10 Langkah Kunci Sukses Memilih Hobby Memelihara Kenari Tips om Haryanto

Om sofyan saya ingin berbagi sharing dengan rekan-rekan siapa tahu ini bermanfaat supaya lebih banyak menambah ramai wartawan lepasnya Om Sofyan. judulnya :

“10 Langkah Kunci Sukses memilih hobby memelihara kenari”. Walaupun tidak secara mendalam namun semoga bermanfaat dalam menikmati hobby yang dijalani.

10 Langkah Kunci akan menolong menikmati hobby Anda, yaitu: 

Langkah  1

Sebelum Anda mulai, rencanakan terlebih dahulu. Pertimbangkan jenis burung KN mana yang Anda akan pelihara dan pikirkan dengan cermat konsekuensi yang dibutuhkannya serta jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar berkah.

Langkah  2

Pikirkan sangkar dan area penempatan yang diperlukan sebelum membeli burung yang Anda inginkan. Tempat yang nyaman bagi Kenari, maka Kenari akan sangat berterimaksih kepada Anda dikemudian hari.

Langkah  3

Pemberian pakan sederhana kalau Anda  mengikuti secara rutin. Dengan tidak banyak jenis burung yang Anda pelihara, maka akan cukup mengenal dan memahami karakter setiap kenari , sehingga program pemberian pakan akan mudah Anda terapkan, sehingga membantu dalam memaksimalkan kesehatan dari Kenari sebagai aset Anda. 

Langkah  4

Beli burung dari sumber yang memiliki reputasi. Diharapkan dapat memperoleh Kenari yang dimimpikan/ diharapkan dengan harga realistis sehingga mendapatkan kenari idaman yang sesuai kemampuan kita. 

Langkah  5

Bergabunglah dalam Komunitas atauPerkumpulan ( seperti Paguyuban, dll). Apakah untuk memperlihatkan koleksi Anda , mendiskusikan tentang permasalahan , mendapat motivasi dan menikmati timbal balik positif dari forum tersebut.

Langkah  6

Belajar berjalan sebelum Anda dapat berlari. Pepatah ini sangat mengagumkan , hendaklah memelihara burung Kenari biasa dulu sebelum berinvestasi untuk membeli burung mahal atau import agar langkah menguasai seni merawat, memaster serta permasalahan lain Kenari dapat dirasakan atau mempunyai pemikiran untuk berternak sehingga dapat mencetak keanekaragaman. 

Langkah  7

Kuasai seni manajemen. Manajemen diterapkan bila Anda mempersiapkan untuk sukses dalam berternak dengan melihat kebutuhan market tiap tahun dari jenis kenari. 

Langkah  8

Observasi. Memperhatikan Kenari yang sedang dipelihara agar mencapai kondisi puncak, atau indukan yang terbaik didalam koleksi Anda, Acungan jempol sukses akan terbayar melalui observasi. Semua hasil jerih payah Anda akan terbayar ditahun-tahun mendatang.

 Langkah  9

Selalu mengingat kenapa Anda  memilih hobi Kenari , biasanya menyayangi Kenari karena bisa santai / relax , keluar dari aktivitas rutinitas kerja, penghilang stress , dll.  Saat Anda melangkah maju bisa dipertimbangkan  mengarahkan hobi Anda sebagai satu bisnis.

Langkah  10

Akhirnya, ingat kita semua yang harus belajar memulai. Bahkan para Jawara, Pemenang, Master, Senior, Pakar dimulai dari langkah awal dan mereka sebagian besar telah mengalami banyak hambatan dan rintangan serta permasalahan dalam dunia perkenarian, sehingga para pemula dapat belajar lebih mudah dari mereka.

Artikel ini saya korelasikan dengan dunia burung Kenari, untuk sumbernya saya lupa karena saya baca sudah lama, semoga sharing ini berguna dapat memotivasi rekan-rekan pencinta burung Kenari

Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan dan bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang membacanya.

29 Responses to “10 Langkah Kunci Sukses Memilih Hobby Memelihara Kenari Tips om Haryanto”


  1. 1 bintang senja 23 April 2013 at 1:22 pm

    ciri-ciri spesifik fisik kenari yang baik untuk kita beli yang bagaimana ya mas.. mohon infonya

    saya sudah bahas coba cari tulisan saya yang terdahulu…

    salam

  2. 2 arif 10 October 2012 at 1:40 am

    maaf gan ninitp nempel http://fahry-kenari.blogspot.com
    thanx sebelemunya gan,…..

  3. 3 Edy Cisitu 28 February 2012 at 7:55 am

    BOS GIMANA CARA MENJUAL BURUNG KENARIANAKAN ,HARGA PASARAN NYA BERAPA?

  4. 4 warso, solo 10 October 2011 at 7:52 am

    assalamualikum, numpang nanya kang, aku punya 5 betina dan 5 jantan, KN lokal, terutama yang warna kuning kalo pas ngloloh jarang berhasil hidup alias mati, beda dengan yang betina warnanya blorok mirip burung gereja itu lho, kalo netas bisa ngloloh sampai besar , penyebabnya apa kang? tolong kasih solusinya . trims
    wassalamualikum

  5. 5 sandi nuradiyansyah 29 September 2011 at 2:12 am

    Oke deh om.. aq jg setuju dgn 10 langkah sukses tsb, sy mewakili peternak kenari di Malang yg merupakan salah satu kota penghasil kenari di pulau jawa. Terus terang sy hobi banget ke ternak kenari walau hanya sedikit sela waktu yg ada disamping pekerjaan sy sbg Aparat Negara, namanya jg hobi apapun bisa dilakukan.Kenari lokal yg sy ternak tidak lebih dari 6 betina dan 2 jantan, ya maunya sih naik ke kenari import tp ya menyesuaikan dgn penghasilan bulanan.Tapi sy yakin punya komitmen suatu saat nanti impian ternak kenari impor pasti terwujud. Maju terus perkenarian di INDONESIA. Amin

  6. 6 Romo Haryono,Minggiran Yogya 10 August 2011 at 4:33 am

    ayo para kenarimania kita semakin kompak dan majukan peternakan kenari di Indonesia khususnya Yogyakarta

    Setuju om, semoga peternakan kenari di Indonesia semakin berkembang

    wassalam

  7. 8 Suharyono 10 August 2011 at 4:29 am

    semoga perkembangan kenari di Indonesia semakin mantab

  8. 9 zhibonk Pbz 9 August 2011 at 3:04 pm

    om saya mau bertanya…. dimana tempat saya bisa dapat memmbeli kenari berkualitas untuk dilombakan, saya berdomisili di tangerang dan saya ingin membeli dari tempat terdekat saya tinggal…jd tolong beritahu alamat2 yg saya bisa temukan.
    terima kasih

    Coba kalau ada waktu main ketempat latberan, saya rasa di Tangerang banyak EO yang suka mengadakan latberan

    wassalam

  9. 10 dayat 20 May 2011 at 2:10 am

    terima kasih sebelumnya atas semua tips yang telah diberikan.saya mau tanya apabila menjodohkan kenari apa perlu di panaskan setiap hari ???? terima kasih atas infonya

  10. 11 tommy christ 15 April 2011 at 4:37 pm

    thanks,memberkati,GBU

  11. 12 antok 1 April 2011 at 4:52 pm

    hai,om lama aku ngak ngeblog di sini..hampir 8 blnan,habis lagi nyoba pindah ke burung ocehan…tp ngak berhasil.tp kenari tetep tp agak terbengkalai perawatannya.tp semua ocehan tlh aku jual ternyata kenari yg paling mudah perawatannya.eh om aku mau nyoba beli F1 pejantan mau tak silangin sama kenari lokal jadinya apa ya om?maksudku namanya?tolong donk silsilah atau jenis kenari silangan di update di blog ini+ciri@nya,biar pemula ternak kenari tau dan ngak dibohongi oleh penjual yg nakal…makasih om.

  12. 14 ANANG 27 March 2011 at 8:17 am

    TOLONG BAGI YG TAU DIMANA BISA BELI BURUNG KENARI YG SIAP MENGIRIM
    JARAK JAUH (saya tinggal di jambi,
    MOHON INFONYA PENJUAL KENARI YG BERKWALITAS BAGUS.

    DEMIKIAN N TERIMAKASIH SEBELUMNYA,
    SALAM,
    ANANG

    Om Anang sebelumnya saya mohon maaf demi kenyamanan dalam ber komentar-ria, saya rasa lebih baik menggunakan huruf kapital yang wajar …. Kalau menggunakan hurup besar semua bacanya kurang nyaman, mari kita jaga blog ini agar pengunjung merasa nyaman dan betah menelusuri setiap detail blog ini…. mohon maaf kalau kurang berkenan….

    Wassalam

    • 15 anang 28 March 2011 at 11:18 am

      Dear all..,
      tanpa mengurangi rasa hormat saya kpd semuanya ijinkan saya memohon maaf atas ketidaknyamanannya..,

      sebenarnya itu semua tdk ada suatu maksud apapun…”

      sekali lagi maafkanlah saya.

      Demikian dan terimakasih,

      salam,
      Anang

      Sama-sama om, saya juga mohon maaf kalau om tidak berkenan saya juga tidak bermaksud apa-apa hanya mencoba mengingatkan…. kadang-kadang saya juga tidak nyaman mengingatkan orang tetapi jika dibiarkan takutnya berkembang menjadi tidak karuan…

      Wassalam

  13. 16 Harry 22 March 2011 at 9:37 am

    Dh,

    Saya tinggal dijambi dan tertarik untuk beli burung kenari dari Pak Sofyan, tlg alamat di Palembang yg jelas karena saya pernah cari di palembang tidak ketemu almt Bpk, mohon dapat di berikan alamat yang jelas and klo mungkin no tlp yang bisa di hubungi.

    tlg di jawab secepatnya / bisa via sms ke saya.
    demikian dan terimakasih atas waktunya.

    salam,
    Harry
    081380127968

    Om Harry, alamat yang saya cantumkan itu alamat lengkap dan yang saya tahu alamatnya seperti itu… mohon maaf untuk saat ini saya belum jual burung kenari karena burung kenari yang saya punya masih terbatas hanya beberapa ekor … mohon maaf saya belum bisa memberikan no. HP, saya belum punya no. HP pribadi masih menggunakan no. HP operasional dari kantor, demikian disampaikan

    Wassalam

  14. 17 WARNO 22 March 2011 at 2:06 am

    Trims Om Winto ama Om AS, atas informasinya. Om AS, temen sy sekampung yang dulu kerja di Indosat namanya Ibu Sulastri dulu temen sekelas sy waktu di SMEA Wonosari, kalo bagian di Indosatnya sy kurang tau tapi beliau kenal ama Om AS. Ok nanti kalo ketemu salamnya disampaikan. Smoga perkenarian kita makin mantap. Nuwun

  15. 18 WARNO 19 March 2011 at 4:07 am

    Trims Om AS, saya walau tidak nongol. tapi saya ngikuti trus blok tercinta ini, n makasih banyak buat Om AS. Sy kebetulan di rumah lagi ada masalah dengan Modem n kebetulan maaf lagi repot nyiapin anak-anak mau Ujian Nasional maklum kuli OM, Oh ya Om waktu ketemu temen sekampung ternyata ada temen saya yang dulu sekantor dengan Om AS waktu di Indosat Jl. Merdeka Barat. Buat para senior dan sesepuh perkenarian trims banget wejangannya. Sukses trus buat perkenarian n blog tercinta ini.

    Sama2 om, wah siapa tuch om temen om yang kerjanya di jl. Medan Barat ?… kalau ketemu titip salam

    Wassalam

  16. 19 wisnu_widy 18 March 2011 at 5:03 pm

    ulasan yang mantap om Haryanto buat di jadikan bahan acuan bagi saya sebagai pemula dan penghobi kenari rumahan..
    Buat rekan2 dan para senior mungkin ada masukan dari permasalahan saya, begini : KN f1ys saya setelah habis masa mabung panjang (kira2 5 bulan) suaranya masih terdengar ngriwik saja, padahal sebelumnya suaranya tembus banget bahkan mohon maaf bukan mau sombong KN itu sudah sering dapet nominasi + koncer di lapangan, treatment yang sudah saya lakukan a.l memberikan obat merk GACOR…tapi sampai saat ini kelihatannya belum ada perubahan, mohon masukannya dari rekan2 dan para senior semuanya……
    terima kasih atas bantuannya…

    Om Wisnu, boleh tahu perawatannya ketika mabung ?… banyak faktor penyebab kenari macet setelah mabung, untuk sementara coba diberi obat metabolisme cara pemakaiannya bisa dibaca di label obat tsb. Perhatikan kenarinya apakah kegendutan ?….. kalau kegendutannya dikondisikan sampai badannya ideal… sekian dulu om nanti dilanjut….

    Wassalam

    wisnu_widy Salam…..

  17. 20 WARNO 18 March 2011 at 8:55 am

    Mantap Om ulasannya! saya pemula banget dalam perkenarian. Trims buat Om AS dan para sesepuh perkenarian. Maaf Om AS dan para sesepuh perkenarian, saya lagi belajar jodohin kenari, ada 3 psg, satu psg sudah ada yang netas 3 ekor dari 4 telur, usia 4 minggu. 2 psg yang lain lagi mengeram. Dari 3 psg ada pejantan lokal lumayan besar posturnya.Saya punya rencana pasang cicin dari bahan plastik buat nanti bila 2 psg sudah netas tapi saya tidak tau beli dimana cicin tersebut? Sya ada di jembatan II Jakarta Barat. Apa di ps Pramuka ada ya. atau para senior ada yang tau. Trims banget atas bantuanya. Mohon maaf di luar topik!

    Mantap nich lama tidak nongol tahu-tahu ternaknya udah banyak hehe…. selamat om semoga ternaknya sukses…. untuk ring mohon maaf saya tidak bisa bantu om

    Wassalam

    • 21 winto 18 March 2011 at 9:56 am

      Om Warno semoga bermanfaat ulasannya
      Kalau ring plastik yang sudah dimarking seprti KN import yang diproduksi lokal ( indonesia ) saya sampai saat ini juga belum dapat Om, kalau mau ring yang dari Aluminium di marking dengan laser atau manual bisa Call Ibu Linda 087878383777 / 02156962067
      pembuatan 10 hari, min order 100 pcs, tempat di daerah Daan mogot kalau ngak salah…harganya silahkan call saja Om

  18. 22 Robby Triono Rahardjo` 18 March 2011 at 2:31 am

    Ilmu yg sangat-sangat bermanfaat dari om Haryanto..
    segala sesuatu harus dengan niat dan usaha, belajar dari pengalaman dan share ilmu dari rekan-rekan sesama pencinta Canary itu yang paling berharga ^^V

  19. 24 yunior 18 March 2011 at 1:21 am

    mantappp……

  20. 25 fediyan syahputra 17 March 2011 at 1:39 am

    Alhamdulillah ……dapat lagi ilmu kenari ini….kayaknya kalau blog Om Sofian ini dijadikan buku “Panduan Ternak KEnari Bagi Pemula” bisa jadi best seller nih……..ini malah kita dapatin gratis alias cuma2.Sekali lagi terima kasih buat senior2 dan spesialis tks buat Om Sofian…….Maju terus Paguyuban Kenari Indonesia…………Amin

    amin…. semoga menjadi best seller untuk amal saya buat di akhirat nanti om hehe….

    Wassalam

  21. 26 ABRA TEA 16 March 2011 at 9:52 am

    Mantap Kang Haryanto……….jadi lebih bersemangat untuk mengembangkan Ternak Kenari…..Maju Terus Paguyuban Kenari Indonesia………

  22. 28 tn@ 16 March 2011 at 9:37 am

    2 jempol buat om Haryanto..hayo om om senior kn sumbang ilmu & masukan buat para pemula spt sy..jng diperselisihan aja rame & byk ide…


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,267,340 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

