Alkisah ada sekelompok orang pencari harta karun menemukan gua yang diyakini didalamnya terdapat harta karun, mereka beramai-ramai mendorong pintu agar pintu penutup gua terbuka berbagai cara dan berbagai alat dipergunakan agar pintu terbuka tetapi pintu tersebut belum berhasil dibuka. Merasa pekerjaannya sia-sia ketua rombongan memutuskan meninggalkan gua tersebut. Beberapa hari kemudian dating rombongan lain sama dengan rombongan pertama mereka beramai-ramai mendorong pintu demikian juga hasilnya tetap nihil, 1,2 sampai 3 hari pintu tetap belum bisa dibuka, merasa apa yang dilakukannya sia-sia si ketua kelompok menginstruksikan agar beberapa orang merubah cara membuka pintu gua tersebut dimana selama beberapa hari mereka berusaha mendorong pintu dirubah dengan cara menarik pintu, apa yang terjadi cukup ditarik 1 orang pintu tersebut dapat dibuka dengan  mudah.

Contoh kecil saya mendapat keluhan dari seorang kenarimania dimana dia punya F2YS jantan sampai usia 1 tahun suaranya belum pecah, padahal berbagai cara telah dia lakukan mulai dari perawatan, pemberian makanan dan berbagai kiat pakar telah dilakukan tetapi hasilnya tetap nihil. Saya bilang kalau ada betina siap kawin coba kawinkan aja om, teman saya ini percaya gak percaya…. Dia bilang masa sich cuman gitu doang. Karena sudah patah arang akhirnya dia ikutin apa yang saya sarankan, sebulan kemudian dia telpon ngabarin bahwa kenarinya sudah mulai narik-narik …..

Bercermin dari cerita diatas kadang-kadang ketika kita menemui masalah untuk memecahkan permasalahan tersebut  kita berusaha memecahkan permasalahan dengan cara-cara yang hebat, mencari pemecahannya dari para pakar yang sudah malang melintang dibidangnya. Kadang-kadang kita lupa ketika menemukan suatu masalah untuk memecahkan masalah tidak selalu harus sama karena kadang-kadang membutuhkan cara yang lain walaupun  kelihatannya sepele.

Dihalaman ini saya memberikan kebebasa anda mengekpresikan diri anda hanya yang penting menjaga sopan santun dan jangan mencaci maki hobis yang lain….

256 Responses to “Curhat”


  1. 1 Bhuthur 23 April 2014 at 8:39 am

    Trims Mas saya sangat senang adanya blogs ini,sangat membantu kami para yunior2 Ɣǎ̜̍и̲̮̣̥̅Ǧ̩ ♏ªº°˚˚ beternak kenari.
    Sekali lagi trimakasih banyak.

    Kenari saya sudah 25 hari belum betelur juga? Musmetttt

    tidak perlu mumet om saya pernah ternak kenari selama 1 tahun tidak pernah menghasilkan/produksi, padahal indukannya bukan 1 ekor tetapi sekitar 10 pasang…. namun karena landasannya senang/suka ya dijalani saja…. alhamdulillah awal tahun 2014 ternaknya mulai produksi lagi….. jadi saran saya nikmati prosesnya, kalau om merasa terbebani atau tersiksa lebih baik tinggalkan kesehatan lebih utama…. maaf hanya sharing…..

  2. 2 rizki 23 April 2014 at 8:31 am

    maaf om mau tanya.
    kalo kenari pejantan taiwan disilang sama betina AF. anakannya namany apa ya um..
    matur suwun.

    om Rizki namanya campur aduk hehe…. maaf becanda om, mungkin anak hasil silangannya F1 taiwan kali ya ?… terus terang kalau ditanya mengenai hasil silangan saya suka kerepotan sendiri karena berhubungan dengan dapur orang hehe…..

  3. 3 Bhuthur 23 April 2014 at 6:02 am

    Pemberian lampunya ϑȋ̊ luar kandang om tapi nempel ({})•ⓢⓐⓜⓐ<3ⓢⓐⓜⓐ•({}) Sangkarnya.

    lebih baik lampu diposisikan jauh dari sangkar/kandang ternak yang penting kandang ternak sedikit terang, saya pribadi tidak menyarankan dalam kandang ternak diberi lampu karena pengalaman saya ada beberapa indukan ketika malam-malam mandi akibatnya kenari sakit…. apalagi kenari impor yang tidak tahan panas…

  4. 4 dana 23 April 2014 at 4:58 am

    Om di rumah ada LB sudah rajin bunyi om tapi kalau di arena LB nya jarang bunyi om harus gimana tu om

    Maaf blog ini khusus bahas kenari om, untuk LB bisa di blog lain….

  5. 5 dana 23 April 2014 at 4:41 am

    Om di rumah ada anak kenari albino dia sudah bunyi tpi agak masih malu2 om gimana tu om

    masih anak-anak om jadi bunyinya masih malu-malu, coba tempatkan/gantang di tempat yang orang sering lewat biar terbiasa melihat orang….

  6. 6 Bhuthur 22 April 2014 at 4:17 pm

    Satu lagi om.
    Apakah pemberian lampu 24jam pada perjodohan kenari sampe selesai meloloh anakanya tidak ada efeknya?

    pemberian lampunya di dalam kandang ternak atau diluar kandang ternak ?

  7. 7 Bhuthur 22 April 2014 at 4:11 pm

    Om apakah kenari betina akan bertelur meskipun cuma ϑȋ̊ kawini satu kali

    bertelur itu tergantung siklusnya om ya mirip-mirip traffic light walaupun jalanan kosong kalau sudah waktunya hijau ya hijau…. demikian juga burung kenari kalau sudah waktunya bertelor walaupun dikawinin hanya satu kali tetap bertelor…..

  8. 8 dana 22 April 2014 at 8:21 am

    Om kalau ngasih telur puyuh nya harus berapa kali seminggu om…

    Untuk kenari usia lepas sapih/dipisah dari indukan bisa diberi setiap hari, setelah mabung pertama atau sekitar 4 bulan cukup seminggu 2 kali….

  9. 9 Dwy Nugraha 22 April 2014 at 3:58 am

    Terima kasih banyak Om atas saran yg sangat berguna ini. Kalau nanti saya punya keluhan lagi jangan bosan buat ngasih solusinya Om. Sekali lagi terima kasih…

    sama-sama

  10. 10 Bhuthur 21 April 2014 at 11:39 am

    Mas apakah kenari jantan akan bertelur meskipun cuma ϑȋ̊ kawini pejantan satu kali. Mohon Pencerahanya Mas Master

    sampai saat ini saya belum pernah menemukan kenari jantan bertelur om…..

  11. 11 Dwy Nugraha 21 April 2014 at 7:41 am

    Satu lagi Om…
    Saya punya kenari lokal umur 4bulan warna bon kuning,umur 3,5 bulan udah ngerol dan gacor Om karena dari waktu umur 1,5 bulan telur puyuh stgh potong+sayur/buah+vitamin tiap hari dan jemur 2 jam,sampai akhirya temen bilang kenarinya kegemukkan setelah itu saya kasih EFnya hanya mentimun tiap hari selama 1minggu dan hasilnya kenarinya jd gk mau bunyi Om. Sekarang sudah mulai mau bunyi lagi Om karena saya kasih telur puyuh 1 butir di bagi 8 dan 1/8 nya itu yg di kasih tiap hari tp masalahnya:
    1. Apa gk bakal kegemukan lagi Om?
    2. Apakah sudah benar Om rawatannya.
    Mohon di koreksi Om… Terima kasih.

    1. saya rasa apa yang om dilakukan saat ini tidak akan membuat kenari kegemukan, sedikit koreksi aja om pemberian vitamin cukup seminggu 1X
    2. Rawatannya sudah betul om, kalau ingin diet jangan merubah pola makan secara langsung, apa yang om lakukan sudah sangat betul telor dibagi menjadi 8 bagian, selanjutnya telor yang 1/8 itu diberi 2 hari sekali. Pemberian mentimun jangan setiap hari dikhawatirkan diare, mentimun cukup diberi seminggu 2 X.

  12. 12 dana 21 April 2014 at 6:52 am

    Hmmm.om gimana cara merawat anak kenari yang baru berumur 4 bulan om

    cara merawat kenari umur 4 bulan sama dengan cara merawat kenari dewasa om….

  13. 13 Dwy Nugraha 21 April 2014 at 5:22 am

    Om mau tanya…
    Saya punya kenari jantan lagi beresin mabungnya tinggal dorong ekor tp lama banget Om tumbuhnya sudah sekitar satubulanan Om,td pas saya cek di bawah sekitar ekor tumbuh ada semacam pembengkakkan merah Om yg lumayan besar seperti bisul. Apakah itu tidak kenapa” Om? Kalau itu tidak wajar apa obatnya Om…
    Mohon pencarahannya… Terima kasih Om.

    nama penyakitnya saya tidak tahu om, pengobatannya harus dilakukan pembedahan oleh dokter hewan….

  14. 14 dana 20 April 2014 at 4:54 pm

    Gimana sih om cara untuk memancing kenari untuk bunyi om….

    untuk memancing kenari bunyi dekatkan dengan kenari jantan yang sudah gacor namun jangan saling melihat….

  15. 15 Setiawan Danang 20 April 2014 at 4:23 pm

    Para Master mau nanya donk, kenari ku klo di jauh”in suka manggil” betina, cuma klo di deketin kok yg jantan g bunyi y malah diem aja, tp klo di jauhin malah bunyi gacor itu knp y om? apa emang gitu

    silahkan baca link http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/26/tips-sexing-kenari , http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan dan http://burungkenari.wordpress.com/2009/07/27/pengalaman-beternak-3/#more-274

  16. 16 bhuthur 20 April 2014 at 3:11 am

    mas saya mau tanya kenapa kenari betina saya sudah bikin sarang tapi belum juga bertelur padahal sudah 1mggu.
    Apa belum di kawini jantannya apa ya soale pas jantan mau naik betinanya kabur melulu.
    betinanya telur yang pertama gagal menetas mas, tolong solusinya mas

    coba baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2013/10/30/penyebab-kenari-senang-tidur-di-sarang

  17. 17 Reynold 17 April 2014 at 8:47 am

    Salam kenal Aja , Saya punya kenari Af pejantan ko lehernya botak dan ga tumbuh2 padahal udah saya obati dengan obat tetes , Mohon yang tahu caranya silahkan di coment .., Terima kasih

    Banyak penyebab kenari botak, bisa karena kutu, kurang gizi atau karena digenjot/diternak dengan beberapa betina (poligami) tanpa ada waktu istirahat coba cek sumber penyakitnya setelah itu baru cari obatnya om…..

  18. 18 nanamrozer 15 April 2014 at 9:10 am

    kang. Kalo ternak kenari kandangnya d satu ruangan dgn ternak LB emang jadi kacau ternak kenarinya? Mohon pencerahannya kang. Haturnuhun.

    ya kalau om merasa kacau lebih baik kandangnya dipisah om….

  19. 19 poi 14 April 2014 at 9:24 am

    Om..m’f, sya mw tnya.
    Sya pnya pjantan F2. Dlu, pjantan ini sya jodohin ama betina yg d rumah, hasil nya bgus. Slalu ngisi,. Skatr stahun kmudian pjantan ini ambrol, dan skrng udah beres, bulunya udah rapih lg. n udh nyrang lg. Tpi skrng pjntan ini sya kawinin, ga ngisi trus,.
    Sya udh coba, sktr ke 4ekor betina. Smua nya kosong?
    Minta solusi nya,.om.

    Mksh bnyak..

    ada beberapa penyebab telor burung kenari bening, tidak terjadi pembuahan pada saat perkawinan, stamina jantan drop ini diakibat oleh perawatan yang kurang maksimal (jarang dijemur, pakan kurang bergizi dll), metabolisme si jantan terganggu… coba om telusuri dari penyebab yang saya sebutkan….

  20. 21 dalil 10 April 2014 at 2:48 pm

    Terima kasih buat masukannya om,saya coba perbaiki lg seperti yg disarankan.kira2 pakan yang baik seperti apa om,saya pake pakan kiloan dikasih madu juga minyak ikan.buat ef sayuran sama telur puyuh.kondisi kandang juga insya allah saya pertimbangkan ditempat yg menurut saya paling baik yg ada di sekitar rumah.atau memang kenari ada masa telurnya kosong om,terutama di cuaca yg seperti sekarang ini.terima kadih om mudah2an masih bisa kasih saran atau pun ilmu nya

    akibat cuaca yang tidak stabil seperti sekarang bisa juga om tapi kalau terjadi pembuahan telornya berisi/gelap, Pakannya sudah mantap om, untuk minyak ikannya dikurangi om takutnya terlalu panas bisa berakibat nyulam (mabung terus menerus). Namun banyak hal penyebab telor kosong jadi ini hanya pendapat saya, om bisa minta pendpat lain dari hobis kenarimania yang lain….

    • 22 dalil 11 April 2014 at 12:55 pm

      Makasih om sarannya.yg saya bingung justru kenapa ga ada pembuahan terus ya om.mudah2 periode sekarang lancar bisa menghasilkan anakan sehat2 om.terima kasih mohon doanya aja om.sukses selalu buat semuanya

      Aamiin, om saya cerita sedikit ya, saya bersama teman awal tahun 2011 mulai ternak burung kenari, 2 tahun pertama ternak burung kenari kami berhasil dimulai dari hanya beberapa pasang sampai mencapai 20 pasang. Namun pada tahun ke tiga produksi burung kenari kami berhenti total selama satu tahun indukan kenari tidak ada yang menghasilkan anakan. Awal tahun 2014 ternak burung kenari kami mulai menghasilkan anak lagi. Kalau tidak dilandasi hobi insya Allah ternak burung kenari kami sudah bubar namun karena dilandasi hobi walaupun puasa selama 1 tahun kami tetap jalani dengan suka hati….

      • 23 dalil 20 April 2014 at 1:29 pm

        Allhamdulillah om terima kasih banyak.terutama cerita om itu saya jadi tetap semangat berarti bukan hanya saya yg mengalami situasi seperti ini.soalnya saya bingung jangan2 burung sudah tidak produktif lg.terima kasih om

        salah satu tujuan saya membuat blog ini memberikan semangat bagi temen-temen yang mulai belajar ternak kenari om….

      • 24 dalil 20 April 2014 at 1:38 pm

        Apa kabar om semoga sehat sejahtera selalu.biasa mau tanya nih om.jumat kemarin kn saya bertelur lg om nah telur ke 2dan ke 3 keluar hari minggu ada 1 telur kn yang sebagian sisinya transparan sama sedikit penyok jadi keliatan kuning telurnya pas mau saya ambil keteken sedikit jadi ada retakan tapi ga pecah om.kemungkinan telur yg yg transparan itu kenapa dan bisa netas ga ya om soalnya ada retakan.terima kasih sebelumnya om.mohon pencerahannya

        kenari betinanya apakah baru diternak om ?, usianya berapa bulan ? …. telor yang retak lebih baik dibuang karena kalaupun dierami tidak akan berisi….

  21. 25 andi 9 April 2014 at 5:37 am

    slam knl om
    sya mo blajar trnak knari neh cewean saya orange& cowo blackred saya satuin 3 hri kmudian nelor,tpi stlh tlor yg ke 3 betinanya lumpuh dan paruh’y mangap2 trus itu knpa ya om?tlng di bntu solusinya om trmksh.

    Om, bisa jelaskan posisi sangkar tempat ternaknya ?, saya khawatir kandang ternak ditempatkan terlalu tinggi/dekat plafon sehingga si induk kekurangan oksigen….

  22. 26 dalil 8 April 2014 at 2:42 pm

    Punten om,mohon pencerahan dan solusinya.saya punya 2 ekor kenari betina.yg 1 sudah pernah 5X anakan yg 1 baru 1X anakan.masalahnya sekarang kedua betina sudah 4 kali bertelur tapi kosong terus,padahal sudah pake 3 jantan berbeda.kenapa kira2 dan bagaimana solusinya om.terima kasih mohon balasannya

    banyak hal penyebab telor kosong bisa karena stamina induknya ngedrop karena kurang jemur atau pakannya alakadarnya, pola perawatan yang kurang baik, kodisi suhu lingkungan ternak terlalu ektrim/terlalu panas, penempatan kandang kurang tepat sehingga siindukkan tidak nyaman pada saat mengeram…. coba om perhatikan barangkali ada salah satu yang kondisinya mirip…..

  23. 27 yudha 6 April 2014 at 3:28 am

    Salam kenal om,
    Om kira2 untuk masterkan usara kenari non standar d usia brp y om? Kalau indukannya kenari standar ketika kt masterkan suara brg lain tanpa harus pisah maksudnya msih dlm satu lingkungan ternak apakah memungkinkan akan hal tsb anakan tdk mengikuti suara indukan standar. Maaf om bru belajar kd bnyk tanya, hehehehe

    kenari yang akan dimaster setelah bisa makan sendiri, jika ingin suara murni master maka kenari anakan harus steril dari suara kenari standar (jangan pernah mendengar suara kenari standar sampai usia dewasa)….

  24. 28 Budhie mdn 5 April 2014 at 12:10 pm

    slm knl kang sofyan sy kenari mania pemula dr medan mo share.. sy lg jodohin kn lokal betina x mozambik sdh 3 hr kenarinya skrg mlh kyk mo nelur di t4 mkn smntara sarang di acak2.. mohon solusinya kang..

    untuk tahap awal ganti tempat makan dengan ukuran yang lebih kecil, biarkan dia ngacak-ngacak isi sarang nanti setelah merasa nyaman akan bertelor….

  25. 29 adel 5 April 2014 at 3:41 am

    salam kenal om….
    mau tanya nich….
    kalo yg bikin kenari stress itu apa aja (sama ciri-cirinya)?
    kalo kenari udh pernah bertelur sampai anaknya di sapih ga mau bertelur lagi, sy perhatikan padahal betinanya udh dikawin ama jantannya selama seminggu, tapi udh 3 minggu dari situ ga nelor-nelor juga….
    plus trik jitu jebol dara yg udh siap tapi ga jodoh2 gimana caranya???

    trims.. :)

    banyak penyebab kenari stress om bisa karena lingkungan terlalu panas, disekitar kandang ternak terdapat serangga atau tikus, kandang ditempatkan di pingir jalan yang sering orang lewat…. ciri-ciri kenari stress tidak mau makan, makan sedikit ketika ada orang gerabakan, patut menganga dll… coba perhatikan sekitar sarang apakah ada serangga atau tikus lewat. Untuk menjodohkan betina dara coba jodohkan dengan jantan yang berpengalaman (pernah diternak)…..

  26. 30 Husin Hasbi 3 April 2014 at 12:33 pm

    Malam pak
    Saya husin, mau numpang tanya pak
    Apa beda kenari gacor dengan kenari nyerang?
    Mohon pencerahannya pak

    kenari gacor ketika digantang sendiri bunyi terus, sedangkan kenari nyerang ketika ada betina si kenari jantan nabrak jeruji kandang…. itu yang saya tahu om…..

  27. 31 Sru Mangesti Sarasmoko 3 April 2014 at 8:11 am

    Om… kenari betinaku gak mau kawin kenapa ya ? udah bikin sarang udah jongkok2 kalau dengar suara jantan…. setelah jantan dimasukkan malah kejar2an kayak motoGP…. gak tega betinanya lari2 1 jam kemudian saya pisahkan….. mhn saran… Thx

    kalau kenari betina dara seperti itu om, biarkan saja nanti setelah cape akan nyerah sendiri…. namun harus dipantau jangan sampai berkelahi….

  28. 32 wiyono 30 March 2014 at 11:36 am

    om no nanya …aku punya betina kenari blum pernah nelur tp skg udah mbunderi bagus banget tp blm mo di kawin…pejantannya Oke penyebabnya apa ya om ….

  29. 33 joko rianto 26 March 2014 at 1:21 pm

    tolong bantuannya om,, baru pemula,,, ni saya punya babon kenari,, baru produk 2x kok udah gundul n sekarang lagi sulam habis nurunin anak,, klo lagi sulam gini apakah boleh langsung di jodohin lagi ato di istirahatin dulu???

    istirahatkan saja om….

  30. 34 rislan 26 March 2014 at 5:16 am

    Asalamualaikumm kang saya punya kenari f1 bulu ekornya cuma 2 lembar,kata yg ngejualnya ℓªģϊ beresin bulu.setelah saya beli ‎​Ďăăȟ 3 bulan bulu ekor Ώŷą ga tumbuh tetep cuma du lembar..ada yg bilang bulu ekornya gak akn tumbuh tumbuh lg apakah bnr?apa ada cara supaya bulu ekornya tumbuh normal kembali?mohon bantuan solusi Ώŷą sangat saya tunggu

    om Rislan, kenarinya giras/liar (pada saat didekatin gerabakan) ?, kalau gerabakan coba om tangkap perhatikan bulu di ekor apakah masih tersisa ujung-ujung bulu, yang saya khawatirkan bulunya patah sehingga menghambat pertumbuhan bulu baru….. kalau saya biasanya jika ada bulu patah akan saya cabut dengan cara bulu ekor kenari direndam di air hangat sambil dipijit-pijit ujung bulu yang menempel diekor dicabut pelan-pelan. Namun jika om tidak tega biarkan saja om nanti setelah bulu yang patah lepas akan numbuh sendiri…..

    • 35 rislan 28 March 2014 at 8:03 am

      Om kenari Ώŷą ƘάLƠ̴͡ d liat d deketen emang ‎​gak mauu dien giras gitu om,peranah Şǻ♍ª kaka d coba d cabut bulu ekor yg 2 lembar itu nah jd gak ada buntut Şǻ♍ª skali tp pas tumbuh tetep cuma 2 lembar itu om kenapa ♈ªª ?ada yg bilang coba cabut buntut Ώŷą jd biar tumbuh bareng lg semua Ώŷą tp tetep 2 lembar yg tumbuh Ώŷą ..nah trs sma kaka jg pernah d tangkap trs d tiup bulu ekornya gak ada ujung bulu” lg cuma 2 lembar itu katanya ada yg bilang bulu Ώŷą pecah gitu atw apa gitu,.jd ‎​✽°ƍǎ̜̣̍ƙƍǎ̜̣̍ƙƍǎ̜̣̍ƙƍǎ̜̣̍ƙ˚°✽ ada bulu bulu k nyere Ώŷą gitu ƘάLƠ̴͡ org sunda bilang om..nah gmn ♈ªª om solusi Ώŷą ℓªģϊ tolong d bantu ♈ªª om

  31. 36 Fahrul 25 March 2014 at 10:29 pm

    Ow iya om ,itu jantan nya di pisah ato tetap di satukan sebelum betinanya bertelor om?

    tunggu sampai betinannya bertelor, nanti setelah betinanya bertelor terserah om mau dipisah atau tetap disatukan …. untuk jelasnya silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

  32. 37 rahmadwidodo 25 March 2014 at 10:52 am

    om kenari pejantan saya baru ganti bulu ekor skrg 70% apakah bisa dikawinkan burungnya udah gacor habis

    jangan di kawinkan dulu om… lebih baik menunggu mabungnya selesai…..

  33. 38 Fahrul 24 March 2014 at 1:26 pm

    Om saya mau tanya ni ,saya punya kenari betina udah Siap ,pada waktu belum di jodoin nelor terus om ,eh pas di kawinin hampir satu minggu ini belum juga nelor ,gimana om solusinya?? ,jantan udah pernah kawin isi juga

    tinggal tunggu waktunya aja om…. ternak kenari perlu kesabaran dan ketekunan…..

  34. 39 dogol 21 March 2014 at 9:23 am

    Kang sofian klo betina istirahat berapa lama sehabis ngeloloh anak yg bagus

    selama diternak secara alami, perawatan baik dan diberi makanan yang bergizi tidak perlu istirahat om…. induk betina punya masa istirahat sendiri yaitu pada saat mabung…..

  35. 40 herry bajaj 18 March 2014 at 1:27 am

    Berapa lama om kenari jantan istirahatnya seletah mengawin dua betina?

    tidak ada waktu standar, bisa dilihat dari performa/stamina kenari, ada kenari jantan istirahat 3 hari sudah fit, namun ada juga yang lebih dari 3 hari…. coba om perhatikan stamina kenari jantan yang om miliki….

  36. 41 hendra 17 March 2014 at 4:42 am

    Kang sofyan saya mau tanya
    Saya punya betina Lgi sakit nyilet tpi di gacorin jantan lngs ngeleper kang jd saya harus kimana di jodohin apa jng

    Penjodohan kenari harus dalam kondisi sehat … silahkan baca link ini….http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula/#more-345

  37. 42 nanang 15 March 2014 at 3:20 am

    Kaki bengkak pada anakan kenari pada usia 1,5 bln. Awalnya tampak mlenting merah pada betis kaki laly saya kasih obat dengan minyak tawon. Kadang salep 88, sampai 1 bln belum sembuh., bahkan bengkaknya sampai pergelangan telapak kaki. Bagaimana pengobatannya? Mohon untuk di bantu menanganinya. Terima kasih.

    Harus tahu dulu penyebab sakitnya om coba cari temen atau tetangga yang dekat dengan rumah om sehingga orangnya bisa melihat bengkaknya seperti apa, kalau saya tidak bisa menentukan penanganan bagaimana karena saya tidak melihat sakitnya seperti apa , terimakasih

  38. 43 Bisma 14 March 2014 at 8:01 am

    salam kenal om….ane mau nanya om….kira2 apa efeksamping kenari (pejantan) yang lagi proses mabung kita kawinkan om,…mohon bimbingannya om…

    telor tidak terbuahi dengan baik, biasanya mati didalam telor kalaupun netes anaknya cacat….

  39. 44 tandy 4 March 2014 at 12:35 pm

    misi om saya mau tanya kalo kn berak.y encer di obatin.y pake apa om saya dh coba pake spektra tp tetep z om

    selain diberi obat kebersihan sangkar perlu menjadi perhatian, pemberian spektra dilanjutkan om karena ada beberapa penyakit yang penyembuhannya agak lama namun dengan dosis sesuai aturan yang tertera….

  40. 45 rachman 4 March 2014 at 8:12 am

    Maaf mau tanya
    1, saya punya kenari bolder yang saya tanyakan apa kenari bolder impot betina apa bunyi seperti kenari jantan pada umumnya
    ada beberapa kenari betina yang bunyi ngeroll mirip jantan

    2, saya baru beli kenari af betina usia saya kira sudah cukup sudah perna produksi tapi birahinya kok gak ada ya
    mohon info terima kasih
    diberi EF (telor puyuh/sayuran), jemur setiap pagi, masukkan ke sangkar sarang/tempat bertelor dan dekatkan dengan jantan yang gacor

  41. 46 hendra 1 March 2014 at 6:49 am

    Pa sofian kalo betina galak sama antan solusinya gmn y dan biat betina dara susah di jodohin gmn cara agar betina dara cepat birahi pak
    Makasih

    tingkatkan birahinya om, untuk meningkatkan birahi pemberian EF lebih sering, jemur pagi dan dekatkan dengan jantan yang gacor…..

  42. 47 dogol 28 February 2014 at 5:57 am

    Om sofian saya mau tanya knp di bagian perut betina seperti kelihatan ususnya terus agak bengkak sedikit gmn cara mengobatinya makasih

    coba perhatikan sekali lagi om jangan-jangan itu lemak bukan usus…. mungkin kenarinya gendut om…

  43. 49 Edot 22 February 2014 at 2:05 am

    Bos mau tanya, kenari ku baru nelur satu ko ga mau ngeramin ya, kenapa ya…. mohon pencerahannya…

    sejak bertelornya sudah berapa hari om ?, kalau sudah 7 hari coba teropong telornya… kalau bening telornya dibuang saja, terimakasih….

  44. 50 Yurdi. 21 February 2014 at 1:11 pm

    Bos mo tanya ne,say punya knari sevasang udah aku jodo en tryata jodo trus kwin,yg jdi msalah y ne, cwe’a burung kenari y tak kunjung brtlor,tpi ngrem trus di sarang y ss’x trun makan trus ngrem lg gmana solusi y ne om,biar cpet brtlor.?thnks y mo,tlng solusi y…

    silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2013/10/30/penyebab-kenari-senang-tidur-di-sarang

  45. 51 Gilang Fadilah 17 February 2014 at 3:20 pm

    Satu lagi om kalo telor nya kegoyangin gapapa kah pada telor nya?ato bisa ga jadi? Tolong di balas om jawaban om sangat membantu saya trims

    kalau goyang wajar tidak masalah om kecuali tergoyang secara frontal/keras baru berbahaya….

  46. 52 Gilang Fadilah 17 February 2014 at 3:18 pm

    Om mau nanya ini kenari saya udah angkrem tapi malah mabung gimana tuh om solusinya….

    yakin mabung om ?, yang saya tahu jarang ada kenari yang dalam kondisi ngeram atau ngeloloh anak mabung, kenari betina punya insting ketika akan mabung tidak bertelor… kalau memang mabung kalau ada betina yang mengeram bersamaan lebih baik telornya dititip ke indukan lain…..

    • 53 Gilang Fadilah 19 February 2014 at 12:02 pm

      Iya om yakin bulu nya pada rontok jadi botak om :( jadi kaya ayam jali :D

      om gilang coba pegang anak burung kenari, apakah setelah dipegang tangan om terasa gatal kalau tangan terasa gatal berarti anak burung tersebut diserang kutu… atau karena mal vitamin (kekurang vitamin) …. penangannya kalau terserang kutu semprot dengan obat mandi yang mengandung pembasmi kutu namun nyemprotnya jangan sampai terlalu basah karena kenarinya masih kecil. Kalau botak karena kekurangan vitamin/unsur mineral coba diberi multivitamin….

  47. 56 dogol 11 February 2014 at 4:29 am

    Hatur nuhun solusina kanh admin
    Punten kang bade naros deii aii betina alim angkrem endok tpi di masukin jantan mau angkren
    Gmn solusi buar si jantan mau di pisahin
    Hatur nuhun punten seer naros kang hehehehe

    Susah om, karena betinanya tidak bisa dipoligami om…. coba kandang ternak si betina ditempatkan ditempat terpisah dan jangan sampai melihat atau mendengar suara jantan…

  48. 57 Husin Hasbi 5 February 2014 at 3:24 pm

    Assalam kang admin
    Mau nanyak neh..
    Saya punya kenari jantan lokal, saya punya niat untuk budi daya kenari. Kira2 jenis kenari betina apa yang bagus buat keturunan kenari saya nanti. Mohon bantuannya master. Wassalam..

    om Husin cari kenari betina lokal saja dulu, kadang-kadang kita dalam suatu kegiatan melihat ujungnya aja maksudnya pada saat mau beternak kenari kita tergiur oleh harga F1….padahal silangin kenari YS tidak semudah ternak kenari lokal, YS tidak seproduktif kenari lokal daannnnn yang bikin mumet bagi pemula jual kenari F1 tidak mudah…. maaf hanya sharing saja….

    • 58 Husin Hasbi 6 February 2014 at 2:12 am

      Terima kasih atas sarannya master…
      Mau tanyak lagi master..
      Gemana ya agar suaranya cepat pecah padahal dah cuku gacor. Umurnya kira2 6 bln gt kenari jantan. Mohon pencerahannya master

      sudah mabung kedua om ?, suara kenari akan pecah pada saat selesai mabung ke 2…

  49. 60 hendra 4 February 2014 at 2:38 pm

    Kang admin saya mau tanya penyebab telur tidak menetas knp y padahal udah ada anak kenarinya di dalam telur dan klo kenari ada kutunya cara menghilangkannya bagai mana terimakasih kang admin

    banyak penyebab anakan mati di dalam telor, kulit telor terlalu tebal (kurangi pemberian kalsium/grit/tulang sotong), karena di ternak inbreed (usahakan indukannya jangan terlalu dekat gen darahnya/saudara), karena induknya terlalu muda atau terlalu tua….dll, cara menghilangkan kutu bisa dicari obat antikutu di kios burung, obat antikutu di simpan didasar sarang untuk cara tradisional menggunakan tembakau disimpan dialas sarang… yang paling penting menjaga kebersihan kandang ternak pada saat anakan lepas sarang atau induknya akan bertelor periode berikutnya wadah sarang dicuci bersih dan isi sarang diganti dengan yg baru….

  50. 61 dogol 4 February 2014 at 8:14 am

    Kang admin cara membuat betina birahi lg gmn caranya soalnya ini betina pernah telah di jodohkan usia udah 1thn lebih dan cara membuat betina dara cepat birahi gmn jg
    Terimakasih kang admin

    kali-kali ajak nonton film Hot om hehe…. banyak cara untuk meningkatkan birahi kenari, jemur secara rutin setiap pagi, dekatkan dengan jantan yang rajin bunyi, masukkan sarang berikut isi sarang kedalam kandang ternak, berikan makanan yang mengandung protein tinggi dll….

  51. 62 hendra 3 February 2014 at 4:54 am

    Udah kang admin saya cari2 tpi ga menemukan hehe soalnya sayur kale tuh kandungannya berlipat2 di bandingkan sayur saosin

    Di blog saya sudah beberapa kali kemukakan bahwa pakan yang terbaik adalah yang ada di sekitar kita…. saya punya pengalaman sewaktu di Jakarta untuk pakan kenari saya selalu menggunakan pakan impor, setelah pindah ke Palembang nyari pakan impor susah sekali …. sekarang saya menggunakan pakan lokal yang banyak tersedia di Palembang walaupun hasilnya belum terlalu puas namun setidaknya saya masih bisa mendengarkan suara orkestra kenari setiap pagi….

  52. 63 hendra 2 February 2014 at 4:07 pm

    Maaf kang admin saya mau tanya kalo beli sayur kale di bandung dmn ya terimakasih

    halah om ini aya-aya wae :) , ya di cari dipasar sayuran atau di super market om ….. bagi temen-temen yang tinggal di Bandung barangkali bisa bantu, terimakasih

  53. 64 arie 1 February 2014 at 1:55 am

    Salam kenal, om.. Sya mau tanya nih, om.. 1. Betina sdh mau kawin tapi klo sya lihat waktu kawinnya, yg jantan pasti terpeleset waktu naik ke badan yg betina.. Apa karena yg betina kegemukan? Apa memang jantannya ga ngisi? Ini sdh periode ke 3 ga menetas telornya.. 2. Pernah sya cba ganti jantan yg lain tapi kyaknya ga cocok.. Jantan yg ini gualak banget.. Klo didekatkan sdh siap2 nyerang.. Sya pindah ke betina lain jga gtu.. Apa karena kurang PDKT? Mohon pencerahannya, om.. Terima kasih..

    untuk yang galak coba baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula
    untuk jantan yang belum berhasil diternak coba ganti betina om

  54. 65 dogol 25 January 2014 at 6:38 am

    Kang admin pagan yg baik buat indukan yg memoloh anakan apa y dan cara membuat eggfood kering gmn caranya dan bahan2nya apa saja
    Trimakasih

    cara buat eggfood tepung roti dicampur dengan kuning telor matang, setelah campurannya merata baru diberikan ke kenari… sore hari kalau tidak habis dibuang….

  55. 66 faizal ramdhani 16 January 2014 at 2:07 am

    Jatannya udah saya masukin om ke kandang betina yang udah bertelur yang ga menetas tadi,cuman jantannya saya ganti ama yang satu lagi udah gacor juga om, udah cium”an om ☂αƿí jantanya udah mau naik ke betinanya cuman betinanya ga ngasih om cuman diem aja,jadi gimana om solusinya?
    Dan gpp om kalau di ganti jantannya ?

    terus obat ebod breeding itu bagus ga om buat meningkatkan birahi,atau ada yang lain?

    Maaf om masih pemula,terimakasih sebelumnya

    silahkan baca link ini kalau masalahnya beda-beda dikit tinggal modifikasi om http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula dan http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan akan lebih bermakna jika kita menemukan cara/menyelesaikan masalah sendiri….

  56. 67 yogi bray 14 January 2014 at 3:22 pm

    Mau nanya um master,moga ga bosen2 jawabny ya…saya punya kn pejantan um udh cukup umur cuma saya dekatkan sama kenari yang menurut prediksi saya cewe msh ting2(krn udh 6 bln sy bli ga bunyi2) kayanya ga tertarik 22nya….itu kenapa ya um?saya coba lg dgn kn jantan lain yang udh siap…tetep ga tertarik,tapi kalo si jantan digantangin sendirian pasti bunyi trus…butuh pencerahanya neh um master.thax be4

    Coba baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula/#more-345 dan http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan/

  57. 68 dogol 14 January 2014 at 3:04 pm

    Maaf kang admin,
    Saya mau tanya kapan dan gmn cara ngeloloh anak kenari sama kita,,?
    terus pada usia berapa anak kenari di bantu ngeloloh sama kita,,?
    1 lgi kang admin kapan memindahkan anakan kenari ke babon disaat masih telor apa sudah menetas,,?
    Terimakasih sebelumnya

    Kalau mau diloloh oleh peternak bisa dimulai ketika usia 7 hari, kalau mau ditetaskan oleh indukan lain lebih baik dipindah telornya aja om….

  58. 69 Husin Hasbi 14 January 2014 at 2:19 am

    Assalamu’alaikum kang sofyan, slm knal. Saya husin dr sumut mau tanyak. Sya pemula dlm beternak burung. Apakah boleh saya memelihara kenari dan love bird dalam satu umbaran walaupun diberi pembatas triplek/papan. Mohon petunjuknya kang. “Ilmu yg bermanfaat adalah yang berguna bagi org lain kan kang hehe”

    amal yang baik adalah memberikan pertanyaan yang jelas hehe…. maksudnya disatukan dalam satu umbaran diberi pembatas triplek itu bagaimana om ??

    • 70 Husin Hasbi 16 January 2014 at 11:25 am

      Haha betul jg kang, saya ada buat kandang umbaran. Untuk menghemat biaya hehe kandang saya beri pembatas dari triplek. Sebelah saya isi sepasang lovebird dan sebelah lg sepasang kenari. Terganggu kah proses perkawinan (penangkaran) nya kang? Mohon pencerahannya kang

      ooo… masudnya begitu, tidak masalah kandang ternak bersebelahan dengan love bird, hanya kenari kurang bagus diternak dalam kandang umbaran karena fisik kenari tidak tahan terpaan angin dan gigitan nyamuk, kenari lebih baik diternak dikandang ternak kecil ukuran 60 x 40 x 40 atau kandang soliter untuk mempermudah pengelolaan….

      • 71 Husin Hasbi 19 January 2014 at 2:22 pm

        Trima ksh atas ilmunya kang…
        Mau tanyak lg kang tp ttg love bird. Kalaw kandang umbaran love bird saya berhadapan dengan kandang ayam. Kira2 apakah berpengaruh buruk terhadap perjodohan, kenyamanan serta produktifitas love bird. Mohon pencerehannya kang.

        untuk LB tanya ke ahlinya saja ya om, kalau disini khusus tentang kenari…..

  59. 72 faizal ramdhani 13 January 2014 at 11:12 pm

    Salam kenal om,saya mau tanya kenapa ya waktu itu kenari saya yang jantan dan betina udah jodoh di dalam satu kandang dan bertelur dua butir,☂αƿí udah itu jatannya saya pisahin masalahnya betinanya udah ngeremin itu telur dan saya tunggu sampai hari H nya ko ga netas ya om,padahal saya waktu pertama jantannya kawinin betinanya ampe 5X om,jadi solusinya gimana om biar telurnya jadi menetas saya bingung udah 2x bertelur ga netes”?

    Oh iya satu lagi om,jarak yang baik kalau betina udah ngerem pas hari H nya ga netes itu berapa hari siklus buat di kawinin lagi sama jantannya?

    Terimakasih sebelumnya,harap di balas ya om

    Coba tunggu 1 kali lagi om mudah2an periode ke 3 bisa menetas, setelah ketahuan telornya tidak menetas jantannya bisa langsung dimasukkan….

  60. 73 jon 9 January 2014 at 11:53 pm

    salam kenal om,kenari saya sudah mau jodoh tapi kok gak mau kawin ya om,gimana ya solusinya..

    kadang-kadang ada kenari yang malu-malu kalau dilihatin terus tidak mau kawin jadi saran saya jangan diintipin terus om nanti kenarinya gak kawin-kawin, yang penting usia keduanya sudah matang (usia 8 bulan keatas) untuk lengkapnya silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula dan http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan

  61. 74 Dien 8212 8 January 2014 at 11:37 am

    Mohon solusinya om?kn ku dah hmpir 3bln skit serak tk knjung smbuh.awalny hny serak biasa.skrng dah mulai bersin dan suarany “ngik..ngik” skrng tak ksh obat NAFAS2 dah hbs 2 botol g sembuh.badany smp kurus om.ksihan!mhon coretanya om

    penyakit pernapasan memang agak sulit penyembuhannya om, pemakaian obat napas 2 di lanjutkan, burung ditempatkan di tempat yang hangat (sangkar dikerodong) untuk sementara jangan dijemur cukup di angin-anginkan sebentar selanjutya dikerodong kembali sampai terlihat mulai sehat….

  62. 75 Javi 8 January 2014 at 2:48 am

    wokey matur tq atas pertimbangannya….
    klo boleh tanya lg,,,berapa suhu ruangan ideal untuk ternak kenari…..?????
    matur tq…..

    Kalau om mau berusaha membaca blog ini dari awal sampai akhir insya Allah semua permasalahan mengenai ternak burung kenari ada penyelesaiannya coba om baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2010/02/04/dinamika-ternak-kenari

  63. 76 Javi 7 January 2014 at 5:31 am

    Om mau tanya kalo posisi kandang untuk ternak kenari dibuat di atas plafon tpi di bawah genting, kira2 bagaimana….?????
    adakah dampaknya….?????
    mohon pejelasanya………………………………….
    matur tq.

    saya tidak tahu kondisi diatas plafonnya rumah om, tip gampangnya coba om diam selama 1 atau 2 jam di atas plafon tersebut kalau om merasa nyaman (tidak panas atau sumpek) saya rasa bisa saja dipakai buat ternak kenari….

  64. 77 ilham 29 December 2013 at 4:35 am

    Om,,,bagai mana dengan kenari betina saya yg pasca meloloh mabung,,sudah lima bulanan pasca mabung kok belum kunjung birahi juga,,mau tak ganti betinanya sayang om,,,siapa tahu om sofyan punya solusi vitamin atau obatnya,,,padahal penjemuran pun sudah rutin saya lakukan om,,
    Mohon pencerahannya,
    Terimakasih om sofyan.

    om Ilham, coba perhatikan kenarinya kegendutan/tidak ?, kalau tidak gendut coba diberi obat metabolisme dikhawatirkan metabolisme pencernaannya terganggu dan diberi telor puyuh seminggu 3X….

    • 78 Ilham Prasetio 30 December 2013 at 5:21 am

      Terimakasih atas tanggapan om sofyan….Baik om..akan saya chek dulu..masuk akal juga kalau kegemukkan..soalnya saya beri telur puyuh dari pertama mabung sampai sekarang..itu yg saya takutkan…gemuk atau tidaknya dari fisik sebelah mna cara melihatnya om…maaf untuk metabolis nya berapa lama saya harus berikan seumpama tdak gemuk om,,,,?maaf bnyak tanya ini om,,heheheheeee

      lihat dadanya om, kalau dadanya bulat (tidak terlihat tonjolan tulang dada) berarti kegemukan. Untuk pemakaian obat metabolisme sesuai dengan aturan yang ada di kemasan obatnya aja om…..

    • 79 ilham 30 December 2013 at 3:53 pm

      TerimakaSih untuk fatwanya om…
      Bila kegemukan berarti harus diet yaa om,,bagaimana cara diet pada kenari gemuk,,dan bila ada obatnya,apa namanya om,,jangan2 kehawatiran say benar bila gemuk,,soalnya dari semenjak mabung pertama saya beri telur puyuh 1 butir satu hari om,,meohon petunjuk diet nya om sofyan,,,
      Matuur nuwuun.

      yang alami lebih baik om jangan pakai obat-obatan, kurangin pemberian pakan bijian (kalau bisa ditakar cukup 1 sendok teh diganti tiap hari) perbanyak sayuran (untuk tahap awal coba diberi ketimun namun harus dipantau takutnya kebanyakan diberi ketimun malah diare) daun sawi. Tempatkan di sangkar besar kalau ada di tempatkan diumbaran namun jangan terlalu lama kalau terlalu lama dikhawatirkan burung jadi giras (tidak jinak), mandi dan jemur rutin terakhir untuk sementara telor puyuh distop…..

      • 80 ilham 1 January 2014 at 3:29 am

        Baik om sofyan,,terimakasih atas sarannya,sangat bermanfaat skali buat saya dan semoga juga buat KN. Mania yg sedang belajar breeding sperti saya,,smoga om sofyan bertambah sucsses bersama KN mania yg lAin,,,
        Mohon maaf sudah merepotkan om,,,,kalau Ada PIN blackberry boleh saya di beri om,,
        Mattur nuwon om sofyan,,,,

  65. 81 pupuz 27 December 2013 at 3:42 am

    om saya mau tanya?
    saya kan punya sepasang kenari umur 1th up, betina sudah nyusun sarang
    trus udah sering saya kawinin, tp kok selama 1bln gak nelur yaw, habis itu sarang malah di acak” & sekarang udah nyusun sarang lagi & udah sering disarang tp tak kunjung bertelur jg selama beberapa minggu, ,
    apa yang harus diganti om,,??kenari jantan’y or kenari betina’y. .??
    perawatan saya rasa udah ok.

    coba masukkan sobekan tissue atau kapas kedalam kandang ternak….

  66. 82 wien 23 December 2013 at 12:04 am

    Pgi om, knp kenari betina sy diam disarang trus. Pdhl kenari sy blum brtelur, tp sdh proses kawin. Gmna solusiny om, mksih..

    tolong baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2013/10/30/penyebab-kenari-senang-tidur-di-sarang

  67. 83 Dien 8212 19 December 2013 at 4:17 pm

    Mlm om!!kn jantn wkt diksh obat boleh di kawinin g.brungnya sih ttp aktif msh mau kwin..tp klo bunyi g da suarany tak ksih obat NAFAS2 om?soale tak ksh jantan lain g mau!mlh brantem trus.mhon coretanny om?Trim.

    agar menghasilkan anak yang berkualitas kondisi induknya harus prima, jadi kalau staminanya belum fit betul lebih baik jangan dikawinkan…..

  68. 84 ayoep 18 December 2013 at 1:03 pm

    mlm om mw tany ni sy br bli kenari warna coklat greja full. Umur 2 bln udh ngriwik.tp kt kwan2 klw warna coklat greja g bgus om bnyk kekurangany.tolong om ulasany tentang klebihan n kkurangan dr warna coklat greja.mksh om

    Bagi saya semua kenari indah, jadi mohon maaf saya tidak bisa membahasnya….

  69. 86 defyhermawan 12 December 2013 at 1:01 pm

    om sofyan mau tanya lagi, tips memisahkan dulu telur agar netas bersamaan prnah d bhas dlm tulisan om..tapi saya msih ragu om,,apa ada efek k indukan/telurnya jika telur d pisahkan dulu?
    untuk penyimpanan telur tersebut yg sudah d pisah apa perlu di ruangan yg memiliki suhu khusus om,,takutnya embrio d dlm telur rusak akibat penyimpanan yg kurang cocok dngn kebutuhan suhu telur.
    oiya saya mo ngucapin terima kasih banyak om brkat tulisan om sofyan yg saya pelajari satu persatu membuahkan hasil.
    indukan kenari saya sekarang sudah bertelur om.

    Om, kalau ragu jangan diikutin om hehe….. cara ambilnya pertama ketika induknya diluar sarang sehingga tidak mengganggu induknya, yang kedua telur asli diganti dengan telur palsu jangan sampai dalam sarang tidak ada telor atau kalau tidak ada telur palsu pada saat indukan bertelor kedua telor pertama diambil begitu selanjutnya pada saat induknya bertelor ke 3, telor ke2 diambil jadi dalam sarang tertinggal 1 telor masalahnya kita kesulitan menentukan telur terdahulu (maksudnya pada saat telur ke2 keluar kita kesulitan menentukan telur pertama). Penyimpanan telur dalam suhu ruangan tidak cara penyimpanannnya saya rasa om Uphay sudah menjelaskan. Semoga ternaknya tambah berkembang om………

  70. 87 dedisusanto 12 December 2013 at 10:02 am

    adakah perawatan /makanan khusus agar ternak kenari tetap sehat lancar selama musim hujan.? thank’s om

    om Dedi, makanannya seperti perawatan harian biasa saja hanya ditambah multivitamin yang biasanya seminggu sekali menjadi 2X seminggu dan pada saat malam dilindungi dari udara dingin….

  71. 88 iago 11 December 2013 at 8:17 am

    om saya mau tanya, saya punya kenari border. tetapi kok tambah lama suaranya jadi tambah kecil ya?
    satu lagi om, gmn cara buat kenari jantan mau nyerang?
    makasih

    coba cek badannya apakah badannya gendut ?, kalau ingin nyerang ya harus dibuat birahi om… ??…

  72. 89 dedisusanto 10 December 2013 at 5:38 am

    bagaimana efek babon mabung bila dikawinkan.? thank’s

    hasilnya tidak bagus om, beberapa akibat jika indukan sedang mabung di kawinkan : anaknya mati dalam telor (tidak menetas),setelah menetas anaknya mati, anaknya tidak terawat dengan baik dll…

  73. 90 Dien 8212 6 December 2013 at 3:15 pm

    Mksh z om tas solusiny!!pngen curhat lg nich om?q ru ja pny kenari pertma mau brtlur4 tp slama 2mngg klo siang g mau mngengkrami hny mlm ja.jd g ntas!skrng q cba jntany tk satukan skrng brtlur2 itupun slsih 4hr om.eh trnyata g mau angkrem jg.mhon solusiny om?trim

    untuk peneloran berikutnya jantannya jangan dipisah om…. mudah2an si betina mau mengerami telor siang maupun malam….

  74. 91 wien 1 December 2013 at 9:11 am

    Om,knp y dikaki kenari sy sprt ada keraknya.trus kenari sy sering mengangkat kakinya sebelah,ity bisa sembuh ndak dan apa nama obatnya? Mkasih y om..

    mungkin bubulan kali om, coba obatin menggunakan minyak tawon…. namun harus rajin mengobatinya karena lama sembuh……

  75. 92 Dien 8212 1 December 2013 at 1:28 am

    Mau tny om!!knriku dah bkin srng tp gmuk bgt om?prtma g mau kwn 3hr tk ksh timun 2hrni dah mau kwin tp ttp msh gmuk om?gmn nsib pjantnny klo di ksh timn ja!trim om.mhn pnjelasannya

    sebetulnya gemuk tidak masalah om yang penting jangan terlalu gendut, kalau memang terlalu gendut coba diet dulu sampai bodynya tidak terlalu gemuk baru disatukan dengan jantannya…..

  76. 93 blues 30 November 2013 at 3:45 pm

    malam om….
    mau tanya kalo kenari scotch fancy sama kenari belgia perbedaannya apa yah…
    tq

    maaf saya tidak mengenal kenari belgia om jadi saya belum bisa membandingkan….

  77. 94 wien 28 November 2013 at 1:27 am

    Kira” umur brpa anakan kenari hrus dipisah sm induknya y om,makanan ap yg hrus dikasih utk anak kenari yg baru dipisah sm induknya? Skli lg mkasih y om…

    setelah usia 21 hari, tolong baca link ini ya om http://burungkenari.wordpress.com/2009/08/31/tips-ternak-kenari-bagi-pemula-lanjutan

  78. 95 wien 27 November 2013 at 10:04 pm

    Tnya lg om,trus gmna dgn anaknya yg masih diloloh sm induknya klw pejantannya dimasukan ke kandang si betina (induknya) ? Apa perlu dipisah,atau msih dijadikan satu aja sm induknya? Mkasih om..

    kita tidak tahu reaksi bapaknya kalau tidak di coba, saran saya masukkan saja nanti hasilnya om akan tahu sendiri…..

  79. 96 wien 26 November 2013 at 9:49 pm

    Pgi om,sy pny mslh nih sm kenari sy..sy pny kenari yg msih ngeloloh anaknya,umur anaknya bru 3 minggu.trnyata induk kenari udah bertelur lg,pdhl belum dikawinkan dgn pejantan..gmna solusinya y om?

    telornya dibuang aja om, jantannya masukkan ke kandang ternak….

  80. 97 ayoep 21 November 2013 at 11:10 am

    oh ya lup 1 lg ya om kenari sy yg lg sy kawinkan kan msh muda tar klw udh d pisah si jantan bs g dya gacor lg sperti sblm d kwinkan n gmn prawatany om trmksh bnyk

  81. 98 ayoep 21 November 2013 at 11:05 am

    asslamuaikum..om sofyan mw tany ni kenari sy udh jodoh n kawin2an kira2 brp lm si jantan musti d pish harus brp bnyk om kenari kawiny biar smpai bertelur

  82. 99 ang iluh 21 November 2013 at 4:12 am

    om boleh nanya lagi ga ..he…he….katanya kalo kenari warna putih kalo udah selesai ganti bulu….ga bunyi lagi…(apa betul …nih om…) makasih

  83. 100 jack 19 November 2013 at 8:31 am

    gan..artikel tentang housfinch bisa di muat lebih lengkap…

    nanti ya om kalau yang nanya tentang jodohin kenari sudah berhenti, baru materinya nambah …. hehe…

  84. 101 ang iluh 19 November 2013 at 3:34 am

    mau tanya om…apa bener kalo kenari putih kalo udah dikawinkan ga bunyi lagi (apa ini cuma mitos) …makasih om…saya peternak pemula

    kenari jantan (semua warna tidak hanya warna putih) ketika disatukan dengan betina rata-rata tidak bunyi om….

  85. 103 feddy 11 November 2013 at 5:24 am

    om maaf mau nanya, kenari saya bertelur lima buah dan semuanya menetas, tpi telur yg terkhir menetas 3 hari setelah telur pertama menetas, dan yang bikin aneh, induk kenari seolah tidak mau ngurus itu anak yg teakhir, sampai2 anak yang terkahir ketika baru menetas dan masih nempel kulit telurnya, di buang dari sarang sama induknya…?kenapa tuh om..trus kalau makanan tambahan Bubur bayi untuk diloloh sendiri tidak apa2?nuhun om

    tolong baca link ini ya om http://burungkenari.wordpress.com/2013/05/29/tip-penyimpanan-telor-burung-kenari

  86. 104 cepetlulusamin 9 November 2013 at 12:16 pm

    assalamualaikum..om master mau tanya..saya pemula berternak kenari,saya lg nyoba jodohin kenari jantan 8bln betina 9bln..sebelmnya sy pisah kenari jantan bunyi terus ke arah betina dan betina juga mendekat ahirnya saya cba campurkan tapi ketika si jantan mendekati betina malah betinanya matuk matuk dan jantanya kabur..itu gmn oom?apa knari sya udah jodoh atau blm atau jg blm siap?mohon pencerahanya oomm..

    waalaikumsalam, kenari tidak beda dengan manusia, kalau cewenya dielus-elus pipinya diem berarti sudah jodoh, kalau baru dipegang sudah nabok berarti belum jodoh om hehe… berarti kenari om seperti itulah…. masih butuh tahap penjodohan…… (maaf becanda)

  87. 105 si jeck 9 November 2013 at 6:17 am

    selamat siang om?mau tanya nih….kenari saya sudah betelur tp tidak dipakan malah jatuh kebawah,…sudah siap bertelur tp sarangnya malah sering diacak acak….mohon pencerahannya

    kenarinya baru belajar bertelor ya om ?… kalau baru belajar bertelor biarkan saja nanti juga akan bertelor di sarang…..

  88. 106 ayoep 8 November 2013 at 11:03 pm

    Pα̣̣̥G̲̣̣̣̥iє̲̣̣̣є̲̣̣̣̥:* om mhon pencerahany om sy bru bli kenari udh bunyi tp posisiny hbis selesai mabung kt pedagangny buluny jg msh pd botok ΫªΏƍ sm M̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊u̶̲̥̅̊ tanya mandi n jemur hrus sepert biasa ap ga n EF ny ap aj ΫªΏƍ bagus om.trmakasih om

    perawatan biasa saja om….

  89. 107 ayoep 7 November 2013 at 12:36 pm

    mlm om.mw tany ni kenari sy udh rajin bunyi.tp pas sy tempel sm kenari lain mlh diem aj n bulu kepala mengembang.knp y om ap emang gada jiwa tarungny ap dya ngedrop..tlong pencerahany om

  90. 108 ayoep 6 November 2013 at 7:03 am

    oh gt.mksh bnyk om atas ilmuny sy jd tw bnyk dri om..klw gt sy mw bli lokal aj.

  91. 109 ayoep 5 November 2013 at 1:15 pm

    Oh gt ya om emang agak sulit ya om klw kt silang lokal dngan taiwan.trus ap si om kelebihan kenari taiwan dngan local

    kalau menurut saya sama saja om, maksud saya cari saja betina yang mudah didapat…. kenari taiwan untuk diternak cukup mudah om hanya kenari Taiwan ini punya kelemahan pada saat bunyi akhirannya kurang bagus, sering berhenti mendadak jadi kalau tujuannya untuk menghasilkan burung lomba kurang tepat(maaf ini pendapat pribadi)

  92. 110 ayoep 4 November 2013 at 5:29 am

    siang om mw tany ni tlong pencerhany om sy puny kenari lokal sy mw jodohin sm cweany menurut om kira2 cweany lokal lg ap taiwan tw holan..trmksh bnyk om

    kalau menurut saya dalam beternak carilah yang termudah, untuk tahap awal coba ternak lokal dengan lokal nanti setelah berhasil bisa dilanjut ke Holland dengan Holland

  93. 111 sukron 31 October 2013 at 4:02 pm

    mtm mlm gan,ane pnx masala lg ni gan,mhon dibantu y gan..ankn kn ane cwe dh umur 7 bulan truz ane jodoin m bpakx gan,slm 2 mggu ane jodoin si cwe g ada tanda2 birahi,truz trpaksa ane kumpulin m cwokx,krn kkurangan sangkar,stelah ane kumpulin kduax g brantem/ akur,stelah 2 hr ternyata mrk kawin,truz sicewe mulai bunderi,tp slm 2 mggu lbih g nlur2 jg,truz gue cek sicewe prutx dh bengkak tp warnax kuning dn lubang penx udh besar tp bulu2x msh banyak,kira2 kn ane knp y gan, dan slma bunderi smpe skrg sicewe sering buka paruhx kyk lg skit pernapasan tp mkan n tingkahx msh normal g kyk lg sakit,udh ane kasih obat kira2 udh 17 harian tp ttp z msh sering buka paruhx,ane mohon pencerahanx y gan..matur nuoon

    Yang jadi masalah lubang vennya besar tapi masih banyak bulunya atau kenarinya mengap-mengap…. kalau bisa tulisannya tidak disingkat-singkat ya gan…. biar mempermudah memahami pertanyaannya….

  94. 112 ayoep 30 October 2013 at 10:05 am

    mksh bnyk om atas ilmuny..jng bosen2 ya om jawab pertanyaan sy slam sukses slalu om..

    sama-sama

  95. 113 ayoep 29 October 2013 at 12:55 pm

    mlm om redaksi mw tany lg ni hehe..satu aj blm d blz udh tany lg..bis asik si curhat sm kenari mania ilmuny berguna bgt..mhon pencerahany om.sy mw bli kenari betina mw tw dong om ciri2 betina yg bagus n warna ap..biar si anakan jd sukses n berkwalitas lmyan aj.

    Om Ayoep, penentu kualitas baik/jelek hasil ternak ditentukan oleh genetik dari induknya …. kualitas anakan akan ketahuan setelah anaknya besar dan mulai bunyi… memang kita bisa melihat dari faktor penotif (struktur badan dan tingkah laku) namun tidak bisa menjamin berhasil. Untuk tahap awal jika om ingin ternak kenari berkualitas bisa mendatangi peternak yang sudah berhasil dan memantau kualitas indukannya…..

  96. 114 ayoep 29 October 2013 at 4:39 am

    siip bgt ulasany.mw tany lg ni om hehe..yg bnr jmur kenari brp jam kenari sy lokal warna kuning cmpur orang sbnerny warn kenari yg bgus buat tempur n suara rata2 warn ap om soalny sy ad rencna mw bli betinany.mksh bnyk ni om.

    tidak ada patokan pasti berapa jam jemur burung kenari namun untuk kenari impor untuk tahap awal jangan terlalu lama cukup 15-30 menit, sedangkan untuk kenari lokal bisa lebih kuat bisa 1 jam, namun lihat kekuatan fisik si kenari juga karena ada beberapa kenari yang tidak kuat panas, saran saya jangan berpatokan waktu lebih baik lihat kondisi si kenari, walaupun baru 15 menit jika kenari sudah terlihat mengap-mengap lebih baik dipindahkan ketempat teduh…. kualitas tidak ditentukan oleh warna bulu om

  97. 115 ayoep 28 October 2013 at 11:29 pm

    pgi tim redaksi.slm kenal.mw tany ni mhon ilmuny.sy puny kenari syuran n buah ap aj si biar suara panjang dan bening(kristal).trmksh

    Wah banyak sekali faktor penentu suara kenari menjadi panjang, selain perawatan faktor genetik dari ibu bapaknya si kenari juga menentukan demikian juga jenis suaranya…. coba om baca link ini… http://burungkenari.wordpress.com/2009/06/26/perawatan-kenari-sebelum-dan-akan-lomba

  98. 116 sukron 28 October 2013 at 12:34 am

    asslm,slm kenal gan dr sukron kn mania sidoarjo,ni mw nanya gan gmn y solusix kl kn brtelor smpe 5 butir,sy pgnx smwx bs hdup gan,dulu kn sy brtlur 5 dn smwx netas,tp ankn yg plg kecil psti mati gan,kalah sm kakak2x,,gmn y gan biar smwx bs hidup,udh kjadian 2 x gan kyk gt,mw tak ti2 pin k induk yg lain tp g barengan wktu nelorx,mnt solusix y gan,maklum pmula,matur nuwon

    Salam kenal juga om Sukron, wahhhh mantap dapat indukan yang produktif om…. susah lho nyari indukan yang anaknya banyak, penyebab kematian anak karena beberapa faktor bisa karena kalah bersaing dengan suadara-saudaranya untuk menanggulangi hal ini :
    1. induk jantan jangan dipisah (perawatan berdua tidak bisa sistem cabut jantan)
    2. dibantu diloloh oleh peternak namun dibantu loloh manual harus dilakukan sejak usi dini (usia 4 hari maksimal 7 hari)
    3. Ketika bertelor, telor diangkat diganti telor palsu setelah telor lengkap telor asli di kembalikan (lihat link ini http://burungkenari.wordpress.com/2013/05/29/tip-penyimpanan-telor-burung-kenari )
    4. tempat sarang harus besar karena ketika anaknya semakin besar membutuhkan tempat yang luas bisa saja anak yang terkecil mati terinjak saudaranya.
    dll

  99. 117 deni 27 October 2013 at 9:04 am

    mau nanya om, kenari pejantanku, mogok kawin ni, bunyipun gak mau, perlu diketahui sudah banyak keturunanya, belakangan 2 blan ne gak mau bunyi, dikawinkan gak ngisi telornya, klo didekatkan dng betina dingin2 aja, gak mau ngejar ataupun bunyi, tolong solusinya, perawatan seperti biasa….

    jantannya sedang mabung kali om….

  100. 118 Heri 26 October 2013 at 11:16 am

    Slm kenal om.saya mau tanya kenari betina saya sudah bertelur trus jantan nya saya pisah.eh malah si betina ga mau ngangremin telur nya.trus kenari jantan saya msukin satu sarang sma betina.betina nya mau ngangremin lg.saran nya gmna om.

    Jantannya disatukan jangan dipisah…..

  101. 119 Teguh 21 October 2013 at 12:01 pm

    Asslamualikum
    maz sya mau tanya ni kalo kenari udah kaya brung anggrem ga pergi” tapi ga nelor.trus knri jantan’y ga mau ngwinin gara” knri jantan sdang mabung sya hrus gmna tdi ‘y mah kawin

    Waalaikumsalam, yang jadi masalah betinanya nganggrem terus atau jantannya mabung om ?

  102. 121 dede 19 October 2013 at 5:15 pm

    Permisi om.. Mau tanya.. Saya punya kenari F2YS jantan, saya udah kawinkan beberapa kali dan berhasil menetas, 2 bulan kemarin, saya tidak kawinkan jantan itu karena betinanya sedang mabung, lalu setelah beres mabung, saya kawinkan jantan tersebut, tetapi gagal menetas, lalu saya coba pada betina lain, gagal juga.. Saya mau tanya, apa kenari jantan saya jadi mandul? Lalu bagaimana caranya agar bisa fertil kembali?
    Terima kasih sebelumnya om..

    saya rasa tidak mandul om, coba perawatannya diperhatikan kembali takutnya tidak berhasil membuahi karena staminanya drop….

  103. 122 chandra rangga 19 October 2013 at 5:44 am

    Permisi om numpang nanya, biojanna 6 apa juga memberikan pengaruh terhadap peningkatan birahi burung kenari ? Burung kenari betinanya juga aku kasih serat nanas malah diacak” om apa bio janna bsa membantu burung untuk meningkatkan keinginan burung membunderi ?

    Om Chandra, saya belum pernah menggunakan Biojanna 6, kalau om punya pengalaman boleh sharing disini ?, waduh susah ya nyari hubungannya antara diberi suplement ke prilaku burung kenari, kalau diberi supplement (Biojanna) bisa meningkatkan birahi ada hubungannya tapi kalau diberi Biojanna jadi membunderin isi sarang saya rasa ada missing link karena membunderi isi sarang adalah prilaku burung dan tidak semua burung kenari ketika akan bertelor membunderin sarang…..

    • 123 chandra rangga 21 October 2013 at 7:27 am

      Burung saya sudah mau merajut sarangnya tapi sesudah itu serat nanasnya dii tarik lagi dan jatuh ke lantai, apakah itu sifat betina saya om ? Apa saya juga harus membantu menyusun kembali serat nanasnya yang akhirnya dii tarik jatuh lagi ke lantai kandang ?
      Kalau masalah biojanna 6 memang saya salah mendefinisikan memang obat itu hanya mempercepat perangsanan kebirahian burung kenari yang berakibat burung kenari yang masih perawan dan gak mau bunderin malah mau bunderin … Makasih yaw kritiknya om

      Biarkan saja serat nanas di acak-acak om, jangan dibantu dirapihkan…. selain serat nanas coba masukkan kapas/sobekan tissue kedalam kandang ternak….

    • 124 chandra rangga 22 October 2013 at 2:46 am

      Trima kasih omm … Saya dari solo … Salam kenal yaw …

  104. 125 agus artiansyah 18 October 2013 at 10:20 am

    Alamatnya di mana tu om kalo boleh tau saya mau belajar2 juga om,nyari ilmu tentang breding kenari heeee

    alamat saya http://burungkenari.wordpress.com

  105. 126 agus artiansyah 18 October 2013 at 9:48 am

    Mksh bnyak om infonya sangat membantu,salam kenal om saya dari bandar lampung.

    Sama-sama om Agus, di Lampung ada tuch jagoan kenari namanya om Afiudin………

  106. 127 agus artiansyah 17 October 2013 at 1:45 pm

    Mlm om mau nanya saya punya kenari sepasang di rumah sudah sering kawin kira2 1 hari bisa 3-4 kali kawin,tapi sarangnya di acak2 trus om alias smua sarangnya d jatuhkan ke lantai kandang kira2 kenapa ya om,,trma kasih sblumnya om.

    Biarkan saja om kalau sudah kebelet ingin bertelor juga akan bertelor atau kalau mau coba diberi kapas/tissue…..

  107. 128 chandra rangga 15 October 2013 at 2:51 am

    Om mau tanya kenari betina mbunderin itu pada saat kapan ?
    Kalau pejantan dii satukan langsung tanpa penjodohan gmn om ?
    Betina saya sudah birahi tapi belum bunderin kalaau dii satukan malah betinanya ngejar yang jantan dan yg jantan malah takut ?

    kenari membunderi isi sarang pada saat kenari ingin bertelor, saran saya dijodohkan dulu…. kalau om tidak mau repot menjodohkan silahkan saja …..

    • 129 chandra rangga 16 October 2013 at 6:55 am

      Berapa lama ya omm jodohinnya ? Misalnya kenari jantannya dipisah sama betina apa betinanya mau bunderin ya om ?

      saya sudah bahas beberapa kali mengenai ini proses jodohin burung kenari bukan hitungan waktu tetapi ditentukan oleh kesiapan burung kenari untuk bereproduksi, betina akan merapihkan sarang ketika dia merasa siap bertelor tidak berdasarkan ada jantan atau tidak ada…. jadi walaupun tanpa jantan kalau kenari betina merasa akan bertelor maka dia akan merapihkan sarang……

  108. 130 Dody 6 October 2013 at 2:48 pm

    Om mau nanya nie..kenariku umur 6bln,akhir2 ni sering didis, njabutin bulunya ndiri, makan rakus, sering tidur, bisanya cuma ngriwik..knapa ya om. Mohon pencerahanya om..thx

    ada beberapa kemungkinan om bisa terkena kutu atau sudah saatnya mabung/rontok bulu…. untuk mengecek terkena kutu coba burungnya tangkap kalau terasa gatal di tangan berarti burungnya terkena kutu… untuk mengecek mabung atau tidaknya coba lihat didalam sangkar kalau didalam sangkar ada/banyak bulu berarti mabung….

    • 131 basarnas 10 October 2013 at 5:49 am

      om mau taya nih , gimana caranya mengtasi betina yang berlemak ?

      betina gendut tempatkan di kandang yang cukup besar, pakan bijian dibatasi sehari cukup diberi 1 sendok teh, perbanyak sayuran (daun sawi atau daun slada) terakhir sering dijemur…..

      • 132 eric 11 October 2013 at 2:18 pm

        terimakasih om

      • 133 eric 14 October 2013 at 10:39 am

        om mau tanya lgi ni , knari betina yang berlemak , udah saya jemur di ksih sayurn am biji”an udah 2mingu tpi lemakx tida berkurng , gimana caraya ni om supya lemakx ilang ?

        maksudnya berlemak itu kenarinya genduk om ?, selain ditreatment seperti diatas tempatkan kenarinya di sangkar yang agak besar bisa menggunakan sangkar murai…

      • 134 eric 16 October 2013 at 7:53 am

        jdi pinggir dadaya itu ada warna koningx om

        Ciri-ciri kenari gemuk dadanya rata tulang dada tidak terlihat, kalau ada warna kuningnya belum tentu kegendutan om…. kalau selama ini tidak mengganggu saya rasa tidak usah dibuat khawatir om…. pelihara kenari untuk refreshing menghilangkan stress …..

  109. 135 saiful mujib 6 October 2013 at 1:22 pm

    om mau naya kenari saya sudah produksi 2kali tp kok ni hmpir yg ke3 klinya tiba2 betinanya meninggal padahal sudh buat sarangnya sendiri tinggal nelur lagi..knp ya om mohon pencerahanya

    banyak kejadian indukan tiba-tiba mati, saya pernah ngalamin induk kenari mati didalam sarang…. kesimpulan saya sementara penyebab indukan mati adalah karena terlalu gendut atau posisi kandang ternak ditempatkan terlalu atas atau dekat plafon, udara dekat plafon kurang bagus selain panas juga oksigennya kurang ……

  110. 136 Idee Sasongko 4 October 2013 at 4:31 am

    Salam…saya baru mo mulai beternak kenari sebagai hobi. Rencananya mo nyoba dulu beli sepasang indukan kenari harga sedang. Ada rekomendasi dimana saya bisa beli di daerah Jogja selatan?Trmksh

    Rekomendasi saya pasar burung terdekat om…. kenapa pasar burung ? pengalaman saya pedagang di pasar burung sudah kerjaan sehari-harinya jualan burung jadi mereka berpikir seratus kali untuk berbuat curang, karena mereka mikirin dapur mereka…. :)

  111. 137 gondronk 29 September 2013 at 12:00 pm

    om mau tanya nih, sebelumnya terima kasih dengan adanya blog ini para pemula dalam perkenarian seperti saya mendapat pencerahan yagn sangat berarti.
    saya beberapa minggu belakangan ini sering mantau blog om sofyan karena saya baru tertarik dengan kenari dan ingin beternak (rencananya).
    saya punya kenari satu pasang dan umur keduanya sudah mapan om, sudah 1 minggu ini keduanya disatukan dalam satu sangkar yang disertai sarang beserta isinya, tapi kenapa pejantan selalu mengacak2 isi sarang tersebut?
    dan sibetinanya selalu menghindar ketika sijantan ingin kawin (tidak mau kawin) padahal seblumnya sudah jodoh dan saling loloh saat dijodohkan dalam sangkar yang dipisah.
    namun ketika sarangnya saya rapikan dan saya pegang, sibetinanya seperti tidak ingin diganggu sarangnya selalu cuit2 dan seperti ingin terbang namun tidak jadi (mengapak2an sayap sambil loncat2)..
    apa yang harus saya lakukan om jika masalahnya demikian?
    mohon maaf om pemula selalu banyak tanya..
    hehe

    betinanya belum siap om, sabar aja om…. kalau sudah waktunya insya Allah beranak pinak…. biarkan isi sarang acak-acakan kenari punya selera sendiri untuk menyusun sarang…..

  112. 139 rendy lhorez 25 September 2013 at 4:23 am

    Salam kenari mania.

    Mau nyak nech om kenapa kenari saya udah di jodohkan 1 mnggu kok gak nelor2, klu ganti pakan ganggu tidak om ma kenari yg udah ngeram..
    Makasih om..

    om dalam beternak burung kenari belum ada ukuran yang pasti, saya pernah ngalamin jodohin kenari selama 1 tahun belum berhasil, pernah nelor tapi belum pernah netas…. jadi harus bersabar. Ganti pakan tidak masalah om namun jangan terlalu sering gonta-ganti karena berakibat mempengaruhi pencernaan. Di komunitas burung kenari gonta-ganti pakan ini tidak menjadi masalah besar malahan sebagian besar tidak mempedulikan, akan berbeda dengan hobis kucing kebetulan istri saya senang pelihara kucing, mereka sangat hati-hati jika akan mengganti pakan, tidak sekaligus ganti namun dicampur sedikit-demi sedikit kalau langsung diganti berakibat diare resikonya bau pupnya menyebar kemana-mana…. (upsss… kenapa jadi curhat hehe…..)

  113. 140 risky 23 September 2013 at 2:56 pm

    Om tolong info’n ni..sy lg ada mslh sm kenari btina ane…
    (1)pas telur pertama telur’n ditutupin sm kapas..tp telur ke 2 sm ke3 g di tutupin…
    nah skrng sdh 14 hr om..pas sy cek telur yang ke1 pecah om~sdngkan pecah’n sy g tau kpn tp dst ada 2tlur yg lg dieramin
    itu bekas pecahan telur’n pengaruh g om sm 2tlur yg lg di eramin’n..soal’n skrng sdh 14hr tp blm netes..
    trmksh…slm knl om…

    telor pecah tidak pengaruh om, mungkin om waktu SMP pernah belajar Biologi saya rasa kalau om Risky tidak tidur waktu pelajaran Biologi pasti tahu bagaimana proses reproduksi binatang….. :)

    • 141 risky 24 September 2013 at 1:45 am

      Haaa..sy lp om..
      skrng sdh msh 14 hr ngerem om..
      tp indukannya jarang” ngeremin kbanyakan mkn om&td sy liat induk’n mandi om..pngaruh g y..
      1 lg ni om…sy pny indukan 4 smua sdh bertelur smua..tp laki’n smua sy pisah.
      Sdngkan laki’n bunyi trus itu ngaruh g ya sm btina yg lg ngerem..soal’n cm di batesin tembok..jd suara’n kedengeran bgt..mksh sblm’n..:)

      hehe…. maaf becanda, jangan terlalu serius om….. untuk daerah panas mandi bagus untuk menjaga kelembaban telor, namun untuk daerah dingin kurang bagus om, itulah penyebabnya saya kurang senang dalam box/kandang ternak ada lampu, kalau lampu ON/nyala secara terus menerus (24 jam) burung kenari tidak bisa membeda siang dan malam… apalagi burung kenari impor kadang-kadang malam hari suka mandi jika lampunya nyala/on. Untuk kenari yang diternak sistem poligami pada saat betina mengeram diusahakan jangan sampai mendengar suara jantannya, karena dikhawatirkan ketika mendengar suara jantan, sibetina birahinya naik akibatnya telor ditinggal atau sarang diacak-acak….

      • 142 risky 27 September 2013 at 8:48 am

        Trmakasih om atas jwban’n..
        Balik lg ni om…heee..trnyata 3indukan sy telur”n g ngisi..syng bgt om 14 tlur g ada yg jd..itu knp ya om…
        ad 1induk yg jd..telur’n ada 5sdh netes 3…tp yg 2sy ttp di indukan lain takut’n nnti 5ank’n g keurus itu gpp kan om…
        trmakasih

        3 betina dengan 1 jantan om ?, kalau 3 betina dikawin oleh 1 jantan dan semuanya tidak netas patut dicurigai jantannya bermasalah… telor dititip keindukan lain tidak masalah om….

  114. 143 catur junaidi 19 September 2013 at 5:02 pm

    mlam om, maaf ngrepotin nich, sya peternak kenari lokal yg bru2 ja mulai ternak (pemula)
    sya punya kenari betina lokal warna sunkis pekat sdah produksi 2x.
    produksi ke 1, telor 3 netas semua,
    produksi ke 2, telor 5 netas 4,
    yg mau sya tanyakan adl tiba2 tu babon produksi yg ke 3 & ke 4 cuma nelor 1 btir aja om, mnta saran nya om,
    trima ksih bnyak sbelumnya

    Banyak faktor penyebab kenari produksinya menurun bisa karena usianya sudah tua atau kebutuhan gizi pakan yang tidak terpenuhi, dalam bereproduksi burung kenari butuh gizi yang optimal… tidak cukup hanya diberi pakan bijian saja tapi butuh multivitamin dan gizi yang tinggi.

    • 144 catur junaidi 20 September 2013 at 3:34 am

      trima ksih bnyak untk jwban nya om,

      tanya lgi ni om,
      klo prawatan nya sdah sya perhatikan betul2 om. dri segi pembersihan sangkar, ganti air minum & pakan biji2an nya tiap hri slalu sya ganti & tiap hari juga slalu sya ksih EF secara bergantian yaitu sawi putih, sawi daging, telor puyuh rebus, gambas & apel, semua itu sya ksih kan tiap hari dgn cara di seling2 gtu. apa da pakan/EF lgi yg bsa mndukung indukan untk tetap bereproduksi g bagus slain pakan yg sya sbutkan om??

      klo multivitamin ini yg sya tdak tau om, mnta solusinya, multivitamin apa yg baik & biasa nya orang2 pakek untk di berikan pada indukan kenari supaya tercukupi gizi nya dlam bereproduksi???

      trima ksih sebelum nya,

      Wah ini sih perawatannya istimewa, coba cek badannya jangan-jangan kegemukan, fungsi multivitamin adalah untuk menutupi kekurangan vitamin yang tidak terdapat pada makanan bijian atau sayuran yang diberikan setiap hari, kalau saya biasa memakai Vitasol… terserah om mau menggunakan multivitamin merk apa dipasaran banyak terdapat multivitamin…. inilah nikmatnya beternak kenari om, ketika ada masalah penanggulangan berbeda-beda…

      • 145 catur junaidi 20 September 2013 at 2:04 pm

        ok om, brusan tu babon sya cek badan nya & hasil nya normal2 aja om alias ideal, tdak da lemak berlebihan di daerah perut & di daerah leher kebawah,
        apa da kemungkinan faktor hormon ya om??
        karna tdi hbis pulang kerja sya sempat mampir ke pasar burung & sya datangi salah 1 kios yg jual pakan, asesoris burung & vitamin2 untk burung, pada penjual trsbt smpat sya critakan kendala dri babon kenari sya, penjual trsbt menyimpulkan bahwa babon/pejantan yg sya ternakan tu kekurangan hormon & sya ditawarin multivitamin yg fungsinya untk mengoptimalkan hormon pada si jantan & betina,
        multivitamin yg ditawarkan tu nama nya MALE-HORMON untk si jantan & FEMALE-HORMON untk si betina.

        klo mnurut om, apa penyimpulan si penjual pakan tu da benar nya om??

        trima ksih banyak sebelumnya om,,

        Seperti sudah saya kemukakan tidak semua masalah penyelesainya sama tergantung kondisi dan keadaan burung, coba saja pergunakan hormon tersebut namun saran saya dicobanya ke kenari yang biasa-biasa saja jangan kenari unggulan :) , kalau sudah terlihat hasilnya silahkan sharing disini om, insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kita semua……

  115. 146 sahid 13 September 2013 at 4:49 pm

    saya baca dibawah tentang border om yg lama nyulam..itu gimana perawatannya om..apa sekarang dah slese nyulamnya? sama dirumah jg gitu om jenis Ys..apa emang kn impor rata-rata gitu?

    Ada beberapa kenari impor body besar suka ada masalah mabung terus menerus/nyulam, untuk perawatannya memerlukan waktu yang cukup lama dan membutuhkan kesabaran yang ektra…. pakan diberi yang baik namun komposisi pakannya jangan terlalu sering berubah-ubah terutama jika menggunakan pakan bijian kemasan jangan sering gonta-ganti (maksudnya minggu ini menggunakan merk Ebod, bulan depan menggunakan merk phoenix dll), multivitamin diberikan secara teratur (untuk multivitamin saya menggunakan Vitasol)….

  116. 147 Oded 7 September 2013 at 9:06 am

    Sore om maunya,sy pemula pnya 1 pasang kenari udah satu sangkar udah kawin3x yg mau sy tanyain (1)apa dr penjodohan sampe bertelor&netas harus disatuin(2)apa blh dimandiin&djmur keduanya dlm1 sangkar(3)tp knapa tisu ma kertas kapas diangkut ke srng kdang2 diambil lg di jatuhin lg(4)kta tmen klo dah kawin3x pisahin aja ga papa,sy pisahin keduanya cuit2an aplagi yg jantan gelisah kesana kemari,jd bingung apa yg hrus sy lakukan om,please bantuanya jadi ga konsen kerja dimarahin lg ma boss aduh bingung999x om,mksih om met sore

    hal ini sudah saya bahas beberapa kali coba om cari ditulisan saya terdahulu…..kesehatan lebih utama om…kalau om merasa stress berat saran saya lebih baik rencana ternak kenarinya dibatalkan saja mungkin om tidak cocok dengan ternak kenari….. mohon maaf jika om kurang berkenan

  117. 148 Sultan 5 September 2013 at 3:50 am

    Iya om td pg sy ksih kertas&tisue trus sy pisahin jantannya,sy liat diakutin krtas&tisuenya ke sarang sama btnanya mdah2 mau nelor,tp ga pa2 jantannya d pisah pd saat btinanya mau nelor,mksh om atas saranya

    Biasanya kenari akan bertelor jika sarangnya sudah tersusun rapi, kami biasa menyebut membunderi… kalau sudah terlihat rapi jantannya dimasukkan om… kalau jantannya tidak dimasukkan maka tidak akan terjadi pembuahan dan akibatnya telornya kosong….

  118. 149 Sultan 4 September 2013 at 4:30 pm

    Aslmkm wr, wb,smuanya,ikut gabung mau nanya sy pnya1psng kenari sy masukin jntan 1sngkar sm betina,udah rukun&saling kiss cm ga sy amati apa sdh kawin blumnya cuma keduanya suka ngacak sarang smpai pd jth ga lm diakut lagi trjadi brulang2 gitu slama 3hr walupun dah sy ganti smua jenis sarangnya,pdhl usia keduanya udah mapan yg betina dh produksi 2x jantan 1x knapa ya mhn bantuanya,mksh aslmkm wr,wb

    isi sarang biarkan saja om diacak-acak, kemungkinan siindukan belum merasa nyaman dengan penyusunan isi sarang yang ada, selain itu coba kedalam kandang ternak masukkan kapas/tissue …. mudah2an bisa cepat bertelor…..

  119. 150 Ryan Eanc Clalu S'tia 1 September 2013 at 12:01 pm

    om saya mau tanya. kenari yang sedang mabung perlu dimandikan atau tidak.??

    dimandikan boleh tapi jangan di semprot menggunakan sprayer, sediakan tempat minum yang besar biarkan kenarinya mandi sendiri

  120. 151 Ramlan 26 August 2013 at 2:03 am

    Karena sy baru kali pertama berternak kenari, jd mo tanya dimana kenari betina sy sudah bertelur 3 bh dan jan tannya msh disatu kandangkan tp slama sy lihat yg betinanya ga pernah keluar dari sangkar. Pertanyaannya apakah si jantanya boleh dipisahkan atau harus tetap di satu kandangkan ???

    Terserah om, mau dipisah atau disatukan saya sudah buat artikel mengenai hal tersebut silahkan baca link ini http://burungkenari.wordpress.com/2011/01/19/sistem-ternak-kenari

    • 152 fikri nur syina 1 September 2013 at 4:47 am

      om knpa ya burung kenari saya kalau gacor kaki ya naik satu??
      iitu knpa ya om?

      Kalau ngangkat kaki hanya pada saat berbunyi kemungkinan kenarinya sedang birahi om, atau memang style nya seperti itu kali om bunyi sambil ngangkat kaki…. :)

  121. 153 robin bejo 25 June 2013 at 12:29 pm

    bos saya punya sepasang kenari…yg jantan dah gacor.betia jg siap kawin..tp ngapa ya si jantan kalo di deketin betina kok maah pergi/kalah,kalo berjauhan sijantan kluar gacornya..tp kalo deketen..mempem bos..

    Ada beberapa kenari jantan yg ketika didekatin ke betina tidak nyerang (ngejar betina), jantan type seperti ini hrs melalui proses penjodohan, bagaimana proses penjodohannya visa baca ditulisan saya terdahulu…..

  122. 154 Ary Sumarsono 23 June 2013 at 3:04 am

    terima kasih atas sarannya om, kini kenarinya sudah enjoy dan mulai bertelur. tapi kandang tersebut setiap hari aku turunkan pagi dan sore untuk memberi makan, apakah turun naiknya kandang berpengaruh dengan telurnya om?
    hingga kini telurnya sudah 5 butir, apa telur tersebut harus aku kurangi?
    terima kasih buaaanyak atas pencerahannya om …..

    Kandang Jangan terlalu sering naik turun induknya merasa terganggu, telor jgn dikurangi yg penting jantannya jgn dipisah nanti pada saat telor menetas jantannya bantu meloloh…

  123. 155 Ari 13 June 2013 at 7:45 am

    mohon pencerahannya om,
    anak kenari sudah makan sendiri, dan aku pisah.
    selang seminggu berikutnya induk aku coba satukan, dan terjadi perkawinan berkali kali. tapi tiap hari kedua indukan hanya mengangkutin bahan sarang (tidak membuat sarang), tempat sarang kosong.
    hari ini aku lihat sebutir telur yang pecah sedikit ditempat sarang yang tidak ada material sarangnya. bahan sarang aq taruh di bawah hanya di angkutin terus dibuang, bahan sarang aku letakkan di tempat sarang diobrak abrik terus dibuang.
    mohon solusinya om
    terima kasih……

    Sarang bekas dipakai coba dicuci dan isi sarangnya diganti yang baru om, mungkin si indukan tidak merasa nyaman karena ada kutu…

    • 156 Ari 19 June 2013 at 9:15 am

      terima kasih atas sarannya om, kini kenarinya sudah enjoy dan mulai bertelur. tapi kandang tersebut setiap hari aku turunkan pagi dan sore untuk memberi makan, apakah turun naiknya kandang berpengaruh dengan telurnya om?
      terima kasih buaaanyak…..

      jangan terlalu sering dinaik turunkan kandangnya om takut mengganggu kenyamanan induknya pada saat mengeram dan kalau sangkar tergoyang kencang dikhawatirkan telor jatuh…..

  124. 157 ariant 8 June 2013 at 7:14 am

    salam kicau mania :D

    saya punya kenari blackred umur 1 tahun betina dan jantan
    tp mereka gk mau birahi udah 1000x cara dah saya lakukan tp tetep gk mau birahi juga
    ngambil pejantan yang udah kawin udah nurunin 3x anakan masih tetep gk mau birahi
    tp saya liat yang tetangga saya blackred umur 7 bulan udah bisa produksi 2x
    kok punya saya tetep gak mau ya ? udah saya kasih obat. ebod brid, ferti oil, bio janna6 segala obat udah saya jajal tp tetep hasilnya nihil apa solusi yang tepat nya kita sate aja nih burung kenari nya tw gmna ???

    malah sekarang mereka jadi mala petaka bagi saya.
    selalu memancing emosi di setiap pagi nya. ampe aktifitas saya pun terganggu dengan ke emosian saya terhadap burung tersebut.
    saya dapet beli di tukang burung yang mungkin dah nipu saya.
    1 tw 2 minggu pasti nelor bang bla bla bla dengan rayuan dia supaya saya tertarik mahar nya 2,5jt sejodoh.
    pas 2 minggu saya komplen
    4 minggu saya komplen lagi
    ampe sekarang dah 4 bulan di urus sama saya tetep aja gk nelor.
    s*tan tuh tukang burung,
    minta balik uang kembali gk mau tanggung jawab tukang burung nya

    solusi nya apa ?

    harus gimna ?
    saya strees makin lama makin edan sama burung nih
    di jual lagi dengan harga segitu gk da yang mau

    sabar udah kelewat sabar janji 2 minggu nelor ampe sekarang 4 bulan di tangan saya tetep gk mau nelor

    coba pencerahan nya om senior semuanya yang udah sukses di bidang breeding cannary.

    tolong yang baca ini mungkin juga pedagang burung yg gk jujur tw yang jujur jangan kesinggung dengan curhatan saya. saya hanya melampias kan emosi (kekesalan ) ini karena si tukang burung s*tan itu yg dah nipu saya.

    mungkin klo memang bener anakan sih ane gk bakalan begini maaf maaf maaf maaf sekali lagi maaf.

    alkisah ada seorang Ibu marah-marah ke ke tukang penjual jeruk… “Bang, kemarin saya beli jeruk rasanya asem semua, abang bilang jeruknya manis-manis” tukas si Ibu ke penjual Jeruk, “Ibu masih beruntung belinya hanya 1 kg, nach… saya beli berkarung-karung dan sekarang saya bingung mau diapakan tuch jeruk “ kata si tukang Jeruk. Hikmah yang bisa diambil dari cerita tersebut kita masih bersyukur hanya dapat 1 pasang, mungkin si penjual bisa lebih dari 1 pasang selain itu dia juga dipusingkan dengan komplenan dari si pembeli, saya yakin si penjual tidak berniat jelek hanya yang namanya jual beli makhluk hidup ada saja resikonya. Saya punya pengalaman beli kenari Border sampai saat ini mabung terus/nyulam (lebih dari 1 tahun saya pelihara), dibalik kejadian tersebut saya banyak belajar bahwa sabar itu tidak ada batasnya dan jika dilakukan dengan enjoy Alhamdulillah hati merasa tenang dan yang lebih bersyukur lagi saya bisa banyak belajar bagaimana merawat kenari nyulam.
    Saya rasa kesehatan om lebih berharga dari sepasang burung kenari jadi coba dibuat enjoy saja om, insya Allah suatu hari om akan merasakan hikmah dari kejadian ini

  125. 158 farit 16 April 2013 at 4:48 pm

    om nich q pemula tlg sarn n bimbngannya za???q pnya sepasang KN yang lagi q jodohn tp wktu perjodohan tu dah muncul tanda2 siap kawin seperti lolohan/ciuman,lo q jauhin antra pejantan n betinanya sama2 nyari tp lo q jdkan satu kk lum mau kawin n lo mlm tdre g berdekatn tu kenpa za???n gmna cranya byr KN q cept kawin n berteelur tlg bimbngan om saranyan za????cz q pemula n pengen banget bisa cept2 ternk kenari yang sukses.tas saran om n bimbngnya sebagai senior q ucapan banyak2 terima kasih.

    Dalam dunia ternak kenari tidak ada yang instan harus mengikuti proses, insya Allah kenari om akan jodoh biar cepet kawin jangan selalu diliatin kenarinya malu mau kawinnya hehe…. hal utama ya harus sabar om….. semoga sukses ternaknya, mohon maaf kalau jawabannya tidak memuaskan ….

  126. 159 Yoga 31 March 2013 at 7:56 am

    Mau tanya ni om, saya punya 3 burung kenari, k 3 burung kenari saya di satukan, ga mau berbunyi, tp kalaw di pisahkan(tidak keliatan burung satunya lagi) baru berbunyi lantang, dan klw di satuan bunyinya cuman cuit-cuit doang om, itu knpa yah om, minta saran dan infonya dong om.

    Itulah sifat kenari, mereka tidak senang saling melihat…. kalau saling lihat apalagi disatukan tidak akan bunyi… demikian om, salam

  127. 160 ernesto 27 March 2013 at 4:44 am

    Hallo Om,,,, saya punya Kenari Gloster Corono Betina mau Saya Jodohkan dengan Red Intensif dan Kenari Gloster Jantannya Juga saya silangkan dengan Red Intensifbisa tidak,,,?

    Bisa saja om, tergantung tujuan om mau cetak murni atau silang, salam

  128. 161 aloy 14 March 2013 at 3:30 am

    mau tnya nie om..aku bru mskin knri aku…awalny keduanya saling tunjukin mau kwin gtu….stlh bsokny yg jantan mlah nyerang betina,dan jantannya klhtn mondal mandil,,pdhl yg betina sllu pngn ajk kawin,,trma ksh..tggu jwbnny ya om…

  129. 162 antox 8 March 2013 at 7:59 am

    om mau nanya nick, kandang saya kan ndak bisa di pindah2, dan kenarinya ada 50an, dan ndak bisa menjemur. gimana caranya agar kenari saya nggak gampang gemuk, menu makannya apa aja dalam seminggu? kalu mengatasi kenari gemuk gmn om? dan bagai mana supaya kenari saya cepat produksi tanpa di jemur? ok trimakasih om, tak tunggu jawabannya ya om.

  130. 163 dedy kusnadi 5 March 2013 at 2:30 pm

    om saya terlambat mengetahui burung kenari saya yang sedang mabung (nyulam) & itu sdh berjalan lama tdk saya tangani, menurut informasi yang saya terima kalau burung kenari tdk total mabungnya akan lama bunyi, bgmn cara mengatasinya ?
    1. Mabungnya biar total ?
    2. Biar cepat bunyi ?
    Trima kasih

  131. 164 hendra 9 February 2013 at 3:39 pm

    Halo om…..” Saya punya kenari om’ sudah bertelur 3 biji” cuman setelah letak sangkarnya saya pindah kamar di pindah ke belakang rumah” tiba2 siburung jarang mau mengerami telurnya” sudah 2 hari ini seperti itu om” tidurnya juga di tangringan” kenapa? Dan bagai mana penanganannya om? Mohon pencerahannya om” makasih….

  132. 165 Upjay 8 February 2013 at 6:53 am

    Kunto Wijanarko :
    Yogyakarta, 08 Februari 2013
    GOLD CANARY

    Pengumuman,
    Berhubung kemaren malem, lepas dari jam 1 dini hari, farm kami di bobol maling, untuk sementara hal-hal yang berkaitan dengan farm,shop, dll yng berkaitan dg GOLD CANARY, di hentikan untuk sementara sampai ada pengumuman selanjutnya.
    Dimohon juga jika sobat-sobat menemukan burung dr farm kami
    1). 4 YS (FOI’10, betina kuning polos, YS spanyol Ring E8’12, jantan, orange polos ekor tinggal 1 lembar, YS inggris non ring, jantan, gacor, ngawin, orange ada bercak hitam di kepala dan kaki ad benjolan klo tdk salah sebelah kanan,FNP’11 tp sudah dipotong, betina, kepala besar, mbarong banget, posisi sudah birahi, brown kuning muda)
    2). ST betina,issabel green, DKB’11, F1YS,jantan brown kuning, ring agrobus, F2 YS jantan, ring APN BDG 021 kuning polos sedit bercak hitam di kepala,3 babon kenari itali 2 pake: ungu polos, biru,saya lupa tulisannya, 1 anakan af,hijau botol ring bajang BF, lizard DKB’11 baru selesai mabung bunyi semaunya, dll yang burung-burung tersebut saya kenal & data semua lengkap dalam catatan pembukuan farm.
    semua total yang hilang berjumlah 50an ekor.

    Untuk kontak kami: 081804303999/085747221899/pin BB:324D85FC (a/n: Imam Wahyudi)
    Trims,pak admin & sobat kicau semua.

  133. 166 irfan tigor 6 February 2013 at 1:48 am

    oh ya mas cara membedakan kenari wortel yg asli ama yg palsu gmana x mas makash

  134. 167 irfan tigor 6 February 2013 at 1:41 am

    salam kenal q irfan tigor d bojonegoro ,mau nanyak cr cepat ternak kenar it gmana ya mas saya udh pnya satu udh bertelur tp yg satv x lag kok lama gt makash

  135. 168 cahyadi 26 December 2012 at 12:36 pm

    om mau nanya,kenari saya suka membuang/memecahkan telurnya kebawah kenapa ya?
    kapan punya anak y dong,,gagal terus..minta pencerahan y om????

  136. 169 Ari 23 December 2012 at 8:46 am

    maaf mau curhat & minta saran om….
    selama 1 minggu spasang knari aku satukan, tp mereka tdk jg mau kawin. betina sibuk membuat sarang. selang 2 hari betina bertelur, tp tdk jg mau kawin. setelah 1 minggu betina nelor 2, kemudian betina mengerami telur.
    betina keluar hny unt makan terus ngeram lagi.
    karna jantan dicuekin, jantan aku pisah. tapi setelah 2 minggu telur tidak jg netas, aku pikir karena tidak dibuahi. lalu telur aku ambil aku trawang jernih. telur aku ambil dan jantan aku masukkan.
    tapi kembali seperti semula, jantan tetap dicuekin. betina tetap mengeram di sarang yang kosong.
    bagaimana solusinya om….
    galau nih mikirin sepasang kenari tercinta……

  137. 170 rya 19 December 2012 at 3:44 am

    pagi om… Nanya lgi nh om…
    Knpa ya knari btina sya koudh lmaa ga brtlur2 lgi sh udh 1 blan ini pdahl pakannya n EF jga slalu di gnti stiap hri mndi n jmur jga tratur gmna lgi nih om spya knariku brtlur lgi
    dtunggu ya om sarannya
    mksh wasalam…

  138. 171 Gi,bdg 14 December 2012 at 2:26 am

    saya pernah selama 5 tahun ternak kenari merah. merah tidaknya warna dipengaruhi oleh: 1. keturunan; 2. makanan. Walaupun keturunan merah intensif, tetapi makanan tidak mendukung, paling jadinya oren. Cermati kenari merah impor, warna merah lebih disebabkan oleh makanan. dulu sy sempet kecewa, beli kenari merah jantan harga 5 juta, ngga sampe setahun kemudian warna berubah jadi belang-belang. ya, dari situ, saya tahu. mana merah asli, merah wortelan, merah obatan. colour food termasuk dlm obatan. wortel bisa mengubah warna oren jadi warna merah, daya ubahnya bisa sampe 40 %.

  139. 172 mukhlas 13 December 2012 at 3:36 am

    om mnta pencerahannya, kenari betina saya membuat sarang dan bertelur. tapi pas dapat 2 butir sarangnya diacak-acak, sampai tinggal telurnya aja di tempat sangkarnya. tu kenapa om? kenarinya cuit-cuitn terus om, padahal jantannya dak saya pisah

  140. 173 rya 5 December 2012 at 6:03 pm

    Mlm om.. Nanya lagi nih..
    Knari sya udh brtlur empat tpi wktu di erami 8 hri tlurnya di jatuhin dri sarang trur pas 14 hari netas 1 tpi ko mati ya pdahl sya kash lampu di sarangnya trus slang 2 hari 2 tlurnya ga tau knapa ko sya lihat udh ada di tmpat makan ajah n pcah udh ntas sparuh smua sh tlur yg 2 itu udh jadi piyik tpi mati smua.. knpa nih om sya pusing n ksal ko tlurnya di buangin trus sh pdahl sya udh nunggu2 2 minggu ko mlah ahirnya jdi pda gni smua..
    Mnta solusinya dong om..
    Mksh wasalam..

    • 174 Uphay 6 December 2012 at 6:51 am

      hmm… kalo ampe kesel.. artinya hobbynya salah tuh om..xixiix (inget pesen guru).. begini om, saat masa mengeram, indukan harus nyaman, tenang, minim gangguan, nah om nunggu2 sambil tengak tengok ajah udah gangguan tuh.. hehehhe, bisa jadi ada kutu disarangan, atau ada tikus, dan kalau sampai buang telur, biasanya krn ada jantan yg gacor yg bikin dia over birahi dan minta dinaikin lagi om,,, coba next time, taruh ditempat yg sepi dan jauhkan dari suara jantannya (kok ribet banget yah..heheheh). itu termasuk betina bermasalah om, nanti lama2 om akan tau betina hokky, betina baik, betina manja, dll.. heheh, itu seninya om.. Semangaaaaatttt

      • 175 rya 8 December 2012 at 6:43 pm

        Ohhh.. Jdi sya tengak tengok trmasuk ganggu jga yah..

        Huft.. Jdi tmbh pnasaran n hrus menguji ksabaran jga nih om.
        1 lgi nih om, pjantah klo btina lgi ngrami pa kh pjantan hrus di pisahkn pa ga ni om..

        Mksh n wasalam…

      • 176 Uphay 10 December 2012 at 10:43 am

        dipisah atau tidaknya pejantan tergantung betinanya om… “belajar dari burungnya” om… kita ikuti apa maunya. kalau jantan diangkat betina ngerem, yah ga papa, tapi kalo ga mau ngerem dan gelisah yah jangan dipisah jantannya.

  141. 177 Rizwan Bachdim 30 November 2012 at 5:43 am

    Siang Om..

    1.Saya mau tanya ni, saya kan punya KN usia 4bln saya lihat kotoranya koq warnanya putih, tetapi dilihat dari nafsu makan dan aktivitasnya normal.. malahan rajin nyanyi om.. yg saya mau tanyakan itu KN saya sakit apa tidak ya om..

    2. Saya mau beli AF silangan F1 x AF usia 1bln, tetapi setelah saya lihat KN nya koq di sekitar anusnya ada kotoran sedikit itu KN sakit apa sehat ya OM..

    Mohon pencerahanya OM Uphay.. Terima kasih.

  142. 180 Ari 27 November 2012 at 12:17 pm

    numpang tanya om….
    kenariku 3 hari terakhir ini males bunyi, dia sesekali bunyi jika saya nyalakan suara kenari dari hp. dia kurang lincah, lincah kalo waktu di jemur saja. apa kenari saya sakit om…..
    terima kasih sebelumnya

    Sepertinya stamina kenari om ngedrop, coba sering jemur dan jangan lupa diberi multivitamin….

  143. 181 ben 14 November 2012 at 12:23 pm

    Bagaimana ciiri2 burung sudah selesai mabung

  144. 182 hendra 11 November 2012 at 7:30 am

    maaf gan mau tanya jika telor burung kenari sudah di erami sampai 21 hari tapi belum menetas sedangkan indukan betina masih mengerami sampai sekarang,,apa telornya gagal menetas apa emang belum???

    • 183 ciplink 24 November 2012 at 2:06 pm

      boleh saya jawab mas kenari itu ngeraminya cuma 14 hari mas kalo lebih dari itu mendingan telurnya di cabut mas kondisikan kembali betinanya…terus di pelajari kenapa tidak menetas karna banyak faktor penyebab gagal meneta contonya kondisi burung salah satu ada yg kurang bagus kondisinya atau yg jantan mandul kalo mandul coba ganti dengan pejantan lain coba dulu mas moga berhasil…

  145. 184 rya 30 October 2012 at 6:28 pm

    ass.. slm kenal om kenari mania
    sya mnta saran nih dri om uphay/om AS
    sya pnya knar 2 jantan 4 betina n tk jadi’n 1 jantan 2 btina, pertanyaan sya

    1. 2 betina udh nelur rata2 3 telur tpi ga pda netas semua apa kh ada kendala sma sh jantannya taw gmna ya om
    2. 2 betina yg lainnya udh pda kawin smua udh bebrapa kli kawin tpi ko ga pada nelur2 mlah ngrusakin sarangnya terus, seharusnya bkin sarang trus berteluq ko tu sh mlah ngrusakin sarang mlulu, tiap kli sya beresin tetp ja 2 betina tetp ngrusakin sarang terus

    mohon pencerahannya nih dri om-om smua soalnya sya udh stres berat nih gara2 ngadpin kenari2 sya ni soalnya sya pngn bgt ngmbangin kenari2 yg sya ternak ni..
    sblumnnya trimakasih
    wasalam…

    • 185 Uphay 7 November 2012 at 3:55 am

      @Om Pai a.k.a Rya, mungkin jantannya (Poin 1) kurang bagus spermanya, coba di tukar dengan jantan yang 1 lagi, trus untuk sarang, beri sarang yg mereka mau om, jgn kita yg nentuin, coba kasih kapas,sobekan koran, sobekan tissue, potongan benang woll, liat mana yg dipakai oleh mereka buat bikin sarang. kalau ngawin gak nelur2, mungkin krn betinanya msh ABG om atau cuma “Have Sexs” doang hobbynya.. hehehhe, coba disendiriin lg sampi ngebuletin sarang, trus campur lg, mudah2an nanti mau nelur.

      • 186 rya 8 November 2012 at 3:30 pm

        mksh saran om uphay sngt mndukung bgt akn sya lksnakn..
        mngkn pa kta om uphay tntng ‘have sex’ tuh bnr bgt soalnya dia tiap hrh kwin trus tk hitung2 udh hmpir 2 bulan hobinya kawin mlulu tpi dia ga nlor2. mksh om sarannya….

      • 187 Uphay 12 November 2012 at 1:27 am

        wuaduh. kalau udah dua bulan kasihan jantannya om.. hehehe, saran saya sih betinanya dipakai buat latihan ngawin jantan2 muda ajah, nah cari deh betinaan buat di ternak yang normal2 ajah om..hehehhe, semoga berhasil…

      • 188 rya 18 November 2012 at 3:59 pm

        knarinya udh hbis smua om sdih bgt nih kmren malm di jbol maling di bawa smua knarinya

      • 189 Uphay 20 November 2012 at 2:36 am

        turut berduka yah om…. sing sabar… saya juga pernah tuh kena maling… kuncinya, fasilitasnya dulu kita utamakan, yaitu keamanan. semoga om diberi kekuatan dan kelimpahan rezeki untuk memulai lagi….

      • 190 rya 1 December 2012 at 4:45 pm

        Mksh bgt nih om sarannya sngat membantu bgt…bgt…

    • 191 rya 24 November 2012 at 2:50 am

      Mksh nih om ats saran’y, skrang sya udh mlai lgi dngan 2 btina 1 jantan yg 1 btina udh nlor tpi yg betina satunya blum apa2 pdahl gde’y sma, kta’y sh tipe af, pertanyaan sya kra2 btuh brpa lma nih om btina af bsa nlor..
      Mksh wasalam..

      • 192 Uphay 27 November 2012 at 5:49 am

        mantaappsss,,, betina af sama ajah om, ada yang usia 8 bulan sudah bisa produksi, tergantung pakan dan rawatannya, Semangaaaattt… hehehhe

  146. 193 pai 30 October 2012 at 4:26 pm

    ass.. salm knal om sya pemain baru nih..
    sya pnya 4 kenari betina n 2 jantan, 2 knari btina sma 1 jantan bgtu pula dngn knari sya yg lainnya

    1. pertanya’n sya knpa 2 btna dngan 1 jantan itu dah nlor smua tpi tlur’y ga pda ntas smua/ga jadi
    2. 2 btina n 1 jnan yg lain’y lgi pdahl udh d kawin kn smua smpe bebrapa kali tp ko ga pda nlur2 mlah yg ada ngrusakin sarang mlulu ga pda buat sarang trus nelur

    gmana ya om mhon pncerahan’y soalnya sya udh stres brat nih n pngn

  147. 194 rendie 27 October 2012 at 1:46 pm

    salam kenal om,,
    sebelumnya terima kasih ilmunya ya om,,, saya mau tanya nih om,,,,
    apa kenari jantan harus dipisah om setelah betinanya nelur??
    apa tidak apa-apa om klo kandang ternaknya bersebelahan dengan kandang ternak lovebird?

  148. 195 mukhlas 24 October 2012 at 12:50 am

    om sy mau tanya, KN saya bertelur 4 trus yang netas 1, dapat 3 hari sisa telur yang tidak menetas saya ambil, ternyata indukannya tidak mau menyuapi anaknya, kenapa itu om ?
    mnta solusinya

    • 196 Uphay 24 October 2012 at 3:52 am

      coba kasih sayur2an, buah2an, jagung, telur puyuh, mungkin ga di suapin krn ga ada makanan yang cocok buat ngeloloh anakannya om. kemungkinan terakhir krn betinanya stress telurnya di ambil… hehehhe

  149. 197 Om Kicau 13 October 2012 at 10:31 pm

    Manteb nih Om, terus berbagi karena berbagi tak pernah rugi.
    Salam….

    • 198 Vicko de Hunter 16 October 2012 at 4:11 pm

      om, saya punya kenari betina usia lebih 2th.sktr 2mngg lalu saya jodohin ma jantan produktif lngsng jodoh. hr kedua lngsng mbunderi sarang, dah 5 hr ni sering d sarang ky mngeram tp tiap hr saya cek g ada telurnya, trus jantannya saya pisah tp smp skrng msh sering d sarang mengeram pdhl betinanya sehat g egg binding. p gr2 lama g bertelur jd gtu y om? p klamaan nganggur jd mandul/stres?
      Mohon pencerahannya om, dah kesana kemari blm dapat jawaban yang memusakan…. trmksh.

      • 199 Uphay 24 October 2012 at 3:51 am

        hmm, ada beberapa betina saya yg sudah usia tp tidak bertelur, ada juga yg bertelur tidak pernah isi, ada juga yg nelur tapi sebesar telur cicak telurnya. saran saya, betina2 bermasalah seperti ini mending dijadikan babuan untuk mengeram om, atau di buang sekalian trus rawat betina lain yg benar dan baik. intinya, kemungkinan betina mandul om, daripada stress nyoba nyembuhin / ngobatin, mending beli betina baru trus bisa produksi deh.. hehehhe

  150. 200 adi.solo 13 October 2012 at 4:27 am

    om q mau tanya kn q dah mau di kawin tp kok nelur sembrangan and gk mau di tarangan ya. Trus untuk memperbaikinya gmana.

  151. 201 Habibi Ebie 9 October 2012 at 1:13 pm

    mikum om saya punya kenari betina doang tpi bertelur kirakira menetas gk om soalnya gk ada jantannya

  152. 203 mukhlas 9 October 2012 at 3:57 am

    salam knal,
    pak saya mau tanya, vitamin yang cocok untuk kenari biar mudah birahi dan telur nya ngisi gmn pak ?

    • 204 Uphay 12 October 2012 at 10:26 am

      vit bisa apa ajah om… yg pasti kandungan biji2annya harus baik, campur minyak ikan / wetgem oil, berikan sayur, telur, buah diselang seling (variasi makanan bisa mamacu birahi). mandi dan jemurnya rutin terutama matahari pagi s/d jam 9an. yang paling penting.. jantan dan betinanya sudah matang kelamin dan sehat. selamat mencoba om.

  153. 206 Julian 2 September 2012 at 8:30 am

    Asslm..salam knal buat om sofyan n para senior, saya mau tanya.kenari saya mulai dri bagian blkng leher s/d kuping bulunya knpa pada botak, tpi untk bagian yg lain blu y trlihat bagus,kira” knpa ya om dngan knari saya, mohon pencerahannya dari om As atau para senior yg mau berbaik hati menjawab prtnyaan dari saya.terima kasih.

  154. 207 yuliansyah 1 September 2012 at 8:51 am

    lam kenal…sy pemula…punya sepasang kenari dah mo kawin tapi kok dah 2 mggu setelah kawin pertama gak mau bertelor…kira2 kenapa ya om?…trims..

  155. 209 Uphay 29 August 2012 at 3:43 am

    Paaarraaaahhh,,,,,, YS Ring 2012 udah ada yang upload di FB dibandrol dengan harga 5500K…. hmmm…. apakah fenomena YS akan terus naik.. naik kepuncak gunung…? terus Naik gak inget turun..? hmmm… semoga kedepannya ada peternak lokal yg bisa cetak YS ribuan…. harganya juga murah… xixixi,…. Amiiiinnn

  156. 210 roy 9 August 2012 at 7:16 pm

    assalam pakar pakar kenari yth ada yang tahu beli produk 8 in 1 yang iron n blood mohon petunjuk nya

  157. 211 rezki 24 July 2012 at 5:34 am

    assalammualaikum..
    boleh ikut gabung yah kang..
    saya tertarik pelihara burung kenari krn melihat sepupu pny kenari jg..
    untuk pemula seperti sy, bagaimana ya mau membeli kenari yg bagus

  158. 212 Uphay 20 July 2012 at 2:14 am

    Menjelang ibadah puasa Ramadhan, saya haturkan permohonan maaf sebesar2nya kepada om2 semua, mungkin ada salah tulis, salah comment dan salah2 yang lain, semoga kita semua bisa menjalankan Ibadah Puasa tahun ini dengan baik dan menjadi tabungan amal kita di hari akhir nanti… Amin…. Wabil khusus buat Mahaguru Om Sofyan, yang blognya sering saya corat coret.. hehehhe,,,, jangan ragu tegur saya kalau salah om… hehehe,,,, selamat menjalankan ibadah Puasa dan salam buat team FIN’s Shop nya,,,, Sukses selalu,,,,,,

  159. 213 Uphay 15 June 2012 at 7:01 am

    Hiks,,,, dpt pejantan baru… ngawinnya buagus,,,,, saking nafsunya, langsung di pasangkan ke 4 betina,,,, sistem kawin campur bukan sistem cabut… ehh.. pas ke 4 betinanya nelur, ternyata pejantannya mandul… karena dari ke empat betina tersebut tidak ada satupun telur yang menetas…. hiksss,,,,,

    • 214 peys 29 June 2012 at 2:47 am

      salam kenal om…..saya pemula nih….mo tanya kenapa burung kenari betina ngejar2 kenari jantan pas mo di kawinkan…mohon d balas y

      • 215 Uphay 1 July 2012 at 8:54 am

        biasanya krn gak jodoh om, yg betina jd galak nguber2 yg jantan… kalau sudah jodoh biasanya saling bercumbu… xixixixix

  160. 216 Uphay 4 June 2012 at 9:49 am

    Selamat atas peresmian FIN’S Canary Shop Palembang nya om Sofyan, Om Ferdiyan dan om Indra (kalau ga salah heheh). Semoga sukses selalu dan bisa menjadi Barometer bagi semua pencinta kenari, Boleh tuh ditambahkan satu kolom lagi di Blog tercinta ini khusus untuk produk2 FIN’S Canary nya… hehhehehe…… (ngerayu biar anakan saya bisa ditampung disana… xixixixiix…)

  161. 218 Doddy 1 June 2012 at 3:06 pm

    Aslkm wr wb. Salam kenal bagi kenari mania terutama para suhu kang AS dan kang Uphay, saya di Cileunyi sedang belajar ternak ya baru lokalan, tapi Alhamdulillah anak pertama sekarang udah bunyi lebih bagus dari bapaknya

    • 219 Uphay 4 June 2012 at 3:03 am

      Mantapss om Doddy, kalau lebih bagus berarti ada peningkatan dan itu kebanggaan tersendiri,,, btw, yang Suhu itu Kang AS loh… kalau saya hanya murid online nya ajah.. dan belum lulus nih,,,hehehhe… sukses yah om….

  162. 220 Dian BP 17 May 2012 at 1:34 pm

    Salam kenal om saya Dian. Mau minta tips dong saya makin stress kenari saya banyak hama yg menggu : kemarin dimakan kucing, sudah saya atasi, selanjutnya semut sya sudah bisa atasi, sekarang ini yg membuat saya kwlahan. Gmn caranya mengusir tikus om. †ђąήк◦ўσυ‎

    Ngelawan si monyong memang susah om/tante Dian (saya juga gemes sama binatang yang satu ini hehe…), kalau pengalaman saya semua kandang di ganti dengan kandang besi, penempatan kandang diusahakan pada tempat yang sulit dijangkau oleh tikus dan kebersihakan dilingkungan kandang ternak terjaga kalau bisa singkirkan barang2 yg bisa dipakai sembunyi oleh tikus, wassalam

  163. 221 Hendrik 1 May 2012 at 3:34 pm

    Mau nanya ni kang, kenari saya suka turun kebawah saat tarung gimana cara ngatasi biar nga turun dari tenggeran,.. Makasih

    Dialasnya dipasang karet om sehingga ketika turun kebawah terhalang karet, wassalam

    • 222 Hendrik 4 May 2012 at 12:59 am

      Udah saya coba pakai karet tetap turun juga. skrng pakai benang pancing masih turun juga,..mbandel pool, makasih

  164. 223 Uphay 1 May 2012 at 9:05 am

    Turut berduka buat om Faizal Reza (Kukusan-Depok), yang tadi subuh peternakannya dibobol maling, semoga diberi kesabaran dan ikhlas serta bisa bangkit lagi dan lebih waspada. buat rekan2 semua, perlu diketahui bahwa akhir2 ini sering terjadi pencurian seperti ini… Waspadalah… dan semoga Allah SWT memberi hidayah bagi mereka2 yang berbuat salah…

    • 224 ahmad sofyan 3 May 2012 at 2:41 pm

      om Faizal turut prihatin atas kejadian yang menimpa om, semoga om diberi kekuatan menghadapinya, insya Allah om akan mendapatkan penggantinya yang lebih baik, wassalam

      • 225 evaliany.e 27 September 2012 at 4:33 am

        assalamualaikum pak ahmad sofyan, saya ingin tanya no hpnya boleh, krn ada komandan saya ingin membeli burung kenari, trima kasih ya…

  165. 226 waspadateroris 14 April 2012 at 4:26 pm

    assalamu’alaikum Wr Wb
    absen kang AS dan para santri yang lainnya, padahal mah tiap malam mlototin nih blog, yah juga Kang AS kok saya malah berfikir bagaimana mau ngurus blog lah saya pernah punya ide mau meliput harga kenari ditempat saya gak sempat-sempat yah. sekalian curhat nih ! bagaimana yah kayaknya kenari lokal makin runyem aja harganya. umur 2 bulan cuma dihargai 90.000,- kalau jantan nah pas betina wassalam dah. terus begini juga para santri blog Kang AS kayaknya waib buka forum jual beli lah yah soalnya kalau beli di tempat lain (sifatnya kirim-kiriman) banyak khawatirnya.

    harga Rp. 90 RB kalau menurut saya sudah baik om, coba om ternak ayam petelur untuk dapat 90 RB harus pelihara berapa ekor hehe.. (maaf becanda om), semua usaha ada proses-nya harus menjalani tahap-tahap perjuangan …. sebagai pemula prosesnya cukup berat, untuk jual kenari hasil sendiri susahnya minta ampun, insya Allah setelah usaha kita berjalan beberapa waktu orang sudah mulia mengenal kualitas produk kita, tanpa promosipun orang akan antri bahkan rebutan ingin membeli kenari produk kita. Mengenai forum jual beli terus terang untuk saat ini saya belum bisa karena saya belum bisa fokus untuk mengelolanya… terimakasih

    • 227 Uphay 16 April 2012 at 4:53 am

      Waalaikum salam Wr. Wb om…
      kalau hobby sudah dikaitkan denga profit / keuntungan memang begitu om, antara biaya produksi dan pemasukannya tidak sesuai kalau kita mencetak lokalan saja. kalau mau, quantity nya ditingkatkan supaya bisa menutup biaya operasionalnya…(3 SKS nih..xixiix). Itulah kenapa saya menyarankan untuk upgrade perlahan2 untuk cetak AF (anakan bisa 200-500), F1 (anakan bisa 750- 1500 ) dll. Blog tercinta kita ini dulu ada kolom jual belinya namanya “LAPAK”, tapi yah itu dia… banyak yang kurang bijak menggunakannya sehingga belum dibuka lagi sama Om Sofyan… ( H2C.. kali ajah dibuat lagi…xixixii). Tetap Semangaaaattt om…

  166. 228 zulkifli 13 April 2012 at 5:43 am

    ass…. ikutan yah om,om

    ada tida orang yang mau berbagi burung dengan saya soalx s tdk punx banyak modal untuk beli jenis yang terlalu mahal kalo bisa join deh ternak kenari di kampung heheheheheheehe
    maaf kayaknya saya terlalu bmimpi sekedar curhat nieh ada yang mau berbagi makasih sebelumnya

    • 229 Uphay 13 April 2012 at 9:30 am

      Wass… salam kenal om, memang kampungnya dimana om? jangan takut bermimpi om, cuma mimpi yang bisa bikin orang jadi mau mencoba, tapi jangan lupa untuk terbangun dari mimpi pada saat ada yang mau dicoba.. hehehhe… coba2 ajah dulu pakai yang lokalan sepasang untuk belajar om…

      • 230 zulkifli 13 April 2012 at 2:08 pm

        maksih bxk nie om uphay
        saya asli makassar tinggal di kab, bulukumba kec,kindang desa garutunga.
        itu dia masalahx kenari di sini mahal-mahl om sampe saya punya kenari uda tua. takutx dah g bisa lg kalo liat kenari betina
        masih om sebelumx

      • 231 Uphay 16 April 2012 at 4:57 am

        Wuihh.. saya dulu sering tuh ke Makasar, kakek juga dimakamkan disana, tapi saya orang Betawi.. hehehhe, saya belum tau cara pengirimannya kalau ke Makassar om, insyaAllah kalau lokal2 ajah saya ada walau gak banyak. mungkin ada saudara / rekan2 di Jakarta yang mau ke makassar, nanti bisa saya titipkan. Salam… tetap semangat om…pakai yang ada dulu..

  167. 232 febroz 12 April 2012 at 4:24 am

    mau curhat juga ah… sekalian sharing pengalaman….
    beberapa anakan kenari saya terjangkit penyakit seperti canary pox…timbul benjolan pada persendian kakinya..adoohh
    ada yang bilang tumor..ada yang bilang gigitan serangga…kondisi makin membengkak dan menyebabkan kaki berwarna hitam…om uphay juga pernah mengutarakan kepada saya mengenai penyakit ini…
    Kaki menjadi hitam sepertinya tertutupnya pembuluh darah oleh benjolan tersebut, lumpuh dan akhirnya mati total atau bahkan menyebabkan kaki putus..seperti kusta kata om uphay…saya tidak begitu paham dengan penyembuhan penyakit ini..hanya saja Insya Allah saya tau penyebab penyakit ini..
    kemungkinan besar bakteri atau virus ini terjangkit karena ada bangkai anakan kenari yang mati didalam sarang lebih dari 1 hari…hiks,,

    tks om sofyan atas forum curhatnya…
    febro

    Berarti bangkai anakannya dibuang om hehe… maaf becanda om, terimakasih sudah sharing om…. wassalam

    • 233 Uphay 13 April 2012 at 9:36 am

      hmmm… itu dirumah udah korban banyak om.. hiks….. tapi alhamdulillah, ketemu obat sementaranya, rutin dioles betadine salep pagi sore, plus di suntik campuran Ivermectin + B complex (1:10), dan disuntikkan dibawah kulit tengkuk (pas lemak) sebanyak 2 strip suntikan yg 1ml. Coba nanti kalo msh kena penyakit itu, saya main deh ke rumah… sajennya kopi ajah om… xixixiixix

  168. 235 waspadateroris 11 April 2012 at 1:38 pm

    Assalamu’alaikum Wr Wb
    Isi absen dari santri Blog Kang AS. oh yah mana tuh Kang Toni Nurjaman kayaknya udah sukses berat nih jarang ngisi absen lagi

  169. 236 marandito 11 April 2012 at 7:14 am

    Cakep Om,,,iya bener juga kadang sudah dicoba macam-macam cara, ternyata melupakan cara yang sederhana kadang malah yang paling basic.

  170. 237 waspadateroris 10 April 2012 at 3:40 pm

    sebelumnya saya mohon izin dan dukungan moral kepada guru saya Kang AS dan sahabat saya Kang Uphay saya mencoba membuat blog (gartisan) tentang kenari lokal. Insya Allah apa yang saya tuangkan di blog tersebut adalah teturun maha karya dari blog tercinta ini. saya dedikasikan untuk mengangkat kenari lokal khususnya di daerah saya tercinta.dan apapun bentuknya itulah wakaf ilmu milik bersama terutama santri di Blog Kang AS

    Selamat om semoga om bisa istiqomah dalam membangun blog, membangun blog bukan hanya membuat saja tetapi dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam me-maintenance-nya, kalau rajin menggalinya akan banyak materi yang bisa di tampilkan…. insya Allah akan menjadi tantangan tersendiri… wassalam

    • 238 Uphay 11 April 2012 at 2:12 am

      satu kata om..”TOPBGT”… boleh di share alamat blognya om… hehehhe, mau ngintip sejarah “kenari Lokal” di Indonesia,,,,,, (nitip ulasannya…xixixi)

  171. 239 waspadateroris 9 April 2012 at 3:27 pm

    salam kangen Kang AS ma’af lama tidak kasih komentar tapi tidak pernah lupa absen. sekarang ini saya berubah sedikit jadi suhunya Kenari untuk tetangga di Kampung

    Wuihhhh mantap, alhamdulillah semoga amal-nya bisa menjadi amal yang bermanfaat yang bisa di bawa pulang keakhirat nanti om, semoga bisa sukses dua akhirat … amin YRA…. wassalam

    • 240 Uphay 10 April 2012 at 6:07 am

      Aw..aw…aw…. salah satu jebolan Blog tercinta ini udah dapat gelar suhu nih,,,,, lanjutkan om…. jangan lupa management dan upgrade indukannya di perhatikan,,,, mudah2an nantinya bisa cetak YS… biar harga YS bisa lebih bersahabat… heheheh

      • 241 waspadateroris 10 April 2012 at 3:26 pm

        kang Uphay dan Kang AS kalimat suhu itu saya aja yang ngasih soalnya setelah sukses menangkar kenari dan dan memaster gaya saya ternyata tetangga di kampung banyak yang kepincut. yang jelas saya hanya ingin melihat kenari lokal digandrungi sampai pelosok kampung, soalnya di kampung masih kalah trend dengan kacer, pemasok kenari belum ada yang sampai di sana. bahkan saya dengan bangga membagikan kenari lokal jodohan di kampung-kampung plus cara perawatan gaya blog ini, alhamdulilah dikit-dikit mulai banyak yang latberan kenari. ntar kalau yang dikampung udah banyak anakan dan berkembang saya liput ternaknya pasti jelas sekali nampak alumni talibannya (gaya mendidik via online) dari blog Kang AS. hebat dech kang saya bangga kang berbagi pahala sebab kata pak ustadz mengajarkan kebaikan sama persis dengan MLM makin banyak kaki makin banyak pahala

        Mantap, teruskan usahanya om semoga bisa menjadi berkah dunia akhirat… wassalam

  172. 242 Uphay 19 March 2012 at 2:35 am

    Pejantan pada mabung… hiksss,,,hiks…..

    Waktunya istirahat om hehe…., sepertinya harus mencari kenari jantan yang waktunya mabungnya berbeda biar produksi jalan terus…. wassalam

  173. 244 ZAHRUDDINIS 14 March 2012 at 2:46 am

    saya mau berlangganan majalah peternakan dan cara merawat burung kenari

  174. 245 ZAHRUDDINIS 14 March 2012 at 2:42 am

    ditangerang didaerah mana yang ada burung kenari yorkshire murah

  175. 246 ZAHRUDDINIS 14 March 2012 at 2:38 am

    SAYA MAU BELI BURUNG YORKSHIRE BAHAN BERAPA HARGANYA? YANG 140 RIBU ADA TIDAK

    Om Zahruddinis, ada harga Yorkshire 140 rb tapi gak pake napas hehe….. (maaf becanda om), sebagai informasi kisaran harga Yorkshire paling murah sekitar 4 juta, wassalam

  176. 247 winto 12 March 2012 at 8:01 am

    Saya dukung Om Uphay, …kalo kumpul2 lagi…hayuuu,

    • 248 Uphay 12 March 2012 at 10:36 am

      jiahh,,,, Om Winto pa kabar… hayuuk kita kumpul2 lagi… bulan Juni seru tuh kayaknya temanya “All About Yorkshire”… hehhehe (cuma usul loh, mudah2an di copy ma om Nungki…xixiixix)

  177. 249 prabu 9 March 2012 at 11:38 am

    ehm…ehmm… kayaknya ada yang baru nehh…
    permisi om ikut nyimak….

    Om Prabu, rencananya halaman ini akan difungsikan menjadi forum, dimana semua pengunjung bisa menjawab/bertanya mengenai perkenarian… wassalam

  178. 250 khaerultakeda 8 March 2012 at 8:14 am

    jantan kok uda dicek..pakan nya apa? kalo ad obat nya ap?biar gacor..ane awam bgt kalo pk obat om

    • 251 Uphay 8 March 2012 at 10:47 am

      pakan standar bijian mix, diselingi sayur, buah, telur puyuh, kalau kegemukan, banyak lemak di punggung dan di bawah ventnya. coba di umbar dan jemur agak lamaan (sambil dipantau). kasih obat “Metabolisme”, mudah2an bisa cepat guacor..

  179. 252 khaerultakeda 7 March 2012 at 1:59 am

    pertama kali kenari lokal biasanya mulai on fire lepas suaranya umur brapa..?ane ud momong jantan ..si gendut(nama kenari) dr 2bulan ampe skg udah 8bulan umurnya br mabung 1x..ko blm gacor yah?
    mohon ptunjuk om..oyah ane uda beli kenari betina baklan umur 3bulan an..mau belajar ternak

    • 253 Uphay 8 March 2012 at 7:22 am

      Umur 4 bulan sudah mulai bunyi om kalau lokal, usia 6 bulan sudah ngeplong bunyinya. coba pastikan dulu jantan apa betina tuh om? atau mungkin kegendutan sesuai dengan namanya..hehhe, karena bila kegemukan, burung malas bunyi om. Semoga bermanfaat…

  180. 255 Uphay 6 March 2012 at 10:09 am

    Wahhh.bener banget tuh….btw,. halaman baru ya Suhu…..bisa curhat niihhh…… Mau jadi yang pertama ahhh curhat…… Hmmm, mana nih Paguyuban,,,? hayyuuuuk dong…. kumpul2 lagi…. hikss,,,,

  181. 256 nanamrozer 14 April 2014 at 5:29 am

    kang sy mau tanya, apa benar ternak kenari akan terganggu apabila kandang ternaknya di satu ruangan dan saling berhadapan dng ternak LB. Soalnya biasa trnk KN sy berhasil pas sy pny LB 4 pasang trk KN sy jd kacau. Maklum kang rumahnya rsssss.. Mohon pencerahannya kang hatur nuhun.

    om coba atur lagi posisi kandang ternaknya jangan saling berhadapan, mungkin burung kenari stress melihat tetangganya besar-besar … :) ….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,108,892 hits

Ingin Berlangganan Artikel


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 157 other followers

%d bloggers like this: