Penyakit Snot

Kalau saya perhatikan cuaca akhir-akhir ini tidak menentu pada saat tarik matahari bisa tiba-tiba hujan,  kondisi seperti ini berakibat perubahan cuaca yang cukup dratis… dari kondisi panas langsung berubah dingin. Dengan perubahan cuaca yang drastic sangat rentang bagi kenari yang mempunyai stamina kurang baik.

Pada musim seperti sekarang ini berbagai penyakit mengancam burung kenari, kalau kita tidak hati-hati menjaga kebersihan dan stamina kenari bisa berakibat patal. Salah satu penyakit yang mengancam burung kenari adalah penyakit snot…  Snot atau Coryza ini di sebabkan oleh bakteri yang bernama  Haemophillus gallinarum  . Bakteri ini tumbuh subur pada saat perubahan musim dan kebanyakan penyakit snot ini terjadi di daerah tropis.

Sebetulnya masalah penyakit snot di burung kenari ini masih abu-abu ada yang bilang penyakit snot burung kenari beda dengan penyakit snot pada ayam dan ada yang bilang penyakit snot burung kenari sama dengan penyakit snot ayam. Saya tidak mau terlibat silang pendapat yang paling utama yaitu penyakit  Snot sangat berbahaya bagi burung kenari, jika terserang snot burung kenari susah disembuhkan kembali.. Penyembuhannnya lama dan membutuhkan ketelatenan si peternak.

Ciri-ciri terkena penyakit snot

-       Burung kenari terlihat lesu (ngantuk)

-       Mata berair

-       Sering menggesek-gesekan paruh ke tangkringan

-       Muka dan mata terlihat bengkak

-       Burung kenari tidak napsu makan akibatnya lama kelamaan menjadi kurus

Pengobatan

Ketika burung kenari terjangkiti penyakit snot, tindakan yang paling utama adalah memisahkan kenari tersebut dari burung kenari lainnya… perlu diketahui penyakit snot ini cepat menjalar ke burung kenari lainnya. Penyebaran penyakit ini dapat melalui kontak langsung, udara, debu, pakan, air minum dan peralatan yang digunakan. Pemberian obat anti biotik secara teratur 3X sehari. Pemberian multivitamin untuk menjaga stmina burung kenari dan meningkatkan napsu makan. Terakhir menjaga kebersihan kandang. Tangkringan, tempat minum dan tempat makan merupakan media perantara terjangkitnya penyakit snot, ke tiga perangkat tersebut harus dibersihkan minimal 2 hari sekali.Alas kotoran menggunakan kertas bekas/Koran bekas 2 hari sekali kertas alas diganti.

Pencegahan

Semua penyebab timbulnya penyakit adalah karena sangkar dan perangkatnya kotor. Saya suka melihat ada hobis yang membiarkan kotoran burung kenari di alas sangkar sampai menumpuk. Kotoran yang menumpuk ini rawan terhadap bibit penyakit juga udara dilingkungan sangkar kurang kondusif, bau dari kotoran & pakan yang membusuk menyebar ke sekitar kandang. Seperti kita ketahui orang senang memelihara burung kenari karena bersih, warna yang beragam serta suaranya yang bagus. Burung kenari yang bersih ini jika pemeliharanya jorok akhirnya terlihat kotor dan bau.

Untuk mencegah timbulnya penyakit sangkar beserta perlengkapannya harus bersih, sangkar maksimal 2 minggu sekali di cuci, tangkringan paling lama seminggu sekali dicuci kalau ingin lebih praktis tangkringan dilebihkan 1 sehingga tangkringan bisa diganti. Makanan dan air minum diganti setiap hari jangan lupa tempat makan dan minumnya di cuci setiap ganti pakan atau air… sekian dulu mohon maaf tulisannya banyak yang rancu buat tulisannya sambil nyuri-nyuri waktu senggang maklum karyawan baru harus terlihat sebagai karyawan baik dan rajin hehe… btw terimakasih buat om Fediyan dan om Handoko walaupun baru pertama bertemu tetapi kita bisa ngobrol dengan santai, itulah indahnya dunia hobi bisa mencairkan suasana hehe…..  buat om Udin sayang kita belum bisa bertemu waktu om ke Palembang saya diajak bos jadi tukang bersihin bola bowling hehe…

36 Responses to “Penyakit Snot”


  1. 1 saleh 29 July 2013 at 5:23 am

    Trimkasih om untk saran nya
    Ntar ane coba,,,,

  2. 2 saleh 28 July 2013 at 10:18 am

    Salam kicau mania,,,,mau sharing ni om
    Sya punya burung umurnya sih bru mau msuk 6 bulan
    Nah yg jd msalah beberapa hri in kyak ny kelhatn mata nya merem mulu kya loyo bnget gt ,,,merem ny sih cuma mta satu dan yg satu ny nggak,,,,ap kena sakit mata ya???,,,minta bntuan solusinya nie om,,,
    Staminanya drop mungkin om, coba diberi Super N… setelah terlihat segar mandi jemur rutin dan pada saat digantang jangan terlalu terkena angin kencang (jangan di gantang di tempat yang hembusan anginnya kencang)….

  3. 3 andris 3 January 2013 at 3:14 am

    salam kenal om. saya punya kenari pejantan af, dari awal beli kondisi bagus,tpi saya heranya kok kenari saya udah dua kali kayak sesak nafas,setelah saya dekati ternyata bau kotoran sangat menyengat,ini kemungkinan kandang terlalu kecil,pdhl udah saya bersihin setiap pagi, kemudian saya coba pindahin kenari saya ke kandang besar, yang saya tnyakan apakah ada pengaruhnya ukuran kandang teralalu kecil buat kenari, dan berapa kandang ideal buat kenari?mohon solusinya om

  4. 4 dede arif 19 September 2012 at 7:22 am

    salam kicau>>>> ikut nimbrung nih sy mau nanya ni om2 smuaa knari indukan sy persis dibwh mata di atas telinga udah 4 hari ini ada benjolan sebsar bola klereng!!!! dan bola matanya udah mulai k tutup ! pertanyaan s y itu di sbabkan karna apa?? dan gmn cara mnangulanginya

  5. 5 Roy 22 August 2012 at 11:33 am

    Malam Om, maaf Om mau sharing saya br pelihara kenari 1 bln yg lalu, lali br baca artikel ini. pada tgl 18 juli kenari saya menetas 4, lalu tgl 1 agustus telurnya menetas 1 dan tgl 4 yg kedua jg menetas tp pada tgl 7 agustus induk beserta anaknya 2 meninggal semua dikerubungi semut semua. pertanyaan saya om, itu kenapa ya om? padahal makannya lahap dan indukannya rajin meloloh, makan dan minumnya setiap hari saya bersihkan, cm kandangnya tdk sempat saya bersihkan 10 harian om. Dan siang tadi kenari lainnya br meninggal jg dgn ciri2 spt sakit snot om. Mohon sharing Om biar tdk terjadi lagi. Thx Om infonya.

    • 6 ahmad sofyan 24 August 2012 at 3:22 pm

      Sy bingung memahaminya pertanyaannya om… Tolong diulang pertanyaannya… tks

      • 7 Roy 25 August 2012 at 6:05 am

        Maaf Om , maksudnya kenapa kenapa kenari indukan sama anakannya dlm 1 hari bisa meninggal semua dikerubungi semut Om, padahal sehari sebelumnya sehat dan gak ada semutnya Om. Yg kedua kenari saya yg lain meninggal krn Snot Om, bgmn cara mengetahui gejala awal penyakit Snot Om Sofyan. Thx

      • 8 Uphay 27 August 2012 at 1:17 am

        Ikut nimbrung ahhh,. mungkin matinya dikerubutin semut kali om, apalagi kalau semut merah, saya pernah 3 anakan plus Induknya habis di hajar semut, Kalau gejala awal penyakit Snot, spt diatas tuh, Mata berair, gesek2an muka ke tangkringan / jeruji kandang, bengkak disekitar mata (karena digesek2). masa inkubasi Virus Snot 7-14 hari om, jadi harusnya tidak dalam 1 hari langsung mati. Kebanyakan di hari ke 7 matinya karena nafsu makan berkurang akibat mata bengkak. bila suhu dan pola makan bisa dijaga, serta pemberian antibiotik yg tepat, Insya Allah KN bisa selamat, namun teteap ada bekas Snotnya seperti bekas memar / bengkaknya.,

  6. 9 nalendra 15 May 2011 at 5:26 am

    Ass, om salam kenal. Saya punya kenari 2 ekor, ke2 nya bulu nya rontok terus, bulu sayap atau bulu halus, penanganan nya seperti apa dan vitamin atau obat apa yg baik nya, terima kasih.

  7. 10 wiwid 16 February 2011 at 6:09 pm

    asslmualaikum..
    terima kasih infonya sangat membantu ni om…
    sedikit sharing om,, saya pernah ngalamin, saya ga tau apa itu penyakit snot atau bukan, karena yang bengkak bukan disekitar mata (bukan disekitar pelupuk matanya) tapi di bola matanya jadi bengkak dan kaya tertutup air atau nanah, udah saya coba kasih anti biotik selama 4 hari berturut2 sesuai dosis dikemasannya, akhirnya bisa pecah tapi korneanya kaya jadi menkerut kempes gt, dan akhirnya tetap meninggalkan dunia ini untuk selama-lamanya dah.
    curiganya sakitnya dipicu matanya keculek ato kena kurungan ,, barangkali om sofyan ato om senior perkenarian lainnya pernah ngalamin,itu kira2 snot apa bukan y? buat belajar besok2 lagi.. hehe masih belajaran maklum…

    salam cricit ting,ting,ting,,

    Om Wiwid setuju saya juga curiganya mata kenari tertusuk, kalau matanya tertusuk susah penyembuhannya kecuali dibawa ke dokter hewan … makanya kita perlu hati-hati menempatkan burung pada sangkar jangan sampai ada benda runcing yang membahayakan burung kenari…

    wassalam

  8. 11 nembe belajar 28 January 2011 at 8:00 am

    pakar2 kenari yg baik2 ane mau nanya knp ya kenari ane mandek bunyi setelah kandang jatuh dari gantungan trs kaki pincang padahal awal2 nya kenari rutin bunyi setiap hari.yg ane tanyain kok sudah 3 hari ini blm mau bunyi trs gmn caranya bikin kenari ane bunyi lagi,mohon bantuannya dr om2 pakar kenari.trima kasih sdh mau jawab masalah kenari ane

    Maaf saya bukan pakar hanya coba sharing aja om… jatuh dari gantungan mengakibatkan kenari stress apalagi sampai kakinya pincang, mungkin kenarinya masih merasakan sakit dan ngilu pada kakinya hehe….coba diberi obat anti stress dipasar burung banyak, merk kemasanya beragam tinggal pilih yang ada, kembali gacor (rajin bunyi) tergantung mental dan penangannya… kalau mentalnya bagus akan segera gacor lagi….dmikian semoga bisa membantu mungkin rekan-rekan yang lain bisa sharing…

    wassalam

    • 12 nembe belajar 1 February 2011 at 7:03 am

      ok deh om coba aku ambil saran utk beliin obat stres,oh ya 1 pertanyaan lagi nih kl kakinya pincang berapa lama om sembuhnya kasihan nih kenari jalannya pincang thank om

      Kalau masalah penyembuhan pincang saya kurang tahu om… coba aja kalau ada minyak tawon, kakinya diurut pelan-pelan menggunakan minyak tawon… demikian semoga lekas sembuh…

      wassalam

      • 13 nembe belajar 2 February 2011 at 1:05 am

        pakai minyak tawon ya om,kenari kan suka gigitin kakinya sendiri nih’apa ngk bahaya kalau ntar aku kasih minyak tawon om?alhamdulilah kemarin ane dgr kenarinya mau bunyi walaupun 1x hbs tu diem apakah itu pertanda msh mau bunyi ngerol om?…maaf ni ane byk tanya maklum msh byk belajar dari guru2 kenari,matur suwun sdh mau jawab

    • 14 yunior 2 February 2011 at 2:57 am

      mantap om sofyan…coba kasih obat anti strees and salama pengobatan di kerodong lalu taruh ditemapat yg tenang..untuk kakinya yg pincang coba lihat apakah ada pembengkakan kalau bengkak kasih obat bengkak dr. edi dan kakinya diurut pake minyak tawon..

  9. 15 albert depok 27 January 2011 at 5:37 am

    maaf om,,saya mau tanya nih…kenari jantan saya kan sudah pernah saya ternak…sebelum di ternak bunyi terus dan sekarang kok kenarinya terlihat lesu dan ngantuk terus…bagaimana cara memulihkan kondisi seperti sebelum di ternak om?saya sudah kasih telur puyuh dan vitamin(saya lupa Merknya)serta saya kerodong biar hangat,tapi selama 5 hari masih aja lesu..kira2 berapa lama ya kenari saya bisa kembali seger lagi?apa ini biasa terjadi setelah di ternak?kasihan om,saya takut nanti mati kenarinya…oia,kalo saya tanya2 di facebook boleh gak om?thank dah di konfirm yap…saya semakin semangat ternak kenari nih om walaupun baru 2 anakan yang berhasil hidup…hehehe…

    Stamina jantannya ngedrop om, biasanya karena kurang jemur, dan terlalu banyak makan yang membuat badannya gemuk…. coba diberi suplemen Stamina (bisa dibeli di pasar burung) caranya bisa dibaca di aturan pakainya… mandi & jemur setiap hari kalau sempat setiap hari… jangan terlalu sering di kerodong akibatnya kenari kurang bergairah tetapi jangan terlalu terkena hembusan angin langsung…. demikian om, kalau ingin tanya-tanya di blog aja kalau lewat FB, email atau SMS kadang-kadang terlewat, demikian semoga kenarinya cepat bergairah lagi….

    Wassalam

    Thank’s

    • 16 albert depok 27 January 2011 at 8:38 am

      oh gitu ya om,,,saya kira harus dikerodong terus…jadi mandi jemur tiap hari gak apa2 ya…ok om,saya coba dulu ya dan kita lihat hasilnya nanti…oia om,saya cerita ke temen2 kantor saya tentang kenari dan yang tadinya mereka gak suka pelihara burung akhirnya gara2 saya kasih liat blog om sofyan mereka jadi suka dan berminat pelihara burung kenari…kata mereka selain kenari bisa bernilai ekonomi,mereka ternyata suka pada pandangan pertama ke burung kenari hehehehe…apalagi saya kasi liat video kenari saya,,,kata mereka “ih lucu burungnya” kaya Tweety…temen2 kantor saya kena virus cinta kenari hahahaha…

      Thank’s
      Wassalam

      Sep, untuk tahap awal jemurnya jangan kelamaan om cukup 20 sampai 30 menit, wah mantap tuch om tinggal nyari peternak ntar jualan dikantor dech hehe…. semoga ternaknya sukses om…

      wassalam

      • 17 albert depok 27 January 2011 at 9:56 am

        sudah ada yang pesen om anak kenari saya,gak saya kasih…saya gak tega jualnya,anak kenari yang saya rawat sendiri(sama istri juga sih) dari umur 8 hari sampai dah hampir 3 minggu sekarang hehehe…nanti kalo dah sukses kaya om soyfan dan kawan2 yang lain baru saya berani jualan…oia,nanti tanggal 5 feb ada acara dirumah om nungky mudah2an saya dan teman kantor saya bisa datang kesana…tapi saya pulang jam 15.00 dari kantor,udah bubar belum ya???Sukses juga bwt om sofyan…

        Thank’s

        Mantap. orang lain nyari uang ini nolak uang hehe….. ayo lanjutkan…., nanti pada saat mau mampir ke kediaman Pak Nungki kontak beliau jadi tahu kondisinya… jangan sampai datang pesertanya udah bubaran….hehe….

        Wassalam
        Wassalam

  10. 18 fendi 24 August 2010 at 7:07 am

    salam kenal om, saya ma tanya, napa ya kenari saya tiba2 jadi galak dan berhenti bunyi, sebelumnya sih suka bunyi…Sebulan yg lalu saya beli satu lg kenari karena kasian biar ada temannya, tp berhubung habis mabung dan hanya ngeriwik aja jadi saya pindahin ke rumah teman karena dsna bnyk jenis burung lainnya(biar bisa bljar suara) nah setelah itu mulai deh kenari yg satunya jd galak dan tdk bunyi lg, ada ga seh pengaruhnya… makasi ya om

  11. 19 deny 22 August 2010 at 9:10 pm

    salam kenal, saya pemula dalam dunia kenari om, mohon informasinya kira kira berapa lama ya kenari akan mempunyai lagu yang full, terima kasih

    kenari mulai bunyi full setelah melewati masa mabung pertama sekitar usia 5 bulan tetapi semua tergantung beberapa faktor faktor perawatan dan faktor keturunan. Demikian semoga membantu om…

    salam

  12. 20 Yoga 19 August 2010 at 7:15 am

    halo om sofyan.. mau tanya lagi nih.. kyknya kenari saya kena snot deh, ciri2nya mirip kyk yg om tulis di atas. saya terlambat misahin ke kandang soliter, sedih rasanya liat kenari saya mati..

    kalau kaki kenari muncul putih2 mirip jamur itu apa y om? apa memang jamur? penangananya gmn? terima kasih banyak sebelumnya

    Turut prihatin om semoga kenarinya bisa sehat kembali, untuk menghilangkan jamur (bubulan) bisa menggunakan minyak tanah, minyak tawon ataupun salep 88… kalau saya biasa menggunakan minyak tawon… untuk penyembuhan penyakit bubulan ini tidak hanya mengobati burungnya saja tetapi sangkar dan tangkringannyanya harus dibersihkan secara rutin minimal 1 minggu sekali kandang berikut tangkringannya di cuci. Demikian

    salam

  13. 21 prie23 is back 9 August 2010 at 1:37 am

    Wah OM AS ngobrolin penyakit kenari lagi nih, btw disini (Kota Malang) ada mitos kalau pemberian telur ayam bisa memicu timbulnya penyakit snot pada kenari lho.

    pengennya sih saya bikin percobaan, biar bisa memastikan apa ada hubungan antara penyakit snot dengan pemberian telur ayam.
    cuma belum punya waktu nih…
    ya smoga di lain waktu bisa dicobalah.
    atau rekan-rekan yang lain ada yang mau nyoba? wah saya dukungtuh..

  14. 22 fediyan syahputra 2 August 2010 at 4:07 am

    Makasih banyak Om Udin atas perhatiannya…
    Hehe lain kali kalau Om Udin ke pg bisa nitip momongan om udin aja yah….hehehhe (namanya minta nih…)
    Ngak koq becanda Om…
    Khan kalau Om Sofian pas mau ternak lagi di Pg ,pasti bawa bibitkan ke ,nah kita tinggal dompleng aja om….

    Yang penting Om Sofian beres2 dulu aja rumah pas pindahan…. kalau butuh tenaga tambahan fediyan siap koq untuk tenaga angkat mengangkat barang om….bahkan kalau pas ada armada pos pg yang ke jakarta bisa bantu om mindahin barang2 ….,tapi sayang kayaknya belum ada tuh…
    Emang sama2 ngak ketemu yah Om Udin,tapi satu saat pasti kita akan ketemulah…tahun kemarin fediyan dinas di bandarlampung 3 bulan ..dari Okt-Des 2009..distribusi gas di pesawaran dan pupuk pt shs di bandarlampung.
    wasalm

    Siap om… terimakasih atas supportnya

    salam

  15. 23 USMAN 30 July 2010 at 5:48 pm

    Thanks berat bisa ngobrol banyak tentang momongan kita yg rajin menyanyi.

  16. 24 fediyan syahputra 30 July 2010 at 8:06 am

    Makasih Om…
    heheheh tapi jangan lupa yah Om,ntar kalau bawa burung kenari ke Pg ,fediyan nitip F1 jantan buat materi indukan… hehehhe….maklum ngak kuat untuk byr biaya kirimnya…Ya kan Om Yunior….
    Jadi sekarang juragan F1 sudah berada di tangan Om Yunior….habis sudah ke Om Yunior semua…hehehhe.
    Ok buat Om-om semua selamat menambah ilmu dan meningkatkan tali silaturahmi dengan komunitas kenari ini.
    wasalm

    • 25 Afiudin_Lampung 31 July 2010 at 9:37 am

      Ngapa gak nitip sama aku Om fediyan. Bisa estafet kok dari jakarta ongkos 50 ribu ke lampung. dari lampung ke palembang gratis kalau pas ane training.:) Sesama saudara harus saling membantu, sorry kemarin aku gak bisa bertemu karena jadwalku juga padet jadi ngabarinnya telat.:) Next time harus ketemu. hehehehe….:)

    • 26 yunior 6 August 2010 at 6:17 am

      wah gk juga om kebetulan aja pas produksi lagi banyak…

  17. 27 fediyan syahputra 29 July 2010 at 4:37 am

    Hmmmm. Alhamdulillah Om Sofian sudah aktif lagi memberi ilmu yang luar biasa tentang penyakit kenari…
    Emang asyik bisa ngobrol langsung dengan pakar kenari Om Sofian dan om handoko….kapan2 kita ngobrol yang panjang dan tidak terganggu pekerjaan rutin.
    Buat Om Handoko terima kasih sudah menghibahkan betinanya.(lagi dikondisikan supaya cepat fit)…semoga bisa berkembang dengan baik…
    Buat Om Sofian kayaknya setelah lebaran bisa mulai ternak lagi nih…biar belajarnya bisa on the spot.
    Kemarin juga ngak sempat ketemu sama Om Afiudin….habis lagi ada rapat sampai sore, maaf ya om.
    Om ntar kalau bawa kenari titip jantan f1 yah…hehe biar bisa dompreng nih(jadi harganya bisa min)……..
    Sukses buat Om2 semua.
    wasalam

    Siap om… insya Allah sebentar lagi (awal Agustus) keluarga saya pindah ke Palembang, kita bisa ngobrol sepuasnya di rumah saya om…. eh kontrakan saya maksudnya hehe….

  18. 28 Abu Azzah 29 July 2010 at 2:29 am

    oya lupa om…kira2 masih ada gak penyakit lain yang perlu diwaspadain dicuaca sprt ini? terimakasih om…

    salam,

    • 29 sofyan 29 July 2010 at 3:39 am

      Penyakit di musim pancaroba banyak om contohnya sakit pernapasan… semua penyakit akan kabur kalau perawatan & kebersihannya di jaga..

      salam

  19. 30 Abu Azzah 29 July 2010 at 2:26 am

    Assalamu’alaikum,
    Bravo om…. pucuk dicinta ulasan tiba! he..he..
    baru mau ditanyakan sdh ada ulasannya,memang om Sofyan
    tanggap segala kondisi,sy kwatir dng kenari sy di cuaca yg seperti ini.terimakasih om.

  20. 31 Dedy_Utomo 28 July 2010 at 2:26 pm

    Pertama-tama saya mau ucapin selamat nih Om….kalau nggak salah tulisan pertama dari kota yang baru ya Om….thanks banget sharingnya Om…biar tambah rajin rawat momongan nih…ingat dulu pernah punya momongan kena Snot, karena nggak pengalaman akhirnya nggak tertolong..

    Salam,
    Dedy

  21. 33 heri bta 28 July 2010 at 8:42 am

    bener ga ya om, klo kenari sudah kena snot trus diobati sampe sembuh bisa kambuh lagi sewaktu-waktu

    • 34 ahmad sofyan 28 July 2010 at 10:27 am

      Ya kalau perawatannya kurang bersih bisa terkena snot lagi, pengobatan yang baik adalah menyeluruh… selain kenarinya yang diobatin, sangkar berikut sarana penunjangnya (tangkringan, tempat makan, tempat minum dan alas sangkar dibersihkan semuanya). Demikian om semoga membantu…

      salam

  22. 35 muhammad wahyudi 28 July 2010 at 4:57 am

    MANTAP OM…
    DITEMPAT SAYA-BANTUL- KONDISI CUACA SAAT INI MENDUNG TERUS, DINGIN, TAPI KENARI TETAP MANDI DI AIR MINUMNYA. APAKAH PERLU DISEDIAKAN TEMPAT MANDI SENDIRI?MENGINGAT HARI-HARI MENDUNG TERUS OM. APA TIDAK MASUK ANGIN YA KALO SERING MANDI? MAAF BANYAK TANYA, PEMULA.


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,109,586 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

