Pengalaman Beternak 2

blog1

Melanjutkan cerita mengenai pengalaman beternak kenari di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/07/13/pengalaman-ternak-burung-kenari/  , sekarang saya mau mencoba menerangkan mengenai jenis-jenias kenari yang baik untuk peternak pemula. Sebagai peternak pemula akan menghadapi beberapa kendala di antaranya kendala-kendala teknis yaitu indukan kenari susah jodoh, bertelor tetapi telornya tidak menetas, ada indukan yang nakal mencabutin bulu anaknya dan banyak lagi permasalahan lainnya. Untuk pedoman beternak secara teknis bagi pemula bisa baca link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/06/25/tip-ringan-breed-kenari-pemula/ dan link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/06/25/pengaruh-induk-betina-dalam-berternak-kenari/    .

Selain kendala-kendala segi teknis diatas ada kendala non teknis diantara setelah anak-anak kenari lepas sapih sekitar usia 1 bulan keatas yaitu mencari pembeli, jangan salah lho… bagi pemula mencari pembeli sangat-sangat sulit tetapi jangan takut kesulitan-kesulitan merupakan bumbu dan dinamika kehidupan kalau lancar-lancar saja tidak ada seninya he..he…. BTW jika anda sudah berhasil beternak,….. anda bisa jualan lewat blog ini, anda tinggal kirim foto kenari yang akan dijual ke email saya nanti akan ditampilkan di blog ini mudah-mudahan bisa membantu.

anaklizardUntuk mengurangi resiko susah mencari pembeli bagi pemula beternak kenari harus focus di 1 jenis kenari, seperti kita ketahui jenis kenari yang ada di Indonesia  ada beberapa jenis seperti gloster, Yorkshire, Waterslager, Holland, lizard dll….  Saran saya bagi pemula yang ingin mulai ternak coba focus pada salah satu jenis kenari diantara 3 jenis ini yaitu gloster, lizard atau Yorkshire.

Kenapa saya menyarankan 3 jenis kenari tersebut karena ke tiga jenis ini mempunyai warna dan body yang unik tidak sama dengan kenari lokal, dengan keunikan tersebut bagi pemula akan mempermudah melempar kepasaran, selain mudah mendapatkan pembeli ketiga jenis kenari tersebut mempunyai harga bakalan yang cukup tinggi. Kalau jenis waterslager agak susah karena warnanya kuning akan berhadapan dengan kenari local warna kuning, kita ketahui kenari local  mempunyai harga yang tidak ekonomis hanya sekitar 50 ribu rupiah sedangkan indukan Waterslager sepasang sekitar 1,5 juta. Kalau sudah paham mengenai cara memelihara kenari lebih baik ternak Yorkshire karena mempunyai nilai harga yang paling tinggi.

lizardHal kedua kenapa saya saranin ternak jenis Gloster, Lizard dan Yorkshire, bagi hobbis yang baru mulai ternak, indukan yang akan diternak jangan terlalu banyak. Pengalaman saya 4 ekor cukup ideal bagi peternak pemula dimana dari 4 ekor itu terdiri dari 3 ekor betina dan 1 ekor jantan. Dengan 3 ekor betina diharapkan tiap bulan ada anakan yang dihasilkan. Kalau ada dana boleh juga disediakan tambahan 1 ekor jantan sebagai cadangan seandainya jantan mabung. Kalau jantannya tidak ada cadangan jika pejantan mabung maka produksi anakan bisa berhenti.

Walaupun indukan yang diternak terbatas hanya 3 ekor tetapi anakan dari gloster, lizard dan Yorkshire cukup tinggi, harga anakan gloster dan lizard minimal sekitar 250 ribu sedangkan Yorkshire local (silangan Yorkshire dengan Yorkshire) harganya bisa sekitar 1,5 jt . Dengan harga anakan yang cukup tinggi walaupun indukan yang dipelihara terbatas tetapi penghasilan perbulannya bisa  tinggi.

Sekarang mari kita hitung biaya pakan selama 1 bulan dengan jumlah indukan 5 ekor

daftar harga

Kalau 1 (satu) indukan menghasilkan anak minimal 2 ekor maka anak yang dihasilkan dalam 2 bulan dari 3 indukan sekitar 6 ekor. Kalau  harga 1 ekor anak usia 1 sampai 2 bulan sekitar Rp. 250.000 dalam 2 bulan bisa menghasilkan uang Rp. 1,5 jt  dipotong biaya pemeliharaan Rp. 158.000 jadi hasil bersihnya 1.342.000,- sehingga dalam 1 bulan mendapatkan tambahan penghasilan Rp. 671.000. Itu hitungan di atas kertas dalam kenyataanya bisa kurang atau lebih.  Kalau kita mau berhemat makanan kenari bisa kita olah sendiri hanya sedikit merepotkan.

Sekian dulu ceritanya mengenai jenis kenari yang baik untuk ternak nanti kita lanjutkan mengenai jenis usaha lain yang dapat dilakukan jika anda tidak senang beternak ….. sampai jumpa.

37 Responses to “Pengalaman Beternak 2”


  1. 1 arief 9 June 2015 at 4:42 am

    met siang om.sy pnya KN dh nelor 4 tapi indukannya
    sering turun naik sarang. ,..cari mkan..dan blik lagi ke sarang lmyan lma…apa ga masalah on sma tlornya…menginga.5 hari lagi dah 2 minggu ngerami..

    naik turun sarang tidak masalah om, yang penting jangan terlalu sering dilihatin om …. dikhawatirkan siinduknya tidak mau turun dari sarang….

  2. 2 Harry Prayogi 20 November 2012 at 3:30 pm

    Mas Sofyan terimakasih untuk tulisan anda, karena banyak memberi informasi khususnya seperti saya sebagai pemula.
    ada yang ingin saya tanyakan yaitu kenari saya bertelur 5 butir, netas 4, mati 1 ekor dan secara fisik paling kecil diantara yang 3.
    skrg yang hidup 3 ekor sdh berumur 12 hari, dan 1 telur yang tidak menetas saya angkat dengan sumpit ternyata telur tsb pecah dan mengotori sarangnya. sekalian saya bersihkan kotoran yg lain saya coba pakai kain putih untuk nutupi dqn sabagai alas bagi 3 anak yang hidup, namun setelah lebih dari 2 jam indukannya ga mau naik ke sarang seperti biasanya.

    1.Ada masalah apa indukan ga mau masuk kesarang lagi ?
    2.apakah indukan ce dan co masih tetap akan melolohi ?
    3.Apa saran mas Sofyan untuk masalah saya?

    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    Salam,
    Harry Prayogi

  3. 3 reza_AHZA 13 April 2012 at 5:11 am

    salam kenal pecinta kenari
    saya tinggal di bandung sekrng saya lagi belajar ternak kenari red sunkist sama red factor… saya masih butuh indukan klo ada yg deket2 di banudng call saya dnk

  4. 4 Prima 8 May 2011 at 2:29 pm

    ass. pak, saya hobiis kenari pemula, saya sangat tertarik dengan artikel yang bapak buat, saya tinggal di bangka,saya mau tanya harga bakalan kenari gloster dan Lizard berapa, trus kalau berminat membeli lokasinya

    waalaikumslm, maaf saya belum punya bakalan gloster & lizard…. sejak pindah ke Palembang ternak kenari saya belum berjalan… terkendala mendapatkan indukan kenari…. alamat saya ada di sisi kanan blog ini….

    wassalam

  5. 5 EKO 30 March 2011 at 2:27 am

    Salam kenal Oom,

    Perkenalkan nama saya Eko tinggal di Wonosobo Jateng.
    Setelah beberapa kali buka blog ini saya jd pengin untuk nyoba beternak kenari, tujuan saya selain tertarik dg suara ocehannya jg (sukur-sukur) bisa dapat tambahan income dr anakannya.
    yang mau saya tanyakan :
    1. saat ini untuk harga indukan berapa ya (unt kenari YS, Lizard, Gloster dg asumsi sy coba 2 jantan & 3 betina).
    2. Untuk mendapatkan indukan tsb, disekitar Wonosobo dimana sy bisa peroleh?
    Sekian dulu perkenalan & pertanyaan saya, mohon balasannya.

    Teima kasih

  6. 6 bayon 31 August 2010 at 2:46 am

    pak,,kalo kenari bisa warna putih merah,,atau putih hitam itu byasanya kombinasi prkawinan kenari apa ya??

    merah putih bagaimana om ..?? merah putih seperti bendera kita hehe…. atau biasa disebut kenari red mosaic, coba om searching red mosaic canary di google, kalau yang om maksud red mosaic yach cari indukan red mosaic agar anaknya seperti red mosaic,

    salam

  7. 7 rusman 7 August 2010 at 2:31 am

    Pa apakah selama telur belum netes harus terus di satuin antara kenari jantan dan betina ?

  8. 8 eko 21 July 2010 at 1:25 pm

    slamat malam, Om. rencanan saya mau menernakan kenari dari jenis yang om tulis diatas, tapi menungu anis kembang dan muray batu saya keluar dulu. BTW, di tempat om dijual ga kenari Lizard dan Gloster. laki dan cw-anya. dan berapa harganya? supaya saya bisa menyipkan dana-nya jika ingin berkunjung ke Alamat Om. terimaksih. saya tunggu blz-anya. e-mail “pesansuara@yahoo.com”

  9. 9 yunior 19 April 2010 at 4:20 am

    mana nih om sofyan ada yg minta bantuannya nih he..he

  10. 10 Rudi-Bekasi 19 April 2010 at 3:46 am

    Assalamu’alaikum om Sofyan,,
    mau nanya kalau F! itu rata2 bunyi mulai umur berapa bulan? dan kalau F1 betina umur 6 bulan apa belum siap ternak ya? saya punya YS lokal umur 5 bulan, F1 betina umur 6 bulan, F1 jantan umur 2,5 bulan, dan kenari taiwan gacor.. saya mau trnak, saran om mana yang harus saya jodohkan dulu?? trimakasih

    • 11 ahmad sofyan 19 April 2010 at 4:44 am

      Waalaikumslm, F1YS rata-rata telat dewasa om… F1YS jantan baru siap ternak usia 8 bulan kalau ingin bagus diatas usia 1 tahun, sedangkan F1YS betina baru siap ternak usia 6 bulan keatas…. kalau menurut saya yang agak siap ternak kenari taiwan dengan betina F1YS usia 6 bulan, hanya nunggu nelornya agak lama bisa sekitar 1 bulan karena menurut saya betinanya termasuk muda…. demikian mohon maaf kalau salah

      salam

  11. 12 Yok Supri 8 April 2010 at 6:56 am

    Mas saya baru beli KN 2minggu, tahu2 dia bertelur 1 dan telurnya di makan dan sampai sekarang tdk lagi bertelur apakah nanti nya klu bertelur lagi akan dimakan nya lagi mas

    • 13 ahmad sofyan 9 April 2010 at 1:09 am

      Mungkin kenarinya merasa kurang mendapat asupan kalsium dan mineral yang terdapat di kulit telor… coba di kasih tulang sotong/grit ke dalam sangkar ternak, mudah-mudahan bisa membantu om….

      salam

  12. 14 gede 24 March 2010 at 12:08 pm

    Mantap kang…
    Pengalaman saya dlm menjodohkan kenari sbb :
    1. KN Jantan perjaka, di jodohkan dengan KN betina “janda kembang”😀
    2. KN Betina Dara, di jodohkan dengan KN Jantan “Duda Keren”😀

    Hehehehe… KN Dara yg telat kawin, bisa jadi dara se-umur hidup kang😀

    bener gak tuh kang ? :”>

    Semoga Bermanfaat…

  13. 17 wahyu 23 March 2010 at 5:55 am

    salam cuit…cuit mas saya punya kenari 2 yang satu sudah bunyi yg satunya masih mudah belajar bunyi, bner ga mas klo terlalu deket bisa bikin yg muda down, trus lama lagi bunyi nya, maksh

    • 18 ahmad sofyan 23 March 2010 at 6:38 am

      Betul Pak… penempatan kenari muda jangan terlalu dekat dengan kenari yang sudah dewasa takutnya mentalnya kalah….

      salam

  14. 19 yunior 1 December 2009 at 7:30 am

    cuma 2 ekor karena memang ordernya jantan aja

  15. 20 yunior 1 December 2009 at 2:45 am

    mantap om..tapi info nih betinanya gloster kosong om……he..he

  16. 22 sofyan 30 November 2009 at 1:11 am

    informasi terakhir gloster jantan 850 rb sedangkan betinanya 550 rb om…. kalau om minat nanti saya cariin di temen saya …..

    salam

  17. 23 Areef 28 November 2009 at 4:17 pm

    Mas sofyan kira2 kenari jenis gloster berapa harga untuk jantan dan betina nya? di mas sofyan sendiri kira2 jual tidak? trims…

  18. 24 ahmad sofyan 10 November 2009 at 7:15 am

    Salam kenal Pak Subur,
    indukan yang Bapak punya baru pertama kali diternak ?, kalau baru diternak saya rasa wajar 3 anak mati mereka masih belajar mengasuh anak….. Indukan siap dijodohkan biasa setelah anaknya keluar sarang sekitar usia 21 hari atau kalau ingin pasti coba masukan sobekan kertas kedalam kandang kalau mulai ngangkut2 kertas berarti siap dijodohkan. Demikian
    salam

  19. 25 subur 10 November 2009 at 7:01 am

    Hallo mas. kenari saya sudah bertelur 4 sudah netas yg 3 mati ky nya ke injak sama bianganya sekarang tinggal 1 sdh lumayan besar yg sy tanya berapa lama si biangnya bisa di kawinkan lagi terima kasih atas infonya mas

    salam

    SUBUR

  20. 26 Heri siswanto 8 October 2009 at 12:30 pm

    Salam kicau mania, mas aku penggemar burung kenari dan udah beternak beberapa pasang kenari lokal,dan AF. Saat ini aq mau nyoba untuk jenis impor,tp msih belum tau dimana cari indukan yg siap produksi dan info harganya.. Kalaupun ada,lokasinya pasti jauh,dan untuk sementara tlong saya dksih pencerahan buat awal melangkah beternak kenari import,, tentang jenis kenari yg prospek untk usha,dan info penjual yg terdekat dg tempatku,dan info harganya.

    • 27 ahmad sofyan 9 October 2009 at 12:32 am

      Salam kenal Pak Heri,…… senang berkenalan dengan peternak kenari he..he…. denger2 sebentar lagi kenari impor akan masuk ke Jakarta nanti kalau sudah masuk akan saya kabarin mengenai harga, tempat dan jenisnya. Mengenai lokasi penjual sekarang sudah bukan hambatan lagi Pak bisa dipaketkan apalagi kalau Bapak masih didaerah Jawa ……mengenai cara perawatan dan prospeknya Bapak bisa baca-baca tulisan saya yang lalu-lalu di folder https://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari/
      salam
      sofyan

  21. 28 hendy 7 September 2009 at 12:20 pm

    saya mencari kenari ys jantan lokal, f3, f2 jantan gacor siap kawin warna kuning hub (022)701112333

  22. 32 arief 1 September 2009 at 5:07 pm

    pak dimana saya bs mendapatkan sepasang YS,lancasher n scot fancy? infonya sangat saya harapkan.

    bl ada info harap hub. saya di 0812 3702 5205

    best regards,
    Arief

  23. 34 epung 10 August 2009 at 3:50 am

    mas….
    mau tanya ???
    saya ni pemula sekali soal burung… kebetulan dah 6 bln ini saha di kasih burung sama sodara.. tetapi buarung nya blom bunyi aja..
    gmn caranya biar bunyi massss….

    makasih sebelum nya…

    • 35 ahmad sofyan 10 August 2009 at 4:42 am

      faktor yang membuat kenari bunyi diantaranya :
      – usia kenari sudah memcukupi kenari mulai belajar pada usia 1 bulan dan rata-rata usia 5 bulan kenari sudah rajin bunyi.
      – Jenis kelamin jantan, kenari betina jarang yang bunyi walaupun bunyi hanya cuit-cuit aja.
      – Ada perangsang bunyi disini yang menjadi perangsang bunyi yaitu kenari lain yang rajin bunyi.

      Bapak coba cek kenarinya mungkin ada salah satu faktor penyebab kenari tidak bunyi, untuk membedakan betina dan jantan bisa baca di artikel ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/06/25/tip-ringan-breed-kenari-pemula/ demikian Pak semoga membantu.
      salam
      sofyan

  24. 36 atmawati 3 August 2009 at 12:28 pm

    Hallo Mas, senang baca tulisan anda, tapi karena saya pemula sekali, dan memang senang dengar suara burung kenari ( udah dari lima tahun yang lalu kepinginnya, tapi berhubung pada bilang sulit…yah jadi baru sekarang belinya ) !

    Gimana kalau saya ingin dpat sepasang kenari, agar bisa bertelur ? bisa tolong infonya…atau dimana bisa di beli ?
    Tks ya

    salam

    atma

    • 37 ahmad sofyan 3 August 2009 at 2:57 pm

      Salam kenal juga, Bapak tinggal dimana ?, kalau di Jakarta nanti saya cariin temen yang bisa bantu nyediain sepasang kenari siap ternak….. Sebetulnya memelihara kenari sangat mudah hanya lindungi dari angin kencang dan jaga kebersihan kandang itu pokok utamanya… untuk pakannya sangat mudah didapat. Burung kenari merupakan burng yang sudah diternak sekitar 100 tahun lebih sehingga sangat mudah beradaptasi. Demikian dulu informasinya pak nanti di lanjut di artikel lain.


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


