Kunjungan ke Trisakti Bird Farm

Dear Om Sofyan, Kayaknya, sekarang saya mulai jadi wartawan lepasnya om sofyan nih… hihihhii…., saya ada update buat kunjungan ke Trisakti Bird Farm nya Om Arif. Semoga bermanfaat :

Pagi itu,.. Sabtu tanggal 20 Nop 2010 tepatnya jam 07:30, saya dan si Sulung (Fahmi 5,5 Thn) sangat bersemangat berkendara ria dari Klender menuju Pamulang tanggerang untuk berkunjung ke tempatnya Om Arif yang merupakan pemilik “Trisakti Bird Farm”. Ada satu motivasi kuat didalam angan saya untuk melakukan serangkaian kunjungan ke beberapa Bird Farm sebagai pembelajaran bagi saya yang masih hijau di Per Kenarian. Entah itu karena terkesima oleh isi di Blog nya Om Sofyan atau karena keramahan para Senior seperti Om Gede, Om Hari Key, Om Arif (Jogja) dan Senior lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu. Intinya, Jam 08:30 saya tiba di Pondok Cabe untuk menjemput seorang kawan (Derry – Ragunan Enterprise) yang lama malang melintang di dunia Even Organizer untuk Lomba baik Latber, Festival maupun lomba2 lainnya.  Maklum, Jajahannya hanya di kisaran Bekasi, jadi butuh penunjuk jalan untuk main ke wilayah Pamulang dan sekitarnya… hihihi.

Al hasil, Jam 09:00 sudah tiba di Jalan Jombang Raya, satu lagi lika liku pembelajaran terjadi, saya tidak mudah menemukan lokasi Trisakti BF ini dikarenakan Om Arif sedang diperjalanan, sehingga tidak bisa dihubungi. Syukur Alhamdulillah, Om Gede dan Om Hary Key bisa di hubungi dan mau berbagi informasi mengenai letak keberadaan Trisakti BF ini, Jam 9:30, Lokasi ditemukan setelah akhirnya om Arif bisa dihubungi, dan mengarahkan jalur pencarian… (haiiiyah….). Buat yang belum pernah, akan sulit sekali karena untuk masuk ke lokasi, kita harus menyusuri jalan setapak di pinggiran rel kereta api. Tidak jauh dari pintu Perlintasan KA, sekitar 20 Meteran, kita sudah bisa mendengar suara2 lantang dari sebuah rumah mungil di kiri lintasan KA tsb.

Hmm…. Senyum ramah dan kehangatan Senior kembali saya rasakan, namun ada kejutan yang luar biasa yang saya temukan saat memasuki Farm nya Om Arif selain suara kicauan YS kuningnya yang luar biasa. Ternyata….. Om Arif dan Trisakti BF nya lagi diliput sama Agrobur…. Karena wartawannya ( Bang Ade) saya dan Derry kenal betul dengan kepiawaiannya mengolah hasil jepretan dan ulasannya. Wah… biar gak ketinggalan…. Kayaaknya, Agrobur Edisi Kamis  ini boleh di koleksi nih, hehehehhe (bukat Iklan loh..).

Tidak terasa, Hujan yang turun sangat lebat membuat waktu cepat berlalu, dan saya terlarut dalam wejangan2 sang empunya Trisakti. Bukan Cuma arahan, namun dipraktekkan langsung didepan saya, seperti bagaimana memilih indukan, melihat kematangan betina, fooding dll… (Thanks a lot Om Arif). Wah.. Pokoknya…. Bermanfaatlah buat pemula seperti saya. Akhirnya, saya putuskan untuk meminang beberapa momongan yang ada, untuk YS, saya tidak berhasil meminang yang Ring 09, karena kebetulan, Om Slam sudah meminangnya terlebih dahulu… hikssss…..Tapi saya senang, bisa bertemu Om Slam disana, yang ternyata wajahnya sangat familiar karena sering berjumpa di Lapangan beberapa tahun yang lalu, (sebentar lagi, kayaknya bakal ketemu lagi nih di lapangan…hihihi). Mengobati kerinduan saya dengan berharap memiliki Kenari YS, akhirnya saya putuskan untuk meminang YS hasil ternakan kita sendiri Di Trisakti BF. Bangga… karena.. Bila Paguyuban berjalan, Misi utamanya adalah agar KN Mania bisa terpenuhi keinginannya memiliki YS tanpa harus menunggu jadwal Import yang disesuaikan dengan musim panen di luar negeri sana, dan tentunya dengan harga yang lebih bersahabat (Semoga,….). Saya juga mendapatkan kenari local yang Istimewa buat saya.. (hmm… nanti kalau tampil Tak kabari om)… dan harganya juga luar biasa. Mozambik muda namun rajin juga saya dapatkan dengan harga yang sangat bersahabat… yah.. mungkin hal2 seperti inilah yang jarang saya temui ketika bermain Muray, Pentet dll.

Farm nya tidak terlalu mewah / megah, tapi jangan Tanya soal isinya….!!! Beberapa petikan berharga yang saya rangkum dari hasil kunjungan :

1.       “Saya Senang Membantu Pemula, Karena dulu waktu saya jadi pemula, saya tidak mendapatkan pengetahuan atau tempat pembelajaran seperti sekarang ini”. Nah, tips bagi pemula, Jangan malu bertanya, malah kalau ada waktu, silahkan kunjungi beberapa Farm yang sudah terkenal dengan keramahan dan kebaikan cetakannya seperti di Trisakti BF, Istana Kenari dll,( maaf bagi yang belum sempat saya kunjungi).

2.       “Berbagi Ilmu adalah kebanggaan tersendiri”, Senang bila memiliki pengetahuan dan bisa ditularkan ke orang lain, apalagi bila pengetahuannya bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

3.       “Kepercayaan, Kejujuran dan Keterbukaan adalah cermin keberhasilan”, saya tidak pernah ragu saat berguru pada om Sofyan, Meminang anakan Om Hary Key, pesan produk dari Om gede bahkan sampai memesan KN dari Om Arief Jogja, walau sebelumnya tidak bernah basua… itu semua karena adanya saling percaya dan keterbukaan, sehingga, semoga kedepannya dunia KN bisa diisi oleh Senior2 yang bukan mengutamakan keuntungan semata, tapi keberlangsungan usaha. Wah.. gak terasa, saya udah ketularan Om sofyan dalam tulis menulis, udah ah,,, biar yang lain yang melanjutkan,,. Hehehhe, Terlampir beberapa foto yang bisa saya ambil saat berada di Trisakti BF. Mohon maaf bila ada penulisan yang kurang berkenan, semua ini hanyalah tautan hati saya dalam menggambarkan komunikasi diantara penggemar Kenari, Semoga bermanfaat.

Regards

Uphay

Powered by Telkomsel BlackBerry®

About these ads

33 Responses to “Kunjungan ke Trisakti Bird Farm”


  1. 1 Yura87 4 September 2012 at 1:50 pm

    Mas klo di Kal-Bar ada info gak tentang penangkar kenari?

  2. 2 Rudy_java 26 May 2012 at 1:50 am

    Emak pernah pesen ke aku gini. . . .nak kalau suatu saat di perjalanan kamu ketemu sesama penghobi kenari. . . Maka anggaplah dia sebagai saudara kamu (ngarang). . .aku sih cuma bilang ke Emak. . . .Okelah kalau begitu. . .emak gantian bilang.. Yoi. . . .(ngarang lagi) hehehe. . . Salam kenal buat para senior2. . . Q rudy kenari mania from semarang, newrajasetan@gmail.com

  3. 3 Rudy_java 26 May 2012 at 1:40 am

    Wah lumayan nih buat nambah2 ilmu. . . .(hehe ikut kena demam kenari coz) melompat dari satu blog ke blog lain (macam kutu loncat) demi menambah ilmu perkenarian dari para senior. . . .hehe mohon para senior2 mau menerima saya sebagai murid. . . . . :d

  4. 4 Uphay 13 February 2012 at 3:34 am

    Wahh… Info terbaru nih, kemarin saya dan beberapa teman berkunjung ke Trisakti lagi setelah kurang lebih 1 Tahun gak sowan kesana, hehehe. Dan ternyata, Ruangannya sudah di Renovasi dan koleksi KN Impornya lagi buanyak… (Banjir KN Import nih..hihihi). Kali ajah masih banyak yang membutuhkan indukan2 Import…. Buat Trisakti, Sukses yah.. Showroom nya nyaman banget, special thanks buat Om Arif yang selalu ramah,,,, heheheh.

  5. 5 luk luk 22 September 2011 at 8:17 am

    Wahh telaat,, nich ;( jadi kapan lagi nih kopdarnya…?
    ikutan doong…… baru keracunan kenari nih….mau coba piara.

    Saat ini kegiatan paguyuban sedang vakum om, insya Allah suatu hari akan bangkit kembali

    Wassalam

  6. 6 gugun 13 September 2011 at 4:27 pm

    Iya Om sofyan..infonya sih solo memang gudang,kemarin pas lebaran ada tawaran juga dari temen2 di beberapa farm,tapi kok belum ada yg cocok..entah barangnya atau kantongnya ya yg gakk cocok..hehehe..

  7. 7 gugun 13 September 2011 at 4:26 pm

    Iya Om sofyan..infonya sih solo memang gudang,kemarin pas lebaran ada tawaran juga dari temen2 di beberapa farm,tapi kok belum ada yg cocok..entah barangnya atau kantongnya ya yg ƍäª cocok..hehehe..

    Yang saya tahu Solo terkenal karena kualitasnya dan memang harga kenari di Solo cukup tinggi, untuk menghasilkan kenari dengan kualitas bagus cukup sulit jadi saya rasa wajar harganya tinggi hehe…..

    Wassalam

  8. 8 gugun 13 September 2011 at 12:54 am

    Salam kenal semua para Om senior di dunia perkenarian..boleh gabung ya..minta tolong info dong alamat farm kenari ys di bekasi..harap maklum perantau dari solo yang kesasar di Bekasi..sekalian kalau boleh di infoin kiriman dr importir..sekalian ikut bareng2 berburu beberapa untuk koleksi sebagian di kirim di Solo yg kebetulan juga pura2 beternak..salam kenal

    Om Gugun, yang saya tahu di Solo merupakan pabriknya burung kenari hehe…. kenapa tidak ngambil dari Solo untuk dibawa ke Bekasi om ?… kalau untuk bareng-bareng hunting burung impor bisa menghubungi rekan-rekan yang lain seperti om Yunior, om Faisal dll

  9. 9 Kafa 28 March 2011 at 4:40 am

    Teman2

    Ada info YS yg harganya bersahabat, setelah baca2 blog ini saya jadi ingin coba ternak YS. Klo ada info ke saya yaa di 081311227744.

    Thanks
    BR/Kafa

  10. 10 kafa 7 March 2011 at 5:05 am

    Sarang Kenari

    temen2 saya masih baru ini di ranah memelihara kenari
    Dirumah saya ada beberapa Pasang
    yg lokal udah beranak yg kedua

    yg bermasalah yg Import Holand, sarangnya diacak-acak mulu
    dikasih sarang apa yaa supaya mau bertelur?
    soalnya dikasih bahan diambil tapi kemudian di acak-acak lagi

    Om Kafa, kemungkinan burungnya belum siap ternak coba diberi telor puyuh rebus seminggu 3X, dan seminggu sekali diberi vitalur untuk meningkatkan birahinya… kedalam sangkar diberi sobekan kertas/koran…mudah2an si Holland cepat beranak pinak om…

    Wassalam

  11. 11 ali 23 December 2010 at 3:26 am

    Salam kenal om,
    Sy sudah 4 kali main ke kandangya Om Arif, tapi baru minang sekali, itupun lokalan. wkwkwkwk. Kemaren pas terakhir main malah kebetulan ketemu mas arifnya langsung dan Kang Agus, si manusia burung,kekekeke.
    Burungnya mantep-mantep dan empunya jg gak pelit untuk sharing ilmu perkenarian, khususnya buat “newbie” ky ane.

    sukkses bt om.

  12. 12 achmad depok 26 November 2010 at 9:19 am

    wah liputan yang bermanfaat nih.
    sukses ya buat kenarimania

  13. 13 ariefsas 25 November 2010 at 5:04 pm

    Ariefsas yogya jangan dibawa – bawa om… orang baru ini

  14. 16 Hary Key 25 November 2010 at 3:01 am

    Akhirnya sampe juga Om Uphay di Trisakti Bird Farm. Burungnya keren-keren kan Om. Mantaaaaap.

  15. 17 yunior 24 November 2010 at 3:19 am

    mantap..mantap..keren euy om ariff tapi terus komitmen ya…

  16. 18 Trisakti BF 23 November 2010 at 3:00 pm

    wah sebenarnya selama ini saya hanya pembaca setia di blognya om Sofyan, tapi karena ada ulasan tentang saya dan Trisakti BF saya jadi tergerak untuk berbagi komentar.
    Untuk om Sofyan terima kasih sebesar2nya karena tulisan om Uphay dengan segala kerendahan hatinya yang mengupas tentang Trisakti BF nongol di Blog om Sofyan.

    Untuk teman-teman semua,kami mengucapkan terima kasih tak terhingga atas kesusahan dalam mencari alamat kami yang agak gampang untuk ditemui, jauh dari kota dan adanya dipelosok desa yang terpencil mungkin jauh dari kesan mewah, tapi itulah kami.

    Trisakti Bf berusaha untuk memberikan ilmu yang kami punya tanpa tedeng aling-aling dalam berternak kenari, apa yang bisa kami berikan tentunya sebatas apa yang kami miliki, tidak menambah dan mengurangi.
    dan untuk pemula pintu kami selalu terbuka selebar-lebarnya untuk yang namanya belajar berternak kenari, dan bagi kami memberikan ilmu tidak akan ada ruginya karena ilmu akan terus berkembang seiring dengan beragam masalah/kendala yang sering dihadapi peternak kenari, bagi kami berbagi ilmu merupakan ibadah yang hanya bisa kami persembahkan kepada kawan-kawan semua.

    Sekali lagi terima kasih untuk Om Sofyan dan Om Uphay (tulisan anda bikin saya GR ajaheheheh….)dan kawan-kawan semua yg sudah menyempatkan berkunjung ke tempat kami,Om Slam, Om nungki, Om Hary, Om Sony (jadi pingin belajar lg Om)dan teman2 yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

    Salam Kenari Mania
    Arif, Trisakti BF

    sama-sama om Arief, mari kita kembangkan kenari bersama-sama

    salam

    • 19 Yayang 11 September 2012 at 10:04 am

      Salam Kenari Mania.. saya Yayang, sy tinggal di Depok, sy peternak Kenari pemula (baru 1 tahun berternak).. mohon info alamat & no kontak Trisakti BF ya Om, sy mau belajar nih.. saat ini saya cuma punya 2 pasang. 1. Gloster (jntn) x Lokal Super (btn), sdh produksi anakan & laris terjual..heee..alhamdulillah.. 2. Lokal (jntn) x silangan F1-AF (btn). 3. satu anakan Holland (umur +- 4 bln). makasih ya Om.. mohn info alamatnya ya om Arif.. tq

      Yayang
      Depok Timur
      0852 1847 9789

  17. 20 fediyan syahputra 23 November 2010 at 9:31 am

    wah luar biasa ulasannya Om Uphay….
    Semoga semakin banyak cerita-cerita menarik yang bisa dipetik dari hasil kunjungan ke Farm2.
    Kayaknya Om Sofian …dah ngak sabar lagi untuk Buka Fina Bird Farm di Palembang….hehheheh
    Di Palembang belum tahu dimana saja letak Farm2 kenari….tentunya kalau ada pasti kita kunjungi ..ya ..Om…
    Sukses buat semuanya.
    wasalam

    Tenang om insya Allah minggu depan saya dapat kiriman dari om Yunior, om tinggal siapkan kandang ternaknya aja… saya juga sudah ngobrol2 dengan om Afiudin pokoknya tunggu tanggal mainnya hehe….

    salam

  18. 24 wahyusuy 23 November 2010 at 7:08 am

    Om Uphay salam kenal ya..?
    Wah enak skali bisa tau alamat Trisakti Bird, kalo berkenan boleh tau ga alamatnya Trisakti tersebut.
    Klo Om2 Lain ada yang tau saya minta tolong dong dengan amat sangat dikirim ke alamat email saya wayu_midun@yahoo.com atau wahyu_suyatno@telkomsel.co.id

    Terima kasih skali ya

    • 25 Afiudin_Lampung 23 November 2010 at 3:34 pm

      Wahhh… Mantap ulasannya. Sebaiknya sih memang harus jadi wartawannya Om Sofyan untuk sementara waktu di wilayah JABODETABEK nih Om Uphay, agar blog tercinta ini tambah hidup. Betul gak Om Sofyan?:)

      Wahh…Saya belum berani meng-hire orang untuk menjadi wartawan om, buat makan saya aja susah hehe… BTW saya sangat appreciate atas jerih payah om Uphay, semoga om Uphay diberi kelapangan waktu dan dana sehingga bisa mengunjungi seluruh farm kenari yang ada di pulau jawa. Sebetulnya apa yang dilakukan om Uphay memberi keuntungan bagi farm yang dikunjungi beliau, kalau farm saya dikunjungi om Uphay pulangnya saya lempar F1YS hehe….

      salam

    • 27 Uphay 25 November 2010 at 2:34 am

      @ Om Wahyusuy

      Alamat Trisakti Bird Farm
      Jl. Jombang Raya No. 69 Jombang Ciputat.
      Patokannya, dari ciputat cari arah Jombang Stasiun Sudimara, Setelah ketemu perlintasan Rel KA (Palang Rel KA), susuri jalan pinggir rel (jangan melintasi rel KA apalagi menyusuri ditengah rel KA.. xixixi). nah biar sekitar 20 Meteran sudah kedengaran kok suara2 guacor momongannya om Arif, bila ada masalah (Nyasar) silahkan hubungi Empunya Trisakti BF (Om Arif) di 081574356889.

      @Om Sofyan

      Siap Om… Saya kan hanya belajar saja, dan coba berbagi, syukur kalau bisa bermanfaat tanpa ada maksud apa2, Karena setiap saya ke Farm2, saya semakin mantab untuk memelihara Kenari..heheh Saya siapkan Tiket ke Palembang om, Undangannya ditunggu, (Lumayan dapet F1YS warna Merah lagi…..xxiixi mudah2an bisa nangkepnya gak keburu terbang… pas dilempar sayapnya diiket ya om… hihihihi..)

  19. 29 Slam 23 November 2010 at 5:13 am

    Ulasan hasil kunjungan yg sangat menarik dari Om Uphay… :)

    Gak sangka yach om, kita ketemu di Trisakti BF hari itu, pas hujan deras mengguyur Jombang dan sekitarnya.

    Sebenarnya wajah om Uphay ini juga familiar buat saya yg dahulu ketika sekitar tahun 2004 – 2007 sering terjun di lomba2 (khusus nya kelas kenari). Apalagi rekan om Uphay yaitu Mr. Deri sangat saya kenal baik sebagai EO untuk acara lomba2 burung di sekitaran Jaksel.

    Mengenai Trisakti BF, materi ternakan nya bagus2, apalagi YS DKB kuning nya…he3x… Mantaps… Sayang sudah ada label nya: “TIDAK DIJUAL”….wakakakaka…

    Akhirnya saya ucapkan selamat kepada Trisakti BF yg sudah diliput Agrobur. Semoga ke depan nya dapat menghasilkan produk kenari2 berkualitas, dan kenari2 YS yg asli ternakan Indonesia… :)

    Wassalam.

    Slam

    Wah Om Slam mulai turun gunung lagi rupanya, saya baca ulasan om Uphay masih belum percaya … masa sich om Slam mulai turun gunung lagi ternyata bener yach ketemuan om Uphay di Trisakti BF ?.. hehe… BTW buat om Uphay terimakasih sudah mau bersusah payah membuat laporan hasil kunjungannya… mudah2an bisa bermanfaat buat orang lain… dan saya berharap rekan-rekan yang lain juga berkenan mengirim artikel atau laporan kunjungan ke peternak atau pasar burung di lingkungan masing2….

    salam

    • 30 Slam 23 November 2010 at 6:55 am

      Hehehehe… om Sofyan bisa aje neh..
      Saya terpaksa turun gunung karena gunung nya sedang meletus om..he3x..

      Iya nih, ini berkat kompor dari om Sofyan dan temen2 Kenari Indonesia yg setiap hari posting di blog nya om Sofyan dan di Facebook… :) :)
      Kena juga dech saya…hehehe

      Wah mantap nich… senior-senior mulai pada turun gunung, sepertinya acara kopdar bulan Desember bisa tambah seru pesertanya banyak pemain kawakan… denger-denger om Sonny juga sudah mulai turun gunung kalau tidak salah beliau pernah diajak Pak Nungki ke Trisakti bird farm… hehe…. btw semoga sukses om ternak kenarinya….

      salam

      • 31 Slam 23 November 2010 at 10:16 am

        Betul om Sofyan, suhu kenari dari Merapi saat ini sudah ada di Condet…he3x..

        Wah mantap mudah2an beliau berkenan bergabung pada waktu kopdar di bulan Desember hehe…. BTW buat rekan-rekan seller siapkan dari sekarang untuk menghadapi kopdar bulan Desember, untuk rekan-rekan pemula jangan ragu-ragu untuk datang dan nabung lembur dari sekarang untuk beli kenari di acara kopdar hehe….

        salam kompor

      • 32 Prayogo 22 January 2011 at 6:56 am

        Wah asyik jg baca baca blog nya om Sofyan , wah telay gak bisa kumpul2 ama pakar kenari.
        Tapi denger2 katanya Januari ini ada kumpul2 lagi , kapan dan dimana om ?
        Ajak2 kita dong …
        Ok om … sukses selalu ya

        Insya Allah tanggal 5 Februari 2011, akan dilaksanakan saresehan Kupas Tuntas Kenari Gloster di kediaman Pak Nungki, ditunggu kehadirannya om… master-master kenari mulai berkumpul nich om, jangan sampai ketinggalan kereta hehe…..

        wassalam


  1. 1 KONSISTENSI DALAM BERTERNAK KENARI « mania burung kenari Trackback on 25 May 2012 at 2:17 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,207,915 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

%d bloggers like this: