Laporan Pandangan Mata Berburu kenari Impor

Kedatangan kenari impor merupakan waktu yang ditunggu-tungu bagi kenarimania… saya sudah sering melihat langsung bagaimana serunya berburu kenari impor di importer pada saat kedangan kenari impor …. Selama ini saya hanya datang ketika kedatangan kenari impor pada siang hari belum pernah melihat kedatangan malam-malam…. ternyata berburu kenari impor pada saat malam lebih seru dibandingkan dengan kedatangan siang hari…. Pada tanggal 22 Januari 2009 saya bersama Om Yunior sekitar jam 21.00 WIB meluncur ke lokasi importer … di tempat importer sudah ada beberapa orang kenarimania diantaranya Pak Anang dari Malang,  Heru Pramuka beberapa orang dari Bandung, menyusul Pak Nur Yogyakarta….  Berhubung ada kendala adminstrasi burung impor baru tiba sekitar jam 22.00….  Anda bisa lihat di foto bagaimana serunya desak-desakan dalam memilih kenari yang menjadi incaran….

Kenari impor yang masuk diantaranya kenari bedner, Yorkshire, gloster, lizard, waterslager , red intensive dan holland…. Untuk Yorkshire hanya masuk 93 ekor (2 box) semuanya sudah di ambil Pak Anang Malang dan Pak Nur Yogyakarta. Pada kedatangan kali ini ada kenari jenis baru namanya kenari Bedner menurut informasi kenari bedner yang kembangkan di Swis merupakan silangan Yorkshire dengan Waterslager. Kalau kenari Bedner ini benar hasil silangan Yorkshire dan Waterslager berarti termasuk kenari bagus… hanya sayang saya belum mendengar suaranya kalau body memang mirip Yorkshire hanya agak kecilan…..  Yang membuat saya bingung setiap ada kenari jenis baru akan habis di serap oleh pembeli dari Bandung… mungkin kita baru akan mendengar perkembangan kenari Bedner ini 1 atau 2 tahun kemudian… saya tidak tahu nantinya akan seperti apa …

Bay de way bas way…. Saat ini saya belum membahas kenari jenis Bedner, karena informasinya masih sedikit  jadi dari pada ngomongin yang belum jelas lebih baik ngomongin yang jelas-jelas saja ….. kalau saya perhatikan hampir seluruhnya kenarimania yang datang merupakan pedagang sangat jarang hobis murni  yang datang malam itu… yang kelihatan hobis murni Pak Nungki, om Slam, Om Tommy dan om Yunior (kalau om Yunior masih setengah-setengah hobis tetapi jualan juga hehe…)

Hasil bincang-bincang dengan beberapa pedagang rata-rata mereka jualan kenari mulai dari tahun 90-an dan berawal dari hobi memelihara kenari….  Dari cerita Bapak-bapak pedagang kenari kelas eklusif ini saya coba mengambil kesimpulan sendiri bahwa untuk mencapai keberhasilan tidak hanya didukung oleh dana yang besar tetapi ilmu dan pengalaman juga merupakan faktor penentu keberhasilan lainnya.  Mengambil Yorkshire di importir gamblingnya cukup tinggi, agar dapat harga murah pedagang harus mengambil minimal 1 box. Adapun isi 1 box sekitar 40 ekor….mengambil 1 box dapat harga 1,4 jt sehingga mereka minimal mengeluarkan uang sekitar 56 jt….  kemarin saya bincang-bincang dengan salah satu pedagang, pada bulan Desember 2009 dia mengambil 1 box Yorkshire dengan harga 56 jt…. dia jual rata-rata Rp. 2,5 juta kalau menurut hitungan logika si pedagang ini bisa untung besar karena Rp. 2,5 juta x 40 = 100 juta untungnya hampir 100 %. Tetapi kenyataannya tidak seindah yang kita bayangkan … karena ternyata Yorkshire yang diambil 40 ekor itu… 16 ekor betina dan 6 ekor mati….. kalau dihitung ulang menjadi : jantannya 18 X 2,5 juta = 45 juta sedangkan betina 16 x 1,2 juta = 19,2 juta jadi totalnya 45 juta + 19,2 juta = 64,2 juta.

Jumlah diatas itu termasuk bagus karena dia tahu penanganannya pada saat Yorkshire datang …. jika kita tidak tahu penanganannya akibatnya bisa fatal …. saya pernah denger cerita dari temen ada pengusaha yang hobis kenari, karena dia merasa berhasil ternak kenari lokal maka dia membeli Yorkshire sebanyak 2 box…. setelah sampai di rumah Yorkshirenya berguguran satu persatu, dalam jangka 2 minggu dari 80 ekor hanya tertinggal beberapa ekor….  

Dari cerita diatas kita bisa mengambil hikmahnya bahwa uang bukan faktor penentu keberhasilan ternak/jual beli Yorkshire tetapi ada faktor-faktor yang lainnya. Pengalaman merupakan salah satu faktor penentu lainnya….. Bagi pemula yang modalnya pas-pasan jangan memaksakan kehendak untuk membeli Yorkshire  dan jangan beli Yorkshire dari hasil hutang.  Sebelum membeli Yorkshire coba Anda renungkan apakah Anda sudah siap kehilangan uang sebesar 2 juta s/d 2,5 juta ?…. Beternak lah sesuai dengan kemampuan Anda, seiring berjalannya waktu tingkatkan materi ternak Anda dari hasil keuntungan ternak kenari…. Bagi hobis pemula berinvestasilah dengan waktu Anda….  sudah dulu pembahasannnya mohon maaf kalau banyak kata-kata yang rancu lagi kurang semangat menulis nich…. tetapi demi keberlanjutan komitmen saya untuk membuat 1 artikel setiap minggunya walaupun kurang semangat tetap disemangat-semangatkan hehe…..

83 Responses to “Laporan Pandangan Mata Berburu kenari Impor”


  1. 1 ados warjam 23 July 2012 at 12:41 pm

    wuaah…para senior lagi pada ngumpul nich.berguna sekali buat ilmu.!mksh bgt.

  2. 2 antok 31 March 2012 at 5:16 am

    permisi…..
    Numpang tanya…
    Ada yang tau alamat pak anang malang

    Trima ksih sebelumnya

    • 3 Bintang Feed 27 August 2012 at 6:57 pm

      numpang tanya…ada yg tau alamat p anang malang no tlpnya..
      tlg kbri gan ane mau beli ni.kebetulan lokasi saya malang.ni no tlp sy 081234311400.sebelumnya terima kasih.

  3. 4 nitha pele 11 February 2012 at 6:36 pm

    Pagii om, Saya minta alamat importir pak nur yg dijogja dimn?kl ada yg tau tlng saya di beri tahu. Thanks

  4. 5 gilamanuk 20 January 2012 at 3:54 am

    pengemar kenari baru nih… mohon petunjuk dari suhu2….

    kenari di surabaya dimana yah…. makasih

  5. 6 denny 10 February 2011 at 1:17 pm

    malam om sy denny d lampung mau tanya klo kenari jenis norwich tp yg betina sering masuk ga om? maaf nih om klo blh tau kira2 harga kisaran brapa yg betina?

    Yang sering masukin Norwich kang Gede, coba hubungi beliau mudah2an masih ada ….Alamat dan nomor HP-nya coba cari di blog ini

    Wassalam

  6. 7 yaldi 8 February 2011 at 2:15 am

    Mau nanya pak… Dimana ya alamat pedagang kenari impor ini…?

  7. 8 suprianggun 3 January 2011 at 4:08 am

    Untuk Om Gede:
    WAH, Wah…. bisa aja Om Gede ini….Saya ini anak baru belajar om….Tentu Om Gede jauh lebih berpengalaman dari pada saya, buktinya nama suhu-suhu perkenarian di Bandung aja semua sudah diketahui oleh Om Gede.Om Ook dan Om Jhoni suhu perkenarian di Bandung juga ya…. (saya ga kenal mereka om….).Saya tahu Om Y*** aja dari iklan di koran saat ia menjual kenari Holland Jerman.Mohon bimbingannya ya Om Gede yang baik hati…Bila Om Gede berkenan tolong dong BB in alamat suhu-suhu perkenarian di Bandung yang lainnya, saya mau banyak belajar dari mereka om…
    Hatur Nuhun Om Gede
    Salam

  8. 9 suprianggun 30 December 2010 at 12:17 pm

    Saya setuju dengan pendapat Om Winto. Namun menurut pendapat saya untuk mendatangkan YS dengan partai besar dengan tujuan untuk memperoleh harga yang lebih murah bukanlah perkara mudah mengingat persediaan YS di luar negeri yang terbatas.
    Ambil contoh bila kita memesan YS Jerman kepada importir sebanyak 500 ekor. Apakah importir tersebut sanggup menyediakan YS sesuai dengan permintaan kita?Hal ini saya kemukakan berdasarkan pengalaman beberapa kawan saya yang tidak kebagian jatah YS dari importir walaupun ia telah memesan jauh hari.Menurut saya hal itu terjadi karena keterbatasan stock YS di luar negri(dengan kata lain Ada Uang Belum Tentu Ada Barang).
    Bagaimana pendapat Om Gede dan Om Yunior?
    Mohon maaf bila pendapat saya salah.
    Maju terus perkenarian indonesia!!!

  9. 10 Yoga 27 December 2010 at 8:38 am

    salam kenal>>
    mohon bantuannya om>>
    ada yg tau dmn cari kenari lizard?
    saya domisili bandung..
    mohon infonya
    085721711366
    thank you

    di Bandung bisa nyari di jalan mohammad ramdhan cman alamat lengkapnya saya tidak tahu kalau tidak salah tiap tahun suka ada kenari impor, atau coba cari di pasar sukahaji…

    wassalam

  10. 11 Deni Bandung 23 November 2010 at 3:14 pm

    sebenar nya mungkin tidak susah kalo kita mau gabung beli YS dr luar dgn harga langsung dr breeder nya plus kita bisa minta pics YS yg bakal kita beli itu,jd kalo datang kita sudah tahu YS mana yg kita pesan/tidak berebut.ane cuma berharap YS bukan cuma mainan org berduit aja.setahu ane harga YS disono $ 50 ampe $125/ekor, siapa tahu yg dijual di Indo yg harga paling murah tp di jual mahal disini.
    maaf kalo kurang berkenan,

    Mudah2an kita bisa impor YS bareng-bareng om, dan saya percaya insya Allah suatu hari kalau kita berusaha apa yang kita inginkan akan tercapai… amin

    salam

    • 12 winto 30 December 2010 at 9:17 am

      Om Deni untuk import memang harga di sana mungkin seperti yang om tulis, namum prosedur import di indonesia yang cukup banyak birokrasi dan legalisasi, hal ini akan menimbulkan biaya juga..kurang lebih bisa sama dengan harga burungnya( nb: silahkan tanya pada yg berkompeten)
      ini menurut informasi yg saya dengar
      Ide untuk beli dengan partai besar cukup bagus untuk mendapatkan YS dengan harga lebih murah, saya setuju akan hal ini

  11. 13 Hary Key 13 October 2010 at 7:34 am

    Halo Om-Om di sini. Belum ada info ya mengenai Kenari YS yg mau datang? kata Ko Hendra tgl 21 Oktober akan masuk. Minggu kemaren saya ngobrol sama beliau bila beli 1 peti harga bisa 1,3. Kalo ada Om-Om yang mau beli 1 peti saya ikut gabung 4 ekor atau 2 pasang kalo boleh. Hubungi saya di 08176022868. Thx ya Om Sofyan.

    Salam
    Hary – jati asih.

    Pak Hary coba tanya om Yunior atau kang Gede, kalau tidak salah beliau-beliau pada ngambil YS banyak tuch.. cuman harganya tidak sama dengan harga Pak Hendra hehe…..

    salam

    • 14 Nanang S 25 October 2010 at 3:29 am

      Halo Om.Sofyan & Om-om semuanya, salam kenal dari Kebagusan Jak-Sel,kalo boleh saya mau ikutan beli YS juga, kalo tidak berkeberatan Mohon infonya & Contact number Om.Yunior or Kang Gede, thks

      Nanang Sutiardi
      08129685166

      coba cari di link ini om… https://burungkenari.wordpress.com/lapak

      salam

      • 15 gede 25 October 2010 at 8:40 am

        Siap kang… hapunten…

        Haturnuhun kang, informasi yang tadi tolong di tulis ulang di halaman lapak, masalahnya di FB banyak yang nanya YS ke saya, nanti jawabannya saya link ke halaman lapak kalau saya yang nulis kurang bagus bagi pengunjung yang lain hehe….. haturnuhun…

        salam

  12. 16 agus r 13 October 2010 at 3:38 am

    om om semua salam kenal saya dari jombang jawa timur,penggemar baru kenari,dan juga ingin ternak kenari,tapi ngak tau alamat yang ternak kenari dekat wilayah jombang,bagi yang punya kenari merah import info ke saya dong..serius hp.085230094987

    Kalau mencari kenari merah impor mudah om sebentar lagi pasti ada yang hubungi hehe… kalau belum ada yang nawarin bisa hubungi om Yunior atau kang Gede….

    salam

    • 17 yunior 13 October 2010 at 6:29 am

      salam kenal om agus….

      • 18 agus r 18 October 2010 at 4:45 am

        salam kenal juga om yunior terimakasih,yang tau istilah di perkenarian tolong infonya mengenai ,yang dimaksud yorksher,F1,F2,F3,F4,kenari super ,WF, dll.banyak istilah jadi asyik,maklum orang baru om,biar gak salah beli n nyebut

      • 19 oryza sativa 18 October 2010 at 6:56 am

        salam kenal om yunior, kalu spanish timbrado ada ga om trus brapaan?kalu boleh tahu alamat di mana, sekalian contact number, thx

  13. 20 nova putut 23 August 2010 at 6:00 am

    salam kenal kepada semua senior yang sudah lama berkecimpung di perkenarian.saya pemula yang baru mencoba beternak kenari di cimahi bandung.saya sangat berterima kasih atas adanya blok ini karna menambah pengetahuan saya.kebetulan saya mempunyai sepasang red intensif(dari rumah kenari-bandung)betina f1,mozaik dari koh edi di sanggar kenari.dan saya jg minta saran para senior bagusnya betina f1 saya saya kawinkan dgn jenis kenari apa?kalau dgn orange lokal bagaimana hasilnya?dan kalau ada yang tau dmn saya bisa mendapatkan mozambic betina,kalau ada pls contak saya di 085222248377.trimakasih sebelumnya.

    salam kenal om Nova, F1 betina di jodohin sama jantan yang siap kawin aja om biar cepet jodohinnya… kalau hasil anaknya seperti apa kita tidak tahu karena kenari sekarang hasil silang beberapa kali sehingga anaknya susah di tebak
    salam

  14. 21 yunior 5 August 2010 at 1:54 am

    untuk om Acil and Om gede ini forum buat cari temen bukan tempat untuk pembuktian siapa yg lebih hebat…jadi tolong dijaga forum ini..karena pengalaman saya wktu jadi moderator di Galeri kenari, dan Anismerah.com komentar2 seperti ini yg akhirnya memecah mecah kita..silahkan bersaing yg sehat tapi jangan saling menjatuhkan…

    untuk Om Sofyan saya minta maaf kalau komentar saya kurang enak didengar tapi dari dulu saya bagi saya persaudaraan itu hal yg utama jgn sampai masalah uang jadi rusak semuanya..

    sep om, terimakasih atas komentarnya… saya setuju dengan pendapat om, masalah pribadi jangan dibawa-bawa diforum seperti ini, kita semua sudah dewasa bisa menempatkan mana yang baik dan yang tidak… blog ini hanya untuk sharing, berbagi pengalaman mengenai kenari dan yang utama mencari kawan bukan lawan…

    salam

    • 22 gede 5 August 2010 at 5:46 am

      Setuju Om Yun, tp mohon maaf rasanya sy cukup dewasa utk menyelesaikan urusan sy dgn acil… bukan masalah menunjukan siapa yg lbh hebat koq Om Yun… dan Bukan masalah Uang krn sy belum pernah terlibat bisnis apapun dgn Acil Kenari… Saya tegaskan di forum ini, sy TIDAK KENAL Acil alias Go Hok Ping (dan nama2 alias lainya yg dia pergunakan) dan TIDAK PERNAH ada urusan bisnis apapun dengan Acil Kenari !

      komen sy terakhir tgl 4 April… komentar Acil tgl 4 Agustus…
      APakah ada yg salah dgn komen sy pd tgl 4 April tsb ??
      Mohon masukan dari Om – Om semua, terutama pengelola blog tercinta ini (Kang AS).

      Demikian Om, Mohon maaf jika menjadi tidak nyaman…

      Kalau menurut saya pribadi lebih baik jangan diperpanjang, saya percaya om berdua bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan baik… Dalam hal ini saya tidak bisa menentukan siapa yang benar dan siapa salah…..

      • 23 yunior 6 August 2010 at 6:28 am

        saya setuju ma om sofyan…intinya om gede ma om Acil yg tahu masalahnya and selesaikan aja dgn baik jgn sampai kasus yg di facebook melebar kesini..oke…

      • 24 yunior 6 August 2010 at 6:31 am

        memang komentar om Acil dan Om gede tidak ada Masalah tapi coba dicermati menurut saya itu mengarah provokasi..jadi tolonglah sama2 kita bangun dunia perkenarian Indonesia dgn baik..

      • 25 gede 6 August 2010 at 8:51 am

        Siap Om Yun… makasih masukannya…

      • 26 ACil 29 October 2010 at 2:14 pm

        1 kata=percuma dengan Gede
        Nama Saja Gede= Yang lain=wkwkwkwk

  15. 27 Acil 2 April 2010 at 3:07 pm

    Bantu ralat perhitungan box YS.
    1 box 40ekor, harga ambil 1,4jt x 40=56jt.
    Jual rata-rata 2,5jt, dgn asumsi (mati+betina) jadi 64,2jt, Tp tentu nggak semua kenari akan dilepas, paling sedikit 5ekor dijual dgn harga yg fantastis (jauh dari 2,5jt) alias nggak dijual/pakai sendiri (karena kualitas).

    Tentu saya beranggapan demikian karena melihat pasar terbesar kenari di jawa timur, dari ribuan kenari ‘lokal’ yang ada, hanya 10-25ekor saja yg bisa saya pilih (karena yg lain dibawah standard saya). Juga permintaan untuk luar pulau, semua inginkan harga semurah-murahnya, akibatnya barang yg demikian yg mereka dapatkan (kualitas xXx). Nggak jarang mereka harus ke jawa sendiri utk dapat kenari kualitas dengan harga yg lebih dari biasanya tentunya.

    Jika kita menengok ke belakang, dari semua peternak kenari ‘pasti’ tidak semua kenari-nya boleh kita beli, mereka selalu berasumsi “untuk pembibitan’. Disana pasti telah terjadi proses penyortiran, dimana dari 10 anakan kenari, 1disimpan untuk bibit baru, sisanya dilepas/dijual.
    Hal itu juga terjadi pada saat burung tiba di pasar, disortir lagi. Yg bagus dibedakan dgn harga yg berbeda pula. semakin sortiran akhir, maka makin murah harga burungnya, juga kualitasnya.
    Hal itu tentunya juga tidak jauh berbeda dengan burung-burung impoprt yang datang ke indonesia, mereka (breeder/penjual) rela berebut (dari malam/tunggu lama) demi mendapatkan burung yang belum sortiran (sesudah disortir dari breeder luar tentunya). Dari 40ekor (1box) tentu nggak semua mereka jual, dari mereka terjadi penyortiran, sisa dijual. lalu diambil oleh orang lain lagi dan disortir lagi, Lanjut terus hingga kadang kita juga bisa mendapatkan kenari ring importdengan harga dibawah modal (1,4jt) karena penyortiran yang ke sekian kalinya.
    Semoga bermanfaat bagi yang lain dan mohon maaf jika ada yang salah.
    terima kasih
    Acil-kenari bird farm-surabaya

    • 28 gede 4 April 2010 at 1:50 pm

      Hallo Om Acil… Hehehe… udah mulai main KN Import ?? wuah berarti KN nya udah ada yg borong ya… Selamat… Selamat… BTW menurut Om Acil, kriteria YS yg bagus seperti apa ? Standard Om Acil nampaknya “high class”😀 sampe-sampe dari ribuan KN lokal yg ada di Jawa Timur cuma 10-25 Ekor aja yg terpilih… wuihhh dahsyat… Mohon Penjelasan kriteria KN yg “BAGUS” menurut Om Acil… silahkan Om dilanjut…

    • 31 bay 24 July 2010 at 1:40 am

      om acil kalo blh taw lokasi ternaknya dmn ? kbtulan saya di daerah waru. pgn maen2 k rmh blh ? brg kali az ad yg boleh dimahar.

  16. 32 Faizal 25 March 2010 at 8:13 am

    Salam kenal om2 semua..
    wah muantap bgt.. beruntung dah bisa baca artikelnya om sofyan..
    sebenarnya saya juga pgn ternak om.. tapi cari indukan yg F1 ato F2 aja deh.. kemahalan klo YS..
    kira2 om sofyan punya kenalan g y yg jual F1 ato F2 yang siap produksi.. just info saya domisili di surabaya om..
    matur nuwun…

    • 33 ahmad sofyan 25 March 2010 at 9:16 am

      Terimakasih om sudah berkenan mampir ke blog saya… untuk saat ini saya belum punya F1YS atau F2YS, barangkali temen-temen ada yang bisa bantu om Faizal…

      salam

  17. 34 PONARI 20 March 2010 at 9:16 am

    blog yang mantap, salut

  18. 36 amega 22 February 2010 at 7:34 am

    salut mas buat dedikasinya di perburungan…
    smoga sukses

  19. 37 wiwid suparno 20 February 2010 at 8:55 am

    assalamualaikum,,
    lam kenal om,, saya baru belajar pelihara kenari, karena fisiknya yang lucu disamping suaranya indah,, saya mau tanya om. saat penjemuran yang ideal menurut beberapa artikel yang saya baca kan saat pagi antara jam 7 – jam 10. tapi ketika kondisi cuaca mendung atau hujan, dan baru mungkin untuk dijemur diatas jam 12 siang apakah punya pengaruh buruk buat kenari sendiri. lalu ketika penjemuran sebaiknya diberikan minum saja atau makan dan minum diberikan sesaat setelh penjemuran. karena saya denger pemberikan makan dan ato minum saat penjemuran bisa bkin suara kenari serak..

    terima kasih,, sharing nya om..

    • 38 ahmad sofyan 22 February 2010 at 1:05 am

      om Wiwid penjemuran mulai jam 7 s/d jam 10 itu pada kondisi normal(musim kemarau) tetapi jika musim hujan ya pada saat ada sinar matahari langsung jemur hanya dalam kondisi ini jangan terlalu lama cukup 30 menit yang penting kejemur… yang membuat serak itu bukan minuman atau makanan tetapi virus (sumber penyakit) kalau menurut saya pada saat jemur tidak diberi makan & minum justru bahaya takutnya lupa ngga ngasih minum bisa mati atau kenari mencari makanan di dasar sangkar yang merupakan makanan kotor karena tercampur kotoran kenari ….

      salam

  20. 39 sofyan 16 February 2010 at 12:08 am

    salam kenal om Dendi… kenari supaya gacor terus … stamina & kesehatannya harus tetap dipelihara, makannya terjamin, multivitamin diberikan secara periodik jangan lupa mandi dan jemur kalau ada waktu setiap pagi…. jemurnya jangan terlalu lama cukup 1 jam… kalau kesehatannya terawat kenari akan gacor terus sampai waktunya ganti bulu (mabung) ….

    salam

  21. 41 dendi 15 February 2010 at 2:52 pm

    salam kenal om..sy br punya kenari warna kuning yg sudah gacor. pengen belajar dr om. gmn supaya kenari sy bs konsisten gacornya srtiap hr??..n berapa lama kenari itu bisa gacor (minggu / bln)..?.. maksih om..

  22. 42 sofyan 15 February 2010 at 12:04 am

    suplemen gacor dan stamina memang ada bisa dibeli pasar burung atau kios penjual makanan burung…. kalau masalah membuat gacor atau tidaknya saya kurang begitu pasti karena saya juga jarang menggunakan…..

  23. 43 gunturmilan 13 February 2010 at 9:03 am

    sore om sofyan ….
    saya pernah baca artikel,katanya ada suplemen gacor n jamu stamina kata yang punya kenari(yg pake obat tersebut)terbukti bisa gacor om……
    1.apakah bener om ada dan bisa gacor ?
    2.kalo ada belinya dimana ya ?

    terimakasih mohon bantuan rekan rekan semua….

  24. 44 ahmad sofyan 12 February 2010 at 12:59 am

    Salam kenal om Rudi, setelah diperhatikan kenari tidak terlalu senang sinar matahari langsung kecuali sinar matahari pagi-pagi sampai jam 8.00 lebih dari itu kenari tidak tahan, untuk itu coba perhatikan lagi peletakan kandangnya jangan sampai terkena sinar matahari langsung sampai siang hari… demikian semoga membantu…

    salam

  25. 45 rudi tobing 11 February 2010 at 4:12 pm

    salam kenal om sy jg mau belajar om sy punya kenari f2 dan lokal 2pasang om kandang sy trh diatas memanfaatkan lhn sinar matahari msk karna pake genteng kaca om,apakah cocok om karna dkt dgn plafon rmh (genteng)

  26. 46 Deni 10 February 2010 at 5:29 pm

    Wah…wah… ada kerjasama ? Boleh banget tuh idenya. Sy yg pemula diajak donk. Meskipun sy baru punya sepasang indukan Kenari Merah, tp semangat sy membara. Meskipun lokasi yg sy siapkan kecil, tp untuk nampung 30 – 40 pasang mah muat kali.
    Betul Om, sy setuju dg pernyataan Om, tiap orang memiliki keahlian berbeda. Termasuk sy mungkin, begitu bersemangat beternak tp belum ada gambaran tuk jualannya….lagian baru juga punya sepasang, dah bingung mikirin jualannya… he…he. Makasih ya Om atas segalanya.

  27. 47 gunturmilan 7 February 2010 at 8:09 am

    ass..wr wb pak sofyan…
    mohon bantuan saya punya kenari baru beli di pramuka kata [edagang bapaknya juara karena ada gelangnya warn orange….3 hari setelah beli ngriwik pak …tapi pas saya jemur jatuh kandang setelah itu diam membisu kayak orang bisu dalesu…mohon bantuannya pak apa yang harus saya lakukan supaya cepat gacor minimal bunyi pak…..

    mohon bantuan juga dr senior senior,…..trimakasih wasalam…….

    • 48 ahmad sofyan 8 February 2010 at 12:17 am

      Waalaikumslm Pak Guntur …. mengenai kenari yang jatuh itu stress berat Pak …. kalau dirawat dengan baik insya Allah akan kembali sehat … untuk saat ini kenari dikerodong sampai kondisinya membaik jangan di jemur cukup diangin-anginkan (kerodong dibuka sebentar) …. diberi multivitamin 2x seminggu diteteskan ke air minumnya, selama seminggu diberi obat anti stress (banyak di kios penjual makanan burung/pasar burung), makanan yang biasa diberikan, telur dan hijauan (sawi atau sayuran lainnya) diberikan secara bergantian…. demikian semoga bermanfaat….barangkali temen-temen yang lain bisa menambahkan

      salam

  28. 49 gunturmilan 7 February 2010 at 8:03 am

    salam kenal semua pecinta kenari senang rasany bisa kenal bapak bapak emua,saya selalu baca tulisan om sofan menarik enak dibaca dan yang pasti ilmunya sangat berguna buat saya yang baru sebulan piara kenari ….semoga pertemanan kita semua abadi….saya setuju dengan pemikiran pak sofyan mengenai menyatukan dan punya komunitas pecinta kenari baik yang hanya hobi atau peternak…

    semoga saya makin pinter n nambah ngerti tentang kenari…buat pak sofyan dan bapak bapak lainya(yg prof di kenary)trimakasih……

    • 50 ahmad sofyan 8 February 2010 at 12:21 am

      Baik Pak, jangan hanya merawat Pak … coba ternak juga … selain memberikan kesempatan pada kenari untuk menyalurkan biologisnya juga mudah-mudahan bisa membantu tuannya untuk menambah segenggam atau 2 genggam mutiara hehe…. Insya Allah suatu saat terbentuk komunitas pengusaha peternak kenari hehe….

      salam

  29. 51 andry sianipar 2 February 2010 at 3:30 am

    Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    menarik sekali artikel anda…
    saya akan coba memahami lebih lanjut..
    sukses untuk Anda…

  30. 53 yunior 31 January 2010 at 10:50 am

    ide muantap ayo2 tinggal action…….

  31. 54 gede 29 January 2010 at 8:39 am

    Waaah… ikut prihatin dgn bencana tikus…
    untunglah pak Yus dan Pak Eko memberi wejangan yg muantafff pd sy mengenai penempatan dan tipe sangkar yg “Harus” digunakan (Jeruji Besi+ triplex Melamin) kapur anti semut, sangkar dan “resep” pakan jg sy dptkan sebagai bonus dr mereka… Terima Kasih semoga menambah database ilmu ternak kenari…

    Have a Nice Week end… ( Bergegas pulang krn terbayang kenari2 cantik yg selalu menawan hati… senangnya punya Kenari😡 )

  32. 56 si-Jiy 29 January 2010 at 7:18 am

    Waaahh … Luar Biasa
    Lama nggak sempat nimbrung di blognya Om AS, semakin ramai saja.
    Sepertinya ada isue besar nih …🙂

    2 minggu yang lalu, terserang hama tikus nih Om, maklum rumah masih dekat area persawahan. Alhamdulillah 2 pasang indukan terselamatkan, karena menggunakan kandang kawat. Lumayan shock, nggak biasanya ada tikus di sekitar rumah, kok bisa-bisanya ada di teras belakang, bahkan membantai beberapa kenari yang aku gantung di dalam ruangan. Untuk hanya tikus, bukan ular yang kadang masih terlihat di persawahan.

    Salam Sukses

    • 57 ahmad sofyan 29 January 2010 at 7:24 am

      Turut prihatin om Si-Jiy, kenari saya juga semalam di bantai tikus… untung tikus ngga serakus orang …. dari 3 ekor hanya 1 ekor yang dimakan tapi tikusnya pinter nyari kenari yang paling bagus….

      salam

  33. 58 made parta 29 January 2010 at 5:45 am

    wah..mantap.. ulasannya om..

    Saya ada ide, bagaimana kalau barter/jual-beli kenari bisa seperti web Kicau mania omm..
    jadi bila ada breeder yang kebingungan ngejualin burung kenarinya bisa lewat web ini om, dan pemasarannya bisa seluruh negeri..hehehehe…

  34. 60 gede 29 January 2010 at 1:41 am

    Oh gitu. Hehehe… sy baru mau mulai breeding, sudah dpt Bibit dari Pak Yusman dan Pak Eko yg kedua-duanya berdomisili Cimahi. Selain itu, sy jg ngambil Bibit dari Koh Edi di Istana Kenari. Sy siap masuk group nya Kang Sofyan. Keep in Touch ya…

    Trims

    • 61 ahmad sofyan 29 January 2010 at 1:47 am

      wah mantap…. pantesan saya tanya ke Pak Yusman katanya kenari merahnya habis ada yang borong hehe…. selamat datang di dunia peternakan kenari om… berdasarkan pengalaman tiap orang mempunyai keahlian masing-masing ada yang jago ternak tetapi susah masarinnya, ada yang jago jualan tetapi tidak sabar dalam beternak dan lain-lainnya…. berlatar belakang hal tersebut saya ingin menggabungkan hobis kenari menjadi satu komunitas sehingga bisa saling mengisi…. demikian om …..

      salam

      • 62 rudi tobing 11 February 2010 at 4:03 pm

        setuju om sofyan sy jg br kena phk dan sy mau ternak kenari lg om,sy mau tanya om alamat pak yusman dan pak eko cimahi sy tinggal di bandung

  35. 63 sofyan 28 January 2010 at 11:55 pm

    betul om… mudah-mudahan bisa terbentuk secepatnya….

  36. 64 sofyan 28 January 2010 at 11:52 pm

    syukur kalau sudah Pak Eko… dapat kenari apa aja dari Pak Eko…?? contact person-nya ya Pak Hendra om ….hehe…. mohon maaf saya tidak punya no. telepon Pak Hendra …berhubung rumah saya deket pramuka jadi lebih banyak ngobrol face to face di kiosnua saya tidak pernah hubungi beliau lewat telepon…

    salam

  37. 65 adi 28 January 2010 at 12:48 pm

    haloo om sofyan apa kabar?
    kemarin saya sudah kontak pak eko cimahi ya lumayan bisa kenalan dengan beliau .
    om sofyan saya mau tanya apakah koh hendra itu yang punya kios di pasr pramuka jika ya boleh tau kontak persen ya tk

  38. 66 toheng 28 January 2010 at 12:37 pm

    Setuju deh om, bagusnya sih pake sistem perorang tapi bentuk ikatan, artinya piara di tempat masing-masing, adakan pertemuan bersama untuk membahas banyak hal bersama..istilah kerennya kita ternak kenari sistem Cluster lah he he he

    • 67 sofyan 28 January 2010 at 11:54 pm

      sip, ide bagus om …Anggota dari bengkulu juga harus datang yach ..??? hehe…. (eh… om Toheng bener yach dari bengkulu ?? hehe….)

  39. 68 ahmad sofyan 28 January 2010 at 8:24 am

    Pak Gede… wah tanahnya luas banget Pak bisa ternak ribuan ekor hehe… untuk saat ini rencananya sich bukan ternak bersama di satu lokasi tetapi ternaknya ditempat masing-masing, saya melihat pengunjung disini sebagian besar karyawan dan mahasiswa …. bagi karyawan atau mahasiswa waktu untuk mengelola peternakannya sedikit sehingga kalau jumlah kenari kebanyakan akan merepotkan, saya rasa yang ideal sekitar 10 kandang ternak perorang. Jika ada 30 orang yang ternak dengan 10 kandang ternak akan menjadi 300 kandang ternak …. kan lumayan sebulan minimal bisa menghasilkan 300 ekor…. anaknya di tampung di koordinator nantinya di sebar ke pedagang di daerah Jabotabek… dengan bersatu bergainingnya bisa kuat Pak, ngga bisa ditekan oleh tengkulak … tapi itu baru tahap mimpi saat ini saya masih mencari polanya mudah-mudahan bisa terwujud … amin….

    • 69 Dony 28 January 2010 at 9:31 am

      Setuju om…
      Kl temen ada yg punya indukan bagus & berlebih bisa saling tukar menukar indukan..he3x..

    • 70 rudi tobing 11 February 2010 at 3:57 pm

      om sy pemula dulu sy ternak kenari lokal 4kandang karna sy kerja sy borongin sama pedang,sy setuju om klo kt sistem gabung salinh membantu untuk beternak kenari ys dan sy jg lg mau mulai lg dgn f2 sepasang

  40. 71 Dony 28 January 2010 at 6:41 am

    Kok ga ajak2…he3x..
    Hari sabtunya aku ke koh hendra.. dah ludes ga t ersisa. Yg ada kenari gede tp ada jambulnya. ga tau tuh jenis apa. Ada jg WS sertifikat atau yg non (ga tau bedanya apa…). S4 masuk ke dlam umbaran kamar….heran karena br pertama kali masuk kesana…he3x..
    Pantesan cr YS susahnya minta ampun……………………
    Tp tetep semangat kok…
    Rcn mau ke om Tommy mau ngawinin F1 aja ah……..

    • 72 ahmad sofyan 28 January 2010 at 6:55 am

      Takut mengganggu om, kami jalannya malam… disana ketemu om Slam, Pak Nungki, om Yunior dan om Tommy …. walaupun datang malam-malam juga sama ngga kebagian om… diborong pak Anang Malang dan Pak Nur Jogja … kalau jambul badan mirip Yorkshire namanya lanchasire biasa disebut LS, kalau gede tetapi badannya bulet2 namanya norwich….. wah mantap nich mau kerjasama dengan om Tommy….

      salam

      • 73 Dony 28 January 2010 at 7:34 am

        wakakakakak…habis mau beli YS dah mahal barang langka lagi. Sempat sms ama om Tommy, dia bilang py YS siap kawin cm betinanya blm siap. Pas banget….f1 ane kl ada kenari bunyi lgsg pasang badan minta kawin. Makanya om Tommy nawarin kawinin aja ama YS dia.. Cm blm sempat aja ke rumah dia om..he3x..

      • 74 yunior 31 January 2010 at 10:49 am

        mantap2 YS om tomy ngambil dari saya burung agresif and muantap..he..he

  41. 75 Dony 28 January 2010 at 6:40 am

    Kok ga ajak2…he3x..
    Hari sabtunya aku ke koh hendra.. dah ludes ga t ersisa. Yg ada kenari gede tp ada jambulnya. ga tau tuh jenis apa. Ada jg WS sertifikat atau yg non (ga tau bedanya apa…). S4 masuk ke dlam umbaran kamar….heran karena br pertama kali masuk kesana…he3x..
    Pantesan cr YS susahnya minta ampun……….

  42. 76 gede 28 January 2010 at 3:00 am

    Hatur Nuhun Kang…

  43. 77 sofyan 28 January 2010 at 12:17 am

    om gede biar lengkap ini ada artikel tentang ST selamat menikmati ……https://burungkenari.wordpress.com/2009/06/23/spanish-timbrado-canary

  44. 78 gede 27 January 2010 at 11:21 am

    Hallo semua…
    Bicara tentang kenari import, sy punya pertanyaan ttg Spanish Timbrado !
    Apasih spansh timbrado ? Ciri-ciri ? Apakah sudah ada yg ternak di Indonesia ?
    Mohon Pencerahan….
    Trims…

  45. 79 Slam 27 January 2010 at 10:10 am

    Waah,…terima kasih ulasan nya om Sofyan… sayang gambar nya kurang jelas, karena gelap…tapi gpp, yg penting seru…he3x..

    Ternyata penggila kenari import emang bener2 ‘gila’ yaa..he3x…
    Sampai2 jam 10 malem masih aja nungguin kenari import dateng…

    mudah2 an dengan sering nya ulasan mengenai kenari2, dan ternak kenari import di blog nya om Sofyan ini di kemudian hari Indonesia bisa memproduksi sendiri kenari Yorkshire ‘made in Indonesia’…. jadi kita gak usah repot2 lagi impor, dan keluar duit banyak…🙂

    • 80 sofyan 28 January 2010 at 12:14 am

      Iya om… kemarin kemana saya cari-cari kok ngga ada ….. langsung menghilang aja hehe…. sama Pak Nungki cuman ngobrol sebentar… habis penasaran banget sama bedner ….. hehe…..

      Insya Allah kita bisa produksi sendiri ….. hanya kalau saya perhatikan Yorkshire hanya dikuasa beberapa gelintir orang saja, hanya dikuasa hobis kaya dan yang bener-bener fokus… memang untuk bisnis Yorkshire membutuhkan dana yang cukup besar minimal 60 juta.
      Tetapi dengan kebersamaan insya Allah kita bisa membangun peternakan bersama sehingga resiko dan keuntungan ditanggung bersama…. saya sedang memikirkan bagaimana kita ternak bersama dan belajar bersama….. kalau saya perhatikan pengunjung blog ini hampir 50.000 pengunjung dan setiap hari minimal 300 pengunjung yang dengan rajin membaca blog ini… saya rasa ini kekuatan yang luar biasa kalau diarahkan dengan baik…. nanti kita pikirkan kedepannya untuk saat ini peliharalah kenari kesayangan kita sebaik-baiknya hehe….

  46. 81 yunior 27 January 2010 at 2:07 am

    mantap om ulasannya he..he kemarin waktu pak anang yg pertama ngambil saya yg kasih cairan infus jadi burung seger and tidak dehidrasi tetapi setelah dimalang kyknya burung belum bisa adaptasi hingga mati 6 ekor menurut beliau karena tuh YS dipaksa untuk makan biji2an lokal…

    • 82 ahmad sofyan 27 January 2010 at 3:07 am

      Nach ilmu-ilmu yang begini om yang ngga ada pelajaran formalnya…. ketemu ilmu seperti ini berdasarkan pengalaman…. cuman kita tidak harus trial and error agar dapat pengalaman… pengalaman itu tidak harus dialami tetapi bisa mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain …. lanjut….

      salam

    • 83 Dedy_Utomo 27 January 2010 at 6:48 am

      Wah…baru tahu kalau kenari juga bisa diinfus segala biar nggak dehidrasi….jadi tambah ilmu lagi nih..he he he


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: