS nya, bahkan menghasilkan silangan YS dgn Lokal (F1 YS) yg banyak dan ukuran besar. Semoga rekan2 peternak YS di Jkt mau membagi pengetahuan pakan YS nya… thx b4

    • 54 yunior 7 June 2010 at 2:38 am

      banyak om coba cari ke pengkauw PB. Pramuka

      • 55 munir 7 June 2010 at 3:04 am

        pake susu bubuk bisa gak om yun…(ada temen yg pake susu bubuk) dan ternyata KN-nya mau jg…..

      • 56 yunior 7 June 2010 at 6:00 am

        kalau saya pake biscuit milna campur niger..kalau pake susu bubuk saya takut kegemukan karena tinggi gula…

      • 57 gede 9 June 2010 at 3:35 am

        Mantap Om, sampai saat ini sy masih pake CeDe kalo pun di campur sy pake vitakraft… Hehehe… masih berimbang koq harga pakan dan hasil dari jual anakannya…

  41. 58 widano 5 June 2010 at 4:17 am

    Di jkt kok sulit cari CEDE ( makanan kenari serbuk bentuknya )? ada yang punya info ndak untuk yg jual CEDE di jkt di mana beli nya…. sampai sekarang saya harus minta ke bdg kirim cede nya… thank bt temen2 kenari mania……

    • 59 gede 5 June 2010 at 8:29 am

      Wah… YS mania nih… di PB pramuka masa gak ada Om ? kalo di PB. Pramuka gak ada, pesan sama Kang Sofyan aja….
      Om Widano waktu di Bdg tinggal dimana ?

  42. 60 jaelani 4 June 2010 at 9:19 am

    Sip Om,kalo buat indukan uga ditakar ya? selama ini saya kasih penuh jadi kegemukan deh.thanks nice sharing

    • 61 sofyan 5 June 2010 at 2:22 am

      om untuk indukan yang sedang ngasuh anak tidak usah di takar karena anakan butuh makanan yang banyak tetapi pada saat di jodohkan sampai mengeram lebih bagus di takar….

      salam

  43. 62 munir 3 June 2010 at 7:10 am

    sip om…. berhenti makan sebelum kenyang (biar gak ngantuk, biar tetep energik dan berkicau, kalo tidur gak kicau dong, hehe..). biji bunga matahari dan kecambah/toge kali bagus om……

    yang ingin saya tanyakan: (1). berapa banyak kita harus berikan vit. E pd burung? takutnya pakan kemasan mempunyai kandungn vit E dosis tinggi yg berakibat malah jadi racun buat burung. (2). kalo kita ingin tambahkan kacang2an/biji2an, misal biji bunga matahari berapa banyak/hari untuk burung kenari. (3). kalo ingin memberikan kecambah/toge (misal dari biji2an pakan kenari), berapa banyak yg harus kita berikan? mohon penjelasannya om…..biar kenari saya dpt asupan yg tepat n tetep sehat…..

    • 63 ahmad sofyan 3 June 2010 at 7:48 am

      Wah kalau om sich tinggal nanya ke suhu Yunior aja hehe…. untuk Vitamin E dulu waktu saya menggunakan Wheat Germ Oil (WGO) seminggu 1 kali di tetesin (diolesin) ke daun sawi… hanya saya kurang senang memberi WGO ke daun sawi karena kotorannya lengket… untuk saat ini saya memakai pakan kemasan merk Belgie XO yang sudah mengandung WGO maupun minyak ikan jadi sekarang saya sudah tidak nyampur-nyampur lg…
      Memberikan biji matahari saya belum pernah om saya orangnya kurang seneng yang ribet2 hehe… sebelum dikasih harus di kupas, dipotong2 …. dari pada buang-buang waktu buat pekerjaan detail mendingan dimanfaatkan buat kegiatan lain hehe….
      Pemberian kecambah bagus buat kenari pemberiannya bisa selang-seling dengan hijauan, pemberian kecambah ini membutuhkan waktu untuk membiasakan kenari memakannya sampai saat ini belum ada aturan mengenai takarannya….

      salam

      • 64 munir 3 June 2010 at 9:16 am

        wuih bener jg om….emang ribet… mending cari yg memang cocok buat burung dan gampang dicari di kios deket rumah. makasih om atas masukannya.

        sukses slalu…..

    • 65 yunior 4 June 2010 at 9:26 am

      wah saya bukan suhu om masih belajar juga mangkanya masih suka tanya ma om sofyan he..he

      • 66 riska 8 July 2013 at 2:47 pm

        malem om
        mu nanya kenapa kenari di rumah saya bunyinya jarang dan yang satu lagi kalau bersuara tapi birahi dan apa pakan siap saji yang paling baik minta mereknya……mohon di bls ya oom

        om Riska, kenari jarang bunyi banyak penyebabnya bisa karena masih muda atau jika ada 2 kenari jantan dia merasa minder dengan kenari lainnya yang lebih dominan, coba penempatannya (tempat gantang sangkar) berjauhan minimal 2 M atau kalaupun dekat kenari jangan saling melihat sisi yang saling berhadapan ditutup. Untuk makanan kemasan siap pakai saya rasa sama saja yang penting gampang mendapatkannya.


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

INDOSAT

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,101,087 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 155 other followers

