Jangan takut resiko, mulai kembangkan hobi Anda

Bincang-bincang dengan beberapa temen baik di kantor maupun dilingkungan sekitar rumah mereka begitu antusias membicarakan rencana bisnis sampingannya …. Tetapi sampai saat ini mereka takut untuk meng-implementasi-kannya. Rata-rata mereka berpendapat resiko-nya cukup tinggi…. Padahal di dunia ini penuh dengan resiko semua kegiatan beresiko, Anda berjalan dipinggir jalan aja kalau lagi sial bisa keserempet motor…..

Bagi sebagian besar orang menjadi karyawan di suatu perusahaan merasa sangat aman. Mereka tidak menyadari sebetulnya resiko mengancam mereka… kita tidak tahu suatu saat perusahaan tempat kita bekerja bangkrut atau mengalami kerugian sehingga mereka di PHK….. contoh konkritnya kebetulan saat ini saya ikut menggodok ke bijaksanaan bagi karyawan alih daya atau outsouching, dimana ada beberapa kebijakan yang menurut saya cukup merugikan diantaranya karyawan out sourching maksimal bekerja 2 tahun setelah itu istirahat 1 bulan kemudian baru bekerja lagi selama 1 tahun setelah itu diangkat menjadi karyawan atau diputus tidak diperpanjang kontraknya…… dan saya yakin opsi ke dua akan diambil oleh perusahaan untuk opsi pertama sangat jarang kecuali bagi karyawan kontrak yang sangat dibutuhkan….. Dan ancaman paling nyata di depan mata lemburan di hapus karena sistemnya kontrak kerja… wah pokoknya kacau dech….

Dari cerita diatas maka saya mengajak diri saya dan temen2 netter mari kita membekali diri kita masing-masing dengan keahlian dibidang masing-masing atau coba tingkatkan hobi kita menjadi sesuatu yang bermanfaat…. Saya piker bagi anda yang bekerja sekarang saatnya anda mencari usaha sampingan…. selingkuh pekerjaan hehe…. Kalau usaha yang kita rintis gagal tidak terlalu beresiko karena masih ada dana cadangan dari gaji yang kita terima setiap bulan.

Jangan sampai kita memulai usaha karena kepepet di PHK dari perusahaan …. Kalau mulai bisnis dengan menggunakan uang dari PHK resiko-nya semakin besar karena kalau gagal sumber dananya tidak ada lagi……. Atau saya pernah mendapat email dari seseorang yang menanyakan ternak kenari untuk mencari dana tambahan pada saat pension, menurut saya masa pension adalah masa menikmati hasil jerih payah selama kita muda. Jangan sampai masa pension semakin susah karena gaji yang kita terima hanya 75 % dari gaji total semasa kita aktif bekerja sedangkan kebutuhan semakin besar. Anak-anak membutuhkan dana sekolah semakin besar dan biaya pengobatan semakin besar karena semakin tambah usia stamina dan fisik semakin berkurang sehingga sering sakit-sakitan. 

Sekarang kembali ke diri Anda apakah Anda akan bermain-main dengan usia Anda ? atau Anda memanfaatkan setiap detik untuk kegiatan yang bermanfaat bagi Anda saat ini maupun untuk masa yang akan dating. 

Sekarang mari kita mengkhayal…. Seandainya Anda mulai ternak kenari dari sekarang (halah kembali ke kenari lagi hehe…….) Umpamanya tahun ini anda mulai ternak dengan 1 ekor Yorkshire dan 2 betina kenari lokal super dengan modal awal 2,5 jt….. 3 bulan kemudian kenari mulai punya anak, kalau satu indukan punya anak minimal 2 ekor maka dalam 1 periode tetasan menghasilkan 4 ekor anak. Anak jantan dijual dengan harga 500.000 pada usia 2 bulan, sedangkan anak betinanya dipelihara sampai besar. Setelah besar usia sekitar 8 bulan F1YS betina dikawinin dengan Bapaknya lahir F2. Anak jantannya dijual dengan harga 750.000 sedangnkan anak betinanya dipelihara dan betina F2 dikawinkan kembali dengan Yorkshire. Maka lahirlah F3 … betina F3 dikawinkan dengan Yorkshire akan menghasilkan F4 atau Yorkshire lokal….. Ketika anda mulai ternak kenari dari saat ini 3 tahun kemudian Anda sudah berhasil menjadi peternak Yorkhire … Anda bisa bayangkan berapa harga Yorkshire 3 tahun kemudian ??…. sebagai gambaran hampir tiap tahun harga kenari naik pada tahun akhir 2006 atau awal 2007 harga kenari sekitar 1,25 jt sekarang tahun 2009 harga Yorkshire paling murah 1,75 juta itu belum ketahuan kualitasnya… untuk Yorkshire super harganya bisa 4 juta (super disini artinya gacor dan kalau dijodohkan selalu berhasil punya anak) anda bisa bayangkan tiap tahun kenaikan harga Yorkshire sekitar 250.000 apalagi Yorkshire lokal lebih mahal dari Yorkshire import ….

Berhubung ceritanya mimpi mari kita teruskan mimpi kita hehe…. umpamanya 3 tahun kemudian anda berhasil mendapatkan indukan Yorkshire lokal 5 ekor …. Hanya dengan 2 anak perindukan dalam 1 periode anda menghasilkan 10 ekor anak …. Taro harga anak Yorkshire lokal 1,5 jt perekor anda bisa menghasilkan 15 jt perperiode ….. saya piker gaji manager saja kalah …… apalagi jika anda pandai memanage peternakan kenari Anda…. Anda bisa memanfaatkan orang lain untuk mengelola peternakan Anda sehingga jumlah peternakan Anda bisa dikembangkan lebih banyak lagi jumlahnya, betapa indahnya kalau pada saat pension nanti kita bisa mencukupi kehidupan kita dari hobi yang kita geluti setiap hari…. Mendengarkan suara kenari sambil bercengkrama dengan cucu kita….. halah udah dulu dech mengkhayalnya ….. sekarang saatnya bekerja bersih-bersihkan kandang …… BTW lagi menikmati cuti ….. up load artikel sambil lihat kenari mandi dan dengerin kenari  bunyi betapa indahnya…….

63 Responses to “Jangan takut resiko, mulai kembangkan hobi Anda”


  1. 1 widyo 3 August 2010 at 3:55 pm

    wah, saya kok baru sadar ya soal kemungkinan2 kerja dan peluangnya,,
    makasih om sofyan,, nasihatnya akan selalu kukenang dan kuingat,,, wahaha.. inspirasi datang dari kenari,,

    sama-sama om, saya hanya sharing saja om… yang membuat berhasil atau tidaknya tergantung dari kesungguhan om dalam melakukannya/menjalaninya….

    salam

  2. 3 yunior 12 July 2010 at 2:36 am

    gk punya no telp yg bisa dihub om????

  3. 4 aslam 11 July 2010 at 8:34 am

    Salam kenal kang…
    Saya kok jadi tertarik pengen coba praktekkan artikelnya.
    Saya punya 1 kenari jantan sudah sekitar 4 tahun belinya dari anakan, 1 bulan yang lalu saya beli betina yang kata pedagangnya udah siap tapi kok belum mau kawin? Fatalnya pejantan malah macet gak mau bunyi. Apa masalahnya?
    Melihat animo masyarakat pada hobi burung akhir-akhir ini di Metro,saya pengen coba ternak kenari lokal, tapi untuk mendapatkan kenari produktif di Lampung dimana ya? kira2 harganya berapa?
    Bisa gak beli 1 atau 2 pasang dari om dikirim ke Metro, caranya transaksinya gimana dan dan harga plus ongkos kirim berapa?
    Mohon dijawab via e-mail aslammetro@gmail.com atau aslammetro@yahoo.com
    Terimakasih …..
    Wassalam…

  4. 5 Dans 14 February 2010 at 12:07 am

    Halo kenari mania,,
    Ak jg lg ternak kenari nich d rumah,skalian nyobain jg ternak LOVEBIRD,,
    Stlh bbrp lm mnggu,akhirnya bisa panen jg.Buat semuanya slm kenal,
    Dans_JOGJA

  5. 6 arman 9 February 2010 at 3:26 am

    Wahh…. Bagus bangets nie informasi menganai kenari’a ………..
    saya ini baru mencoba om, memelihara kenari, sekarang saya punya kenari 2 pasang.. kayaknya sieh lokal semua’a tapi saya ga tau juuga om soalnya baru mencoba.. hehehehee….. saya punya jantan tetapi badannya kecil dan suaranya pun kecil dibandingkan jantan yang satunya. itu jenis kenari apa ya om…..
    terus cewe kenari’a lebih gede ama jantan’a gimana tuh om……….
    terus kalau kenari bertelur terus beranak apa yang jantan engga mengerami atau memberi makan anakannya? sarannya lebih baik gima tuh om?
    terima kasihhhhhh

  6. 8 redmoz 15 January 2010 at 9:01 am

    bisa aja om sofyan…tadinya mo dikasih tongkat om…tp keberatan..tetep aja harus pake terbang dulu alo mo kawin…hahahaha

  7. 9 redmoz 15 January 2010 at 3:48 am

    hehehe thanks om…jadi lebih meyakinkan alo dah dapat info dr om yunior…thanks om…

  8. 11 yunior 15 January 2010 at 3:29 am

    ya iyalah om karena pada saat perkawinan kenari jantan mencengkram pundak kenari betina he..he

  9. 12 redmoz 15 January 2010 at 2:12 am

    alow om…minta masukan donk..alo jantan kakinya kurang bisa nyengkram bahkan sampai katagori pincang, apakah bisa mengganggu proses reproduksi burung or kawin gitu maksudnya? heheehhe..thanks om

  10. 13 toheng 14 January 2010 at 6:12 am

    Boleh tanya nih om, memangnya YS yang datang selalu jantan semua ya? gak ada kah YS betina yang dijual?

  11. 15 ahmad sofyan 13 January 2010 at 9:02 am

    Wah udah habis katanya om Don…. kalau yang ini harus dipercaya beritanya karena beliau punya lapak di tempat P’ Hendra ….. hampir tiap hari beliau mantau di rumahnya P’ Hendra hehe…..

    • 16 yunior 14 January 2010 at 6:23 am

      bisa aja om sofyan itu kebeneran aja pas saya kemarin ngambil betina YS sambil mantau2 saya lihat ada jantan 3 ekor, kuning polos,bon kuning ma hijau yg kuning polos bulu tebal belum bunyi,yg bon ngeriwik tapi kakinya sakit dan yg hijau bunyi kaki kurang bisa nyengkram jadi menurut saya mending tunggu tgl 21 aja om he..he

      • 17 ahmad sofyan 14 January 2010 at 6:43 am

        Ooo …cuman kalau dengerin bocorannya YS yang mau masuk tanggal 21 harganya mahal….dipikir-pikir YS bagus juga yah buat investasi, setiap tahun harganya naik bisa melebihi inflansi apalagi kalau berhasil ternak YS x YS…. Insya Allah suatu hari kita berhasil ternak YS lokal ……

      • 18 yunior 14 January 2010 at 9:29 am

        ya om harganya naik terus,..mudah2an kita bisa cetak YS lokal dgn harga yg bersahabat he..he

  12. 19 Dony 13 January 2010 at 12:51 am

    Om Sofyan…….dimana saya bisa dpatkan YS dan brp harganya?
    Kl bisa yg sudahbunyi om..makasih…

  13. 23 yunior 4 January 2010 at 3:31 am

    minumnya kasih probiotik and kasih cede mudah2an membantu…

  14. 25 toheng 4 January 2010 at 2:55 am

    Betul juga sih om, tapi si cowok satu ini gak doyan telur doayannya bijia-bijian doang, kalau di kasih vit. E gimana ya?

  15. 26 toheng 2 January 2010 at 3:25 am

    Ahhh…bahagia sekali…kenari yang aku beli anakan +- 3 bulan lalu telah bunyi! muantap keras..merdu……gak sia-sia…tiap pagi jongkok mengurusi burung…Tapi kenapa ya si jantan satunya lagi seperti kehilangan selera sama si betina…agak susah nih jodohinnya, apa ada cara penglaris biar jodohnya lancar?

    • 27 ahmad sofyan 3 January 2010 at 12:40 pm

      om coba diberi viagra biar grenggg…. hehe…., maaf becanda coba tingkatkan dulu birahinya dengan diberi telor puyuh dan jemur pagi-pagi minimal 30 menit. Demikian semoga bs membantu

      salm

  16. 28 ahmad sofyan 29 December 2009 at 4:43 am

    Pak Made … untuk telor yang keluar sebelum dijodohkan tidak akan menetas karena tidak dibuahi …. untuk yang 3 telor belakangan bisa saja menetas atau tidak karena saya ngga ngintipin pernah kawin atau belum hehe…. demikian semoga tidak memuaskan karena saya bukan alat pemuas hehe……

    salam

  17. 29 made parta 28 December 2009 at 6:59 am

    salam Kenal Mas Sofyan Saya Made suparta dari Bali..

    Saya punya momongan kenari kuning sudah 7 bulan pelihara beli dari anakan, lama-lama nunggu bunyinya eh..ternyata ada pecahan telor dalam sangkar, iseng Saya belikan tempat peneloran (mangkok buat nelor) eh..ternyata buat bunderan lalu bertelor lagi, padahal gak ada pejantannya Mas…..lalu saya belikan jantannya proses penjodohan cuman 1 hari, langsung Saya masukan ke kandang si betina, mulai kemarin sudah mulai ngeram..
    pertanyaan Saya :
    1. apakah telor-telor itu bisa menetas mas..????
    pada saat kenari jantan saya masukan sih kira-kira 1 jam sudah suap-suapan.
    3. mungkinkah kenari saya berjodoh….???
    mohon informasi, terima kasih.

    • 30 ahmad sofyan 28 December 2009 at 7:29 am

      Waduh saya bingung nyerna maksudnya …. Maksud Pak Made dijodohkan 1 hari langsung nelor atau sebelum dijodohkan sudah nelor terus dieramin ..??.. kalau dijodohkan 1 hari langsung bertelor biasanya telor pertama tidak terjadi pembuahan oleh sperma…. tetapi telor ke 2,3 dan selanjutnya telah mengalami dibuahi sehingga faktor keberhasilannya lebih besar. Demikian mohon maaf kalau salah.

      salam

      • 31 made parta 29 December 2009 at 3:45 am

        Terima kasih Mas Sofyan..atas jawabannya.

        maksud Saya sebelum dijodohkan sudah nelor 2 butir ..
        tadi pagi sebelum berangkat kerja Saya bersihin kandangnya n lihat telornya ternyata sudah nambah jadi 5 butir boss..
        pejantannya masih saya biarkan jadi satu sama betinanya,

        kemungkinan jadi menetas berapa persen ya mas sofyan..???
        atau tidak ada yg menetas kah..???

        terima kasih
        Wassalam..

  18. 32 guntur 19 December 2009 at 8:24 am

    Salam kenal om sofyan,,sy guntur di Cikarang..dng baca artikel om fyan di atas aku jd tertarik nernakin yang biasanya cm melihara aja…trus sekalian nanya untuk 1 jantan YS dan 2 indukan lokal bisa di dpt di mana?sempet sih kemari jalan2 di pramuka tapi takut ketipu..trus misal ada 1 jantan YS dan 2 indukan..apa ngawininya di selang seling ? nunggu yang siap di kawin?…Makasih sebelumnya?

    sekalian aja deh…Om sofya kan terima pemesanan tapi kok nggak ada kategorinya barang yg di jual n harganya??

    • 33 ahmad sofyan 19 December 2009 at 2:13 pm

      Salam kenal juga om… memelihara kenari selain bisa didengerin suaranya juga bisa diternak mudah2an dengan diternak setidaknya ada pemasukan buat biaya pemeliharaan kenari ….. setuju om beli YS jangan sembarangan karena resikonya cukup tinggi, lebih baik beli YS dari orang yang sudah dikenal atau sudah ketahuan kualitas-nya. YS bisa diternak poligami hanya betinanya tidak bisa sebanyak kenari lokal, betul om diternaknya giliran dijodohin dengan betina yang paling siap ternak ….

      Mohon maaf saat ini saya baru jual kenari hasil ternak saya sendiri, belum berani ngambil dari peternak lain…. Alhamdulillah setiap ada anakan di ambil temen-temen jadi jarang ada stok anakan… demikian om

  19. 34 sofyan 10 December 2009 at 12:30 am

    Om Areef boleh saja dalam kandang umbaran diberi sarang hanya kelemahannya sarang sering kotor, jadi harus sering-sering ganti isi sarang …. kalau saya sich biasanya lihat dari tingkah laku kenari betina jika ada jantan yang gacor terus si betina manggil2 berarti tuch betina sudah siap ternak … atau masukin sobekan kertas ke dalam umbaran biasanya betina siap ternak suka ngangkut2 sobekan kertas …. demikian om semoga bisa bantu …

    salam

  20. 35 Wisnu Widy 9 December 2009 at 9:57 am

    kenari YS nya om sofan (klo boleh sih..), sy berencana mo ternak YS dibengkulu om, oh iya..klo koleksi RI dah ada yg siap ternak lom om?

    • 36 sofyan 10 December 2009 at 12:25 am

      Waduh …… om saya belum pernah ngirim YS jauh-jauh, takut beresiko … nanti saya cari tahu dulu bagaimana cara pengirimannya, kalau sudah dapat informasi saya kabarin .. terimakasih.

      salam

  21. 37 Wisnu Widy 9 December 2009 at 6:19 am

    salam..

    om tohenk sy tunggu kedatangannya di muara aman om, klo om tohenk posisi dmna ya?

    maaf om sofyan, klo boleh sy ada rencana mo meminang kenari koleksinya om nih, tp kira2 bisa dikirim ke bengkulu g?

  22. 39 redmoz 9 December 2009 at 4:54 am

    iyahh om.. tapi ane sempet mampir ke tempat pak agus handoko..info di agrobur beliau tuh tokoh kenari di malang.. ane cuma mampir dikediamannya karna peternakannya beda lokasi, namun dirumahnya tetep banyak stock kenari..yg ane liat waktu itu empat ekor ys import yg baru dateng, terus 4 ekor f1 yg fighter2 (katanya sodaranya kensamrock) terus f2 n jg f3 …walahhhh…mantaf2 om kenarinya…jadi semakin semangat nehhhh…hehehehe…

  23. 41 redmoz 9 December 2009 at 3:32 am

    Semangat Pagi Semua…
    Aduhhhh lama ga nimbrung diblog om sofya nehh…makin rame..semoga makin barokah…karena sering bagi ilmu ke kita2…Amiiin

    • 42 sofyan 9 December 2009 at 4:23 am

      Amin .. bagaimana nich hasil pantauannya di Malang … bagaimana perkembangan kenari di Malang om ??…. sayang yach ngga ketemu om Hasan …
      salam

  24. 43 yunior 9 December 2009 at 1:37 am

    mantap om………tapi bunyi YS itu kadang ada yg rajin ada yg gk begitu rajin karena maklum posturnya besar kali ya….he..he

  25. 44 Wisnu Widy 8 December 2009 at 5:25 pm

    salam kenal om tohenk..sy di muara aman-lebong, klo om tohenk dimana posisinya?

    om sofyan mo minta tolong boleh? (eh..baru gabung dah minta tolong ya om..) maaf om, klo ditempat om sofyan pejantan YS harganya berapa ya om? maklum om klo dibengkulu hususnya ditempat sy kenari blom begitu booming, jd mencari indukan yg bagus sangat sulit, juga klo ga keberatan mo nanya alamatnya p’eko yg di bdg om, alamat lengkapnya dimana ya om?

    ma’ksh atas bantuannya om,

    salam kenari mania,

    • 45 toheng 8 December 2009 at 11:03 pm

      @wishnu: Wah, jangan…jangan..kenari terakhir saya ini asalnya dari om wishnu, soalnya menurut penjualnya pemilik sebelumnya orang lebong, saya sendiri istri orang lebong, jadi seringlah saya ke muara aman, boleh kan saya mampir? Saya setuju tuh om wish ternak YS, biar lebih bagus kenari-kenari di Bengkulu, tapi saya lebih setuju jika YS hasil ternakan nanti jangan dijual terlalu murah, biar kualitas juga prestige-nya selalu terjaga..he he he

      • 46 sofyan 9 December 2009 at 12:18 am

        Setuju om Toheng …. tapi saya pikir YS tidak akan cepet-cepet turun harganya karena ternak YS tidak semudah ternak kenari lainnya …. ya minimal 2 tahun kedepan harga masih stabil ….. karena selain di impor ke Indonesia juga di impor ke negara timur tengah dan denger-denger di negara arab sono harganya lebih tinggi …. jadi mereka sekarang fokus ekspor ke arab…

        salam

    • 47 sofyan 9 December 2009 at 12:13 am

      om Wisnu, harga YS tergantung kualitasnya…. saya jarang jual karena saya bukan pedagang saya biasa jual paling tinggi 2 juta perekor, insya Allah sudah bunyi …. , untuk alamat Pak Eko japri ke akhmad.sofyan@gmail.com nanti saya kirim Pak … terimakasih….

      salam

  26. 48 Areef 8 December 2009 at 6:18 am

    aduh… seneng nya kalo dapet inspirasi plus motivasi dari orang yg udah menjalani nya langsung plus sukses pula…. hehehhh….. om kenari betina saya kaya nya masih terlalu muda untuk dijodohin ada 2 ekor, soal nya kalo di tempelin ma kenari cowo tu cewe cuek2 aja… apa karena kurang dewasa kali ya…??? kalo nunggu kenari ce nya dewasa bisa ga tu 2 ekor kenari ce di gabung aja biar gampang dalam pemberian pakan n bersihin kandang nya…. share pngalamannya ya om… trims…

    • 49 sofyan 8 December 2009 at 12:45 pm

      Om.. Areef, saya juga masih belajar hanya kalau menunggu sukses ternak baru bikin blog wah kapan terbentuk blog ini… saya hanya ingin berbagi …. mudah2an blog ini bisa langgeng sehingga bisa menjadi catatan kita semua, mungkin suatu saat kita akan tersenyum geli membaca blog ini hehe…..
      Betina bisa disatukan dalam satu sangkar, saya punya kenari betina sekitar 10 ekor di satukan dalam 1 umbaran, lumayan bisa menghemat tempat dan menghemat tenaga hehe…. pada saat mabung dan pengkondisian setelah ngasuh anak biasanya saya satukan dalam umbaran. Demikian om semoga bisa membantu…

      salam

      • 50 Areef 9 December 2009 at 9:12 am

        nanya lagi ya om… mumpung ada yg baik hati & mau bagi2 ilmu… (jarang2 loh…) hehehehh…. kalo kenari betina di umbar dalam kandang lebih dari satu ekor trus cara mengetahui mana betina yg sudah siap di nikahin gimana cara nya om…? apa di taruh aja sarang dalam kandang massal, trus betina yg mbuletin sarang kita ambil lalu kita satuin dengan yg co, tentu saja dengan proses penjodohan pula. kira2 cara bgitu, bisa efektif ga ya om….? mohon di bantu ya om abis kenari saya belom ada yg sukses pernikahannya niy… hehehehh….:-) trima kasih….

  27. 51 yunior 8 December 2009 at 2:14 am

    nah karena mati itu om pengalamannya bertambah he..he kenapa burung bisa sakit? apa penyebabnya ? menurut saya orang akan berhasil karena ditempa pengalaman he..he…jadi disini ada unsur analisa, hipotesa and kesimpulan om wah jadi kyk anak IPA aja nih

  28. 55 Wisnu Widy 7 December 2009 at 4:49 pm

    perkenalkan sy wisnu dr bengkulu (asli sih bandung), dah dari seminggu kebelakang sy slalu baca artikelnya om sofyan (full inspirasi om..), kebetulan sy pemula alias baru hobi kenari, banyak pengtahuan baru yg sy dapetin dari artikelnya om, ngomong2 alamatnya om sofyan dimana ya? klo lg ada tugas / jalan2 ke jkrta sy berencana main ke tmptnya om sofyan, barangkali ada oleh2 kenari yg bisa dibawa ke bengkulu..he2

    • 56 ahmad sofyan 8 December 2009 at 2:55 am

      Salam kenal om Wisnu, saya juga sama dari Bandung hanya kuli di Jakarta… alamat saya bisa lihat di About Us …. kalau mau mampir silahkan saja…

      salam

    • 57 toheng 8 December 2009 at 8:27 am

      Saya juga domisili di Bengkulu aseli batak sunda sih, memang agak susah dapatkan kenari di Bengkulu, muter-muter liat-liat tapi jaminan bagus belum dapat juga, ngomong-ngomong mas wishnu dimana lokasi pas-nya mungkin saya bisa sowanan lihat koleksi mas wishnu..he he he

      • 58 sofyan 8 December 2009 at 1:08 pm

        Wah sama-sama di Bengkulu ketemunya di blog ini yach om ? hehe…. saya juga punya tetangga kenalnya malah di blog ini hehe….. Ayo om kesempatan buat jualan kenari di Bengkulu saya yakin banyak orang seneng lihat kenari…..

        salam

  29. 59 yunior 7 December 2009 at 8:16 am

    kalau saya sih tipe nekad yg penting beli dulu belajarnya sambil jalan he..he abis kalau gk nekad gk jadi2 he..he banyakan mikirnya………

    • 60 Dedy_Utomo 8 December 2009 at 1:06 am

      Om, saya kemarin juga nekat beli anakan 2 ekor mati Om he he he, makanya ini mau coba beli yang udah dewasa🙂🙂🙂, juga tempat yang lebih nyaman baru saya siapin Om….semoga nantinya burung kenarinya lebih kerasan dirumah saya he he he

    • 61 sofyan 8 December 2009 at 2:38 am

      Om Dedy dan Om Yunior, klo pendapat saya seseorang dalam mengambil keputusan tergantung dari style-nya ada yang hati-hati, moderat dan nekat… semua style bagus… tetapi yang paling bagus adalah action-nya … go..go…. action..

      salam

  30. 62 Dedy_Utomo 7 December 2009 at 7:31 am

    Mantap Om ulasannya……..salah satu cara meminimalkan resiko dalam investasi adalah dengan memahami betul investasi yang akan kita lakukan, melakukan perhitungan yang cermat dan melakukannya dengan sepenuh hati…..misalnya melakukan investasi di burung kenari, sebagai persiapan awal kalau pemahaman kita tentang kenari masih minim, sebaiknya belajar dulu mengenai seluk beluk kenari, perawatannya, dll sehingga saat kita melakukan investasi kita benar2 sudah siap sehingga kita bisa meminimalkan resiko yang kita hadapi…..terima kasih atas artikelnya om, semoga suatu saat saya bisa beternak kenari seperti yang Om Sofyan lakukan, yang sudah terbukti bisa meningkatkan perekonomian keluarga…


  1. 1 Jangan takut resiko, mulai kembangkan hobi Anda « Oasetimur's Blog Trackback on 9 December 2009 at 3:28 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: