Flash back tahun 2009

Tidak terasa tahun 2010 sudah kita jalani alangkah baiknya jika diawal tahun ini kita menengok dan merenungi hasil selama tahun 2009 apa yang telah di dapat dan apa yang belum terlaksana…. Dalam sebuah film kartun Kung Fu Panda ada kalimat yang cukup menyentuh yaitu : ” Kemarin adalah sejarah, hari ini anugrah dan besok misteri ”  itu makna yang dapat saya tangkap….  ada juga pepatah yang mengatakan hasil hari ini merupakan hasil dari yang kita lakukan sepuluh tahun yang lalu….

Kalau hari ini anda giat bekerja dan tekun mempelajari mengenai seluk beluk kenari 10 tahun kemudian anda akan sukses menjadi seorang profesional di bidang ada dan Anda pakar mengenai kenari …… Saya ingin bercerita mengenai pengalaman dalam menjalani hobi selama ini…. Sejak kecil saya hobi terhadap binatang unggas dimulai dari pelihara ayam, burung parkit dan burung dara, setelah bekerja hobi saya semakin menjadi-jadi burung kicauan menjadi sasaran saya selanjutnya ada poksai, wambi, robin dll… Setelah menikah saya coba pelihara burung kenari dengan pertimbangan burungnya kecil dan bersih maklum pada saat itu saya masih tinggal di rumah mertua kalau kotor takutnya diusir hehe …. dimulai dari 1 ekor seiring dengan berjalannya waktu saya coba iseng ternak kenari alhamdulillah ternak berhasil semakin lama semakin bertambah banyak… kepikiran juga sich ingin jualan kenari tetapi berhubung malu dan bingung mencari pembeli akhirnya kenari menumpuk, sebagian kenari diberikan ke temen atau tetangga…. capek dan berat dalam operasional akhirnya hobi memelihara kenari berhenti….

Dari kenari saya coba pindah ternak burung perkutut, alhamdulillah berhasil sampai kandang ternak penuh perkutut ….. pernah jual beberapa ekor, yang membuat saya terkenang sampai saat ini waktu itu perkutut produk saya bisa berhasil masuk 10 besar dalam sebuah lomba di situ gintung, dan dijual dengan harga 1 juta …. hanya sayang di Indonesia terjadi wabah flu burung akibatnya perkutut saya macet tidak bisa dijual. Tidak tahan di komplen istri yang ketakutan terkena penyakit flu burung, burung perkutut sebagian besar saya lepas ke alam bebas ada beberapa indukan yang terbaik saya berikan ke saudara di kampung…. Tetapi semua yang diberikan ke saudara akhirnya mati juga… 

Setelah isu flu burung mereda saya coba kembali menggeluti hobi saya yaitu pelihara kenari…. Pada saat kembali menekuni hobi kenari saya masuk dalam sebuah komunitas kenarimania. Di komunitas ini saya bisa lebih intensive meng-explore ilmu perkenarian, saya bisa mengenal beberapa peternak yang ternama, materi ternak kenari saya semakin lebih bagus dan hasil akhirnya kualitas produk saya semakin bagus… (maaf bukan promosi hehe….)

Yang namanya makhluk hidup memerlukan biaya untuk perawatan harian demikian juga dengan kenari. Ketika kenari diternak semakin lama semakin banyak maka biaya operasionalnya semakin bertambah banyak. Berkat komunitas kenarimania saya bisa terbantu dengan menitipkan kenari produk saya ke temen-temen yang sudah biasa jual beli kenari …. Alhamdulillah biaya operasional bisa tercukupi……

Dipertengahan 2009 saya coba buat blog yang khusus mengulas mengenai kenari, alhamdulillah responnya luar biasa dalam sehari pengunjung bisa 300 orang lebih…. efeknya cukup banyak hampir tiap hari sms atau telepon masuk,  saya harus menjawab sms atau telepon malam-malam dan berkah buat saya permintaan kenari berduyun-duyun melalui email, sms maupun telepon. (upss lebay banget yach hehe…..) Saat ini keadaan menjadi terbalik saya yang tergopoh-gopoh memenuhi permintaan kenari, tetapi kembali lagi yang namanya makhluk hidup kita tidak bisa memaksa untuk meningkatkan produksi tetapi harus mengikuti proses alamiah dari yang namanya makhluk hidup…  Jadi buat temen-temen yang belum kebagian anakan ring F&F harap sabar menunggu hehe…..

Sekian dulu ceritanya…..  saya mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan dan terkesan sombong bukan saya bermaksud bersombong diri atau narsis, saya hanya ingin mengajak dalam menyongsong tahun 2010 mari kita membuat perubahan pada diri sendiri masing-masing… tidak harus berubah secara prontal, cukup merubah sedikit tetapi miracle/keajaiban dari perubahan itu yang efeknya luar biasa …. sebagai gambaran pada awal tahun 2009 saya bingung jual burung kenari diakhir tahun saya keteteran di kejar-kejar hobis yang ingin membeli kenari produk saya. Padahal perubahan yang saya lakukan hanya membuat blog dan mengelolanya dengan baik…..

Selamat menyosong tahun baru….. semoga di tahun 2010 lebih sukses dan lebih bermakna……

 —-===ooo00)(00ooo===—

23 Responses to “Flash back tahun 2009”


  1. 1 TONNY YAN TOGAS 13 March 2013 at 12:39 pm

    Enak banyak teman .bisa berbagi pengetahuan

  2. 2 Tanpo 13 October 2010 at 5:21 am

    Sy di sidoarjo bisa bantu sy bung Sofyan sy cari gloster corona imp.jantan betina kisaran harganya,salam sukses

    Kalau cari gloster langsung hubungi om Yunior Pak, emailnya cari di blog ini

    salam

  3. 4 Deni 10 February 2010 at 6:18 pm

    Kisah hobynya ko sama ya Om…..ah mo sungguh-sungguh ternaknya, kali aja bisa mewarisi kesuksesannya. BTW, anakan ring F brp harganya Om ?

  4. 6 Dony 8 February 2010 at 4:37 am

    Mantap om…..
    Jgn lupa ane jg pesen produk F&F BF jg…he3x..

    • 7 ahmad sofyan 9 February 2010 at 12:43 am

      siap om, do’ain semoga ternaknya berhasil, bagaimana perkembangan indukan merahnya ??….. udah mulai nelor lagi ??

      salam

  5. 8 Acil 27 January 2010 at 7:04 am

    Salam kenal 4 All.
    Saya breeder kenari di surabaya sejak 199 sampai sekarang( 27januari2010).
    Unggulan saya sekarang, kenari warna merah…
    Acil-Surabaya
    Thx 4 All

  6. 9 gede 25 January 2010 at 3:26 pm

    Pak Ade, sy perlu kandang ! Minta no kontaknya pak… sy domisili di Bandung…

  7. 10 ahmad sofyan 11 January 2010 at 5:44 am

    om Abe, kan ada tip-nya jika ingin meninggalkan kenari seperti di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/09/10/tip-aman-kenari-ditinggal-munidk alhamdulillah sampai saat ini walaupun ditinggal agak lama masih aman-aman aja

    salam

  8. 11 Hasim 9 January 2010 at 2:17 am

    Saya lagi terpikiran untuk ternak kenari, selama ini saya blm tau cara ternak kenari yang benar…… ni kebetulan lagi nyari-nyari artikel tentang kenari……. boleh minta tolong ga pak….. kiat-kiat untuk ternak kenari, selain itu untuk satu pasang kenari harga standarnya berapa….., matur nuwun sebelumnya, hasim di jogja….

    • 12 ahmad sofyan 10 January 2010 at 1:12 pm

      Pak Hasim coba baca di kategori pengalaman ternak kenari sebagian besar sudah saya tulis semoga bisa membantu, mengenai harga kenari tergantung lokasi di Jogja banyak peternak kenari yang terkenal atau Bapak bisa tanya di pasar/kios burung di daerah Jogja, terimakasih
      salam

  9. 13 made parta 8 January 2010 at 3:38 am

    muantep om…kenari exist dan blog juga exist,..salut saya oom…

  10. 15 Adefiat 6 January 2010 at 4:15 pm

    Selamat tahun baru 2010. Sejujurnya saya juga terinspirasi dengan tulisan anda (berinvestasilah dng hobi anda) sy juga penggemar kenari tp tdk ikutan ternak. Sy mencoba membuat kandang kenari, walwpn blm sempurna alhmdllh udah ada tetangga yg minta di buatin. Setelah kontrak kerja sy habis, urang jadi teu nganggur teuing. Nuhun pisan Yan.!!

    • 16 sofyan 6 January 2010 at 11:48 pm

      Alhamdulillah kalau bisa terinspirasi oleh artikel yang saya buat, semoga usaha pembuatan kandangnya bisa sukses kang Ade… buat temen-temen yang butuh kandang ternak coba hubungi kang Ade. Salam sukses kang

  11. 17 abe 6 January 2010 at 5:14 am

    salam kenal mas…
    kpn2 sy mampir ke rumah boleh g??

    • 18 ahmad sofyan 6 January 2010 at 7:19 am

      Salam kenal juga Pak Abe… mau mampir silahkan aja hanya mohon maaf akhir-akhir ini saya jarang ada d rumah lagi ada kerjaan di Bandung…

      salam

      • 19 abe 11 January 2010 at 4:03 am

        kl di tinggal kerja ke luar kota gmn tuh om kenari nya??ada yg ngerawat??
        tulisannya inspiratif bgt…trma kasih sdh berbagi…

  12. 20 sofyan 6 January 2010 at 12:02 am

    Waduh… terimakasih jempolnya om hehe….., terimakasih atas atensi-nya om …selamat dan semoga F1YS-nya bisa berhasil menetas…. itulah enaknya ternak kenari setiap proses selalu mendebarkan hehe…..

  13. 21 wisnu widy 5 January 2010 at 3:26 pm

    ketika sy menyimak tulisan om sofyan..wah inspiratif banget om, dua jempol tangan sy acungkan buat om sofyan,

    juga tulisan2 om sofyan yg laen yg menjadi modal dasar sy untuk memberanikan diri belajar ternak kenari, alhmdulillah om kenari f1 sy skrng lg ngeramin telor 3 buah,

    semangat trus om dlm sharing ilmu & pengalamannya, sy tunggu tulisan2 yg laen..btw kpn ya sy kebagian koleksi kenarinya om sofyan? (he..2)

    ok om sofyan CAYO..
    salam dr kenari mania bengkulu..

  14. 22 yunior 5 January 2010 at 4:05 am

    ternak dombanya belum diceritain om he..he

    • 23 ahmad sofyan 5 January 2010 at 4:23 am

      ternak domba misi-nya lain om ingin bantu saudara yang nganggur di kampung, alhamdulillah perkembangannya cukup memuaskan…. upss jangan banyak-banyak ngomongin domba disini ntar OOT hehe….

      salam


Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


