Laporan Kunjungan Ke Peternak Kenari di Bengkulu

Om Wisnu, terimakasih atas kiriman laporan kunjungan ke peternakan om Toheng, jangan sungkan-sungkan untuk mengirim artikel lainnya.  Kalau masalah materi ternak jangan ditanya yang pasti beliau satu-satunya peternak kenari di Bengkulu yang punya kenari Yorkshire hehe… Buat om Toheng selamat peternakannya sudah berjalan, kalau melihat foto peternakannya kelihatan nyaman dan membuat betah berlama-lama. Hati-hati om Toheng godaannya malas berangkat kerja hehe…..

Mohon maaf sebelumnya Kang Sofyan karena saya memberanikan diri untuk mencoba menulis dan menshare pengalaman saya ketika berkunjung ke peternak kenari yang saya tau hanya satu-satunya di Kota Bengkulu, begini ceritanya :

Sore itu hari selasa (22-02-2011) kira-kira jam 15.30 setibanya di Bandara Fatmawati Bengkulu sehabis menjalankan tugas di Jakarta selama 5 hari (banyaknya sich jalan-jalan..he2) saya mencoba telpon Om Tohenk untuk bertandang ke kediaman beliau, maksudnya sich silaturahmi sekalian melihat koleksi-koleksi kenari beliau dengan harapan siapa tau ada kenari yang bisa di bawa pulang, dan lagi karena perjalanan pulang ke tempat saya tinggal masih memakan waktu kurang lebih 4 jam-an lagi jadi kesempatan untuk berkunjung ke rumah om Tohenk sekalian saja sambil numpang istirahat, waktu itu kami janjian ketemu di rumahnya setelah maghrib, maklum mengingat jadwal dan jam kerja beliau sebagai abdi Negara yang begitu super sibuk.

Sehabis sholat maghrib saya meluncur ke kediaman beliau, cukup rumit bagi saya untuk dapat menemukan  alamat rumahnya sampai-sampai saya harus dijemput oleh beliau.

Seperti di farm-farm lainnya yang sempat saya temui selagi di Bandung dan Jakarta, kedatangan saya disambut kicauan-kicauan merdu nan cantik dari makhluk mungil yang bernama kenari. Tidak banyak cerita, sang pemilik peternakan langsung mempersilahkan saya untuk masuk ruangan ternaknya yang menurut saya walaupun ruangannya kecil (kira-kira 4×4 meter) tetapi sangat ideal karena penataan ruangan yang sangat apik dan rapih. Materi ternaknya lumayan banyak dan bervariasi mulai dari kenari lokal, kenari silangan, dan kenari interlokal he2…(import maksudnya..).

Ada hal yang sangat menarik saya tangkap dari kunjungan ke peternakan kenari beliau adalah kemampuan beliau untuk membagi waktu disela-sela rutinitas pekerjaan yang super sibuk dengan mengurus peternakannya tanpa mempercayakannya kepada orang lain (anak kandang), walaupun dengan kondisi seperti itu kalau menurut kacamata saya yang masih mentah di dunia perkenarian hasil dari ternakannya tergolong High Quality. Hal ini dapat saya lihat dari kualitas-kualitas anakan yang sehat-sehat, lincah dan kebanyakan orang yang datang untuk meminang kenari dari peternakan beliau adalah pemain di lomba.

Ketika saya bertanya visinya untuk membangun peternakannya, beliau menjawab : “banyak hal yang ingin saya wujudkan untuk dunia perkenarian di Bengkulu”. Hal paling mendasar yang saya dengar adalah ingin merasionalisasikan harga kenari di Bengkulu yang harganya selangit, bagaimana tidak untuk mendapatkan kenari lokal saja para pedagang burung di Pasar Minggu Bengkulu selalu mendatangkan kenari-kenari dari Jakarta, bandung dan Jawa Timur dengan patokan harga 300 – 400 rb untuk bakalan, dan 600 – 750 rb untuk kenari lokal yang sudah ketahuan jantan, lebih ngerinya lagi untuk harga se-ekor F1YS jantan dipatok dengan harga 2000k s/d 2500k, harga tersebut adalah harga F1YS yang belum turun ke lomba, bisa di bayangkan bukan………… melihat kondisi seperti itu beliau berkeinginan untuk mencetak kenari unggulan dengan harga yang lebih terjangkau dan rasional dengan harapan dikemudian hari semakin banyak orang yang yang tertarik pada hobi burung kenari.

Selain dari visi di atas juga beliau berkeinginan untuk memasyarakatkan “Ternak Burung Kenari” sebagai bagian dari pemberdayaan ekonomi kerakyatan khususnya di Bengkulu, seperti yang rekan-rekan senior yang telah berhasil ternak kenari bahwa ternak kenari bila digeluti dengan tekun dan sungguh-sungguh memang sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Demikian sekilas hasil kunjungan saya, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Om Tohenk yang telah menyediakan waktu disela-sela kesibukannya dan Kang Ahmad Sofyan yang selalu mensuport kami para peternak kenari pemula untuk selalu terus berkarya.

Terima Kasih

Wisnu_Widy………..Salam

26 Responses to “Laporan Kunjungan Ke Peternak Kenari di Bengkulu”


  1. 1 arbolin satrio 4 April 2012 at 6:03 pm

    Boleh gabung g ne…???

  2. 2 giawan 12 March 2012 at 2:23 pm

    om q mau tanyani alamt om di bengkulu dimana?
    terimah kasi sebelum nya,

  3. 3 Murai Batu 25 November 2011 at 8:33 pm

    Semoga kenari bisa membumi di seluruh Nusantara,gan..

    Amin, terimakasih sudah mampir ke blog ini om, wslm

  4. 4 freddy4dyvaik 20 September 2011 at 4:05 am

    Saya dari bengkulu.. baru tau saya klo disini termasuk mahal harga kenarinya..

  5. 5 angga 13 August 2011 at 9:21 pm

    salm kenal om,bsa minta almatnya om toheng di bengkulu? + nmr telp,kbetulan sya lagi nyoba ternak kenari jg spa tau bsa blajar dr om,sya di muko2 om,

    Mohon maaf saya tidak punya alamat om Toheng, mudah2an om Toheng berkenan memberikan alamat beliau… biasanya beliau suka berkunjung ke blog ini, terimakasih

    Wassalam

  6. 8 budi 24 May 2011 at 4:24 am

    Pak saya minta tolong,alamat pak Toheng

  7. 9 Erik Soerabaya 8 April 2011 at 3:59 am

    sebernarnya ternak kenari itu mudah apa susah si om…dl pernah cb tp gagal…akhirnya pingin cb lg..
    tolong beri tips2 dong spya kenari cpat reproduksi dan mkanan khusus kenari agar cpat birahi…
    bnernya kenari wktu ditangkarkan apa perlu dijemur om stiap pgi…apa ntar malah gak cpat stres klau sangkar dipindah2

  8. 10 wisnu_widy 9 March 2011 at 3:57 pm

    waduh om Uphay saya mah jangan di bikin kompetitor dong…masih pemula banget, tulisannya juga masih acak-acakan (acak_kadut.com) gak seperti ulasan2nya om Uphay yang enak buat dibaca, Insya Alloh om tar klo dah agak santai saya hunting lagi cari bahan biar tambah semarak blog tercinta kita ini…

    Salam

    • 11 Uphay 10 March 2011 at 1:14 am

      hehehe, kompetitor yang positif pastinya om…. gak ngeributin apa2… cuma hunting foto ma cerita yang seru2, yang menghasilkan ulasan yang bermanfaat… yang mottonya “hidup itu bermanfaat bila bisa memberi manfaat bagi orang lain”… hidup Kenari Mania……

      • 12 wisnu_widy 10 March 2011 at 11:41 am

        Mantap Om….saya sangat setubuh…upz setuju maksudnya he2..
        indah memang rasanya bila hidup itu bisa memberi manfaat bagi orang laen..Be The Best pokoknye..he2…………gmn kang AS??

  9. 13 tanto 9 March 2011 at 2:10 am

    Sukses buat om Toheng,bahasannya memacu adrenalin sy utk beternak kenari yg menghasilkan kualitas yg baik bukan kuantitas…om AS kalo perkenarian sudah merata di seluruh Indonesia bisa didirikan Partai Kenari Indonesia ( he he he ).Tetap semangat om AS..

  10. 14 reeant 6 March 2011 at 3:51 am

    waaaaa…..harga KN mahal bener dibengkulu…sukses yah wat om toheng.

  11. 15 Ado 5 March 2011 at 2:40 am

    Salam kenal om toheng, cakep banget farmnya, jadi tambah senang nih ternak kenari. BRAVO kenari Sumatera..!!

  12. 16 Afiudin_Lampung 4 March 2011 at 4:31 am

    HIDUP SUMATRA!:p Buat Om Toheng semoga sukses apa yang diinginkan dan dicita-citakannya.:) Saya sangat kangen dengan Hotel Vista dan Durian Bengkulu yang mantabbb. Sayang sekali saya baru tahu dan kenal dengan Om Toheng setelah tidak ada kunjungan kerja lagi ke Bengkulu.:)

  13. 17 yunior 4 March 2011 at 3:37 am

    mantap om toheng

  14. 18 albert depok 4 March 2011 at 3:19 am

    Mantap banget dah om toheng,,,benerkan saya bilang om toheng cocok jagi guru saya hehehe…tapi semuanya yang disini juga termasuk guru dan inspirasi buat saya..sukses terus om Toheng dan semua peternak kenari nusantara…

    “wassalam”

  15. 19 asep arifin mansur 4 March 2011 at 2:56 am

    mudah-mudahan ke depan, kenari kita tersebar merata di seluruh tanah air

  16. 20 Om Kicau 3 March 2011 at 5:26 am

    Nice post, nice blog.
    Semangaaaat…

  17. 21 febby bennington 3 March 2011 at 3:08 am

    MANTAP EUUIIIII.. SENANG LIAT BERITA TEMANKU TAMBAH SUKSES… TP EMANG SI KL MAU KE RUMAH OM TOHENG JALANYA BERLIKUUUUUUUUUUUUUUUU LIKUUUUUUUUUUUUUU….. SAYANGNYA SAYA GA SUKA BURUNG KENARI,,,, :p

  18. 22 toheng 2 March 2011 at 4:52 pm

    Saya baru bisa baca sekarang artikel ini, soalnya masih di kantor belum pulang (jam 23.45). Kaget saya enggak sangka bisa diulas di ruangan Om AS. Sebenarnya saya agak minder kok piaraan saya dibahas ya ? padahal asli belum ada apa-apanya dibanding para senior-senior, wong saya sendiri masih baru belajar kok. Hal yang pasti buat saya ini akan dijadikan motivasi untuk terus maju dan serius dengan kenari-kenari. Terima Kasih buat kawan-kawan, Om Sofyan dan Om Wishnu yang sempat datang ke rumah, maaf hari ini saya gak bisa temani kunjungan Om Wisnu mengingat saya masih di kantor bahkan sampai selarut ini.

    Wah om Toheng terlalu merendah nich… saya dapat bocoran bahwa kualitas momongan om mantap2 hehe… BTW semoga om bisa menyebarkan virus kenari di daerah Bengkulu, kalau saya perhatikan perkembangan pembangunan di pulau sumatera sangat fantastis di sumatera banyak orang-orang kaya baru hasil dari perkebunan sawit dan karet…

    Wassalam

  19. 23 darman 2 March 2011 at 1:55 pm

    mantap om toheng ,lain kali kayaknya bs maen ne ke tempat om toheng dan sekalian ke tempatnya om sofyan dan om afi..
    mantap lah peternakan kenari di area sumatra…..
    hidup kenari indonesia…..

  20. 24 fediyan syahputra 2 March 2011 at 9:33 am

    wah mantap ulasannya om wisnu……….
    Om wisnu dari lebong masih menyempatkan ke farmnya om Toheng tuh………..
    Kalau gitu nanti kalau pas fediyan berkunjung ke Bengkulu ..boleh dong mampir di farmnya Om Toheng…..itupun kalau diijinkan …..kalau ngak ..yah
    maksa datang aja …heheh
    Di palembang nanti akan kita ciptakan farm baru juga om ,tentunya dgn kolaborasi om Sofian,Om handoko dan Om Edy serta Om Sumeru (boss saya sekaligus teman)….
    Ditunggu saatnya kedatangannya…..hehehhe
    wasalam

    Siap om, insya Allah dengan kebersamaan kita bisa membangun jaringan peternakan kenari di wilayah Sumatera, di Lampung ada om Afiudin, Palembang ada om Fediyan, bos-nya om Fediyan, om Handoko dan om Edy, di Bengkulu ada om Toheng… di paling ujung ada om Wisnu …. mudah-mudahan dari titik simpul Lampung, Palembang, Bengkulu dan Lebong kita bisa mengobrak abrik pulau Sumatra hehe…. BTW kalau cerita seperti ini saya teringat 2 tahun yang lalu dimana pada saat itu saya jualan selimut Jepang ceritanya bisa di baca di link ini http://selimutku.blogspot.com/2009/04/urat-malu-putus-berkat-selimut-jepang.html upss… kok jadi cerita kemana-mana hehe….

    Wassalam

  21. 26 Uphay 2 March 2011 at 8:25 am

    Mantaaap om Wisnu….. Akhirnya saya punya kompetitor juga… sebagai wartawan lepas blog kita tercinta ini… xixiixi hunting lagi yang lain Om…, Buat Om Toheng…. Luarrrr Biasa… Visi dan Misi yang mulia… Sukses ya om….. dan tetep buat yang Empunya Blog…. Terimakasih banyak buat media nya……


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,277,473 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

