Mastering burung kenari I

Sekarang saya coba bahas mengenai kelanjutan mastering burung kenari. Dalam memaster burung kenari tidak bisa semua suara burung dibuat master karena tidak semua suara burung dapat di tiru oleh kenari. Mastering burung kenari berbeda dengan mxing suara burung, dimana tingkatan kesulitan proses mastering lebih tinggi dengan proses mixing. Mixing adalah proses mencampur seluruh suara burung burung dengan harapan suara master dapat ditiru oleh burung kenari.

Dalam proses mastering burung kenari tidak hanya proses mixing suara burung saja tetapi juga memperhatikan keserasian suara burung yang akan menjadi master, proses akhir dari mastering burung kenari adalah menghasilkan burung kenari yang suaranya indah dan enak di dengar.

Dalam memaster burung kenari selain keindahan dan keserasian suara burung kesulitan suara dalam membawakan lagu juga bisa menjadi factor penentu kemenangan, contohnya jika kita punya burung kenari full BT (betul-betul suara BT murni) akan mempunyai nilai lebih dibanding dengan kenari isian ada kemasukan suara burung kenari standar..Kenapa kenari dengan suara BT murni bisa mendapat nilai lebih karena untuk mempertahankan suara benar-benar suara BT murni sulit sekali.

Naik turunnya irama suara burung kenari akan terasa indah jika ditambah cengkok, kocokan yang bagus diserta tembakan-tembakan khas (seperti suara tembakan ciblek) merupakan impian yang digadang-gadangkan oleh hobis burung kenari. Untuk mendapatkan burung dengan suara indah tidak mudah, membutuhkan ketelitian dan kesabaran pelaku mastering. Sehingga wajar saja burung kenari isian harganya lebih tinggi dibandingkan dengan burung kenari suara standar.

Tujuan orang me-master Burung kenari adalah burung hasil mastering mempunyai suara yang menonjol pada saat dibawa lomba. Dalam lomba seni suara burung kenari ada aturan baku / pakem yang telah ditetapkan oleh juri. Juri akan menilai kualitas suara burung sesuai dengan aturan baku / pakem yang telah ditentukan bersama. Juri akan menilai seekor burung kenari dari keluwesan saat membawakan lagu (bunyi), semakin bagus membawakan lagu harapan untuk menang semakin besar.

Dalam membentuk suara (master suara) karakter burung kenari bahan yang akan dimaster sedikit banyak mempengaruhi keberhasilan dalam mastering suara, untuk mengetahui prospek masa depan burung kenari bahan ada beberapa orang yang menyarankan untuk melihat katuranggan dari postur burung kenari bahan tersebut, bagaimana katuranggan yang baik bisa baca link ini dan link ini.  Setelah mendapatkan burung kenari bahan yang akan di master selanjutnya anda mulai memaster burung kenari, bagaimana caranya mastering burung kenari ikutin saja saran pakar mastering disini  

Saya mempunyai pengalaman mengenai burung kenari mastering yang suara bagus tetapi kurang cocok dibawa lomba, kebetulan di rumah saya punya burung kenari rasa Blackthroat hehe… maksudnya burung kenari suara full Blackthroat, suaranya bener-bener mantap enak didengar hanya sayangnya suaranya kurang keras sehingga jika di bawa ke lomba konvensional saya yakin tidak akan terdengar oleh juri kalah oleh suara teriakan penonton.

Demikian dulu sharing saya mengenai mastering burung kenari, dalam mengelola burung kenari kita tidak hanya ternak tetapi ada proses lain yang menurut saya cukup prospektif dimasa yang akan datang yaitu mastering burung kenari. Atau kalau Anda sudah berhasil beternak kenari coba hasil ternak ada ditambah nilai plusnya dengan suara master burung lain, agar produk Anda bisa bersaing dengan peternak lain….

About these ads

12 Responses to “Mastering burung kenari I”


  1. 1 tio 7 January 2013 at 4:22 am

    salam kenal om,, an punya kenari yang udah gacor..tapi kalau di gandeng dengan kenari lain kok gak mau bunyi sama sekali yha,…mohon penjelasanya…nuwun..

  2. 2 Sepoeloeh 13 April 2012 at 8:32 am

    selamat sore om, mo tannya lagi dong (maaf tanya-tanya melulu) maklum baru coba hoby piara kenari. saya mo tannya klo kenari betina bisa bunyi ga ya, soalnya kenari saya yang satunya klo di lihat dari belahan parunya seperti betina, tetapi klo di lihat dari bodynya gagah seperti jantan, trus klo lagi ngeroll bunyi nya lumayan kenceng.
    mohon pencerahannya

    trims

    • 3 Uphay 13 April 2012 at 10:12 am

      Kenari betina bisa bunyi om, tapi tidak se intens jantan… lihat Vent / kelaminnya, kalau gendut seperti ada telurnya bisa jadi betina, pastinya, kalau ddeketin sama kenari jantan yg guacor, biasanya ngeleper…

  3. 4 Sepoeloeh 4 April 2012 at 8:30 am

    salam kenal om
    saya mo tanya, kalo kenari usia lebih dari 7 bln masih bisa di masterin ga, saya baru coba piara 2 ekor (satunya dah mulai gacor, yang satunya baru bisa ngerol) kira2 masih bisa di isi sama suara burung lain ga ya (misalkan ciblek) kalo masih bisa gimana caranya makasih atas sumbang sarannya

    Usia 7 bulan sulit untuk dimaster, kalau om mau masterin lebih baik pada saat mabung (usia 1 tahun) carannya masterin kenari … suara masternya digandeng terus dengan kenari, wassalam

  4. 5 kepapat.co.cc 14 November 2010 at 12:44 pm

    Saya pengen pelihara kenari ni….
    Kira harga yang murah tapi kualitas oke jenis apa ya?
    Peternak kenari di solo di mana ja ya?

    om … ado rupo ado hargo hehe… kalau diterjemahkan secara bebas kalau ingin kenari bagus ya harus berani beli dengan harga tinggi … jadi susah mencari peternak yang menjual kenari kualitas bagus dengan harga murah kecuali peternak yang kepepet atau kenari hasil nyolong hehe…. (maaf becanda om)…. mohon maaf saya belum bisa memberi referensi peternak dengan spesifikasi yang om maksud

    salam

    • 6 novan 16 December 2010 at 6:06 pm

      tapi om mudagh2an peternak tidak menjual harga yang mahal dengan kondisi tidak bagus kualitasnya…MAJU TERUS KENARI INDONESIA :) :)

      Kalau masalah ini semua orang tidak bisa menjamin om, sengketa jual beli kenari selain sellernya nakal juga ada perbedaan pengetahuan antara seller dan buyer pemula. Mungkin solusi terbaik terus mengupdate pengetahuan kita masing-masing mengenai kenari.

      salam

  5. 7 naryo 2 November 2010 at 6:53 am

    Matur nuwun,
    mohon info kalau YS jantan dan betina impor di pasar pramuka jakarta harganya kira kira berapa ya bos, soalnya pengin punya indukan asli impor …nuwun
    naryo solo

    Nyari YS di pasar burung Pramuka untuk saat ini susah om.. di importir tidak ada YS, importir hanya numpang lewat.. jadi susah nentuin harganya… demikian

    salam

  6. 8 naryo 1 November 2010 at 7:55 am

    Mau nimbrung boss … saya punya 3 ekor F1YS dari pak Noer suryoputran jogya baru umur 1 bulan, 1 ekor jantan warna merah wortel, 1 ekor jantan warna bont merah, 1 ekor betina warna kuning kemerahan
    yang betina koq bisa ngeriwik lebih keras dibanding yang jantan yaa……..
    apa benar kalau kenari betina itu tidak bisa bernyanyi ..
    matur nuwun ….naryo garuda solo

    Wah mantap nih om Naryo, F1YS-nya banyak dan warnanya keren-keren hehe… pada waktu kecil kenari betina kadang-kadang ngeriwik hanya ngeriwiknya tidak sesering kenari bahan jantan… kalau suara ngeriwiknya lebih keras bersyukurlah om semoga bisa menjadi betina yang berkualitas….

    salam

  7. 9 B@NG 25 October 2010 at 1:10 am

    Salam Semua…

    salam OM Hasan……
    Salam Om Ahmad……..

    salam kenal jg om B@ng…

    salam

  8. 10 daenk 24 October 2010 at 6:51 am

    asslm.slm kenal. sy mau tanya gmna caranya burung kenari bs cepat berkicau(sdh dilakukan mastering)? tks

    Waalaikumslm,
    om Daeng, kenari berbunyi ada tahap-tahapannya tidak bisa dibuat cepat berbunyi, mulai belajar bunyi pd usia 2 bulan dan mulai bunyi keras pada usia 6 bulan yang penting statusnya jelas kenari jantan….

    salam

  9. 11 Bareph Yadie Kasalo 22 October 2010 at 1:14 am

    Om yang jadi kriteria penilaian lomba kenari apanya sih Om?
    keras dan banyaknya variasi isiannya apa ada kriteria yang lain? kususnya di Jabodetabek neh Om.
    terima kasih dan salam…..

    coba baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/2009/06/23/kenari-jogja-versus-jakarta mudah-mudahan bisa mencerahkan….

    salam

  10. 12 gede 19 October 2010 at 4:49 am

    Mantap Kang….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,267,390 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: