Berinvestasilah dengan hobi Anda

07092818564100Pada zaman sekarang persaingan individu sangat ketat karyawan di suatu perusahaan di paksa untuk bekerja lebih giat, mulai dari masuk pagi sampai pulang sore hari hampir tidak ada waktu untuk beristihat…. Hal ini akibat dari persaingan baik individu karyawan maupun persaingan  perusahaan yang semakin ketat. Akibat dari beban kerja yang berat karena mengejar target yang telah ditentukan oleh perusahaan mengakibatkan beban kejiwaan yang komplek atau stress…. (udah dulu dech membahas kejiwaannya ini tugasnya dokter kejiwaan…hehe……).

Biasanya untuk menghilangkan stress pada saat libur (weekend) mereka mengadakan kegiatan-kegiatan dengan maksud penyegaran atau menghilangkan beban pikiran selama jam kerja. Kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan stress ini cukup banyak mulai dari hal-hal yang positif sampai ke hal yang negatif….. Mulai dari kegiatan mancing, kuliner, Jalan-jalan ke tempat wisata dll . Tahukah anda berapa dana yang di keluarkan … wuiihh sangat banyak dan ini merupakan pasar yang sangat potensial. Coba anda hitung sendiri berapa biaya yang dikeluar untuk menyalurkan hobi anda dalam rangka refreshing … ?? berapa orang yang hobinya sama dengan Anda, kalikan jumlah orang tersebut dengan jumlah pengeluaran yang biasa anda keluarkan dalam sebulan ….. Wuahhh ternyata banyak yach ….??…. apakah ini bukan suatu kesempatan yang tidak kita sadari  yang ternyata sangat-sangat dekat dengan diri anda bahkan anda sangat menguasa dari A to Z (maaf bukan promosi merk mobil produk tertentu).

Mungkin anda perlu contoh konkret …. baik sekarang saya kasih contoh yang sangat mudah, berhubung saya hobinya burung kenari saya kasih contoh burung kenari. Akhir 2007 Awal tahun 2008  masuk kenari impor dari Holland maupun Jerman yang saya tahu dari 1 jenis kenari saja 1 importir memasukkan 4.000 ekor dengan harga minimal 1,5 jt perekor (jenis Yorkshire) ……coba anda hitung sendiri berapa dana yang berputar dalam 1 jenis kenari kurang lebih 6 miliar … belum dari kenari jenis yang lain itu pun baru 1 importir dan berapa banyak importir di Indonesia ??  wuaahhhhh lebih dahsyattt lagi pokoknya pusing dech ngitungnya he..he……

07092819001700Sekarang hitung untuk biaya operasionalnya setiap burung butuh pakan dan butuh sangkar taro 1 ekor menggunakan satu sangkar dengan harga minimal Rp. 60.000 dengan harga minimal saja perputaran uang di sangkar sekitar 240 jt  belum ada sangkar yang harganya 1 juta, 2 juta dll. Sekarang setiap kenari butuh makan…… pengalaman saya biaya maksimal yang dibutuhkan untuk perekor Rp. 10.000 perbulan berarti seiktar 40 juta hanya untuk makanan kenari yang baru datang dalam 1 periode…… belum kenari yang sudah ada di Indonesia juga butuh makan berapa uang yang berputar di makanan tersebut perbulannya.

Wahhh kok jadi pusing yach kalau berhadapan dengan uang hehe….. apa yang saya kemukakan diatas merupakan penomena hobi yang begitu luar biasa, seandainya kita bisa memanfaatkan penomena tersebut kita bisa mengambil market share 1 % saja sudah berapa ??? (halah tukang burung kok ngebahas market share segala hehe….).  Dalam hal ini saya hanya mengemukakan hitung-hitungan awam hitungan-hitungan yang mudah saja padahal masih banyak faktor yang belum terhitung yang angkanya bisa saja lebih luar biasa. Dalam hal ini saya tidak mengajak anda untuk beternak kenari karena kalau ternak kenari semua siapa pembelinya he..he…. saya hanya mengikuti petuah atau wejangan dari AA Gym untuk melakukan sesuatu itu mulailah dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan mulai saat ini. Coba anda inventaris hobi anda apa saja cari orang yang sudah sukses dalam bidang tersbut dan mulai laksanakan secepatnya (tinggal ATM saja kelanjutannya kumaha engke hehe….) saran saya mulai dari kecil dulu dan kembangkan sesuai kemampuan yang anda miliki jangan mengikuti hawa napsu karena hawa napsu akan membuat anda hancur binasa…… mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan. Bagaimana menangkap peluang dibidang kenari nanti saya coba bahas lebih detail lagi…….tunggu tanggal mainnya he..he….

30 Responses to “Berinvestasilah dengan hobi Anda”


  1. 1 Toni Nurjaman 3 January 2012 at 4:03 pm

    Betul Om Sofyan…. Alhamdulillah karena hobi kemudian kita kembangkan potensi itu akhirnya nambah penghasilan… saya baru ternak 3 bulan anakan kenari saya dah ada yang borong segala puji bagi Alloh…. Terima kasih Om… atas bimbingannya… semoga kedepan dari anakan ini saya mencoba ke level yang lebih dari apa yang saya kembangkan dari kenari yang ada….amiiin….

    Alhamdulillah turut senang om, yang membuat hidup penuh dinamika adalah kita punya tujuan, kadang2 kita terkaget2 karena terkagum-kagum akan hasil yang kita capai, atau dongkol karena tujuan yang kita inginkan belum tercapai. Pokoknya bakalan seru dech om…🙂 wassalam

  2. 2 Fuad Muftie 26 April 2010 at 4:55 am

    Mantabh Pak, te o pe be ge te dech.
    Setuju hobby kalau jeli bisa menjadi sumber income yg tak terbatas.

    http://www.addina.net

    • 3 ahmad sofyan 26 April 2010 at 8:09 am

      Terimakasih Pak sudah berkenan berkunjung ke blog saya…. ini kan hasil didikan Bapak selama bermaster main di oase timur hehe…. btw webstore-nya sudah launching Pak …?? selamat dan semoga webstore-nya laris manis hehe…..

      salam

  3. 4 Ari s 24 November 2009 at 4:37 pm

    Lanjutin dong om artikelnya, biar tambah rame & maju para penghobi burung kenari di Tanah Air.

  4. 6 Bhira 3 November 2009 at 2:21 pm

    salam kenal…
    saya sangat tertarik ingin mencoba ikut menyalurkan hoby plus bisa menambah penghasilan… saya saat ini hanya memiliki satu ekor kenari dan tidak tahu jenis nya… saya ingin mengawinkan kenari saya… kira2 berapa harga kenari betina… dan bagaimana cara mengawin kan nya… trima kasih…

    • 7 ahmad sofyan 25 November 2009 at 4:54 am

      Salam kenal juga Pak…. tetap semangat … sudah saya tulis diartikel terdahulu coba searching di kategori pengalaman beternak kenari …, untuk nyari indukan bisa mencari di pasar burung di sekitar Bapak…. terimakasih …

      salam

  5. 8 ajay 1 November 2009 at 12:32 pm

    Salam kicau mania mas sofyan

    Saya tertarik dng hobi burung kenari kalo boleh tau lokasi importirnya di mana? kalo mas sofyan di rmh punya koleksi kenari import brp? makasih sebelumnya.oh iya boleh ngeliat2 ke rmh mas sofyan kali2 ada yg tertarik.

    • 9 ahmad sofyan 3 November 2009 at 1:12 am

      lokasi importir di pasar Pramuka jakarta pusat cari aja kiosnya Pak Hendra ….. disitu banyak kenari impor, kenari impor di rumah saya masih sedikit Pak hanya ada YS 3 ekor, WS 1 ekor dan kebanyakan silangan kenari impor s ada F2YS, silangan YS dengan Lizard 2 ekor dan kenari merah 1 pasang hanya itu Pak yg ada di rumah saya….. Kalau ingin silaturahmin ke rumah saya silahkan saja…. sebelum ke rumah saya mohon ngabarin dulu Pak kadang2 saya suka keluar daerah… terimakasih.

      salam

  6. 10 Iseng Tanya 30 October 2009 at 9:52 pm

    Burung kenari semuanya di umbar ya… ?, berarti kotorannya jatuh langsung ke pembelinya ya… om…., baru tau nich.. dagang seperti ini.

    Salam.

    • 11 ahmad sofyan 31 October 2009 at 2:23 pm

      diumbar karena baru datang, kata importirnya sich biar refresh karena kenari ini habis menempuh perjalanan jauh jadi mereka butuh penyegaran, juga burungnya banyak jadi ngga cukup kalau disimpan di sangkar soliter …… buat saya sich merupakan pengalaman baru bisa memilih dan mengejar-ngejar kenari hehe….

      salam

  7. 12 sofyan 25 October 2009 at 11:43 pm

    Pak Toharudin, saya tinggal di percetakan negara 5 no. 8 Jakpus Pak, Bapak bisa lihat alamat saya di about us, terimakasih

  8. 13 zay agatha 24 October 2009 at 4:18 am

    wah josssss pokoknya…di tunggu kelanjutannya ya om…..

  9. 14 dimas 23 October 2009 at 8:55 am

    wah hebat ni ulasan om sofyan, semua ulasan bermanfaat, apa kerja di bidang ekonomi,perhitungannya mantafff…,apa ada anakan f2 om

    • 15 sofyan 25 October 2009 at 11:52 pm

      Pak Dimas, diatas merupakan hitung-hitungan kasar tidak mendetail seperti akuntan publik…… saya hanya memberi gambaran saja bahwa hobi yang kita jalani kalau dikelola dengan baik bisa menghasilkan diluar dugaan…… mohon maaf F2 belum ada indukannya sedang istirahat dulu Pak…. salam hangat Pak

      sofyan

  10. 16 krupuk 17 October 2009 at 11:03 am

    mantap nih artikelnya….
    kenari yang ada di foto itu kenari impor atau hasil ternak sampean nih om sofyan??kok ngejreng2 warnanya hehehe

    • 17 ahmad sofyan 17 October 2009 at 1:05 pm

      kenari yang difoto kenari impor om……… .kebetulan tahun 2007 saya lagi seneng hunting kenari Yorkshire …. foto ini saya ambil disalah satu importir di Jakarta…

  11. 18 yunior 15 October 2009 at 6:41 am

    ide yang menarik..he..he

  12. 19 Bendot 15 October 2009 at 5:29 am

    Hobi saya kalo liburan ya tidur … hehe, cara menambah pemasukannya gimana ya?😀

    • 20 ahmad sofyan 15 October 2009 at 6:27 am

      Semua hobi bisa bermanfaat kalau kita jeli melihat peluang, kalau Bapak hobi tidur kenapa gak jualan kasur, bantal dan perlengkapan tidur atau konsultan tidur hehe…. saat ini kan banyak orang yang susah tidur, biasanya orang sangat menguasai hobi yang digelutinya…. he..he…. jadi Bapak lebih tahu dari saya mengenai bantal, kasur atau perlengkapan tidur yang nyaman buat tidur yang bagaimana ……

  13. 21 ahmad sofyan 15 October 2009 at 4:17 am

    Wah saya setuju sekali om….

  14. 22 bodrox 14 October 2009 at 11:33 pm

    Cita2 banget tuh om. Nyalurin hobi sambil kerja. Dapet semua, ya kepuasan jiwa & duit juga.

    • 23 ahmad sofyan 15 October 2009 at 1:19 am

      Sep, kalau sudah cita-cita langsung laksanakan om…. tidak usah berhitung untung rugi secara cermat hanya mulailah dari yang kecil-kecil dulu jadi kalaupun gagal ruginya tidak terlalu besar ….. ayoooo kerjakan he..he…..

      • 24 yunior 15 October 2009 at 2:55 am

        kalau mau usaha dah takut rugi kapan mulai usahanya ? he..he

        seperti kita mau buang air kebelakang kalau takut gk ada sabun dikamar mandi gk jadi2 deh..yang penting masuk dulu kalau gak ada sabun tinggal teriak minta ambilin deh he..he

        sory om kalau ngaco..and minta maaf kalau analoginya terlalu sederhana…he..he

  15. 25 yunior 13 October 2009 at 4:12 am

    benul saya setuju banget ma om sofyan setidaknya bikin hobby anda tidak menghancurkan kocek anda tetapi malah menambah pemasukan buat kocek anda he..he

    • 26 ahmad sofyan 13 October 2009 at 6:27 am

      Sep om, mau jadi narasumber buat artikel ini om ??…… saya butuh model/contoh hobis yang berhasil menjadikan hobi sebagai penambah penghasilan… saya rasa om cocok nich buat model tersebut, om kan udah berhasil ngirim kenari keluar jawa…. tks sebelumnya.

      salam
      sofyan

  16. 28 Martinus Lother 13 October 2009 at 3:25 am

    info yang menarik bro, mau tanya indukan yang warna merah (asli merah) satu pasang berapa duit? terus adanya dimana/bisa kirim gak?

    • 29 ahmad sofyan 13 October 2009 at 3:43 am

      Terimakasih…harga sepasang indukan kenari merah tanpa figmen relatif tergantung kualitas warnanya yang bagus kisaran 2 juta keatas…. sebagai informasi kenari merah tanpa figmen tidak semerah kenari impor (figmen) merahnya seperti gambar diheader blog saya Pak. Bapak tinggal dimana ?? saya rasa kalau beli kenari merah harus dipilih langsung Pak … karena kenari merah ini warna merahnya belum ada standarnya…. demikian Pak.

      salam
      sofyan


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


