Pilih Karier atau Wirausaha?

KOMPAS.com – Setiap orang pasti memiliki rencana dalam hidupnya. Salah satunya, bagaimana ia akan menikmati hari tua kelak. Alternatif yang bisa dipilih? Dengan mengumpulkan cukup simpanan dana pensiun atau memiliki usaha sendiri ketika masih di usia produktif. Mana yang lebih tepat? Berikut kiat dari Eko Endarto RFA, perencana keuangan dari Finansial Consulting, agar tidak terjerumus pada keputusan yang kurang tepat sebelum memutuskan mengakhiri karier dan memulai usaha sendiri.

Baca Peluang
Pada dasarnya yang dilihat dari sebuah pilihan berkarier atau wirausaha, bukan sekadar peluang. Peluang itu akan selalu ada. Tapi yang paling penting untuk diperhatikan adalah apakah peluang itu bisa menjadi prospek yang bagus untuk masa depan kita? Pahami jika ini sudah melewati pertimbangan yang matang. Semua pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara terbaik untuk mengetahui pilihan yang tepat adalah dengan membuat pertimbangan peluang yang bisa memberikan prospek bagus bagi diri kita ke depan. Bila prospeknya bagus dan hal itu bisa terjadi, maka apapun pilihannya takkan jadi masalah.

Bisa Kapan Saja
Pilihan berwirausaha sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Apakah ketika masih di usia produktif, maupun ketika sudah memasuki masa pensiun. Prinsipnya bila merasa pilihan dan peluang yang diberikan bisa mendatangkan prospek bagus, mengapa tidak? Prospek yang baik ini bukan hanya dilihat dari kekayaan atau kesejahteraan yang bisa dicapai, namun juga memberikan aktualisasi diri.

Mengenai penentuan kapan berwirausaha dapat dimulai, lebih cepat dimulai tentu lebih baik.

Ingat, wirausaha adalah sebuah proses, bukan seperti bekerja dan menerima gaji secara langsung setelah 1 bulan kita menerima pekerjaan. Hasilnya baru akaan dipetik setelah usaha membuahkan hasil dan keberhasilan itu datang tidak dapat diprediksi. Bisa cepat, bisa juga lambat. Tergantung bagaimana seseorang menjalani proses tersebut.

Kesungguhan dan Disiplin
Sebelum memulai berwirausaha, pastinya akan ada pertanyaan besar yang mengganjal: “Berapa besar modal yang harus dikumpulkan untuk bisa memulai usaha baru?”
Sebenarnya tidak ada patokan berapa besar modal uang yang dibutuhkan, tapi yang paling utama adalah modal kesungguhan dan disiplin menjalani proses. Namun, tidak mungkin bisa menjalankan usaha tanpa ada uang sama sekali. Tetap dibutuhkan perhitungan modal sebelum menjalankan usaha.

Nah, besaran modal yang dibutuhkan tersebut sangat tergantung dengan jenis dan besaran usaha yang akan dijalankan. Kalau dimulai dari usaha yang kecil, hanya dengan dana Rp 100 ribu pun sudah bisa memulai usaha. Begitu pula untuk usaha yang lebih besar.

Tapi, dengan dana Rp 100 juta, modal usaha juga bisa kurang jika digunakan untuk usaha jenis lain. Jadi modal usaha memang sangat tergantung jenis dan skala besaran usahanya. Sebaiknya kalkulasikan dengan baik sasaran usaha yang akan dilakukan dan sisihkan dahulu penghasilan sebagai modal usaha kelak.

Berapa dana yang disisihkan? Minimal sisihkan 20 persen dari penghasilan untuk dikumpulkan sebagai modal usaha. Anggaplah usaha ini kelak sebagai investasi di masa depan.

Fokus Pada Tujuan
Sebelum memilih untuk berwirausaha, pahami bila pada setiap usaha pasti akan mengalami masa sulit. Tanamkan dalam pemikiran, usaha adalah proses. Di dalam proses tersebut, selalu ada saat yang bagus namun ada juga yang tidak bagus. Apabila datang masa yang sulit, cobalah ingat kembali jika salah satu alasan memilih berwirausaha, karena prospeknya ke depan kita nilai lebih menjanjikan. Paling tidak akan lebih baik dari kondisi saat ini.

Hal penting lain yang patut dicatat, selalu fokus pada tujuan di masa depan. Mungkin akan selalu ada goncangan kecil dalam perjlanan mencapai tujuan, tapi jangan sampai menghancurkan keyakinan. Apalagi hingga menghilangkan harapan pada tujuan di depan.

Asuransi Usaha
Semua kegiatan pasti ada risikonya, termasuk juga usaha. Dan, saat ini, Anda dapat memilih menanggung risiko itu sendirian dengan kekayaan pribadi, atau dengan meletakkan risiko tersebut ke orang lain dengan asuransi. Memang, pada dasarnya usaha tidak dapat diasuransikan, namun aset usaha sangat bisa diasuransikan.

Aset usaha berupa tempat usaha, barang dagangan, atau jenis aset lainnya, masih bisa diasuransikan. Caranya, dengan menghubungi perusahaan asuransi kerugian. Bersama mereka, dapat dihitung berapa besaran aset yang dapat diasuransikan. Selain itu, konsultasikan mengenai produk yang paling sesuai dengan risiko yang paling mungkin terjadi terhadap usaha.

(Tabloid Nova)

sumber  http://female.kompas.com/read/xml/2010/03/31/13134897/Pilih.Karier.atau.Wirausaha

28 Responses to “Pilih Karier atau Wirausaha?”


  1. 1 Jihan Ariya Wiyana 31 July 2010 at 8:44 am

    pilih keduanya,
    kareer dalam negara dan wirausaha, hehehe😀

  2. 2 gendisbanyumas 21 June 2010 at 2:45 am

    Bagus, artikel yang sangat menarik, link balik ya?

  3. 4 Ram 5 April 2010 at 12:14 pm

    Terimakasih bnyak om..
    Sy jg blm tau jelas umur si bahan ini,
    karna pas beli kata si pedagang umur 3 bln,dan di sy dah di rawat 2mgg.
    Waktu beli bulu ekor belum tmbh semua msh separonya om,dan stlh 2mgg sy rawat br rapi seperti kn dewasa om.
    Apa si penjual berbohong mengenai umur ya oM?
    Emang kn anakan brpa bulan sampe dia pny bulu seperti dewasa om? (keliatan rapi gak ada blu yg tumbuh)
    mksh

  4. 6 Ram 4 April 2010 at 11:59 am

    Ass.. Om2 smua..
    Buat oM Sofyan sy mu nanya nech.
    1.pada umum’y Umuran berapa kN mulai bljr bunyi?
    2.jg umur brp kN ngurak yg pertama?
    Sy pny anakan kN umur -+3 setengah bln tp blm kedengeran bunyi cuma ciap2 aj.
    Sy tny ma be2rapa org sech jantan om.
    Pdhal EF tiap hari selalu ada.
    Haturnuhun om atas masukane.!

    • 7 sofyan 5 April 2010 at 12:18 am

      om Ram KN bahan mulai bunyi (ngeriwik) tergantung mentalnya ada KN yg usia 1 bulan sudah mulai ngeriwik tetapi umumnya sich sekitar 1,5 bulan, kalau ingin melihat bakalan rajin bunyi pantaunya pagi hari…. ngurak pertama usia 4 bulan, ngurak pertama hanya terjadi pada bulu-bulu kecil sedangkan bulu besar sayap & ekor tidak lepas, mengenai bakalan pada usia 3 bulan belum bunyi banyak faktor penyebab bakalan belum bunyi diantaranya bakalan hidup menyendiri sehingga tidak pernah denger suara KN atau burung lain, dipelihara dengan banyak KN yang mana satu dengan yang lainnya saling melihat atau si bahan posisinya terlalu deket dengan KN senior sehingga KN bahan tidak berani bunyi…. demikian semoga membantu

      salam

  5. 8 prie 3 April 2010 at 12:55 am

    om smua… TOLONG DONK…!!!

    ada yang tau gimana caranya merawat/memulihkan KN yg suaranya smakin hari smakin mengecil?, bhkan stelah satu minggu jadi nyaris tak terdengar, sbetulnya si burung dah berusaha buat bunyi tapi gk keluar suaranya, jd cuma keliatan mangap2 doang. pdhl kondisi burung kelihatan sehat dan lincah, nafsu makan juga masih normal. KENAPA INI YA?

    Kata orang2 wortel bisa bikin warna KN jd lbih merah.

    SY mau neliti nih, hipotesisnya “Apakah ada pengaruh pemberian wortel terhadap pemunculan warna merah pada kenari lokal berwarna orange”

    sekarang saya sdang mengujicobakan sama KN (orange) yg brumur 2 bln, hmpir stiap hri slalu di kasih wortel.

    N hasilnya… kita tunggu beberapa bulan kedepan, do’akan biar gk bnyk halangan yaa..

    THX om AS dan om2 lainnya.

    • 9 sofyan 3 April 2010 at 2:09 pm

      om biasanya kalau suaranya tidak keluar terkena penyakit pernapasan, pada awlanya sich tidak mengganggu napsu makan tetapi lama kelamaan akan mempengaruhi tenggorokan kalau dibiarkan bisa patal coba obatin menggunakan obat napas (kalau saya biasa menggunakan obat napas produk dr Edi) kalau ingin yang alami biasa menggunakan daun mengkudu diberikan setiap hari selama 1 minggu…. ditunggu hasil percobaan penggunaan wortelnya om

      salam

  6. 11 Rudi-Bekasi 1 April 2010 at 9:23 am

    Assalamu’alaikum Pak Sofyan..
    mau nanya-nanya soal usaha,,, kalau memulai belajar ternak apakah mulai dari lokal atau bias langsung YS?? saya pengennya memproduksi F1YS.. trimakasih sebelumnya.. salam

    • 12 gede 4 April 2010 at 2:25 pm

      Wa’alaikum salam wr wb…
      Saya ikutan komentar nih buat Om Rudi-Bekasi… Mohon Maaf mungkin pertanyaan Om rudi terlewat untuk di balas Kang Sofyan…
      untuk mengurangi resiko kerugian, sebaiknya memulai dari KN lokal… karena perbandingan Harga KN lokal dan KN YS sangat tinggi…
      Sebagai contoh, ada yg jual borong KN lokal sebanyak 50 Ekor (tinggal melanjutkan ternak) dengan harga Rp.10Jt yang kalo di akumulasi terhadap YS mungkin hanya dapat 4 Ekor bakal induk YS😀
      tetapi kalo Om Rudi merasa cukup ilmu dlm hal ternak KN dan bisa focus dgn usaha ternak KN, tidak ada salahnya untuk memulai dengan 1 Ekor Jantan Lokal, 1 Ekor Jantan YS, 3 ekor Betina Lokal dan 2 ekor betina YS…
      Tetapi keputusan tetap ada di tangan Om Rudi, jalankan pake jurus APH Om😀

      Demikian, Semoga bermanfaat…

      • 13 sofyan 5 April 2010 at 12:09 am

        Om Rudi saya setuju dengan pendapat kang Gede, pada dasarnya tergantung kekuatan kita dalam menanggung resiko…. kalau om Rudi berani menanggung resiko kehilangan idukan YS seharga 4 jt, ya ngga masalah mau langsung ternak YS…. tetapi kalau masih ragu-ragu atau takut menanggung resiko tinggi ya coba mulai dari KN lokal, hanya belajar ternak KN lokalnya jangan lama-lama setelah terbiasa memelihara & siap menanggung resiko tinggi langsung ternak YS karena repotnya sama tetapi hasilnya jauh berbeda….

        salam

  7. 14 redmoz 1 April 2010 at 8:45 am

    aloo om yunior..om sofyan butuh ws tuchh…hehehe..kok mesennya jauh ke bandung nehh om sofyan🙂

  8. 17 gede 1 April 2010 at 4:25 am

    Nanti kalo ada yg ketemu Gayus, kasih tau Blog ini ya😀 Xixixixixixixi….

    • 18 ahmad sofyan 1 April 2010 at 4:55 am

      haha…. bisa aja nich… justru gayus itu pintar selain jd PNS dia juga jadi konsultan pajak gelap hehe…. BTW kang Gede punya WS betina yang sudah pernah punya anak, kalau ada sy pesan 1 ekor kang ….

      salam

      • 19 gede 4 April 2010 at 2:10 pm

        Xixixixi… kalau pinter mah gak akan jadi PNS kang😀 tuh buktinya masa depan gayus jadi gelap gulita😀 Xixixixi….

        terakhir sy kontak dgn Pak Nungky, beliau punya WS betina yg siap kang😀 Insya Allah nanti tgl 17, sy akan bawa bbrp ekor KN utk Barter dgn KN anggota paguyuban yg hadir.

      • 20 sofyan 5 April 2010 at 1:24 am

        kemarin sudah kontak beliau kang, katanya Pak Nungki punya beberapa WS betina, insya Allah tanggal 17 April saya ambil kang … KN apa aja yang mau di bawa kang ?… butuh barter dengan apa aja nich hehe…..

        salam

  9. 21 yunior 1 April 2010 at 3:40 am

    ayo…ayo saya semangati nih he..he

  10. 22 yunior 1 April 2010 at 1:36 am

    asset usaha biasanya diasuransikan berupa asuransi kebakaran atau asuransi properti kali ini kaitannya dgn asuransi kerugian….

  11. 23 sofyan 1 April 2010 at 12:11 am

    Dear all, terimakasih atas atensinya…. ya dalam proses beternak kenari tidak hanya butuh ilmu yang mumpuni tetapi juga butuh temen-temen yang satu hobi agar bisa saling mengingatkan dan saling menyemangati….sehingga kita bisa tetap di jalur yang benar….

    salam

  12. 24 Deni_ Bekasi 31 March 2010 at 5:48 pm

    Baca artikel ky gini bangkit lg semangat. Mks Om atas jerih payahnya. Sukses buat Om Sofyan

  13. 25 alir 31 March 2010 at 2:34 pm

    mantaap ei..sukses selalu..insya Allah.
    ..salam..

  14. 26 Adefiat 31 March 2010 at 1:47 pm

    Wah terimakasih tulisan seperti ini nih yg bikin semangat yg redup bangkit lagi. Mantap Bos..!!
    Semangat terus
    salam.

  15. 28 gede 31 March 2010 at 9:29 am

    Mantap…..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: