Ternak Kenari (pentingnya pencatatan silsilah)

Saya punya cerita lucu mengenai genetika alkisah di suatu daerah ada seorang pria ilmuwan yang sangat pintar berbagai bidang ilmu dia kuasa(kemampuannya sekelas Albert Einstein dech hehe….) hanya sayang wajahnya jeleknya minta ampun. Di daerah tetangganya ada seorang perempuan yang sangat cantik putri Indonesia sich lewat hehe…..  hanya sayangnya mempunyai IQ yang rendah ….  kedua kepala daerah  berunding untuk menjodohkan si ilmuwan dengan wanita cantik dengan harapan ingin memperbaiki keturunan kedua daerah tersebut dimana harapannya bisa menghasilkan warga yang ganteng atau cantik seperti Ibunya dengan kepintaran seperti Bapaknya… akhirnya terjadilah perkawinan akbar si ilmuwan kawin dengan si perempuan cantik…. singkat cerita si istri hamil kedua kepala daerah sangat gembira mereka sudah menyiapkan prasana untuk menyongsong kelahiran anak pertama…. akhirnya waktu yang di tunggu-tunggu tiba lahirlah anak yang dinanti-nanti hanya sayang seribu sayang apa yang diharapkan tidak sesuai dengan kenyataan, anak yang dilahirkan itu sangat mirip bapaknya dan hasil psikotest IQ-nya ngikutin ke Ibunya.

Ilustrasi diatas sering kita alami waktu menjodohkan kenari, kita menjodohkan kenari A dengan kenari B harapannya anaknya mengambil sifat unggul dari kedua individu tetapi kenyataan malah sebaliknya…. kenapa bisa kejadian seperti diatas ??….Kejadian diatas terjadi karena kita sebagai peternak tidak rajin mencatat silsilah induknya. Peternak tidak tahu track record induk dari kenari A dan kenari B…. Dalam menjodohkan kenari peternak tidak hanya melihat kualitas dari individu kenari yang akan di jodohkan, kualitas individu diatasnya (ibu dan bapaknya) juga harus jelas… peternak harus menelusuri kualitas dari kakek maupun neneknya kenari yang akan di jodohkan….

Kalau saya perhatikan peternakan kenari di Indonesia lain dengan peternak kenari di luar negeri, diluar negeri sana peternak kenari sangat teliti segala kegiatan di catat dengan detail. Kualitas kenari baik kelebihan dan kekurangannya di catat dengan detail. Sehingga pada saat mengawin silangkan kedua kenari hasilnya (anaknya) setidaknya tidak terlalu jauh dari apa yang kita harapkan.

Dalam dunia peternakan kita mengenal yang namanya ilmu pemuliaan atau ilmu terapan biologi lebih khusus lagi bidang genetika, dimana ilmu genetika ini bisa membantu meningkatkan kualitas hasil peternakan, tetapi ilmu genetika ini harus didukung oleh ketelitian dan kerajinan si peternak dalam mencatat setiap hasil yang didapat. Karena genetika dalam pemulian ternak berhubungan dengan probabilitas dalam ilmu statistik…. (maaf kalau salah maklum orang teknik ngomongin biologi hehe…)

Ilmu Genetika ini mempelajari berbagai aspek yang menyangkut pewarisan sifat (hereditas) dan variasi sifat pada organisme maupun suborganisme. Dalam individu kenari terdapat Fenotip atau karakteristik individu kenari yang dapat dilihat secara kasat mata dan terukur contohnya warna bulu, kualitas suara dll. Selain Fenotif juga di kenal genotip atau biasa dikenal dengan gen, gen ini merupakan sifat yang di turunkan dari induk jantan maupun induk betina. Untuk mengetahui gen setiap individu agak sulit…

Kalau kita ingin mendalami banget mengenai genetika ini sangat bagus tetapi kalau tidak mau mendalami juga tidak apa-apa hanya sebagai penggantinya Anda harus mencatat setiap kenari yang menetas…. kalau bisa mencatat sedetil-detilnya…. sehingga kita bisa membaca karakteristik anakan yang di hasilkan dari setiap indukannya…. Dengan mencatatnya kita bisa menelusuri kelebihan dari setiap individu…. sehingga pada saat menjodohkan si peternak dapat mengisi kekurangan individu ini dengan kelebihan dari individu yang lainnya… Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan induk kenari pada saat ternak nanti hasilnya tidak terlalu menyimpang.

Semua kegiatan diatas membutuhkan kesabaran dan ketelatenan sipeternak. Sebagai peternak kita tidak bisa mendelegasikan ke asisten kita untuk mencatat dan mengurus semua detil perawatan kenari…  untuk itu dalam beternak kenari peternak harus tahu kapasitas atau kemampuan dia dalam mengelola peternakannya…. lebih baik beternak sedikit dengan kualitas bagus dari pada ternak banyak tetapi acak-acakan hehe….

57 Responses to “Ternak Kenari (pentingnya pencatatan silsilah)”


  1. 1 Rofiki 19 June 2013 at 3:28 am

    Om, canary breeding record di atas ada yang versi bahasa indonesianya?

  2. 2 Ries Net 5 January 2012 at 4:07 pm

    maaf om sofyan saya punya kenari orange 2 ekor yang satu ada yanyg sebut kenari merah , bingung om padahal warnanya sama orange untuk membedakannya dilihat dari apanya om ,hatur nuhun

  3. 3 Ries Net 5 January 2012 at 4:02 pm

    salam kenal om sofyan dgn orang cianjur , sering baca blog om sofyan saran dan nasehatnya mantap mantap ,pertama punya dua ekor kenari orange pasbaca blog ini jadi ada 7 ekor jadi mau belajar ternak .

  4. 4 erwin 10 March 2011 at 1:26 pm

    malem om,
    maaf mau nanya saya punya indukan setelah indukan mengerami 2 minggu tidak menetas telur saya buang, setelah itu indukan ngurak lebih 2 bulan sampai sekarang kok belum birahi ya ? catatan bulu sudah penuh + telur 2 sekali + penjemuran 2 jm/hari

    coba cari di link ini om https://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

    Wassalam

  5. 5 Suharyono 10 March 2011 at 5:27 am

    kalau kenari yang sudah bunyi apa bisa dimaster om

  6. 6 mahadikurniawan 29 January 2011 at 12:29 pm

    slam kenal dari solo,saya slalu ikuti blog ini,sangat membantu saya yang pemula,makacih om.

    Saya turut senang kalau blog ini bisa bermanfaat buat om….

    Wassalam

  7. 7 Wahyu Purwadi 12 August 2010 at 3:51 am

    Salam Kenal….
    Kebetulan Saya lagi pengin ngembangin peternakan kenari Bapak saya di kampung. Selama ini indukan yang dipake baru Lokal atau F1. Kalau pengin cari Indukan YS Kang Ahmad ada referensi nggak ?
    Terima kasih..

  8. 8 heru hudaya 19 June 2010 at 6:55 pm

    Multivitamin apa yang bagus untuk kenari?
    dan mudah ga untuk mencariya atau didapat?
    Mohon saran dan pendapatnya?

    salam

  9. 9 heru hudaya 16 June 2010 at 4:08 pm

    om, perawatan yang baik disaat musim hujan bagaimana?
    dan juga eks food nya?
    mohon saran dan pendapatnya….
    salam

    • 10 sofyan 17 June 2010 at 12:20 am

      perawatan biasa saja hanya penempatan kenari diusahakan di tempat yang terlindungi dari terpaan angin dan hujan, EF dan pakannnya sperti biasa hanya multivitamin di tambah periodik pemberiannya biasanya 1 X seminggu menjadi 2 X seminggu…. yang utama kebersihan kandang harus lebih diperhatikan, karena sumber penyakit berasal dari lingkungan yang kotor….

      salam

  10. 11 Yohanes Haryanto 14 June 2010 at 10:17 am

    Om minta pertimbangan untuk penggunaan Ring buat anakan kenari
    yang diprint pakai laser atau yang dicetak / dipunch hurufnya yaa?
    thanks

  11. 12 heru hudaya 13 June 2010 at 12:20 pm

    Salam kenal.
    Um apa burung kenari bisa ngerekam suara perkutut, soalnya tetangga saya banyak yang melihara perkutut..
    mohon saran dan pendapatnya?

    • 13 sofyan 14 June 2010 at 12:35 am

      Waduh saya belum pernah denger ada orang master pakai perkutut hehe…. lucu kali yach kalau ada kenari suaranya full perkutut hehe…. mohon maaf saya belum bisa sharing om….

      salam

  12. 14 heru hudaya 8 June 2010 at 12:19 pm

    um kenari saya kakinya bengkak, ga bisa lincah and ga mau bunyi,
    pake obatnya apa and bagaimana cara mengatasinya?
    mohon saran dan pendapatnya???

    • 15 ahmad sofyan 8 June 2010 at 12:27 pm

      coba dikasih garamicyn om, oleskan cream garamicyn ke lukanya… mudah2an bisa membantu, selain diobatin …. sangkar, tangkringan dan tempat makan & minum dibersihkan…

      salam

  13. 16 yunior 31 May 2010 at 1:37 am

    menurut saya umur 1.5 tahun om karena umur segitu karakter dah lebih matang and tenang…

  14. 17 heru hudaya 29 May 2010 at 4:27 pm

    Usia berapa tahun yang matang untuk mengikuti kontes?
    mohon saran dan pendapatnya

  15. 18 Yohanes Haryanto 24 May 2010 at 8:01 am

    Ok Om thanks atas motivasinya

  16. 19 Yohanes Haryanto 23 May 2010 at 9:05 am

    Om kenari jantan dan betina saya pisah kalau di beri sekat penutup yang betina “Cuit-cuit” dan yang jantan gelisah nabrak jeruji, tapi kalau dibuka penutupnya tenang lagi, yang betina kadang sudah bawa potongan serat nanas yang dibawah, pernah saya satukan setiap mau dikawini yang betina kabur dan diuber-uber yang jantan sudah beberapa kali sepertinya yang jantan ngajak untuk kesarang dan betinanya seperti mengerami telur disarang.. tapi ketika aku lihat belum bertelur juga Om,.. nah Om maklum pemula banget nih mesti diapakan kenari saya ini

    • 20 sofyan 24 May 2010 at 12:08 am

      belum saatnya aja kali om… kalau sudah kebelet bertelor juga insya Allah bertelor… keberhasilan beternak hanya sabar dan ulet … semoga sukses beternaknya om….

      salam

  17. 21 heru hudaya 22 May 2010 at 2:58 pm

    Apa bedanya doping dengan multi vitamin?
    Dan apakah dua-duanya baik untuk burung atau tidak?
    Lantas vitamin/doping apa yang baik untuk burung kenari?
    mohon saran dan pendapatnya?

    • 22 sofyan 24 May 2010 at 12:04 am

      Pembahasannya cukup panjang dan bisa menjadi perdebatan jadi saya singkat aja yach om hehe… Beda doping dan multivitamin… Doping untuk meningkatkan stamina burung sehingga burung merasa kondisinya sempurna sedangkan multivitamin fungsinya untuk melengkapi kekurangan beberapa Vitamin yang tidak didapatkan dari pakan yang diberikan setiap hari.

      salam

  18. 23 heru hudaya 28 April 2010 at 9:27 am

    lam kenal..
    Om Ahmad, saya heru domisili cirebon, saya punya burung kenari 2 ekor, kenapa yang tadinya rajin bunyi kok sekarang berhenti (dua-duanya).
    mohon saran dan pendapatnya.

    • 24 ahmad sofyan 29 April 2010 at 1:02 am

      coba perhatikan lagi pola perawatannya, atau coba perhatikan di dalam sangkar apakah banyak bulu yang lepas… kalau banyak bulu yang lepas berarti kenarinya mabung om….

      salam

      • 25 heru hudaya 29 April 2010 at 4:31 pm

        Apakah unsur kegemukan bisa mengurangi bunyi?
        dan bagaimana cara mengatur makanan, biar tetap stabil
        mohon saran dan pendapatnya.
        makasih om..

      • 26 ahmad sofyan 30 April 2010 at 12:33 am

        Kegemukan bukan saja mengurangi bunyi tetapi bisa menyebabkan kematian saya pernah mengalami kejadian ada kenari dalam kondisi sehat dan gemuk tiba-tiba mati…untuk perawatan harian kenari agar tidak gendut yaitu pakannya di takar cukup untuk 1 hari (1 sendok makan) perhari, perbanyak buah/sayuran dan tempatkan di kandang yang cukup besar insya Allah dengan pola makan yang baik dan sangkar besar kenarinya akan sehat, btw jangan lupa tuannya juga harus memperhatikan kesehatannya hehe…..

        salam sehat

  19. 27 achmad depok 9 April 2010 at 8:07 am

    salam kenal om sofyan…..
    seluruh tulisan di web ini sangat-sangat membangun, terutama bagi yang mau belajar ternak kenari seperti saya,
    mudah-mudahan om sofyan tidak bosan memberikan penjelaskan dan solusinya seputar ternak kenari…

    • 28 ahmad sofyan 12 April 2010 at 12:55 am

      insya Allah saya berusaha mempertahankan semangat saya dalam menulis di blog ini, saya juga berharap temen-temen tidak bosan untuk mengunjungi blog ini…

      salam

  20. 29 Aries 20 March 2010 at 10:49 am

    Mo ikut sharing om sofyan. Kmrn aku ditawari kenari wrna merah ama tetangga,klo dilihat dr warnanya sih emang muuantab,merah menyala & rata.dia bilang itu kenari asli import dan ada ring nya tp suaranya kok jelek masih bagusan suara kenari lokal.aq mo nanya 1. Apakah ada ciri2 khusus yg menandakan kenari itu masih asli import ato sdh silangan lokal. 2. Apakah warna merah pd kenari import akan pudar bila diternak disini. Mohon petunjuknya om..lebih baik tau dulu sblm ketipu ! he..he..he…B-)

    • 30 sofyan 22 March 2010 at 12:47 am

      1. keaslian kenari impor atau bukan bisa di lihat dari ringnya … walaupun kadang-kadang ada peternak yang iseng ring kenari import mati di pakai buat kenari lain…
      2. Kenari merah impor sebagian besar menggunakan pakan yang mengandung figmen (pewarna merah) ketika pada saat kenari mabung tidak diberi pakan yang mengandung figmen, warna asli akan keluar dan sebagian besar warna aslinya kuning … demikian

      salam

  21. 31 alir 12 March 2010 at 3:49 pm

    salam kenal bang sofyan. saya sering ikutan nimbrung disini dan kali ini ikutan ngoceh seadanya.
    pasangan kenari saya blm nelor walau sdh disatukan dlm 1 kandang slma 1 minggu dan karena gagal dipisah lagi selama 10 hr. dlm penyatuan 1 kandang ke2xnya, dihari ke8 alhamdulillah berhsl nelor yg pertama sekalipun diluar sarang/tmpt nelor dan saya masukkan dlm sarang/tmpt nelor, hr 10 nelor lagi dlm sarang/tmpt dan langsung ngeram.
    tanya bang sofyan, klo sarang/tmpt nelornya diganti boleh gak ? krn 1 telor ngumpet dibawah telor 1nya, khawatir gak netes krn kurang hangat tdk tersentuh badan ibunya he..he..
    ..salam..
    balas

  22. 32 Hary Key 10 March 2010 at 8:02 am

    Saya tinggal di Jati Asih – Bekasi Om. Saya minta advice dari Om Sofyan kira-kira Kenari apa yang paling banyak digemari atau dicari penghobi, nah Kenari itu nanti yang akan saya ternak. Mohon bantuannya ya Om. Terima kasih.

    • 33 sofyan 10 March 2010 at 11:54 pm

      wah… kalau seperti ini saya mohon maaf tidak bisa bantu… Bagaimana Bapak bisa berkembang kalau semuanya harus saya suapi hehe….. ternak kenari tidak semudah yang kita bayangkan banyak kendala yang akan menghadang …. saya tidak mau nantinya malah membebani demikian….

      salam

  23. 37 redmoz 10 March 2010 at 6:48 am

    mantabbb ommm… 5 hari ga ol…dah banyak bgt yg baru nehhh…
    minggu ini baru aja 2 pasang indukan netes om..tapi sayang..gloster cuma 1 ekor netes nya n RI jg 1 ekor…tetep Alhamdulillahhh….ane lg konsultasi materi baru nehh ma om yunior..heheehe..

    • 38 ahmad sofyan 10 March 2010 at 7:00 am

      mantap wah bentar lagi jadi peternak sukses hehe… saya hari minggu ketemu om Yunior di pramuka… lumayan banyak cerita tentang rencana kedepan dalam dunia perkenarian …. alhamdulillah dari blog ini saya bisa bertemu dengan orang-orang hebat nich… dari Bandung saya ketemu om Gede yang punya ide segede namanya hehe…. mudah2an apa yang sedang kami godok ini bisa terlaksana tahun ini, saya dan beberapa temen punya ide yang nanti kalau sudah siap akan saya share di blog…. insya Allah akan menguntungkan bagi kita semua mohon do’anya om…..

      salam

      • 39 redmoz 10 March 2010 at 8:44 am

        wahhhh ada rapat kok ga ajak2 …. hahaahha…
        okehhh dech om, ditunggu info programnya..semoga makin bisa kasih manfaat wat orang banyak khususnya hobiis kenari..
        btw yg dah netes apa aja om?

      • 40 sofyan 11 March 2010 at 12:05 am

        Bukan rapat om redmoz, hannya ngobrol2 aja…. biasa hobis kenari kalau ketemu suka ngobrolnya ngga jauh dari kenari hehe….

        salam

  24. 41 Hary Key 10 March 2010 at 6:23 am

    Om Sofyan terima kasih atas masukannya. ( Maaf baru sempat dibalas Om karena 2 hari tugas ke luar kota).
    Jadi 2 Jantan dan 5 betina sudah cukup ya Om. Semuanya di masukan dalam satu kandang atau bergiliran sepasang-sepasang Om?

    Oh iya gimana kalo saya beli dari Om Sofyan saja kenari yang siap ternak? hehehe
    Terima kasih ya Om.

    • 42 ahmad sofyan 10 March 2010 at 6:39 am

      om tinggal dimana, terus rencananya mau ternak kenari jenis apa ??…. , insya Allah kalau ada kenarinya saya support om, bisa konsultasi sepuasnya hehe….

      salam

  25. 43 gede 9 March 2010 at 6:34 am

    Om Heru bandungnya di daerah mana ?

  26. 44 toheng 8 March 2010 at 1:08 am

    Ada software pencatatan silsilah burung yang sering digunakan para burunger di luar, kalo gak salah namanya BIRD TRACKER (www.birdtrackersoftware.com/download.htm ), sempat sih nyoba, dan pencatatannya sangat lengkap tapi sayang yang saya punya cuma type trial

  27. 46 Hary Key 7 March 2010 at 9:54 am

    Salam Kenal Om Sofyan. Saya boleh gabiung di sini ya Om?
    Saya baca artikel “Ternak Kenari (Pentingnya pencatatan silsilah)” sangat bermanfaat buat saya yang ingin beternak kenari.

    Saya jadi ingin membeli 5 pasang Kenari siap kawin, mungkin Om_om di sini bisa bantu? Bila ada yang bersedia mohon email ke alamat saya: hary@honda-ikb.com.

    Terima kasih Om, khususnya buat Om Sofyan yang punya situs ini.

    • 47 ahmad sofyan 8 March 2010 at 12:40 am

      Bagi temen2 peternak yang punya kenari siap ternak ayo support om Hary btw om ini hanya sharing aja om untuk menghemat dana tidak usah beli 5 pasang tetapi cukup 2 jantan dan 5 betina…. demikian smoga bermanfaat…

      salam

  28. 48 Ari s 6 March 2010 at 6:51 pm

    Boro-boro mencatat silsilah om, kenari baru netas aja yang mau beli dah ngantri panja aang banget. Klo bilang gak dijual malah dibilang somb- sek he he . . he. Padahal kita butuh biaya oprasional, trus gimana nich . . om Sofyan jalan kluarnya?

    • 49 sofyan 7 March 2010 at 11:48 pm

      Wah mantap… jangan jual semua, sisain 1 atau 2 ekor sehingga om bisa mengukur kualitas anakannya atau kita sebagai peternak jangan jual putus (maksudnya setelah jual anakan tidak ada komunikasi lagi dengan pembeli) coba pererat komunikasi dengan pembeli (konsumen) sehingga kita bisa tahu perkembangan produk kita prinsifnya kalau kita mau pasti ada jalan om…. semoga tambah sukses ternaknya om….

      salam

  29. 50 heru 5 March 2010 at 2:11 pm

    Salam kenal om Ahmad,
    Perkenalkan sy Heru, domisili skr di Bandung.
    Sy sangat tertarik untuk beternak kenari, apalagi setelah menyimak beberapa artikel yg om tulis.
    Namun ada sedikit ganjalan nih,,apakah keberhasilan beternak kenari bisa dipengaruhi oleh suhu dan ketinggian tempat? karena t4 tingggal sy berada skr pada ketinggian sekitar 1500 dpl, dengan suhu dingin yang lumayan ekstrim.
    terima kasih

    • 51 ahmad sofyan 8 March 2010 at 1:25 am

      faktor cuaca bisa berpengaruh tetapi semua kondisi bisa diatasi…. kalau kondisinya dingin bisa menggunakan penghangat seperti lampu dan lingkungan sekitar kandang dikondisikan menjadi hangat… jadi kalau kita mau insya Allah ada jalan om ….

      salam

  30. 53 gede 5 March 2010 at 4:08 am

    Setujuuuu…..
    Memang beternak kenari itu mudah, kalo peternaknya telaten dan mempunyai pengetahuan yg memadai. Ilmu – adalah karunia sang Pencipta yg sangat istimewa.
    Kemudahan mencari ilmu di jaman sekarang lbh terbuka.
    BTW jaman dulu ada gak yah yg sampai berebut “kitab ilmu ternak kenari” ???😀
    Hehehehe… gak kebayang kalo Kang AS di kejar2 orng yg mau ngerampas Kitab Ilmu ternak kenarinya…
    Kalo sampai terjadi, call Nine One One aja kang😀 jgn bikin pansus ;))

    NUMPANG EXIST ah :
    —————————–
    03-03-2010 Telah Lahir Putri Pertama kami (Perempuan, 3,4KG / 50CM).
    Ada yg mau sumbang ide nama ?

    Terimakasih,

    Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: