Peternak Kenari

Malam Sabtu yang lalu saya menonton acara di salah satu stasiun televisi swasta dengan judul Indonesia Mencari Bakat acaranya cukup menarik …. Mereka (peserta lomba) mempertontonkan keahlian masing-masing dengan karakter yang unik. Brandon dengan mimik lucu dan penguasaan dance hip hop yang luar biasa, Berto si lugu dengan kemampuan memainkan sasando yang memukau penonton, Hudson si muka 2 yang trampil bernyanyi dengan 2 karakter, dan yang ini jagoan saya group tari Rumingkang selain satu daerah mereka juga mempunyai keahlian memodifikasi tarian tradisionel menjadi tarian modern yang luar biasa dan yang menonjol dari group ini adalah kompak dan penanpilannya membuat segar dengan senyumannya…. halah kok malah ngomongin Indonesia Mencari Bakat sich hehe…..

Pembuka diatas saya coba kemukakan sebagai wawasan buat kita dalam menjalankan ternak kenari…. Seperti kita ketahui peternak burung kenari di Indonesia terutama di pulau Jawa sangat banyak, hampir setiap akhir pekan berpeti-peti burung kenari masuk ke Pasar Burung Pramuka. Harga burung kenari lokal bahan sangat murah hanya Rp. 60.000 per-ekor, saya tidak tahu berapa harga burung kenari dari peternaknya. Kalau kita beternak burung kenari asal-asalan hasilnya seperti peternak gurem, sebetulnya bagus juga main kenari lokal tetapi harus dengan kuantitas (jumlah) banyak sehingga biaya operasional bisa tertutupi. Dan saya melihat serapan kenari lokal cukup tinggi walaupun menjelang akhir pekan datang puluhan peti dalam waktu 2 hari hampir habis.

Kalau saya perhatikan pengunjung blog http://burungkenari.wordpress.com  sebagian besar adalah karyawan di sebuah perusahaan, waktu yang tersisa untuk mengelola burung kenari dengan jumlah banyak tidak, tempat untuk beternak kenari rata-rata menggunakan tempat sempit kadang-kadang menggunakan tempat kosong dibawah tangga seperti kandang ternak burung kenari ditempat saya. Dengan segala keterbatasan diatas saya coba sharing mengenai ternak burung kenari dengan tempat kecil dan jumlah kenari yang diternak sedikit hanya 5 ekor betina dan 1 jantan. Walaupun dengan segala keterbatasan tetapi dapat menghasilkan dengan maksimal baik finansial maupun kualitas kenarinya.

Didunia marketing kita mengenal konsumen beberapa level .. atau biasa disebut segmented, demikian dengan dunia perkenarian ada segmen penghobi kenari lokal, kenari impor atau segmen level paling tinggi adalah segmen kelas lomba. Setiap level mempunyai ke khas-an sendiri-sendiri….Hobis kenari lokal yang penting bunyi dan bisa diternak, hobis kenari impor termasuk level yang cukup tinggi seleranya untuk naik ke level ini peternak harus mempunyai materi ternak yang bagus dan cukup sulit dalam hal perawatan. Level yang paling tinggi adalah hobis/pemain lomba…. level ini lebih rumit lagi dimana ke ahlian peternak menjadi brand mark tersendiri….. Konsumen kelas menengah ini (hobis kenari impor dan pemain lomba) selain jumlahnya sedikit juga mempunyai selera yang tinggi, jika anda bisa memenuhi selera konsumen ini keuntungannya cukup besar. Untuk memenuhi kelas menengah ini produk yang kita hasil jangan asal-asalan harus berkualitas bagus dan mempunyai keunikan tersendiri.

Keunggulan produk ini ditentukan oleh kenari yang di ternak, faktor penunjang ternak dan hasil produk (burung kenari yang dihasilkan). Untuk menghasilkan kenari dengan kualitas baik mulai dari tahap awal ternak peternak harus selektif dalam memilih calon indukan… Penentuan kriteria calon indukan sangat selektif postur tubuh, kualitas suara indukan maupun mental calon indukan merupakan faktor kunci keberhasilan dalam mencetak kenari berkualitas, dalam beternak tidak hanya mencampurkan kenari jantan dan betina…. sebagai peternak harus memikirkan target apa yang akan dicapai selanjutnya…. kalau kita hanya sekedar ternak hasilnya akan sekedarnya, dan akibatnya hasil ternak kita tidak dilirik orang lain…

Faktor lainnya yang cukup menunjang dalam memasarkan kenari yaitu keahlian peternaknya, keahlian peternak dalam meramu indukan menjadikan kunci keberhasilan dalam menciptakan kenari berkualitas. Kadang-kadang ada konsumen yang membeli suatu produk karena brand image produsen, demikian dengan dunia perkenarian brand image peternak bisa membantu mengangkat image burung kenari produknya.

Bagi temen-temen yang mulai belajar ternak coba anda ber-investasi-lah untuk meningkatkan keahlian anda dibidang ternak kenari, perluas jaringan diwilayah anda. Coba ikuti kegiatan mengenai perkenarian di wilayah Anda, tingkatkan ilmu perkenarian dengan membaca blog ini atau mengikuti pelatihan mengenai ternak kenari.

Sejak tahap awal peternak harus merencanakan/menggambarkan seperti apa peternakannya lima tahun kemudian. Dari kerangka ini coba dikembangkan sesuai dengan kemampuan saat ini…. Jika saat ini hanya mampu beternak kenari lokal, yach kita jalani ternak kenari lokal tetapi kita punya target dan program bahwa suatu saat ternaknya ditingkatkan dengan menggunakan indukan impor…. hasil penjualan anakan ditabung untuk membeli indukan kenari impor. Peternak diharapkan kreatif seperti peserta acara televisi yang saya sebutkan, walaupun saat ini hanya mampu ternak kenari lokal tetapi mempunyai pola perawatan dan pemeliharaan yang sempurna sehingga hasilnya kenari lokal tetapi bisa juara minimal latber kecil-kecilan.

Dengan kreatifitas sipeternak kenari lokal bisa dimaster kenari ciblek, prenjak atau BT sehingga hasilnya mempunyai nilai plus… kenari lokal tetapi mempunyai suara isian yang bagus. Atau coba mengembangkan kenari lokal dengan warna-warna tertentu, seperti ternak kenari putih atau star blue pokoknya mempunyai karakter khusus yang bisa menjadi daya tarik tersendiri…. Wah kepanjang nich tulisannya …. semoga rekan-rekan tidak bosan untuk membacanya….

—===ooo000)Fina Bird Shop)000ooo===—

About these ads

32 Responses to “Peternak Kenari”


  1. 1 eko 8 October 2013 at 10:55 am

    ternak kenari bekasi dimana om, harga betina siapan berapaya

  2. 2 dhoni 2 October 2013 at 6:30 am

    om,harga kenari merah
    brpa,ya om, ,

    thankz

    maaf saya belum bisa bantu om, barangkali yang lain bisa infokan

  3. 3 banonk 29 March 2013 at 5:13 pm

    kenari lokal super,Af,F1,umur 2 bulan berapa om,

  4. 4 Ziddin Ahmad 23 May 2012 at 6:09 pm

    ms, alamat trnakny dmn?

  5. 5 rudhy 23 April 2011 at 9:38 am

    om bleh tanya rizart orens sepasang berapa ?………

  6. 6 aldi 2 April 2011 at 8:45 am

    kk saya mau beli kenari f1 kk kira kira kk ada jula ngk ya and berapaan sepasang kk
    balas ke email saya ya kk
    tngs

    aldi_ekha@yahoo.com

  7. 7 aries 20 March 2011 at 5:24 pm

    Om saya ingin tanya ,permslhan knari saya ? Dah bertelur 4biji ,kok blum netas2 pdhal dah 2minggu, kra2 wktu mksimal netas nya sampai brapa hari, mkasih .

    om coba hitung 14 hari sejak telor terakhir keluar kalau mau aman ditambah 2 hari …. demikian

    Wassalam

  8. 8 deni 23 August 2010 at 1:58 pm

    assalammualaikum,
    bwat pengasuh blog saya mau minta tolong infonya peternak kenari di semarang dan hrg sepasang kenari kira2 berapa???
    mohon infonya

    mohon balas di email saya,
    phantom_deni@yahoo.co.id

    Waalaikumslm,
    mohon maaf saya belum bisa bantu om, saya tidak punya kenalan peternak kenari di semarang… barangkali rekan-rekan ada yang bisa bantu, terimakasih

    salam

  9. 9 agiel 28 July 2010 at 8:09 am

    ada yang jual sepasang kenari gak?berapa?
    yang jenis lokal aja..
    yang bisa kirim ke balikpapan.
    terima kasih…

    kalo ada hubungi saya \email:agilkeren182@yahoo.com

    telpn:085752198582

  10. 14 aziz 11 July 2010 at 4:01 am

    numpang nanya klo betina macet bertelur diapain ?

  11. 15 Teguh 3 July 2010 at 6:05 am

    Om saya tertarik ma ternak kenari, tolong infonya peternak kenari di semarang. . .ma hrg sepasang kenari ys berapa . . .info saya tunggu ya om . . .semplenks@yahoo.co.id

  12. 16 budy 29 June 2010 at 3:53 am

    tlng donk dikirim foto kandang u ternak kenariny.
    thanks

  13. 17 cece 29 June 2010 at 1:52 am

    wah.. makasih untuk masukkannya om..
    kalo gitu saya coba buat istirahat dulu aja YS nya kalau gitu ya om..

    satu lagi om… kalau mabung ini bisa berapa lama sampai normal lagi ? saya denger-denger beberapa orang bilang 3 bulan, tapi ada juga yang bilang buat YS import bisa 1 tahun..
    tolong masukannya om..

    terimakasih.

  14. 18 cece 28 June 2010 at 9:37 am

    salam kenal om..
    saya baru belajar ternak YS, saya punya masuk nov 2009, beberapa hari yang lalu lagi mulai ganti bulu, tapi saya kasih bredding aid ambrolnya berhenti..
    nah yg mau saya tanya apa masih bisa dijodohin..? soalnya sampe skr masih mau kawin sama betina nya..
    terus kalau ambrol kira-kira perlu waktu berapa lama sampai bulunya normal lagi..

    makasih om

    • 19 ahmad sofyan 28 June 2010 at 1:09 pm

      salam kenal om Cece… maksudnya bredding aid atau breeding Aid om… kalau pendapat saya lebih baik dibiarkan mabung sehingga mabungnya alami… ketika akan mabung di berhentikan menggunakan obat atau multivitamin akibatnya ketika tidak menggunakan obat akan terjadi mabung yang berkepanjangan atau biasa disebut nyulam… pada saat mabung bisa saja kawin, hanya ketika mabung biasanya performa-nya kurang bagus sehingga ketika terjadi perkawinan kurang optimal biasanya telur banyak yang bening. Demikian mohon maaf kalau salah…

      salam
      sofyan
      akhmad.sofyan@gmail.com

  15. 20 indra 18 June 2010 at 2:29 pm

    salam untuk smua..
    om sya mw coba mnggeluti dunia prkenarian, dri ksukan sya pd kenari membuat saya ingin mencoba untuk berternak,,, sya yakin untuk prospek kenari cukup bgus, itu smua brdasarkan analisa sya slama ini. mka mohon bantuannya! trims

  16. 21 Slam 18 June 2010 at 8:39 am

    pasar masih sangat terbuka luas om..
    klo mau digeluti dgn serius dan konsisten, dilengkapi dgn teknik2 beternak yg tepat guna, Insya Alloh ke depan nya perkenarian di Indonesia bisa maju om…
    Amiien….

  17. 23 Dayat 18 June 2010 at 6:27 am

    Mantab!!! Thanks Om…
    Jadi ada pemikiran neah, hasil jual kenari lokal mo coba ternak kenari import….

  18. 24 kenzarox 17 June 2010 at 9:19 am

    thanx infonya Om…..

    tetap berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan kenari made in Indonesia

  19. 25 bubun permana 17 June 2010 at 7:13 am

    mantap materinya om pokonya top bgt

  20. 26 wa2n 17 June 2010 at 12:23 am

    he…he… saya masih lokalan om…
    nanti di ajarin untuk yng import y om.

    makasih
    salam

    • 27 sofyan 17 June 2010 at 12:33 am

      lokalan tapi udah bisa jualan kan om… yang penting bukan impor atau lokal tetapi bagaimana cara meningkatkan kenari lokal ada nilai plusnya…. saya rasa kenari lokal dengan isian suara burung lokal (ciblek, prenjak, gelatik batu, manyar atau branjangan) lebih bagus dan punya harga tersendiri…. untuk burung ciblek, prenjak, gelatik batu (gelatik wingko), manyar atau branjangan sangat cocok buat isian karena harganya tidak terlalu tinggi dan perawatannya mudah….

      salam

  21. 28 Boncu 16 June 2010 at 12:10 pm

    salam kenal om sofyan.. wah artikelnya sangat menginspirasi sekali yah !! mantabb !! jadi pengen lebih serius dlm berternak nih..hhe

    • 29 sofyan 17 June 2010 at 12:15 am

      Segala sesuatu harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh (serius) om agar hasilnya maksimal….ayo mulai dari sekarang kita sama-sama membuat target 2 tahun kedepan sudah bisa menghasilkan kenari berkualitas….

      salam

      • 30 Boncu 20 June 2010 at 12:58 pm

        benar om,walaupun hanya sebatas hobi tetap harus dijalani dgn serius dan sepenuh hati,doakan buncu yaa om..hhe.. tapi masih belajar dgn materi kenari lokal ni om.. jadi malu..
        oiya,maaf kalo baru sekarang2 sempat ksh comment,padahal dah sekitar 3 bln ini rajin mencuri ilmu di blognya om sofyan..hhe lg..

  22. 31 jaelani 16 June 2010 at 9:18 am

    Mantaf om, jadi kepikiran nih tadinya asal jalan aja
    thanks

  23. 32 camera 16 June 2010 at 3:02 am

    mantap mas infonya,,,

    jadi kepikiran buat ngemgeluti bidang ini…

    makasih infonya…

    salam hangat…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Recent Comments

didik on Paguyuban Peternak Kenari
erni sulistiani on Semua Akan Indah Pada Akhirnya…
erni sulistiani on Side Job
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari
tyo on Pemeliharaan Kaki Kenari

Blog Stats

  • 2,197,654 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 166 other followers

%d bloggers like this: