Wabah Penyakit Burung Kenari

Terduduk lesu di sudut ruangan kandang peternakan, mata nanar melihat ke sekumpulan burung kenari di kandang umbaran, rintikan air hujan diluar  menambah sendunya hati ini. Hampir sebulan lebih hati ini gelisah memikirkan burung kenari yang satu persatu menemui ajal. Yang membuat khawatir hampir semua burung terbaik mulai berjatuhan menemui ajalnya dengan cirri-ciri dari hidung keluar lendir. Pada saat itu semua permasalahan saya telan sendiri curhat ke istri malah diketawain (salah lu sendiri kenapa ternak kenari begitu kira-kira jawaban istri :( )

Serammmm…. Itulah pengalaman saya saat menghadapi serangan wabah penyakit yang tidak tahu penyebabnya dari mana, yang membuat bingung tujuh keliling adalah selama ini perawatan dan pemeliharaan  terhadap burung kenari sudah saya lakukan dengan cara terbaik. Pakan dan air minum saya ganti setiap hari tidak lupa tempat pakan dan air minum dicuci bersih bahkan saya punya 2 set tempat pakan dan minum. Buah, sayuran dan telor puyuh diberikan secara bergantian ditambah pemberian multivitamin seminggu sekali. Sangkar soliter (sangkar individu),tangkringan dan alas kotoran saya cuci 1 minggu sekali tak lupa kedalam air cucian saya tambahkan desinfektan.

Saya coba mengingat-ngingat ke belakang apa yang telah saya lakukan sehingga bisa terjadi kiamat seperti ini (hehe… lebay amat), saya coba teliti satu persatu apa-apa saja yang telah saya lakukan selama 2 bulan ke belakang. Saya merasa tidak ada kegiatan yang menonjol hanya kurang lebih 2 bulan yang lalu saya beli kenari dari pasar burung. Apakah si kenari pasar ini penyebab mewabahnya  penyakit di peternakan kecil saya ?, saya coba tanya ke mbah Google mengenai tata cara ternak burung kenari. Dari hasil pencarian ternyata ada 1 proses yang tidak kita sadari/terabaikan. Pengalaman saya dan mungkin rekan2 semua jika membeli burung kenari dari pasar akan langsung disatukan dengan burung kenari yang kita punya.

Ternyata apa yang saya lakukan  selama ini salah besar, menurut informasi ketika kita baru mendapatkan burung kenari langkah yang terbaik adalah burung kenari yang baru datang/beli untuk sementara dipisah beberapa saat sampai kita yakin bahwa burung kenari itu sehat. Dalam proses pemisahan (isolasi) ini kita pantau kesehatannya, pemberian multivitamin dan pola perawatan yang baik, setelah kondisi burung kenari prima baru disatukan dengan burung kenari kita. Proses tersebut diatas biasa disebut karantina. Proses karantina ini tidak hanya dilakukan pada burung yang baru dating tetapi bagi burung kenari yang terlihat sakit. Tujuan karantina yaitu mencegah masuk dan tersebarnya hama penyakit dari luar ke dalam wilayah peternakan kita. Tempat karantina diusahakan terpisah dengan lokasi kandang ternak, sehingga penyakit tidak menyebar ke burung kenari yang kita punya. Berapa lama proses karantina ?, menurut informasi dari para ahli minimal 2 minggu sudah cukup kalau belum yakin bisa ditambah 1 minggu lagi menjadi 21 hari.

Terus bagaimana kalau wabah ini telah menimpa seperti yang saya alami  ?

Pertama

Memilah kenari yang terlihat sakit dengan yang masih bugar, kenari yang masih segar bugar kalau bisa diungsikan ketempat lain, sementara kenari yang sakit diobati dan ditempatkan ditempat terisolasi dari burung kenari lain (kalau saran ahlinya sich harus di musnahkan tetapi jika tidak tega ya coba diberi obat). Hanya pada saat diungsikan usahakan jangan sampai berinteraksi dengan burung kenari lain (peternak lain) dikhawatir pada burung yang terlihat sehat tetapi membawa virus penyakit.

Kedua

Bersihkan kandang beserta perlengkapannya dengan cara dicuci, disikat dan disemprot anti hama, setelah dibersihkan biarkan kandang beserta perlengkapannya jangan dulu digunakan, 2 minggu kemudian kandang beserta peralatannya dicuci kembali. 1 minggu setelah pembersihan ke 2 kandang ternak baru bisa digunakan, biasanya masa hidupn virus sekitar 21 hari, jika selama 21 tidak kontak dengan binatang maka virus akan mati.

Ketiga

Setelah burung kenari mulai diternak lagi lakukanlah perawatan yang baik, pencucian kandang ternak dilakukan secara berkala, tempat makan dan minum dicuci setiap hari, pakan dan air minum diganti setiap hari, untuk EF (sayuran, buah dan telor puyuh) jangan sampai nginep(maksudnya sore hari EF dibuang).

Demikian sharing kali ini semoga sharing yang sederhana ini bisa bermanfaat, bagi sahabat saya yang sedang mengalami musibah (ternak burung kenarinya terkena wabah) semoga tabah menjalaninya insya Allah om akan bisa menanggulanginya tantangan yang sedang om jalani. Salam cuit cuitttttt………………..

62 Responses to “Wabah Penyakit Burung Kenari”


  1. 1 hasan_archuletta 26 February 2014 at 3:50 am

    Iseng berbagi pengalaman aja nih om..
    Kalo kenari keluar lendir dr hidung atau seperti batuk pilek coba selama perawatan di tetesin kasih madu tpi stelah ksih madu full kerodong aja hindari kena angin.
    1 hari 2x pagi dan sore 1 tetes aja cuma resiko kandang jadi terlihat berminyak kotor..
    Semoga bermanfaat..

    terimakasih atas sharingnya om Hasan…..

  2. 2 davit 18 February 2014 at 3:46 pm

    Om kenari saya lehernya bengkak,apa itu yg disebut penyakit gondok pd kenari?apakah bisa sembuh?

  3. 3 danil 11 July 2013 at 11:45 am

    om… saya mau tanya…kenari saya kmrin sakit..disekita mata bengkak..trus saya kasih obat anti snot…skrng udh g bengkak lg…tp bulu sekitar mata nya kok lum tumbuh seperti semula…msh ada yg botak…

    Tumbuh bulunya agak lama om jadi harus sedikit sabar

  4. 4 hari getox 2 July 2013 at 3:27 pm

    burung kenari sayah semenjak mabung, tidak di jemur selama 2minggu, kenapah jadi pelatuknya tidak sejajar om, kaya yang setruk .
    pengen tau dong obat nya om.

    burungnya dikondisikan dulu om, kalau terlihat drop coba diberi obat Super N nanti setelah terlihat sehat coba dijemur tapi jangan lama-lama cukup 10 menit dan burung kenarinya diberi tulang sotong, mudah2an bisa bantu om….

  5. 5 andros 8 January 2013 at 5:19 pm

    Mlm om. Mau tanya nich seputar penyakit kenari yorksire.. Saya brosing2 terus di beberapa website hati2 yorksire rawan terkena penyakit MB apabila yorksire itu dada nyilet/menonjol/kurus. Apa sich penyakit MB itu? Apa pencegahan dan obatnya? Terima kasih.

  6. 6 reiza kojum 21 November 2012 at 2:29 am

    om Uphay blh saya minta contact personnya? sy mau konsultasi by phone atau lwt bbm. 08566661774 ini no hp sy om (reiza kojum)

  7. 8 indah 25 October 2012 at 6:25 am

    assalamualaikum wr wb

    adakah baru om2 semua yg mengetahui blog utk burung cucok rawa, atau bisakan pengobatan atau perawatan kenari di terapkan pada CR?

  8. 9 ababil2012 20 April 2012 at 9:01 am

    assalamualaikum agan2….ane mau tanya seputar penyakit kenari.kenari ane sakit awalnya ada benjolan disekitar mata lalu 2 hari berikutnya benjolan tsb pindah dibawah mata/pipi kenari…..mohon pencerahannya dari agan2 yg terhormat.
    wassalam

    Waalaikumsalam, mohon maaf penjelasannya kurang lengkap… tetapi saya coba sharing apa yang saya tahu… kemungkinan kenari om terkena penyakit snot coba cari obat anti snot, jaga kebersihan kandang berikut sarana penunjangnya…. terutama kebersihan tangkringannya, demikian … wassalam

  9. 10 Amoy 31 March 2012 at 4:57 pm

    Slm kenal om,sy br bljr ternak kenari alhamdulillah udh brhasil smpai netas tp bgtu anakan bljr keluar sarang siinduk langsung nyabutin bulu anaknya smpai botak , apakah prsoalan sprti ini bs d atasi om ? Mohon pncerahnya om sy bnr2 bingung musti gmn

    Jangan bingung om, coba kedalam kandang ternak masukkan kapas atau kertas tisue, induknya mau bertelor lagi dia nyari bahan isi sarang yang lembut karena di kandang tidak ada bahan lembut maka dia nyabutin bulu anaknya, demikian semoga membantu…. salam

  10. 11 prabu 5 March 2012 at 1:31 pm

    ada hal yang saya mau tanya lagi semoga om uphay nggak bosan2 membantu saya!
    begini kronologisnya..( boso opo maneh ikie….)
    saya dapet hibahan F1 dari temen warna ijo dulunya gacor poll tetapi krn tidak gacor lg dan si temen ini nggk bisa ngatasinya makanya di hibahka ke saya,
    kenarinya ini suaranya kecil kadang ilang bulu srg mengembang om tapi kalo diliat lehernya kayaknya dia ngotot bunyi tapi suara nggak keluar bbrapa temen saya tanya katanya gondok lalu saya coba pake anti serak dan anti gondok tapi blm ada prubahan! menurut om uphay :
    1. kalo dgn knds spt ini benarkah kena sakit gondok?
    2. penyakit spt ini bgmn penanganannya dan apa obatnya? kalo mslh makan nggak ada mslh om tetep sikat abis…

    mohon solusinya om dan terima kasih bnyk sebelumnya ……

    • 12 Uphay 6 March 2012 at 8:09 am

      1. sakit gondok, serak, Air Sac Mite, hampir sama gejalanya dan memang saya sendiri agak ragu menentukan sakitnya om. bila bulu mengembang, kemungkinan Air sac Mite (bahasa sononya) atau kutu kantung udara.
      2. penanganannya kalau diSono nya pakai Scatt (Vetafarm), tapi agak susah mencari produknya. cara lain bisa dengan di tetes di tengkuk menggunakan Ivomec/Ivermectin/Wormectin (1X seminggu). Penjemuran bisa dinaikkan secara bertahap sambil dipantau (takutnya gosong).. heheheh. Semoga berhasil…

  11. 13 prabu 4 March 2012 at 7:11 am

    terima kasih om uphay untuk masukannya tetapi Alloh berkehendak lain kenari kesayangan tlah pergi selamanya… sedihnya hati ini tapi apa mau di kata itulah hidup di saat kita diberi kemudahan kita hrs bersyukur itulah kebaikan bagi kita dan disaat kita ditimpa ujian spt ini kita hrs bersabar itu juga kebaikan bagi kita… pokoknya tetep semangat insyAllah dikemudian hari ada kemudahan, sekali lagi trima kasih bnyk om uphay atas semua masukan dan motifasinya semoga om uphay tidak bosan2 memberi nasehat dan ilmunya kepada saya dan kepada pecinta blog ini umumnya…..

    • 14 Uphay 5 March 2012 at 1:13 am

      Turut berduka om, yang sabar yah, awal tahun ini saya terserang wabah om, tiap bulan 5-8 kenari saya mati, Sudah mau menyerah rasanya, kalau tidak ada om Sofyan dan senior2 lain yang turut bantu mencari solusinya. Sabar dan konsisten adalah kunci dari keberhasilan om, Semangaaaaaaatttt… hehehehhe

      • 15 prabu 5 March 2012 at 1:10 pm

        mmg segala sesuatu pasti ada ujiannya bgt juga dgn kenari ini tapi untunglah saya ktm dgn blog ini,om uphay, om sofyan dan para senior lainnya yg sll memompa semangat tuk tidak menyerah dgn ujian ini…. sekedar sharing ditanggapi aja hati ini terasa semangat lagi! “Jangan takut GAGAL karena KEGAGALAN akan terasa indah kala kita BERHASIL nanti” semangat omm….

  12. 16 prabu 23 February 2012 at 5:34 pm

    yang putih udah ada keliatan hasilnya om uphay….. stlah ta kasih metabolisme dan daun mengkudu udah ada perkembangannya, pagi2 pas ngopi eh.. dia bunyi om cuman blm kenceng tapi cukup jelas trs sorenya saya priksa vent nya kok kayaknya membesar ya om….. wah moga2 jantan neh, wuih senengnya hati ini…..sekali lg makasih om uphay atas supportnya…. om sofyan mana neh? kok lama nggak muncul ya…

    • 17 Uphay 24 February 2012 at 6:09 am

      Alhamdulillah kalau bermanfaat, kalau Ventnya membesar berwarna kekuning2an kayak lemak, itu artinya kegemukan om, coba diet pakan, perbanyak sayur dan buah, trus diumbar sambil dijemur, insyaAllah nanti guacornya full kalau jantan… hehehhe, Om Sofyan lagi sibuk seperti biasa om, makanya om Prabu bisa mulai bantu2 sharing disini dong, biar ruame… heheheh

      • 18 prabu 28 February 2012 at 3:11 pm

        sekarang dah tambah rajin om bunyinya tapi belom guacor tenan…. sabar…sabar…. kalo mslh kegemukan kayaknya nggk tuh om mlh cenderung kurus menurut saya tapi nie burung termasuk bulu yg plg tebal yang saya punya! tapi sayang om uphay ternak saya saat ini kayaknya belom ada hasil, dari 3 indukan dgn isi telor 13 hanya 3 telor yg sya terawang keliatan gelap itupun jg gagal… smpi saat ini sy terus berpikir kira2 apa mslhnya??? kalo pejantannya sy yakin ngisi om…

    • 19 Uphay 29 February 2012 at 2:23 am

      Wah.. turut prihatin om, mungkin karena dibawa jalan2 kemarin kali yah..? hehehhe, Coba di rekondisi lagi jantan dan betinanya om, Mandi rutin dan jemur agak lamaan (kalau saya 1-3 Jam) tapi dipantau disesuaikan ketahanannya. Makanannya kasih lengkap, Bijian Mix, telur puyuh, jagung manis, apel, gambas, dan sayur (lihat dalam beberapa hari apa yg paling dia suka..). Mineral menjadi sangat penting dalam saat ternak, sediakan tulang sotong yang di haluskan, kulit telur ayam yang dihaluskan, dan vitamin. biasanya 1-2 minggu baru dijodohkan lagi, InsyaAllah ada perbedaannya.
      Note : burung sakit akan terlihat saat tidak menyukai beberapa pakan ideal, serta megap2 saat dijemur.. pengobatan diperlukan saat ditemukan gejala ini…. semoga bermanfaat.. salam

      • 20 prabu 29 February 2012 at 2:06 pm

        om ini ada satu betina yg saya putus ngeram pada hari ke -10 krn ta cek telor juga kosong tapi kok kayaknya ngedrop bgt ya om… bulu mengembang terus pdhl pss saya panaskan dan sll di dasar sangkar.. ketika saya pegang juga tdk gesit spt biasanya pokoknya knds badannya lemah sekali sampai2 terbang ke tangkringan aja selalu jatuh, sptnya gejala apa ya om? wah ati tmbh deg2an lagi neh, udah ta coba pake spektra tapi blm ada reaksi nafsu makannya jg kurang baik, mhn solusinya om gmn penanganan yg hrs sy lakukan? trima kasih sblumnya…..

      • 21 Uphay 1 March 2012 at 11:10 am

        Om Prabu, itulah kenapa saat penjodohan kita harus memastikan kondisi keduanya sehat, bila betina sudah 2X beranak, diistirahatkan dulu. Biasanya saat mengeram. induk kurang makan, yang terserang adalah pencernaan. kalau saya, saya kasih Madu, ada juga teman yang ditetes propolis, fungsinya untuk stamina biar gak terlalu ngedrop. bila sudah ketahuan sakitnya apa, baru lakukan pengobatan, kalau saya untuk pencernaan biasa pakai Super N, lumayan ngatasi penyakit pencernaan. Semoga bermanfaat.

  13. 22 prabu 20 February 2012 at 2:00 pm

    wah telat om uphay, saya ambil tindakan nekat tetep saya bawa jalan aja…
    begitu krodong saya buka eee…. posisi masih mengeram saya posisikan ditempat gantungan juga nggak beranjak,wah semoga nggak terjadi apa2 ya om… nie betina emang bandel bgt! oya om saya nie ada lokal super putih umur 15 bulan tapi ngriwik enggak bertelorpun juga enggak…. om uphay prnah nemui kasus spt ini nggk? nie punya temen krn nggk sabar dia lempar ke saya om, saya jadi tertangtang nie om gmn ngatasinya?

    • 23 Uphay 21 February 2012 at 2:28 am

      Wuaduh.. maap om… maklum nyuri2 waktu kerja kalau comment… hehehhe, mudah2an ga masalah yah. Kalau itu musti di periksa dulu, kegendutan gak? ada lemak di tengkuk dan di atas vent ga? kalau kegendutan, yah harus diumbar dan jemur agak lamaan (tergantung stamina burung yah). kalau kira2 udah 2 minggu di umbaran, coba kasih Metabolisme, biasanya kalau jantan bunyi, kalau betina ngeleper, semoga berhasil dengan tantangannya.

  14. 24 prabu 18 February 2012 at 1:53 pm

    om sofyan bagaimana khbr? semoga om sofyan dan keluarga sehat dan selalu dalam lindungan serta hidayahNya.. amien! masih ingat saya khan om? sekedar ksh khabar aja sekarang saya udah mulai belajar ternak kenari om sofyan berkat dulu srg baca artikel om sofyan yg menurut saya cukup mudah untuk dipahami. Alhamdulillah saat ini saya dah ada indukan 5 ekor yang 3 dah bertelor dan yang 2 dah siap kawin posisi ‘mbunderi’ ato bikin sarang, emang baru sebatas lokal dulu om dgn pejantan AF krn baru tahap belajar! mau tanya nie om kalo kenari dah mengeram krg lebih 1 mingguan dibawa perjalanan jarak 1 kilometer kira-kira beresiko nggak ya? saya khawatir ntar mlh nggk menetas om… mhn solusinya ya om! tak lupa salam buat om uphay! ditunggu masukan dan doanya semoga apa yang saya pelajari ini sukses om…

    • 25 Uphay 20 February 2012 at 4:23 am

      Wuih.. mantap langsung ada yang ngerem om… selamat yah…. Kunci keberhasilan betina mengeram adalah ketenangan om, jadi kalau dibawa jalan2 sampai 1 KM kayaknya betinanya gak tenang deh…. ditunggu ajah sampai 1-2 minggu lagi. kalau usai anakan sudah 1 mingguan, kayaknya aman tuh,,, hehehhe,,, sukses yah om

  15. 26 Uphay 12 January 2012 at 9:36 am

    Saya coba share pengalaman saya yah om :
    1. boleh dipisah setelah betina mengeram atau tetap disatukan (tergantung karakter betinanya).
    2. Kondisi yang baik saat mengeram adalah aman dan nyaman bagi betinanya, artinya aman dari gangguan nyamuk, tikus,dll, serta nyaman karena tidak kena angin langsung / panas langsung dan tidak ada kutu disarangnya.Kalau diluar sudah aman dan nyaman yah ga perlu kan?
    3. Masa mengeram adalah masa rentan penyakit karena betina jarang makan saat mengeram, sediakan makanan yang sehat dan syarat giji seperti campuran biji2an (slalu tersedia), sayur, buah, telur (diselang-seling)serta vitamin dalam minumannya. semoga bermanfaat..

  16. 28 anto 29 December 2011 at 7:33 am

    Numpang curhat om… Ssaya punya kenari.. Trus di sekitar jari kaki kirix ada luka semacam benjolan merah dan luka.. Kalo di perhatikan.. Burungx hanya menggunakan satu kaki aja.. Kasihan om.. Obatx apa yah… Mohon pencerahan secepatx om…

    coba baca link dibawah ini om, semoga bermanfaat http://burungkenari.wordpress.com/2011/10/20/pemeliharaan-kaki-kenari , wassalam

  17. 29 Bocah Cemonx 26 December 2011 at 4:57 pm

    mALEM UM..LAM KENAL AJA DULU..NTAR BARU NGREPOTIN..HEHEHEHE..gbu.

  18. 30 BOCAHCEMONX 26 December 2011 at 4:53 pm

    uM SAYA MAU TANYA..UNTUK ATASI BENJOLAN PADA JARI JARI KENARI AKIBAT GIGITAN NYAMUK YG PALING BAGUS APA OBATNYA uM..SELMENTARA INI SAYA PAKE NINYAK GOSOK,KADANG BETADINE..TAPI BELUM BISA SAMPAI MULUS LAGI UM..THANKS..gbu.

    coba baca link dibawah ini om, semoga bermanfaat http://burungkenari.wordpress.com/2011/10/20/pemeliharaan-kaki-kenari , wassalam

  19. 31 agustiansa 26 December 2011 at 4:21 am

    maaf.om numpang pencerahan ni.sy lagi belajar tenak ni,om

    1.kenapa kenari perempuan saya sering bertelur di dalam loki tempat makan
    2.apa penyebab telur kenari bisa kosong / tidak dibuahi

    Om Agus coba telornya pindah ke sarang yang sudah disediakan, semoga kenarinya mau mengeram, untuk pertanyaan ke 2 coba baca di link ini http://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari , wassalam

    • 32 reeant007 17 February 2012 at 5:45 pm

      pokoknya jangan sampe kenarinya gagal nelor om..bisa fatal…gapapa dah dia nelor di tempat makan..sambil terus cari referensi cara biar mau nelor di sarangnya…good luck

  20. 33 prabu 23 December 2011 at 4:01 pm

    sblumnya trima kasih bnyk buat om uphay atas masukannya tapi gini om…
    kenari saya posturnya kegemukan kalo untuk ngilangin lemaknya tuh plg cepet gmn ya? soale ane sayang bgt nie ma si kenari yg ini…

    • 34 Uphay 27 December 2011 at 2:49 am

      Sama2 om. saya malah berterimakasih sama Blog tercinta dan owner Blog ini yg banyak mengajarkan saya (thanks Om Sofyan). ngilangin lemak hanya bisa lewat diet pakan yg byk lemak spt telur, canary seed, dll. penunjangnya adalah kandang umbaran panjangnya 1 s/d 2 Meter. Jemur agak lama (saat diumbar)tergantung ketahanan burung. Paling cepat 2 minggu sudah bisa terlihat perbedaannya. Wassalam.

  21. 35 nurman 22 December 2011 at 1:00 am

    numpang curhat om… saya pny lizard sdh hmpr 2 bln ini beraknya cair terus (ga prnh padat) , bkn berak kapur krn yg keluar berupa air jernih disertai sedikit gumpalan hijau dan putih. sdh prnh sy obati dg SUPER N ga mempan, skrng saya ganti lg obatnya dg spektra (sdh 5 hari) jg blm ada perubahan, beraknya blm jg padat (selama ini sdh tdk saya berikan sayur)… kdng putus asa jg.
    saya berharap ada solusi dari om sofyan

    kenarinya masih senang makan om …??, kalau masih senang makan coba diberi bijian yang banyak mengandung lemak seperti biji niger seed, telor puyuh dan kedalam tempat minumnya diberi multivitamin, jangan putus asa om insya Allah akan ada solusinya, wassalam

  22. 36 Hardian Reno 21 December 2011 at 10:02 am

    Sore om sofyan…udh lama sya ga buka web ini padahal banyak artikel & sharing ttg kenari yg berguna buat kenari mania…to the point om….sya pnya kenari isian full BT, tp udh 1 minggu ini kenari sya selalu mencabuti bulu sendiri ampe ambrol trus garuk2, brngkali kutuan di coba dikasih wormenctin trus disemprot obat kutu,kandang & krodong rajin dicuci tp masih aja nyabutin bulu ampe bulunya ambrol ky lg mabung pdhl bru selesai mabung 2 bln yg lalu…kira2 mnurut pngalaman om sofyan, kenari sya mengidap pnyakit apa ya om…? trus penanganannya gimana ?…trima kasih sblumnya om…

    Kalau bukan karena kutu kemungkinan kenarinya birahi, kalau ada betina siap ternak langsung jodohkan saja om :), demikian, wassalam

    • 37 Uphay 22 December 2011 at 1:57 am

      Nimbrung om, kemungkinan lain (kalau gak birahi..) itu menderita kutu darah / kutu dalam, gejalanya slalu garuk2 walau sudah mandi anti kutu, sering gigit2 kaki, bulu rontok dan biasanya tidak numbuh lagi, kadang muncul benjolan di ujung kaki. Obatnya disuntik om, lebih jelasnya bisa tanyakan dokter hewan ditempat om (soale saya dapet dari Dr. di Jogja). Semoga bermanfaat..

      Terimakasih om sudah berkenan sharing, insya Allah akan bermanfaat bagi kami, wassalam

      • 38 hardian reno 22 December 2011 at 5:41 am

        betul om uphay..gejalanya sperti itu,apa cma bisa smbuh dgn di suntik om? ga bisa pke obat yg ditetes di mulut ? apa smua dokter hewan pnya obatnya om? krn syng bgt om burung ini burung jawara…hehehehe nuhun sharingnya om…

      • 39 Uphay 23 December 2011 at 4:12 am

        Maaf om Hardian, saya hanya berdasarkan yg saya alami, obatnya di suntik, ada juga yang menganjurkan tetesin Ivomectin / Wormectin di punggung, sitetes dikulit perbatasan leher dan punggung. tujuannya agar obat tsb bisa meresap masuk kedalam darah, rutin dilakukan 1 minggu sekali 1-2 tetes selama maksimum 1 bulan. btw, tinggal dimana om? kalau dijakarta mungkin saya bisa bantu.
        @ Om Sofyan, Punten ah.. cuma nurunin ilmu dari Om Sony MKK.

        Sep, saya senang om bersedia sharing disini, wassalam

      • 40 Hardian Reno 23 December 2011 at 11:09 am

        sya tinggal di cirebon om…hri ini sya udh coba k drh di tmpt sya…drh bilang “obatnya ga punya” jd cuma dikasih puyer untuk jamur yg dicmpur lwt mkanan..apa bener nih dokter kasih obat jamur lwt mknan? blm sya coba kya ga yakin….hhihih

      • 41 Uphay 27 December 2011 at 2:52 am

        Wah.. kalau udah ke Dr Hewan itu sudah yg paling benar om, yah ditunggu ajah hasilnya.. nanti di Share disini kalau berhasil, soalnya lebih baik lewat pakan dari pada suntik kan? (nanti saya titip yah obatnya..hehehe..)

  23. 42 prabu 20 December 2011 at 11:30 am

    oya om sekalian nanya ane ada punya starblue jantan umur skt 5 bln tapi di dada ada benjolan merah gt…. udah bunyi seh tapi pelan dan jarang2…. menurut om nie penyakit apa dan apa penangannya soale kata temen nie penyakit bikin burung nggk bisa kenceng suaranya.. apa mmg bener bgt ya om… mhn pencerahanya dong>> thanks..

    Waduh maaf belum bisa bantu om, saya belum pernah nemuin penyakit kenari seperti kenari om, barangkali rekan yang lain punya pengalaman bisa dishare disini, wassalam

    • 43 Uphay 22 December 2011 at 1:48 am

      Saya coba bantu om, benjolan merahnya musti dipastikan dulu, tumor, gigitan nyamuk atau bisul?.. kalau Tumor, pengalaman guru saya walau dioperasi pasti tumbuh lagi2. kalau gigitan nyamuk bisa pakai minyak tawon atau salep lain, kalau kayak bisul dan mengeras, saya udah coba pakai betadine salep, lumayan ngempesin, cuma benjolan tetep ada. Semoga bermanfaat.

  24. 44 prabu 20 December 2011 at 11:27 am

    ok. siap!… bbrp hari hunting cari indukan betina tp di daerah ane agak susah neh soalnya bnyk yang memburu juga, udah nggak sabar pengin mraktekin ilmu dari om sofyan… doanya aja om biar biar sukses spt om sofyan nie coba kalo dkt pasti ane sambangin terus nie tmptnya om…

    Amin, dulu pernah berhasil ternak hanya untuk saat ini saya belum ternak kenari lagi om, sejak pindah ke Palembang belum ternak karena tempat tinggal saya sempit tidak ada tempat utk ternak :), kita sama-sama berdo’a agar bisa sukses diternak kenari, wassalam

  25. 45 prabu 17 December 2011 at 4:54 pm

    om sofyan trima kasih bnyk ats masukannya semoga impian sy bisa terwujud….
    mhn diperbyk artikelnya dong biar bisa tambah ilmunya krn sy sll mantau bog ini setiap wakt…

    Amin, sebetulnya bukan karena banyak artikelnya om yang penting prakteknya hehe…. wslm

  26. 46 Tri 16 December 2011 at 12:44 pm

    Ass.wr.wb…
    om sofyan pa kabar,, lama tidak berkunjung ke blog ini,, hampir 8 bulan kali ya… dulu saya belajar banyak tentang breeding di blog ini… alhamdulillah satu indukan waktu itu beranak pinak sampe 4 periode..,,

    om keluar topik ya.. disini saya mau bertanya mengenai KN saya umur krg/lbh 6 bulan sering salto / bergelantungan diatas sangkar.. ,, bagaimana cara mengatasinya…,,?

    sebelumnya trmks..
    wass..

    Waalaikumslm, Alhamdulillah senang mendengarnya om, semoga ternaknya lancar Mungkin kenarinya masih liar yach om ?…. coba diatas sangkarnya pakai fiber om sehingga kenari kesulitan mencengkram ruji, demikian, wslm

  27. 47 febro 16 December 2011 at 9:47 am

    Assm.
    membaca paragraf pertama saya lgs tertawa geli..sepertinya kalo dikumpulkan cerita dari para peternak kenari ceritanya hampir sama…dapet omelan plus cemoohan dari bini juga hahahah….
    Untuk kenari impor mungkin agak repot sedikit karantinanya ya om… …sekedar sharing saya taruh kandang di dalem rumah ditambah penerangan pake lampu UV ketika siang hari selama 2 minggu..yah sesekali dijemur diluar ruangan tapi tdk terlalu lama..smp dia adaptasi dan bener2 sehat..
    mungkin untuk burung yg kena flu gitu cocok jg diperlakukan begitu.. plus dikasih antibiotik juga

    wassalam.

    terimakasih atas sharingnya om Febro, sangat bermanfaat bagi kita semua, wslm

  28. 48 prabu 15 December 2011 at 4:28 pm

    om sofyan salam kenal saya baru tahap belajar banyak ttg per kenari an…
    saya sering baca-baca di blog dan saya sangat terbantu sekali dlm memahami mslh burung kenari.
    mhn masukan om sofyan krn saya berencana mengembangkan ternak kenari ini…
    saat ini saya udah mengkoleksi bbrapa betina yg rata2 berumur 3.5 bulan bagamana perawatan yang baik shgg di kemudian hari indukan yang saya siapkan ini bs menghasilkan bibit2 yang baik..
    trima kasih bnyk sblmnya dan semoga blog ini ttp selalu berkembang dan mmbawa barokah bagi kita..

    Untuk memelihara kenari bahan biasa saja om, yang penting cukup pakan, minum dan jaga kebersihan sangkar, demikian om semoga ternaknya lancar, wslm

  29. 49 yunior 12 December 2011 at 6:04 am

    om faisal sombong sekarang om sofyan he..he udeh jarang nongkrong di importir….he..he

    Mungkin temen-temen nongkrong om Faisal udah habis om, jadi om Faisal jarang nongkrong di importir hehe…. wslm

    • 50 Faisal. 19 December 2011 at 2:50 am

      @ Om Yunior : waduh…kok somse sih om :P…
      Ane kesono gak kebagian mulu, jadi males om, masa ke pak hendra cuma jadi panitia penyambutan doang, udah gitu malem2 bgt lagi xixixixixi….

      @ Om Sofyan : bener om, udah abis-bis..xxixixixi, ada jg yg alih profesi jd peternak MB, importir jg ada tuh wkwkwkwkwkwkwk……
      Ane skr jadi rada males mau ke pramuka, krn itu tadi…hanya jadi panitia penyambutan ajah… nggak ke waktu dulu, bisa sambil duduk2, ngobrol pilih2 YS :(

  30. 51 Adi S 10 December 2011 at 5:39 am

    om sofyan salam kenal saya baru belajar tentang kenari
    sebelumnya saya dah sering baca-baca di blog ini menurut saya sangat membantu sekali bagi rekan – rekan yang mau memahami tentang kenari

    maaf om saya ada 2 pertanyaan seputar penyakit kenari yang saya alami 2 minggu belakangan ini

    1 kenari saya kena penyait sama kayak yang di ceritain om sofyan di atas ciri2 nya mata berair dan dari hidung keluar lendir saya tangani dengan memberikan larutan penyegar dan perbanyak telur puyuh satuhari 1/2 butir rutin setiap hari, mandi 2 hari sekali semprot, jemur sehari 1 jam, sampai sekarang burung masih bertahan hidup tapi penyakitnya belom sembuh juga ada saran gak biar nih kenari gak mati.

    Om kenari sedang sakit jangan dimandiin apalagi mandiinnya disemprot bisa berbahaya tuch om….untuk pengobatannya coba diberi antibiotik (saya biasa menggunakan obat Spektra atau Super N), untuk sementara jangan dijemur, pemberian telor puyuh bisa dilanjutkan.

    2 hampir di waktu yang bersamaan kenari saya yang lain kena berak darah saya tangani dengan cara di atas dalam waktu 4 hari mati kenari nya.. har ini ada lagi 1 kenari saya yang lain yang kena berak darah mohon saran untuk cara penanganannya dan apa penyebab penyakit berak darah tsb jadi besok-besok bisa saya hindari..

    Coba diberi obat berak darah bisa dicari di kios burung, penanganannya seperti diatas. Penyakit berak darah disebabkan oleh pola perawatan yang kurang baik, sangkar beserta peralatannya (tempat makan & tempat minum) jarang dibersihkan, EF (sayuran, telor puyuh dan buah2an) setiap sore hari dibuang, demikian om

    sebelumnya saya mengucapkan terimakasih
    semoga peternakan kecilnya om sofyan segera bisa bebas dari hama penyakit dan segera bisa produksi lagi aminnnnnnnnnnnn

  31. 52 Faisal. 9 December 2011 at 6:43 am

    Hmmm…jadi inget waktu itu nih, masa kelam belajar ternak..
    Bahkan ane inget, ada temen yg sampe stop total piara KN… tp akhirnya dia nyerah dan mulai piara lg KN…:P

    Note : Keknya Ring di foto KNnya ane kenal neh…xiixixixixixi

    *kabur……

    Siapa tuch om …??? …. waduh masih hapal sama ringnya yach ?? hehe…. bagaimana kabarnya om ??… kapan kita jalan bareng2 seperti 3 atau 4 tahun yang lalu hehe… wslm

    • 53 yunior 12 December 2011 at 6:05 am

      ring ente tuh om..burungnya kalau gk salah di ane..he..he

      Emang ringnya om Faisal, dan kalau gak salah termasuk yang diborong om Yunior hehe… emang kenarinya masih ada di om Yunior ? wslm

      • 54 Faisal. 19 December 2011 at 2:56 am

        xixixixixi…..
        Kabr baik, alhamdulillah om..
        Om Sofyan n Om Yunior gmn kabarnya??

        Iya om, ane masih inget ringnya karena pesennya jauhhhh…xixixixi
        Skr, mau pesen lag yg kek gitu, eh yang diminta tolong udah pindah ke Jakarta hehehehehe…. (orangnya baca gak yah??? :P)

        MAsih ada tuh om Yunior KNnya???

        Kabar saya alhamdulillah baik om, yang pindah kan orangnya om… kalau pembuat ringnya kan masih di Yogya om hehe…., saya sudah lama tidak ketemu beliau, gimana kabarnya yach ?… hehe…. wslm

  32. 55 kimi 7 December 2011 at 4:49 pm

    thanx buat sharingnya… mudah-mudahan ini semua akan menjadi bekal untuk saya memulai usaha ini

    amin, tks

  33. 56 Wawan_gudboy 6 December 2011 at 7:08 am

    Sukses slalu om

    amin, terimakasih atas do’anya om

  34. 57 yunior 6 December 2011 at 4:54 am

    ngeri euy.. he..he

  35. 58 upik 5 December 2011 at 3:38 pm

    Gotong royong RE Martadinata om.,daerah lemabang. Kapan2 boleh silaturahmi kerumah ya om ? mau minta wejangan langsung nih,

    Wassalam

    Insya Allah di Palembang akan ada tempat kumpul-kumpul yang cukup representatif untuk ngobrol ngalor ngidul, nanti kalau sudah siap akan saya informasikan di blog ini, wslm

  36. 59 Uphay 5 December 2011 at 10:08 am

    Mantap sharingnya… thanks juga advise nya dengan disibukkan BBMan,,, xixiixix… memang pergantian musim ini menyebabkan naiknya segala jenis penyakit ke permukaan, semoga bisa teratasi dengan bijak, dan ambil hikmah dari setiap kejadian…. thanks. ditunggu betina F1YsLz nya yah om….
    cuiit..cuit….

    Sama2 om maaf BBMannya banyak terputus karena terganggu kerjaan, F1YSLZ-nya belum ada om baru tahap penjodohan :), wslm

  37. 60 reeant007 5 December 2011 at 4:34 am

    trims buat sharing yah om…

    Sama-sama om Reeant

  38. 61 bambang 5 December 2011 at 3:11 am

    Duh ………, pengalaman yang berharga…, semoga nggak dialami oleh yang lain………….

    amin, memang kalau pernah ngalamin terkena wabah penyakit seram om, saya mengajak ke rekan-rekan kenarimania jangan lengah dalam merawat kenari, wslm

  39. 62 upik 4 December 2011 at 2:45 pm

    makasih sharingnya om, apalagi menghadapi cuaca palembang yg tak tentu. sukses selalu.

    wassalam,

    om Upik, tinggal di Palembang ?, didaerah mana om ?, trmksh


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,275,464 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

