Ketika Sebuah Hobi Bisa Meningkatkan Gairah Hidup

Akhir-akhir ini mulai banyak yang minta berkunjung ke rumah, tujuan berkunjung bermacam-macam ada yang ingin silaturahmi dan diskusi mengenai kenari… ada juga yang ingin melihat-lihat kenari koleksi saya… terus terang kenari koleksi saya masih terbatas hanya beberapa ekor yang menurut saya tidak pantas untuk di lihat hehe…

Selain koleksi kenari masih terbatas tempat untuk diskusi atau bincang-bincang sangat-sangat terbatas kadang-kadang harus berdesak-desakan dengan anak-anak saya yang lagi lincah-lincahnya hehe….

Dari ruangan sempit dan pengap ini saya banyak belajar bagaimana semangat kenarimania dalam mengembangan hobi kenari menjadi sebuah sumber kehidupan… suatu hari saya kedatangan Bapak-bapak kalau tidak salah namanya Pak Sasmita  beliau sebentar lagi akan menjalani masa purnabakti dari tempat beliau bekerja selama hampir 30 tahun. Dengan penuh semangat beliau bercerita mengenai rencana pembuatan kandang ternak, bercerita mengenai kenari koleksinya yaitu beberapa ekor kenari Yorkshire buat indukan.

Di lain waktu saya kedatangan tamu masih muda dengan penuh semangat beliau cerita mengenai rencana pengembangan ternak kenari, pada saat pertama datang ke rumah saya materi ternak kenari beliau masih terbatas. Seminggu yang lalu dia bilang koleksi kenarinya sudah mulai banyak dan sudah mulai menghasilkan anakan dari kenari impor….

Hari minggu kemarin saya kedatangan  3 orang kenarimania (anak muda beserta om dan Bapaknya), sambil diskusi saya coba pancing tujuan beliau pelihara kenari…. Kenarimania ini (Bapaknya) hobi burung sudah lama beliau bilang hobi pelihara burung sudah lama hanya sampai saat ini beliau jarang berhasil ternak burung…. beliau punya anak (si anak muda) hobi burung juga terutama kenari dan yang istimewa anaknya ini berhasil dalam beternak (Bapaknya bilang anaknya tangannya dingin… sehingga apapun yang dia ternak selalu berhasil). Bapak ini punya rencana ingin mengarahkan anaknya menjadi seorang breeder…..

Sebetulnya lumayan banyak yang datang kerumah hanya kalau di ceritakan disini satu persatu tidak akan cukup waktu untuk menulisnya….. intinya kenarimania yang saya sebutkan diatas mempunyai tipikal yang sama yaitu beliau-beliau mempunyai harapan dan rencana yang terarah… Dalam diskusi saya bisa menangkap bagaimana mereka menata rencana dari sebuah harapan menjadi sesuatu yang konkrit dan terukur.

Harapan merupakan suatu motivasi yang membuat orang mau berusaha dan bekerja keras, saya yakin orang tanpa harapan seperti mayat hidup hi…. serem yach….??..  Dan ternak kenari penuh dengan harapan … ketika anda membeli anak kenari harapannya pada saat dewasa nanti bersuara indah bahkan bisa menjadi juara…. Apalagi ketika anda beternak kenari hampir setiap hari anda mempunyai harapan. Ketika anda menjodohkan kenari harapannya bisa cepet jodoh, setelah jodoh harapannya cepet-cepet bertelor, setelah bertelor harapannya bisa netes, anaknya bisa tumbuh sampai besar bahkan bisa jadi juara…. Bahkan kita berharap menumpang hidup pada kenari hehe….  

Ketika anda merasa mentok di tempat anda bekerja atau anda merasa jenuh dengan pekerjaan yang itu-itu saja… mulai sekarang bagi anda yang belum punya kenari coba pelihara kenari, bagi yang sudah punya kenari coba kenarinya diternak… mudah-mudahan dengan memelihara kenari harapan yang hampir punah karena merasa karir sudah mentok bisa mempunyai harapan baru dari hasil pelihara kenari.  Kalau anda tidak senang pelihara kenari anda bisa mengembangkan hobi dibidang lain, hanya yang utama anda harus fokus, sabar dan ulet menjalaninya…. Karena yang namanya ternak banyak godaannya…..  Demikian semoga bisa menjadi sebuah inspirasi…..

60 Responses to “Ketika Sebuah Hobi Bisa Meningkatkan Gairah Hidup”


  1. 1 wiyon 11 March 2014 at 3:01 am

    saya juga penghoby & ternak beberapa, harapan saya semoga burung yg lain seperti ciblek, prenjak,sirtu, kolibri juga pada usaha ternakin supaya nggak punah, saya prihatin dengan perburuan akhir2 ini bisa membuat punah, semangat ternak burung…..& salam sukses bagi yg dah berhasil….

    setuju sekali om, namun untuk ternak kicauan yang om sebutkan belum banyak orang yang tertarik karena untuk ternak membutuhkan biaya yang tidak kecil/murah sedangkan harga anakannya sangat murah jadi menurut hitung-hitungan bisnis belum masuk om…. itulah tujuan saya membangun blog ini, menyebarkan virus senang pelihara burung kenari sehingga mengurangi orang-orang yang senang menangkapin burung alam….

  2. 2 Farid 7 December 2011 at 8:47 am

    Om, mau tanya sedikit, ciri2 kenari jantan yg siap kawin atau sedang birahi gmna ya? Trims

    om coba baca dulu tulisan saya dilink ini https://burungkenari.wordpress.com/category/pengalaman-beternak-kenari

  3. 3 iyang saja 22 October 2011 at 7:04 am

    om, met kenal, iyang di kudus nih. om, kalo kenari bisa diternak secara koloni ga, seperti juga lovebird. habitat alam kenari berkoloni tidak? ato lantaran sdh sangat lama diternakkan menjadi tidak bisa “dikolonikan”. trims…

    Om Iyang, kenari bisa diternak secara koloni, hanya kekurangannya sistem koloni kenari mencari pasangan suka-suka dia, ketika induk betina mengeram diganggu kenari dll. Hanya yang utama biasanya peternak menjodohkan kenari tidak sembarang menjodohkan harus melihat kelebihan dan kekurangan kenari yang akan diternak, jika kenari menonjol di satu sisi dan lemah disisi lain mencari psangannya yang bisa menutupi kelebihan kenari yang akan di jodohkan, begitu om ceritanya hehe….

    Wassalam

  4. 4 ariez 5 September 2011 at 6:01 am

    salam kenal om
    benar2 muantab om…

    terimakasih atas perhatiannya om

    wassalam

  5. 5 Ogix 22 March 2011 at 2:42 pm

    Mohon maaf sebelumnya,apakah kenari jantan dan betina bisa di jodohkan bila sudah sering ketemu sejak umur 6 bln,skarang kenari saya umur 8 bln jantan,7 bln btina.tnx om.

    Bisa saja om dijodohkan yang penting kedua-duanya dalam kondisi siap ternak

    Wassalam

  6. 6 hendri lampung 18 February 2011 at 2:58 am

    saya sangata setuju dengan tulisan ini, saya memang belum punya kenari apa lagi ternak kenari, tapi saya pecinta dan sudah ternak burung khusus perkutut atau Kung mania, kehidupan kadang kala tidak sesui dengan yang diharapkan, jadi kejenuhan dan keruwetan dalam kehidupan ini bisa terobati dan terlupakan sejenak dengan kita memiliki hobi dan apalagi hobi itu bisa menghasilkan sesuatu yang bermamfaat. SUSKES BOS…

  7. 7 prayogo 3 December 2010 at 11:15 am

    mantaf om ….. dulu iseng ngembangin udah mulai banyak , tak tinggal keluar kota saban hari ada yang lepas , mati , akhirnya tinggal 1 tok til itupun dah tua banget dah lebih 7 tahun, masih sayang … pingin lagi tapi bingung sapa yg ngurus hehehh …
    OK om sukses selalu ya …. smoga ditempat sekarang makin sukses.

    Siap om Yugo, yang pentingkan ilmunya ngga lepas hehe… ketika senggang nanti ternak kenari bisa dilaksanakan lagi, siapa tahu diusia senja nanti ternak kenari bisa jadi penopang hidup kita hehe…..

    salam

  8. 8 denny 1 April 2010 at 9:56 pm

    om sofyan best… is… the best…
    artikelnya bikin kenari mania gemesss ibarat kata org yg lumpuh bisa jalan lagi,bikin orang ngak kapok untuk terus mencoba…8)

  9. 10 Ram 27 March 2010 at 10:59 am

    Salam KM bat om2 smua,sy org baru dlm hal perburungan.
    Sy mu tanya ma oM AS nech..
    Cara mengatasi kenari yg macet bunyi gmn oM?
    Sblm”y kenari sy gacor bgt,tp dah 2mgg ni jd gak mau bunyi,pdhl kondisinya keliatan sehat dan bukan dalam kndsi ngurak oM.
    Mksh ats saran ny.

  10. 11 aries 21 March 2010 at 6:32 pm

    Salam kenal om..om semua,saya peternak kenari dr kota Kediri merasa senang dgn adanya artikel dan sharingnya para peternak KN dan masalah2 yg pernah aku alami sepertinya sdh terjawab semua dgn seringnya blusukan ke blog2 KN(baru bisa main di dunia maya jadinya kemaruk).Saat ini aku cuma ternak KN lokal saja dan skrng sdh punya 50 indukan yg produktif.Skrng lg penasaran ingin ternak YS apakah cara,waktu dan perlakuanya sama dgn KN lokal ?(belajar dl sambil ngumpulin modal buat beli YS) tolong dijelaskan om….!!

    • 12 sofyan 22 March 2010 at 12:22 am

      Wah mantap om Aries, indukannya sampai 50 ekor… prinsifnya sama ternak lokal dengan Yorkshire hanya kuncinya menjaga stamina dan kebersihan kandang… untuk detailnya om bisa baca tulisan saya mengenai yorkshire….

      salam

  11. 13 si-Jiy 18 March 2010 at 9:58 am

    om AS,

    Selama ini yang saya lakukan adalah tanpa rekondisi atau betina tidak dipisah.
    Untuk momongan saya, biasanya setelah anakan usia 3 minggu atau lebih si betina sudah mulai betelur kembali. Sementara masih dalam 1 kandang si jantan masih mau menyuapin anak2-nya. Setelah usia 1 bulanan baru anaknya saya ambil dan saya masukkan ke kandang besar/koloni. Demikian seterusnya hingga anakan ke 6 ini. Resikonya, saat induk betina akan bertelur dan tidak menemukan bahan sarang dia akan mencabuti bulu anaknya, untuk menghindari hal ini biasanya saya selalu siapkan sarang baru setelah si anak sudah mulai keluar sarang ( sekitar umur 3 mingguan ).

    Matur Nuwun

    Matur Nuwun

    • 14 sofyan 19 March 2010 at 12:17 am

      tidak di rekondisikan juga tidak apa-apa om, tetapi lihat kondisi indukannya juga kalau kelihatan kelelahan atau kurus lebih baik di kondisikan. Kalau tidak di kondisikan harus di tunjang dengan makanan yang bergizi dan suplemen, sehingga kondisi fisik indukannya terjamin. BTW jangan lupa om sarang dan isi sarang dibersihkan, kalau ngga di bersihkan takutnya malah panen kutu burung hehe….

      salam

  12. 15 eko ludik 18 March 2010 at 4:59 am

    terima kasih sekali share dari om-om semua…

    tapi jangan bosen yah kalo ada pertanyaarn2 dari saya…

    sekali lagi terima kasih semuanya..

    wassalam
    eko

  13. 16 g sukendra 18 March 2010 at 4:21 am

    Menurut pak sofyan rekondisi dapat dilakukan dalam 1 minggu, dengan diberikan makanan yang bergizi dan cukup dijemur, perlu dsiapkan tempat mandi biar burungnya bersih tidak kena kutu.
    Pengalaman saya saya rekondisi 5-6 hari, setelah diampurkan dengan jang jantan selama 4 hari sudah menelur. Dan pengalaman ini adalah yang pertama kali saya mencoba menangkarkan kenari, cuma kanari betinanya belum pernah mempunyai anak tapi sudah bertelur sampai dengan 3 kali priode. Kalau salah informasi mohon koreknsi pak sofyan

    • 17 ahmad sofyan 18 March 2010 at 5:37 am

      waduh saya tidak konsisten nich ngasih pencerahannya hehe…. mohon maaf atas ketidak konsistenannya Pak, tadi jawabnya terburu-buru maklum kuli nyambi ngelola blog hehe…. terserah mau di rekondisikan atau tidak, kalau ingin di rekondisikan seperti yang Pak Sukendra bilang, terimakasih…

      salam

      • 18 yunior 18 March 2010 at 8:27 am

        nimbrung nih maklum pemula saya setuju dgn pak sukendra harapannya biar betinanya kembali fit dulu tapi jgn kelamaan rekondisinya cukup 1 minggu karena kalau terlalu lama juga nanti kyk om sofyan bilang………he..he

  14. 19 eko ludik 18 March 2010 at 3:58 am

    mo nanya lagi… om-om semua

    setelah periode pertama anakannya gak ada yang bertahan,

    untuk me-rekondisikan agar kenari bisa dikawinkan lagi, kira2 butuh waktu berapa lama yah?

    wassalam
    eko

    • 20 ahmad sofyan 18 March 2010 at 4:38 am

      tidak usah di rekondisikan hanya cuci sarang dan ganti isi sarang, indukan di jemur ngga usah lama-lama, di beri multivitamin dan diberi telor puyuh 2 hari sekali (maaf ini yg saya lakukan, om bisa juga ngikutin sistem organik seperti kang Gede lakukan). Manfaat pencucian sarang yaitu agar sarang bersih dan kalau tidak di cuci bisa menjadi sarang kutu, kalau di rekondisikan waktu tunggu bertelornya menjadi lama. Demikian om maaf jawabannya berbelit-belit pabaliut sama kerjaan hehe…

      salam

  15. 21 redmoz 18 March 2010 at 3:10 am

    bisa aja om sofyan…mudah2an om..advice n masukan dari om sofyan sedang step by step dijalanin… sharing n advicenya tetep ditunggu or mo distock indukan baru dari percetakan negara jg siap nampung…hehehehe…

    • 22 ahmad sofyan 18 March 2010 at 3:50 am

      om… kalau saya pribadi buat mimpi yang besar, tetapi mulai dari yang terkecil …. mimpinya jadi peternak kenari besar dan berkualitas…. mulainya dari buat kandang ternak dan ternak kenari lokal dulu hehe…. tercapai atau ngganya bukan urusan saya yang penting saya sudah mulai sesuai dengan kemampuan saya, dan saya punya rencana bagaimana tahapan meraih apa yang saya cita-citakan… halah kok malah ngelantur…. hehe….

      salam

      • 23 yunior 18 March 2010 at 8:32 am

        mantap…mantap setiap orang selalu punya impian pertanyannya bagaimana cara kita mencapai impian itu…..kalau saya nikmati aja seperti air mengalir yg penting terus berusaha dan berdoa he..he

  16. 24 redmoz 17 March 2010 at 9:38 am

    Luar Biasa…. Mudah2an media sharing ini bs barokah wat om sofyan sekeluarga. Amiiin
    Insya Allah minggu depan mulai produksi gloster jalur murni om n jg ys kemungkinan bulan april siap naek ranjang karna sudah semakin rajin bunyi walau belum full power.. thanks wat om yunior jg nehh…

  17. 27 si-Jiy 17 March 2010 at 6:27 am

    Wuih … makin banyak aja nih pengikut aliran om AS …🙂
    Alhamdulillah, walau indukan tinggal sepasang … masih aktif produksi, 3 minggu yang lalu panen 3 ekor turunan ke 5, tadi pagi dah netas lagi 1 ekor turunan ke 6 dari 4 telur. Masih belum mau nambah indukan lagi … masih trauma dibantai …😦

    Rencananya, mau nyetak indukan dari 1 ekor anakan ke 2 dan ke 3 … sengaja di pilih dan di simpan, selain untuk melihat kualitas anakan juga persiapan nambah indukan.

    Sebenarnya dah dapat pinjeman juga F1 dari teman, tapi sudah 2 bulan mabungnya nggak kelar-kelar … udah gitu kalo di deketin betina, nggak nafsu babar blas …🙂 … apa memang begitu ya ?

    Sekali lagi, matur nuwun om AS untuk artikel2-nya yang penuh motivasi.

    • 28 ahmad sofyan 17 March 2010 at 6:56 am

      Iya nich om alhamdulillah semakin banyak pengikutnya… hehe…, wah mantap tuch indukannya produktif banget…. kenari besar mabungnya lama om coba di kasih multivitamin biar metabolisme-nya bagus sehingga mabungnya lancar dan cepat bunyi… kenari mabung belum bisa di jodohkan, mungkin kedinginan karena bulunya tipis jadi boro-boro mikirin kawin, lain sama manusia kedinginan malah minta mulu hehe… (maaf becanda…)

      salam

      • 29 gede 17 March 2010 at 7:17 am

        Kang AS, rekan peternak di bandung ada yang pake pucuk daun mengkudu (Noni) utk mengatasi mabung. Saya sudah coba satu kali dan berhasil… blm coba lagi krn blm ada KN yg mabung. Oya ada bbrp rekan ternak di bandung yg sedang membudayakan ternak “Organik”😀 jd di usahakan sebisa mungkin menghindari zat-zat kimia yg tdk diperlukan…
        FYI : “obat-obatan utk burung (KN misalnya) tidak mencantumkan komposisi bahan atau bahkan tidak ada badan pengawasnya… jadi di khawatirkan malah menimbulkan penyakit😀 begitu alasan dari para peternak “Organik” tsb.

        Semoga Bermanfaat…

      • 30 ahmad sofyan 17 March 2010 at 7:46 am

        Kang Gede, saya setuju dengan sistem perawatan kenari secara organik… hanya (lho katanya setuju tetapi ada hanyanya hehe….) klo saya merasa masih membutuhkan obat2an kimia karena indukannya dulu saya ngambil dari peternak yang belum malaksanakan sistem organik, untuk daun mengkudu saya selalu memberikannya seminggu sekali buat pengganti sayuran… juga suka memberi daun ginseng jawa dan telor puyuh…. obat-obatan kimia saya gunakan pada saat kenari sakit.. untuk pakan alami saya pergunakan untuk pencegahan … kang sharing dong cara perawatan sistem organik biar kita-kita bisa belajar hehe….

        salam

      • 31 gede 17 March 2010 at 8:53 am

        Hehehe… masih wacana kang😀 Tapi insya allah, sy kumpulkan dulu materinya dan kalo ada referensi dari rekan2 jg di tunggu ya… demi kemajuan bersama😉

      • 32 sofyan 18 March 2010 at 12:01 am

        yang saya tahu…. maaf kalau salah makanan atau obat2an alami cocok buat pemeliharaan sehari-hari atau buat pencegahan … btw ditunggu hasil penelitiannya, buat saya saat ini jangankan buat meneliti obat-obatan organik buat memelihara supaya kenari sehat aja susah hehe…. banyak matinya kang hehe…

        salam

  18. 33 Endar 17 March 2010 at 2:28 am

    good share om sofyan, saya orang baru didunia KN dan targetnya mau breeding juga dalam 1 tahun kedepan, tapi skg masih tahap pembelajaran karakter KN. maklum nol besar dalam peliara KN om.

  19. 35 alir 16 March 2010 at 3:47 pm

    ada yg kelewat om..
    info utk om gede, selama ini diberi bird sand campur activated carbon (bird charcoal). klo carbon aktif itu yg mana ya om ?..tks..
    ..salam..

    • 36 gede 17 March 2010 at 6:46 am

      karbon aktif itu activated carbon (bird charcoal). Pakan (Canary seed/sayuran) di cuci bersih sblm di kasih. telor puyuh hati2 jgn sampe basi.
      kualitas air minum jg hrs di jaga Om, kalo sy sih pake air galon refill. Murah harga per-galon cuma 2.500 rupiah. kalo bahasa globalnya “Jagalah kebersihan” 😀 krn kalo pakan, kandang, KN dan yg punya BERSIH maka akan lbh BERSIH jg hasilnya…. Hehehehhe… kan kebersihan sebagian dr pada Iman, ya…. moga hobby ini jg bisa jd ibadah… yg menambah pahala… Amin

  20. 37 alir 16 March 2010 at 3:32 pm

    he..he..seneng nambah ilmu via pencerahan para senior dan pertanyaan yg lugu dri kmi yg msh pemula…tentunya tks dulu kpd semua.
    jawab utk om gede..sinar matahari yg ada s/d jam 12 msk lgsg ke ruangan via glasbolk.
    hsl pemantauan saya hr ini via handycam..induknya yg mengerami pertama nampak kurang tenang sebentar2 gigit2 bulu di sayap, dada, ekor dan kakinya sering cakar2 sarangnya. yg nyenengkan kemaren setiap 5 menit keluar sarang selama 5 menit juga, hri ini sedtiap 35 menit keluar sarang selama 3 menit. telor yg dierami 4 butir.
    pertanyaannya..apakah memang demikian prilaku indukan yg ngeram dan klo telor diambil utk ditropong kosong atau isi induknya tdk ngambek ?
    mhn pencerahan dr kang AS dan para senior..he..he..
    ..salam..

    • 38 sofyan 17 March 2010 at 12:07 am

      om indukan kenarinya mungkin kena serangan kutu, coba cari di pasaran obat untuk membasmi kutu yang di taburin di bawah sarang atau kalau om suka merokok di bawah isi sarang di taro tembakau, kalau ingin mengambil telor jangan pada saat indukan mengeram, pada saat induknya keluar sarang baru telornya diambil dan diteropong…. demikian semoga membantu…

      salam

  21. 39 eko ludik 16 March 2010 at 1:59 am

    salam kenal semuanya…

    minggu lalu kenari saya selesai ngerami 3 butir telornya… netes satu, tapi besoknya mati… 2 butir telornya lagi, setelah 1 minggu dari yg netes saya cek ternyata telornya kosong. sekarang pasangan ini sedang saya campur lagi… setelah dipisah beberapa hari…

    kemaren pasangan kenari yg satu lagi juga selesai ngerami 3 butir telornya, netes 1 tapi ternyata pagi tadi mati juga, hari ini juga ada yg netes lagi 1, tinggal 1 butir lagi yang belum netes…

    pertanyaan:
    1. kenapa anak yg baru netes gampang mati? apakah salah perawatan saya atau apakah karena sering saya intip sehingga merasa terganggu? karena sejak netes, saya lihat induknya jarang keluar sarang…
    2. apakah anak yg baru umur sehari sudah diloloh induknya?
    3. untuk pasangan kenari saya yg kedua apakah yg harus saya lakukan supaya anaknya bisa bertahan?

    maklum baru belajar, mohon bantuannya…
    dan terima kasih sekali atas ilmunya..

    wassalam
    eko

    • 40 toheng 16 March 2010 at 2:10 am

      Biasanya umur sehari anak burung belumperlu diloloh induknya, karena masih memanfaatkan nutrisi dari kuning telur atau Yolk, coba diperiksa sarangnya apakah banyak semut atau serangga lainnya? atau kalau boleh tahu menu sang induk ketika masa bertelur apa? seharusnya cukup asam amino dan lemak, bisa diberikan telur puyuh pada masa itu agar kualitas telur dan nutrisinya lebih baik, teman lain tolong tambahkan ya…

    • 41 sofyan 17 March 2010 at 12:02 am

      selamat atas keberhasilan ternaknya om Eko, walaupun mati tetapi kenari yang om ternak sudah terbukti bisa menghasilkan anak…. kenapa anak kenari usia 1 hari mati ??…. jawabannya sudah om jawab sendiri karena…….. banyak di intip…… saat usia 1 – 3 hari sejak menetas indukannya jarang keluar, mungkin tujuannya untuk mengatur suhu anaknya biar tidak berubah secara drastis… perlakuan indukan sedang mengeram jangan terlalu sering di intip hehe….

      salam

  22. 42 Deni _ Bekasi 15 March 2010 at 4:18 pm

    Pasti kawan2 yg suka berkunjung ke blog yg kita cintai ini setuju dengan tulisan Om Sofyan, “KETIKA SEBUAH HOBY BISA MENINGKATKAN GAIRAH HIDUP”. Ayo ngaku ! Bagi kawan2 para calon penangkar mari kita singsingkan lengan dan kita buktikan ke istri kita ~ yg suka rewel itu~ bahwa hoby tidak melulu menghamburkan uang tetapi suatu saat mendatangkan uang sebagamana Om Sofyan dan Om Yunior.
    Sayang Om Sofyan dan Om Yunior belum pernah buka rahasia dapur, brp rupiah yg sudah menjejali koceknya masing-masing selama beternak Kenari ? Ga tabu kan ? Ya itung2 buat motivasi kita2 ini. Klo Om Sofyan/ Om Yunior mau menuliskannya disini…. wah bisa buat bekal ngomporin istri di rumah neh, biar dukungannya semakin kuat. Di tunggu ya.
    Btw, mengenai ilmu genetika…. seperti Om Yunior bilang, ” Inget jaman skolah dulu”. Saya juga sama Om di dapat waktu jaman sekolah dulu. Tapi klo diminta, suatu saat nanti saya tulis….. cari2 referensi dulu… he he.

    • 43 ahmad sofyan 17 March 2010 at 12:38 am

      Wah om Deni emang kompor hehe…. penghasilan dari kenari belum begitu banyak hanya cukup buat beli pakan dan upgrade indukan hehe….masalahnya saya belum begitu fokus di ternak masih berebutan waktunya dengan nguli, indukannya hanya beberapa ekor sehingga produknya terbatas, terus terang permintaan kenari banyak makanya saya banyak meminta dari temen-temen yang lain… kalau om Deni sudah berhasil ternaknya kalau ada pembeli sekitar Bekasi nanti saya belokkan ke farmnya om Deni hehe…. lanjut

      salam

    • 44 yunior 17 March 2010 at 3:01 am

      bisa aja om deny pada dasarnya penghasilannya cukup buat beli makanan kenari and biaya operasionalnya aja yang penting hoby tersalurkan and banyak temen2 sesama hobies terbantu baik yg butuh indukan maupun anakan intinya buakan masalah uangnya tapi hubungan persahabatannya…

    • 45 yunior 17 March 2010 at 3:02 am

      bisa aja om deny pada dasarnya penghasilannya cukup buat beli makanan kenari and biaya operasionalnya aja yang penting hoby tersalurkan and banyak temen2 sesama hobies terbantu baik yg butuh indukan maupun anakan intinya bukan masalah uangnya tapi hubungan persahabatannya…

  23. 46 Deni _ Bekasi 15 March 2010 at 3:55 pm

    Pasti kawan2 yg suka berkunjung ke blog yg kita cintai ini setuju dengan tulisan Om Sofyan ini”. Ayo ngaku !

  24. 47 lukman hakim 15 March 2010 at 1:04 pm

    askum…om2 senior mau nanya neh…kebetulan saya orang malang,ada info peternak kenari merah di malang ndak ya?ato f1 ?nyari di pasar burung masih langka kayaknya….nemu2 ternyata harganya bikin kantong jebol….kalok ada harganya berapa?sebelumnya ,thanks buat infonya om senior.

    • 48 ahmad sofyan 17 March 2010 at 12:41 am

      Memang harga kenari merah tinggi om…. kisaran 500 rb sampai tak terbatas, kalau om nyari kenari merah bisa hubungi kang Gede di Bandung insya Allah harganya tidak membuat kantong jebol hehe…. Kang Gede nich ada yang nyari kenari merah…

      salam

  25. 49 toheng 15 March 2010 at 12:58 pm

    Kenari steril adalah kenari yang tidak subur alias mandul, bisa terjadi pada jantan maupun betina, gak pernah dengar cara pengobatannya, hal yang sering dilakukan peternak yaitu mengganti jantan atau induk yang menjadi suspect dengan yang lain. kenari betina bisa saja bertelur terus menerus walaupun tak dikawini tapi tidak akan ada bakal anaknya

    • 50 ahmad sofyan 17 March 2010 at 12:43 am

      terimakasih om Toheng atas sharingnya… saya jadi terbantu nich, komen yang masuk sampai saat ini sudah mencapai 1.500 lebih, kalau saya yang jawab sendiri bisa kedodoran hehe…..

      salam

  26. 51 Iskandar Zulkarnaini 15 March 2010 at 7:35 am

    alhmdulillah.. motifasi baru om As.. maksudnya kenari steril apaan ya om? pa ga bs diobatin? om gede blng.. apa KN tsb pnh terlihat kawin? memang dl sy jg pny kenari nelor mulu wlw ga dkawinin.. bner ya om As? matur nuwun..

  27. 52 gede 15 March 2010 at 3:56 am

    Om Made, indukannya apa? coba telornya di terawang ke cahaya, keliatan isi atau kosong ? tentunya dengan halus dan hati2 ya Om… terus apakah pasangan KN tsb pernah terlihat kawin ? Pakan yg baik dan Sinar matahari jg mempengaruhi kualitas telor Om… coba baca2 lagi artikelnya… sy jg sambil belajar nih…

    Om Alir, kotoran cair dan putih terus KN terlihat kurang sehat bisa coba di obati pake karbon aktif dan Bird Sand. Sayuran (green) dikurangi. Sinar matahari gmn ?

    Heehehe… bener gak nih Kang AS ?
    Moga bermanfaat…

  28. 54 alir 15 March 2010 at 2:56 am

    siiiiiip deh…. agar hari ini lbh dari kemaren..he..he..
    pasangan kenariku sdang ngeram 3 butir tapi kotorannya cair dan campur warna putih, mhn pencerahan diobati pake apa? disamping itu sang jantan apa hrs dipisah?
    ..salam..

    • 55 ahmad sofyan 15 March 2010 at 3:59 am

      Kenari betinanya terkena penyakit berak putih/berak kapur atau pullorum coba kedalam air minumnya di tetesin super N atau spectra, jantannya lbh baik di pisah dulu… penyakit berak putih bisa menular ke kenari lain…. selain di beri obat kebersihan kandang dan perlengkapannya harus di jaga…

      salam

    • 56 toheng 15 March 2010 at 5:41 am

      kenari saya pernah begitu, tapi gak nular, makanya saya kurangi jatah sayur,saya beri sayur yang sudah dicuci air masak (bukan keran/sumur) dan saya beri probiotik, dengan catatan tidak sedang saya kasih antibiotik, lalu bersihkan tangkringan dan kandang, jemur pagi hari 1 jam…selesai deh

  29. 57 made parta 15 March 2010 at 1:51 am

    ulasan yang mantap …buat nambah ilmu nih…..hehehe..

    om. kenari saya sudah 3 kali nelor kok gak pernah netas ya.. ada obat yang ampuh,…???

    • 58 ahmad sofyan 15 March 2010 at 4:04 am

      obatnya lembiru om (lempar ganti yang baru)… hehe… maaf becanda…, kalau ada coba ganti pasangan takutnya salah satu sterill atau keduanya msh muda perlu pembelajaran dari duda atau janda hehe….

      salam

      • 59 Djatmiko H 22 May 2013 at 1:12 pm

        Maaf ikut gabung…ni sy juga bru belajar, maaf mau nany jk kenari umur 1 tahun lebih bru mau produks knapa yaa, krn yg lain usia 7-8 bulan udh mulai produksi..maturnuwun..

        Banyak hal penyebab indukan kenari telat produksi kenari type besar rata-rata produksinya 1 tahun keatas, yang hebat kenari lokal usia 6 bulan sudah mulai produksi. Namun lebih baik kenari diternak pada usia 1 tahun keatas, kenari merupakan mahluk hidup dimana pada saat proses produksi memerlukan kematangan jiwa, usia 1 tahun jiwanya sudah matang sehingga siap mengurus anak-anaknya


  1. 1 Side Job « mania burung kenari Trackback on 8 April 2012 at 2:53 pm

Leave a Reply

Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


