Indahnya Beternak Kenari

Beternak kenari ketika dilakukan dengan sepenuh hati bisa menjadikan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Peternak kenari bisa diibaratkan seorang seniman lukis…. Pelukis sebelum membuat sebuah lukisan akan memikirkan komposisi warna maupun penempatan objek yang akan dilukis, demikian dengan peternak kenari sebelum menjodohkan kenari dia harus memikirkan dulu kenari seperti apa yang ingin dihasilkan.  Apakah ingin menghasilkan kenari tinggi semampai seperti Luna Maya (maaf saya menggunakan contoh Luna Maya karena artis ini sedang ramai dibicarakan biar gampang bayanginnya hehe…) , ingin menghasilakan kenari unik dengan badan membulat seperti gloster atau ingin menghasilkan kenari walik (bulu terbalik/frill). Sekarang saya coba ulas satu-satu faktor apa saja yang harus diperhatikan dalam beternak…

Postur Badan

Dari gambaran diatas setelah mengetahui kenari apa yang ingin dihasilkan selanjutnya mencari indukan dengan tipikal yang di ingin…. Jika kita ingin menghasilkan anakan dengan tipikal tinggi semampai….. yach cari indukan tinggi semampai… mengenai warna juga di cari warna yang senada dengan anakan yang ingin dihasilkan…. Disini saya mengutamakan dulu faktor fisik karena fisik lebih mudah dikenali. Ciri-ciri fisik bisa dikenali sejak anakan mulai bisa berdiri sehingga mempermudah dalam proses seleksi selanjutnya.

Hal yang dihindari jika menginginkan kenari dengan postur tinggi yaitu menjodohkan kenari dengan kenari jenis gloster…. Kenari gloster mempunyai keunggulan dijodohkan dengan kenari apapun anaknya rata-rata mempunyai kaki pendek (bentuk kakinya mengikuti ke gloster). Akibatnya anakan yang dihasilkan rata-rata mempunyai kaki yang pendek… kalau diibaratkan dengan mobil seperti mobil yang menggunakan ban kecil kelihatannya ceper… Untuk kenari yang mempunyai badan panjang tetapi kaki pendek terlihat kurang proporsional…. Walaupun Gloster mempunyai keunggulan lekukan suara yang menyayat  hati, sangat cocok untuk kenari lomba (singing) tetapi harus hati-hati dalam mengawin silangkannya…  Khusus untuk Gloster lebih baik mencetak gloster murni (ternak gloster dengan gloster)……

Suara

Setelah postur (segi fisik) selanjutnya meningkat ke faktor suara.  Suara kenari di tentukan oleh faktor turunan dan suara master…. Jika ingin menghasilkan kenari mendayu-dayu maka cari indukan dengan karakter mendayu-dayu seperti WaterSlager. Kalau ingin suaranya kasar yach cari kenari jenis lizard atau kenari yang mempunyai karakter suara kasar dan panjang …..

Dengan menggunakan indukan yang mempunyai suara yang kita harapkan, diharapkan menghasilkan anakan dengan tifikal suara yang kita inginkan… selanjutnya untuk membantuk suara yang kita inginkan bisa menggunakan kenari master.  Faktor suara ini masih menjadi perdebatan ada yang beranggapan suara dipengaruhi oleh suara master tidak ada hubungan dengan gen dari induknya (faktor turunan)…. ada juga yang beranggapan suara dipengaruhi oleh faktor turunan dan master. Saya mengambil yang amannya saja pilih suara anakan di tentukan oleh faktor turunan dan faktor master…. hehe….

Seleksi Anakan

Proses selanjutnya setelah berhasil menghasilkan anak yaitu proses seleksi, dalam tahap ini banyak terjadi peternak yang ragu-ragu mengambil keputusan. Ketika mendapatkan anak dengan kualitas yang tidak sesuai dengan harapan tidak langsung di buang…. buang disini maksudnya dijual dengan harga miring….. tetapi masih dipelihara sampai besar dengan harapan setelah besar mempunyai suara yang bagus….

Dalam proses seleksi peternak harus berani memutuskan mana yang lolos seleksi dan mana yang tidak. Yang masuk kriteria bagus dipelihara sampai besar sedangkan yang tidak masuk kriteria di buang. Dengan adanya proses seleksi yang ketat bisa menguntungkan peternak diantaranya perhatian peternak akan terfokus pada perawatan anakan yang lulus seleksi, hemat tempat, hemat pakan dan hemat tenaga…

Demikian ulasan untuk saat ini semoga bermanfaat dan mohon maaf kalau kurang berkenan….

 —===ooo000)Fina Bird Shop(000ooo===—

About these ads

68 Responses to “Indahnya Beternak Kenari”


  1. 1 Chaerul Saleh 23 September 2011 at 2:12 am

    Salam kenal om…
    saya pemula di ternak kenari om…ada beberapa anakan sudah dihasilkan dari kenari lokal saya..tapi kata temen2 saya, anakan2nya kurang gemuk/ terlalu kurus…bagaimana rumusnya formula pakan untuk meloloh anakan2 kenari tersebut, supaya ketika dipegang tubuh kenarinya terasa “manteb’..he..he…
    Makasih om soyan…salam…

    Om Chaerul, coba diberi telur puyuh rebus atau kalau tidak ada bisa diberi telor ayam, demikian mudah-mudahan bisa membantu,

    wassalam

  2. 2 reeant 22 March 2011 at 4:13 pm

    akhirnya…bisa ngerasain juga yang namanya “INDAHNYA BETERNAK KENARI” huahaha..walaupun sedikit kecewa karna KN yang saya beli dan pelihara selama 3,5 bulan ternyata cewe..
    sudah di niatin nyisipin uang bensin sedikit demi sedikit buat beli KN yang gacoor,maksudnya buat isian..eh malah “kimpoy”..
    trims buat para senior dan om AS, isi blognya bener2 bikin tambah Ilmu..

    Wass

    Om Reean, semoga KN jantan jadi-jadian bisa menjadi ibu yang baik dalam mengurus anaknya hehe……

    Wassalam

    • 3 reeeant 28 March 2011 at 8:37 am

      jadi jadian = goib yah om huahahaahaha..abisnya die bisa ngeroll juga lho,walaupun seiprit..
      Alhamdulillah sekarang anaknya dah belajar terbang…

      waaaaa senangnya

      Saya turut senang Om, btw kenari betina rajin bunyi bagus buat cetak anakan buat lomba… coba cari jantan yang bagus kalau ada jantan juara, insya Allah anaknya bagus-bagus…. maaf ini pendapat pribadi kalau tidak yakin jangan diikuti…

      Wassalam

      • 4 reeeant 30 March 2011 at 8:32 am

        huahahaha om sofyan ini ngasih masukan kok malu2..Makasih lho om….
        btw insya Allah om..saya mah miara KN cuman hobby doank.belon kepikir wat lomba sie…maklum lokalan..

      • 5 tri hat 30 March 2011 at 10:01 am

        om sofyan,, mau tanya neh,,saya punya KN Lokal bisa suara prenjak,ayam klo menurut saya setelah denger suara KN hasil download tapi belum pernah bandingin KN juara termasuknya lumayan gacor,, tapi sayang KN saya jari kaki belakang cacat ( jadi kedepan ) makanya sy kasih nama Bima. pertanyaan saya kalo KN cacat kira-kira kalo ikut lomba bisa gak ya? atau ada kategori lomba untuk golongan cacat… he..he..

        trmks.

  3. 6 Heri asgar 1 December 2010 at 9:23 am

    Om mau nanya nich keanri udah jodoh kl di liatin terus boleh ga ya soalnya pengen ketaun kl pas kawin ,tapi malah diam2 z ,apa kenarinya ga enjoy kl di liatin trus ? Tolong pencerahannya mksh

    Terserah om mau dilihatin seharian juga ngga apa-apa om, emang om lagi senggang yach masih ada waktu buat lihatin kenari kawin hehe…. (maaf becanda) kalau ingin melihat boleh saja hanya jarak antara sangkar kenari dengan om jangan terlalu dekat, dengan jarak sekitar 2 atau 3 meter saya rasa tidak akan mengganggu kenyamanan kenari….

    salam

  4. 7 anton 6 July 2010 at 5:56 am

    Sodorkan uang 30rb pakai limaribuan kumel, dilanjut dengan seribuan sepuluh lembar yang diberikan satu persatu(tujuannya supaya penjual seolah2 menerima uang yang banyak dan pembeli sudah mengeluarkan seluruh uang dikantongnya).Gue boyong juga tuh sangkar.Waktu yang dibutuhkan 45 menit.
    Silahkan meniru trik ini….

  5. 8 anton 6 July 2010 at 5:49 am

    Ajak ngobrol tuh penjual pakai bahasa sunda(misalnya aslina ti mana;asalnya dari mana).pujilah dia(misalnya Wah Garut mah ngeunah keur niis nya;wah garut enak untuk bersantai).Setelah akrab tanyalah harga sangkar dilanjut dengan menawarnya.

  6. 9 anton 6 July 2010 at 5:44 am

    Om sofian itu kandang soliter.Tinggi 55cm lebar 36cm.Triknya: pake celana pendek, kaos bekas tidur (butut/jelek), sendal cepit dan bawa uang receh limaribuan dan seribuan(yang udah lecek kalo bisa).

  7. 10 anton 6 July 2010 at 5:27 am

    Legalah hatiku saat itu dengan disaksikan para tetangga yang mengira motor di halaman rumahnya akan dibawa kabur…Akhirnya malam itu aku bisa tidur dengan nyenyak……

  8. 11 anton 6 July 2010 at 5:22 am

    Ku”gabruk” si jantan dari sela dedaunan. Si jantan terkejut dan melarikan diri.Si jantan terbang menabrak segala dihadapannya.Akhirnya ia menabrak jendela rumah tetanggaku.Ia terhuyung2. Tak kusia2kan kesempatan kedua. Akhirnya si jantan tertangkap.

  9. 12 anton 6 July 2010 at 5:11 am

    Ku memberanikan diri “ngagolosor” turun dari atap rumahku dengan cepat(kalau suruh diulang sih amit2).Kubuka pagar rumah tetanggaku tanpa permisi.Dengan mengendap2 kudekati pohon mangga tersebut. Terlihat si jantan kebingungan ditengah kegelapan malam.

  10. 13 anton 6 July 2010 at 5:06 am

    Lima menit berlalu.Lampu senterku meredup tanda harus di charger ulang. Iseng2 kusorot halaman tetangga depan rumahku.Seberkas cahaya penuh harapan memantul dari sela2 pohon mangga cangkokkan tetanggaku yang hanya 1,5 meter tingginya.Terdapat warna orange disela2 daunnya.Dalam hati “masa ia pohon mangga berbuah jeruk”.

  11. 14 anton 6 July 2010 at 4:57 am

    Aku terduduk lesu dihalaman rumahku diselingi tangisan si kecil dan penghiburan dari istri tercinta. Terdorong rasa penasaran yang dalam aku menaiki atap rumahku(bukan mau terjun bebas ya….)Kusorot seluruh atap dan jalan sekitar rumahku.Siapa tau si jantan nongol….

  12. 15 anton 6 July 2010 at 4:53 am

    Setengah jam telah kulewati.Kakiku lemas mengingat kenari merah kesayanganku hilang entah kemana. Dengan langkah gontai dan berputus asa aku merelakan si jantan terbang menelilingi kota Bandung yang bersih, hijau dan berbunga.

  13. 16 anton 6 July 2010 at 4:48 am

    Namun ketika aku akan memasukkannya ke kandang soliter (jam 7 malam) si jantan berontak. Terlepaslah ia terbang ke luar pagar.Segera aku masuk ke rumah mengambil kunci pagar dan senter.Kusorot seluruh jalan serta atap rumah tetangga.Kukelilingi seluruh gang sekitar rumahku.Hasilnya nihil. Si jantan RAIB…

  14. 17 anton 6 July 2010 at 4:29 am

    Senin sore sepulang dari kantor aku membeli kayu asem dan wadah pakan. Setelah sangkar kumpit terpasang aku bersiap2 memindahkan si jantan.Aku buka kandang ternak, tertangkaplah si jantan. Anakku yang kecil imut senang sekali melihat sang ayah menangkap burung tersebut.

  15. 18 anton 6 July 2010 at 4:24 am

    Setelah proses tawar menawar yang cukup alot diselingi canda tawa akhirnya dapat juga sangkar jati seharga 40rb, dimana bila aku membeli di kios2 dalam pasar tersebut barang yang sama dijual seharga 90rb.

    • 19 ahmad sofyan 6 July 2010 at 4:32 am

      om Anton kandang ternaknya seperti apa …?, kok bisa dapet murah , wah hebat juga triknya hehe….

      salam
      sofyan

  16. 20 anton 6 July 2010 at 4:18 am

    Mengikuti saran om Sofian untuk dipisahin antara indukan jantan dengan betina, hari minggu sore aku pergi ke pasar burung Sukahaji Bandung.Sengaja aku datang sore hari dimana para pedagang sangkar yang berasal dari luar daerah yang berjualan di pinggir jalan banting harga sebelum mereka pulang.

  17. 21 Aries 3 July 2010 at 1:32 pm

    Mo nanya om AS….knpa burung kenariku (betina) stlh beranak kok ada yg perutnya jd buuueesar sekali shg utk proses bertelor sljutnya jd gak bisa dan jd gak bisa aktif bergerak krn kebesaran perut.apa mungkin ada yg salah dgn menu makananya.diantara 40 ekr ada 6 yg perutnya besar.makanan tiap hrnya (kenariset,biji sawi,juwawut) kucampur sendiri dgn perbndingan 3:1:0.5 ditambah telor ayam dan daun sawi.mohon bantuan solusinya om AS dan rekan semua aries – kediri

    • 22 sofyan 5 July 2010 at 1:04 am

      Wah ini peternak besar nanya sama kroco hehe…. kemungkinan kenari om kegemukan…biasanya kenari kegemukan terjadi ketika telornya gagal netes indukannya tidak di kondisikan dan isi sarang tidak diganti sehingga indukannya keenakan sering tidur di sarang. Induknya hampir seharian diam disarang keluar sarang ketika hanya ingin makan dan minum selanjutnya balik lagi kesarang…Demikian om mohon maaf kalau salah

      salam
      sofyan

  18. 23 anton 2 July 2010 at 1:59 am

    Kiranya ada masalah rumah tangga apa gerangan? Bantuin donk sharing pengalamannya….

  19. 25 anton 2 July 2010 at 1:57 am

    Apa sebaiknya indukan jantan dipisahkan saja?namun kendalanya bahwa indukan jantan sangat aktif melolohi anaknya, takutnya indukan betina tidak memberi makanan yang cukup untuk anaknya.
    Bila tetap disatukan apa anakan kenari tidak mati kedinginan?Apa indukan betina tidak akan mati karena diserang trus oleh indukan jantan?

  20. 26 anton 2 July 2010 at 1:52 am

    TAMBAHAN INFORMASI:
    1.Indukan jantan masih aktif melolohi anaknya.
    2.Indukan betina tidak terlihat melolohi anaknya.

  21. 27 anton 2 July 2010 at 1:49 am

    Namun tadi malam sepulang kerja aku melihat indukan jantan selalu menyerang indukan betina. Indukan betina dilarang untuk masuk ke sarang bahkan untuk makan pun indukan betina terus diserang.Kenapa ya….

  22. 28 anton 2 July 2010 at 1:46 am

    Om Sof and para senior aku ada masalah rumit neh…Bantuin donk…ASAP
    Indukan kenari merahku baru saja memiliki anak 2 ekor yang baru berumur 6 hari.(Anakan untuk kedua kalinya).Semula mereka rukun2 saja. Malah seringkali indukan jantan melolohi indukan betina.

  23. 29 yunior 28 June 2010 at 1:37 am

    mau ternak jenis apa om???

  24. 30 hartono ponorogo 26 June 2010 at 3:05 pm

    om, saya pengin ternak kenari minta tolong dibantu memperoleh indukanya email saya faizaqbar09@gmail.com no hp 085655518092, trimakasih sebelumnya

  25. 31 rudi bekasi 24 June 2010 at 5:43 am

    mau nanya pada para senior nih, kalau saya punya betina YS (lahiran lokal) itu sarannya dijodohin sama jenis apa ya? mengingat saya blm punya YS jantan nya. saya pengen fokus ke suara dan body yang oke, trimakasih sebelumnya..

    • 32 munir 24 June 2010 at 6:24 am

      ngikut aku aja… jodohin ama F1/F2 YS (cari hasil silangan F1/F2YS vs Lizart). kayaknya mantap body anakannya nanti…, suara… perlu di gurah biar cliing… (ini pendapat Yunior tp bukan Om Yunior lhooooo) hehe..

      • 33 yunior 28 June 2010 at 1:35 am

        bisa aja om munir, saya setuju ma om munir karena kalau dijodohkan dgn border body nya jadi sedit aneh enaknya ma trah YS itu sendiri jadi kondisi anakkannya mendekati induknya…

  26. 34 yunior 22 June 2010 at 8:37 am

    sip jgn lupa kasih baby oil ringnya sebetulnya pemasangan ring maksimal umur 15 hari om

  27. 35 toheng 18 June 2010 at 12:17 pm

    Umur 5-6 hari sudah bisa dipasang, lebih dari itu takutnya pergelangan kakinya sudah membesar jadi tak masuk, saya sendiri memasang ring umur 6 hari, agak2 merinding sih, susah2 mudah takut kepencet anak kenarinya ..ada yang punya trik memasang kenari yang mudah gak?..

  28. 36 fediyan syahputra 18 June 2010 at 7:43 am

    Om Sofian, minggu kemarin saya coba pasang ring manual ke anaknya yg umur 9 hari dan yg 7 hari ,tapi ngak muat om .
    kalau saya paksakan nantinya jari2 anaknya bisa patah om…..terus kukunya mana panjang2 semua jadi malah makin ngak bisa masuk ke ringnya…
    kira2 mohon petunjuk pemasangan ring untuk kenari om?
    Kalau pasang ring perkutut lebih mudah om,disamping lobangnya agak besar ..kukunya jarinya jg ngak panjang2 kayak kenarin.
    terima kasih atas petunjuknya Om Sofian.
    Was

    Fediyan
    palembang

  29. 37 agusmibu 17 June 2010 at 4:20 am

    lam kenal Om2 newbie mau belajar ,…..hehehe,……….

  30. 38 Yohanes Haryanto 16 June 2010 at 11:05 am

    Thanks Om Sofyan & Om Rudi atas informasinya, untuk pemesanan ring saya sudah ada no.nya ke Ibu Linda, hanya bingung milihnya, nah kalo sekarang saya ikutan om Sofyan aja pakai yang laser

    • 39 sofyan 17 June 2010 at 12:12 am

      sep om, rata-rata untuk jabotabek pesan ke Raja Ring (Ibu Linda)….gak sabar nich nunggu netes, pingin buru-buru pasang ring hehe…..semoga sukses ternak kenarinya om….

      salam

  31. 40 rudi bekasi 16 June 2010 at 7:29 am

    maaf kalau boleh nyambung om Yohanes dan om Sofyan, saya pesen ring di pasar pramuka dengan pak mardi, selesai 2 minggu om. saya ada nomor telpny. (tapi saya bukan marketingnya lho om hehe) kiosnya deket kios p hendra. semoga berkenan

  32. 42 Yohanes Haryanto 15 June 2010 at 12:03 pm

    Om kenari sudah mengeram seminggu, bertelur hanya 3 butir, mudah-mudahan jadi semua,
    Om mau tanya kalau untuk ring buat anakan kenari bagusnya pakai yang dicetak manual atau yang dicetak laser yaa

    • 43 sofyan 16 June 2010 at 12:37 am

      wah kalau sudah ngeram seminggu seperti ngga sempet dipasang ring om… denger-denger pesan ring dapatnya lama…. katanya produsen ring sedang panen besar hehe….. kalau masalah jenis ring relatif om, kalau saya pribadi senang dicetak laser hanya ring yg dicetak laser bentuknya agak besar sehingga kesannya kedodoran, saya pernah pesan cetak manual bentuknya kecil hanya no. HP-nya hilang dan saya tidak tahu alamatnya….

      salam

  33. 44 rudi bekasi 15 June 2010 at 3:55 am

    Assalamu’alaikum Om apa kabar? lama nggak kontak nih, banyak ngrepotinnya, mohon maaf ya om.. mau nanya juga nih, betina saya udah saya gabung ama jantannya, udah nyusun sarang sampai rapi, eh semalem saya liat kok diacak2 lagi, kenapa ya? saya liat betina masih nglawan kalau mau dikawin. apa mesti dipisah dulu ya? kondisi sekarang saya taruh di kandang ternak, waktu menjodohkan saya pakai kandang sekat. trimakasih sebelumnya, wassalam.

    • 45 sofyan 15 June 2010 at 4:29 am

      Waalaikumslm, kalau betinanya masih ngacak-ngacak isi sarang berarti betinanya belum siap om…, betinanya biarkan saja di dalam kandang ternak, sedangkan jantannya dipisah…nanti jika kenari betinanya sudah menyusun isi sarang dengan rapi (mbunderin) baru jantannya dimasukkan…

      salam

  34. 46 wisnu 11 June 2010 at 4:20 pm

    ass..om AS sy mau tanya, kalo pola kawin cabut yg bener kaya gimana sich? mslhny ada beberapa kawan ngasih tau dng versi yg beda, ada yg bilang indukan disatukan stlah terlihat kwn lngsng pisah, versi lain satukan indukan selama 3 hari lalu dipisah, klo pola om AS spt apa? om ferdiyan saya kuli di BKD lebong, om kan tau kaya gmn kondisi lebong susah nyari tempat untk refres, Kab ditengah rimbaraya dibwh kaki gunung bukit barisan, jd untk ngilangin penat sy coba belajar ternak kenari om, mudah2an berhasil..

    • 47 sofyan 15 June 2010 at 4:25 am

      Om Wisnu di dunia ternak kenari banyak pendapat yang sumbernya katanya, kita sebagai peternak pembelajar harus bijaksana dalam menerima informasi-informasi tersebut, kalau ada kesempatan om bisa mencoba mempraktekkan informasi tersebut…. kalau pengalaman saya kenari jantan di pisah setelah kenari bertelor 3 butir atau setelah 3 hari sejak telor pertama keluar…. demikian kalau ragu-ragu jangan diikuti hehe….

      salam

  35. 48 nando 11 June 2010 at 12:46 pm

    Om Sof…
    mo tanya nih…coz aq bingung dng ni masalah……..
    sudah seminggu aq datangin kenari dari temen saya,
    seminggu itu dia ngerool, dan filing aq dah pasti itu jantan….
    dan baru tadi sore aq kaget bahwa kenari itu menjatuhkan telur setelah 5 menit sehabis dijemur……. pertama aq ga percaya kenari ku itu betina, lalu aq coba dekatkan pada kenari jantan ku, ternyata si kenari itu menggerak”kan sayap nya seolah” mau kawin…………
    ap mungkin kenari’ku itu betina tomboy yang bisa ngerool???
    mohon pencerahannya… Thx Om…

  36. 50 fediyan syahputra 11 June 2010 at 4:16 am

    Di Muaraaman dinas dimana om Wisnu? soalnya peg pos di muaraaman pak wagiman itu teman2 saya, oh yah nanti insya allah kalau ke crp bisa ketemu…kebetulan punya pondokan juga di curup buat pensiun nanti om…
    Iya emang saking senangnya hampir setiap hari saya pasti lihat sarangnya om…tapi kalau induknya ngak protektif sih ngak papa, namun kalau sebaliknya yah…korbannya anak2an akan mati terpijak .
    Tetap semangat om wisnu ..wong kalau dah jodoh paling 10 hari kemudian dah telur lagi tuh…..yah sekalian aja sarangnya digantiin juga …biar lebih leluasa indukannya ….
    Salam sukses buat semuanya…
    Mohon maaf Om Sofian yah ….sok ngajarin nih fediyan..padahal baru mulai ternak kenari..
    hehehhe.
    was

  37. 52 fediyan syahputra 11 June 2010 at 3:48 am

    Emang harus sabar yah Om Sofian menjodohkan kenari yah…
    Kemarin agak mudah menjodohinnya, tapi yang sekarang agak susah karena betinanya masih melawan…dan belum mau pasrah tuh buat dikawinin jantannya…
    Padahal sudah digandeng dulu 3 hr dikasih vitalur tipa hari,ditambah telur puyuh dan sayur bahkan ,betinanay dah mangil2 ……eee pas disatuin betinanya masih melawan…Nah ini betul2 membutuhkan kesabaran dan banyak2 doa yah Om …..buat jodohin kenari
    Inilah seni beternak kenari mulai dari awal sampai pemasarannya mempunyai hambatan dan rintangan….kalau bukan berdasarkan hobby dan kesabaran ..kayaknya akan menyerah ….hehehhe
    Ayo tetap semangat dan Insya Allah akan berhasil suatu saat.
    was

    Fediyan
    palembang

    • 53 ahmad sofyan 11 June 2010 at 3:59 am

      kalau 3 hari sich masih singkat om… saya pernah jodohin harus nunggu 1 bulan lebih hehe…. udah jodoh ngga nelor2 walaupun setiap hari diam disarang tetapi belum bertelor juga. Kuncinya sabar dan ulet om… sekarang kita kuat-kuatan sabar aja, kalau ngga sabar yach ternaknya bubar hehe… semoga sukses ternaknya om…

      salam

  38. 54 wisnu 11 June 2010 at 3:38 am

    @ om ferdiyan : salam kenal juga om, sy di muara aman, klo ada waktu ke curup mampir ke lebong om.
    @ om sofyan : m’ksh atas pencerahannya om, iyalah kayanya bener mungkin saking girangnya piyikan yg baru netas sering sy liatin, jd induknya ngerasa keganggu kali ya..oh iya om ada kawan yg ngasih tau klo kenari dikasih daun mengkudu katanya bisa naikan power suaranya ya? mohon pencerahannya om..

    salam

    • 55 ahmad sofyan 11 June 2010 at 6:42 am

      Wajar om sering dilihatin hanya jangan terlalu sering dilihatin akibatnya indukannya jadi over protective …. daun mengkudu bagus buat kenari om, pengalaman saya kenari serang setelah diberi daun mengkudu alhamdulillah baik…. Kalau membuat naikin power saya kurang tahu om… mungkin rekan-rekan yang lain ada pengalaman mengenai pemberian daun mengkudu ini…..

      salam

  39. 56 ABRA 10 June 2010 at 1:08 pm

    Oom…sy br belajar ternak kenari…saking girangnya baru bertelur satu udah di pisahin jantannya….eh…malah betinanya ngga mau mengerami telor…trz sy buang telornya….sekarang dipisahin…yg jantan udah gacor kembali…dan yg betina udah manggil2 lg…kaya manggil Ariel PETERPAN(canda Om…)..mklm lg booming….pertanyyannya…apakah hrs dijodohkan lg…atau nunggu 1 minggu dulu…makasih…mhon maaf banyak nanya maklum Pemula…

    • 57 ahmad sofyan 11 June 2010 at 2:34 am

      kalau sudah pernah dijodohkan langsung satuin aja om…. yang penting perawatannya bagus (gizinya bagus dan multivitamin tercukupi) insya Allah langsung siap ternak….

      salam

  40. 58 toheng 10 June 2010 at 12:39 pm

    Saya lagi sedih, kemarin saya buang telur yang terlambat netas…ternyata ada si jabang bayinya! berdosa rasanya, sekarang malah si induk yang gantian sedih jadi kayak sakit, tapi masih mau makan cuma sering bengong aja..apa ya obatnya om?

    • 59 sofyan 11 June 2010 at 12:23 am

      kemungkinan kondisi fisiknya ngedrop om, indukannya sedang ngeloloh anak atau tidak om ?? kalau tidak ngeloloh anak coba di jemur sebentar saja… , diberi multivitamin dan suplemen stamina… semoga kenarinya bisa pulih kembali om…

      salam

  41. 60 fediyan syahputra 10 June 2010 at 10:29 am

    OM Wisnu di Lebong bengkulu

    Sepertinya tempat sarangnya terlalu kecil om dari batok kelapa, sehingga anak2nya berdesak2an dan induknya merasa sempit jadi anaknya terinjak dan mati om.
    coba ganti sarang dengan yg lebih gede om
    Maaf ini saran dari pemula …soalnya 3 anakan kenari juga ikut mati ,namun alhamdulillah yg 2 masih hidup dan masih terus di kasih makan sama induknya…
    Oh yah Om Wisnu….Fediyan pernah tugas di Curup selama 3,5 tahun, kemudian pindah ke palembang…Jadi untuk lebong mulai dari tes sampai muaraaman insya allah sudah saya jalani…
    Selamat kenal Om Wisnu……
    Was

    • 61 ahmad sofyan 10 June 2010 at 11:43 am

      tuch kan udah pada jago ternak kenarinya… hehe…. saya setuju dengan pendapat om Fediyan hehe…..

      salam

  42. 62 made partha 10 June 2010 at 8:20 am

    om sofyan kalau kenari kuning agak keputihan (betina) dikawinin ama yang putih polos (jantan) mau gak warnanya putih polos om..
    maklum pemula beternak kenari…tapi pingin yg putih polos..

    demikian terimakasih

    • 63 ahmad sofyan 10 June 2010 at 11:39 am

      waduh saya kurang tahu hasil silangannya karena saya tidak tahu silsilah kenari yang om punya, biasanya anaknya tidak jauh dari warna kedua induknya…. coba aja diternak om karena kita tidak akan tahu kalau tidak dicoba….

      salam

      • 64 Dedy_Utomo 11 June 2010 at 1:50 am

        Sedikit menambahkan Om…untuk warna anakan pada kenari ada kalanya menyimpang dari warna indukannya, atau mungkin karena keturunan dari kakek neneknya, dll. Saya pernah lihat sendiri hasil ternakan kenari jenis Roller dari seorang peternak di semarang, jantan dan betinanya dominan hijau, tapi dari 3 anaknya yang satu warnanya putih agak orens polos, lainnya hijau…juga indukan starblue bon putih (saya biasa sebut panda) anaknya bisa muncul putih….maaf kalau salah, atau mungkin para senior ada yang mau menambahkan..maklum pemula he he he

  43. 65 wisnu 9 June 2010 at 3:27 pm

    ass..pha kbr om as? dah lama ga ikutan nimbrung, om alhmdulillah saat ini kenari f1ys sy dah 3x netas, cuma anakannya g bisa tahan umurnya paling lama ampe 2 minggu, sbg informsi sy ngawinkan kenari di kandang gantung harian, tempat sarang dari batok kelapa, pakan harian pake p****x ditambah sawi + telur puyuh + apel gantian tiap hari & pola kawin cabut..kira2 apa yang salah ya om as? mohon pencerahanya..mksh

    salam

    wisnu
    lebong-bengkulu

    • 66 ahmad sofyan 10 June 2010 at 12:40 am

      Nach ini yang saya seneng nyantumin nama sama tempat tinggal… jadi saya enak manggilnya….hehe… matinya kenapa om..?? informasinya singkat banget … penempatan sangkar bagaimana ?… indukannya sering keluar sarang atau diam di sarang terus ??…. matinya rata2 pada usia berapa…??… yang saya khawatirkan penyebab kematian anaknya karena yang punyanya ngga sabar ingin melihat anaknya(sering dilihat) akibatnya indukannya ketakutan. Pada saat indukan ketakutan anaknya tertindih selanjutnya yach mati dech…

      salam

  44. 67 nando 9 June 2010 at 12:10 pm

    salam kenari mania…..
    Om kalo suara master ciblek bagus gak yach pada kenari…..
    s’tahu saya kalo kontes burung kenari bila ad suara ciblek’a pasti ‘nembus’….
    saya mo tanya pendapat Om Softy nih……..
    suara masterpd burung kenari yang lagi ‘in’ sekarang ap yach???
    Thx om Softy…………

    • 68 yunior 10 June 2010 at 1:16 am

      menurut saya bagus om kelebihannya disuara tembakan..kalau master kenari yg lagi in tetap Bt (blactroath) di campur gelatik wingko atau prenjak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,208,186 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

%d bloggers like this: