Perawatan Kuku Burung Kenari

Saya coba melanjutkan pembahasan mengenai pemeliharaan kaki burung kenari, pada tulisan yang lalu saya membahas mengenai pemeliharaan sisik kaki burung kenari. Untuk saat ini saya akan sharing mengenai pemeliharaan kuku burung kenari. Dengan semakin bertambahnya umur burung kenari selain sisik kaki yang menebal kuku juga ikut bertambah panjang. Kuku yang panjang selain mengurangi ke indahan penampilan juga membuat burung kenari kerepotan karena daya cengkramnya berkurang, dan jika terbang ke ruji sangkar kadang-kadang kuku menyangkut.

Untuk mencegah agar kuku burung kenari tidak bertambah panjang ada 2 hal yang harus dilakukakan yaitu :

Satu dengan cara kuku burung kenari dipotong secara berkala. Adapun cara memotong kuku burung kenari yaitu burung kenari dipegang tangan kiri sedangkan tangan kanan memegang gunting, mengenai alat pemotong kuku terserah mau menggunakan gunting atau alat pemotong kuku (gunting khusus buat kuku), hanya yang harus diperhatikan adalah pada saat memotong kuku jangan sampai terlalu dekat atau malah memotong pembuluh darah. Jika sampai pembuluh darah terpotong akan kesulitan menghentikan pendarahannya. Untuk lebih jelas bisa lihat gambar.

Pada saat memotong kuku, jari burung kenari jangan sampai banyak bergerak, jika terlalu banyak bergerak dikhawatirkan malah terpotong jarinya. Usahakan memegang burung kenari pada saat memotong kuku terasa nyaman jangan terlalu kencang dan jangan terlalu longgar Jika terlalu kencang dikhawatirkan burung kenari tidak bisa bernapas, jika terlalu longgar takutnya kenari lepas. Bagaimana memegang burung kenari yang baik pada saat akan memotong kuku ?, peganglah burung kenari dengan nyaman, kepala burung kenari berada diantara jari telunjuk dan jari tengah atau kepala burung kenari berada diantara ibu jari dan telunjuk…. tergantung anda, mana yang paling nyaman. Biar jelas bisa melihat pada gambar.

Yang kedua yaitu tangkringan yang digunakan harus ada hamplasnya. Dengan menggunakan tangkringan yang ada hamplasnya diharapkan kenari bisa memelihara kuku-nya sendiri. Seperti kita ketahui burung-burung di alam bebas jarang terlihat kukunya memanjang, mungkin mereka punya cara tersendiri untuk memotong kuku-nya. Burung yang dipelihara didalam sangkar mempunyai fasilitas yang tersedia terbatas maka kita sebagai tuannya harus menyediakan alat untuk merawat kuku.

Demikian pembahasan mengenai kuku burung kenari mudah-mudahan ada manfaatnya…..

About these ads

20 Responses to “Perawatan Kuku Burung Kenari”


  1. 1 sigit 18 December 2013 at 9:12 am

    Om waktu saya motong kuku kenari g sengaja kena pembulu darah, darahnya udah berenti cuma jadi kaki’a sering di naikin sebelah. Cara ngobatinnya gmn y om?

    penanganannya diusahakan untuk memberhentikan pendarahan, kalau pendarahannya sudah berhenti insya Allah selamat om. Jika pendarahannya berhenti tinggal pengkondisian stamina burung, ketempat makannya ditambahkan vitamin, untuk sementara kenari dikerodong dulu om biar tenang, jika sudah terlihat lincah bisa dijemur dan dilakukan perawatan seperti biasa….

  2. 2 eka wahyudi 6 October 2013 at 3:48 am

    burung kenari saya mungkin digigit nyamuk di bagian kepala sampe benjol sih agak besar cara menyembuhkanya bagaimana ya..?

    benjolan pada kepala, terutama dekat mata biasanya bukan digigit nyamuk namun penyakit benjolan diakibatkan oleh penyakit snot…. untuk mengobatinya diberi obat anti snot sangkar terutama tangkringannya dibersihkan minimal seminggu sekali……

  3. 6 Ari Ramadhan 2 September 2013 at 4:23 am

    Bagaimana om jika kuku kenari terpotong sampai berdarah?????
    perawatannya susah gak?

    Usahakan jangan sampe terkena pembuluh darahnya om, karena susah memberhentikan aliran darahnya akibatnya bisa mati….

  4. 7 tri hat 25 March 2013 at 9:59 am

    Salam Kenari Mania,,

  5. 8 Kafid 9 December 2012 at 9:25 am

    asslmkm …salam kenal aku dari semarang…
    pengin berternak kenari beli indukannya dimana ya????…terima kasih

  6. 9 wisnu 1 April 2012 at 6:05 am

    Om Sopyan salam kenal nih, saya mau tanya kalo kenari kuku/ kakinya berjamur/ ada kelihatan bengkak penanganannya bagaimana/ obatnya apa ya? Tolong di share om. Thanks sebelumnya

    • 10 marandito 2 April 2012 at 8:44 am

      Om Wisnu sambil nunggu suhunya, saya share pengalaman saja Om..siapa tahu bisa bantu..
      Coba dipastikan dulu apakah itu jamur, kutu atau digigit nyamuk
      kalau jamur pakai salep 88 bisa Om, kalau digigit nyamuk diolesi minyak tawon bisa kempes setelah 3 harian, untuk kutu bisa pakai obat kutu atau cara lain( daun sirih ,air beras dll )
      semoga rekan yang lain dan suhunya bisa melengkapi share saya ini
      Salam Sukses

      Saya rasa sharing dari om Marandito sudah cukup dan maknyus hehe…. terimakasih om sudah berkenan sharing diblog semoga menjadi ilmu yang bermanfaat… amin… salam

      • 11 wisnu 8 April 2012 at 2:54 pm

        Om Marandito, terimakasih atas sarannya. Cuma saya kurang tau nih ya jamur, kutu atau di gigit nyamuk. Cuma saya lihat pada ujung jari kakinya (dibawah kuku) itu ada benjolan seperti kakinya itu besar ujungnya jadi kukunya keatas. Kalo begitu kondisinya itu kutu, jamur atau di gigit nyamuk ya, mohon bisa di comment pertanyaan saya. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.

  7. 12 joko 14 March 2012 at 3:16 am

    Salam kenal Om Akhmad Sofyan, terima ksh info’nya… perkenalkan sy joko dari jateng mencoba utk ternak kenari. salam kenal utk kenari mania seluruh indonesia….

  8. 13 lwan 7 February 2012 at 4:07 pm

    kalau kenari ber postur badan kecil bagus gk untuk kualitas suara

  9. 14 febro 6 February 2012 at 5:15 pm

    Mas sofyan
    Sekedar share..
    Sya punya pengalaman kenari betina yg punya kuku atau kaki sangat lemah…,sampai2 mau ditidurin ma jantan pasti jatuh dr tangkringan…
    Lalu punya ide.. sy rubah posisi 2 tangkringan agak jauh2an..lumyan jd agak mencengkram sekarang…kandang umbaran jg penting kynya ya om..¬_¬
    Salam
    Febro

  10. 16 haris 1 February 2012 at 5:02 am

    om mo nanya nich.. kenari saya dah 2 (dua) bulan lebih ndak bunyi-bunyi.
    padahal sebelumnya gacor.
    klo bleh tahu cara ngatasinya supaya gacor lagi gmana? padahal saya dah coba memaster ulang ttap saja tidak ada perubahan..
    gmana tu om..?

    • 17 Uphay 7 February 2012 at 6:07 am

      Om Haris, biasanya KN berhenti gacor saat Mabung, kawin dan sakit / ngedrop. Nah kalau krn ngedrop, obatnya dilakukan perawatan intensif dengan mandi rutin dan jemur agak lamaan. Mulai sore sudah dikerodong dan taruh ditempat tenang dan sepi. beri pakan yang bervariatif, telur puyuh, apel, sayuran, gambas diselingi (sekali2 boleh kasih kroto halus). bila sakit, dicari tahu sakitnya dan segera diobati. Semoga bermanfaat.

  11. 18 ibnu sakha 27 January 2012 at 3:51 pm

    om sofyan minta no hp om yunior dong saya mau main ke peternakan kenarinya dan sekalian mau tanya harga kenari YS sekarang berapa ya om, terima kasih om ditunggu jawabannya ya om..

  12. 19 gus rud 26 January 2012 at 3:29 am

    om aku punya indukan knari 3.biasanya tu slalu produksi.tp br2 ni pejantanya aku ganti AF.kox g bs netas ya om.pd hal pjantanku AF jg udah pernah punya ktrnan.mhn solusinya om sofyan.thank^s

  13. 20 made parta 25 January 2012 at 1:38 am

    terima kasih om sofyan atas artikelnya..
    saya juga punya masalah kuku pada kenari
    kuku2nya pada bengkok semua
    kira2 gimana mengatasinya ya om..??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,261,498 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 173 other followers

%d bloggers like this: