Apa yang dimaksud F Series

“Om ada F1 gak ?”

Kalau sudah dapat SMS atau email seperti ini saya kadang-kadang bingung sendiri (maaf bingungnya gak ngajak-ngajak …. :) ), kalimat diatas susah menterjemahkannya. Saya tidak tahu apakah saya yang kuper (ketinggalan informasi) sehingga ketika ada pertanyaan diatas saya bingung untuk menjawabnya.

Yang saya tahu F itu sendiri singkatan dari Filial yang kalau diartikan secara gampangnya yaitu peranakan/keturunan dari hasil breeding, biasanya F diikuti dengan angka seperti F1, F2 dst. Artinya F1 itu adalah keturunan pertama hasil silangan dari indukan A dengan B, F2 turunan ke 2 dst. Sebagian besar hobis burung kenari mempersempit makna dari F1 itu sendiri, biasanya yang dimaksud F1 di komunitas burung kenari adalah burung kenari hasil silangan Yorkshire dengan kenari lokal/super. Padahal hasil silangan kenari beragam ada breeder yang menyilangkan kenari Lizard dengan lokal, WS, gloster dll. Bagi saya Pribadi lebih senang mengambil jalur murni (breeding YS dengan YS, Lizard dengan Lizard dll) bahkan kalau bukan karena ingin sharing dengan rekan-rekan kenarimania di Palembang saya hanya focus di satu jenis burung kenari.

Didunia breeding kita mengenal ada kawin silang, dimana breeder melakukan kawin silang bertujuan sebagai berikut :

Pertama, mempertahankan sifat asli individu karena mempunyai sifat individu yang langka, contoh yang umum didunia burung kenari yaitu mengawin silangkan kenari Yorkshire dengan burung kenari lokal/super. Selain ingin mempertahankan sifat individu dari Yorkshire juga ingin memperbanyak burung kenari Yorkshire dengan biaya tidak terlalu tinggi. Proses kawin silang-nya adalah Induk Yorkshire dikawinkan dengan kenari lokal, hasil silangan YS dengan lokal disebut F1YS dari beberapa anak yang mempunyai kualitas unggul body besar mirip induknya dikawinkan kembali dengan induknya maka lahir F2YS. F2YS yang terbaik dikawin silang dengan kakek/nenek maka lahirlah F3YS, F3YS terbaik disilang dengan buyut maka lahirlah F4YS. Tahap F4 ini merupakan fix strain maksudnya jika F4YS disilang dengan F4YS anaknya merata (seragam) seperti buyuknya.

Kedua, tujuan peternak dalam breeding yaitu meningkatkan kualitas individu, setiap makhluk hidup mempunyai kelebihan tetapi dibalik kelebihan tersebut juga ada kekurangnya. Sebagai hobis tentu kita ingin mendapatkan hewan kesayangan yang mempunyai kualitas tanpa cacat. Untuk menutupi kekurangan tersebut maka diadakan kawin silang. Saat ini bahkan sejak dahulu berkembang rumor bahwa kenari warna cerah sulit memenangkan lomba tarik suara, rata-rata kualitas maupun staminanya kalah oleh burung kenari warna hijau.

Bertolak dari rumor diatas maka kenarimania berpacu mengerahkan berbagai ilmu yang didapat untuk menghasilkan burung kenari dengan warna ciamik disertai suara yang menarik hati. Dalam cross breeding ini tidak mengenal fix strain/tidak mengenal batasan sampai tahap mana (keturunan berapa), jika si breeder sudah merasa cocok dengan hasil silangannya walaupun baru 1 tahap (F1) maka kawin silang bisa dihentikan.

Ngomongin proses kawin silang jadi ingat cerita saya di tulisan terdahulu, dimana pada zaman dulu ada 2 buah kerajaan yang ingin menikahkan putra/putri kedua kerjaan tersebut. Dimana putra mahkota itu jelek tetapi dikenal akan kepintarannya yang tiada tanding, sedangkan putri kerjaan satunya lagi mempunyai paras cantik hanya sayang bodohnya minta ampun.

Disepakatilah oleh kedua Raja untuk menikahkan anaknya dengan harapan cucu-nya nanti mengambil sifat unggul dari kedua orang tuanya, yaitu cantik/ganteng dengan kepandaian tiada tanding. Namun apa yang terjadi setelah cucu-nya lahir, ternyata cucu-nya mengambil sifat-sifat jelek kedua orang tuanya yaitu rupanya jelek dan bodoh… lha kok jadi ngawur kemana-mana, maaf hanya sebuah catatan kecil mudah2an rekan-rekan bisa memaknai inti dari tulisan ini………. :)

About these ads

32 Responses to “Apa yang dimaksud F Series”


  1. 1 Iyan_soff 9 November 2013 at 10:12 pm

    Om mau tanya,harga kenari YORKSHIRE di pasaran sepasang berapa?

    sekarang harga YS semakin tinggi om, minimal 5 juta

  2. 2 kiki setiawan 4 May 2013 at 5:14 pm

    Om Sofian mau tanya, kalau mis F1 atau F2 dikawinkan dgn induknya itu, apakah harus indukan bapak yg dipakai?

    Bebas om, silahkan mau dibolak balik juga tidak ada masalah (anak betina X Bapak atau anak jantan X Ibu) hanya perlu ketelitian dikhawatirkan nanti anaknya membawa gen jelek dari induknya, untuk mengetahui gen jelek atau bagus tidak bisa dilihat secara kasat mata harus melalui praktek, dan itulah yang membuat seru dalam dunia ternak…. salam

  3. 3 Yudhiirawan 6 April 2013 at 5:27 am

    Saya setuju dengan om,manusia cma bsa berharap..tp yg Maha Kuasa yg menentukan

  4. 4 Burung Kacer 18 February 2013 at 12:02 am

    Mantrapp nie infonya omm,, saya mau cari kenari buat memaster burung kacer….

  5. 5 alfen3 26 December 2012 at 11:45 am

    om boleh gk kpn kpn saya ke rumah om.
    mau liat kenari om.

  6. 6 siendhony 25 July 2012 at 9:04 am

    met sore oem sofyn n oem2 smw, mau tanya kl kenari LIZARD*SPANIS T.(galur murni) anakny ap bs d.sebut f1lizard?? Nuwun jawabannya…..

  7. 8 e_way 2 July 2012 at 4:01 am

    siang om smua,

    saya e_way d bekasi
    berharganya blog ini, banyak memberikan pencerahan apalagi untuk saya yang baru mau belajar tentang ternak kenari, sementara saya masih mengumpulkan data sambil praktek ternak,
    maka , saya sangat mengharapkan ada artikel panduan yg lebih memandu,,(( hehe maaf kalo membingungkan)

    salam sukses buat semua

  8. 9 suga 19 June 2012 at 3:47 am

    mohon masukan terjemahan sy yg awam ya om.
    untuk fixed strain :
    kalo YS x YS, anaknya = F1
    F1 x YS, anaknya = F2
    F2 x YS, anaknya = F3 dst
    mo disebut F apapun, anaknnya tetap YS (murni)

    silangan:
    ini yg prosesnya njelimet.
    intinya, kl mo dapat hasil silangan yg bisa jadi fixed strain (jenis baru yg ga berubah2) harus sampai turunan ke 4(F4) atau kadang ke-6(F6).
    misalnya hasilnya kenari A. nanti si A x A anaknya akan A, ga akan muncul YS (walaupun dulu induknya ada yg YS), karna A sudah fixed strain.
    contohnya kenari american singer, atau kenari lokal / holland kl dikita.
    kan lokal x lokal pasti lokal, ga bakal muncul YS (ngarep mode) :)

    berarti breeder kita sudah bisa bikin fixed strain. ya itu, kenari lokal atau holland.

  9. 10 Rudy_java 30 May 2012 at 12:07 am

    Mendel itu orang mana kang?
    Orang betawi ya? Hehe he , , , ,yang gue tau sih istilah AF, F1 DLL di gunakan untuk membedakan campuran persilangan aja, , , Kalo istilah AF mungkin yang bikin ea asal ngarang aja, , ,wong endak ngerti bahasa enggris, , ,:d yang jelas paham yang di maksud AF & enak di telinga hehe udah.

  10. 11 Jimbon 26 April 2012 at 11:01 am

    Om,

    Kalo F1YS x F1YS, anakannya disebut apa ya ?
    Kalo ditanyain yang mau ngambil, cuman bilang F1YS x F1YS, tapi kok kepanjangan … hehehehe

    Matur Nuwun

    Hasil silangan F1YS x F1YS ada yang bilang F1YS lokal ada juga yang nyebut AF, tapi saya setuju dengan pendapat om menyebut silangan antara F1YS x F1YS, saya rasa konsumen lebih senang diberi penjelasan secara panjang lebar :) demikian mohon maaf jika kurang berkenan… wassalam

  11. 12 kriwil 17 April 2012 at 5:52 am

    ada info lagi om.
    Didaerahku lagi ada wabah lagi, banyak peternak kenari baik yg bodi besar dan lokalan pada mengalami.
    Tidak tau penyebabnya, tau tau kenarinya mati.
    Malah ada yg lebih tragis lagi pengalaman teman, kenari pejantan f2, baru aja digantang (jemur setelah dibersihkan sangkarnya), langsung nyungsep mati.
    Penyebabnya belum ditemukan.
    Semoga wabah tsb cepat hilang.

    Wuihhh seram Pak, semoga KN kita terlindung dari wabah yang mematikan …amin … wassalam

  12. 13 kriwil 11 April 2012 at 7:00 am

    maaf om, saya bukan ahli biologi, cuma waktu sma dapat pelajaran ttg hukum mendel.

    Wakz… F16 mah pesawat om.
    Kalo diluar negeri (khususnya breeder) kebanyakan mengawinkan 1 jenis kenari (galur murni),. Beda dg di indonesia yg menyilangkan dg kenari lokal (lokal = biar gampang dimengerti).

    Dan umumnya yg mereka tau kalo f1 kenarinya gede.
    Pernah ada tamu tanya f1, kebetulan waktu itu saya punya f1 lizard umur 5 bulanan.
    Tamu tsb mlh bilang kalo kenari tsb lokal n warnanya spt burung gereja. Dan mau bayarin 80k.
    Weeladalah, akhirnya cuma bisa ketawa dlm hati smbl nahan dongkol. Hehe.

    Iya Pak mereka beranggapan F1 itu turunan Yorkshire, itulah dinamika ternak kenari tapi saya punya keyakinan bahwa suatu hari akan hadir peternak galur murni di Indonesia. Saya berharap blog yang Bapak kelola diupdate terus sehingga kami-kami yang awam bisa mengerti mengenai ilmu genetika …. wassalam

    • 14 kriwil 17 April 2012 at 5:58 am

      maaf om, sampai saat ini saya tidak memiliki blog. Rasanya ilmu dan pengalaman saya belum cukup, apalagi dibidang perkenarian, ilmu dan pengalaman saya msh sangat rendah.

  13. 15 kriwil 11 April 2012 at 6:47 am

    weleh, om bs aja.
    Saya itu cuma jarkoni (bisa ngujar [omong] tapi gak bisa nglakoni [melakukan]).
    Saya cuma menyampaikan teori ilmu murni ttg breeding. Saya cuma prihatin jika ada breeder luar negeri tau ketidakmengertian breeder kenari indonesia thd ilmu breeding.
    Sekarang saya lg vakum ternak, lg ngumpulin modal sambil liat situasi stlh kmrn hampir 90% mati. Penyebabnya saya blm tau, padahal udah konsultasi sesama rekan bahkan dokter hewan.
    Kemungkinan penyebabnya adalah matinya musuh alami penyakit tsb krn bencana alam (waktu gunung merapi meletus).
    Banyak rekan breeder di daerah muntilan jateng yg mengalaminya, termasuk saya.
    Gejalanya
    – ada yg bengkak dibawah lutut.
    – ada juga yg tdk menunjukkan gejala sakit (kebanyakan indukan waktu ngeram telor atau waktu anakan msh kecil).
    Weleh, malah jadi curhat. Maaf om.

    Peternak burung kenari di Indonesia masih jarang hobi murni Pak, masih rebutan dengan kebutuhan dapur jadi belum sempat memikirkan ke level proses ternak yang berkelanjutan… ketika ada trend jenis burung kenari baru maka rame-rame ikutan ternak burung kenari yang sedang tren indukan lama dijual…. Insya Allah suatu hari akan tercipta peternak yang betul2 mempertimbangkan breeding secara lebih baik…. wassalam

  14. 16 kriwil 10 April 2012 at 6:53 am

    saya sendiri yg dulu pernah belajar biologi juga bingung.

    Bingung tiap kali baca artikel breeding kenari silangan dua jenis yg berbeda, karena sering ada pernyataan kalo f4, f5, atau f6 udah fixed strain, sedangkan mereka belum mengujinya.
    Jangankan menguji, untuk mengetahui resesif ato dominannya aja kita belum tau.

    Padahal dalam hitung2an probabilitas hasil persilangan dibutuhkan pengetahuan tentang gen dominan dan resesif, belum lagi kalo nanti waktu perkawinan terjadi penyimpangan.

    Tapi ada solusi yg paling mudah, yaitu dg uji DNA, tp mahal, peternak besar aja akan mikir 20x, apalagi peternak kecil.

    Yang ahli biologi saja bingung, apalagi saya orang teknik hehe…. beruntung saya bisa bertemu dengan Bapak hehe…. BTW dalam tulisan diatas disebutkan bahwa anakan terbaik (kualitas unggul) dijodohkan dengan induknya, kenapa saya menyebut kualitas unggul (bodi besar, suaranya bagus dll) karena saya tidak tahu apakah si anak tersebut membawa gen resesif atau dominan. Sebagai orang awam biologi untuk menentukan sifat dominan/resesif adalah melihat anak hasil silangan dari individu tersebut…. jika anaknya banyak mengikuti salah satu pasang maka indukan tersebut dominan…. Pengalaman saya untuk mendapatkan sampai F4 membutuhkan waktu yang tidak sedikit minimal 3 tahun itupun kalau ternaknya lancar, kalau induknya mati tambah lama lagi… itulah salah satu penyebabnya jarangnya peternak kenari sejati di Indonesia…. Tetapi saya yakin jika kita mau insya Allah 5 tahun yang akan datang akan ada peternak yang sabar sampai mencapai F8 hehe… di Amerika saja sudah sampai F16 … hehe…. Terimakasih Pak sudah berkenan berbagi … mohon maaf jika candaan saya tidak berkenan…. wassalam

    • 17 Uphay 11 April 2012 at 6:17 am

      Wuih mantap nih Om Kriwil,,,,, jadi daripada pusing, mending main Fixed Strain yah…. hehehhe, YS Vs YS = YS (bukan YS Lokal yah…xixixi), tapi belum banyak yang bisa produksi secara masal. coba ada komunitas khusus peternak YS yah… mungkin akan berbeda… ga akan harganya selangit… fiuvhhh,,,,,

    • 18 Uphay 11 April 2012 at 6:56 am

      Sama om, apalagi saya bidang keuangan… ini baca blognya baru faham yang test cross… fiuvhhh…. tapi top artikelnya,,, jadi nambah ilmu,,, sering2 yah om.. hehehehhe

  15. 19 kriwil 10 April 2012 at 6:38 am

    breeding kenari di indonesia, kalo dilihat, terkadang keluar dari pakem hukum mendel, entah siapa yg mulai, contohnya kriteria f1, f2 dst, bahkan ada af (dlm hukum mendel tdk ada istilah af).
    Imho, untuk test cross n back cross bisa sampeyan lihat di http://biologiklaten.wordpress.com/bab-24-hereditas-xii/

    Itulah yang menjadi kegalau-an hati saya Pak banyak hal aneh di dunia ternak kenari apalagi kalau masuk lebih kedalam lagi wuahhhh tambah runyam, sebetulnya saya banyak berharap orang-orang seperti Bapak memberikan pencerahan terkait teori breeding, sehingga kami-kami yang awam mengenai ilmu genetika bisa tercerahkan…. terimakasih atas sharing link-nya Pak… wassalam

  16. 20 kriwil 6 April 2012 at 3:37 pm

    maaf lanjut,
    kalo cuma dilihat dari keseragaman anakan, apakah bisa disebut fixed strain?? mengingat indukannya hasil silangan 2 jenis kenari.

    Om Kriwil, yang saya dapat dari beberapa sumber mengenai breeding seperti itu, barangkali om punya pendapat lain… saya sangat senang jika om berkenan sharing mengenai breeding di blog ini… wassalam

    • 21 Uphay 10 April 2012 at 6:20 am

      Maaf nimbrung… setuju dengan om Sofyan dan Om Kiwil, sebenarnya tuk mendapatkan Fixed Strain itu dasarnya adalah teory “Mendel”. tujuan teory Mendel sendiri untuk keberlangsungan hewan / tumbuhan dari kepunahan dan perbaikan genetik. Nah, kalau di Indonesia, tujuan mencetak Fixed Strain sepertinya belum jelas, hanya sebatas “Passion” saja (itu yang saya alami). pengen nyetak F1YSLz, F1YSBD, dst. cuma sepengetahuan saya, Fixed Strain sempurna (100%) adalah di keturunan keenam (F6) yang merupakan fixed strain yaitu strain (jenis) yang mempunyai sifat-sifat permanen dalam hal warna, bentuk bodi, volume (Teory mendel). maaf kalau salah, soalnya juga boleh nanya sama Mbah Google…. xixixiixix…

      Mantap… yuk kita tingkatkan pengetahuan kita mengenai breeding, insya Allah semakin tambah bersemangat dalam berternak ….:) wassalam

  17. 22 kriwil 6 April 2012 at 3:35 pm

    maaf om…. saya kurang sependapat dengan “Tahap F4 ini merupakan fix strain maksudnya jika F4YS disilang dengan F4YS anaknya merata (seragam) seperti buyuknya.”
    1. apakah sudah dibuktikan secara uji DNA, atau yang paling murah seperti back cross dan test cross???
    2. kalo tujuannya untuk mencari fixed strain, kenapa repot2 dikawinkan kenari lokal?? kan tinggal kita maunya apa, kalo cari fixed YS, tinggal kawinkan YS jantan x YS betina, kalo pengin fixed border, tinggal kawinkan border jantan x border betina dan seterusnya.

    1. om bagi saya pribadi daripada buat test DNA mendingan buat beli YS, yang saya tahu biaya test DNA mahal hehe…. om tolong pencerahannya mengenai back cross & test cross, sehingga diskusinya lebih mantap.
    2. Dalam artikel diatas saya sebut “contoh yang umum didunia burung kenari yaitu mengawin silangkan kenari Yorkshire dengan burung kenari lokal/super”, disitu saya jelaskan bahwa contoh yang umum, tujuan saya ingin memberi contoh yang mudah… karena yg saya tahu dibidang kenari. Saya tidak bisa memberi contoh melestarikan “gajah” umpamanya, karena saya tidak tahu untuk melestarikan gajah dikawin silang dengan binatang apa hehe…. (maaf becanda om)… Demikian om, saya tidak bermaksud mengurui siapapun, saya hanya ingin berbagi dengan kenarimania walopun dengan pengetahuan saya yang masih secuil, wassalam

  18. 24 febroz 3 April 2012 at 6:59 am

    om sofyan
    bagaimana pendapat om sofyan mengenai perkawinan kenari sedarah atau satu keturunan?
    a.tidak boleh dan haram hukumnya
    b sebaiknya dihindarkan,
    c.kl permintaan banyak yah diem2 boleh..hihihihi
    d.boleh2 aja
    e.ragu-ragu

    hehehe..
    selesai tidak selesai dikumpulkan…

    tks
    febro

    Kalau menguntungkan boleh-boleh saja om hehe….. wassalam

    • 25 Uphay 5 April 2012 at 11:28 am

      Udah Om Febroz…. bagi bagi dong F1 Bordernya…. xixixiixix….. Sukses terus yah om… nanti coba ke galur murni, biar banyak Border Lokalnya,,, hehehhe,,,

      • 26 febroz 12 April 2012 at 4:36 am

        mau pake tiki opo herona boss…hahahahah
        rumah sejengkal komunikasi tetap di blog om sofyan..
        kalo buat om uphay tinggal pilih aje deh…ditunggu dirumah yah..xixixixixi

      • 27 Uphay 13 April 2012 at 6:38 am

        Sik..Asiiik…. ntar malem saya numpang ngopi2 dah disitu… xixixixi…. CU

    • 28 kriwil 10 April 2012 at 7:04 am

      maaf nimbrung om.
      imho, Menurutku sah sah saja, krn selain manusia tdk ada istilah muhrim. Hehehe.
      Tapi menurut pengalaman tetanggaku yg ternak kenari lokal (iseng).
      Dulunya dia punya sepasang kenari lokal, setelah berjalan 6 tahun, dia punya lebih dr 30 ekor (yg masih hidup).
      Tapi anehnya kenarinya koq kecil2,
      sewaktu indukannya mati, dia beli betina lokal siap kawin dipasar. Sesampainya dirumah, disatukan dg pejantan hasil ternaknya. Alangkah terkejutnya dia, ternyata ukuran pejantannya hampir separoh dr betina yg baru dia beli.
      Kesimpulan sementara, inbreeding dlm jangka waktu lama bisa menurunkan kualitas anakan.

      Seru yach Pak kalau nyeritain dunia breeding, banyak terjadi hal-hal diluar dugaan ….. itulah yang menjadi semangat bagi saya dunia breeding penuh misteri dan penuh tantangan… wassalam

  19. 29 febroz 3 April 2012 at 6:44 am

    om sofyan
    bagaimana pendapat om sofyan mengenai perkawinan silang satu keturunan atau sedarah?..banyak lho yang melakukan hal tersebut…bisa runyam neh..hehehe

    tks om
    febro

    Om Febro, tujuan ternak secara inbreed atau satu darah biasanya untuk menyeragamkan kualitas anakan/hasil ternak… hanya ada beberapa kasus dimana anak yang dihasilkan cacat atau badannya kecil (kontet), itulah yang menarik dunia breeding kita selalu tertantang dan bereksperimen mengenai ternak…. mengenai system inbreed masih menjadi perdebatan di dunia breeding… demikian om … wassalam

  20. 30 marandito 2 April 2012 at 8:59 am

    Mantap Om Sofyan…maju terus…
    Salam sukses

  21. 31 ciplink 1 April 2012 at 12:16 pm

    salam kenal sebelumnya om sofyan saya ciplink dari purwokerto, trimakasih atas ilmu gratis ini saya angat terbantu dengan blognya om, saya sebenarnya udah lama dan sering mengunjungi blog ini… sebenarnya dari dulu saya mau nanya tp setelah saya cari semua masalah yg saya hadapi ternyata semua ada jawabanya di blog tercinta ini, semoga ilmu yang om gratiskan ini menjadi tabungan amal yang tak penah surut…amin.

    Amin, terimakasih om sudah berkenan berkunjung ke blog ini, semoga ternaknya lancar …. wassalam

  22. 32 Uphay 28 March 2012 at 10:38 am

    Setujuuuhhh…. tapi seperti pesan om sofyan, kita tidak pernah lelah menjawab dan menjelaskan lagi, bahwa F itu ya keturunan.. hehehhe, udah mulai gak sibuk kayaknya nih, bulan ini ada 2 artikel muncul…xixixiix…sukses yah om…

    Inilah salah satu misi kita om memperkenalkan kenari ke khalayak, ternyata tidak mudah memperkenalkan kenari banyak batu sandungannya tetapi insya Allah dengan kesabaran dan ketekunan semua akan terlalui… alhamdulillah sedikit rehat om, mudah2an kedepannya lebih longgar lagi sehingga bisa lebih intens ngisi blog hehe…. wassalam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,235,419 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 169 other followers

%d bloggers like this: