Tips Menjodohkan Kenari ala om Wong Bejo

Ini ada tips cara menjodohkan kenari semoga bermanfaat, mohon maaf saya panggil Wong Bejo  karena saya tidak tahu nama-nya, terimakasih om atas sharingnya… buat rekan-rekan yang lain jangan malu-malu untuk mengirimkan tip-tip nya, insya Allah akan bermanfaat bagi yang lain…..tks

Om Aries,

Ketika memulai lagi setelah beberapa momongan lenyap di bantai tikus dan di pinjem orang, saya pernah mengalami juga seperti itu.
Punya 4 betina muda usianya 9 bulanan dan 2 pejantan simpenan hasil breeding yg terselamatkan, usia hampir sama.
Saya coba jodohkan dengan betina yang menurut saya bagus, nggak jodoh-jodoh.
Akhirnya saya masukkan 4 betina dan 1 jantan dalam satu kandang besar.
Kurang lebih seminggu si jantan sudah berjodoh dengan salah satu betina, kemudian pasangan tsb saya pisahkan dari betina yang lain.
Saat ini sudah menetas 4 ekor, usia sudah 1 minggu lebih.

Punya lagi 1 jantan, saya perlakukan sama … nggak nyampe seminggu sudah jodoh dengan salah satu betinanya … eeeh malah betinanya rontok bulu … dipisah lagi deh … :-(       Nanti setelah seminggu di pisah, mau dicoba dengan betina lainnya. Jadi caranya seperti judul sinetron, biarkan jantan memilih … kekekek

Matur Nuwun

25 Responses to “Tips Menjodohkan Kenari ala om Wong Bejo”


  1. 1 moh. santoso 17 February 2013 at 7:51 am

    mau dong ngrumatin burung ternakan..intinya bagi hasil gitu lah…heheh
    maklum pengen ternak tapi modal cekak…kali aj ada bos yang butuh buruh…makasih…

  2. 2 indra 11 December 2012 at 1:50 am

    Saya punya masalah dengan kenari betina yg sudah cukup umur … betina AF ini sudah saya pelihara dari kecil sampai sekarang usia sudah 20 bulan tapi blom ada 1 pejantan pun yg berani mengawini dia…. intinya kenari saya ini perawan tua yg galak … apa ada tips untuk memilih pejantan yg dapat menaklukkan hati kenari betina saya ini ?

  3. 3 elip yanuarto 17 February 2012 at 7:57 am

    kira2 da yg mnjur gk saran2nya

  4. 4 budi dhafir 11 February 2012 at 3:31 pm

    Om numpang tanya kalau kenari f2 dijodohkan dengan af anakan y nama y apa? Mohon penjelasaan y

    • 5 Uphay 13 February 2012 at 3:04 am

      Om Budi, saya coba jawab sesuai pemahaman saya yang sedikit ini, semua anak hasil persilangan F series (F1,2,3) bila dipertemukan bukan dengan fixed strainnya (galur Murninya spt YS, LZ dll) maka anakannya biasanya disebut AF (anakan Fillian). jadi kalau ketemu AF yah anakannya AF om, maaf kalau salah.. maklum masih Newbie…. hehehe

  5. 6 budi dhafir 11 February 2012 at 3:28 pm

    Om kalau f2 dijodohkan dengan af anakan y nama y apa?

  6. 7 Slamet riyadi 10 January 2012 at 7:47 am

    om sy mau tanya ,sy punya kenari jantan gloster, betina lokal susah sekali untuk jodoh ya gimana ya om biar cepat jodoh..? tx untuk jawabannya

  7. 8 Lebbe 30 October 2011 at 11:18 am

    Ikut gabung om2…

    Kayaknya asik klw ikutan breding… Sayangnya si ‘panjul’ (nm knariku) bru usia 4 bln.
    Wlw msh muda tp dah ngrol panjang… Kayaknya musti cari spasang indukan dulu…..
    Bagi2 tipsnya donk buat nyari calon indukan yg bgus… Suon..

    Kalau masih muda jangan dipaksain, tunggu sampai usianya siap ternak, rata-rata jantan siap ternak sekitar usia 8 bulan keatas, nanti terkena UU perlindungan anak hehe….

    Wassalam

  8. 9 dhie yuri 15 July 2011 at 3:13 pm

    om surji aku punya 2 kenari, tp msh bingung nentuin jantan apa betina… kemungkinan jantan semua. aku mau donk betina nya.. mau coba ternak… kali2 aja bisa… almat ku semarang. 08995855584. thankz sblm nya.

  9. 10 jojo 1 June 2011 at 3:27 pm

    om nmpng nanya knri anakan siap djdhkan umur brp?saya pny knri anakan kra2 umur 6bln dan sdh bnyi tp blm los apa itu sdh bsa djdhkan om

  10. 11 risky taqi santoso 4 March 2011 at 12:24 pm

    om mo nanya klo kenari betina umur 5bln dah bisa di jodohkan blm?

  11. 12 asep arifin mansur 2 March 2011 at 4:49 am

    jadi ingin nyoba cara begini. trims

  12. 13 Barran Hamiman 24 February 2011 at 4:08 pm

    wah enak sekali tuh pejantan nya. mantap Om.

  13. 15 Aries 23 February 2011 at 4:54 am

    Makasih om surji atas solusinya,akan aq coba cara dr om. sblmnya aq sdh putus asa hrs bgmn lagi caranya spy kenariku bisa jodoh krn sdh hampir 1 thn pelihara kok gak berhasil dan sdh kepikiran mau tak jual aja kenariku. e…..trnyta stlh share di bloknya om AS msh ada orng yg mau ksih solusi.mngkn benar kata pepatah” malu bertanya sesat dijalan”sy berhrp smoga dgn adanya masalah2 muncul sputar ternak knr para pakar knr mau membantu memberi solusi yg terbaik demi suksesnya peternakan kenari di indonesia. Matur nuwun….

  14. 16 wong_bedjo 22 February 2011 at 6:45 am

    Om Uphay,

    Waah .. saya bukan peternak OM.
    Saya cuman kuli yang iseng beternak … :-)

    Momongan saya, ya hanya sebanyak yang saya sebutkan di atas, itupun hanya sekedar burung rumahan … hemat ! hehehe
    Sebab utamanya selain keterbatasan tempat juga keterbatasan waktu.

    Dari hasil melepas anakan, pernah coba upgrade pejantan … *koyo kompi ae, upgrade.
    Setelah di rawat beberapa bulan … hilang ditilep orang.
    Belum lagi momongan yang di bantai tikus. Itu semua sempat membuat saya males nerusin, kandang ternak saya berikan ke tetangga untuk kandang burung puyuh.

    Sekarang sedang coba bikin kandang seperti punya Om Sofyan ( numpang jiplak Om … hehehe ).

    Om reeant007,
    Untuk kedua cara diatas, saya tidak pernah memisahkan indukannya.
    Karena memang momongannya hanya sedikit, dari pada saya pisah mendhing si jantan suruh bantuin meloloh anakannya.
    Untuk cara 1 jantan disatukan dgn 2 betina ( sudah pernah jodoh sebelumnya ) sudah tidak saya lakukan. Selain kapok, juga karena kasihan sama burung yang mengeram.

    Resiko lain yg pernah saya alami,
    Pernah ngalamin punya pejantan nakal yang matukin anaknya sendiri ( jantan yg ini dah kena balasannya waktu dipisah, dimakan tikus .. :-( )

    ( nggak tahu ini resiko bukan )
    Rata-rata setelah usia anak 3 minggu si betina mulai membuat sarang dan bertelur lagi, praktis kegiatan meloloh anakan berkurang, tapi si jantan masih aktif meloloh dan menjaga anaknya.

    Matur Nuwun

  15. 18 Slam 21 February 2011 at 3:25 am

    Ada trik baru niih…
    Thanks for sharing om….

  16. 19 winto 21 February 2011 at 2:11 am

    Wah ilmu yang menarik…
    boleh nih dicoba…

  17. 20 fediyan syahputra 21 February 2011 at 1:41 am

    Mantap tips om………..
    Ntar bisa dicoba nih……….menambah khazanah ilmu perkenarian nih………
    Tks

  18. 21 aldo 20 February 2011 at 1:54 pm

    ikutan coba om, mumpung dirumah ada 23 betina siap kawin. Krn tinggal 1 pejantan yg gak rontok bulunya. Xexexe

  19. 22 ABRA TEA 20 February 2011 at 7:45 am

    mau nyoba ah..di rumah ada 3 betina 1 jantan….moga2 cepet jodoh…jadi aya batian….

    • 23 wong_bedjo 21 February 2011 at 2:16 am

      Om Sofyan,
      Saya biasa dipanggil Surji,

      Dulu di awal tahun 2008, ketika mencoba memulai breeding dengan modal 2 jantan 3 betina sebenarnya saya juga melakukan cara yang hampir sama. Salah satu jantan saya jodohkan bergantian dengan 2 betina di kandang yang terpisah. Kemudian terpikirkan, bagaimana jika 2 betina dan 1 jantan yang sudah pernah jodoh di satukan dalam 1 kandang besar ( 2 x 1 x 1 ). Kandang yang awalnya saya gunakan untuk membesarkan anakan, saya gunakan untuk ide saya tersebut. Awalnya berjalan lancar karena masing2 betina bertelur hampir bersamaan, walaupun saat mengambil bahan sarang mereka rebutan. Anakan yang ditetaskanpun sehat-sehat. Dari tingkah lakunya, saya amati si jantan tetap condong ( dalam hal menyuapi dan menjaga ) ke salah satu betina dan anaknya, sementara betina yang lain menyuapi dan menjaga anaknya sendirian. Permasalahannya bermula ketika 2 betina tersebut bertelur dalam waktu yang berbeda, ketika salah satu betina sudah mengeram sementara betina yang lain baru mencari sarang, maka dia akan mengobrak-abrik sarang tsb. Saya coba tambahkan lebih dari 3 tempat dgn bahan sarang agar si betina tsb bisa memilih tempat, walaupun tidak 100% berhasil tapi bisa mengurangi gangguan pada betina yang mengeram. Resiko ketika betina yang mengeram merasa terganggu dia akan sering keluar sarang mengejar, dan hasilnya dari 4-5 telur yang menetas hanya 2-3 telur … akhirnya, Kapok ! … :-(

      Matur Nuwun
      Surji

      • 24 Uphay 21 February 2011 at 10:21 am

        Luar biasa pencerahannya.. berani mencoba diluar jalur yang biasa… Thanks Om Surji atas pengalamannya dan mau berbagi dengan teman2 disini… sekarang ternakannya makin banyak ta? lokasi dimana Om?.. thanks

      • 25 reeant007 21 February 2011 at 2:12 pm

        wat om surji..

        om itu di gabungin ajah terus di satu kandang yah?..maksud saya, satu kandang ada lebih dari satu sarang yah.
        sampe kapan di pisahinnya?
        trus jantannya diapain? di pisahin juga apa di gabungin ajah?
        maaf pertanyaanya kebanyakan..
        trims


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,205,888 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 167 other followers

