Pemeliharaan Kaki Kenari

Pertamakali saya jatuh cinta pada burung kenari karena melihat penampilannya yang menarik mempunyai warna yang indah dan yang tidak kalah menarik yaitu mempunyai suara yang sangat merdu. Walaupun saya pernah murtad beberapa kali maksudnya pindah kelain hati (memelihara burung kicauan) tetapi akhirnya tetap balik lagi memelihara burung kenari hehe…. Salah satu pendukung kecantikan penampilan burung kenari adalah kakinya, penampilan yang menarik didukung dengan kaki mulus nan tinggi semampai…. Wuihhh betapa cantiknya burung kenari.

Dengan semakin bertambahnya usia burung kenari sisik  kaki semakin menua jika tidak dirawat dengan baik maka sisik kaki semakin menebal. Penebalan sisik kaki akan membuat penampilan kaki burung kenari kurang menarik. Untuk memperlambat penuaan sisik kaki kenari dapat dilakukan dengan cara setiap 1 bulan sekali kaki burung kenari diolesin minyak tawon, mandi rutin seminggu sekali. Selain factor usia yang membuat penampilan kaki kurang menarik yaitu karena terkena penyakit bubulan dan bebenjolan biasanya hobis menyebut digigit nyamuk.

a.    Penyakit Bubulan

Penyebab penyakit bubulan masih menjadi silang sengketa (lebay nian hehe….) ada yang bilang karena jamur ada juga yang bilang karena virus. Saya tidak ingin membuat runyam permasalahan, saya hanya sharing mengenai penanganan penyakit bubulan berdasarkan pengalaman pribadi. Penanganan penyakit bubulan pada kaki burung kenari yaitu dengan cara kaki kenari diolesin minyak tawon. Jamur yang sudah lama biasanya menempel pada jari kenari cukup kuat sehingga membersihkannya (dengan cara digosok menggunakan kuku tangan kita) harus agak kuat  hanya harus hati-hati jika terlalu kuat menarik jamur tersebut jari kenari akan mengalami pendarahan. Pembersihan bubulan ini tidak bisa dilakukan sekaligus karena jika dipaksakan khawatir banyak keluar darah. Setelah jamurnya dibersihkan jari-jari kenari diberi betadin. Jika bubulannya belum bersih semuanya bisa dilakukan seminggu kemudian sampai jari-jari kenari bersih dari jamur.

Dalam penanganan penyakit bubulan tidak hanya menghilangkan(mencabut) jamur dari jari-jari kenari ada yang tidak kalah penting yaitu pembersihan sangkar berikut tangkringannya. Jika kondisi sangkar dan tangkringannya tidak dijaga kebersihannya, maka pengobatan bubulan tidak efektif. Penyebab jamur (bubulan) adalah kotoran yang menempel pada kaki burung kenari. Jika kotoran tersebut dibiarkan lama maka akan mengakibatkan tumbuhnya jamur.

b.    Gigitan Nyamuk Pada Jari Kenari.

Mohon maaf saya tidak bisa menyebutkan nama penyakitnya hanya biasanya temen-temen kenarimania menyebut benjolan yang diakibatkan dari gigitan nyamuk. Penyebab benjolan pada jari kenari juga masih simpang siur ada yang beranggapan karena gigitan nyamuk ada juga yang menyebut akibat virus. Saya tidak ingin membahas dilemma diatas, saya hanya ingin sharing mengenai penanganan penyakit tersebut karena jika penanganan penyakit benjolan ini salah akibatnya patal.

Saya sering mendapat pencerahan dari rekan-rekan kenarimania bahwa untuk mengobati gigitan nyamuk menggunakan salep 88, saya sudah mencobanya dan Alhamdulillah berhasil. Namun penggunaan salep 88 ada efek sampingnya yaitu jari-jari yang diolesin salep 88 sering dipatokin, saya tidak tahu penyebab kenari senang matokin jari kaki yang diolesin salep 88. Akibat kenari senang matokin benjolan yaitu benjolan bisa pecah dan keluar darah yang cukup banyak, jika tidak segera ditangani akan berakibat patal kenari bisa mati karena kehabisan darah.

Saya pribadi untuk mengobatin benjolan  biasa menggunakan garamicyn. Saya tidak akan bosan-bosan mengingatkan kenarimania untuk menjaga kebersihan sangkar karena pada dasarnya seluruh sumber penyakit adalah karena keteledoran kita terhadap perawatan/menjaga kebersihan sangkar berikut sarana penunjangnya seperti tangkringan, tempat makan dan minum. Demikian sharing saya mengenai perawatan kaki dan penyakit yang sering menyerang kaki kenari, berhubung keterbatasan waktu dan media penulisan jika ada yang masih kurang jelas bisa sharing di komentar.

65 Responses to “Pemeliharaan Kaki Kenari”


  1. 1 tyo 2 July 2014 at 10:12 am

    sip atas infonya om…saya akan cobaaa…………….mksh.

    siap semoga lekas sembuh om Tyo burung kenarinya….

  2. 2 tyo 1 July 2014 at 4:33 pm

    lamkenal om…ni tyo tasik..mo tanya kenari saya kakinya ada benjolan kuning jadi lau berdiri g normal kaya yg sakit gt….saya dah di bersihkan ma air anget trs di kasih salep walet tp ttp z om…solusinya gmana om….tks

    pengobatan benjolan dikaki banyak cara dan banyak jenis obatnya, kalau saya pribadi saat ini cara pengobatannya kaki kenari yang luka di bersihkan menggunakan alkohol kemudian dikeringkan dengan kain bersih setelah itu diberi pasta gigi pada lukanya secara merata…. untuk sementara olisin pasta gigi tipis takutnya kalau terlalu banyak/tebel membuat panas, khawatir dipatokin yang lukanya akibatnya timbul pendarahan….

  3. 3 irul 28 June 2014 at 3:04 pm

    assalamualaikum sam.edisi mau tanya ni.kenariku habis terjepit sangkar.terus tiap hari dah tak olesi minyak tawon sampai 5 hri ini kok masih belum bisa normal kakinya ya dikit dikit di angkat.terus bagaimana cara penanganannya sam biar kakinya bisa nangkring normal.salam kenari mania mojokerto

    penyembuhan akibat luka terjepit agak lama om jadi harus sabar dan telaten….. pemberian minyak tawon terus dilanjutkan dan kedalam air minum diberi mutivitamin untuk mempertahankan napsu makan dan selingi obat anti stress…..

  4. 4 andri 2 March 2014 at 5:34 am

    om maaf mau nanya dkit aja, sering kali kenari saya kalo bunyi sambil angkat kaki sebelahnya,,,, sebelumnya udah saya garamicyn, alhasil jamurnya udah ilang, nah skarang mau ngilangin benjolan keras yang terletak pada kaki sebelahnya, dmn yah..? trim”s salam Kenari Club Garut

    Maksudnya dmn atau gmn ?, kalau gmn coba cuci kaki yang ada benjolan menggunakan alkohol, kemudian keringkan alkohol dikaki kenari, selanjutnya diolesin pasta gigi (pepsodent/ciptadent dll)….

  5. 5 arif hermawan 16 December 2013 at 2:55 pm

    om mau tanya,saya sdh 2 thn ini ternak kenari di rumah,tapi kenapa kendala /penyakit nya selalu dari kaki dan gak pernah sembuh, selalu mati,salep/obat apapun udh saya beli, kondisi kakinya selalu keluar urat2 merah (gak ada benjol sm sekali) kyk varises pd orang,dan kakinya di angkat,lama kelamaan bengkak merah kyk ada kuning2 nya dan jd lumpuh dan akhirnya pecah pembuluh darahnya,untuk mslh kebersihan sy jamin hampir setiap hari sy bersihkan karena ini kerjaaan utama saya dan anehnya selalu kenari yg baru jadi yg kena,misalnya JM yg msh dipakai 1 ato 2 kali betina baru bertelur 1 kali,bulan ini 4 pejantan udh mati dan sbg catatan sy menggunakan sistem line breed/ satu garis keturunan,untuk menjaga gen warna dan “durasi” yg cepat dalam birahi/produksi (stomer),terima kasih om,maaf klo terlalu panjang..

    om Arif, kalau om menggunakan in breed/line breed saya khawatir penyakit turunan …. coba om tanya ke temen-temen yang pernah ngambil burung kenari dari om. Apakah kenari produksi om ditemen-temen yang lain mengalami penyakit yang pernah om alami ?… kalau kasusnya sama berarti penyakit turunan, tapi kalau ditempat temen om tidak mengalami hal yang sama berarti, lingkungan tempat beternak om sudah terjangkiti semacam virus yang menular ke kenari yang lain…. penanggulangannya dilakukan pembersihan secara total… tidak bisa setengah-setengah….

    • 6 arif hermawan 17 December 2013 at 8:41 am

      wah makasih banget om udh di jawab,nah itu yg saya mau tulis td mlm lupa om,di tempat dulu sy ambil materi indukan nya sampai sekarang gak pnh ngalamin sprti itu,hari minggu kmrn saya maen ke farmnya bahkan org nya bilang selama ternak smpai skrg (udh 14 tahun) dgn jumlah sekitar 30 indukan gak pernah beli burung semua dari hasil turunan sendiri,dan hasil produksi dari saya yg di beli saudara,teman,itu saya tanyakan jg baik2 saja bahkan teman bilang produksi nya joss,anak annya jg aman2 saja, semua “senior” yg maen kerumah saya dan tau kasus (lihat burung yg kena) kaki nya 100% semua bilang ini kena nyamuk, di rumah saya memang agak bnyk nyamuknya om,perumahan dan dekat sawah,klo solusi nya ganti materi secara total itu yg bikin saya agak down om… makasih,semoga berkenan menjawab lagi..

      • 7 arif hermawan 17 December 2013 at 3:33 pm

        tambah 1 lagi om hehe.. mgkin ada referensi merk vitamin utk harian yang buagus atau obat dalam yg bisa mencakup semua,krn selama ini saya belum pernah menggunakan vitamin tambahan, ini email saya om ( rip1383@gmail.com ) terima kasih atas waktunya,semoga semuanya berjalan lancar…Salam dari Malang jawa timur

        Tidak ada obat yang bisa dipakai untuk menyembuhkan semua penyakit karena setiap penyakit membutuhkan penanganan yang spesifik… untuk vitamin saya biasa menggunakan Vitasol…..

  6. 8 rifaldi 16 November 2013 at 5:15 pm

    Assalamualaikum mass
    ko kaki kenari saya yang kanan di angkat
    Apa penyakit kn itu? Dan terus apa obatnya?
    Apakah penyakit tersebut bisa menimbulkan kematian?
    Thx

    waalaikumsalam, penyakit yang nyerang kaki burung kenari biasanya jamur, coba cuci bersih tangkringannya…. kemudian kaki burung kenari diolesin minyak tawon…. kalau menyebabkan mati atau tidaknya tergantung dari parah atau tidaknya penyakitnya om…..

  7. 9 Banyuwangi Lukman 29 September 2013 at 5:24 pm

    tapi pada waktu pemberian minyak tawo saya pakai cotonbat kok bos
    padahal sudah lama saya hobi kenari
    tp baru kali ini ada penyakit yg kayak gini……………………………

    walah kalau kasusnya seperti ini saya juga ikut bingung :) , biasanya penyakit bubulan kalau jamurnya tidak dicabut tidak mengakibatkan pendarahan…. ini penyakit bubulan atau ada benjolan karena digigit nyamuk om ?….

  8. 10 ahmad bahri 27 September 2013 at 2:48 pm

    om klu ngasih minyak tawon, apakah setiap hari….hingga sembuh?

    untuk pengobatan bubulan om ?, tidak harus setiap hari, kalau saya sih 2 hari sekali pada saat luka akibat pelepasan jamur sudah mengering dilanjutkan melepaskan bubul/jamur yang lainnya, karena kebiasaan saya kalau bubul/jamurnya banyak tidak dilepas sekaligus tetapi sedikit demi sedikit. Kalau untuk perawatan cukup 2 minggu sekali jangan terlalu sering takutnya kenarinya stress karena sering dipegang….

  9. 11 Banyuwangi Lukman 26 September 2013 at 3:01 pm

    salam kenal om dr banyuwangi
    mau nanya ni om……
    knari saya tumbuh jamur/bubul,stelah saya kasi minyak tawon 2 kali
    g malah sembuh malah parah
    kakinya bengkak n di patoki smpek putus/pretel & skr lumpuh
    gmana ya om penanganan yg tepat?????????
    trims

    turut prihatin om, kok bisa separah itu ya om, mungkin pembersihan bubulnya terlalu kuat om…. saya sudah kemukakan bahwa untuk membersihkan jamur yang menempel pada jari-jari harus hati-hati…. jangan sampai keluar darah, karena berdasarkan pengalaman jika keluar darah tidak cepat-cepat ditangani bisa berakibat patal. Untuk kenari yang lumpuh sementara pulihkan dulu kondisi fisiknya, diberi vitamin B complex, diberi telor puyuh dan kakinya diolesi minyak tawon. Untuk vitamin B complex om bisa cari dipasar burung kalau belum dapat coba searching di google.

  10. 12 dede sunarya 10 September 2013 at 10:11 am

    om mau nanya nh,kenapaya udh 2 hari ni KN sya suka matukin kakinya om?

    mungkin kakinya gatel om coba olesin minyak tawon….

  11. 13 ilham 23 July 2013 at 6:52 am

    om KN saya kakinya yang sebelah kiri ada tonjolan dan sering diangkat” apakah itu ciri penyakit bumble foot..?

    wahhh… nama penyakitnya saya tidak tahu, biasanya terkena virus/gigitan nyamuk cara pengobatannya kaki yang sakit cuci dengan air hangat ditambah air garam… setelah bersih keringkan menggunakan kain bersih terus diberi obat (salep 88, salep betadine, garamycin maupun minyak tawon) mengenai obat cari yang paling mudah…. pengalaman om Uphay menggunakan salep betadine dan info dari om Fediyan bisa menggunakan pasta gigi(pepsodent), pengalaman saya menggunakan salep garamycin hanya pemberiannya jangan terlalu banyak jika terlalu banyak terasa panas kadang dipatokin kenari akibatnya malah mati karena benjolannya pecah dan mengeluarkan banyak darah (pendarahan)….

  12. 14 abaQ 13 June 2013 at 2:48 pm

    assalammualaikum ww
    om. saya pemula, br dapat KN. kira2 umur 1 thn.
    tp brung kenari itu dgn keadaan kaki jamuran dan tidak mau berkicau, cuman bunyi ngik – ngik saja.
    udah di kasih salep 88,
    jamurnya udah agak berkurang, tp tetap saja ngangkat2 kakinya yg sebelah kiri.
    2 hari ini udah saya kasih vitamin yg dicampur ama minuman (merek yg bagus gak tau). dan makanan di campur dengan cde (perangssang bunyi).
    kira2 KN saya bisa sembuh gak kaki nya dan bisa berkicau/bunyi?
    mohon bibimbingannya Om
    tank’s
    wassalam

    Waalaikumsalam, Membersihkan jamur dikaki agak lama om harus sabar dan telaten, sebelum diberi salep 88 kakinya dicuci air hangat dan tangkringannya dicuci setiap hari. Jika kenarinya jantan dan staminanya sudah pulih insya Allah akan bunyi…..

    • 15 abaQ 11 July 2013 at 4:06 pm

      Alhamdulillah, kaki kenari saya sudah mulai baikan,
      dan bunyi nya udah agak mulai keras (masih ngik ngik), ketika dijemur dan diperhatikan dekat2.
      Om Sofyan… yg baik,
      * Kenari itu nguraknya berapa kali dalam 1 tahun?
      1 bulan yg lalu KN itu bulu nya rontok kira 7 helai (dalam 2 hari saja), 6 hari yg lalu rontok lagi 8 helai bulu halus (dalam 2 hari juga), 1 bulu ekor, lusa nya tambah 1 lagi bulu ekor (dah 2 buah bulu ekor nya copot, sebelah kiri)
      * Apakah itu di namakan Ngurak?
      * buat makanan harus nya di kasih apa aja ?
      * apa kah boleh di jemur lama2?

      sebelumnya terimakasih banyak2. mudah2an semakin banyak reski&pahalanya…amin…

      Kenarinya sedang mabung/ngurak om, perawatan biasa saja seperti perawatan harian, penjemuran jangan terlalu lama cukup 15 menit

  13. 16 hendri haryadi 10 June 2013 at 12:29 pm

    Mas, kenari saya sering ngangkatin kaki saat bunyi, apa kaki kenari saya bubuhan atau d gigit nyamuk??

    Thank’s

    Kalau lagi bunyi angkat-angkat kaki biasanya …. kesenengan om hehe…. mungkin sedang birahi kali om, coba carikan jodohnya kenari yang cantik…..

  14. 17 refan aelach 6 May 2013 at 8:16 pm

    ass?
    om numpang nanya lgi ya om.brung kenari sya klw tdur dngan kaki 1,saya bingung,ada yg blang sakit,jga ada yg bilang itu mah biasa klw knari tdur.mana yg bner om,ane bingung. trus klw bner skit apa obt nya,jga cra pmakaian nya gmana,tlong di jwb y om.
    sblum nya triim

    Waalaikumslm, kalau kondisinya sehat berarti hanya pegal saja kali om :), untuk memelihara kesehatan seminggu sekali tangkringannya dicuci dan dijemur sampai kering…. jika tangkringan kotor bisa mengundang jamur, terimakasih

  15. 18 MAHDI 25 April 2013 at 1:58 am

    salam kenal mas,, kenari saya kakinya bengkak merah di pegelangan sampai ngangkat kaki nya,, giman penanganannya mas ..

    coba diolesin salep 88 atau minyak tawon, tks

    salam

  16. 19 Igun 21 April 2013 at 6:57 pm

    Salam kenal Om…
    Artikel yg bagus… Kenari saya sedang mengalami sakit kaki sekarang ini… Saya mau tanya, berapa lama biasa nya kaki kenari bisa sembuh total jika di beri minyak tawon atau garamicyn? Dan apakah ada efek sampingnya?

    Terimakasih sebelumnya.

    Salam,
    Igun.

    Penyembuhan penyakit tergantung kerajinan kita merawatnya dan faktor tingkat sakitnya/ kalau sakitnya parah agak lama penyembuhannya

    salam

  17. 20 refan aelach 18 April 2013 at 2:18 pm

    ass?…………..
    om ane mau tanya ni!!! knapa ya knari jantan saya klw tidur dengan kaki 1 maklum pmula

    Lagi olah raga kali om hehe…. biasanya ada masalah dikakinya bisa terkena bubulan (jamur) atau terkena gigitan nyamuk… coba kakinya diolesin minyak tawon… wassalam

  18. 21 Kholliq 16 April 2013 at 1:39 pm

    Om klw KN slalu d gantung dan d istrhatkn dket dgn burung laen gmn?bikn stres KN g?

    burungnya jenis apa om ?, kalau bisa jangan terlalu deket dengan burung lain atau kalau dekat sangkar yang ada burung lain ditutup jadi kenari tidak bisa lihat burung lain… salam

  19. 22 wilar diyuga 25 March 2013 at 11:52 am

    mat kenal bos saya wilar… mau tanya cara penggunaan salep garamicyn.. apakah dioleskan tiap hari..??? saya pernah pakai produk salep untuk sakit kulit, iap hari saya oleskan ke kakki burung.. ternyata jari kaki kn saya lama2 malah jadi gosong om…. mohon pengarahannya.. trima kasih

    garamicyn (maaf kalau tulisannya salah) dioleskan setiap hari tapi jangan terlalu banyak dioleskan tipis-tipis (sedikit) saja om

  20. 23 tuty joni 6 March 2013 at 2:26 am

    salam kenal,saya peternak pemula,mau nanya ni penyakit kenari yang bengkak di persendian kakinya susah bgt diobati,udah tiga kn ku mati,tolong dong kasih tahu obatnya yg paten

  21. 24 Gloster 24 February 2013 at 6:02 pm

    wahhh terima kasih om artikelnya mantab, saya sudah pake salep 88, emang suka di gigitin kakinya, yang ada malah takut kemakan salepnya..
    Besok saya coba garamicyn om , semoga KN saya sehat lagi :)

  22. 25 Eyang Suro 14 February 2013 at 11:23 am

    klo drahnya kluar trus cra ngatsine gmna gan??

  23. 26 Ghasat 22 December 2012 at 12:42 am

    Ass
    Garamicyn tu brbntk gmn?

  24. 28 Ghasat 22 December 2012 at 12:41 am

    Pagi om
    mw mnta info’y nih gmn cra penyembuhan kaki bengkak..?udh d.coba pake salep 88 mlah tambh gede bengkak’y…
    Garamicyn tu brbentk gmna ..?
    Mohon info’y om bagi pemula..

  25. 29 Ghasat 21 December 2012 at 5:02 am

    Ass..
    Siank om mw tnya garamicyn tu brbntuk gmna…
    Mohon info nya

  26. 30 Ghasat 21 December 2012 at 5:01 am

    Garamicyn tu brbentuk gmna ..?

  27. 31 vanss 1 August 2012 at 9:06 pm

    cara mengobati bentol pada kenari pakai salep 88 bagaimana caranya…
    kira-kira berapa hari sekali mengolesinya…
    mohon bantuannya..

    • 32 vanss 1 August 2012 at 9:11 pm

      apa bisa ngobatin kaki kenari bekas gigitan nyamuk pakai minyak kayu putih…
      mohon info nya…

      • 33 Jamal Si Rangkuti 26 June 2013 at 3:27 pm

        Om, kalok ada bubulan di kakinya mana yang lebih cepat sembuh, pake minyak tawon, garamicyn, atau minyak lampu,.?

        Kalau saya biasa pakai minyak tawon om…

  28. 34 ican 23 July 2012 at 12:54 pm

    mlam om. . .
    Kaki kn bengkak di persendian jari, kn jadi pincang, nafsu makan kurang, feses berair,kn jadi lesu. bgaimana penangananya om ?
    Mhon pencerahan , tkut skit jdi mkin parah,
    Mkasih om.
    Salam

    • 35 Uphay 24 July 2012 at 2:25 am

      Pagi om, kalau saya treatmentnya : untuk pencernaan di tetes obat Sunper N (Baca aturan pakai), untuk kaki, saya rendam 2 menit di campuran air dengan dethol antiseptik, kemudian di oles betadine Salep sambil di usap / urut2 halus rutin di lakukan pagi dan sore / malam. Semoga bermanfaat,

  29. 38 JONI 2 July 2012 at 7:27 pm

    OM LAM KENAL KAKI KENARI SAYA BENGKAK DI KASIH OBAT MINYAK TAWON.SALEP 88.GRAMICIYN.PASTI ILANG APA GAK OM.TERUS GRAMICYN ADA DI APOTEK OM…..MKS

  30. 39 Rudy_java 25 May 2012 at 2:08 am

    Aku setuju kalau sangkar burung harus sering2 di bersihkan. . . . .biar aman dari macam2 penyakit. . . . .karena sangkar yang bersih adalah cerminan dari hati pemiliknya. . .begitu juga sebaliknya .hehehe . . .

  31. 40 Rudy_java 25 May 2012 at 2:02 am

    Aku denger baru2 ini ada obat penghilang kutil pada manusia. . .di jual di apotek. . . . .kalau kutil aja bisa copot/mengelupas/sembuh. . . .kira2 kalau di oleskan pada kerak/jamur di kaki kenari? ? . . .masuk akal gak kalau kerak/jamur di kaki kenari mengelupas terus sembuh? ? ?. . .email gue ya di newrajasetan@gmail.com

  32. 41 Rudy_java 25 May 2012 at 1:50 am

    Aku sebagai kenari mania. . . .terus terang kurang setuju dengan ulasan di atas.. . .tentang mengobati jamur/kerak.. pada kaki kenari. . . .terlalu sadiz bro. . .q lebih suka memakai cara yang welas asih logis dan tidak menyakiti burung kenari. . . Yaitu memakai anti septik macam detol cair, jamur & bakteri jg virus di jamin tewas . . .campurkan satu tutup detol dengan air secukupnya lalu aduk rata. . . Kemudian rendam kaki kenari selama 2.menitan agar obat meresap pada kerak/jamur yang ada di kaki kenari. . . .cukup lakukan sehari sekali pada waktu sore. . . insya’allah kenari akan cepat sembuh tanpa tersakiti… oleh kita yang kadang sering khilaf. . . Dan kurang berperasaan.

  33. 42 Widodo 16 March 2012 at 12:40 pm

    Senang dengar tulisan dr Om, Om smua, sy dr Medan senang dgn artikel KN. Horas

  34. 43 sulung 3 March 2012 at 7:22 am

    om mau nanya nih…aq baru pemula…baru beli KN tapi kakinya bu2lan udh tak kasih garamicin n minyak tawon tapi blum mau bersih mohon petunjuk om

  35. 44 febro 4 January 2012 at 5:06 am

    Mas Sofyan
    Salep 88 agak panas mas..2 hari yg lalu istri saya beli salep pikang suang, sejenis salep untuk exim dan gatal kulit, katanya coba saja dulu..(saya berpikir wadoohh..ini propaganda istri saya lagi..menghilangkan kenari dari kehidupan saya..hahahah) saya coba aja ke kelinci percobaan saya..kenari lokal..,Alhamdulilah sehari lgsung ga diangkat2 lagi tuh kakinya…

    salam,
    febro

    Terimakasih atas informasinya om, setuju salep 88 mempunyai efek samping panas, saya sudah lama tidak menggunakan salep 88 saya biasa menggunakan garamicyn atau minyak tawon, demikian om … wassalam

  36. 45 riyan 29 December 2011 at 5:02 pm

    saya sekedar sharing saja. pengalaman saya pada burung kacer yang kena bubulan parah sangat parah. oleskan minyak lampu kemudian gosok sampai bubulannya keluar semua kalau sudah bersih oleskan lagi minyak lampunya. pelan-pelan saja kasihan burungnya kesakitan Insya Allah tiga kali aa langsung bersih. ma’af kalau di kenari bisa atau tidak belum pernah coba.

    Terimakasih atas sharingnya om, saya pernah mencoba menggunakan minyak lampu/minyak tanah untuk membersihkan bubulan alhamdulillah berhasil, wassalam

  37. 46 budi 5 December 2011 at 6:08 pm

    sangat membantu pakdhe artikelnya..soal kaki jamuren atawa bu2len dah nggak masalah lg dlm merawat kenary..salam suxes selalu dari jepara.

    Mantap, untuk menghindari penyakit bubulan harus rajin cuci tangkringan paling lama seminggu sekali om, wslm

  38. 47 ocki 2 December 2011 at 1:48 pm

    Minyak tawon,tu kyk mana?bisa gak dikasih contoh gambarnya

  39. 49 Robby Triono Rahardjo` 24 November 2011 at 5:00 am

    Ass.. Om Sofyan
    saya punya KN YS DKB 2009, pertama saya beli mulus & sehat sudah 2x produkisi.. tp semenjak pertengahan 2010 mulai da keluar benjolan ukuran sedikit lebih kecil dari kelereng.. Mungkin karena bulu tebal saya tidak pernah prediksi bisa sebesar itu.. nah benjolan tersebut seperti tumor terus membesar & mengering dan akhirnya lepas dengan sendirinya.. tapi anehnya jadi muncul banyak benjolan-benjolan kecil dibeberapa bagian tubuh, sama membesar dengan sendirinya kering dan lepas.. tapi kondisi YS tetep sehat makannya & feses bagus.. saya sudah coba cari info akan penyakitnya & obatnya tapi belum maksimal.. mungkin saja Om Sofyan yang sudah berpengalaman pernah menjumpai penyakit KN seperti saya..
    Sampai saat ini KN YS (betina) masih hidup tp sudah tidak bisa produksi T.T

    Om Robby saya sendiri belum pernah mendapat YS yang berpenyakit seperti benjolan, hanya pernah mendengar senior saya (om Sony Condet) pernah mengalami kejadian YS-nya seperti YS om. Menurut beliau benjolan pada YS tersebut dioperasi oleh dokter hewan, hanya saya belum denger lagi informasi selanjutnya. Mudah-mudahan beliau ada waktu baca comment ini sehingga beliau bisa memberi pencerahan lebih lanjut. wslm

    • 50 Robby Triono Rahardjo` 25 November 2011 at 8:38 am

      makasih om Sofyan infonya.. tp masih hidup aja saya sangat bersyukur..
      cos agak jinak burungnya.. mudahan-mudahan masih bisa berproduksi ^^

      Amin,semoga apa yang om harapkan dapat tercapai

      Wassalam

    • 51 Uphay 6 December 2011 at 2:18 am

      Lanjutan cerita dari Om Sony condet, YS tersebut terkena tumor, penanganannya melalui operasi (oleh dokter hewan), namun, beberapa kali dioperasi, tumor tersebut tumbuh lagi dan lagi. Pada akhirnya, burung tersebut terbang dan langsung dirawat oleh Yang Maha Kuasa … hikss..hiks..

  40. 52 Didik H 24 November 2011 at 2:58 am

    mat kenal bos saya Didik Harjunadi…….. sudah cukup lama bermain kenari, tapi karena modal cupet yaah hanya kenari lokal aja, yg jadi masalah saya adalah dalam pemasteran sering ndak bisa full masuk, idealnya sejak umur berapa dan suara apa yang sesuai dengan karakter kenari lokal,……….. thanks

    Om Didik jangan anggap remeh kenari lokal lho, walaupun lokal jika mempunyai suara isian yahud…. harga YS bisa lewat om hehe…. Terkait pemasteran agar tidak kemasukan suara kenari maka lingkungan tempat pemasteran harus steril dari suara kenari, demikian om semoga bisa membantu wassalam

  41. 53 ANGGA RASTAFARA 16 November 2011 at 9:04 am

    salam kenal om,mau tanya nih om sy punya KN AF btina knpa setiap bertelur psti telur yg ke 4 mntasnya setelah 2 3 hr dan posturnya sudah ketinggalan jauh dan pasti selalu mati mungkin om punya solusi

    telor akan menetas selang 1 hari sesuai dengan waktu keluarnya telor, jika telornya lebih dari 3 butir biasanya ada yang ketinggalan sampai 3 atau 4 hari, anak yang baru netas akan kalah bersaing rebutan makanan jika indukannya tidak pandai mengasuhnya maka sibungsu akan mati. Agar anakan terkecil bisa hidup sampai besar kedua indukannya dibiarkan mengasuh anaknya bersama-sama jangan menggunakan sistem poligami…. sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan agar indukan bisa mengasuh anak banyak, insya Allah kalau sempat akan saya bahas. tks

  42. 55 syauqi 7 November 2011 at 3:39 pm

    nanya ni om,garamicyn belinya ditoko apa om?minyak tawon ditoko apa?maklum pemalu n pemula takut nyasar beli ke toko bangunan,he,he,he

    coba tanya di apotek om, tks

  43. 56 yunior 7 November 2011 at 8:16 am

    mantap euy

  44. 57 andrian 2 November 2011 at 7:18 am

    salam kenal om. tanks ats artikelny saya akan coba. selama ini saya pake alkohol dan trombogel untuk mengobati bengkak di kaki kenari. oya om, alamatnya di palembang kn dmnnyu om?. jual kenari juga kn om?, sp tau dana sy cukup ntk membeli.

  45. 58 muji 28 October 2011 at 5:02 pm

    garamicyn salep ya om… soale baru denger….

    betul om

  46. 59 arok 27 October 2011 at 12:03 pm

    salam kenal om sofyan & om2 semua..
    artikelnya smakin lengkap, jd tambah smangat mau ternak kenari, teori insya allah sudah siap tinggal prakteknya.
    mohon bimbingannya..

    sep, semoga sukses ternaknya om

  47. 60 redmoz 27 October 2011 at 12:00 am

    mantaff om…lama ga sharing nehh… pa kabar om? n pa kabar kenarinya om, hunting kn import lagi ga om? khan mulai jadwal kedatangan nehh om…heheheeh

    iya om akhir-akhir ini saya baru bisa menyesuaikan rikme pekerjaan di tempat baru jadi insya Allah akan sering sharing dan update artikel, wah saya belum bisa ikut hunting kenari impor om mahal di ongkos hehe…. kabar saya alhamdulillah berkat do’anya rekan-rekan semua selalu dalam keadaan baik.

    Wassalam

  48. 61 antok 24 October 2011 at 6:20 am

    salam kenari om.lama ngak sharing..eh om aku punya kenari glooster (katanya sih)ciri2 gimana sih om?klo kaki kenari bubulan trs dikasih salep 88 jadi bengkak sampe ngak bunyi solusinya dikasih obat apa ya om?makasih buanyak tak tunggu solusinya.

    coba kakinya diolesin Garamicyn om semoga membantu, tks

    wassalam

  49. 62 reeant007 22 October 2011 at 11:47 am

    percaya apa engga…om sofyan ini salah satu inspirator saya dalam memelihara kenari…

    Wah om Reean ini terlalu berlebihan saya hanya nulis saja, yang hebat itu om Reean dari tulisan bisa action dan berhasil, tidak semua orang berhasil ternak kenari lho om hehe….

    Wassalam

  50. 64 jaelani 21 October 2011 at 9:54 am

    Mantap om sharingnya, dah mulai aktif lagi bikin artikel, moga makin bermanfaat.
    tengkiyu

    Bagaimana kabarnya om Jay, senang bisa bertegur sapa dengan kawan lama hehe…. kalau inget om Jay jadi inget Paguyuban saya kangen ketawa lepasnya Pak Hari, guyonan om Faz, tutur katanya Pak Nungki yang lemah lembut tetapi mengandung kekuatan yang maha dahsyat hehe….. suasananya tempat kumpul2 dan kawan-kawan lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu…. Halah kok malah ngelantur …. hehe….

    Wassalam

  51. 65 Girsang 20 October 2011 at 2:33 pm

    pembahasan ini yg saya cr..makasih om…tolong om dperbanyak artikelny biar makin smangat tuk ternak KN…thanks..

    Siap, mohon do’anya saja om biar saya diberi kesehatan dan diberi banyak waktu untuk menulis

    Wassalam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,266,907 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

