Pangkat Kopral Pendapatan Jenderal

Hari Minggu kemarin (17 Januari 2010) cuacanya kurang bersahabat dari malam sampai siang cuacanya mendung kadang-kadang diiringi hujan …. kalau cuaca hujan enaknya sich di rumah tiduran sambil dengerin kenari bunyi….. berhubung stok makanan kenari habis walaupun segen akhirnya keluar rumah pergi ke Pasar Burung Pramuka….

Sampai di pasar Pramuka lumayan sepi yang bikin hangat ternyata beberapa merk pakan kenari naik….wah repot juga kalau makanan beserta kebutuhan lainnya naik …. biaya operasional bisa naik ….. imbasnya bisa 2 macam harga kenari naik atau keuntungan peternak turun karena biaya operasional naik sedangkan harga kenari tetap ….. atau agar harga kenari tidak naik tetapi keuntungan masih tetap tidak mengalami penurunan maka dilakukan efisiensi di segala bidang…..

Dari gambaran yang sederhana diatas kita bisa mengambil hikmahnya…. bagi netter yang masih berkarya disebuah perusahaan ketahuilah bahwa pemimpin perusahaan sebagian besar hanya memikirkan efisiensi dan meningkatkan keuntungan setinggi-tinggi…. Bagi mereka kalau bisa yang namanya kenaikan gaji dihindari…..

Tetapi hidup harus terus berjalan jangan pesimis walaupun gaji tidak naik jangan takut tidak makan …. rejeki Tuhan tersebar dimana-mana ….. kita hanya tinggal meningkatkan keahlian dalam berikhtiar mengais rejeki ….. dari perusahaan tidak ada kenaikan gaji kita masih bisa meningkatkan pendapatan dari bidang lain.

Jika saat ini anda hobi kenari kenapa tidak Anda tingkatkan menjadi sesuatu yang bisa mendatangkan uang (hal ini sudah sering saya bahas)…. coba anda terapkan semboyan pangkat/gaji kopral pendapatan jenderal . maksud saya pangkat atau gaji kopral yaitu walaupun di tempat bekerja jabatan/gaji Anda setingkat kopral tetapi pendapatan bulanan Anda sama dengan pendapatan Jenderal…. (tetapi saya tidak menyarankan Anda korupsi lho hehe…) Seperti kita ketahui jabatan anda ditentukan oleh pihak manajemen ditempat Anda…. Dalam berkarir di suatu perusahaan tidak identik dengan membangun bisnis sendiri…. ketika Anda dipercaya sama bos maka beban kerja anda akan meningkat tetapi tidak berbanding lurus ke penghasilan/pendapatan….. tetapi jika Anda bekerja keras dalam membangun bisnis Anda … pendapatan Anda akan berbanding lurus dengan usaha Anda dalam membangun bisnis…. Semakin keras Anda dalam berusaha maka pendapatan dari bisnis Anda akan meningkat…..

Banyak orang yang dalam hatinya ingin bisnis tetapi sampai saat ini belum berani melaksanakannya dengan alasan takut gagal atau merasa tidak berbakat bisnis…. Dalam benaknya membangun bisnis itu seperti menghadapi sesuatu pekerjaan yang maha besar…. padahal itu hanya persepsi Anda saja….. pada saat memulai bisnis Anda tidak diharapkan langsung besar tetapi yang utama action-nya. Bagi Anda yang hobi memelihara burung kenari coba Anda arahkan hobi tersebut sebagai batu loncatan dalam membangun bisnis…. karena kita tidak tahu keberuntungan/jodoh Anda di bisnis apa…yang bisa Anda lakukan yaitu : meningkatkan kemampuan dalam memelihara atau pengetahuan mengenai kenari, perbanyak temen yang satu hobi bisa lewat internet atau lingkungan sekitar, kembangkan dari hanya hobis biasa menjadi peternak kenari ….. Semua proses diatas memerlukan kesabaran, ketekunan dan keuletan dalam menjalaninya….. Saya mempunyai keyakinan jika Anda ulet, sabar dan tekun menjalaninya insya Allah suatu saat Anda akan bertemu dengan bisnis yang sesuai dengan apa yang Anda ingin….. bay de way bas way …. Hidup semakin keras semakin hari persaingan semakin ketat….. jadikan diri Anda sebagai pijikan (pondasi) bagi generasi penerus Anda dalam meraih cita-citanya , bisnis yang Anda bangun saat ini dalam rangka memperkuat pondasi dan memberi contoh bagi Anak dan cucu Agar menjadi individu yang Mandiri…… halah tinggi banget ngomongnya hehe….. udah dulu yach semoga bisa menjadi kompor penyemangat dalam berkarya hehe……

45 Responses to “Pangkat Kopral Pendapatan Jenderal”


  1. 1 erni sulistiani 9 June 2014 at 2:16 am

    wah, baca2 blog ini seru dan nambah ilmu tp koq ya genre ne kebykan cowo, pdhal pengen ikut nimbrung dr kemaren kpn tau. br kali ini brani tak tik tuk hehehehehhheee….. trims buat ilmunya para sesepuh kn. saya pemula py 3 betina 5 jantan tp yg 1 jtn laku 2 jtn kabur lupa jalan pulang. saya beli dr msh anakan 1 bln. lama sih tggnya tp saya tau silsilah indukannya krn bli dr peternak krn biasanya peternak ga mau jual indukkan. pertama netor 3 betina alhamdullilah wassalam semua skrg br mau mulai bertelur dan mengeram lg mudah2an sukses. Mohon doa restunya ……….

    sebetulnya banyak kaum hawa/tante yang ternak kenari namun tidak terekspor, temen-temen saya yang hobi burung kenari untuk perawatanya sudah dialihkan ke istrinya ….. dalam beternak kenari ada beberapa keuntungan bagi tante/sis terutama ibu-ibu yang tidak bekerja bisa mengisi kekosongan ketika suami bekerja dan anak-anak sekolah dari pada bengong kan lebih baik ngurusin ternak burung kenari. Semoga ternaknya lancar jaya tante…..

  2. 2 anggit 1 May 2014 at 6:42 am

    Salam kenal om-om senior smua, maaf baru gabung nih dan baru baca ulasan di atas dan baru tau juga kalo ada paguyuban dan blognya nih ( taunya telat banget..he…he…he ). Mungkin saya bisa dapet ilmu-ilmu yang canggih dalam dunia persilatan kenari om, saya mencoba usaha ternak kenari sudah 3 bulan bareng om saya, dengan kondisi 2 bulan gagal maning alias seluruh betina bertelur tapi kopong/kosong (16 telur) sempat bikin drop juga, dan alhamdulilahnya di bulan ke 3 ini berhasil netas 4 butir setelah tukar pasang indukan lokal. Maksud saya, bukannya ingin menyombongkan diri tetapi jikalau suatu usaha tersebut dijalani dengan serius walau pun hanya sampingan tetap akan menghasilkan dan akan indah pada waktunya…salam cuit…cuit…cuiiiit

    Mantap om, semoga ternaknya tambah sukses…. kita berkembang karena adanya tantangan…..

  3. 3 Johan_free york 4 June 2010 at 5:46 am

    Salam kenal semua! Sy jd tertarik u/ ternak dan sy ud coba ternak sepasang (kebetulan punya kenari prestasi)dan berhasil netas 3 ekor (umur 1 bln) skrg induk lg ngeram ke-2

  4. 5 Hary Key 27 April 2010 at 6:38 am

    Malu bertanya sesat di kamar. Abiz gelap sih. xixixixixi.

  5. 6 achmad depok 27 April 2010 at 4:29 am

    ulasan yang mantafffffff

  6. 7 nurcahyono semarang 21 April 2010 at 1:16 am

    betul juga om, saya jadi tertarik dgn usaha ini, gmn caranya cos dah sering usaha tapi ujung2nya bangkrut…tgl di tularkan ilmunya dong

    • 8 ahmad sofyan 21 April 2010 at 4:19 am

      Om Nurcahyono, membangun suatu usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan … penuh perjuangan dan memerlukan kesabaran yang tinggi…. saya tidak yakin dalam membangun suatu usaha semuanya diselesaikan sendiri, membutuhkan teman untuk sharing, utk itu saya coba buat suatu paguyuban sehingga kita bisa sharing mengenai bisnis kenari…. untuk ilmunya coba baca tulisan saya yang lainnya….

      salam

      • 9 Fadly 27 April 2010 at 5:49 am

        Jadi lupa Om banyak nanya, dan dibantu dengan doa, mudah-mudahan semuanya jadi lancar…..

  7. 10 hendy 13 March 2010 at 1:42 pm

    pak mau tanya kenari yknya datangnya kapan?
    kira2 bulan apa?

  8. 11 Deni _ Bekasi 4 March 2010 at 4:05 pm

    Makasih Om Sofyan & Om Yunior (bg sy tetep Senior).
    Sy pernah baca artikel yg ditulis Om Kian Sing, bahwa Kenari betina mewarisi karakter KUALITAS SUARA bpknya. Dalam tulisannya Om Kian Sing berpesan, “Jangan abaikan peran betina”.
    Kalau demikian halnya boleh jadi, karakter SUARA secara genotif terpaut kromosom kelamin betina. Ini pelajaran penting bagi calon peternak pemula spt sy.
    Sy setuju dg saran Om Yunior, bahwa karakter Dominan & Resesif hanya bisa diketahui melalui TRIAL ‘n ERROR. Sayangnya, untuk melakukan Uji Coba & Pengamatan ini membutuhkan waktu yg relatif lama serta keuletan dan ketekunan, tentunya. Untuk mendapatkan generasi pertama (F1) saja butuh waktu kurang lebih 2 bulan, dg asumsi, bermodalkan sepasang kenari siap kawin dan tanpa hambatan apapun. Untuk mendapatkan generasi kedua (F2) butuh waktu kira-kira 8 bulan, dg asumsi, masa pembesaran & penjodohan 6 bulan + masa nelor dan ngeram 2 bulan (referensi Om Sofyan). Bersyukur pd generasi ketiga (total watu 2+8+8 =18 bulan), kita sudah mendapatkan kesimpulan tentang satu karakter ( sukur2 bisa lebih). Msalnya, jenis warna tertentu, bersifat
    dominan atau resesif. Jika TRIAL ‘n ERROR ini kita lakukan sendiri, betapa banyak waktu yg terbuang demi satu jenis karaker. Oleh karena itu……alangkah baiknya… he…he… Om Sofyan & Om Yunior (ngerjain ah) juga senior-senior yg lain sudi kiranya memetakan hasil ternakannya sendiri selama ini ditambah hasil ngintip (awas ngintip yg lain..he he) dr peternakan kenari yg lain.
    Bagi sesama calon peternak ~terutama yg meiliki pertanyaan yg sama~ dimohon sabar ya, besok atau lusa, Om Sofyan dan Om Yunior akan mengulasnya di rubrik ini. Nah loh….. gimana tuh Om ?
    Kami tunggu ya….he… he, mks.

    • 12 ahmad sofyan 5 March 2010 at 12:06 am

      Wah om Deni nanyain terus nich tentang genetika, saya sudah coba buat tulisan mengenai genetika… mudah2an cerita yang ringan dan lucu itu bisa dipahami… maklum buatnya ngebut sambil dengerin instruktur ngoceh hehe…. udah 3 minggu ini saya harus ikut training macem-macem jd blognya agak telat update …. btw untuk menghasilkan kenari yang berkualitas memang membutuhkan waktu tidak sedikit, minimal 2 tahun baru terlihat hasilnya … itupun kalau lancar, kalau induknya mati yach mulai dari nol lagi hehe… tetapi ternak kenari merupakan kegiatan yang menyenangkan setiap proses penuh harap dan cemas…

      salam

  9. 13 yunior 4 March 2010 at 9:11 am

    tapi jgn khawatir om hal ini pernah diulas oleh om Kian sing dan diblok ini saya liat ada coba aja baca peran induk betina dalam beternak (maaf kalau judulnya salah karena dah sedikit lupa)

  10. 14 yunior 4 March 2010 at 9:09 am

    pertanyaan yg bagus karena sampai saat ini masalh resesif atau dominan hal yg sulit diprediksi kecuali dg ujicoba dan pengamatan

  11. 15 Deni _ Bekasi 2 March 2010 at 4:52 pm

    Setiap peternak tentu mengharapkan munculnya karakter tertentu yg diinginkan si pada generasi berikutnya. Misalnya, Kenari berpostur besar disilangkan dg Kenari bersuara Keras. Pd generasi berikutnya breeder mengharapkan muncul kenari dg karakter berpostur besar dan bersuara keras. Celakanya, yg munculnya malah kenari dg karakter berpostur kecil dan bersuara kecil pula…..lemes dech. Sy kira tdk seorangpun peternak yg mengendaki kekecawaan ini. Oleh karena itu kita harus tahu terlebih dahulu secara genetis mana / apa saja karakter dominan dan resesif yg dimiliki oleh kenari. Pd contoh persilangan diatas sangat mungkin terjadi, karena mungkin saja karakter BESAR bersifat resesif dan karakter KECIL bersifat dominan. Kita mengharapkan bersuara keras malah yg muncul bersuara kecil, jangan-jangan karater SUARA KECIL dominan terhadap karakter SUARA BESAR. Nah daripada kita terjebak dalam spekulasi dan lingkup ketidakpastian ketika kita menjodohkan sepasang bibit kenari mendingan kita tunggu ulasannya, Om Sofyan pasti punya referensi tentang karakter dominan dan resesif pada kenari secara lengkap. Ayo….. Om Sofyan, kita tunggu neh ulasannya…. he..he. Mks ya

  12. 17 sofyan 2 March 2010 at 12:27 pm

    Wah mantap… bentar lagi saya ngga bakalan susah nyari supplyer kenari nich hehe…..

  13. 20 eko kecil 19 February 2010 at 8:38 am

    seep om, saya tmbah semangat nich ternak kenari walau baru punya satu

    • 21 sofyan 20 February 2010 at 2:27 am

      yang penting semangatnya om… kalau masalah burung (kenari) sambil berjalan bisa nambah…. orang berjalan 10 KM dimulai dari 1 langkah pertama dan langkah pertama merupakan langkah terberat (halah ngomong apaan sich hehe…..) tetap semangat om….

      salam

  14. 22 Deni 10 February 2010 at 5:45 pm

    Sy makin semangat aja baca tulisannya Om neh. Teruslah menulis, mudah2an & sy yakin bermanfaat bagi banyak orang….termasuk di dalamnya buat kenarimania.

  15. 23 gunturmilan 7 February 2010 at 9:01 am

    siap jendral,kopral di sisni siap buat jadi jendral…….kenariku gak muni muni pak he he he he he he ….semoga berkah semuanya yang piara kenari …aminnn

  16. 24 gede 4 February 2010 at 10:02 am

    wah… sy blm bs kalo kontak langsung buyer.
    posisi sy folower disini kang…
    Boleh2, nanti sabtu deh chat atau sy tlp biar waktunya senggang…

    • 25 ahmad sofyan 5 February 2010 at 12:30 am

      sep, gpp kalau ada kesempatan kenapa gak langsung tembak aja hehe…. ada beberapa temen yang nanya kenari saya kasih rekomendasi temen-temen peternak yang saya kenal…..

  17. 26 gede 3 February 2010 at 4:05 pm

    wah kang AS ada orderan besar tuh….
    Kalo mau gabungan, sy punya kenari jantan setengah volume sekitar 25ekor.
    Yg lain gmn ??
    BTW p’ santo perlu brp ekor ??
    Hehehehe… ayo2 digabungin siapa tau cukup😀

    • 27 ahmad sofyan 4 February 2010 at 12:09 am

      Om Gede … coba hubungin langsung beliau … atau kalau om mau kerjasama sama saya juga boleh hehe….. hampir setiap hari banyak nanyain kenari hanya saya belum punya sumbernya nich om…. kalau om bisa supply saya senang sekali….

      salam

  18. 28 fendi 3 February 2010 at 2:17 pm

    top markotop ulasannya,meski saya hanya punya satu kenari heheh…

  19. 29 Santo Pekanbaru 1 February 2010 at 10:33 am

    Pak Sofyan, saya butuh kenari jantan yang sudah bunyi dalam partai banyak untuk saya jual lagi.
    Apakah bapak bisa menyediakan kenari ini..?? Tolong diinformasikan ke email saya: santo@indotruck-utama.co.id atau no HP saya di 0812 681 4972.
    Trims.

    • 30 ahmad sofyan 2 February 2010 at 1:13 am

      Pak Santo, mohon maaf saat ini saya belum bisa memenuhi keinginan Bapak…. saya belum bertemu dengan peternak besar yang siap mensupply kenari… terimakasih

      salam

  20. 31 Donny Oktavian Syah 1 February 2010 at 3:42 am

    Salam Kenal Pak…..wah tulisan menarik tentang “pangkat kopral pendapatan Jenderal”……ya kita harus semangat mencari “tambahan” rejeki berkah ya……tetap menulis dan sharing Pak…..

    Donny Oktavian
    http://www.manuverbisnis.wordpress.com

  21. 33 naruto 25 January 2010 at 11:38 am

    salam kenal…..
    seseorang yang mencoba berternak…………….
    saya setuju ommmm
    beranjak dari hobyyy jadi iseng-2 dapet ilmu dan uang
    makyosssss

    • 34 sofyan 25 January 2010 at 11:55 pm

      sep om Naruto… semoga dalam belajar ternak kenari bisa menjaga semangat sampai berhasil…. karena ternak kenari banyak tantangannya ….

      salam

  22. 35 abe 25 January 2010 at 7:47 am

    mari kita pantas kan diri kita untuk menjadi “jenderal”…..mantab bgt om….thnxs

    • 36 sofyan 25 January 2010 at 8:56 am

      wah ini tambah mantap lagi… kalau pingin jadi jendral kitanya juga harus menyiapkan diri menjadi seorang jendral yach om….. mantap…

      salam

  23. 37 yunior 25 January 2010 at 7:41 am

    saya dukung om kyknya perlu perombakan total dikandang atas om baik mengenai ventilasi, cahaya dan pengaturan posisi kandang….and hati2 nyamuk apa lagi cuaca gk bagus…

  24. 39 yunior 25 January 2010 at 1:45 am

    mantap..mantap tapi jgn lupa dukungan istri (yg punya dapur) cabuuutttttttttt….

    • 40 ahmad sofyan 25 January 2010 at 2:03 am

      haha….. jangan begitu om… sejak anak alergi debu ijin nambah kenari jadi agak sulit om …. tapi walau bagaimana tetep semangat…. semakin besar tantangannya tambah semakin semangat….

      salam

  25. 41 Slam 21 January 2010 at 3:57 am

    Hebat euy om SOfyan….

    Thanks sudah mengingatkan…🙂

  26. 42 Dony 20 January 2010 at 6:32 am

    Setuju om…….
    Minimal kita bisa berbuat untuk nambahin kebutuhan dapur kita, syukur2 bisa buat beli yg lainnya.he3x….

  27. 43 redmoz 20 January 2010 at 4:18 am

    mantabbb…OKELAH KALO BEGITU……….
    thanks om


  1. 1 Semua Akan Indah Pada Akhirnya……. | mania burung kenari Trackback on 23 April 2014 at 8:00 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: