Materi Ternak Kenari

Belum lama ini saya terima SMS dari kenalan di daerah Bandung, isi SMS tersebut “ saya mau jual seluruh Blackthroat (BT) semuanya”,   SMS-nya pendek tetapi penuh makna. Ketika saya sering berinteraksi dengan beliau saya kurang setuju dengan rencana beliau untuk merubah dari ternak kenari ke ternak balckthroat. Ketika saya komunikasikan kekurang setujuan saya mengenai penggantian materi ternak tersebut beliau ber-alasan merasa tertantang dengan ternak BT.

Karena merasa tertantang dengan ternak BT seluruh indukan kenari yang beliau punya dijual semua diganti dengan indukan BT. Sebulan, dua bulan sampai satu tahun belum ada sepasang BT pun yang berhasil menghasilkan anak sampai besar, mulai dari indukan yang susah jodoh, telor bening terakhir ada yang netas tetapi indukannya tidak merawat anaknya akibatnya mati…. Yang namanya manusia walaupun Bapak ini termasuk orang sabar dan ulet akhirnya menyerah juga. Merasa mentok akhirnya seluruh indukan BT dilelang saya tidak tahu kelanjutannya… ternyata bagi sebagian orang beternak BT membuat hati menjadi BT hehe….

Dari pengalaman senior diatas kita bisa mengambil hikmahnya yaitu ketika kita ingin mengganti indukan dengan materi lebih baik, indukan yang kita punya jangan langsung diganti. Indukan yang ada biarkan terus berproduksi.

Burung kenari termasuk makhluk hidup dimana mempunyai sifat dan karakter yang unik, agar kenari bisa beranak pinak kondisi atau lingkungan kandang ternak harus sesuai dengan keinginan indukan kenari yang akan diternak. Pengalaman saya ada indukan kenari baik jantan atapun betina yang tidak suka terhadap lawan jenis dengan warna tertentu ketika kenari disatukan berantem terus walaupun melewati proses penjodohan. Ada indukan yang tidak suka posis sarang ditempat ditempat terbuka atau sebaliknya ada indukan yang senang sarangnya ditempatkan pada tempat yang terbuka. Ada indukan yang sensitive terhadap situasi lingkungan ternak dan masih banyak kendala lainnya, yang semua itu harus dipelajari.

Semua kendala diatas harus dipahami oleh peternak, dengan memahami keinginan dari indukan kenari akan mempermudah dalam proses beternak kenari… Mungkin diantara temen-temen belum mengalami kendala yang rumit, semakin bagus kualitas indukan cobaannya akan semakin besar.. Burung kenari impor termasuk burung kenari yang manja mempunyai karakter yang aneh-aneh walaupun ada juga yang mudah diternak tetapi lebih banyak yang aneh-aneh…

Saya sering menganjurkan pada temen-temen yang sudah berhasil ternak kenari lokal untuk up-grade indukan dengan kualitas yang lebih baik… Beternak kenari dengan kualitas biasa-biasa sama repot dan biaya pemeliharaan tidak jauh berbeda dengan beternak burung kenari kualitas bagus, tetapi hasilnya jauh berbeda harga anakannya lebih tinggi. Hanya saya selalu memperingatkan dalam up-grade indukan jangan diganti sekaligus maksudnya indukan yang sudah berhasil diternak jangan di jual sampai indukan baru bisa produksi dengan baik.

Sudah saya jelaskan diatas burung kenari mempunyai karakter yang unik, untuk memahami karakter dari burung kenari membutuhkan waktu yang tidak sedikit, saya pernah punya pengalaman untuk berhasil ternak Yorkshire membutuhkan waktu 1 tahun. Waktu yang lama ini kalau tidak ditunjang keuletan dan kesabaran akan membuat jenuh akhirnya bisa membuat frustasi. Demikian dulu ceritanya mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi bagi temen-temen…… Akhir kata dalam up-grade indukan harus sabar jangan tergesa-gesa….

29 Responses to “Materi Ternak Kenari”


  1. 1 fhyrman 30 December 2013 at 7:06 am

    permisi. .
    saya baru pemula oM ,,saya mau beternak kenari dan saya udah siapin indukan warna putih dan pejantan warna kuning ,,apakah gk papa kenari putih dan kuning dijodohkan oM??

    tidak masalah om yang penting sepasang

  2. 2 joyo karmin 11 July 2013 at 5:36 pm

    Salam kenar om saya ucapkan terima kasih dgn adanya blog ini saya merasa terbantu dan merasa bertambah ilmu akan dunia burung kenari…

    syukur kalau bisa bermanfaat om….

  3. 3 shuda 21 April 2013 at 12:19 pm

    Salam kenal om sya dr palembang.apakah wajib peternak kenari menggunakan fertivit n ferti oil?trus klo tau daerah palembang dimna ya jualannya.thx

    Indukan kenari pada saat diternak membutuhkan multivitamin untuk memperbaiki kondisi fisik/tubuh, multivitamin tidak harus fertivit bisa diganti merek lain yang banyak dijual di kios pakan

    salam

  4. 4 erwin 20 March 2013 at 11:51 am

    selamat malam omm…saya mempunya 3 butir telur , lalu dierami , setalh 14 hari telurnya netes dan 1 telurnya sdh dibuang dibawa sarang, setelah 2 hari penetasan satu ekor anaknya tiba2 berada jatuh dibawah lalu saya angkat kembali kesarang dan setelah itu bsknya mati, dan satu ekor anaknya yg lain perkebangannya kurang (kurus) padahal sering saya lihat dikasih makan oleh induknya…dan setelah 5 hari kemudian anak trsbt mati lagi, nah utk itu saya mohon srannya om atau permasalahan yg saya alami ini,

    dan saya juga mau bertanya om, apa kah ketika anaknya sdh menetas kita boleh memberi makanan bantuan kepada anaknya ? dan baiknya makanannya dari bahan apa ? mohon sarannya juga omm, terima kasih sebelumnya.

    brgds/erwin

  5. 5 yadi suhaedi 25 January 2013 at 11:30 am

    misi om mau nanya,,,saya mau nyoba ternak kenari silangan antara betina RF ( import belgia ) x merlok koq susah ngejodonya ya om….pliss sarannya om….ato mungkin pakannya c betina harus pakan import juga ?

  6. 6 djoker 27 February 2012 at 5:30 pm

    Tq..saran yg bgus gan..

  7. 7 Rafael 17 January 2012 at 3:24 am

    om saya mau tanya , kenari saya bertelur 3 yang menetas cuma 1 , kira-kira penyebabnya apa ?

  8. 9 Gilang.prasetyo 4 January 2012 at 5:49 am

    om salam kenal, aku mau nanya cara pemberian telur puyuh pada kenari, baiknya di kasih bulat2 apa di tumbuk dulu atau ada cara lain. saya pengen ngasih telur puyuh bulat tapi gax di makan. tolong bantunanya om

    Om Gilang saya biasa memberi telor puyuh rebus dibagi 2, demikian om, wassalam

  9. 10 Beby 20 December 2011 at 2:28 pm

    Om untuk meningkatkan birahi kenari jantan makanan yang cocok apa?makasih,

    coba diberi telor puyuh om, tetapi jangan terlalu sering cukup 2 x seminggu, jangan lupa jemur setiap hari tidak perlu lama2 cukup 30 menit, demikian om, wassalam

  10. 11 abdul rochman 7 November 2011 at 3:35 pm

    lam kenal om, saya mau tanya ? sy punya kenari warna bon sepasang, sudah jodoh tapi kalau bertelur ga pernah menetas kenapaya om?

    Kenari jantannya coba dikondisikan dulu om, takutnya jantannya belum siap ternak sehingga tidak terjadi perkawinan yang maksimal, kalau masih punya jantan yang siap lebih baik dijodohkan dengan jantan yang lain, demikian

    Wassalam

  11. 12 rocky 18 September 2011 at 1:06 pm

    lam knal om….
    mw tnya nih,proses pnjodohan kenari kira2 brapa lma ya..?
    thanx

    coba baca-baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari mudah-mudahan bisa bermanfaat

    Wassalam

  12. 13 febri 3 August 2011 at 8:30 am

    Lam Kenal….
    saya pemula mau coba ternak kenari…
    untuk ideal umur jantan dan betina yg siap kawin umur brp om ?

    coba baca-baca link ini om http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari/

    wassalam

  13. 14 vincent 1 April 2011 at 3:44 am

    lam kenal om…sya mau nanya nih, kalo kenari yang sedang mabung apa msih bsa d jodohkan n d ternakan???atau nunggu msa mabung nya beres…thnx

  14. 15 Sahono 14 January 2011 at 2:26 am

    om numpang nanya..
    kasih cicin pada anakan kenari sebaiknya usia berapa om?
    anakan kenari milik saya usia 10 hari tak kasih cicin mesti dilepas terus sama induknya,,,

    Tergantung besar kaki anaknya om, biasanya usia 7 hari sudah bisa dipasang cicin maksimal usia 14 hari masih bisa dipasang cicin hanya harus hati2 karena kaki anak kenari sudah mulai besar dan kaku….

    Wassalam

  15. 16 dhoni 21 November 2010 at 6:49 am

    Om.. Saya punya burung kenari sepasang, tapi ketika burung itu bertelur pasti gagal untuk menetas,….???? Tolong ya om kasih tw cara berternak yg baik itu seperti apa….???

    kalau masih kenari jantan yang lain coba jodohkan dengan jantan yang lain om

    salam

  16. 17 pat 17 November 2010 at 12:49 pm

    om tanya, telur kenari dah isi anak, tp gak mau menetas, malah mati di dalam, itu di sebabkan apa om,,,, apa cuaca berpengaruh, ? krn tempat saya baru aja ada bencana merapi???

    Banyak faktor penyebab anak mati di dalam telor, induknya masih muda, induk jantan atau betinanya dalam kondisi kurang fit, terlalu banyak diberi kalsium sehingga kulit telor menjadi keras …. cuaca lingkungan yang berubah-ubah, kandang ternak yang sering bergerak coba… demikian semoga bisa membantu…

    salam

  17. 18 toheng 12 November 2010 at 12:02 pm

    Om, saya punya kenari dengan telur 4 butir, keempatnya menetas dengan waktu berbeda2, tentunya ukuran anakannya jadi kontras, ada yang matanya masih merem, ada yang bulunya udah mau keluar semua. Gimana cara mengakalinya supaya menetasnya bersamaan? mengingat tidak seperti di luar negeri mereka disana bisa menggunakan telur palsu untuk menyamakan waktu pengeraman.

    Kita bisa buat telur kenari palsu om… telur yang gagal tetas diisi lilin… kita bisa juga melakukan sistem angkat telur… telor pertama di angkat ketika telor kedua keluar, telor kedua diangkat ketika telor ke 3 keluar begitu seterusnya setiap hari di sarang hanya ada 1 telor sampai kenari betina mengeram… setelah kelihatan mengeram baru telur dikembalikan kesarang semuanya… demikian om semoga bisa membantu…

    salam

  18. 19 stepanus 11 November 2010 at 3:07 am

    salam kenal Om sofyan
    Om saya punya kenari 1 pasang ,pernah saya jodokan dan berhasil,dari telor 4 netes semua.sekarang sudah umur 3 bulan dan mulai ngriwik.yang ingin saya tanyakan:
    1.Kenapa penjodohan kedua telornya cuma ada 2 dan tidak menetas,dan anehnya kejadian ini saya alami sudah 2 kali.
    Untuk pakan masa penjodohan telur puyuh & slada.
    Kira kira kenapa Om ya?
    mohon bantunya,Terimakasih.

    Salam
    Stefanus

    Usia kenarinya betinanya berapa tahun om ?… takutnya kenari betinanya sudah tua dan tidak produktif lagi… kalau masih muda coba istirahatkan dulu beberapa minggu, diberi multivitamin dan mandi serta jemur kalau bisa rutin dilakukan setiap hari, setelah terlihat sehat dan lincah coba dijodohkan lagi, demikian om semoga bisa membantu…

    salam

  19. 20 hendroe poernomo 9 November 2010 at 5:06 am

    om saya punya anakn kenari umur 1 bln supaya cepat bunyi kasih pakn ap om

  20. 21 anton 6 November 2010 at 1:49 am

    Om Sofian apa benar bila kenari merah betina bila dikawinkan dengan bapaknya akan menghasilkan anakan kenari yang kualitas merahnya lebih kuat?
    Terima kasih

    Om Anton ketika anaknya di jodohkan dengan bapaknya orang biasa menyebut inbreed, inbreed semakin mengentalkan gen dari individu (anaknya). Mengenai kualitas anakan tergantung dari kualitas indukannya… kalau ibu dan bapanya kualitas bagus insya Allah kualitas anaknya bagus… hanya kelemahan inbreed adalah kadang-kadang anaknya cacat, prematur atau mati dalam telur… demikian om mohon maaf kalau salah

    salam

  21. 22 mas tom 5 November 2010 at 12:37 pm

    om sofyan mau tanya neh,saya punya kenari lokal warna bon mw di jodohin sama kenari putih tp slalu berantem padahal dah melalui proses penjodohan.sudah 3x gagal trus.pertama si akur tp lama2 pada berantem lg.gmana solusinya om. Trus kalo turunan f1 ys sama betina lokal bisa disebut f2 ga ya.trimakasih

    Om Tom, kemungkinan keduanya belum birahi sehingga ketika disatukan akan berantem, coba tingkatkan dulu birahi keduanya dengan memberikan telor puyuh dan jemur minimal seminggu 2 x… hasil silangan F1YS dengan lokal super anaknya biasa disebut AF (anak F1YS)… sedangkan F2 merupakan hasil silangan YS dengan F1YS….

    salam

  22. 23 Heryhr99@yaho.com 5 November 2010 at 11:16 am

    Slamt malam om…sy dari sukabumi ..mau tanya…Dimana sya harus beli kenari satu pasang yg kwalitas bagus..and brp kira2 satu pasang nya untk jenis knari kwalitas yg bagus. Hatur nuhun om.

    Coba om cari disini mudah2an ada yang berkenan http://burungkenari.wordpress.com/lapak

    salam

  23. 24 aepsyaripulloh 4 November 2010 at 4:14 am

    Salam kenal om, saya dari bandung…saya punya kenari F1 kawinan YS&Banner (Jantan) Umur 5 bulan. F1 Betina sedang Mabung.yang ingin saya tanyakan :
    1. Gimana caranya supaya Kenari F1 Jantan supaya cepat gacor, apa ada suplemen atau vitamin khusus untuk cepat2 gacor…? brp lama F1 sampai gacor/pecah suaranya.
    2. Betina F1 yang siap kawin umur berapa..? dan obat apa supaya mabungnya cepat beres.
    3. gimana cara beternak kenari F1?
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih om. ma’lum pemula yang mau belajar beternak….heheheh. oh iya om, bisa minta alamat para peternak kenari d bandung gk terimakasih.

    Salam kenal juga om…
    1. Kenari turunan besar lambat gacor om, kita tidak bisa memaksa kenari bisa cepat gacor… coba 3 hari sekali diberi daun mengkudu setengah muda sebagi pengganti sayuran/pengganti daun sawi… mudah2an bisa membantu..
    2. Kenari betina siap ternak rata-rata usia 8 bulan, yang bagus menurut saya usia 1 tahun, mabung merupakan proses alami, pengalaman saya sich tidak bisa dipercepat prosesnya hanya kita bisa mempertahanankan kondisi stamina kenari, dengan stamina bagus proses mabung bisa lancar.. pada saat proses mabung burung kenari membutuhkan nutrisi dan gizi tinggi .. coba beri multivitamin 2 hari sekali, wheat germ oil dicampur dengan makanan bijian atau diteteskan di daun sawi serta telor puyuh 2 hari sekali selang seling dengan sayuran (daun sawi).
    3. Pada dasarnya ternak F1 sama saja dengan ternak kenari lain…

    salam

  24. 25 redmoz 3 November 2010 at 6:30 am

    benull om eh betul, contoh kasus..hehehe bukan kasus yg ada di MK
    gloster corona sy betina bon ijo n jantan corona ijo, alo di masukin bareng kandang ternak si betina ga pernah mau ngerem di sarang wal hasil si jantan acak2 sarang yg dah rapi terus. so sy putuskan cabut si jantan…esok paginya sy satuin lagi, pas sy satuin dia langsung kawin di depan mata saya..trus sy pantau sampe sore kok sibetina ga mau diem disarang, biasanya betina birahi tuh paling ga ngrapiin sarang or diem disarang walau belum nelor…so maghribnya ane cabut lagi..esok pagi ane satuin lagi..eh dia langsung kawin lagi ga pake persimi,so jam 10 ane cabut lagi n pas ashar ane satuin lagi, betul ternyata dia kawin lagi begitu seterusnya, nahh stelah 4 hari baru dech alhamdulillah ada telornya satu tgl 28 okt kmaren..stelah itu ane ga satuin n 3 hr kemudian sudah 3 telor yg dia erami skarang, kemungkinan netes tgl 12nov..ohh coronakoe…mudah2an netes…hehehe thanks wat media berbaginya om….sorry kepanjangan

    mantap om semoga bisa beranak pinak om…

    salam

  25. 29 Agus Prasetyo 3 November 2010 at 5:52 am

    Salam kenal…pak
    seblumnya minta maaf pak kenal2 uda mengajukan pertanyaan..
    untk mengatasi burung kenari berakkapur itu dengan apa yang bagus…atau bagaimana cara mengatasinya trimakasih…

    Coba beri obat khusus berak kapur kalau tidak ada bisa menggunakan antibiotik.. antibiotik dimasukkan ke dalam air minum kenari… untuk mencegah berak kapur jaga kebersihan sangkar, tempat minum dan tempat makan…

    salam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

INDOSAT

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,104,435 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 155 other followers

