Mengembangkan Hobi Kenari sesuai Passion

“Saya minta advice dari Om Sofyan kira-kira Kenari apa yang paling banyak digemari atau dicari penghobi, nah Kenari itu nanti yang akan saya ternak. Mohon bantuannya ya Om. Terima kasih”.

Itulah sepenggal pernyataan dari pengunjung blog saya, saya tidak bermaksud apa-apa hanya ingin sharing saja, bahwa dalam beternak kenari tidak hanya asal jadi. Sebagai member blog https://burungkenari.wordpress.com dalam memelihara kenari jangan hanya sekedar menyalurkan hobi saja tetapi harus punya cita-cita & harus punya langkah-langkah apa saja dalam pengembangan kenari ….

Coba anda renungkan sejenak pada saat Anda pertama tertarik kenari karena apanya ???…. Tertarik karena uangnya jangan dipikirkan dulu hehe…. Apakah tertarik karena suaranya ?.. tertarik karena warna atau bodynya..??.. setelah jawabannya anda tahu… mulailah Anda dalami apa yang anda sukai dari kenari tersebut, jika Anda suka karena warnanya maka coba pelajari warna apa saja yang ada di Indonesia, bagaimana cara pemeliharaan kenari warna, warna apa saja yang trend akhir-akhir ini dan jangan lupa coba telusuri lingkungan penggemar kenari warna… Untuk penggemar kenari karena body dan suaranya bisa mengikuti langkah-langkah di atas….

Ketika anda mengembangkan kenari sesuai dengan passion (kesenangan) anda, dalam perjalannya Anda akan merasa enjoy walaupun banyak cobaan dan godaan…. bagi temen-temen yang baru mendengar kata passion, arti passion yaitu gairah, napsu, kegemeran dll… Dengan mengembangkan kenari sesuai dengan passion anda diharapkan memelihara kenari menjadi sesuatu yang bisa di nikmati, bisa menghilangkan stress dan membuat hidup lebih bermakna…. Uang hanyalah hasil sampingan dari pergulatan kita dalam memeliharaan kenari, tetapi yang utama adalah kita bisa senang dan bebas dari stress.

Saya coba sharing bagaimana mengembangkan kenari sesuai dengan passion kita. Seperti kita ketahui orang senang memiliki kenari karena 3 hal yaitu karena warna, suara dan tampilan badannya…. Dari dahulu sampai sekarang ada keinginan untuk menyatukan 3 unikan tersebut dalam seekor kenari, tetapi sampai saat ini belum tercapai….. untuk jelasnya saya sudah bahas mengenai hal ini di link ini https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/03/pengalaman-ternak-kenari-4 

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba ternak kenari type singer (suara) harap fokus di 1 jenis. Dengan fokus di 1 jenis kenari maka tidak akan ada suara yang ke isi dari suara kenari lain… Dalam kelompok singer ada kenari Waterslager (WS), Spanish Timbrado (ST), German roller, border dll.. Kelompok ini mempunyai suara yang unik dan khas, hanya kelemahannya jika anak kenari singer ini mendengar suara kenari standar akibatnya patal karena suara  khas-nya akan hilang. Fostur tubuh WS dan ST mirip dengan kenari lokal ketika suara khasnya hilang akibatnya orang akan menganggap kenari lokal, untuk itu hobis yang ingin ternak kelompok singer ini harus hati-hati karena kalau tidak hati-hati bisa berantem dengan konsumen hehe….

Untuk kelompok penggemar body dan warna saya rasa tidak terlalu riskan karena ciri-cirinya bisa dilihat dengan kasat mata. Untuk penggemar kenari fostur saat ini masih ada penamaan yang rancu dimana ada anggapan F1 itu yang mempunyai body besar. Dalam dunia peternakan kita mengenal filial atau keturunan dimana turunan pertama dari pasangan yang kita ternak di sebut Filial 1 atau F1… Sedangkan F1 dengan body besar biasanya hasil silangan Yorkshire dengan lokal super biasa kita sebut F1YS… F1YS di silangan dengan YS anaknya kita sebut F2YS dan seterusnya…. kita juga sering mendengar kenari AF (Anak F1YS), AF di hasilkan dari silangan F1YS dengan kenari lainnya. Bagi rekan-rekan harus hati-hati mengenai kenari AF ini karena AF banyak yang nyebut F1YS, membedakan AF dengan F1YS agak susah untuk patokannya yaitu kepala AF lebih kecil dengan F1YS, tetapi menentukan kepala besar atau kecil ini juga perlu pembelajaran yang cukup lama….

Itu sekelumit sharing saya mengenai memelihara kenari berdasarkan passion, dengan ternak berdasarkan passion  akan membuat hobis lebih bergairah dalam beternak. Ketika ternak kenari sesuai passion peternaknya akan menimbulkan suatu produk (kenari) yang unik, mungkin kenarinya sama tetapi ada kelebihannya, suaranya ada isian ciblek, branjangan, Galatik Batu (Wingko) dll… Atau konsumen akan merasa senang membeli dari peternak A karena melayani dengan sepenuh hati, bisa sharing kenari dari A sampai Z dll…. disini tujuan utama bukan materi (uang) tetapi atas dasar senang sharing dengan satu hobi…..

 —-===ooo000)FINA BIRD FARM(000ooo===—

74 Responses to “Mengembangkan Hobi Kenari sesuai Passion”


  1. 1 adi merta 17 November 2012 at 3:21 pm

    Selamat malam om … saya mw nanya
    Apa nama hasil anakan dari kenari
    F1ys dengan F1ys
    F2ys fengan F2ys
    Mohon info na ke email saya..trims

  2. 2 winto 16 March 2011 at 6:10 am

    Om sofyan saya ingin berbagi sharing dengan rekan-rekan siapa tahu ini bermanfaat supaya lebih banyak menambah ramai wartawan lepasnya Om Sofyan. judulnya :
    “10 Langkah Kunci Sukses memilih hobby memelihara kenari”. Walaupun tidak secara mendalam namun semoga bermanfaat dalam menikmati hobby yang dijalani.
    10 Langkah Kunci akan menolong menikmati hobby Anda, yaitu:
    Langkah 1
    Sebelum Anda mulai, rencanakan terlebih dahulu. Pertimbangkan jenis burung KN mana yang Anda akan pelihara dan pikirkan dengan cermat konsekuensi yang dibutuhkannya serta jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar berkah.
    Langkah 2
    Pikirkan sangkar dan area penempatan yang diperlukan sebelum membeli burung yang Anda inginkan. Tempat yang nyaman bagi Kenari, maka Kenari akan sangat berterimaksih kepada Anda dikemudian hari.
    Langkah 3
    Pemberian pakan sederhana kalau Anda mengikuti secara rutin. Dengan tidak banyak jenis burung yang Anda pelihara, maka akan cukup mengenal dan memahami karakter setiap kenari , sehingga program pemberian pakan akan mudah Anda terapkan, sehingga membantu dalam memaksimalkan kesehatan dari Kenari sebagai aset Anda.
    Langkah 4
    Beli burung dari sumber yang memiliki reputasi. Diharapkan dapat memperoleh Kenari yang dimimpikan/ diharapkan dengan harga realistis sehingga mendapatkan kenari idaman yang sesuai kemampuan kita.
    Langkah 5
    Bergabunglah dalam Komunitas atauPerkumpulan ( seperti Paguyuban, dll). Apakah untuk memperlihatkan koleksi Anda , mendiskusikan tentang permasalahan , mendapat motivasi dan menikmati timbal balik positif dari forum tersebut.
    Langkah 6
    Belajar berjalan sebelum Anda dapat berlari. Pepatah ini sangat mengagumkan , hendaklah memelihara burung Kenari biasa dulu sebelum berinvestasi untuk membeli burung mahal atau import agar langkah menguasai seni merawat, memaster serta permasalahan lain Kenari dapat dirasakan atau mempunyai pemikiran untuk berternak sehingga dapat mencetak keanekaragaman.
    Langkah 7
    Kuasai seni manajemen. Manajemen diterapkan bila Anda mempersiapkan untuk sukses dalam berternak dengan melihat kebutuhan market tiap tahun dari jenis kenari.
    Langkah 8
    Observasi. Memperhatikan Kenari yang sedang dipelihara agar mencapai kondisi puncak, atau indukan yang terbaik didalam koleksi Anda, Acungan jempol sukses akan terbayar melalui observasi. Semua hasil jerih payah Anda akan terbayar ditahun-tahun mendatang.
    Langkah 9
    Selalu mengingat kenapa Anda memilih hobi Kenari , biasanya menyayangi Kenari karena bisa santai / relax , keluar dari aktivitas rutinitas kerja, penghilang stress , dll. Saat Anda melangkah maju bisa dipertimbangkan mengarahkan hobi Anda sebagai satu bisnis.
    Langkah 10
    Akhirnya, ingat kita semua yang harus belajar memulai. Bahkan para Jawara, Pemenang, Master, Senior, Pakar dimulai dari langkah awal dan mereka sebagian besar telah mengalami banyak hambatan dan rintangan serta permasalahan dalam dunia perkenarian, sehingga para pemula dapat belajar lebih mudah dari mereka.
    Artikel ini saya korelasikan dengan dunia burung Kenari, untuk sumbernya saya lupa karena saya baca sudah lama, semoga sharing ini berguna dapat memotivasi rekan-rekan pencinta burung Kenari
    Mohon maaf bila ada yang tidak berkenan dan bila ada kekurangan dan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan yang membacanya.

  3. 3 Ironade 30 November 2010 at 4:22 am

    Gmn om, yang perna kenarinya macet gak bunyi. Apa udh membaik setelah di kasih daun mengkudu.
    Pemacek saya dua macet semua nih, minta bantuannya. Trims.

  4. 4 Achmad Hidayat 4 October 2010 at 1:55 am

    selamat pagi kang sofyan….
    salam kenal…saya dayat…
    setelah membuka dan membaca isi dari komen2 dan advise yang ada…saya jadi tertarik u/ memelihara dan beternak kenari
    kebetulan saya memiliki beberapa burung kenari yg lumayan gacor…u/ itu mohon pencerahannya bagaimana langkah selanjutnya apabila ingin beternak kenari.
    demikian..atas perhatiannya dan bantuannya diucapka terima kasih.

    Salam kenal om Dayat,
    om coba baca link ini semoga bisa membantu…

    salam

  5. 5 rere 3 September 2010 at 6:49 am

    Salam om….
    Dirumah sya punya kenari…tapi sya ga tau umur nya soalnya waktu beli sya ga tanya, tapi yang jelas udah gacor sih …yang sya mau tanyain untuk tau umur kenari dari segi fisik bisa ga om misal dari panjang kukunya semakin panjang kukunya berarti udh tua? trus klo kuku nya udah panjang2 apa boleh di potong, klo boleh dipotong caranya gimana ya ? makasih om….

    Menentukan umur secara pasti susah juga om, mungkin kalau punya akte kelahiran bisa dilihat dari aktenya hehe…. paling bisa dilihat dari sisik kakinya, kenari tua sisiknya kasar … dilihat dari kukunya juga bisa hanya kalau kuku susah diprediksi karena hobis kenari suka menggunting kuku kenari… kuku kenari bisa digunting hanya harus hati-hati jangan sampai mengguntingnya sampai kena pembuluh darah… coba searching di google banyak kok cara mengguntingnya…

    salam

  6. 6 diky nuryandi 3 September 2010 at 1:28 am

    salam kenal om, tolong kasih masukan cara melihat kenari betina yg dah siap kawin. soalnya yg saya punya secara kasat mata mestinya kenari saya dah harus siap kawin,tp setiap jantan disatuin sll berantem. tq

    Salam kenal juga, ada beberapa kenari betina yang galak sehingga pada saat di jodohkan malah berantem, untuk menjodohkan kenari tidak bisa langsung di satuin tetapi harus ada masa penjodohan… caranya penjodohannya coba klik link ini
    https://burungkenari.wordpress.com/2009/08/19/proses-ternak-kenari-bagi-pemula demikian semoga membantu

    salam

  7. 7 adit serpong 8 June 2010 at 3:03 pm

    nah lo…pakar2nya komplit pada ngumpul lg…asik nih..hihihi

  8. 8 Yohanes Haryanto 8 June 2010 at 11:55 am

    Om suplemen dan multivitamin yang direkomendasikan apa ya Om ?
    cara pemberian apakah dicampur di air minum atau dimakanan ?
    saat ini saya baru kasih probiotik ( Fitafit ) dicampur diminuman, sebelumnya terimaksih banyak Om

  9. 10 Yohanes Haryanto 8 June 2010 at 10:44 am

    Setelah mengikuti saran para senior, akhirnya kemarin kenari sudah mulai bertelur, Thanks Om atas nasehatnya, namanya juga sedang belajar ternak kenari cobanya yang lokal dulu nih, nah kenari sekarang sudah tidak dijemur karena sudah bertelur, selain minyak ikan, telur puyuh apa lagi yaa yang harus diberikan

    • 11 ahmad sofyan 8 June 2010 at 11:43 am

      Selamat om semoga bisa menetas…..om untuk minyak ikan jangan terlalu banyak, coba beri multivitamin dan suplemen stamina masing2 2 X seminggu diberikan secara bergantian, tujuan pemberian multivitamin selain mencukupi kekurangan Vitamin secara makro juga menutupi kekurangan mineral …. suplemen stamina berfungsi menjaga stamina indukan pada saat bertelor maupun mengeram… dimana pada saat bertelor & mengeram kenari tidak pernah dijemur jika perawatannya kurang bisa mengakibatkan kondisi fisik kenari turun….

      salam

  10. 12 2pj2 3 May 2010 at 11:02 am

    saya setujju sekali

  11. 13 redmoz 3 May 2010 at 9:54 am

    amiiiinnn… setuju om….

  12. 14 Afiudin_Lampung 1 May 2010 at 6:50 am

    Wekeke… pembesar kenari pada ngumpul, bro hasan (kenari kaskus) juga hadir disini to.:)

    • 15 ahmad sofyan 3 May 2010 at 12:45 am

      alhamdulillah om…. pembesar-pembesar kenari berkenan mengunjungi blog ini… mudah2an bisa semakin bermanfaat buat kita amin…

      salam

  13. 16 wa2n_cndt 23 April 2010 at 5:52 am

    mantap om.. mkin yahut…🙂

  14. 17 Anom Adhie nugroho 20 April 2010 at 1:24 pm

    saya jadi kepingin coba….!!! artikelnya bener bener mengugah jadi kepincut pingin pelihara burung kenari.oke salam kenal..um!

    • 18 ahmad sofyan 21 April 2010 at 4:12 am

      Silahkan om kalau ingin mencoba merawat kenari insya Allah suatu saat akan bermanfaat…. BTW kalau om tinggal di Jakarta coba ikut acara kumpul-kumpul …. insya Allah akan lebih tergugah lagi hehe…..

      salam

  15. 19 n454h 17 April 2010 at 1:38 am

    Selamat Kang Sofyan. Om Yunior dkk…. web dan ulasan yg mantap nih…, lama ga pernah denger kabarnya nih… hehehe….., untuk pemasarannya mungkin saya bisa bantu, untuk semua jenis kenari, tp harga bisa turun dikit dari standart biar lebih lancar hehehehee….
    salam tuk smua penggermar kenari….

    • 20 sofyan 17 April 2010 at 2:48 pm

      terimakasih om Hasan atas atensinya…. insya Allah kita kerjasama pemasaran dengan temen-temen peternak disini…

  16. 21 redmoz 12 April 2010 at 4:28 am

    seminggu ga silaturahim…makin rame om … mantabbbb

  17. 22 dicky 12 April 2010 at 12:17 am

    terima kasih atas ilmunya semoga ini bermanfaat juga bagi peternak kenari di malang indonesia.

  18. 24 Hary Key 9 April 2010 at 4:31 am

    Wah makin rame aja nih Om Sofyan. Apa khabar?
    Prolog ulasan Om Sofyan di atas adalah pertanyaan saya beberapa waktu lalu. terima kasih advicenya Om. Kini saya sudah punya sepasang Kenari Putih dan 4 bahan anakan lokal super lagi pada ngeriwik.

    Oh iya sama mau kenal sama Om Gede. Maaf Om pin BB nya saya add boleh gak? Kapan-kapan saya mau main ke bandung cuma masalahnya saya gak tau jalan-jalan di Bandung. Pernah saya ditilang 2 kali sama Polisi di sana. Hehehe. Kayaknya saya perlu sopir yang paham jalan-jalan di Bandung nih.

    Buat Om Yunior salam kenal juga. Suatu saat saya pasti main ke rumah Om yunior dan pastinya ke rumah Om sofyan dulu tentunya.

    Salam hangat.

  19. 27 yunior 9 April 2010 at 1:26 am

    mantap…..kemudaan juga jgn banyk jajannya he..he

  20. 29 prie 8 April 2010 at 10:47 pm

    problem om dayat kyaknya sama dng problemku.
    KN suaranya hilang, saya dah nyoba diberi apel setiap hari tapi ternyata dah 1 minggu perubanhannya sedikit skali, smp sekarang suaranya masih serak-serak tenggelam.

    untung dapat tips dari om smua, besok saya coba tips dikasih daun mengkudu deh. btw daun mengkudu sebaiknya pilih yang muda apa yang tua ya?

    makasih smuanya yaa….!

    • 30 sofyan 8 April 2010 at 11:57 pm

      yang sedang-sedang aja om (kaya lagu dangdut hehe….), jangan yang muda dan jangan yang tua…. mudah2an dalam 1 minggu bisa kembali normal suara kenarinya om….amin

      salam

  21. 31 yunior 8 April 2010 at 3:18 am

    kalau menurut saya bisa karena kutu yg dah masuk kedalam peredaran darah, bisa karena perubahan suhu bisa juga karena terlalu penjemuran yg menyebabkan peradangan…obatnya bisa gunakan seperti yg direkomendasiin om sofyan

  22. 32 Dayat 8 April 2010 at 2:47 am

    Om sofyan, sy selalu mengikuti perkembangan dan info blog ini…
    minta tlg masukannya….saya ternak kenari dirumah, ada beberapa anakan gacor tapi gak ada suaranya… menyusul satu induk jantan hilang suaranya. krn faktor apa ya? kira2 bisa sembuh gak, jika ada obatnya? butuh berapa lama bisa normal kembali…

    • 33 ahmad sofyan 8 April 2010 at 3:12 am

      om Dayat…. kemungkinan kenarinya terkena penyakit virus, kalau saya biasa menggunakan obat serak bisa cari di kios pakan burung di teteskan di kulit sekitar pundaknya, insya Allah kalau belum parah penyakitnya dalam 1 minggu sembuh…. kalau ingin obat alami bisa menggunakan daun mengkudu jadi sayurannya di ganti sama daun mengkudu…

      salam

    • 35 gede 8 April 2010 at 3:55 am

      Facbook Pelestarian & Penggemar Burung Kenari :
      Penyebab Kenari Macet Bunyi
      – drop kondisi, dr pakan kurang lengkap.
      – serangan bakteri, dr makanan terkontaminasi atau sangkar lembab
      -kontaminasi pestisida/racun
      -air sac myte
      -mabung/ngurak
      -stress/kecapaian
      penanganan tiap penyebab berbeda, rekondisi dgn protein, bakteri diobati antibiotik, mabung butuh protein dan kalsium, air sac myte diobati ivermectin

  23. 36 Heru 7 April 2010 at 5:52 am

    Haturnuhun Om,,artikelnya semakin mencerahkan..
    sekilas info om; kenari sy sudah betelor 4 butir,,baru satu minggu ,,semoga menetas dengan selamat.
    Salam kenal juga bwt Om Gede,,boleh donk kapan2 sy silaturahim ke rumah, kebetulan saya domisili di Bandung.

    • 37 gede 7 April 2010 at 6:18 am

      Salam kenal jg Om Heru… wah mantap Moga netas semua… siapa tau sy kebagian anakannya😀
      Kalo mau mampir utk silaturahmi, sy di Jl. Mutiara Buah-Batu, kontak dulu ya…
      YM gede_titans / PIN BB 2526E834

  24. 39 Estu 7 April 2010 at 3:21 am

    Mantap om…terima kasih atas ilmu-ilmunya…

  25. 40 yunior 7 April 2010 at 1:20 am

    seyogyanya seorang peternak itu tidak memikirkan lagi pendistributian dan pemasarn hasil ternakan tapi kenyataannya peternak di Indonesia masih memikirkan hal tersebut gimana memasarkan hasil ternakannya dan gimana pendistributiannya hal ini yg menurut saya menjadi salah satu factor kenapa peternak sulit berkembang…coba deh kalau peternak2 hanya memikirkan peternakannya aja saya pikir akan beda hasilnya…untuk pak Hadhi semngat terus nanti kita bantu pemasarannya apabila wadah paguyubannya udah berjalan yg penting sekarang tolong ditingkatkan kualitas ternakkannya

    • 41 ahmad sofyan 7 April 2010 at 1:56 am

      Makanya om kemarin kan saya bilang … om Yunior jadi pedagang kenari aja biar saya dan temen-temen ternak kenari, kalau om masih ternak dan jualan nantinya gak fokus… nanti gak ada orang yang fokus di marketing, kita bagi-bagi tugas lah… indukan YS, LS, border dan WS yang om ternak biar saya yang ternak hehe….

      salam

  26. 44 Hadhi 6 April 2010 at 11:50 pm

    Om sofyan sy ne pegmr blog ne, bgs penuh info dan inspiratif, sy br sj mulai ternak kenari merah dan alhamdulillah dah keluar anakan, mslnya di daerah sy knr harganya ancur, meski sy msh bs jual lumayan bgs tp di psr scr umum harga gak bkn gairah u penangkar, kr2 gmana biar harga bgs lg khususna u knr lokal. Sy d Batang jateng.

    • 45 ahmad sofyan 7 April 2010 at 12:17 am

      om Hadhi diatas kan sudah saya utarakan …. dalam mengembangkan hobi jangan memikirkan dulu faktor uang… coba kembangkan hobi ternak kenari dengan passion anda… sambil beternak coba kembangkan jaringan (temen satu hobi) di daerah lain sehingga ketika di daerah om harga kenari jatuh om bisa kirim ke temen om yang harga kenarinya masih bagus… atau om coba tingkatkan kualitas kenari produk om… walaupun warnanya sama merah tetapi kenari produk om mempunyai suara yang unik (khas) seperti ada suara kucing-nya hehe…. (maaf becanda)…. prinsifnya coba buat produk yang khas (unik) jangan membuat produk yang standar (sama dengan orang lain) dan jangan ikut-ikutan arus nanti terbawa banjir hehe…

      salam

      • 46 yunior 7 April 2010 at 1:12 am

        intinya bikin branded om bisa macam2 caranya bisa dgn menjual harga lebih murah dari tempat lain, menjual kenari dgn suara yg uniqe atau menjual kenari dgn hadiah2 tertentu semua itu strategi pemasaran supaya burung hasil ternakan om bisa bersaing dipasar tapi ingat semuanya harus didasarkan dgn hobies bukan semata mata mencari keuntungan kalau semata mata mencari keuntungan takutnya malah menghalalkan segala cara yg ujung2nya malah gk baik…

    • 47 yunior 7 April 2010 at 1:23 am

      batang itu daerah pekalongan ya om???

  27. 48 dwipayana 6 April 2010 at 3:19 pm

    makin mantap aja neh ulasannya om..dari pengalaman pribadi jadi tambahan ilmu buat hobis yg laen,pa lagi yg dibahas kenari import, skalian dong om bagi2 ilmu ternak kenari importnya…hehehehe

    • 49 ahmad sofyan 7 April 2010 at 12:29 am

      kalau masalah ternak kenari impor tugasnya kang Gede dan om Yunior, sambil menunggu komen dari beliau-beliau … saya coba sharing yang ringan-ringannya aja hehe…. prinsifnya ternak kenari impor dan lokal sama saja om hanya pakannya harus yang bergizi baik dan kondisi lingkungan kandang ternak harus terlindung dari angin kencang dan perubahan suhu yang drastis… demikian

      salam

  28. 50 marto 6 April 2010 at 6:33 am

    pak Sofyan salam kenal, saya marto adalah pemula beternak kenari, kok ada istilah kenari lokal, bukan kah kenari itu semuanya berasal dari luar negeri dan diternakkan di INdonesia, dan apa bedanya kenari lokal dan bukan lokal.

    • 51 yunior 6 April 2010 at 8:34 am

      betul om kenari burung asli luar indonesia maksudnya kenari lokal adalah kenari yg telah dikembang biakkan di Indonesia sedangkan kenari import adalh masih asli ternakan import….penyebutan kenari lokal adalah untuk kenari holland yg telah dikembang biakkan di Indonesia

      • 52 ahmad sofyan 6 April 2010 at 8:53 am

        setuju om… prinsifnya untuk mempermudah penyebutan saja, kenari lokal dulunya kenari holland yang sudah mengalami lokalisasi bertahun-tahun, biasanya body/badan-nya kecil rata-rata warnanya hijau, kuning dan kombinasi kuning hijau biasa disebut bon… tetapi saat ini dipasaran mulai di kenal kenari Spanish Timbrado badan dan warnanya mirip kenari lokal ….

        salam

  29. 53 alir 6 April 2010 at 5:31 am

    makin asyiik ajaa….
    harapannya pd blog ini disamping berbagi pengalaman juga menjadi bursa harga yg terbuka..he..he..
    kepengennya gitu.. agar pengalaman yg pernah beli kn msh telor harganya smpi 2.5 jt jantan dan betina 1,5 jt tdk terulang dianggota blog ini.
    ..salam..

    • 54 ahmad sofyan 6 April 2010 at 7:25 am

      om Alir …. passion saya dalam mengelola blog ini ingin berbagi pengalaman mengenai ternak kenari, saya ingin mendorong temen-temen dalam menjalankan hobi kenari ini jangan hanya sampai menyalurkan hobi… tetapi saya ingin dari hobi kenari ini bisa menghasilkan…. minimal bisa membiayai perawatan kenari sehari-hari… untuk bursa kenari biar hobis yang lain yang membangun hehe….

      salam

  30. 55 yunior 6 April 2010 at 3:23 am

    wah no.hp saya 085669443660…tolong di save siapa tau nanti saya jadi ketua KPK he..he

  31. 58 yunior 6 April 2010 at 2:34 am

    mudah2an kenari saya dirumah netes semua…amin..amin lumayan kalau anakannya aja 400-500 ribu sekali panen 3 juta nih

    • 59 ahmad sofyan 6 April 2010 at 2:48 am

      mantappp…. sekali panen 3 juta bagaimana kalau 10 kali panen om ?? hehe…. btw om Yunior ada yang nanyain no HP tuch…. tolong sebutin sendiri dech… kalau saya yang nyebutin takut salah nomor hehe…..

  32. 60 denny 5 April 2010 at 4:11 pm

    mantab…mantab…mantab…Om Sofyan arahannya,jadi semakin jelas tujuannya,kalo kata org pabrik good input-good proses-good output-good…3x money.he…3x.

  33. 62 yunior 5 April 2010 at 7:56 am

    sip deh..mudah2an jadi euy silangannya nih….

  34. 63 gede 5 April 2010 at 4:50 am

    passion=nafsu berahi, asmara, kemarahan, penderitaan
    passion fruit=buah dari passion flower
    passion play=drama kesengsaraan kristus
    passion sunday=hari minggu kedua paskah
    passion week=minggu penderitaan
    passionate=bernafsu, berhasrat kuat
    passionately=dengan hasrat yang menggebu
    passionless=tanpa nafsu berahi, tanpa semangat
    passions and desires=nafsu dan keinginan
    passion=gairah

    sampai buka kamus dulu nih kang, utk menemukan arti kata yg tepat utk passion dlm artikel ini😀

    Mengembangkan Hobi Kenari sebaiknya sesuai dengan hasrat yg menggebu / kuat agar lebih terarah ya kang…

    Mantap…

    • 64 ahmad sofyan 5 April 2010 at 6:26 am

      hehe…. kang Gede bisa aja…. kalau menurut saya passion (gairah, semangat) itulah yang membuat makhluk yang namanya manusia bisa berkembang seperti saat ini…..

      salam

      • 65 yunior 5 April 2010 at 6:52 am

        mantap om kyk kisah saya tuh gara2 jual anakan ws eh malah disangka lokal padahal yg beli gk punya ws..

      • 66 ahmad sofyan 5 April 2010 at 7:09 am

        hehe…. salah satu inspirasi waktu kita ngobrol di pasar burung Pramuka om… mudah2an kejadian diatas jangan sampai terjadi pada temen-temen yang lain, tetapi jika WS dan ST disilang dengan Yorkshire ceritanya akan lain akan menambah nilai hasil silang anaknya…

        salam

  35. 67 fajar 5 April 2010 at 4:06 am

    salam om. saya butuh indukan kenari, kalau om punya boleh saya beli, atau barangkali om bisa bantu untuk mendapatkanya, kalau bisa jangan lokal om, makasih…

    • 68 ahmad sofyan 5 April 2010 at 6:36 am

      waduh kalau bukan lokal mohon maaf saya belum bisa bantu om, maklum saya masih pemula jadi banyaknya pelihara kenari lokal…. barangkali diantara temen2 ada yang bisa bantu om Fajar…. om Yunior atau kang Gede tolong dibantu om ..??

      salam

      • 69 yunior 5 April 2010 at 6:46 am

        boleh asal jgn kenari besar bisa saya bantu…he..he

      • 70 ahmad sofyan 5 April 2010 at 7:03 am

        tuch om Fajar…. om Yunior siap bantu….. sebagai pegangan harga indukan betina kenari impor sekitar 600 rb….itu yang body kecil seperti waterslager, lizard, gloster ataupun holland…. kalau harganya diatas itu jangan mau om hehe…..

        salam

      • 71 ahmad sofyan 6 April 2010 at 4:27 am

        siap kang, saya rasa tidak usah main lokasi dech…. pokoknya siapa yang ada stok langsung suplly hehe…. bagi temen-temen yang cari kenari impor bisa hubungi om Yunior atau kang Gede…

        salam

  36. 72 redmoz 5 April 2010 at 3:42 am

    mantabb om. semakin inspiring aja nehh…


  1. 1 mania burung kenari Trackback on 13 July 2010 at 2:52 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Profil Pengelola Blog

Tiara Cell

Join Us on Facebook

Chat Yahoo Mesanger

Selamat Datang

Senang bisa bercengkrama dengan Anda melalui dunia maya, senang rasanya hati ini jika anda merasa tercerahkan oleh blog yang sederhana. Lewat blog ini saya ingin memberikan wacana bagaimana sebuah hobi yang jika dikelola dengan baik dan smart akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan keluarga Anda.....
Sebelumnya saya mohon maaf jika dalam tulisan yang saya buat terkesan menggurui atau sok tahu, saya tidak bermaksud menggurui Anda.... hanyalah keterbatasan saya dalam memilih atau memilah kata yang kurang tepat sehingga timbul kesan tersebut.

Tips :

Demi kenyamanan anda dalam menjelajahi blog kami, gunakanlah kolom menu Kategori

Blog Stats

  • 2,711,451 hits

Ingin Berlangganan Artikel


%d bloggers like this: