Tips Menanggulangi Kenari Bertelur di Tempat Pakan

Ini ada tips dari om Toto, saya yakin banyak diantara rekan-rekan yang mengalami kendala dalam beternak kenari… dimana kenari suka bertelor di tempat pakan….. Terimakasih om Toto atas sharingnya semoga menjadi ilmu yang bermanfaat buat rekan-rekan….

Saya mau bagi pengalaman mengenai kenari yang bertelur di tempat makan, meskipun sarang untuk kenari sudah disediakan, caranya biarkan kenari bertelur ditempat makanan kenari hingga kenari bertelur beberapa butir biasanya kenari akan mengerami telurnya apabila sudah berjumlah 3 butir, letakan wadah pakan kenari yang berisi telur kedalam sarang kenari beserta wadah pakannya jangan dikeluarkan telur dari wadah pakan, biarkan apa adanya, lalu untuk wadah pakan kenari siapkan wadah yang ukurannya kecil dimana kenari akan kesulitan untuk bertelur diwadah pakan tersebut, dan apabila kenari sudah ada tanda mau mengerami telurnya, tumpahkan saja telur kesarang yang sudah ada dijamin kenari mau mengeram dan tinggal tunggu menetas, jadi kita tidak usah khawatir apabila kenari kita bertelur di dalam wadah pakannya karena bisa kita siasati hal tersebut diatas, selamat mencoba tips dari saya tersebut untuk yang mempunyai problem tersebut diatas, salam

About these ads

22 Responses to “Tips Menanggulangi Kenari Bertelur di Tempat Pakan”


  1. 1 Ferry indah 23 October 2013 at 1:25 am

    Pagi om,,,
    hari ini knariku nlor prtama d cpuk pakan,,
    trus tak pindahin k wadah tlor eee taunya sarangnya d tarik2,,,
    apa tlornya tak pindahin k cpuk aja lgi ya om..???

    telor dibiarkan saja om

  2. 2 amoy 22 April 2013 at 6:54 am

    Om kl cangkang telor kenari lembek/tipis gmn ngatasinya ? Ada g obat/vit khusus utk hal sprti ini,
    Mohon pencerahanya om ,n trimakasih

    Penyebab kulit telor lembek ada beberapa faktor bisa karena usia (terlalu muda atau terlalu tua) dan faktor makanan karena kekurangan kalsium

    salam

  3. 3 Kukuh Budiyanto 24 December 2012 at 3:07 am

    saya mau nanya nih om saya pemula berternak kenari kemarin saya beli indukan kenari yang mau bertelur eh bener selang 2hari bertelur tapi ndak mau ditempatnya malah pecah semua.selang 3hari saya jodohkan dengan pejantan tapi kok ndak mau ya om.yang mau saya tanyakan jarak berapa hari lagi kenari bisa dikawinkan lagi mohon petunjuknya

  4. 4 Doni yusman 24 November 2012 at 6:33 pm

    Om maaf mau taya,,saya peMuLa n mao beLajaR teRnak keNaR…..
    kLo saya teRak kenaRi di teMpatin’y di RuaNg TV ap ap”??ma’Lum Lah om saya noNtRak jd g ada teMpat Lg…..
    mohon masukan’y om…
    sebeLum’y teRimakasih baNyak

    Gpp… coba saja ternak yang penting jaga kebersihan tempat ternak, kalau tempat ternak bersih burung kenari sehat om juga sehat

  5. 5 Fikricucho 23 September 2012 at 7:12 am

    Om kalo bikangnya udah nelor sebaiknya induk jantan pisahin atau biarin ?
    Tlng sarannya
    trims

    • 6 Uphay 25 September 2012 at 6:04 am

      sebaiknya tergantung betinanya om.. kalau betinanya minta ditemani, yah jangan dipisah (gak mau ngeram kalau jantan diambil). tapi kalau pas jantan diambil, betinanya masih mau mengeram, yah sebaiknya jantannya dipisah untuk dikondisikan lagi staminanya

  6. 7 tofan 16 February 2012 at 12:29 pm

    asl…permisi om mo numpang tanya ne..klo kenari bertelurmuda/cangkang lembek cara mengatasinya gimana ya..tolong bimbingannya….

    • 8 Uphay 17 February 2012 at 10:16 am

      Coba betinanya disehati dulu om, mandi rutin dan jemurnya agak lamaan, minimal 2 minggu disehati nya, beri asupan kalsium (tulang sotong / kulit telur di haluskan ), beri asupan gizi yang baik, telur, kroto halus. jagung manis, sayuran hijau, apel diselamg seling. boleh di tetes madu buat staminanya / vitamin dua hari 1X. kalau bisa diumbar, semoga bermanfaat.

  7. 9 salam kenal .. 15 September 2011 at 3:45 am

    salam kenal ..saya mau tanya kenari betina saya belum bertelur,padahal sudah 3minggu semenjak perkawinan.memang sijantan selama 3minggu masih satu sarang semenjak perkawinan …mohon infonya om..(puji_8886@yahoo.com)

    Salam kenal juga om Puji, om agar kenari bertelor, mengeram & beranak pinak ada prosesnya, ada siklus kehidupannya… kita sebagai peternak harus bisa mengikuti seluruh proses tersebut, itulah tantangannya sebagai peternak apakah bisa sabar mengikuti proses tersebut atau tidak. Selain faktor siklus kehidupan ada lagi faktor pendukung contohnya apakah penempatan sangkar ternak, posisi sarang berikut isinya membuat kenari nyaman dalam bertelor dll… Wuuahhhh jadinya berkesan rumit yach om…??? hehe….tapi jangan takut om disini banyak rekan-rekan yang sudah berhasil ternak insya Allah om juga akan berhasil dalam beternak yang penting sabarnya dipertebal hehe…. upppssss… jadi kebanyakan nulis hehe…, coba om kedalam sangkar masukkan sobekan kertas atau kapas… demikian

    Wassalam

  8. 10 yuyun 2 June 2011 at 6:47 am

    gmn nih Om, kenari saya ko ga ada suaranya? solusinya gmn padahal tadinya dia bersuara. minta jawabannya segera ya para Om pakar kenari. Trims

  9. 11 abiansyah 18 March 2011 at 12:19 am

    slam kenal om, sy punya be2rapa pasang kenari sudah mengeram rata2 brtelur 4 tp ko udah 3minggu satupun ga ada yg menetas.mhon solusi nya. maklum pemula om

    om boleh tahu situasi kandang ternak dan cara ternaknya, kalau semuanya bening agak aneh

    Wassalam

  10. 12 Aries 23 February 2011 at 3:55 am

    Makasih atas solusi & triknya om…..smoga kenari cewek pnyaku yg sdh mulus & cantik bisa cepat jodoh dan bisa memberi momongan yg banyak

  11. 13 lukman 21 February 2011 at 8:17 am

    om saya sebenarnya saya masih berumur 14 tahun tapi saya sudah menyukai burung kicau,.,.jadi saya ingin bertanya apaka kedua induk tetap di taruh di sangkar ketika telur sudah menetas .,.,.,., om tolong ya di bantu,.,., say ingin sekali menjadi pemain burung kicau,.,., sekaligus peternak.,.,.,., terima kaih ya om

  12. 14 Uphay 18 February 2011 at 1:58 am

    Mantabb Om Toto… ayo yang punya pengalaman.. silahkan share lagi…. hehehe…

  13. 15 darman 17 February 2011 at 6:19 pm

    sy ikut nyimak aja om arif,krn permasalahannya kita sama ne…..

  14. 16 Aries 17 February 2011 at 2:22 am

    Om gimana caranya spy kenari betina cepat birahi/mau kawin,pdhl umurnya hmpr 1 thn & bulunya bagus tp kok ga’ birahi klo dijadikan 1 sama pjantan berantem terus. tolong kasih solusi om….

    • 17 Uphay 18 February 2011 at 2:01 am

      @ Om Aries, coba dikasih telur puyuh, dijemur di sinar matahari pagi, dipisah dulu dari jantannya dan ditempel dengan pejantan yang guacor… lengkapnya baca di Artikel kenari di Blog Tercinta ini… hihihii

    • 18 WongBedjo 18 February 2011 at 3:54 am

      Om Aries,

      Ketika memulai lagi setelah beberapa momongan lenyap di bantai tikus dan di pinjem orang, saya pernah mengalami juga seperti itu.
      Punya 4 betina muda usianya 9 bulanan dan 2 pejantan simpenan hasil breeding yg terselamatkan, usia hampir sama.
      Saya coba jodohkan dengan betina yang menurut saya bagus, nggak jodoh-jodoh.
      Akhirnya saya masukkan 4 betina dan 1 jantan dalam satu kandang besar.
      Kurang lebih seminggu si jantan sudah berjodoh dengan salah satu betina, kemudian pasangan tsb saya pisahkan dari betina yang lain.
      Saat ini sudah menetas 4 ekor, usia sudah 1 minggu lebih.

      Punya lagi 1 jantan, saya perlakukan sama … nggak nyampe seminggu sudah jodoh dengan salah satu betinanya … eeeh malah betinanya rontok bulu … dipisah lagi deh … :-(

      Nanti setelah seminggu di pisah, mau dicoba dengan betina lainnya.

      Jadi caranya seperti judul sinetron, biarkan jantan memilih … kekekek

      Matur Nuwun

      • 19 Uphay 18 February 2011 at 8:21 am

        @ Om Bejo… Mantaab om.. boleh dicoba nih tips & Triknya… kalau gak salah ini namanya metode “Penjodohan Koloni”, biasanya diterapkan pada burung Lovebird dan sejenisnya, Thanks atas pencerahannya… hayoo siapa lagi mau share…!!

  15. 20 wiwid 16 February 2011 at 4:07 pm

    ooo,,, ternyata begito to,,,
    trima kasih om infonya,,, sayangnya belom pernah berhasil sampe bertelur om,, hehehe,,,

    Insya Allah suatu saat kenarinya akan bertelor dan mudah2an jangan sampai ngalamin kenari bertelor di tempat makan…

    Wassalam

  16. 21 Cepi 16 February 2011 at 1:17 pm

    hmmm…klo ad yg seperti itu patut dicoba nih tipsnya,trims om sharenya…

  17. 22 Slam 16 February 2011 at 8:25 am

    Nice share om…
    Terima kasih atas sharing nya. :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,108,968 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

%d bloggers like this: