STAFFORD CANARY 2

kenari5Kita akan mendapatkan kartu penilaian yang telah diisi atau ‘indruk’ bila kita membeli waterslager yang telah dilombakan, di lembar penilaian menunjukkan bagaimana waterslager bernyanyi waktu saat penilaian. Contohnya, mungkin kita bisa mendengarkan orkestra kelas teri menyanyikan simponi Beethoven tetapi suaranya akan tidak jernih, kacau dan lain sebagainya. Berbeda bila kita menikmati simponi Beethoven yang dilantunkan orkestra kelas atas, kita akan menikmati kejernihan suara yang sangat detail. Inilah yang akan dijelaskan oleh yuri dalam ‘indruk’. Lembar penilaian ini sangat penting dalam memilih waterslager jantan, tentunya apabila lembar penilaian ini tersedia.
Belanda memberikan nilai maksimal 3 untuk variasi lagu yang menirukan burung nightingale. Haruslah diingat bahwa semakin jelas bagaimana burung menirukan akan mendapatkan nilai yang tinggi. Poin tambahan harus dikalikan 3, alasannya adalah pada waktu pertama kali lomba diadakan cuma diikuti oleh beberapa waterslager, yang bertindak untuk menilai adalah 3 orang yuri. Saat ini, dengan banyaknya waterslager yang ikut, hanya seorang yuri yang menilai. Oleh sebab itu, untuk menjaga perbandingan penilaian sejak saat dimulainya lomba maka point akhir dikalikan 3.

Sehingga kelas yang dikonteskan menjadi banyak karena terdapat 5 kelas tipe kepala (jambul dan tidak) dengan 3 kelas tipe warna bulu. Melihat beberapa kelas yang dikonteskan yang disyaratkan maka ada petunjuk cara berternak untuk mencetak Stafford Canary yang ideal, dengan menganjurkan untuk berkonsentrasi berternak warna non-frosted dan frosted bagi peternak tingkat pemula dan menyerahkan warna dimorphic (mosaic) kepada peternak yang berpengalaman karena hal ini lebih sulit.
Pasangan yang bagus dalam hal ini adalah mencoba berternak dengan menggunakan:
1. Jantan plainhead non-frosted x Betina crested frosted

2. Jantan crested non-frosted x Betina plainheads frosted

3. Jantan plainhead frosted x Betina crested frosted

4. Jantan crested frosted x Betina plainhead frosted

5. Dimorphic x Dimorphic
Dengan berternak nomor 3 dan 4 akan menghasilkan anakan double frost, hal ini harus diingat agar anakan diternakkan kembali dengan kenari non-frosted karena bila tidak akan menghasilkan warna frosted yang terlalu pucat. Warna terlalu pucat ini tidak akan mempunyai warna cerah, baik di tipe frosted ataupun non-frosted. Jangan sekali-kali menjodohkan kenari berjambul dengan kenari berjambul karena 25% anakan akan mati. Kemungkinan lain, beberapa anakan akan mempunyai jambul yang tidak sempurna.

 3. STANDAR KONTES

12 Responses to “STAFFORD CANARY 2”


  1. 1 fediyan syahputra 26 April 2010 at 8:52 am

    terima kasih banyak om sofian atas pencerahnnya…
    nah ilmu kenari kami jadi bertambah lagi….ke depan ternak kenari merupakan hobi
    dan sumber penghasilan tambahan buat keluarga…mumpung di Palembang yang ternak kenari
    masih sedikit. Semoga kami bisa dapat bibit kenari yang bagus dari om sofian.
    Semoga blog ini menjadi pemersatu mania kenari tercinta.
    wasalam

  2. 3 fediyan syahputra 26 April 2010 at 8:19 am

    Om sofian yang kami banggakan…
    mau nanya ni om yah….
    Alhamdulillah kenari yang baru fediyan ternak sudah bertelur 5 butir,1 butir pecah (telur jatuh dibawah sangkar) dan saat ini sudah ngeram selama 10 hari .Mohon doanya bisa menetas ya om.
    Jantannya tidak kami pisah dan kami biarkan bersama betinanya, sepertinya betina merasa nyaman
    dengan jantan disampingnya.
    Kemarin kami membeli 1 ekor betina yang badannya gede warnya kuning dan sdh mau siap kawin….
    saya lihat dibawah duburnya masih banyak bulu-bulu.
    Terus jantannya malamnya saya ambil dan dimasukkan ke dalam sangkar sendiri untuk besoknya dicoba untuk didekatkan dengan betina baru nya.
    Keesokan harinya saya lihat betina yang ngeram ciat2 mencari jantannya, dan sebentar2 keluar dari
    sarangnya dan turun naik seperti mencari pasangannya….
    Fediyan khawatir nanti telurnya ngak jadi ,,maka jantannya diambil lagi dan langsung dimasukkin ke kandang betina yang ngeram tadi….ee dah dimasukkin jantannya si betina ngeram dgn tenang lagi .
    Kenapa begitu ya omm…. katanya 1 jantan bisa untuk beberapa betina…tapi ini malah pasangan sehidup semati kali yah…..heheh
    mohon pencerahannya ya ommmm.
    terima kasih banyak atas bantuannya selama ini.

    • 4 ahmad sofyan 26 April 2010 at 8:30 am

      untuk tahap awal memang si betina suka mencari jantannya coba pisahkan 1 malam, jika si betina kembali mengeram biarkan terpisah dengan jantannya tetapi jika si betinanya gak mau ngeram yach di kembalikan ke kandang ternak. Memang ada kasus ada betina yang ngga bisa dipisah dengan jantannya, ada betina yang sensitif ketika mengeram mendengar suara jantan keluar dari sarangnya…. kalau memang ingin dipisah si jantan dijauhkan dari betinanya, jangan sampai suara si jantan terdengar betinanya….

      salam

  3. 5 munir 26 April 2010 at 8:02 am

    om Sofyan, apa jenis kenari seperti yang ada di profil blog om sofyan?
    ciri2 kalo gak salah sbb:
    1. badan kecil dan agak pendek (tidak panjang/tdk atletis)
    2. punya mata yang sedikit lebih lebar
    3. kepala jg agak kecil padat

    • 6 ahmad sofyan 26 April 2010 at 8:24 am

      boleh kasih tahu linknya om, saya lupa lagi kenari yang mana yach ..??

      salam

      • 7 munir 27 April 2010 at 1:09 am

        hehehe. dari tulisan yang ada di blog ini sudah dapat diketahui om……kayaknya sih jenis kenari “merah lokal”. aku punya 1 pejantan umur sekitar 2,5 th. kaki msh mulus….spt muda…volume suara super. mau dijodohin tp blm ada betina cantik yg bisa dipinang…hehe

      • 8 ahmad sofyan 27 April 2010 at 1:19 am

        baik om, semoga cepat mendapatkan kenari betina yang cantik hehe…

        salam

  4. 9 Iskandar Zulkarnain 11 March 2010 at 8:24 am

    Om Sofyan lam kenal ya.. tanya neh.. kenari yang berleher panjang ( gibsoso X Yorkshire ) ada ga ya om di republik ini? kira2? harganya berapa ya?

  5. 11 ahmad sofyan 27 August 2009 at 12:46 am

    Salam kenal Pak Atmanss,

    yang saya tahu sampai saat ini STAFFORD CANARY belum masuk ke Indonesia …. mungkin hobis kenari di Indonesia belum begitu tahu tentang kenari ini, sehingga importir belum berani memasukkan kenari jenis ini. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang kenari jenis STAFFORD CANARY bisa masuk ke Indonesia.

    salam
    sofyan

  6. 12 atmanss 26 August 2009 at 8:09 am

    alow mas …
    wah kalau ada mau tahu harganya berapa mas …
    atmanss sby


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: